•  

Our Top Course
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 

Course Asesmen Pembelajaran Bahasa-Sastra/ Assessment for Language-Literature Pedagogy

Program Studi S2 Pendidikan Bahasa dan Sastra UNESA

 
Card image

Course Description

Mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan dalam merancang, mengembangkan, dan mengevaluasi asesmen pembelajaran bahasa dan sastra yang sesuai dengan konteks pendidikan tinggi. Topik utama meliputi prinsip-prinsip asesmen autentik, pengembangan instrumen penilaian berbasis kompetensi, teknik evaluasi keterampilan berbahasa (menyimak, berbicara, membaca, menulis) dan apresiasi sastra, serta analisis hasil asesmen untuk perbaikan pembelajaran. Tujuannya adalah agar mahasiswa mampu menerapkan berbagai pendekatan asesmen yang valid, reliabel, dan berorientasi pada perkembangan peserta didik, serta mengintegrasikan teknologi dalam evaluasi pembelajaran bahasa-sastra. Ruang lingkup mencakup kajian teoritis dan praktik pengembangan rubrik, portofolio, penilaian kinerja, dan asesmen digital dalam konteks pendidikan bahasa dan sastra Indonesia maupun asing.

Program Objectives (PO)

  • Menerapkan prinsip-prinsip asesmen autentik dalam merancang instrumen penilaian pembelajaran bahasa dan sastra (C3)
  • Menganalisis berbagai teknik dan instrumen asesmen bahasa dan sastra berdasarkan karakteristik peserta didik dan tujuan pembelajaran (C4)
  • Mengevaluasi kualitas instrumen asesmen bahasa dan sastra berdasarkan prinsip validitas, reliabilitas, dan praktikalitas (C5)
  • Menciptakan rubrik penilaian yang inovatif untuk asesmen kompetensi berbahasa dan bersastra (C6)
  • Menerapkan strategi asesmen formatif dan sumatif dalam konteks pembelajaran bahasa dan sastra (C3)
  • Menganalisis data hasil asesmen bahasa dan sastra untuk diagnosis kesulitan belajar peserta didik (C4)
  • Mengevaluasi efektivitas program asesmen pembelajaran bahasa dan sastra berdasarkan standar nasional (C5)
  • Menciptakan model asesmen alternatif yang adaptif untuk pembelajaran bahasa dan sastra di era digital (C6)
  • Menerapkan teknik analisis butir soal untuk meningkatkan kualitas instrumen asesmen bahasa dan sastra (C3)
  • Menganalisis isu etis dalam pelaksanaan asesmen pembelajaran bahasa dan sastra (C4)

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Menganalisis pergeseran paradigma dari assessment of learning ke assessment for dan as learning
    • Date  29 Agustus 2025

  • Pertemuan 2
    Memaparkan Prinsip Dasar Asesmen Bahasa-Sastra: Validity, Reliability, Practicality, Authenticity, Washback
    • Date  5 September 2025

  • Pertemuan 3
    CPL/CPMK menjadi indikator dan instrumen asesmen
    • Date  12 September 2025

  • Pertemuan 4
    Menganalisis Asesmen Menyimak dan Membaca - Teori dan Teknik Asesmen
    • Date  19 September 2025

  • Pertemuan 5
    Menganalisis Asesmen Pemahaman dan Apresiasi Sastra (Puisi, Prosa, Drama)
    • Date  26 September 2025

  • Pertemuan 6
    Menganalisis Asesmen Berbicara - Teori dan Teknik Asesmen
    • Date  3 Oktober 2025

  • Pertemuan 7
    Menganalisis Asesmen Menulis- Teori dan Teknik Asesmen
    • Date  10 Oktober 2025

  • Pertemuan 8
    Menganalisis Assessment Autentik & Alternatif: Portofolio dan Self & Peer Assessment
    • Date  24 Oktober 2025

  • Pertemuan 9
    Menganalisis Assessment Autentik & Alternatif: Project-Based Assessment
    • Date  31 Oktober 2025

  • Pertemuan 10
    Menganalisis Asesmen Formatif & Umpan Balik: Teknik pemberian feedback yang efektif untuk perbaikan pembelajaran
    • Date  7 November 2025

  • Pertemuan 11
    Menganalisis Butir Soal & Validasi Instrumen: Menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif (misal: dengan ITEMAN/SPSS) untuk melihat daya beda, tingkat kesukaran.
    • Date  14 November 2025

  • Pertemuan 12
    Menganalisis Asesmen Berbasis Teknologi (Digital Assessment): Computer-Based Testing, Automated Essay Scoring, Online Portfolios
    • Date  21 November 2025

  • Pertemuan 13
    Workshop Proyek Akhir (1): Konsultasi dan Peer-Review draft rancangan instrumen asesmen.
    • Date  28 November 2025

  • Pertemuan 14
    • Date  5 Desember 2025

  • Pertemuan 15
    Presentasi Proyek Akhir
    • Date  12 Desember 2025

  • Pertemuan 16
    Presentasi Proyek Akhir
    • Date  19 Desember 2025

Lecturer

FAFI INAYATILLAH
FAFI INAYATILLAH
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS2 Pendidikan Bahasa dan Sastra
  • Semester2
  • Lectures1
Difficult Things About Education.
$75$10