•  

Our Top Course
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 

Course Research Methods For Elt

Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Inggris UNESA

 
Card image

Course Description

Mata kuliah Research Methods For Elt merupakan matakuliah wajib bagi mahasiswa S1 Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris yang bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan pemahaman dan keterampilan dalam merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi penelitian di bidang Pengajaran Bahasa Inggris (ELT). Mata kuliah ini mencakup berbagai metode penelitian kualitatif, kuantitatif, dan campuran, serta teknik pengumpulan dan analisis data yang relevan dengan konteks ELT. Mahasiswa akan mempelajari langkah-langkah penyusunan proposal penelitian, etika penelitian, dan cara menyajikan hasil penelitian secara akademis. Ruang lingkup mata kuliah meliputi pengenalan paradigma penelitian, identifikasi masalah penelitian, perumusan pertanyaan dan hipotesis penelitian, pemilihan metode yang sesuai, serta penulisan laporan penelitian. Melalui mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu menerapkan prinsip-prinsip penelitian ilmiah untuk mengembangkan praktik pengajaran bahasa Inggris yang berbasis bukti.

Program Objectives (PO)

  • Menerapkan prinsip-prinsip etika akademik dalam merancang penelitian ELT (C3)
  • Menganalisis karakteristik penelitian ELT yang inovatif dan adaptif terhadap perkembangan pendidikan (C4)
  • Mengevaluasi berbagai metode penelitian ELT berdasarkan standar keilmuan (C5)
  • Menciptakan proposal penelitian ELT yang kreatif dan sistematis (C6)
  • Menerapkan konsep linguistik terapan dalam merancang instrumen penelitian ELT (C3)
  • Menganalisis data penelitian ELT menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif (C4)
  • Mengevaluasi temuan penelitian ELT berdasarkan kriteria validitas dan reliabilitas (C5)
  • Menciptakan laporan penelitian ELT yang efektif dan sesuai standar akademik (C6)
  • Menerapkan prinsip kolaborasi dalam melakukan penelitian ELT (C3)
  • Menganalisis tren terkini dalam penelitian ELT dari perspektif nasional dan global (C4)
  • Students are able to explain the scientific approach in educational research
  • Merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran Bahasa Inggris secara efektif dan kreatif
  • Menerapkan konsep linguistik terapan dalam pembelajaran bahasa Inggris
  • Melakukan penelitian dan pengkajian pembelajaran Bahasa Inggris
  • Menciptakan produk terkait dengan pembelajaran Bahasa Inggris
  • Mendemonstrasikan kompetensi lisan dan tulis yang setara dengan level B2 CEFR.

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Understanding The nature of educational research Qualitative vs Quantitative research
    • Date  26 Agustus 2025

  • Pertemuan 2
    Understanding Scientific approach in educational research, Mixed-Method Research
    • Date  2 September 2025

  • Pertemuan 3
    Understanding Research problems and hypotheses in educational research
    • Date  9 September 2025

  • Pertemuan 4
    Understanding Literature Review in educational research
    • Date  16 September 2025

  • Pertemuan 5
    Understanding Sampling technique in educational research
    • Date  23 September 2025

  • Pertemuan 6
    Understanding Research Instruments in educational research
    • Date  30 September 2025

  • Pertemuan 7
    Understanding Experimental as research methodologies
    • Date  7 Oktober 2025

  • Pertemuan 8
    Midterm Test
    • Date  14 Oktober 2025

  • Pertemuan 9
    Understanding Ex post facto as research methodologies
    • Date  21 Oktober 2025

  • Pertemuan 10
    Understanding Correlational studies as a research methodology
    • Date  28 Oktober 2025

  • Pertemuan 11
    Understanding Surveys as a research methodology
    • Date  4 November 2025

  • Pertemuan 12
    Understanding Basic Interpretive Research as a research methodology
    • Date  11 November 2025

  • Pertemuan 13
    Understanding Case Studies as a research methodology
    • Date  18 November 2025

  • Pertemuan 14
    Understanding Research and Development (R&D) as a research methodology
    • Date  25 November 2025

  • Pertemuan 15
    Understanding Action research as a research methodology
    • Date  2 Desember 2025

  • Pertemuan 16
    Developing Research Proposal
    • Date  16 Desember 2025

Lecturer

FAURIS ZUHRI
FAURIS ZUHRI
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS1 Pendidikan Bahasa Inggris
  • Semester3
  • Lectures1
Difficult Things About Education.
$75$10