Course Description
This course is a compulsory subject that discusses in depth the school mathematics learning approach with a social constructivism perspective, and prioritizes student learning to reinvent themselves (‘reinvention‘) of concepts and alternative problem solving through presenting contextual and interrelated mathematical problems. The way of presenting the topic, and evaluating student learning outcomes discussed in this approach is adjusted to the students‘ prior knowledge, the students‘ cognitive development stage, and the student‘s environment so that meaningful knowledge (products and processes) of students‘ mathematics is formed.
Program Objectives (PO)
- Mampu mengeksplorasi kultur dirinya yang terkait dengan etnomatematika di Sekolah Dasar secara logis, kritis, sistematis, dan kreatif
- Mampu menganalisis konsep matematika dalam kearifan lokal yang dipilih sesuai dengan keterkaitannya dengan kompetensi dalam kurikulum Matematika SD
- Mampu membuat gunung es PMRI yang memuat kearifan lokal dan topik Matematika SD tertentu dalam rancangan pembelajaran Matematika sesuai dengan hasil riset yang relevan sebelumnya
- Mampu melaksanakan rancangan pembelajaran matematika dengan pendekatan PMRI berbasis kearifan lokal di Sekolah Dasar untuk menghasilkan ALT yang logis, kritis, dan sistematis
- Mampu mengevaluasi pembelajaran matematika dengan pendekatan PMRI berbasis kearifan lokal untuk mendapatkan HLT yang dianalisis dengan hasil riset sebelumnya yang relevan
- Mampu menyusun artikel ilmiah dengan pendekatan desain riset atau kualitatif naratif atas hasil ujicoba HLT di sekolah dasar