•  

Our Top Course
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 

Course Problematika Pendidikan Dasar

Program Studi S3 Pendidikan Dasar UNESA

 
Card image

Course Description

This course is to look for problems in education in Indonesia and identify the root causes of these problems, based on phenomena, facts and culture. Students are then invited to examine the phenomenon of the impact of educational decentralization which is influenced by cultural differences in various regions in Indonesia.

Program Objectives (PO)

  • Mahasiswa mampu mengekplorasi , mengidentifikasi, dan menganalisis berbagai permasalahan pendidikan dasar berdasarkan fenomena, fakta, dan kultur budaya di Indonesia.
  • Mahasiswa mampu mengekplorasi , mengidentifikasi, dan menganalisis prinsip-prinsip dan efektivitas desentralisasi pendidikan dalam rangka meningkatkan mutu dan relevansi pendidikan dasar di Indonesia yang notabennya dipengaruhi oleh perbedaan kultur budaya daerah yang beragam.

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Arah RPS (Rencana Pembelajaran Semester) yang telah disusun oleh Pengampu matakuliah Problematika Pendidikan Dasar sebagai kontrak kuliah selama 15 pertemuan dalam semester berjalan. melaksanakan tugas secara mandiri/individu dan kelompok melalui presentasi sesuai topik dalam mata kuliah problematika Pendidikan Dasar. melaksanakan penilaian tengah semester (UTS), ujian akhir semester (UAS) berdasarkan aspek sikap-pengetahuan dan keterampilan dalam matakuliah problematika pendidikan dasar.
    • Date  6 September 2024

  • Pertemuan 2
    Menganalisis peran sekolah dasar dalam mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) dan mengevaluasi pentingnya pendidikan anti-korupsi, serta merumuskan strategi dan metode efektif untuk implementasi pendidikan berkualitas dan integritas di sekolah dasar.
    • Date  13 September 2024

  • Pertemuan 3
    Tantangan dan mengembangkan strategi intervensi untuk meningkatkan literasi numerasi di sekolah dasar, serta menganalisis penerapan pendidikan multikultural dan efektivitasnya dalam meningkatkan toleransi di antara siswa dari latar belakang yang berbeda.
    • Date  20 September 2024

  • Pertemuan 4
    Integrasi pendidikan untuk pembangunan berkelanjutan (ESD) dengan teknologi dalam konteks industri 4.0 dan mengevaluasi program kesehatan mental untuk mendukung kesejahteraan siswa di sekolah dasar.
    • Date  27 September 2024

  • Pertemuan 5
    Dampak learning loss dan problematika pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran di sekolah dasar serta merumuskan strategi pemulihan dan peningkatan efektivitas pembelajaran.
    • Date  4 Oktober 2024

  • Pertemuan 6
    Penyebab bullying, mengevaluasi dampaknya, dan mengembangkan program pencegahan, serta mengevaluasi pembelajaran berdiferensiasi di sekolah inklusi untuk siswa dengan kebutuhan khusus.
    • Date  11 Oktober 2024

  • Pertemuan 7
    Menganalisis tantangan dalam transisi anak dari PAUD ke SD dan mengaitkan strategi adaptasi dengan hasil pembelajaran, serta mengkaji perbedaan sistem pendidikan di sekolah dasar negeri dan swasta serta dampaknya terhadap hasil belajar siswa.
    • Date  18 Oktober 2024

  • Pertemuan 8
    Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi permasalahan pendidikan dasar dan mengaitkan setiap faktor permasalahan tersebut, serta membuat analisis sendiri berdasarkan faktor yang mempengaruhi permasalahan pendidikan dasar di Indonesia yang telah dibahas pada pertemuan 1 s.d. 7 dipublikasikan dalam media massa online
    • Date  25 Oktober 2024

  • Pertemuan 9
    Peluang dan tantangan dalam penerapan Kurikulum Merdeka di sekolah dasar serta menganalisis pro dan kontra sistem zonasi dalam pendidikan dasar dan dampaknya terhadap pemerataan akses dan kualitas pendidikan.
    • Date  1 November 2024

  • Pertemuan 10
    Strategi penerapan pendidikan inklusif di sekolah dasar, mengidentifikasi tantangan yang dihadapi, serta mengevaluasi kesenjangan dalam pembelajaran keterampilan hidup praktis (EPL) bagi Generasi Alpha dan mengusulkan program intervensi yang sesuai.
    • Date  8 November 2024

  • Pertemuan 11
    Pentingnya pendidikan mitigasi kebencanaan dan faktor penyebab siswa putus sekolah di pendidikan dasar, serta merumuskan upaya kesiapsiagaan bencana dan pencegahan putus sekolah yang efektif.
    • Date  15 November 2024

  • Pertemuan 12
    Tantangan pendidikan berkualitas di wilayah 3T dan mengevaluasi dampak penggunaan media sosial pada siswa sekolah dasar, serta merumuskan strategi intervensi dan edukasi yang efektif.
    • Date  22 November 2024

  • Pertemuan 13
    Merancang book chapter yang mencakup topik-topik dari presentasi kelas dengan pendekatan sistematis dan relevan.
    • Date  29 November 2024

  • Pertemuan 14
    Merancang book chapter yang mencakup topik-topik dari presentasi kelas dengan pendekatan sistematis dan relevan.
    • Date  6 Desember 2024

  • Pertemuan 15
    Merancang book chapter yang mencakup topik-topik dari presentasi kelas dengan pendekatan sistematis dan relevan.
    • Date  13 Desember 2024

  • Pertemuan 16
    • Date  20 Desember 2024

References

Lecturer

SURYANTI
SURYANTI
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

WIRYANTO
WIRYANTO
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS3 Pendidikan Dasar
  • Semester1
  • Lectures2
Difficult Things About Education.
$75$10