•  

Our Top Course
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 
Instructor
Melia Dwi Widayanti
 

My Profile

Nama
Melia Dwi Widayanti, M.Pd.
NIDN
0022099403
Profile Sinta
Profile PDDIKTI
Profile Google Scholar

Jadwal mengajar periode 2024/2025 Gasal

(15 Reviews)

Neurosains | 2024E

  • 16 Lessons

Mata kuliah "Neurosains pada Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini" memberikan pemahaman mendalam tentang bagaimana perkembangan otak anak usia dini mempengaruhi proses pembelajaran dan perkembangan mereka

(15 Reviews)

Perencanaan Pembelajaran | 2023I

  • 16 Lessons

Pengakajian tentang; Hakikat perencanaan pembelajaran, tujuan perencanaan, keterkaitan perencanaan dengan kurikulum terbaru yang adaptif dan pengintegrasian tehnologi dalam pembelajaran serta perancangan perangkat pembelajaran yang dilengkapi

(15 Reviews)

Neurosains | 2024F

  • 16 Lessons

Mata kuliah "Neurosains pada Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini" memberikan pemahaman mendalam tentang bagaimana perkembangan otak anak usia dini mempengaruhi proses pembelajaran dan perkembangan mereka

(15 Reviews)

Neurosains | 2024A

  • 16 Lessons

Mata kuliah "Neurosains pada Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini" memberikan pemahaman mendalam tentang bagaimana perkembangan otak anak usia dini mempengaruhi proses pembelajaran dan perkembangan mereka

(15 Reviews)

Analisis dan Perancangan Fasilitas Paud | 2022A

  • 16 Lessons

Mata kuliah ini mengkaji pengetahuan tentang menyiapkan lingkungan belajar baik dalam dan luar kuliah ini pada praktiknya dilakukan dengan perencanaan, penataan, pemanfaatan, dan perawatan penciptaan

(15 Reviews)

Neurosains | 2024B

  • 16 Lessons

Mata kuliah "Neurosains pada Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini" memberikan pemahaman mendalam tentang bagaimana perkembangan otak anak usia dini mempengaruhi proses pembelajaran dan perkembangan mereka

(15 Reviews)

Neurosains | 2024C

  • 16 Lessons

Mata kuliah "Neurosains pada Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini" memberikan pemahaman mendalam tentang bagaimana perkembangan otak anak usia dini mempengaruhi proses pembelajaran dan perkembangan mereka

(15 Reviews)

Neurosains | 2024D

  • 16 Lessons

Mata kuliah "Neurosains pada Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini" memberikan pemahaman mendalam tentang bagaimana perkembangan otak anak usia dini mempengaruhi proses pembelajaran dan perkembangan mereka

(15 Reviews)

Perencanaan Pembelajaran | 2023L

  • 16 Lessons

Pengakajian tentang; Hakikat perencanaan pembelajaran, tujuan perencanaan, keterkaitan perencanaan dengan kurikulum terbaru yang adaptif dan pengintegrasian tehnologi dalam pembelajaran serta perancangan perangkat pembelajaran yang dilengkapi

(15 Reviews)

Perencanaan Pembelajaran | 2023H

  • 16 Lessons

Pengakajian tentang; Hakikat perencanaan pembelajaran, tujuan perencanaan, keterkaitan perencanaan dengan kurikulum terbaru yang adaptif dan pengintegrasian tehnologi dalam pembelajaran serta perancangan perangkat pembelajaran yang dilengkapi

(15 Reviews)

Perencanaan Pembelajaran | 2023J

  • 16 Lessons

Pengakajian tentang; Hakikat perencanaan pembelajaran, tujuan perencanaan, keterkaitan perencanaan dengan kurikulum terbaru yang adaptif dan pengintegrasian tehnologi dalam pembelajaran serta perancangan perangkat pembelajaran yang dilengkapi

(15 Reviews)

Perencanaan Pembelajaran | 2023K

  • 16 Lessons

Pengakajian tentang; Hakikat perencanaan pembelajaran, tujuan perencanaan, keterkaitan perencanaan dengan kurikulum terbaru yang adaptif dan pengintegrasian tehnologi dalam pembelajaran serta perancangan perangkat pembelajaran yang dilengkapi

Riwayat mengajar

Periode Kode MK Nama mata kuliah Kelas Perguruan Tinggi
2023/2024 Genap 8620702236 ANALISIS DAN PERANCANGAN FASILITAS PAUD 2022A Universitas Negeri Surabaya
2023/2024 Genap 8620702236 ANALISIS DAN PERANCANGAN FASILITAS PAUD 2022B Universitas Negeri Surabaya
2023/2024 Genap 1000020101 KKN T 2021A Universitas Negeri Surabaya
2023/2024 Genap 8620702035 KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI 2023J Universitas Negeri Surabaya
2023/2024 Genap 8620702035 KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI 2023I Universitas Negeri Surabaya
2023/2024 Genap 8620702035 KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI 2023H Universitas Negeri Surabaya
2023/2024 Genap 8620702080 PENDIDIKAN ANAK DALAM KELUARGA 2023K Universitas Negeri Surabaya
2023/2024 Genap 8620702229 Pengelolaan KB 2021A Universitas Negeri Surabaya
2023/2024 Genap 8620702213 Pengembangan Bahasa Inggris AUD 2023D Universitas Negeri Surabaya
2023/2024 Genap 8620702213 Pengembangan Bahasa Inggris AUD 2023B Universitas Negeri Surabaya
2023/2024 Genap 8620702213 Pengembangan Bahasa Inggris AUD 2023C Universitas Negeri Surabaya
2023/2024 Genap 8620702213 Pengembangan Bahasa Inggris AUD 2023A Universitas Negeri Surabaya
2023/2024 Genap 8620706122 Skripsi 2020B Universitas Negeri Surabaya
2023/2024 Genap 8620706122 Skripsi 2020A Universitas Negeri Surabaya
2023/2024 Ganjil 8620700233 Kesehatan dan Gizi AUD 2022M Universitas Negeri Surabaya
2023/2024 Ganjil 8620700233 Kesehatan dan Gizi AUD 2022C Universitas Negeri Surabaya
2023/2024 Ganjil 8620700233 Kesehatan dan Gizi AUD 2022A Universitas Negeri Surabaya
2023/2024 Ganjil 8620700233 Kesehatan dan Gizi AUD 2022B Universitas Negeri Surabaya
2023/2024 Ganjil 8620702035 KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI 2023C Universitas Negeri Surabaya
2023/2024 Ganjil 8620702035 KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI 2023B Universitas Negeri Surabaya
2023/2024 Ganjil 8620702035 KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI 2023A Universitas Negeri Surabaya
2023/2024 Ganjil 8620702035 KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI 2023F Universitas Negeri Surabaya
2023/2024 Ganjil 8620702035 KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI 2023E Universitas Negeri Surabaya
2023/2024 Ganjil 8620702035 KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI 2023D Universitas Negeri Surabaya
2023/2024 Ganjil 8620702035 KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI 2023G Universitas Negeri Surabaya
2023/2024 Ganjil 8620703039 KONSEP DASAR PAUD 2023G Universitas Negeri Surabaya
2023/2024 Ganjil 8620703039 KONSEP DASAR PAUD 2023L Universitas Negeri Surabaya
2023/2024 Ganjil 8620703039 KONSEP DASAR PAUD 2023A Universitas Negeri Surabaya
2023/2024 Ganjil 8620703039 KONSEP DASAR PAUD 2023J Universitas Negeri Surabaya
2023/2024 Ganjil 8620703039 KONSEP DASAR PAUD 2023E Universitas Negeri Surabaya
2023/2024 Ganjil 8620703039 KONSEP DASAR PAUD 2023B Universitas Negeri Surabaya
2023/2024 Ganjil 8620703039 KONSEP DASAR PAUD 2023D Universitas Negeri Surabaya
2023/2024 Ganjil 8620703039 KONSEP DASAR PAUD 2023C Universitas Negeri Surabaya
2023/2024 Ganjil 8620703039 KONSEP DASAR PAUD 2023F Universitas Negeri Surabaya
2023/2024 Ganjil 8620703039 KONSEP DASAR PAUD 2023I Universitas Negeri Surabaya
2023/2024 Ganjil 8620703039 KONSEP DASAR PAUD 2023K Universitas Negeri Surabaya
2023/2024 Ganjil 8620703039 KONSEP DASAR PAUD 2023H Universitas Negeri Surabaya
2023/2024 Ganjil 8620702213 Pengembangan Bahasa Inggris AUD 2023L Universitas Negeri Surabaya
2023/2024 Ganjil 8620702213 Pengembangan Bahasa Inggris AUD 2023I Universitas Negeri Surabaya
2023/2024 Ganjil 8620702213 Pengembangan Bahasa Inggris AUD 2023J Universitas Negeri Surabaya
2023/2024 Ganjil 8620702213 Pengembangan Bahasa Inggris AUD 2023K Universitas Negeri Surabaya
2023/2024 Ganjil 8620702213 Pengembangan Bahasa Inggris AUD 2023H Universitas Negeri Surabaya
2023/2024 Ganjil 8620706122 Skripsi 2018A Universitas Negeri Surabaya
2023/2024 Ganjil 8620706122 Skripsi 2019A Universitas Negeri Surabaya
2022/2023 Genap 8620702203 Ketrampilan Mengajar dan Pembelajaran Mikro 2021A Universitas Negeri Surabaya
2022/2023 Genap 8620702203 Ketrampilan Mengajar dan Pembelajaran Mikro 2021B Universitas Negeri Surabaya
2022/2023 Genap 8620702213 Pengembangan Bahasa Inggris AUD 2022B Universitas Negeri Surabaya
2022/2023 Genap 8620702213 Pengembangan Bahasa Inggris AUD 2022C Universitas Negeri Surabaya
2022/2023 Genap 8620702213 Pengembangan Bahasa Inggris AUD 2022A Universitas Negeri Surabaya
2022/2023 Genap 8620703128 STRATEGI PEMBELAJARAN PAUD 2021A Universitas Negeri Surabaya
2022/2023 Genap 8620703128 STRATEGI PEMBELAJARAN PAUD 2021B Universitas Negeri Surabaya
2022/2023 Ganjil 8620702002 Analisis dan Perancangan Fasilitas AUD *) 2020B Universitas Negeri Surabaya
2022/2023 Ganjil 8620702002 Analisis dan Perancangan Fasilitas AUD *) 2020A Universitas Negeri Surabaya
2022/2023 Ganjil 8620702035 KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI 2020A Universitas Negeri Surabaya
2022/2023 Ganjil 8620702035 KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI 2022C Universitas Negeri Surabaya
2022/2023 Ganjil 8620702035 KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI 2020B Universitas Negeri Surabaya
2022/2023 Ganjil 8620702035 KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI 2022B Universitas Negeri Surabaya
2022/2023 Ganjil 8620702035 KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI 2022A Universitas Negeri Surabaya
2022/2023 Ganjil 8620703039 KONSEP DASAR PAUD 2022A Universitas Negeri Surabaya
2022/2023 Ganjil 8620703039 KONSEP DASAR PAUD 2022B Universitas Negeri Surabaya
2022/2023 Ganjil 8620703039 KONSEP DASAR PAUD 2022C Universitas Negeri Surabaya
2022/2023 Ganjil 8620702180 Magang 2020B Universitas Negeri Surabaya
2022/2023 Ganjil 8620702180 Magang 2020A Universitas Negeri Surabaya
2022/2023 Ganjil 8620702155 PERMASALAHAN DAN BIMBINGAN AUD 2020B Universitas Negeri Surabaya
2022/2023 Ganjil 8620702155 PERMASALAHAN DAN BIMBINGAN AUD 2020A Universitas Negeri Surabaya
2022/2023 Ganjil 1000004056 PLP-Praktik Mengajar PLPDP Universitas Negeri Surabaya
2021/2022 Genap 8620703023 Evaluasi Pembelajaran PAUD 2020A Universitas Negeri Surabaya
2021/2022 Genap 8620703023 Evaluasi Pembelajaran PAUD 2020B Universitas Negeri Surabaya
2021/2022 Genap 1000003089 KKN Kewirausahaan Perancangan Program 2019A Universitas Negeri Surabaya
2021/2022 Genap 1000003071 KKN Proyek Desa Perancangan Program 2019A Universitas Negeri Surabaya
2021/2022 Genap 8620703092 PENGEMBANGAN KURIKULUM PAUD 2021A Universitas Negeri Surabaya
2021/2022 Genap 8620703092 PENGEMBANGAN KURIKULUM PAUD 2021B Universitas Negeri Surabaya
2021/2022 Genap 8620706122 Skripsi 2018B Universitas Negeri Surabaya
2021/2022 Genap 8620706122 Skripsi 2015A Universitas Negeri Surabaya
2021/2022 Genap 8620706122 Skripsi 2016A Universitas Negeri Surabaya
2021/2022 Genap 8620706122 Skripsi 2017A Universitas Negeri Surabaya
2021/2022 Ganjil 8620703023 Evaluasi Pembelajaran PAUD 2019B Universitas Negeri Surabaya
2021/2022 Ganjil 8620703023 Evaluasi Pembelajaran PAUD 2019A Universitas Negeri Surabaya
2021/2022 Ganjil 8620703049 Media dan Sumber Belajar Paud 2020A Universitas Negeri Surabaya
2021/2022 Ganjil 8620703049 Media dan Sumber Belajar Paud 2020B Universitas Negeri Surabaya
2021/2022 Ganjil 8620703205 Pengembangan Kognitif AUD 2020B Universitas Negeri Surabaya
2021/2022 Ganjil 8620703205 Pengembangan Kognitif AUD 2020A Universitas Negeri Surabaya

Riwayat Publikasi

No Tahun Judul Artikel Publisher
1. 2024 Pengembangan Media Video It’s Toilet Time dalam Menstimulasi Keterampilan Toilet Training Anak Usia 3-4 Tahun Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 9 (3), 2179-2192
2. 2024 Meningkatkan Kemampuan Visual Spasial Anak melalui Permainan M3 (Melihat, Memilih, Membuat) Dengan Media Berbahan Loose Parts Journal of Education Research 5 (3), 2904-2910
3. 2024 Development of a Simple Experiment-Based Inquiry Learning Model in Introduction to Science Journal of Transformative Pedagogy 1 (1), 7-13
4. 2024 Pengaruh Metode Read Aloud Terhadap Kemampuan Berkomunikasi Lisan Pada Kelompok B di TK At-Taqwa Penjaringan Kota Surabaya: The Influence of the Read Aloud Method on Oral … Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini 6 (1 …
5. 2024 Implementasi Model Pembelajaran Cooperative Learning melalui Media Coklis pada Kelompok B TK Hidayatullah: Implementation of the Cooperative Learning Model through Coklis Media … Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini 6 (1 …
6. 2024 Pengaruh Permainan Bisik Berantai dengan Media BATAKA terhadap Kemampuan Komunikasi Lisan pada Anak Kelompok B di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 18 Surabaya: The Effect Of A Chain … Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini 6 (1), 86-99
7. 2023 Pengaruh Media Colour Corrugated Paper (Kokoru) Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak di TK Mekar Sari Surabaya: The Influence Of Colour Corrugated Paper (Kokoru) Media On … Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini 5 (2 …
8. 2023 Penerapan Puzzle Geometri di RA Al-Mukhlashin dengan Model Problem Based Learning Jurnal Citra Pendidikan 3 (4), 1397-1414
9. 2023 Exploring the efficacy of game-based learning models in enhancing children's gross motor skills Atfaluna: Journal of Islamic Early Childhood Education 6 (2), 68-80
10. 2023 The Influence of Using the “Berka” Application (Learning Words) Based on Augmented Reality as a Media for Understanding Vocabulary in Children with Speech Delay at Early … International Joint Conference on Arts and Humanities 2023 (IJCAH 2023), 461-471
11. 2023 Aplikasi'Berka'untuk Meningkatkan Pemahaman Kosakata pada Anak Usia Dini yang Terlambat Bicara Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 7 (6), 7826-7835.
12. 2023 Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri dengan Media Realia Terhadap Literasi Sains Anak Usia 4-5 Tahun JIEEC (Journal of Islamic Education for Early Childhood) 5 (2), 1-13
13. 2023 Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Dengan Media Audiovisual Terhadap Literasi Anak Kelompok B JIEEC (Journal of Islamic Education for Early Childhood) 5 (2), 72-90
14. 2023 PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENCAPAI HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH STRATEGI PEMBELAJARAN PAUD CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif) 6 (2), 217-231
15. 2023 Pengembangan Permainan Anove Sensory Path Untuk Meningkatkan Kemampuan Gerak Lokomotor Anak Usia 4-5 Tahun JECER (journal Of Early Childhood Education And Research) 4 (1), 29-43
16. 2023 PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN “LITTLE SCIENTIST” DALAM PEMBELAJARAN STEAM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS ANAK USIA 4-5 TAHUN Journal of Early Childhood Education (JECE) 5 (1), 80-91
17. 2023 Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar Melalui Permainan Tradisional pada AUD di SIKL Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 7 (6), 7053-7059
18. 2023 Penggunaan Metode TPR (Total Physical Response) dalam Pembelajaran Bahasa Inggris pada Anak Usia 5-6 Tahun di Kumon Green Garden Gresik SELING: Jurnal Program Studi PGRA 9 (1), 88-99
19. 2023 Pengembangan Buku Ajar Tema Peduli Lingkungan untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Anak Usia 5-6 Tahun: Development of Environmental Care Theme Textbooks to Improve … Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini 5 (2 …
20. 2023 Analisis Project Based Learning (PjBL) Untuk Kemampuan Berpikir Kreatif Anak Usia 5-6 Tahun PENDIPA Journal of Science Education 7 (3), 431-438
21. 2023 Pengembangan Media Kotak Menggunting untuk Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun SELING: Jurnal Program Studi PGRA 9 (2), 223-236
22. 2023 Pelatihan Pengasuhan Anak Usia Dini untuk Caretaker Daycare di Kecamatan Lidah Wetan Transformasi dan Inovasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat 3 (1), 23-29
23. 2023 Pelatihan penyusunan kegiatan pembelajaran berbasis literasi sebagai implementasi kurikulum merdeka pada guru paud di kecamatan prigen Transformasi Dan Inovasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat 3 (1), 14-18
24. 2022 Efektivitas Permainan Sirkuit Terhadap Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini 3 (2), 38-54
25. 2022 Efektivitas Penggunaan Media Busy Book Dalam Meningkatkan Pengetahuan Mitigasi Bencana Banjir Pada Anak Usia 5-6 Tahun Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini 3 (2), 66-77
26. 2022 Development of Local Wisdom-Based International Journal of Current Educational Research 1 (2), 145-160
27. 2022 Using Books in Early Childhood to Prevent the Assumption of Traditional Gender Roles International Journal of Learning, Teaching and Educational Research 21 (4 …
28. 2022 Implementasi perancangan media loose parts pada guru taman kanak-kanak SELING: Jurnal Program Studi PGRA 8 (1), 1-8
29. 2022 STUDI KOMPARATIF KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PAUD DITINJAU DARI LATAR BELAKANG PENDIDIKAN JP2KG AUD (Jurnal Pendidikan, Pengasuhan, Kesehatan dan Gizi Anak Usia Dini …
30. 2020 Faktor Orang Tua dalam Memilih Taman Kanak-Kanak Bagi Anak Usia Dini Al-fahim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 3 (2), 55-71
31. 2020 Pengembangan Buku Panduan Pembelajaran Metode Proyek Untuk Guru TK ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal 8 (2), 164
32. 2020 Pelaksanaan pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19 di TK Bias Yogyakarta Tarbiyatuna: Kajian Pendidikan Islam 4 (2), 206-216
33. 2019 Alamsyah, Yosep Aspat.“Expect Teacher (Membedah Syarat-Syarat Untuk Menjadi Guru Ahli atau Expect Teacher),” No. 1, Vol. 3 (2016). Jurnal Jendela Bunda Program Studi PG-PAUD Universitas Muhammadiyah Cirebon …
34. 2019 Project Based Learning Improves 5-6 Years Olds Cooperative Skills International Conference on Social Science and Character Educations (ICoSSCE …
35. 2016 Peningkatan kemampuan seriasi ukuran melalui penggunaan media benda konkret pada kelompok A Pendidikan Guru PAUD S-1 5 (2), 219-228