•  

Our Top Course
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 

Course Appreciation of Javanese Prose Javanese

Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Dan Sastra Jawa UNESA

 
Card image

Course Description

Course Description: Study and mastery of the basics and practices of prose appreciation to improve literary work analysis skills and their application in Javanese language learning by utilizing science and technology based on a responsible attitude. This course is presented with a system of assignments, practice, discussion and presentation, and reflection.

Program Objectives (PO)

  • 1. Memanfaatkan IPTEKS untuk mendapatkan, mengumpulkan, dan mengolah berbagai dasar-dasar dan praktik apresiasi prosadalam rangka meningkatkan keterampilan analisis karya sastra dan penerapannya dalam pembelajaran bahasa Jawa.
  • 2. Menguasai konsep teoretis tentang dasar-dasar dan praktik apresiasi prosa, serta mampu memformulasikan dalam penyelesaian berbagai permasalahan praktik mengapresiasi prosa secara prosedural.
  • 3. Mengambil keputusan strategis berdasarkan analisis informasi dan data, dan memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi dalam penyelesaian dan pemecahan permasalahan praktik mengapresiasi prosa Jawa di sekolah.
  • 4. Memiliki komitmen dan sikap tanggung jawab pada kinerja pembelajaran sendiri dan kelompok dalam pemecahan berbagai permasalahan praktik mengapresiasi prosa Jawa di sekolah.

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Penjelasan sistem dan gambaran umum perkuliahan
    • Date  4 Februari 2025

  • Pertemuan 2
    Kognitif: memahami, menemukan sendiri, mendiskusikan, menentukan, dan menjelaskan pengertian apresiasi sastra, tujuan mengapresiasi sastra, dan manfaat mengapresiasi sastra. Afektif: mengerti, memberikan pendapat, berpikir logis, berpikir analisis, menjawab pertanyaan, berkomunikasi.Psikomotorik: Mengidentifikasi dan mensketsakan pengertian apresiasi sastra, tujuan apresiasi sastra, dan manfaat mengapresiasi sastra
    • Date  11 Februari 2025

  • Pertemuan 3
    Kognitif: memahami, menemukan sendiri, mendiskusikan, menentukan, dan menjelaskan pendekatan dalam apresiasi sastra. Afektif: mengerti, memberikan pendapat, berpikir logis, berpikir analisis, menjawab pertanyaan, berkomunikasi.Psikomotorik: Mengidentifikasi jenis-jenis pendekatan dalam apresiasi sastra dan pengklasifikasikan dan menjelaskan dengan disertai contohpendekatan dalam apresiasi sastra
    • Date  18 Februari 2025

  • Pertemuan 4
    Kognitif: memahami, menemukan sendiri, mendiskusikan, menentukan, dan menjelaskan pendekatan dalam apresiasi sastra. Afektif: mengerti, memberikan pendapat, berpikir logis, berpikir analisis, menjawab pertanyaan, berkomunikasi.Psikomotorik: Mengidentifikasi jenis-jenis pendekatan dalam apresiasi sastra dan pengklasifikasikan dan menjelaskan dengan disertai contohpendekatan dalam apresiasi sastra
    • Date  25 Februari 2025

  • Pertemuan 5
    Kognitif: memahami, menemukan sendiri, mendiskusikan, menentukan, dan menjelaskan sastra dan fiksi, pengertian prosa, jenis-jenis prosa, dan struktur prosa. Afektif: mengerti, memberikan pendapat, berpikir logis, berpikir analisis, menjawab pertanyaan, berkomunikasi.Psikomotorik: Mengidentifikasi sastra, fiksi , dan prosa, menggolongkan jenis-jenis prosa dan struktur prosa disertai dengan contoh.
    • Date  4 Maret 2025

  • Pertemuan 6
    Kognitif: memahami, menemukan sendiri, mendiskusikan, menentukan, dan menjelaskan fakta cerita, tema dan masalah. Afektif: mengerti, memberikan pendapat, berpikir logis, berpikir analisis, menjawab pertanyaan, berkomunikasi.Psikomotorik: Mengidentifikasi dan mengklasifikasikan fakta cerita, tema dan masalah disertai dengan contoh.
    • Date  11 Maret 2025

  • Pertemuan 7
    Kognitif: memahami, menemukan sendiri, mendiskusikan, menentukan, dan menjelaskan fakta cerita, tema dan masalah. Afektif: mengerti, memberikan pendapat, berpikir logis, berpikir analisis, menjawab pertanyaan, berkomunikasi.Psikomotorik: Mengidentifikasi dan mengklasifikasikan fakta cerita, tema dan masalah disertai dengan contoh.
    • Date  18 Maret 2025

  • Pertemuan 8
    UJIAN TENGAH SEMESTER
    • Date  25 Maret 2025

  • Pertemuan 9
    Kognitif: memahami, menemukan sendiri, mendiskusikan, menentukan, dan menjelaskan sarana cerita, judul, sudut pandang, gaya, dan tone, ironi, dan simbolisme. Afektif: mengerti, memberikan pendapat, berpikir logis, berpikir analisis, menjawab pertanyaan, berkomunikasi.Psikomotorik: Mengidentifikasi, mengklasifikasikan judul, sudut pandang, gaya, tone, ironi dan simbolisme disertai dengan contoh. Kognitif: memahami, menemukan sendiri, mendiskusikan, menentukan, dan menjelaskan bahasa dan moral dalam kajian fiksi Afektif: mengerti, memberikan pendapat, berpikir logis, berpikir analisis, menjawab pertanyaan, berkomunikasi.Psikomotorik: Mengidentifikasi, mengklasifikasikan dan menerapkan bahasa dan moral dalam kajian fiksi.
    • Date  1 April 2025

  • Pertemuan 10
    Kognitif: memahami, menemukan sendiri, mendiskusikan, menentukan, dan menjelaskan sarana cerita, judul, sudut pandang, gaya, dan tone, ironi, dan simbolisme. Afektif: mengerti, memberikan pendapat, berpikir logis, berpikir analisis, menjawab pertanyaan, berkomunikasi.Psikomotorik: Mengidentifikasi, mengklasifikasikan judul, sudut pandang, gaya, tone, ironi dan simbolisme disertai dengan contoh. Kognitif: memahami, menemukan sendiri, mendiskusikan, menentukan, dan menjelaskan bahasa dan moral dalam kajian fiksi Afektif: mengerti, memberikan pendapat, berpikir logis, berpikir analisis, menjawab pertanyaan, berkomunikasi.Psikomotorik: Mengidentifikasi, mengklasifikasikan dan menerapkan bahasa dan moral dalam kajian fiksi.
    • Date  8 April 2025

  • Pertemuan 11
    Kognitif: memahami, menemukan sendiri, mendiskusikan, menentukan, dan menjelaskan sarana cerita, judul, sudut pandang, gaya, dan tone, ironi, dan simbolisme. Afektif: mengerti, memberikan pendapat, berpikir logis, berpikir analisis, menjawab pertanyaan, berkomunikasi.Psikomotorik: Mengidentifikasi, mengklasifikasikan judul, sudut pandang, gaya, tone, ironi dan simbolisme disertai dengan contoh. Kognitif: memahami, menemukan sendiri, mendiskusikan, menentukan, dan menjelaskan bahasa dan moral dalam kajian fiksi Afektif: mengerti, memberikan pendapat, berpikir logis, berpikir analisis, menjawab pertanyaan, berkomunikasi.Psikomotorik: Mengidentifikasi, mengklasifikasikan dan menerapkan bahasa dan moral dalam kajian fiksi.
    • Date  15 April 2025

  • Pertemuan 12
    Kognitif: menjelaskan, mengutip pendapat orang lain, mencontohkan, mengemukakan pendapat, mengkritik, mendukung pendapat orang lain, dalam diskusi isu-isu perkembangan prosa fiksi di Indonesia Afektif: berpikir logis, berpikir analisis, percaya diri, memelihara kesopanan dan saling penghargaan, serta mendengarkan, mengamati, dan memberikan pendapat terhadap penampilan orang lain. Psikomotorik: mempertajam argumen, mengidentifikasi, bertanya dan merespons dalam diskusi isu-isu perkembangan prosa fiksi di Indonesia
    • Date  22 April 2025

  • Pertemuan 13
    Kognitif: menjelaskan, mengutip pendapat orang lain, mencontohkan, mengemukakan pendapat, mengkritik, mendukung pendapat orang lain, dalam diskusi isu-isu perkembangan prosa fiksi di Indonesia Afektif: berpikir logis, berpikir analisis, percaya diri, memelihara kesopanan dan saling penghargaan, serta mendengarkan, mengamati, dan memberikan pendapat terhadap penampilan orang lain. Psikomotorik: mempertajam argumen, mengidentifikasi, bertanya dan merespons dalam diskusi isu-isu perkembangan prosa fiksi di Indonesia
    • Date  29 April 2025

  • Pertemuan 14
    Kognitif: menjelaskan, mengutip pendapat orang lain, mencontohkan, mengemukakan pendapat, mengkritik, mendukung pendapat orang lain, dalam diskusi isu-isu perkembangan prosa fiksi di Indonesia Afektif: berpikir logis, berpikir analisis, percaya diri, memelihara kesopanan dan saling penghargaan, serta mendengarkan, mengamati, dan memberikan pendapat terhadap penampilan orang lain. Psikomotorik: mempertajam argumen, mengidentifikasi, bertanya dan merespons dalam diskusi isu-isu perkembangan prosa fiksi di Indonesia
    • Date  6 Mei 2025

  • Pertemuan 15
    Kognitif: menjelaskan, mengutip pendapat orang lain, mencontohkan, mengemukakan pendapat, mengkritik, mendukung pendapat orang lain, dalam diskusi isu-isu perkembangan prosa fiksi di Indonesia Afektif: berpikir logis, berpikir analisis, percaya diri, memelihara kesopanan dan saling penghargaan, serta mendengarkan, mengamati, dan memberikan pendapat terhadap penampilan orang lain. Psikomotorik: mempertajam argumen, mengidentifikasi, bertanya dan merespons dalam diskusi isu-isu perkembangan prosa fiksi di Indonesia
    • Date  13 Mei 2025

  • Pertemuan 16
    UJIAN AKHIR SEMESTER
    • Date  20 Mei 2025

Lecturer

YUNITA ERNAWATI
YUNITA ERNAWATI
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

DARNI
DARNI
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS1 Pendidikan Bahasa Dan Sastra Jawa
  • Semester2
  • Lectures2
Difficult Things About Education.
$75$10