Course Description
Mengkaji tentang (1) konsep tentang teori dan model pembelajaran, (2) Landasan teori belajar dan pembelajaran behaviorisme , kognitivisme, konstruktivisme, dan konektivisme, (3) karakteristik proses pembelajaran yang mencakup interaktif, holistik, integratif, saintifik, kontekstual, tematik, efektif, kolaboratif, dan berpusat pada peserta didik, (4) model-model pembelajaran seperti diskusi kelompok, simulasi, studi kasus, pembelajaran kolaboratif, pembelajaran kooperatif, pembelajaran berbasis proyek, pembelajaran berbasis masalah, atau metode pembelajaran lain yang dapat secara efektif memfasilitasi pembelajaran, (5) landasan prosedur pengembangan model pembelajaran, model ADDIE, Holistic 4D, dan Flomp, (6) taksonomi desain model pembelajaran (berorientasi pada kelas, produk, dan sistem) dan (7) Praktek mengembangkan model pembelajaran pengembangan model pembelajaran baru. Metode/model yang digunakan untuk pembelajaran kajian itu adalah ceramah, diskusi, tanya jawab, team based learning, problem based leraning, project based learning, case based leraning, dan collaborative learning.
Program Objectives (PO)
- Menguasai konsep, prinsip, dan karakteristik teori pembelajaran,
- Menguasai teori belajar dan pembelajaran: teori belajar behavioristik , kognitivistik, konstruktivistik, dan konektivistik,
- Menguasai karakteristik proses pembelajaran yang mencakup interaktif, holistik, integratif, saintifik, kontekstual, tematik, efektif, kolaboratif, dan berpusat pada peserta didik
- Menguasai model-model pembelajaran seperti diskusi kelompok, simulasi, studi kasus, pembelajaran kolaboratif, pembelajaran kooperatif, pembelajaran berbasis proyek, pembelajaran berbasis masalah, atau metode pembelajaran lain, yang dapat secara efektif memfasilitasi pembelajaran