•  

Our Top Course
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 

Course Science Praxis Study

Program Studi S3 Pendidikan Dasar UNESA

 
Card image

Course Description

Mata kuliah ini memfasilitasi mahasiswa untuk berpikir tentang hakikat, perkembangan, dan peran IPA, mengkaji fakta konsep, prinsip, teori, dan metodologi IPA, peran pembelajaran IPA dalam pendidikan dasar, melakukan kajian praksis pembelajaran IPA di pendidikan dasar, serta merumuskan strategi dan metodologi pembelajaran IPA di pendidikan dasar. Perkuliahan dilakukan dengan penugasan analisis CP, analisis materi IPA sesuai CP, analisis potensi miskonsepsi, analisis praksis nyata pembelajaran IPA di sekolah, perumusan ide-ide inkuiri/kegiatan yang berpusat pada siswa, perumusan rencana praksis pembelajaran IPA, dan diskusi hasil analisis & kreasi. Penilaian dilakukan dengan penilaian terhadap partisipasi, tugas, kualitas dan keorisinilan gagasan, dan tes tertulis.

Program Objectives (PO)

  • Melakukan analisis pengetahuan dan KPS pada penggalan Capaian Pembelajaran IPAS
  • Mengembangkan materi (uraian dimensi pengetahuan) dan kegiatan untuk mendukung KPS atau kecakapan lainnya pada penggalan Capaian Pembelajaran IPAS
  • Melakukan kajian terhadap praksis pembelajaran IPA di sekolah
  • Mengembangkan model dan perangkat pembelajaran dan asesmen pada penggalan Capaian Pembelajaran IPAS sesuai ide disertasi

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Melakukan analisis proses kognitif dan dimensi pengetahuan pada penggalan Capaian Pembelajaran IPAS
    • Date  4 Februari 2025

  • Pertemuan 2
    Melakukan analisis proses kognitif dan dimensi pengetahuan pada penggalan Capaian Pembelajaran IPAS
    • Date  11 Februari 2025

  • Pertemuan 3
    Melakukan analisis proses kognitif dan dimensi pengetahuan pada penggalan Capaian Pembelajaran IPAS
    • Date  18 Februari 2025

  • Pertemuan 4
    Instrumen penelitian awal (pra-penelitian)
    • Date  25 Februari 2025

  • Pertemuan 5
    Melakukan penelitian awal (pra-penelitian)
    • Date  4 Maret 2025

  • Pertemuan 6
    Hasil dan pembahasan penelitian awal (pra-penelitian)
    • Date  11 Maret 2025

  • Pertemuan 7
    Hasil dan pembahasan penelitian awal (pra-penelitian)
    • Date  18 Maret 2025

  • Pertemuan 8
    • Date  25 Maret 2025

  • Pertemuan 9
    Model pembelajaran yang sesuai untuk tujuan pengembangan kecakapan berpikir atau yang lain sesuai penggalan CP IPAS
    • Date  1 April 2025

  • Pertemuan 10
    Model pembelajaran yang sesuai untuk tujuan pengembangan kecakapan berpikir atau yang lain sesuai penggalan CP IPAS
    • Date  8 April 2025

  • Pertemuan 11
    Perangkat pembelajaran dan asesmen pada penggalan Capaian Pembelajaran IPAS
    • Date  15 April 2025

  • Pertemuan 12
    Perangkat pembelajaran dan asesmen pada penggalan Capaian Pembelajaran IPAS
    • Date  22 April 2025

  • Pertemuan 13
    Melakukan simulasi pembelajaran yang menginmplementasikan perangkat pembelajaran dan asesmen pada penggalan Capaian Pembelajaran IPAS
    • Date  29 April 2025

  • Pertemuan 14
    Melakukan simulasi pembelajaran yang menginmplementasikan perangkat pembelajaran dan asesmen pada penggalan Capaian Pembelajaran IPAS
    • Date  6 Mei 2025

  • Pertemuan 15
    Melakukan simulasi pembelajaran yang menginmplementasikan perangkat pembelajaran dan asesmen pada penggalan Capaian Pembelajaran IPAS
    • Date  13 Mei 2025

  • Pertemuan 16
    Melakukan simulasi pembelajaran yang menginmplementasikan perangkat pembelajaran dan asesmen pada penggalan Capaian Pembelajaran IPAS
    • Date  20 Mei 2025

Lecturer

WAHONO WIDODO
WAHONO WIDODO
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS3 Pendidikan Dasar
  • Semester3
  • Lectures1
Difficult Things About Education.
$75$10