•  

Our Top Course
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 
Instructor
Nonik Indrawatiningsih
 

My Profile

Nama
Dr. Nonik Indrawatiningsih, M.Pd.
NIDN
0721098902
Profile Sinta
Profile PDDIKTI
Profile Google Scholar

Jadwal mengajar periode 2024/2025 Gasal

(15 Reviews)

Matematika Sekolah | 2023C

  • 16 Lessons

Matakuliah ini mengkaji tentang konsep-konsep Matematika di SMP/MTs, dan Matematika SMA/MA yang esensial, miskonsepsi siswa dan atau guru beserta alternatif pembelajarannya yang memanfaatkan TIK melalui

(15 Reviews)

Teori Belajar | 2024C

  • 16 Lessons

Mengkaji tentang teori-teori yang menjelaskan cara siswa belajar meliputi teori belajar perilaku, teori belajar sosial, teori belajar kognitif, teori belajar konstruktivis, serta teori pemotivasian siswa

(15 Reviews)

Pembelajaran Mikro | 2022C

  • 16 Lessons

Mata kuliah ini mengkaji tentang manajemen berbasis sekolah, supervisi klinis melalui presentasi dan diskusi, dan memfasilitasi mahasiswa dalam mengembangkan perangkat pembelajaran berdasarkan kurikulum yang berlaku,

(15 Reviews)

Teori Belajar | 2024B

  • 16 Lessons

Mengkaji tentang teori-teori yang menjelaskan cara siswa belajar meliputi teori belajar perilaku, teori belajar sosial, teori belajar kognitif, teori belajar konstruktivis, serta teori pemotivasian siswa

(15 Reviews)

Matematika Sekolah | 2023I

  • 16 Lessons

Matakuliah ini mengkaji tentang konsep-konsep Matematika di SMP/MTs, dan Matematika SMA/MA yang esensial, miskonsepsi siswa dan atau guru beserta alternatif pembelajarannya yang memanfaatkan TIK melalui

(15 Reviews)

Matematika Sekolah | 2023H

  • 16 Lessons

Matakuliah ini mengkaji tentang konsep-konsep Matematika di SMP/MTs, dan Matematika SMA/MA yang esensial, miskonsepsi siswa dan atau guru beserta alternatif pembelajarannya yang memanfaatkan TIK melalui

(15 Reviews)

Teori Belajar | 2024A

  • 16 Lessons

Mengkaji tentang teori-teori yang menjelaskan cara siswa belajar meliputi teori belajar perilaku, teori belajar sosial, teori belajar kognitif, teori belajar konstruktivis, serta teori pemotivasian siswa

(15 Reviews)

Matematika | 2024C

  • 16 Lessons

Mata Kuliah ini mengkaji tentang fungsi, limit fungsi, kekontinuan fungsi, turunan fungsi dan aplikasinya, integral dan aplikasinya, termasuk penyelesaian masalah terkait luas daerah, volume benda

(15 Reviews)

Pembelajaran Inovatif | 2023A

  • 16 Lessons

Mengaji tentang landasan teori, tahapan, pengelolaan kelas, dan evaluasi dalam pembelajaran diferensiasi, pendekatan TaRL, pendekatan CRT, model pengajaran langsung, model pembelajaran kooperatif (cooperative learning), dan

Riwayat mengajar

Periode Kode MK Nama mata kuliah Kelas Perguruan Tinggi
2023/2024 Genap 8420202047 e-Learning 2022D Universitas Negeri Surabaya
2023/2024 Genap 8420202047 e-Learning 2022B Universitas Negeri Surabaya
2023/2024 Genap 8420202047 e-Learning 2022C Universitas Negeri Surabaya
2023/2024 Genap 8420200004 Pembelajaran Inovatif 2022C Universitas Negeri Surabaya
2023/2024 Genap 8420202004 Teori Belajar 2023E Universitas Negeri Surabaya
2023/2024 Genap 8420202004 Teori Belajar 2023F Universitas Negeri Surabaya
2023/2024 Ganjil 1000002005 Dasar-Dasar Pendidikan 2023C Universitas Negeri Surabaya
2023/2024 Ganjil 1000002005 Dasar-Dasar Pendidikan 2023I Universitas Negeri Surabaya
2023/2024 Ganjil 1000002005 Dasar-Dasar Pendidikan 2023H Universitas Negeri Surabaya
2023/2024 Ganjil 1000002005 Dasar-Dasar Pendidikan 2023D Universitas Negeri Surabaya
2023/2024 Ganjil 5520203109 Matematika 2023C Universitas Negeri Surabaya
2023/2024 Ganjil 5520203109 Matematika 2023D Universitas Negeri Surabaya
2023/2024 Ganjil 8420502278 Matematika Dasar 2023A Universitas Negeri Surabaya
2023/2024 Ganjil 4620102197 Matematika Dasar 2023F Universitas Negeri Surabaya
2023/2024 Ganjil 8420202200 SEMINAR PENDIDIKAN MATEMATIKA 2021H Universitas Negeri Surabaya
2022/2023 Genap 8420202004 Aljabar Abstrak 2021A Universitas Negeri Surabaya
2022/2023 Genap 8420202047 e-Learning 2021A Universitas Negeri Surabaya
2022/2023 Genap 8420202047 e-Learning 2021U Universitas Negeri Surabaya
2022/2023 Genap 8420204079 KALKULUS DIFERENSIAL 2019A Universitas Negeri Surabaya
2022/2023 Genap 8420200004 Pembelajaran Inovatif 2021B Universitas Negeri Surabaya
2021/2022 Genap MTKB 007 PENGEMBANGAN BAHAN AJAR A Universitas PGRI Wiranegara
2021/2022 Genap MTKB 005 PERENCANAAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA A Universitas PGRI Wiranegara
2021/2022 Genap FKPP 02MT PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK A Universitas PGRI Wiranegara
2021/2022 Ganjil PMAT 30 Kapita Selekta Matematika SD A Universitas PGRI Wiranegara
2021/2022 Ganjil PMAT 30 Kapita Selekta Matematika SD B Universitas PGRI Wiranegara
2021/2022 Ganjil MTKB 011 PENELITIAN PENGEMBANGAN & PTK A Universitas PGRI Wiranegara
2021/2022 Ganjil STPB 004 SKRIPSI G Universitas PGRI Wiranegara
2021/2022 Ganjil MTKB 001 TELAAH KURIKULUM A Universitas PGRI Wiranegara
2020/2021 Genap MTKK 010 KAPITA SELEKTA MATEMATIKA SMP A Universitas PGRI Wiranegara
2020/2021 Genap MTKB 005 PERENCANAAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA B Universitas PGRI Wiranegara
2020/2021 Genap STPB 004 SKRIPSI C Universitas PGRI Wiranegara
2020/2021 Genap STPB 004 SKRIPSI E Universitas PGRI Wiranegara
2020/2021 Genap STPB 004 SKRIPSI D Universitas PGRI Wiranegara
2020/2021 Ganjil MTKK 009 KAPITA SELEKTA MATEMATIKA SEKOLAH DASAR A Universitas PGRI Wiranegara
2020/2021 Ganjil UNBB 002 KKN E Universitas PGRI Wiranegara
2020/2021 Ganjil STBB 002 KKN E Universitas PGRI Wiranegara
2020/2021 Ganjil MTKB 011 PENELITIAN PENGEMBANGAN & PTK B Universitas PGRI Wiranegara
2020/2021 Ganjil STPB 005 PLP I B Universitas PGRI Wiranegara
2020/2021 Ganjil STPB 006 PLP II F Universitas PGRI Wiranegara
2020/2021 Ganjil STPB 006 PLP II B Universitas PGRI Wiranegara
2019/2020 Genap STPB 004 SKRIPSI A STKIP PGRI Pasuruan
2019/2020 Ganjil MTKB 011 PENELITIAN PENGEMBANGAN & PTK A STKIP PGRI Pasuruan
2019/2020 Ganjil MTKB 011 PENELITIAN PENGEMBANGAN & PTK B STKIP PGRI Pasuruan
2019/2020 Ganjil STPB 004 SKRIPSI F STKIP PGRI Pasuruan
2018/2019 Genap MTKB 007 PENGEMBANGAN BAHAN AJAR B STKIP PGRI Pasuruan
2018/2019 Genap MTKB 007 PENGEMBANGAN BAHAN AJAR A STKIP PGRI Pasuruan
2018/2019 Genap STPB 004 SKRIPSI E STKIP PGRI Pasuruan
2018/2019 Ganjil STKK 001 PENGANTAR PENDIDIKAN A STKIP PGRI Pasuruan
2018/2019 Ganjil MKB 407 SEMINAR MATEMATIKA A STKIP PGRI Pasuruan
2018/2019 Ganjil MKB 407 SEMINAR MATEMATIKA B STKIP PGRI Pasuruan
2017/2018 Genap MPB 002 SKRIPSI D STKIP PGRI Pasuruan
2017/2018 Ganjil MTKK 011 KAPITA SELEKTA MATEMATIKA SMA B STKIP PGRI Pasuruan
2017/2018 Ganjil MTKK 011 KAPITA SELEKTA MATEMATIKA SMA A STKIP PGRI Pasuruan
2017/2018 Ganjil MKB 407 SEMINAR MATEMATIKA C STKIP PGRI Pasuruan
2017/2018 Ganjil MPB 002 SKRIPSI E STKIP PGRI Pasuruan
2016/2017 Genap MKK 427 MATEMATIKA DISKRIT B STKIP PGRI Pasuruan
2016/2017 Genap MKK 427 MATEMATIKA DISKRIT A STKIP PGRI Pasuruan
2016/2017 Genap MPB 002 SKRIPSI H STKIP PGRI Pasuruan
2016/2017 Genap MPB 002 SKRIPSI B STKIP PGRI Pasuruan
2016/2017 Ganjil MKK 415 MATEMATIKA SEKOLAH MENENGAH III A STKIP PGRI Pasuruan
2016/2017 Ganjil MKK 415 MATEMATIKA SEKOLAH MENENGAH III B STKIP PGRI Pasuruan
2016/2017 Ganjil STKK 001 PENGANTAR PENDIDIKAN B STKIP PGRI Pasuruan
2015/2016 Genap MBB 4202 ILMU KEALAMAN DASAR A STKIP PGRI Pasuruan
2015/2016 Genap MKK 427 MATEMATIKA DISKRIT C STKIP PGRI Pasuruan
2015/2016 Ganjil MKK 403 BELAJAR DAN PEMBELAJARAN C STKIP PGRI Pasuruan
2015/2016 Ganjil MKK 403 BELAJAR DAN PEMBELAJARAN D STKIP PGRI Pasuruan
2015/2016 Ganjil MKB 001 K K N 3 STKIP PGRI Pasuruan
2015/2016 Ganjil MBB 4204 KKN 2 STKIP PGRI Pasuruan
2015/2016 Ganjil MBB 003 KKN 2 STKIP PGRI Pasuruan
2015/2016 Ganjil INA 4552 KKN 3 STKIP PGRI Pasuruan
2015/2016 Ganjil MKK 415 MATEMATIKA SEKOLAH MENENGAH III C STKIP PGRI Pasuruan

Riwayat Publikasi

No Tahun Judul Artikel Publisher
1. 2024 CLASSPOINT APPLICATION AS A DIGITAL TRANSFORMATION IN MATHEMATICS EDUCATION JP2M (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika) 10 (2), 325-333
2. 2024 Utilization Of Origami As A Learning Strategy In Improving Students' Numeracy Skills IndoMath: Indonesia Mathematics Education 7 (1), 72-82
3. 2024 Effectiveness of Differentiated Learning in Improving Literacy and Numeracy of Primary School Students Asian Journal of Education and Social Studies 50 (5), 8-17
4. 2023 Defragmenting student construction holes in solving system of absolute value equations Jurnal Riset Pendidikan dan Inovasi Pembelajaran Matematika (JRPIPM) 6 (2 …
5. 2023 Peningkatan Kompetensi Guru Matematika SMP melalui Workshop Penyusunan Modul Ajar Kurikulum Merdeka: Improving the Competency of Middle School Mathematics Teachers through a … NaCosVi: Polije Proceedings Series, 190-194
6. 2022 DEFRAGMENTING STUDENTS'THINKING STRUCTURE IN SOLVING MATHEMATICAL ARGUMENTS AKSIOMA J. Progr. Stud. Pendidik. Mat 11 (3), 2333
8. 2022 PELATIHAN PENULISAN KARYA ILMIAH UNTUK MAHASIWA CALON GURU MATEMATIKA DI UNIVERSITAS PGRI WIRANEGARA PASURUAN Jurnal Pemantik 1 (2), 86-92
9. 2022 Commognition Framework: Types of Students’ Difficulty in Solving Fractional Task International Conference on Language, Education, and Social Science (ICLESS …
10. 2021 Kemampuan Visualisasi Spasial Siswa Dalam Memecahkan Masalah Geometri Bangun Ruang Sisi Datar International Journal of Progressive Mathematics Education 1 (1), 27-40
11. 2021 Profil Kemampuan Komunikasi Matematis Tulis Siswa Kelas VII Pada Materi Bangun Datar Segi Empat
13. 2021 Peningkatan iptek guru TK melalui penggunaan aplikasi zoom untuk pembelajaran berbasis daring Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS) 4 (2), 282-289
14. 2021 Exploring the Argumentation Skills of Prospective Teachers based on Commognitive Approach using Moodle LMS. TEM Journal 10 (3)
15. 2021 Pembuatan Masker Kain sebagai Upaya Pencegahan Penyebaran Covid-19 di Desa Tambakrejo RT003/RW001 Kecamatan Tongas Kabupaten Probolinggo Jurnal Puruhita 3 (2), 66-69
16. 2021 Efektivitas Learning Management System (LMS) Berbasis Moodle sebagai Sarana Diskusi untuk Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Matematika Mahasiswa Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika (JP2M) 7 (2), 1-8
17. 2021 Covid-19: The Effects of Distance Learning in Indonesia based on a Commognitive Perspective. Indian Journal of Forensic Medicine & Toxicology 15 (4)
18. 2021 Berpikir kritis calon guru dalam menyelesaikan masalah kontroversial matematika dengan menggunakan high order thinking skills AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika 10 (4), 1973-1982
19. 2020 Penyuluhan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat terhadap Masyarakat Buta Huruf Masa Pandemi Covid-19 di Dusun Pacinan RT01/RW01 Desa Sedarum kec. Nguling Kab. Pasuruan Jurnal Abdimas 24 (1), 7-11
20. 2020 Pengembangan model pembelajaran arlog untuk meningkatkan kemampuan argumentasi matematika siswa Universitas Negeri Malang
21. 2020 Argument Mapping to Improve Student’s Mathematical Argumentation Skills. TEM Journal 9 (3)
22. 2020 The Teacher’s Critical Thinking Skills in Solving Mathematical Problems SEMANTIK Conference of Mathematics Education (SEMANTIK 2019), 78-82
23. 2020 Analisis kemampuan multiple representasi siswa dalam memecahkan masalah peluang JP2M (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika) 6 (2), 67-76
24. 2019 Identification Model for Determining Mathematical Sentences as Valid Argument Universal Journal of Educational Research 7 (9), 1839-1846
26. 2019 The ability of high school students’ critical thinking in solving trigonometric problems IOP Conference Series: Earth and Environmental Science 243 (1), 012050
27. 2019 Defragmenting Struktur Berpikir Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Masalah Bangun Datar IndoMath: Indonesia Mathematics Education 2 (2), 127-140
28. 2019 Students’ mathematical argumentation ability in determining arguments or not arguments Journal of Physics: Conference Series 1315 (1), 012053
29. 2019 Analisis Kemampuan Berpikir Logis Matematis Siswa SMP Kelas VII dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Gaya Belajar JEMS: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains 7 (1), 1-14
30. 2018 Arguments in Critical Thinking Ability 1st International Conference on Mathematics, Science, and Education (ICoMSE …
31. 2018 Profil Tingkat Berpikir Kreatif Siswa Kelas VII SMP dalam Pemecahan Masalah Pada Pokok Bahasan Segitiga dan Segiempat JEMS: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains 6 (2), 50-59
32. 2016 Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Scramble Dengan Pemanfaatan Macromedia Flash JP2M (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika) 2 (1), 1-11
33. 2014 Pengembangan model pembelajaran Round Robin dengan Pendekatan Problem Posing (2R2P) materi sistem persamaan linier dua variabel Tesis
34. 2012 PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI PENGUKURAN SUDUT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE DENGAN PEMANFAATAN MACROMEDIA FLASH 8.0 PADA SISWA KELAS VB SD MUHAMMADIYAH 9 MALANG University of Muhammadiyah Malang