Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Teknik
Program Studi S1 Sistem Informasi

Kode Dokumen

RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER

MATA KULIAH (MK)

KODE

Rumpun MK

BOBOT (sks)

SEMESTER

Tgl Penyusunan

Entrepreneurship

5720102200

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=2

P=0

ECTS=3.18

7

2 April 2025

OTORISASI

Pengembang RPS

Koordinator RMK

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




I Kadek Dwi Nuryana, S.T., M.Kom.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Capaian Pembelajaran (CP)

CPL-PRODI yang dibebankan pada MK

CPL-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

CPL-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

CPMK - 1

Mahasiswa memiliki pengetahuan tentang teori dan pengembangan kewirausahaan

Matrik CPL - CPMK

 
CPMKCPL-2CPL-4
CPMK-1

Matrik CPMK pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-CPMK)

 
CPMK Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
CPMK-1

Deskripsi Singkat MK

Melakukan pengkajian, memberikan pemahaman serta ketrampilan dalam bidang bisnis seperti pemasaran, produksi, keuangan, sumberdaya manusia, akuntansi keuangan sederhana, organisasi dan manajemen serta etika bisnis dalam menyusun rencana usaha baik itu berdasarkan bakat dan keahlian kejuruan yang dimiliki maupun berdasarkan tren industri. Dalam kuliah ini juga dibahas aspek internal sumber daya manusia dalam hal konsep, sikap mental , motivasi dan cara berpikir wirausaha.

Pustaka

Utama :

  1. Justin G. Longenecker, Carlos W. Moore, dan J. William Petty, 2001. Kewirausahaan Manajemen Usaha Kecil. Salemba Empat: JakartaTIM, 2016, Kewirausahaan, UNESA University Press

Pendukung :

Dosen Pengampu

Dwi Fatrianto Suyatno, S.Kom., M.Kom.

I Kadek Dwi Nuryana, S.T., M.Kom.

MOHAMMAD WILDAN HABIBI

Mg Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-CPMK)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Memahami konsep kewirausahaan dan menidentifikasi karakteristik wirausaha

  1. Menjelaskan pengertian Pengantar kewirausahaan
  2. Menjelaskan Karakteristik wirausaha
  3. Menjelakan tujuan wirausaha
  4. Menjelaskan Pengembangan ide kewirausahaan
Kriteria:

Menjawab secara umum butir instrumen peniliaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi, diskusi kelompok dan refleksi
2 X 50

Materi: Konsep wirausaha
Pustaka: Justin G. Longenecker, Carlos W. Moore, dan J. William Petty, 2001. Kewirausahaan Manajemen Usaha Kecil. Salemba Empat: JakartaTIM, 2016, Kewirausahaan, UNESA University Press
4%

2

Minggu ke 2

Memahami konsep SWOT diri sendiri untuk berwirausaha

  1. Menjelaskan Analisis SWOT
  2. Menjelaskan Teori Motivasi
  3. Menjelaskan Teori kepemimpinan
Kriteria:

Menjawab secara umum butir instrumen peniliaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi, diskusi kelompok dan refleksi
2 X 50

Materi: Konsep analisa usaha dengan SWOT
Pustaka: Justin G. Longenecker, Carlos W. Moore, dan J. William Petty, 2001. Kewirausahaan Manajemen Usaha Kecil. Salemba Empat: JakartaTIM, 2016, Kewirausahaan, UNESA University Press
4%

3

Minggu ke 3

Memahami desain berpikir wirausaha

Mendesain cara berpikir wirausaha

Kriteria:

Menjawab secara umum butir instrumen peniliaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi, diskusi kelompok dan refleksi
2 X 50

Materi: Konsep berpikir sebagai wirausaha
Pustaka: Justin G. Longenecker, Carlos W. Moore, dan J. William Petty, 2001. Kewirausahaan Manajemen Usaha Kecil. Salemba Empat: JakartaTIM, 2016, Kewirausahaan, UNESA University Press
4%

4

Minggu ke 4

Menciptakan branding

Mendesain cara berpikir wirausaha

Kriteria:

Menjawab secara umum butir instrumen peniliaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi, diskusi kelompok dan refleksi
2 X 50

Materi: Penciptaan branding usaha
Pustaka: Justin G. Longenecker, Carlos W. Moore, dan J. William Petty, 2001. Kewirausahaan Manajemen Usaha Kecil. Salemba Empat: JakartaTIM, 2016, Kewirausahaan, UNESA University Press
4%

5

Minggu ke 5

Menggunakan keterampilan bisnis pada kewirausahaan

  1. Menjelaskan Keterampilan pemasaran
  2. Menjelaskan Keterampilan manajemen dan organisasi
Kriteria:

Menjawab secara umum butir instrumen peniliaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi, diskusi kelompok dan refleksi
2 X 50

Materi: Keterampilan pemasaran dan Keterampilan manajemen dan organisasi
Pustaka: Justin G. Longenecker, Carlos W. Moore, dan J. William Petty, 2001. Kewirausahaan Manajemen Usaha Kecil. Salemba Empat: JakartaTIM, 2016, Kewirausahaan, UNESA University Press
4%

6

Minggu ke 6

Menggunakan keterampilan bisnis pada kewirausahaan

  1. Menjelaskan Laporan Keuangan Usaha
  2. Menjelaskan Rasio-rasio keuangan usaha
Kriteria:

Menjawab secara umum butir instrumen peniliaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi, diskusi kelompok dan refleksi
2 X 50

Materi: Laporan Keuangan Usaha dan Rasio-rasio keuangan usaha
Pustaka: Justin G. Longenecker, Carlos W. Moore, dan J. William Petty, 2001. Kewirausahaan Manajemen Usaha Kecil. Salemba Empat: JakartaTIM, 2016, Kewirausahaan, UNESA University Press
4%

7

Minggu ke 7

Menggunakan internet untuk mencari informasi industri sekitar

Menjelaskan Industri dalam kewirausahaan Dapat menjelaskan berbagai contoh industri

Kriteria:

Menjawab secara umum butir instrumen peniliaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi, diskusi kelompok dan refleksi
2 X 50

Materi: Industri dalam kewirausahaan dan Berbagai contoh industri
Pustaka: Justin G. Longenecker, Carlos W. Moore, dan J. William Petty, 2001. Kewirausahaan Manajemen Usaha Kecil. Salemba Empat: JakartaTIM, 2016, Kewirausahaan, UNESA University Press
4%

8

Minggu ke 8

UTS

UTS

Kriteria:

UTS


Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja
UTS
2 X 50

Materi: UTS
Pustaka:
10%

9

Minggu ke 9

Menggunakan internet untuk menangkap peluang usaha

Menjelaskan Trend industri masa depan

Kriteria:

Menjawab secara umum butir instrumen peniliaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi, diskusi kelompok dan refleksi
2 X 50

Materi: Trend industri masa depan
Pustaka: Justin G. Longenecker, Carlos W. Moore, dan J. William Petty, 2001. Kewirausahaan Manajemen Usaha Kecil. Salemba Empat: JakartaTIM, 2016, Kewirausahaan, UNESA University Press
4%

10

Minggu ke 10

Menganalisis sumber-sumber dana untuk berwirausaha

  1. Menjelaskan Keterampilan memperoleh dana
  2. Menjelaskan Arti penting ketrampilan memperoleh dana
Kriteria:

Menjawab secara umum butir instrumen peniliaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi, diskusi kelompok dan refleksi
2 X 50

Materi: Keterampilan memperoleh dana dan Arti penting ketrampilan memperoleh dana
Pustaka: Justin G. Longenecker, Carlos W. Moore, dan J. William Petty, 2001. Kewirausahaan Manajemen Usaha Kecil. Salemba Empat: JakartaTIM, 2016, Kewirausahaan, UNESA University Press
8%

11

Minggu ke 11

Memahami Cara-cara memperoleh dana untuk memulai usaha (startup)

  1. Menjelaskan Langkah-langkah memperoleh dana bagi wirausaha pemula
  2. Menjelaskan Sumber dana dari perbankan
Kriteria:

Menjawab secara umum butir instrumen peniliaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi, diskusi kelompok dan refleksi
2 X 50

Materi: Langkah-langkah memperoleh dana bagi wirausaha pemula dan Sumber dana dari perbankan
Pustaka: Justin G. Longenecker, Carlos W. Moore, dan J. William Petty, 2001. Kewirausahaan Manajemen Usaha Kecil. Salemba Empat: JakartaTIM, 2016, Kewirausahaan, UNESA University Press
4%

12

Minggu ke 12

Menentukan jenis bisnis yang sesuai dengan bakat dan keahlian

  1. Dapat menjelaskan Entrepreneurship
  2. Dapat menjelaskan menentukan kewirausahaan bidang keahlian
Kriteria:

Menjawab secara umum butir instrumen peniliaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi, diskusi kelompok dan refleksi
2 X 50

Materi: Entrepreneurship dan Menentukan kewirausahaan bidang keahlian
Pustaka: Justin G. Longenecker, Carlos W. Moore, dan J. William Petty, 2001. Kewirausahaan Manajemen Usaha Kecil. Salemba Empat: JakartaTIM, 2016, Kewirausahaan, UNESA University Press
4%

13

Minggu ke 13

Menentukan jenis bisnis yang paling sesuai dengan bakat dan kehlian yang dimiliki

Dapat menjelaskan Bagaimana mengetahui bisnis yang sesuai dengan keahlian dan bakat sendiri

Kriteria:

Menjawab secara umum butir instrumen peniliaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi, diskusi kelompok dan refleksi
2 X 50

Materi: Bagaimana mengetahui bisnis yang sesuai dengan keahlian dan bakat sendiri
Pustaka: Justin G. Longenecker, Carlos W. Moore, dan J. William Petty, 2001. Kewirausahaan Manajemen Usaha Kecil. Salemba Empat: JakartaTIM, 2016, Kewirausahaan, UNESA University Press
4%

14

Minggu ke 14

Mampu menyusun rencana usaha

  1. Dapat menjelaskan Arti penting rencana usaha
  2. Dapat menjelaskan Elemen-elemen rencana usaha
Kriteria:

Menjawab secara umum butir instrumen peniliaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi, diskusi kelompok dan refleksi
2 X 50

Materi: Arti penting rencana usaha dan Elemen-elemen rencana usaha
Pustaka: Justin G. Longenecker, Carlos W. Moore, dan J. William Petty, 2001. Kewirausahaan Manajemen Usaha Kecil. Salemba Empat: JakartaTIM, 2016, Kewirausahaan, UNESA University Press
4%

15

Minggu ke 15

Mampu menyusun rencana usaha untuk diri sendiri/kelompok

  1. Dapat menjelaskan Format Rencana Usaha
  2. Dapat menjelaskan Analisis kelayakan rencana usaha
Kriteria:

Menjawab secara umum butir instrumen peniliaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi, diskusi kelompok dan refleksi
2 X 50

Materi: Format Rencana Usaha dan Analisis kelayakan rencana usaha
Pustaka: Justin G. Longenecker, Carlos W. Moore, dan J. William Petty, 2001. Kewirausahaan Manajemen Usaha Kecil. Salemba Empat: JakartaTIM, 2016, Kewirausahaan, UNESA University Press
4%

16

Minggu ke 16

UAS

UAS

Kriteria:

UAS


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
UAS
2 X 50

Materi: UAS
Pustaka:
30%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 60%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 15%
3. Penilaian Portofolio 20%
4. Praktik / Unjuk Kerja 5%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Prodi (CPL - Prodi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan prodi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. CPL yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Prodi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. CP Mata kuliah (CPMK) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari CPL yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-CPMK Mata kuliah (Sub-CPMK) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari CPMK yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-CPMK yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-CPMK tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.

RPS ini telah divalidasi pada tanggal 9 Desember 2024

Koordinator Program Studi S1 Sistem Informasi


I Kadek Dwi Nuryana, S.T., M.Kom.
NIDN 0014048107
UPM Program Studi S1 Sistem Informasi


Anggraeni Widya Purwita, M.Kom.
NIDN 0008029505


File PDF ini digenerate pada tanggal 2 April 2025 Jam 01:40 menggunakan aplikasi RPS-OBE SiDia Unesa