Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Pendidikan Seni Rupa

Kode Dokumen

RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER

MATA KULIAH (MK)

KODE

Rumpun MK

BOBOT (sks)

SEMESTER

Tgl Penyusunan

Perencanaan Pembelajaran Seni Rupa

8821003137

T=3

P=0

ECTS=4.77

5

29 September 2024

OTORISASI

Pengembang RPS

Koordinator RMK

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Fera Ratyaningrum, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Case Study

Capaian Pembelajaran (CP)

CPL-PRODI yang dibebankan pada MK

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

Matrik CPL - CPMK

 
CPMK

Matrik CPMK pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-CPMK)

 
CPMK Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16

Deskripsi Singkat MK

Mata kuliah ini berisi pengetahuan dan ketrampilan dalam merancang kegiatan pembelajaran di sekolah berdasarkan pada kurikulum yang digunakan

Pustaka

Utama :

  1. null

Pendukung :

Dosen Pengampu

Dr. Martadi, M.Sn.

Fera Ratyaningrum, S.Pd., M.Pd.

Mg Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-CPMK)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mampu memahami lingkup substansi perkuliahan

    1. Ekspositori / ceramah2. Diskusi3. Tanya jawab
    3 x 50 Menit

    0%

    2

    Minggu ke 2

    Mampu memahami dan menjelaskan pengertian, landasan filosofi, yuridis perencanaan pembelajaran

      1. Ekspositori / ceramah2. Diskusi3. Tanya jawab
      3 x 50 Menit

      0%

      3

      Minggu ke 3

      Mampu menjelaskan berbagai pendekatan dan tahapan perencanaan pembelajaran

        1. Ekspositori / ceramah2. Diskusi3. Tanya jawab4. Kerja kelompok
        3 x 50 Menit

        0%

        4

        Minggu ke 4

        Mampu menjelaskan berbagai pendekatan dan tahapan perencanaan pembelajaran

          1. Ekspositori / ceramah2. Diskusi3. Tanya jawab4. Kerja kelompok
          3 x 50 Menit

          0%

          5

          Minggu ke 5

          Mampu menganalisis dan merancang perangkat pembelajaran berdasarkan Kurikulum 2006

            1. Ekspositori / ceramah2. Diskusi3. Tanya jawab4. Kerja mandiri
            3 x 50 Menit

            0%

            6

            Minggu ke 6

            Mampu menganalisis dan merancang perangkat pembelajaran berdasarkan Kurikulum 2006

              1. Ekspositori / ceramah2. Diskusi3. Tanya jawab4. Kerja mandiri
              3 x 50 Menit

              0%

              7

              Minggu ke 7

              Mampu menganalisis dan merancang perangkat pembelajaran berdasarkan Kurikulum 2006

                1. Ekspositori / ceramah2. Diskusi3. Tanya jawab4. Kerja mandiri
                3 x 50 Menit

                0%

                8

                Minggu ke 8

                Mampu menganalisis dan merancang perangkat pembelajaran berdasarkan Kurikulum 2006

                  1. Ekspositori / ceramah2. Diskusi3. Tanya jawab4. Kerja mandiri
                  3 x 50 Menit

                  0%

                  9

                  Minggu ke 9

                  Ujian Tengah Semester

                    Ujian Tengah Semester
                    3 x 50 Menit

                    0%

                    10

                    Minggu ke 10

                    Mampu menjelaskan standart proses dan tahapan penyusunan perangkat pembelajaran kurikulum 2013

                      1. Ekspositori / ceramah2. Diskusi tugas makalah3. Presentasi *)
                      3 x 50 Menit

                      0%

                      11

                      Minggu ke 11

                      Mampu merancang perangkat pembelajaran berdasarkan Kurikulum 2013 sesuai dengan Permendikbud 103 Tahun 2014

                        1. Ekspositori / ceramah2. Diskusi tugas makalah3. Presentasi *)
                        3 x 50 Menit

                        0%

                        12

                        Minggu ke 12

                        Mampu merancang perangkat pembelajaran berdasarkan Kurikulum 2013 sesuai dengan Permendikbud 103 Tahun 2014

                          1. Ekspositori / ceramah2. Diskusi tugas makalah3. Presentasi *)
                          3 x 50 Menit

                          0%

                          13

                          Minggu ke 13

                          Mampu merancang perangkat pembelajaran berdasarkan Kurikulum 2013 sesuai dengan Permendikbud 103 Tahun 2014

                            1. Ekspositori / ceramah2. Diskusi tugas makalah3. Presentasi *)
                            3 x 50 Menit

                            0%

                            14

                            Minggu ke 14

                            Mampu merancang perangkat pembelajaran berdasarkan Kurikulum 2013 sesuai dengan Permendikbud 103 Tahun 2014

                              1. Ekspositori / ceramah2. Diskusi tugas makalah3. Presentasi *)
                              3 x 50 Menit

                              0%

                              15

                              Minggu ke 15

                              Overview dan rangkuman perkuliahan

                                1. Ceramah2. Diskusi
                                3 x 50 Menit

                                0%

                                16

                                Minggu ke 16

                                Ujian Akhir Semester

                                  Ujian Akhir Semester
                                  3 x 50 Menit

                                  0%



                                  Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

                                  No Evaluasi Persentase
                                  0%

                                  Catatan

                                  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Prodi (CPL - Prodi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan prodi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
                                  2. CPL yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Prodi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
                                  3. CP Mata kuliah (CPMK) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari CPL yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
                                  4. Sub-CPMK Mata kuliah (Sub-CPMK) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari CPMK yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
                                  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
                                  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
                                  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
                                  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
                                  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
                                  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
                                  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-CPMK yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-CPMK tsb., dan totalnya 100%.
                                  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.



                                  File PDF ini digenerate pada tanggal 29 September 2024 Jam 17:24 menggunakan aplikasi RPS-OBE SiDia Unesa