Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Keolahragaan Dan Kesehatan
Program Studi S1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga

Kode Dokumen

RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER

MATA KULIAH (MK)

KODE

Rumpun MK

BOBOT (sks)

SEMESTER

Tgl Penyusunan

MANAJEMEN PENYELENGGARAAN DAN PERWASITAN CABOR ANGKAT BERAT

8520204666

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=1

P=3

ECTS=6.36

6

5 Juli 2024

OTORISASI

Pengembang RPS

Koordinator RMK

Koordinator Program Studi




.......................................




Tutur Jatmiko, S.Pd., M.Kes




Dr. Or. Muhammad, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Capaian Pembelajaran (CP)

CPL-PRODI yang dibebankan pada MK

CPL-1

Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

CPL-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

CPL-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

CPL-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

CPL-5

Mampu merancang program latihan yang efektif dan inovatif berdasarkan prinsip-prinsip keilmuan dan penelitian terbaru di berbagai cabang olahraga.

CPL-6

Mampu merancang, melaksanakan dan mengevaluasi proses pembelajaran olahraga yang inovatif dan efektif.

CPL-7

Mampu mengidentifikasi dan mengevaluasi peluang bisnis dalam industri olahraga, serta mengembangkan ide-ide bisnis yang inovatif.

CPL-8

Mampu merancang dan melaksanakan penelitian yang berkualitas tinggi dalam bidang keolahragaan, serta mempublikasikan hasil penelitian di jurnal ilmiah bereputasi.

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

Matrik CPL - CPMK

 
CPMKCPL-1CPL-2CPL-3CPL-4CPL-5CPL-6CPL-7CPL-8

Matrik CPMK pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-CPMK)

 
CPMK Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16

Deskripsi Singkat MK

Pemahaman konsep dan aplikasi Manajeman Penyelenggaraan dan Perwasitan Cabang Olahraga Angkat Berat. Matakuliah ini mengkaji tentang manajemen penyelenggaraan dan perwasitan angkat berat.

Pustaka

Utama :

  1. Bompa. 2015. Total Training for Young Champions. Australia: Human Kinetics
  2. 8. Bompa, Tudor O. 2015. Periodization Training For Sports 3rd Edition. USA. Human Kinetics
  3. 18. Joyce, David & Daniel Lewindon. 2014. High-Performance Training for Sports. USA. Human Kinetic
  4. 2. Bompa, Tudor O & Gregory Haff . 2000. Periodization Theory and Methodology of Training. 5rd Edition. USA. Human Kinetics
  5. IWF TECHNICAL AND COMPETITION RULES & REGULATIONS 2022

Pendukung :

Dosen Pengampu

Tutur Jatmiko, S.Pd., M.Kes.

Mg Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-CPMK)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Memahami kontrak kuliah Pengertian tentang Penyelenggaraan Pertandingan Angkat Berat

  1. Mampu memahami kontrak kuliah
  2. Mampu menjelaskan pengertian latihan dan ruang lingkunya
  3. Mampu menjelaskan obyektifitas latihan
  4. Mampu mengelompokkan jenis-jenis ketrampilan
  5. Mampu menjelaskan proses adaptasi tubuh terhadap latihan kekuatan
  6. Mampu menunjukkan dampak dari latihan terhadap perkembangan fisik
Kriteria:

Rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan diskusi
4 X 50

5%

2

Minggu ke 2

Memahami tentang Penyelenggaraan Pertandingan Angkat Berat

  1. Mampu menjelaskan manajemen penyelenggaraan pertandingan
  2. Mampu menjelaskan kepanitiaan pertandingan
  3. Mampu mengelompokkan tugas panitia pertandingan
  4. Mampu menjelaskan kebutuhan peralatan pertandingan
Kriteria:

Rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan diskusi
4 X 50

5%

3

Minggu ke 3

Memahami tentang Penyelenggaraan Pertandingan Angkat Berat

  1. Mampu menjelaskan manajemen penyelenggaraan pertandingan
  2. Mampu menjelaskan kepanitiaan pertandingan
  3. Mampu mengelompokkan tugas panitia pertandingan
  4. Mampu menjelaskan kebutuhan peralatan pertandingan
Kriteria:

Rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan diskusi
4 X 50

5%

4

Minggu ke 4

Memahami tentang Penyelenggaraan Pertandingan Angkat Berat

  1. Mampu menjelaskan manajemen penyelenggaraan pertandingan
  2. Mampu menjelaskan kepanitiaan pertandingan
  3. Mampu mengelompokkan tugas panitia pertandingan
  4. Mampu menjelaskan kebutuhan peralatan pertandingan
Kriteria:

Rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan diskusi
4 X 50

5%

5

Minggu ke 5

Memahami tentang Penyelenggaraan Pertandingan Angkat Berat

  1. Mampu menjelaskan manajemen penyelenggaraan pertandingan
  2. Mampu menjelaskan kepanitiaan pertandingan
  3. Mampu mengelompokkan tugas panitia pertandingan
  4. Mampu menjelaskan kebutuhan peralatan pertandingan
Kriteria:

Rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan diskusi
4 X 50

5%

6

Minggu ke 6

Memahami tentang Penyelenggaraan Pertandingan Angkat Berat

  1. Mampu menjelaskan manajemen penyelenggaraan pertandingan
  2. Mampu menjelaskan kepanitiaan pertandingan
  3. Mampu mengelompokkan tugas panitia pertandingan
  4. Mampu menjelaskan kebutuhan peralatan pertandingan
Kriteria:

Rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan diskusi
4 X 50

5%

7

Minggu ke 7

Memahami tentang Penyelenggaraan Pertandingan Angkat Berat

  1. Mampu menjelaskan manajemen penyelenggaraan pertandingan
  2. Mampu menjelaskan kepanitiaan pertandingan
  3. Mampu mengelompokkan tugas panitia pertandingan
  4. Mampu menjelaskan kebutuhan peralatan pertandingan
Kriteria:

Rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan diskusi
4 X 50

5%

8

Minggu ke 8

UTS

UTS

Kriteria:

UTS


Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
UTS
4 X 50

15%

9

Minggu ke 9

Memahami tentang perwasitan angkat berat

  1. Tugas dan peran wasit dalam persiapan pertandingan
  2. Tugas dan peran wasit dalam Pertandingan
  3. Tugas dan Peran Technical Delegate
  4. Tugas dan Peran dewan Hakim
Kriteria:

Rubrik Penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan diskusi
4 X 50

0%

10

Minggu ke 10

Memahami tentang perwasitan angkat berat

  1. Tugas dan peran wasit dalam persiapan pertandingan
  2. Tugas dan peran wasit dalam Pertandingan
  3. Tugas dan Peran Technical Delegate
  4. Tugas dan Peran dewan Hakim
Kriteria:

Rubrik Penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan diskusi
4 X 50

5%

11

Minggu ke 11

Memahami tentang perwasitan angkat berat

  1. Tugas dan peran wasit dalam persiapan pertandingan
  2. Tugas dan peran wasit dalam Pertandingan
  3. Tugas dan Peran Technical Delegate
  4. Tugas dan Peran dewan Hakim
Kriteria:

Rubrik Penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan diskusi
4 X 50

5%

12

Minggu ke 12

Memahami tentang perwasitan angkat berat

  1. Tugas dan peran wasit dalam persiapan pertandingan
  2. Tugas dan peran wasit dalam Pertandingan
  3. Tugas dan Peran Technical Delegate
  4. Tugas dan Peran dewan Hakim
Kriteria:

Rubrik Penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan diskusi
4 X 50

5%

13

Minggu ke 13

Memahami tentang perwasitan angkat berat

  1. Tugas dan peran wasit dalam persiapan pertandingan
  2. Tugas dan peran wasit dalam Pertandingan
  3. Tugas dan Peran Technical Delegate
  4. Tugas dan Peran dewan Hakim
Kriteria:

Rubrik Penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan diskusi
4 X 50

5%

14

Minggu ke 14

Memahami tentang perwasitan angkat berat

  1. Tugas dan peran wasit dalam persiapan pertandingan
  2. Tugas dan peran wasit dalam Pertandingan
  3. Tugas dan Peran Technical Delegate
  4. Tugas dan Peran dewan Hakim
Kriteria:

Rubrik Penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan diskusi
4 X 50

5%

15

Minggu ke 15

Memahami tentang perwasitan angkat berat

  1. Tugas dan peran wasit dalam persiapan pertandingan
  2. Tugas dan peran wasit dalam Pertandingan
  3. Tugas dan Peran Technical Delegate
  4. Tugas dan Peran dewan Hakim
Kriteria:

Rubrik Penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan diskusi
4 X 50

5%

16

Minggu ke 16

UAS

UAS

Kriteria:

UAS


Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja
UAS
4 X 50

20%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 65%
2. Penilaian Portofolio 25%
3. Praktik / Unjuk Kerja 10%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan PRODI (CPL-PRODI) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan PRODI yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. CPL yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-PRODI) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. CP Mata kuliah (CPMK) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari CPL yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-CP Mata kuliah (Sub-CPMK) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari CPMK yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-CPMK yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-CPMK tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.



File PDF ini digenerate pada tanggal 5 Juli 2024 Jam 00:13 menggunakan aplikasi RPS-OBE SiDia Unesa