Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Jepang

Kode Dokumen

RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER

MATA KULIAH (MK)

KODE

Rumpun MK

BOBOT (sks)

SEMESTER

Tgl Penyusunan

Perbandingan Budaya China dan budaya Indonesia

8820802175

Mata Kuliah Pilihan Program Studi

T=2

P=0

ECTS=3.18

5

29 Juli 2023

OTORISASI

Pengembang RPS

Koordinator RMK

Koordinator Program Studi




Yogi Bagus Adhimas, S.Pd., M.A.




Yogi Bagus Adhimas, S.Pd., M.A.




Rusmiyati, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Case Study

Capaian Pembelajaran (CP)

CPL-PRODI yang dibebankan pada MK

CPL-8

Mampu berbicara dan menulis (produktif) dalam bahasa Mandarin dalam konteks keseharian/umum, akademis, dan pekerjaan setara HSK 4 dan HSKK Menengah

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

CPMK - 1

Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan perbedaan dan persamaan antara budaya Tiongkok dan budaya Indonesia.

CPMK - 2

Mahasiswa mampu menganalisis pengaruh budaya Tiongkok terhadap budaya Indonesia.

CPMK - 3

Mahasiswa mampu mengkomunikasikan hasil analisisnya secara lisan dan tertulis.

Matrik CPL - CPMK

 
CPMKCPL-8
CPMK-1 
CPMK-2 
CPMK-3 

Matrik CPMK pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-CPMK)

 
CPMK Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
CPMK-1
CPMK-2
CPMK-3

Deskripsi Singkat MK

Kajian perbandingan budaya Tiongkok dengan budaya Indonesia dapat memberikan banyak manfaat, baik bagi individu maupun bagi masyarakat. Bagi individu, kajian ini dapat membantu untuk memahami diri sendiri dan orang lain dengan lebih baik, serta untuk meningkatkan toleransi dan pemahaman terhadap budaya yang berbeda. Bagi masyarakat, kajian ini dapat membantu untuk meningkatkan pemahaman dan kerja sama antara dua negara, serta untuk mengurangi konflik dan meningkatkan perdamaian. Bagi pembelajar bahasa Mandarin, kajian ini memiliki manfaat untuk dapat meningkatkan keberhasilan penguasaan dari budaya yang dikandung oleh bahasa.

Pustaka

Utama :

  1. Qiliang, Ren. (2014). Common Knowledge about Chinese Culture. Hongkong: 香港中国旅游出版社.

Pendukung :

  1. Wicaksono, Michael. (2017). Republik Rakyat China dari Mao Zedong sampai Xi Jinping. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Dosen Pengampu

Yogi Bagus Adhimas, S.Pd., M.A.

Mg Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-CPMK)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

  1. Mendapatkan kesepakatan kontrak perkuliahan
  2. Mampu memiliki persamaan persepsi tujuan perbandingan budaya Indonesia dan Tiongkok
  1. Mendapatkan kesepakatan kontrak perkuliahan
  2. Mampu memiliki persamaan persepsi tujuan perbandingan budaya Indonesia dan Tiongkok
Kriteria:

Penilaian inkuiri dengan rincian (dosen memberikan pertanyaan, mahasiswa memiliki jawaban yang sesuai)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Pembelajaran langsung dan diskusi
2 X 50

Materi: Kebudayaan Tiongkok
Pustaka: Qiliang, Ren. (2014). Common Knowledge about Chinese Culture. Hongkong: 香港中国旅游出版社.

Materi: Kebudayaan Tiongkok
Pustaka: Wicaksono, Michael. (2017). Republik Rakyat China dari Mao Zedong sampai Xi Jinping. Jakarta: Elex Media Komputindo.
8%

2

Minggu ke 2

Mampu memiliki persamaan persepsi tujuan perbandingan budaya Indonesia dan Tiongkok

Mampu memiliki persamaan persepsi tujuan perbandingan budaya Indonesia dan Tiongkok

Kriteria:

Penilaian inkuiri dengan rincian (dosen memberikan pertanyaan, mahasiswa memiliki jawaban yang sesuai)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Pembelajaran langsung dan diskusi
2 X 50

Materi: Kebudayaan Tiongkok
Pustaka: Qiliang, Ren. (2014). Common Knowledge about Chinese Culture. Hongkong: 香港中国旅游出版社.

Materi: Kebudayaan Tiongkok
Pustaka: Wicaksono, Michael. (2017). Republik Rakyat China dari Mao Zedong sampai Xi Jinping. Jakarta: Elex Media Komputindo.
5%

3

Minggu ke 3

Mampu memiliki persamaan persepsi tujuan perbandingan budaya Indonesia dan Tiongkok

Mampu memiliki persamaan persepsi tujuan perbandingan budaya Indonesia dan Tiongkok

Kriteria:

Penilaian inkuiri dengan rincian (dosen memberikan pertanyaan, mahasiswa memiliki jawaban yang sesuai)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Pembelajaran langsung dan diskusi
2 X 50

Materi: Kebudayaan Tiongkok
Pustaka: Qiliang, Ren. (2014). Common Knowledge about Chinese Culture. Hongkong: 香港中国旅游出版社.

Materi: Kebudayaan Tiongkok
Pustaka: Wicaksono, Michael. (2017). Republik Rakyat China dari Mao Zedong sampai Xi Jinping. Jakarta: Elex Media Komputindo.
5%

4

Minggu ke 4

Mampu memiliki persamaan persepsi tujuan perbandingan budaya Indonesia dan Tiongkok

Mampu memiliki persamaan persepsi tujuan perbandingan budaya Indonesia dan Tiongkok

Kriteria:

Penilaian inkuiri dengan rincian (dosen memberikan pertanyaan, mahasiswa memiliki jawaban yang sesuai)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Pembelajaran langsung dan diskusi
2 X 50

Materi: Kebudayaan Tiongkok
Pustaka: Qiliang, Ren. (2014). Common Knowledge about Chinese Culture. Hongkong: 香港中国旅游出版社.

Materi: Kebudayaan Tiongkok
Pustaka: Wicaksono, Michael. (2017). Republik Rakyat China dari Mao Zedong sampai Xi Jinping. Jakarta: Elex Media Komputindo.
5%

5

Minggu ke 5

Mampu memiliki persamaan persepsi tujuan perbandingan budaya Indonesia dan Tiongkok

Mampu memiliki persamaan persepsi tujuan perbandingan budaya Indonesia dan Tiongkok

Kriteria:

Penilaian inkuiri dengan rincian (dosen memberikan pertanyaan, mahasiswa memiliki jawaban yang sesuai)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Pembelajaran langsung dan diskusi
2 X 50

Materi: Kebudayaan Tiongkok
Pustaka: Qiliang, Ren. (2014). Common Knowledge about Chinese Culture. Hongkong: 香港中国旅游出版社.

Materi: Kebudayaan Tiongkok
Pustaka: Wicaksono, Michael. (2017). Republik Rakyat China dari Mao Zedong sampai Xi Jinping. Jakarta: Elex Media Komputindo.
5%

6

Minggu ke 6

Mampu memiliki persamaan persepsi tujuan perbandingan budaya Indonesia dan Tiongkok

Mampu memiliki persamaan persepsi tujuan perbandingan budaya Indonesia dan Tiongkok

Kriteria:

Penilaian inkuiri dengan rincian (dosen memberikan pertanyaan, mahasiswa memiliki jawaban yang sesuai)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Pembelajaran langsung dan diskusi
2 X 50

Materi: Kebudayaan Tiongkok
Pustaka: Qiliang, Ren. (2014). Common Knowledge about Chinese Culture. Hongkong: 香港中国旅游出版社.

Materi: Kebudayaan Tiongkok
Pustaka: Wicaksono, Michael. (2017). Republik Rakyat China dari Mao Zedong sampai Xi Jinping. Jakarta: Elex Media Komputindo.
5%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa memahami dan menguasai konsep kajian perbandingan budaya melalui studi kasus peneliti terdahulu

Mahasiswa menguasai konsep metode analisis perbandingan kebudayaan dengan tepat melalui studi kasus peneliti terdahulu

Kriteria:

Penilaian inkuiri dengan rincian (dosen memberikan pertanyaan, mahasiswa memiliki jawaban yang sesuai)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah; Tanya Jawab; Pembelajaran Kolaboratifan langsung dan diskusi
2 X 50

Materi: Kebudayaan Tiongkok
Pustaka: Qiliang, Ren. (2014). Common Knowledge about Chinese Culture. Hongkong: 香港中国旅游出版社.

Materi: Kebudayaan Tiongkok
Pustaka: Wicaksono, Michael. (2017). Republik Rakyat China dari Mao Zedong sampai Xi Jinping. Jakarta: Elex Media Komputindo.
8%

8

Minggu ke 8

Mahasiswa memahami dan menguasai konsep kajian perbandingan budaya melalui studi kasus peneliti terdahulu

Mahasiswa menguasai konsep metode analisis perbandingan kebudayaan dengan tepat melalui studi kasus peneliti terdahulu

Kriteria:

Penilaian inkuiri dengan rincian (dosen memberikan pertanyaan, mahasiswa memiliki jawaban yang sesuai)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah; Tanya Jawab; Pembelajaran Kolaboratif; UTS
2 X 50

Materi: Kebudayaan Tiongkok
Pustaka: Qiliang, Ren. (2014). Common Knowledge about Chinese Culture. Hongkong: 香港中国旅游出版社.

Materi: Kebudayaan Tiongkok
Pustaka: Wicaksono, Michael. (2017). Republik Rakyat China dari Mao Zedong sampai Xi Jinping. Jakarta: Elex Media Komputindo.
8%

9

Minggu ke 9

Proses menulis dan publikasi media massa

Proses menulis dan publikasi media massa

Kriteria:

Proses menulis dan publikasi media massa


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Proses menulis dan publikasi media massa

Materi: Kebudayaan Tiongkok
Pustaka: Qiliang, Ren. (2014). Common Knowledge about Chinese Culture. Hongkong: 香港中国旅游出版社.

Materi: Kebudayaan Tiongkok
Pustaka: Wicaksono, Michael. (2017). Republik Rakyat China dari Mao Zedong sampai Xi Jinping. Jakarta: Elex Media Komputindo.
6%

10

Minggu ke 10

Proses menulis dan publikasi media massa

Proses menulis dan publikasi media massa

Kriteria:

Proses menulis dan publikasi media massa


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Proses menulis dan publikasi media massa

Materi: Kebudayaan Tiongkok
Pustaka: Qiliang, Ren. (2014). Common Knowledge about Chinese Culture. Hongkong: 香港中国旅游出版社.

Materi: Kebudayaan Tiongkok
Pustaka: Wicaksono, Michael. (2017). Republik Rakyat China dari Mao Zedong sampai Xi Jinping. Jakarta: Elex Media Komputindo.
6%

11

Minggu ke 11

Proses menulis dan publikasi media massa

Proses menulis dan publikasi media massa

Kriteria:

Proses menulis dan publikasi media massa


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Proses menulis dan publikasi media massa

Materi: Kebudayaan Tiongkok
Pustaka: Qiliang, Ren. (2014). Common Knowledge about Chinese Culture. Hongkong: 香港中国旅游出版社.

Materi: Kebudayaan Tiongkok
Pustaka: Wicaksono, Michael. (2017). Republik Rakyat China dari Mao Zedong sampai Xi Jinping. Jakarta: Elex Media Komputindo.
6%

12

Minggu ke 12

Proses menulis dan publikasi media massa

Proses menulis dan publikasi media massa

Kriteria:

Proses menulis dan publikasi media massa


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Proses menulis dan publikasi media massa

Materi: Kebudayaan Tiongkok
Pustaka: Qiliang, Ren. (2014). Common Knowledge about Chinese Culture. Hongkong: 香港中国旅游出版社.

Materi: Kebudayaan Tiongkok
Pustaka: Wicaksono, Michael. (2017). Republik Rakyat China dari Mao Zedong sampai Xi Jinping. Jakarta: Elex Media Komputindo.
6%

13

Minggu ke 13

Proses menulis dan publikasi media massa

Proses menulis dan publikasi media massa

Kriteria:

Proses menulis dan publikasi media massa


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Proses menulis dan publikasi media massa

Materi: Kebudayaan Tiongkok
Pustaka: Qiliang, Ren. (2014). Common Knowledge about Chinese Culture. Hongkong: 香港中国旅游出版社.

Materi: Kebudayaan Tiongkok
Pustaka: Wicaksono, Michael. (2017). Republik Rakyat China dari Mao Zedong sampai Xi Jinping. Jakarta: Elex Media Komputindo.
6%

14

Minggu ke 14

Proses menulis dan publikasi media massa

Proses menulis dan publikasi media massa

Kriteria:

Proses menulis dan publikasi media massa


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Proses menulis dan publikasi media massa

Materi: Kebudayaan Tiongkok
Pustaka: Qiliang, Ren. (2014). Common Knowledge about Chinese Culture. Hongkong: 香港中国旅游出版社.

Materi: Kebudayaan Tiongkok
Pustaka: Wicaksono, Michael. (2017). Republik Rakyat China dari Mao Zedong sampai Xi Jinping. Jakarta: Elex Media Komputindo.
6%

15

Minggu ke 15

Proses menulis dan publikasi media massa

Proses menulis dan publikasi media massa

Kriteria:

Proses menulis dan publikasi media massa


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Proses menulis dan publikasi media massa

Materi: Kebudayaan Tiongkok
Pustaka: Qiliang, Ren. (2014). Common Knowledge about Chinese Culture. Hongkong: 香港中国旅游出版社.

Materi: Kebudayaan Tiongkok
Pustaka: Wicaksono, Michael. (2017). Republik Rakyat China dari Mao Zedong sampai Xi Jinping. Jakarta: Elex Media Komputindo.
6%

16

Minggu ke 16

Proses menulis dan publikasi media massa

Proses menulis dan publikasi media massa

Kriteria:

Proses menulis dan publikasi media massa


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
UAS
UAS
Materi: Kebudayaan Tiongkok
Pustaka: Qiliang, Ren. (2014). Common Knowledge about Chinese Culture. Hongkong: 香港中国旅游出版社.

Materi: Kebudayaan Tiongkok
Pustaka: Wicaksono, Michael. (2017). Republik Rakyat China dari Mao Zedong sampai Xi Jinping. Jakarta: Elex Media Komputindo.
9%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 79%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 4.5%
3. Tes 16.5%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Prodi (CPL - Prodi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan prodi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. CPL yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Prodi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. CP Mata kuliah (CPMK) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari CPL yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-CPMK Mata kuliah (Sub-CPMK) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari CPMK yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-CPMK yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-CPMK tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.

RPS ini telah divalidasi pada tanggal

Koordinator Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Jepang


Rusmiyati, S.Pd., M.Pd.
NIDN 0027108007
UPM Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Jepang



NIDN


File PDF ini digenerate pada tanggal 6 Oktober 2024 Jam 15:24 menggunakan aplikasi RPS-OBE SiDia Unesa