Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Musik

Kode Dokumen

RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER

MATA KULIAH (MK)

KODE

Rumpun MK

BOBOT (sks)

SEMESTER

Tgl Penyusunan

Musik Film, Televisi, Dan, Animasi

9122103134

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=3

P=0

ECTS=4.77

5

17 Mei 2024

OTORISASI

Pengembang RPS

Koordinator RMK

Koordinator Program Studi




Harpang Yudha Karyawanto, S.Pd., M.Pd




Harpang Yudha Karyawanto, S.Pd., M.Pd




Agus Suwahyono, S.Sn., M.Pd.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Capaian Pembelajaran (CP)

CPL-PRODI yang dibebankan pada MK

CPL-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

CPL-7

Mampu beradaptasi dengan perkembangan teknologi, dunia usaha dan dunia industri (DUDI) musik

CPL-10

Mampu bekerja sama dalam ansambel musik/kolaborasi/orkestra, baik sebagai pemimpin maupun anggota, untuk mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan bermusik melalui pendekatan proses pelatihan dan manajerial produksi artistik untuk menghasilkan penyajian karya musik secara kolaboratif.

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

CPMK - 1

Mampu bertanggung jawab dalam melakukan evaluasi, mengembangkan musik film, televisi dan animasi secara mandiri

CPMK - 2

Mampu mengevaluasi musik film, televisi dan animasi yang tepat Mampu mengembangkan musik film, televisi dan animasi sesuai dengan model pengembangan skill

CPMK - 3

Mampu menganalisis hasil musik film, televisi dan animasi berdasarkan hasil analisis dengan memanfaatkan berbagai sumber, media berbasis IPTEKS secara kontekstual

Matrik CPL - CPMK

 
CPMKCPL-3CPL-7CPL-10
CPMK-1  
CPMK-2  
CPMK-3  

Matrik CPMK pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-CPMK)

 
CPMK Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
CPMK-1
CPMK-2
CPMK-3

Deskripsi Singkat MK

Matakuliah berisi tentang pemahaman, pengetahuan dan penguasaan keterampilan teknik dasar membuat musik film, drama, televisi dengan strategi teori dan praktek

Pustaka

Utama :

  1. Puwanto, Hari. 2009. Musicmagic. CV Andik offset
  2. Purwacandra, P P. 2007. Pembuatan Ilustrasi Musik berbasis MIDI. Yogyakarta: STMIK AMIKOM
  3. Cook, N. (1990). Music, imagination, and culture. Clarendon Press.
  4. Cohen, R. (2012). Folk music: the basics. Routledge.

Pendukung :

  1. Shuker, R. (2013). Understanding popular music. Routledge.
  2. Boutelle, K. N., Jeffery, R. W., Murray, D. M., & Schmitz, M. K. H. (2001). Using signs, artwork, and music to promote stair use in a public building. American journal of public health, 91(12), 2004-2006.

Dosen Pengampu

Harpang Yudha Karyawanto, S.Pd., M.Pd.

Mg Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-CPMK)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mampu menguasai berbagai konsep dasar membuat Musik Film, Drama, Televisi

Membuat konsep ilustrasi Musik Film, Drama, Televisi

Kriteria:

Mengidetifikasi hasil kineja pengolahan musik film, drama, televise Kreativitas dalam konsep musik film, drama, televisi Analisis Musik Film


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah, tanya jawab, dan demonstrasi
2 X 50
Ceramah, tanya jawab, dan demonstrasi
2x50
Materi: Pengantar Ilustrasi Musik Film
Pustaka: Purwacandra, P P. 2007. Pembuatan Ilustrasi Musik berbasis MIDI. Yogyakarta: STMIK AMIKOM
5%

2

Minggu ke 2

Mampu menguasai berbagai konsep dasar membuat Musik Film, Drama, Televisi

Membuat konsep ilustrasi Musik Film, Drama, Televisi

Kriteria:

Mengidetifikasi hasil kineja pengolahan musik film, drama, televiseKreativitas dalam konsep musik film, drama, televisiAnalisis Musik Film


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, tanya jawab, dan demonstrasi
2 X 50
Ceramah, tanya jawab, dan demonstrasi
2x50
Materi: Pengantar Ilustrasi Musik Film
Pustaka: Cook, N. (1990). Music, imagination, and culture. Clarendon Press.
5%

3

Minggu ke 3

Mampu menguasai berbagai konsep dasar membuat Musik Film, Drama, Televisi

Imaginasi Musik Film, Drama, Televisi

Kriteria:

Mengidetifikasi hasil kineja pengolahan musik film, drama, televiseKreativitas dalam konsep musik film, drama, televisiAnalisis Musik Film


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah, tanya jawab, dan demonstrasi
2 X 50
Ceramah, tanya jawab, dan demonstrasi
2x50
Materi: Pengantar Ilustrasi Musik Film
Pustaka: Cook, N. (1990). Music, imagination, and culture. Clarendon Press.
5%

4

Minggu ke 4

Mampu menguasai berbagai konsep dasar membuat Musik Film, Drama, Televisi

Imaginasi Musik Film, Drama, Televisi

Kriteria:

Mengidetifikasi hasil kineja pengolahan musik film, drama, televiseKreativitas dalam konsep musik film, drama, televisiAnalisis Musik Film


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah, tanya jawab, dan demonstrasi
2 X 50
Ceramah, tanya jawab, dan demonstrasi
2x50
Materi: Pengantar Ilustrasi Musik Film
Pustaka: Boutelle, K. N., Jeffery, R. W., Murray, D. M., & Schmitz, M. K. H. (2001). Using signs, artwork, and music to promote stair use in a public building. American journal of public health, 91(12), 2004-2006.
5%

5

Minggu ke 5

Mampu menguasai berbagai konsep dasar membuat Musik Televisi

Menganalisa konsep ilustrasi Musik Televisi

Kriteria:

Mengidetifikasi hasil kineja pengolahan musik film, drama, televiseKreativitas dalam konsep musik Televisi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah, tanya jawab, dan demonstrasi, Praktek
2 X 50
Ceramah, tanya jawab, dan demonstrasi, Praktek
2x50
Materi: Musik Ilustrasi Film dan Animasi 1
Pustaka: Cohen, R. (2012). Folk music: the basics. Routledge.
5%

6

Minggu ke 6

Mampu menguasai berbagai konsep dasar membuat Musik Televisi

Menganalisa konsep ilustrasi Musik Televisi

Kriteria:

Mengidetifikasi hasil kineja pengolahan musik film, drama, televiseKreativitas dalam konsep musik Televisi


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah, tanya jawab, dan demonstrasi, Praktek
2 X 50
Ceramah, tanya jawab, dan demonstrasi, Praktek
2x50
Materi: Musik Ilustrasi Film dan Animasi 1
Pustaka: Shuker, R. (2013). Understanding popular music. Routledge.
5%

7

Minggu ke 7

Mampu menguasai berbagai konsep dasar membuat Musik Televisi

Menganalisa konsep ilustrasi Musik Televisi

Kriteria:

Mengidetifikasi hasil kineja pengolahan musik film, drama, televiseKreativitas dalam konsep musik Televisi


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah, tanya jawab, dan demonstrasi, Praktek
2 X 50
Ceramah, tanya jawab, dan demonstrasi, Praktek
2x50
Materi: Musik Ilustrasi Film dan Animasi 1
Pustaka: Cook, N. (1990). Music, imagination, and culture. Clarendon Press.
5%

8

Minggu ke 8

Mampu menguasai berbagai konsep dasar membuat Musik Televisi

Menganalisa konsep ilustrasi Musik Film dan Televisi

Kriteria:
  1. Membuat konsep musik film dan televisi dengan sekenario lengkap
  2. Membuat konsep musik film dan televisi dengan sekenario tidak lengkap
  3. Membuat konsep musik film dan televisi tidak dengan sekenario tidak lengkap
  4. Membuat konsep musik filman tidak dengan sekenario tidak lengkap

Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Praktek
2 X 50
Praktek
2x50
Materi: Musik Ilustrasi Film dan Animasi 1
Pustaka: Purwacandra, P P. 2007. Pembuatan Ilustrasi Musik berbasis MIDI. Yogyakarta: STMIK AMIKOM
10%

9

Minggu ke 9

Berkresasi membuat ilustrasi Musik Film dengan bahan musik yang sudah tersedia di software musik yang digunakan

  1. Editing dan menguasai software musik yang digunakan untuk membuat ilustrasi Musik Film
  2. Kreatif dalam memilih konsep ilustrasi musik film
Kriteria:

Mengidetifikasi hasil kineja pengolahan musik film, televisi dan animasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Praktek dan demonstrasi
2 X 50
Praktek dan demonstrasi
2x50
Materi: Musik Ilustrasi Film dan Animasi 1
Pustaka: Purwacandra, P P. 2007. Pembuatan Ilustrasi Musik berbasis MIDI. Yogyakarta: STMIK AMIKOM
5%

10

Minggu ke 10

Berkresasi membuat ilustrasi Musik Film dengan bahan musik yang sudah tersedia di software musik yang digunakan

  1. Editing dan menguasai software musik yang digunakan untuk membuat ilustrasi Musik Film
  2. Kreatif dalam memilih konsep ilustrasi musik film
Kriteria:

Mengidetifikasi hasil kineja pengolahan musik film, televisi dan animasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Praktek dan demonstrasi
2 X 50
Praktek dan demonstrasi
2x50
Materi: Produksi Musik Film dan Animasi 1
Pustaka: Shuker, R. (2013). Understanding popular music. Routledge.
5%

11

Minggu ke 11

Berkresasi membuat ilustrasi Musik Film dengan bahan musik yang sudah tersedia di software musik yang digunakan

  1. Editing dan menguasai software musik yang digunakan untuk membuat ilustrasi Musik Film
  2. Kreatif dalam memilih konsep ilustrasi musik film
Kriteria:

Mengidetifikasi hasil kineja pengolahan musik film, televisi dan animasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Praktek dan demonstrasi
2 X 50
Praktek dan demonstrasi
2x50
Materi: Produksi Musik Film dan Animasi 1
Pustaka: Purwacandra, P P. 2007. Pembuatan Ilustrasi Musik berbasis MIDI. Yogyakarta: STMIK AMIKOM
5%

12

Minggu ke 12

Berkresasi membuat ilustrasi Musik Film dengan bahan musik yang sudah tersedia di software musik yang digunakan

  1. Editing dan menguasai software musik yang digunakan untuk membuat ilustrasi Musik Film
  2. Kreatif dalam memilih konsep ilustrasi musik film
Kriteria:

Mengidetifikasi hasil kineja pengolahan musik film, televisi dan animasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Praktek dan demonstrasi
2 X 50
Praktek dan demonstrasi
2x50
Materi: Produksi Musik Film dan Animasi 1
Pustaka: Purwacandra, P P. 2007. Pembuatan Ilustrasi Musik berbasis MIDI. Yogyakarta: STMIK AMIKOM
5%

13

Minggu ke 13

Berkresasi membuat ilustrasi Musik Film dengan bahan musik yang sudah tersedia di software musik yang digunakan

  1. Editing dan menguasai software musik yang digunakan untuk membuat ilustrasi Musik Film
  2. Kreatif dalam memilih konsep ilustrasi musik film
Kriteria:

Mengidetifikasi hasil kineja pengolahan musik film, televisi dan animasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Praktek dan demonstrasi
2 X 50
Praktek dan demonstrasi
2x50
Materi: Produksi Musik Film dan Animasi 1
Pustaka: Purwacandra, P P. 2007. Pembuatan Ilustrasi Musik berbasis MIDI. Yogyakarta: STMIK AMIKOM
5%

14

Minggu ke 14

Berkresasi membuat ilustrasi Musik Film dengan bahan musik yang sudah tersedia di software musik yang digunakan

  1. Editing dan menguasai software musik yang digunakan untuk membuat ilustrasi Musik Film
  2. Kreatif dalam memilih konsep ilustrasi musik film
Kriteria:

Mengidetifikasi hasil kineja pengolahan musik film, televisi dan animasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Praktek dan demonstrasi
2 X 50
Praktek dan demonstrasi
2x50
Materi: Produksi Musik Film dan Animasi 1
Pustaka: Cook, N. (1990). Music, imagination, and culture. Clarendon Press.
5%

15

Minggu ke 15

Berkresasi membuat ilustrasi Musik Film dengan bahan musik yang sudah tersedia di software musik yang digunakan

  1. Editing dan menguasai software musik yang digunakan untuk membuat ilustrasi Musik Film
  2. Kreatif dalam memilih konsep ilustrasi musik film
Kriteria:

Mengidetifikasi hasil kineja pengolahan musik film, televisi dan animasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Praktek dan demonstrasi
2 X 50
Praktek dan demonstrasi
2x50
Materi: Produksi Musik Film dan Animasi 1
Pustaka: Shuker, R. (2013). Understanding popular music. Routledge.
5%

16

Minggu ke 16

Berkresasi membuat ilustrasi Musik Film dengan bahan musik yang sudah tersedia di software musik yang digunakan

  1. Editing dan menguasai software musik yang digunakan untuk membuat ilustrasi Musik Film
  2. Kreatif dalam memilih konsep ilustrasi musik film
Kriteria:

Mengidetifikasi hasil kineja pengolahan musik film, televisi dan animasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Praktek dan demonstrasi
2 X 50
Praktek dan demonstrasi
2x50
Materi: Produksi Musik Film dan Animasi 1
Pustaka: Puwanto, Hari. 2009. Musicmagic. CV Andik offset
20%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 37.5%
2. Praktik / Unjuk Kerja 62.5%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan PRODI (CPL-PRODI) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan PRODI yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. CPL yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-PRODI) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. CP Mata kuliah (CPMK) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari CPL yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-CP Mata kuliah (Sub-CPMK) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari CPMK yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-CPMK yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-CPMK tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.

RPS ini telah divalidasi pada tanggal 19 Mei 2024

Koordinator Program Studi S1 Musik


Agus Suwahyono, S.Sn., M.Pd.
NIDN 0006086908
UPM Program Studi S1 Musik


Vivi Ervina Dewi, S.Pd., M.Pd.
NIDN 0007129101


File PDF ini digenerate pada tanggal 4 Juli 2024 Jam 23:39 menggunakan aplikasi RPS-OBE SiDia Unesa