Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Kedokteran
Program Studi S1 Keperawatan

Kode Dokumen

RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER

MATA KULIAH (MK)

KODE

Rumpun MK

BOBOT (sks)

SEMESTER

Tgl Penyusunan

Cedera Olahraga dalam Keperawatan

1420603028

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=2

P=1

ECTS=4.77

5

2 April 2025

OTORISASI

Pengembang RPS

Koordinator RMK

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Ns. Wiwin Sulistyawati, S.Kep., M.Kep.

Model Pembelajaran

Case Study

Capaian Pembelajaran (CP)

CPL-PRODI yang dibebankan pada MK

CPL-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

CPL-5

Menguasai konsep teoritis, prinsip, teknik, prosedur ilmu keperawatan dalam pelaksanaan asuhan keperawatan

CPL-6

Menguasai konsep teoritis, prinsip, teknik komunikasi efektif dan edukasi kesehatan dalam pemberian asuhan keperawatan sebagai upaya pencegahan primer, sekunder, dan tersier

CPL-7

Menguasai asuhan keperawatan yang berfokus pada keperawatan keolahragaan dengan pendekatan tren dan isu keilmuan keperawatan/kesehatan dengan pendekatan ilmiah

CPL-8

Mampu menjalankan pekerjaan profesinya berdasarkan pemikiran logis, kritis, sistematis dan kreatif, inovatif serta bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta bertanggungjawab secara ilmiah kepada masyarakat profesi dan pasien

CPL-10

Mampu merencanakan dan mengaplikasikan manajemen asuhan keperawatan pada keperawatan dasar, klinik, komunitas, dan keperawatan keolahragaan

CPL-11

Mampu merencanakan dan mengaplikasikan strategi edukasi kesehatan dengan teknik komunikasi efektif sebagai bagian dari upaya pencegahan primer, sekunder dan tertier

CPL-12

Mampu mengaplikasikan ragam upaya wirausaha di area promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif di bidang kesehatan keolahragaan

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

CPMK - 1

Menguasai konsep jenis cedera

CPMK - 2

Mampu menguasai konsep pencegahan cedera olahraga

CPMK - 3

Mampu menguasai prosedur pengkajian pada cedera olahraga

CPMK - 4

Mampu membuat diagnosa keperawatan pada cedera olahraga

CPMK - 5

Mampu membuat perencanan keperawatan pada cedera olahraga

CPMK - 6

Mampu menguasai dan mengaplikasikan penatalaksanaan cedera olahraga

Matrik CPL - CPMK

 
CPMKCPL-3CPL-5CPL-6CPL-7CPL-8CPL-10CPL-11CPL-12
CPMK-1      
CPMK-2      
CPMK-3    
CPMK-4   
CPMK-5   
CPMK-6   

Matrik CPMK pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-CPMK)

 
CPMK Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
CPMK-1
CPMK-2
CPMK-3
CPMK-4
CPMK-5
CPMK-6

Deskripsi Singkat MK

Tujuan keseluruhan dari mata kuliah ini adalah untuk membekali peserta didik dengan pengetahuan dan keterampilan untuk mengembangkan keahlian dalam pengelolaan cedera yang timbul dari olahraga dan olahraga berat. Hal ini dirancang untuk membekali siswa dengan pemahaman mendalam tentang cedera olahraga, tindakan pencegahan dan manajemen cedera olahraga sehingga mereka dapat membantu diri mereka sendiri dan membimbing orang-orang yang berada di bawah pengawasan mereka.

Pustaka

Utama :

  1. Khan, K. & Brukner, P. (Current Edition) Clincal Sports Medicine. Sydney: McGraw-Hill.
  2. Whiting, W.C. & Zernicke, R.F. (Current Edition) Biomechanics of Musculoskeletal Injury. Champaign, IL: Human Kinetics

Pendukung :

  1. Atlas Anatomi Sobotta
  2. Goodman Gilman’s : The Pharmacological Basics of Theurapetics

Dosen Pengampu

Mg Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-CPMK)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Menguasai konsep sport injury

  1. konsep Sports Injury
  2. Pentingnya Pencegahan Cedera
  3. Masa depan pencegahan cedera
  4. Athletic Health Care Team
  5. Law of Sports Medicine: Medical & Legal Issues
Kriteria:

Rubrik Penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja, Tes
ceramah, diskusi, tanya jawab
kuliah : 50‘ x 2; 170‘ x 1

Materi: konsep cedera olahraga
Pustaka: Khan, K. & Brukner, P. (Current Edition) Clincal Sports Medicine. Sydney: McGraw-Hill.
5%

2

Minggu ke 2

Proses Injury/Cedera : Respon Fisiologis terhadap Cedera

  1. Inflamasi : Vaskular & Seluler
  2. Inflamasi & Nyeri
  3. Intervensi Terapi
  4. Perbaikan Jaringan & Intervensi Terapi Cedera
Kriteria:

Rubrik Penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
ceramah, diskusi, tanya jawab
kuliah : 50‘ x 2; 170‘ x 1

Materi: respon cedera
Pustaka: Khan, K. & Brukner, P. (Current Edition) Clincal Sports Medicine. Sydney: McGraw-Hill.
5%

3

Minggu ke 3

Proses: Respon Psikologis terhadap cedera

Rubrik Penilaian

Kriteria:
  1. Intervensi Psikososial
  2. Efek Plasebo

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
ceramah, diskusi, tanya jawab
kuliah : 50‘ x 2; 170‘ x 1

Materi: Proses: Respon Psikologis terhadap cedera
Pustaka: Whiting, W.C. & Zernicke, R.F. (Current Edition) Biomechanics of Musculoskeletal Injury. Champaign, IL: Human Kinetics
5%

4

Minggu ke 4

Penatalaksanaan cedera akut olahraga

Rubrik Penilaian

Kriteria:
  1. Cedera akut yang umum terjadi dalam olahraga
  2. Penilaian awal cedera olahraga akut
  3. Pertolongan pertama dan tindakan terapi awal
  4. Manajemen nyeri pada cedera olahraga
  5. Concussion

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja, Tes
ceramah, diskusi, tanya jawab
kuliah : 50‘ x 2; 170‘ x 1

Materi: cedera akut olahraga
Pustaka: Khan, K. & Brukner, P. (Current Edition) Clincal Sports Medicine. Sydney: McGraw-Hill.
10%

5

Minggu ke 5

cedera pergelangan kaki

Rubrik Penilaian

Kriteria:
  1. Epidemiologi cedera pergelangan kaki dalam olahraga
  2. Faktor risiko utama: cara mengidentifikasi atlet yang berisiko
  3. Mekanisme cedera pada keseleo pergelangan kaki
  4. Mengidentifikasi risiko dalam pelatihan dan program kompetisi

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja
ceramah, diskusi, tanya jawab
kuliah : 50‘ x 2; 170‘ x 1

Materi: cedera pergelangan kaki
Pustaka: Whiting, W.C. & Zernicke, R.F. (Current Edition) Biomechanics of Musculoskeletal Injury. Champaign, IL: Human Kinetics
5%

6

Minggu ke 6

cedera lutut

Rubrik Penilaian

Kriteria:
  1. Epidemiologi cedera lutut dalam olahraga
  2. Faktor risiko utama: cara mengidentifikasi atlet yang berisiko
  3. Mekanisme injury
  4. Mengidentifikasi risiko dalam pelatihan dan program kompetisi

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja
ceramah, diskusi, tanya jawab
kuliah : 50‘ x 2; 170‘ x 1

Materi: cedera lutut
Pustaka: Whiting, W.C. & Zernicke, R.F. (Current Edition) Biomechanics of Musculoskeletal Injury. Champaign, IL: Human Kinetics
5%

7

Minggu ke 7

cedera lutut

Rubrik Penilaian

Kriteria:
  1. Epidemiologi cedera hamstring dalam olahraga
  2. Faktor risiko utama: cara mengidentifikasi atlet yang berisiko
  3. Mekanisme injury
  4. Mengidentifikasi risiko dalam pelatihan dan program kompetisi

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja
ceramah, diskusi, tanya jawab
kuliah : 50‘ x 2; 170‘ x 1

Materi: cedera hamstring
Pustaka: Whiting, W.C. & Zernicke, R.F. (Current Edition) Biomechanics of Musculoskeletal Injury. Champaign, IL: Human Kinetics
5%

8

Minggu ke 8

Penilaian formatif

Rubrik Penilaian

tes tulis pilihan ganda
50‘ x 2

Materi: UTS
Pustaka: Whiting, W.C. & Zernicke, R.F. (Current Edition) Biomechanics of Musculoskeletal Injury. Champaign, IL: Human Kinetics
15%

9

Minggu ke 9

cedera pangkal paha

Rubrik Penilaian

Kriteria:
  1. Epidemiologi cedera pangkal paha dalam olahraga
  2. Faktor risiko utama: cara mengidentifikasi atlet yang berisiko
  3. Mekanisme injury
  4. Mengidentifikasi risiko dalam pelatihan dan program kompetisi

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah, diskusi, tanya jawab
50‘ x 2; 170‘ X 1

Materi: cedera pangkal paha
Pustaka: Whiting, W.C. & Zernicke, R.F. (Current Edition) Biomechanics of Musculoskeletal Injury. Champaign, IL: Human Kinetics
5%

10

Minggu ke 10

nyeri pinggang

Rubrik Penilaian

Kriteria:
  1. Epidemiologi
  2. Anatomy and function of the spine
  3. Mekanisme cedera yang khas: contoh dari olahraga berisiko tinggi

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah, diskusi, tanya jawab
50‘ x 2; 170‘ X 1

Materi: nyeri pinggang
Pustaka: Whiting, W.C. & Zernicke, R.F. (Current Edition) Biomechanics of Musculoskeletal Injury. Champaign, IL: Human Kinetics
5%

11

Minggu ke 11

cedera bahu

Rubrik Penilaian

Kriteria:
  1. Epidemiologi cedera bahu pada olahraga
  2. Faktor risiko utama: cara mengidentifikasi atlet yang berisiko
  3. Mekanisme injury
  4. Mengidentifikasi risiko dalam pelatihan dan program kompetisi

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah, diskusi, tanya jawab
50‘ x 2; 170‘ X 1

Materi: cedera bahu
Pustaka: Whiting, W.C. & Zernicke, R.F. (Current Edition) Biomechanics of Musculoskeletal Injury. Champaign, IL: Human Kinetics
5%

12

Minggu ke 12

cedera siku

Rubrik Penilaian

Kriteria:
  1. Epidemiologi cedera siku pada olahraga
  2. Faktor risiko utama: cara mengidentifikasi atlet yang berisiko
  3. Mekanisme injury
  4. Mengidentifikasi risiko dalam pelatihan dan program kompetisi

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah, diskusi, tanya jawab
50‘ x 2; 170‘ X 1

Materi: cedera siku
Pustaka: Whiting, W.C. & Zernicke, R.F. (Current Edition) Biomechanics of Musculoskeletal Injury. Champaign, IL: Human Kinetics
5%

13

Minggu ke 13

cedera pada kepala dan tulang belakang leher

Rubrik Penilaian

Kriteria:
  1. Epidemiologi cedera pada kepala dan tulang belakang leher pada olahraga
  2. Faktor risiko utama: cara mengidentifikasi atlet yang berisiko
  3. Mekanisme injury
  4. Mengidentifikasi risiko dalam pelatihan dan program kompetisi

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah, diskusi, tanya jawab
50‘ x 2; 170‘ X 1

Materi: cedera pada kepala dan tulang belakang leher
Pustaka: Whiting, W.C. & Zernicke, R.F. (Current Edition) Biomechanics of Musculoskeletal Injury. Champaign, IL: Human Kinetics
5%

14

Minggu ke 14

cedera akibat penggunaan tendon yang berlebihan

Rubrik Penilaian

Kriteria:
  1. Struktur dasar tendon
  2. Mekanisme tendon dan kekuatan
  3. Mekanisme cedera tendon yang berlebihan
  4. Faktor risiko cedera penggunaan tendon yang berlebihan
  5. Mencegah cedera akibat penggunaan tendon yang berlebihan

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah, diskusi, tanya jawab
50‘ x 2; 170‘ X 1

Materi: cedera akibat penggunaan tendon yang berlebihan
Pustaka: Whiting, W.C. & Zernicke, R.F. (Current Edition) Biomechanics of Musculoskeletal Injury. Champaign, IL: Human Kinetics
5%

15

Minggu ke 15

Prosedur Kegawatdaruratan

Rubrik Penilaian

Kriteria:
  1. Menunjukkan prosedur yang tepat dalam memberikan resusitasi jantung paru
  2. prosedur pertolongan pertama (pembelatan, pengendalian pendarahan, dll.)
  3. prosedur dalam memperoleh tanda-tanda vital orang yang terluka
  4. Identifikasi langkah-langkah yang harus diambil dalam perencanaan keadaan darurat atletik.
  5. Menunjukkan fungsi peralatan darurat yang diperlukan untuk penanganan atletik keadaan darurat.
  6. mengenali dan mengobati penyakit lingkungan (panas stroke, kelelahan panas, hipotermia).

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah, diskusi, tanya jawab
50‘ x 2; 170‘ X 1

Materi: Prosedur Kegawatdaruratan
Pustaka: Whiting, W.C. & Zernicke, R.F. (Current Edition) Biomechanics of Musculoskeletal Injury. Champaign, IL: Human Kinetics
14%

16

Minggu ke 16

PenilIn Sumatif


Bentuk Penilaian :
Tes
tes tulis dengan pilihan ganda
50‘ x 2

Materi: UAS
Pustaka: Whiting, W.C. & Zernicke, R.F. (Current Edition) Biomechanics of Musculoskeletal Injury. Champaign, IL: Human Kinetics
15%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 33.87%
2. Penilaian Praktikum 22.2%
3. Praktik / Unjuk Kerja 23.87%
4. Tes 19.17%
99.11%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Prodi (CPL - Prodi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan prodi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. CPL yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Prodi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. CP Mata kuliah (CPMK) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari CPL yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-CPMK Mata kuliah (Sub-CPMK) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari CPMK yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-CPMK yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-CPMK tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.



File PDF ini digenerate pada tanggal 2 April 2025 Jam 07:58 menggunakan aplikasi RPS-OBE SiDia Unesa