Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum
Program Studi S1 Ilmu Politik

Kode Dokumen

RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER

MATA KULIAH (MK)

KODE

Rumpun MK

BOBOT (sks)

SEMESTER

Tgl Penyusunan

Perbandingan Politik

6720102025

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=3

P=0

ECTS=4.77

4

1 Februari 2025

OTORISASI

Pengembang RPS

Koordinator RMK

Koordinator Program Studi




Mi‘rojul Huda




Mi‘rojul Huda




Dr. Moch. Mubarok Muharam, M.IP.

Model Pembelajaran

Case Study

Capaian Pembelajaran (CP)

CPL-PRODI yang dibebankan pada MK

CPL-8

mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;

CPL-11

Mampu merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi, dan mengembangkan ilmu pengentahuan politik dan tekonologi dengan menggunakan pendekatan yang relevan dengan situasi dan kondisi.

CPL-14

Mampu menguasai konsep dasar dan teori politik

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

CPMK - 1

Menerapkan konsep dasar dan teori politik dalam analisis sistem politik berbagai negara (C3)

CPMK - 2

Menganalisis perbedaan sistem politik dan pengaruhnya terhadap kebijakan publik di berbagai negara (C4)

CPMK - 3

Mengevaluasi efektivitas implementasi teori politik dalam konteks politik nyata berbagai negara (C5)

CPMK - 4

Merancang model perbandingan politik yang dapat digunakan untuk memahami dinamika politik internasional (C6)

CPMK - 5

Menggunakan pendekatan kritis untuk menganalisis dan mengevaluasi sistem politik dan kebijakan di berbagai negara (C4)

CPMK - 6

Menciptakan metodologi baru dalam studi perbandingan politik yang inovatif dan adaptif terhadap perubahan global (C6)

CPMK - 7

Menerapkan teori dan konsep politik untuk memecahkan masalah politik aktual di berbagai negara (C3)

CPMK - 8

Menganalisis dampak kebijakan internasional terhadap politik domestik negara-negara menggunakan teori politik (C4)

CPMK - 9

Mengevaluasi peran lembaga politik dalam menentukan stabilitas politik dan ekonomi di berbagai negara (C5)

CPMK - 10

Menciptakan pendekatan sistematis untuk membandingkan transisi politik antar negara (C6)

Matrik CPL - CPMK

 
CPMKCPL-8CPL-11CPL-14
CPMK-1  
CPMK-2 
CPMK-3 
CPMK-4  
CPMK-5  
CPMK-6 
CPMK-7 
CPMK-8  
CPMK-9 
CPMK-10  

Matrik CPMK pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-CPMK)

 
CPMK Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
CPMK-1
CPMK-2
CPMK-3
CPMK-4
CPMK-5
CPMK-6
CPMK-7
CPMK-8
CPMK-9
CPMK-10

Deskripsi Singkat MK

Matakuliah Perbandingan Politik pada program studi Ilmu Politik untuk jenjang S1 memberikan pemahaman mendalam mengenai sistem politik, proses politik, dan struktur politik di berbagai negara. Mata kuliah ini bertujuan untuk membandingkan berbagai sistem politik, ideologi, dan kebijakan publik yang ada di dunia, serta menganalisis perbedaan dan persamaan antara negara-negara tersebut. Ruang lingkup mata kuliah mencakup studi tentang berbagai teori perbandingan politik, metode perbandingan politik, serta penerapan konsep-konsep perbandingan politik dalam konteks global dan lokal.

Pustaka

Utama :

  1. Peters, B. G. (1998). Comparative Politics. Theory and Methods. London: Macmillan Press.
  2. Chilcote, R.H. (2010). Teori Perbandingan Politik: Penelusuran Paradigma. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
  3. Landman, T. (2003). Issue and Methods in Comparative Politics: An Introduction. New York: Routledge.
  4. Heywood, A. (2004). Political Theory: An Introduction. New York: Palgrave Macmillan.
  5. Lipjhart, A. (1999). Patterns of Democracy: Governments Forms and Performance in Thirty-six Countries. New Haven: Yale University Press.

Pendukung :

  1. Newton, K. & Jan, W. Van Deth. (2009). Foundations of Comparative Politics. Cambridge: Cambridge University Press.
  2. Lim, T. (2010). Doing Comparative Politics: An Introduction to Approach and Issues. USA: Lynne Rienner Publishers.

Dosen Pengampu

Dr. Moch. Mubarok Muharam, M.IP.

Mi'rojul Huda, S.IP., M.IP.

Mg Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-CPMK)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan konsep dasar dan teori politik dalam analisis sistem politik berbagai negara.

  1. Konsep dasar politik diterapkan dalam analisis sistem politik
  2. Teori politik digunakan untuk memahami struktur politik negara
  3. Kemampuan membandingkan sistem politik antar negara

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Pembelajaran Berbasis Diskusi dan Analisis Kasus.
100 Menit
Diskusi Online tentang Penerapan Konsep dan Teori Politik dalam Analisis Sistem Politik
Materi: Konsep Dasar Politik, Teori Politik, Sistem Politik Negara
Pustaka: Handbook Perkuliahan
4%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis perbedaan sistem politik dan pengaruhnya terhadap kebijakan publik di berbagai negara.

  1. perbedaan sistem politik antar negara diidentifikasi dengan benar
  2. analisis pengaruh sistem politik terhadap kebijakan publik

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Diskusi kelompok dan studi kasus.
100 Menit
Diskusi daring tentang perbedaan sistem politik antar negara, Analisis studi kasus pengaruh sistem politik terhadap kebijakan publik
Materi: Konsep Sistem Politik, Perbedaan Sistem Politik di Negara-negara Tertentu, Pengaruh Sistem Politik terhadap Kebijakan Publik
Pustaka: Handbook Perkuliahan
4%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis perbedaan sistem politik dan pengaruhnya terhadap kebijakan publik di berbagai negara dengan kritis dan mendalam.

  1. Analisis perbedaan sistem politik antar negara
  2. Identifikasi pengaruh sistem politik terhadap kebijakan publik
  3. Kemampuan menganalisis dampak kebijakan publik

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pembelajaran Berbasis Diskusi dan Analisis Kasus.
100 Menit
Diskusi Online tentang Studi Kasus Sistem Politik dan Kebijakan Publik di Negara-negara Tertentu
Materi: Konsep Sistem Politik, Teori Kebijakan Publik, Studi Kasus Sistem Politik dan Kebijakan Publik di Negara-negara Tertentu
Pustaka: Handbook Perkuliahan
4%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa diharapkan mampu mengevaluasi implementasi teori politik dalam konteks politik nyata di berbagai negara dengan kritis dan analitis.

  1. Analisis implementasi teori politik
  2. Evaluasi dampak teori politik dalam kebijakan negara

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Diskusi kelompok, studi kasus, presentasi.
100 Menit
Diskusi daring tentang implementasi teori politik dalam kasus politik nyata
Materi: Teori politik, Implementasi teori politik dalam kebijakan negara, Studi kasus politik nyata di berbagai negara
Pustaka: Handbook Perkuliahan
4%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa diharapkan mampu mengevaluasi efektivitas implementasi teori politik dalam konteks politik nyata di berbagai negara.

  1. Analisis implementasi teori politik
  2. Evaluasi efektivitas implementasi teori politik

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Diskusi kelompok, studi kasus, presentasi.
100 Menit
Diskusi daring tentang studi kasus politik nyata di negara tertentu
Materi: Perbandingan antar negara
Pustaka:
5%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa diharapkan mampu merancang model perbandingan politik yang dapat digunakan untuk menganalisis dinamika politik internasional.

  1. Analisis model perbandingan politik
  2. Kemampuan merancang model perbandingan politik

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Pembelajaran berbasis diskusi dan studi kasus.
Diskusi daring tentang model perbandingan politik yang dibuat, Membuat presentasi online tentang aplikasi model perbandingan politik dalam studi kasus politik internasional
Materi: Teori Perbandingan Politik, Dinamika Politik Internasional, Model Perbandingan Politik
Pustaka: Handbook Perkuliahan

Materi: comparatif negara
Pustaka: Peters, B. G. (1998). Comparative Politics. Theory and Methods. London: Macmillan Press.
5%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa diharapkan mampu mengembangkan kemampuan kritis dalam menganalisis sistem politik dan kebijakan serta mampu mengevaluasi perbedaan sistem politik antar negara.

  1. Analisis kritis sistem politik
  2. Evaluasi kebijakan publik
  3. Perbandingan sistem politik negara

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Diskusi kelompok, studi kasus, presentasi.
100 Menit
Penugasan Esai
Materi: Teori Sistem Politik, Metode Analisis Kebijakan, Studi Perbandingan Sistem Politik
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

8

Minggu ke 8

Mahasiswa diharapkan mampu mengembangkan metodologi baru dalam studi perbandingan politik yang inovatif dan adaptif terhadap perubahan global.

  1. Metodologi baru yang inovatif
  2. Kemampuan adaptif terhadap perubahan global
Kriteria:

15


Bentuk Penilaian :
Tes
Diskusi, Studi Kasus, Penugasan Individu.
100 Menit
Diskusi daring tentang aplikasi metodologi baru dalam studi perbandingan politik, Penugasan individu untuk menciptakan proposal metodologi baru
Materi: Konsep Metodologi Baru, Teknik Penelitian Inovatif, Responsif terhadap Perubahan Global
Pustaka: Handbook Perkuliahan
15%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa diharapkan mampu mengembangkan metodologi baru dalam studi perbandingan politik yang responsif terhadap dinamika global.

  1. Pengembangan metodologi baru
  2. Kreativitas dalam penelitian
  3. Kemampuan adaptasi terhadap perubahan global

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum
Pembelajaran Berbasis Proyek.
100 Menit
Diskusi daring tentang penerapan metodologi baru dalam studi perbandingan politik
Materi: Konsep metodologi dalam studi perbandingan politik, Teknik penelitian inovatif, Analisis adaptif terhadap perubahan global
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa diharapkan mampu mengembangkan metodologi baru dalam studi perbandingan politik yang responsif terhadap dinamika global.

  1. Inovasi dalam metodologi studi perbandingan politik
  2. Kemampuan adaptasi terhadap perubahan global

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Pembelajaran Berbasis Proyek.
100 Menit
Diskusi daring tentang penerapan metodologi baru dalam studi perbandingan politik
Materi: Konsep dasar perbandingan politik, Tantangan global dalam studi perbandingan politik, Metodologi tradisional vs. inovatif dalam perbandingan politik
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan teori politik dalam menganalisis dan memecahkan masalah politik aktual di berbagai negara.

  1. Analisis Teori Politik yang Relevan
  2. Identifikasi Permasalahan Politik
  3. Pemecahan Masalah Politik dengan Pendekatan Teori

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Pembelajaran Berbasis Masalah.
100 Menit
Diskusi Online, Penugasan Analisis Kasus Politik
Materi: Teori Politik, Konsep Politik, Permasalahan Politik Aktual di Berbagai Negara
Pustaka: Handbook Perkuliahan
0%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan teori politik dalam memecahkan masalah politik aktual di berbagai negara.

  1. Analisis Teori Politik yang Relevan
  2. Identifikasi Masalah Politik
  3. Solusi yang Relevan dan Terargumentasi

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pembelajaran Berbasis Masalah.
100 Menit
Diskusi Online
Materi: Teori Politik, Konsep Politik, Studi Kasus Masalah Politik di Berbagai Negara
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis dampak kebijakan internasional terhadap politik domestik negara-negara dengan menggunakan teori politik.

  1. Analisis dampak kebijakan internasional
  2. Penerapan teori politik dalam analisis
  3. Kemampuan menyimpulkan hasil analisis

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi kelompok dan presentasi.
Diskusi daring tentang studi kasus dampak kebijakan internasional
Materi: Teori politik dalam hubungan internasional, Konsep dampak kebijakan internasional, Studi kasus dampak kebijakan internasional
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa diharapkan mampu mengevaluasi peran lembaga politik dalam konteks stabilitas politik dan ekonomi di berbagai negara.

  1. Analisis peran lembaga politik
  2. Hubungan antara lembaga politik dan stabilitas politik
  3. Pemahaman dampak peran lembaga politik terhadap ekonomi

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi kelompok dan presentasi.
100 Menit
Diskusi daring tentang studi kasus lembaga politik dan stabilitas politik di negara tertentu
Materi: Teori lembaga politik, Stabilitas politik dan ekonomi, Studi kasus negara-negara terkait
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa diharapkan mampu mengidentifikasi dan menganalisis transisi politik antar negara secara sistematis.

  1. analisis transisi politik
  2. penerapan pendekatan sistematis
  3. kemampuan membandingkan negara

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Pembelajaran berbasis masalah.
Diskusi daring tentang studi kasus transisi politik antar negara
Materi: Konsep transisi politik, Metode perbandingan politik, Pendekatan sistematis dalam analisis politik
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

16

Minggu ke 16

Mahasiswa diharapkan mampu menciptakan pendekatan sistematis untuk membandingkan transisi politik antar negara.

  1. Analisis perbandingan transisi politik
  2. Penerapan metode analisis yang tepat
  3. Kemampuan mengidentifikasi faktor-faktor dalam transisi politik

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
. UAS
100 Menit

Materi:
Pustaka: Handbook Perkuliahan
20%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 35%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 28%
3. Penilaian Portofolio 13%
4. Penilaian Praktikum 2.5%
5. Tes 17.5%
96%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Prodi (CPL - Prodi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan prodi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. CPL yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Prodi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. CP Mata kuliah (CPMK) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari CPL yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-CPMK Mata kuliah (Sub-CPMK) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari CPMK yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-CPMK yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-CPMK tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.



File PDF ini digenerate pada tanggal 2 April 2025 Jam 01:39 menggunakan aplikasi RPS-OBE SiDia Unesa