
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum
Program Studi S1 Ilmu Politik
|
Kode Dokumen |
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER |
MATA KULIAH (MK) |
KODE |
Rumpun MK |
BOBOT (sks) |
SEMESTER |
Tgl Penyusunan |
Perbandingan Politik |
6720102025 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=3 |
P=0 |
ECTS=4.77 |
4 |
1 Februari 2025 |
OTORISASI |
Pengembang RPS |
Koordinator RMK |
Koordinator Program Studi |
Mi‘rojul Huda
|
Mi‘rojul Huda
|
Dr. Moch. Mubarok Muharam, M.IP. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Capaian Pembelajaran (CP)
|
CPL-PRODI yang dibebankan pada MK |
CPL-8 |
mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya; |
CPL-11 |
Mampu merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi, dan mengembangkan ilmu pengentahuan politik dan tekonologi dengan menggunakan pendekatan yang relevan dengan situasi dan kondisi. |
CPL-14 |
Mampu menguasai konsep dasar dan teori politik |
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) |
CPMK - 1 |
Menerapkan konsep dasar dan teori politik dalam analisis sistem politik berbagai negara (C3)
|
CPMK - 2 |
Menganalisis perbedaan sistem politik dan pengaruhnya terhadap kebijakan publik di berbagai negara (C4)
|
CPMK - 3 |
Mengevaluasi efektivitas implementasi teori politik dalam konteks politik nyata berbagai negara (C5)
|
CPMK - 4 |
Merancang model perbandingan politik yang dapat digunakan untuk memahami dinamika politik internasional (C6)
|
CPMK - 5 |
Menggunakan pendekatan kritis untuk menganalisis dan mengevaluasi sistem politik dan kebijakan di berbagai negara (C4)
|
CPMK - 6 |
Menciptakan metodologi baru dalam studi perbandingan politik yang inovatif dan adaptif terhadap perubahan global (C6)
|
CPMK - 7 |
Menerapkan teori dan konsep politik untuk memecahkan masalah politik aktual di berbagai negara (C3)
|
CPMK - 8 |
Menganalisis dampak kebijakan internasional terhadap politik domestik negara-negara menggunakan teori politik (C4)
|
CPMK - 9 |
Mengevaluasi peran lembaga politik dalam menentukan stabilitas politik dan ekonomi di berbagai negara (C5)
|
CPMK - 10 |
Menciptakan pendekatan sistematis untuk membandingkan transisi politik antar negara (C6)
|
Matrik CPL - CPMK |
|
CPMK | CPL-8 | CPL-11 | CPL-14 | CPMK-1 | | | ✔ | CPMK-2 | ✔ | | ✔ | CPMK-3 | ✔ | | ✔ | CPMK-4 | | ✔ | | CPMK-5 | ✔ | | | CPMK-6 | ✔ | ✔ | | CPMK-7 | ✔ | | ✔ | CPMK-8 | | | ✔ | CPMK-9 | ✔ | ✔ | | CPMK-10 | | ✔ | |
|
Matrik CPMK pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-CPMK) |
|
CPMK |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
CPMK-1 | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | CPMK-2 | | | ✔ | | | | | | | | | | | | | | CPMK-3 | | | | ✔ | | | | | | | | | | | | | CPMK-4 | | | | | | | | | | | | | | | | | CPMK-5 | | | | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | CPMK-6 | | | | | | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | CPMK-7 | | | | | | | | | ✔ | ✔ | | | | | | | CPMK-8 | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | | | | CPMK-9 | | | | | | | | | | | | | | ✔ | | | CPMK-10 | | | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat MK
|
Matakuliah Perbandingan Politik pada program studi Ilmu Politik untuk jenjang S1 memberikan pemahaman mendalam mengenai sistem politik, proses politik, dan struktur politik di berbagai negara. Mata kuliah ini bertujuan untuk membandingkan berbagai sistem politik, ideologi, dan kebijakan publik yang ada di dunia, serta menganalisis perbedaan dan persamaan antara negara-negara tersebut. Ruang lingkup mata kuliah mencakup studi tentang berbagai teori perbandingan politik, metode perbandingan politik, serta penerapan konsep-konsep perbandingan politik dalam konteks global dan lokal. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Peters, B. G. (1998). Comparative Politics. Theory and Methods. London: Macmillan Press.
- Chilcote, R.H. (2010). Teori Perbandingan Politik: Penelusuran Paradigma. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
- Landman, T. (2003). Issue and Methods in Comparative Politics: An Introduction. New York: Routledge.
- Heywood, A. (2004). Political Theory: An Introduction. New York: Palgrave Macmillan.
- Lipjhart, A. (1999). Patterns of Democracy: Governments Forms and Performance in Thirty-six Countries. New Haven: Yale University Press.
|
Pendukung : |
|
- Newton, K. & Jan, W. Van Deth. (2009). Foundations of Comparative Politics. Cambridge: Cambridge University Press.
- Lim, T. (2010). Doing Comparative Politics: An Introduction to Approach and Issues. USA: Lynne Rienner Publishers.
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Moch. Mubarok Muharam, M.IP. Mi'rojul Huda, S.IP., M.IP. |
Mg Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-CPMK)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan konsep dasar dan teori politik dalam analisis sistem politik berbagai negara. |
- Konsep dasar politik diterapkan dalam analisis sistem politik
- Teori politik digunakan untuk memahami struktur politik negara
- Kemampuan membandingkan sistem politik antar negara
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Pembelajaran Berbasis Diskusi dan Analisis Kasus. 100 Menit |
Diskusi Online tentang Penerapan Konsep dan Teori Politik dalam Analisis Sistem Politik
|
Materi: Konsep Dasar Politik, Teori Politik, Sistem Politik Negara Pustaka: Handbook Perkuliahan |
4% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis perbedaan sistem politik dan pengaruhnya terhadap kebijakan publik di berbagai negara. |
- perbedaan sistem politik antar negara diidentifikasi dengan benar
- analisis pengaruh sistem politik terhadap kebijakan publik
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Diskusi kelompok dan studi kasus. 100 Menit |
Diskusi daring tentang perbedaan sistem politik antar negara, Analisis studi kasus pengaruh sistem politik terhadap kebijakan publik
|
Materi: Konsep Sistem Politik, Perbedaan Sistem Politik di Negara-negara Tertentu, Pengaruh Sistem Politik terhadap Kebijakan Publik Pustaka: Handbook Perkuliahan |
4% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis perbedaan sistem politik dan pengaruhnya terhadap kebijakan publik di berbagai negara dengan kritis dan mendalam. |
- Analisis perbedaan sistem politik antar negara
- Identifikasi pengaruh sistem politik terhadap kebijakan publik
- Kemampuan menganalisis dampak kebijakan publik
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pembelajaran Berbasis Diskusi dan Analisis Kasus. 100 Menit |
Diskusi Online tentang Studi Kasus Sistem Politik dan Kebijakan Publik di Negara-negara Tertentu
|
Materi: Konsep Sistem Politik, Teori Kebijakan Publik, Studi Kasus Sistem Politik dan Kebijakan Publik di Negara-negara Tertentu Pustaka: Handbook Perkuliahan |
4% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengevaluasi implementasi teori politik dalam konteks politik nyata di berbagai negara dengan kritis dan analitis. |
- Analisis implementasi teori politik
- Evaluasi dampak teori politik dalam kebijakan negara
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Diskusi kelompok, studi kasus, presentasi. 100 Menit |
Diskusi daring tentang implementasi teori politik dalam kasus politik nyata
|
Materi: Teori politik, Implementasi teori politik dalam kebijakan negara, Studi kasus politik nyata di berbagai negara Pustaka: Handbook Perkuliahan |
4% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengevaluasi efektivitas implementasi teori politik dalam konteks politik nyata di berbagai negara. |
- Analisis implementasi teori politik
- Evaluasi efektivitas implementasi teori politik
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Diskusi kelompok, studi kasus, presentasi. 100 Menit |
Diskusi daring tentang studi kasus politik nyata di negara tertentu
|
Materi: Perbandingan antar negara Pustaka: |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa diharapkan mampu merancang model perbandingan politik yang dapat digunakan untuk menganalisis dinamika politik internasional. |
- Analisis model perbandingan politik
- Kemampuan merancang model perbandingan politik
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Pembelajaran berbasis diskusi dan studi kasus.
|
Diskusi daring tentang model perbandingan politik yang dibuat, Membuat presentasi online tentang aplikasi model perbandingan politik dalam studi kasus politik internasional
|
Materi: Teori Perbandingan Politik, Dinamika Politik Internasional, Model Perbandingan Politik Pustaka: Handbook Perkuliahan Materi: comparatif negara Pustaka: Peters, B. G. (1998). Comparative Politics. Theory and Methods. London: Macmillan Press. |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengembangkan kemampuan kritis dalam menganalisis sistem politik dan kebijakan serta mampu mengevaluasi perbedaan sistem politik antar negara. |
- Analisis kritis sistem politik
- Evaluasi kebijakan publik
- Perbandingan sistem politik negara
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Diskusi kelompok, studi kasus, presentasi. 100 Menit |
Penugasan Esai
|
Materi: Teori Sistem Politik, Metode Analisis Kebijakan, Studi Perbandingan Sistem Politik Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengembangkan metodologi baru dalam studi perbandingan politik yang inovatif dan adaptif terhadap perubahan global. |
- Metodologi baru yang inovatif
- Kemampuan adaptif terhadap perubahan global
|
Kriteria:
15 Bentuk Penilaian : Tes |
Diskusi, Studi Kasus, Penugasan Individu. 100 Menit |
Diskusi daring tentang aplikasi metodologi baru dalam studi perbandingan politik, Penugasan individu untuk menciptakan proposal metodologi baru
|
Materi: Konsep Metodologi Baru, Teknik Penelitian Inovatif, Responsif terhadap Perubahan Global Pustaka: Handbook Perkuliahan |
15% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengembangkan metodologi baru dalam studi perbandingan politik yang responsif terhadap dinamika global. |
- Pengembangan metodologi baru
- Kreativitas dalam penelitian
- Kemampuan adaptasi terhadap perubahan global
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Praktikum |
Pembelajaran Berbasis Proyek. 100 Menit |
Diskusi daring tentang penerapan metodologi baru dalam studi perbandingan politik
|
Materi: Konsep metodologi dalam studi perbandingan politik, Teknik penelitian inovatif, Analisis adaptif terhadap perubahan global Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengembangkan metodologi baru dalam studi perbandingan politik yang responsif terhadap dinamika global. |
- Inovasi dalam metodologi studi perbandingan politik
- Kemampuan adaptasi terhadap perubahan global
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Pembelajaran Berbasis Proyek. 100 Menit |
Diskusi daring tentang penerapan metodologi baru dalam studi perbandingan politik
|
Materi: Konsep dasar perbandingan politik, Tantangan global dalam studi perbandingan politik, Metodologi tradisional vs. inovatif dalam perbandingan politik Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan teori politik dalam menganalisis dan memecahkan masalah politik aktual di berbagai negara. |
- Analisis Teori Politik yang Relevan
- Identifikasi Permasalahan Politik
- Pemecahan Masalah Politik dengan Pendekatan Teori
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
Pembelajaran Berbasis Masalah. 100 Menit |
Diskusi Online, Penugasan Analisis Kasus Politik
|
Materi: Teori Politik, Konsep Politik, Permasalahan Politik Aktual di Berbagai Negara Pustaka: Handbook Perkuliahan |
0% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan teori politik dalam memecahkan masalah politik aktual di berbagai negara. |
- Analisis Teori Politik yang Relevan
- Identifikasi Masalah Politik
- Solusi yang Relevan dan Terargumentasi
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Pembelajaran Berbasis Masalah. 100 Menit |
Diskusi Online
|
Materi: Teori Politik, Konsep Politik, Studi Kasus Masalah Politik di Berbagai Negara Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis dampak kebijakan internasional terhadap politik domestik negara-negara dengan menggunakan teori politik. |
- Analisis dampak kebijakan internasional
- Penerapan teori politik dalam analisis
- Kemampuan menyimpulkan hasil analisis
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi kelompok dan presentasi.
|
Diskusi daring tentang studi kasus dampak kebijakan internasional
|
Materi: Teori politik dalam hubungan internasional, Konsep dampak kebijakan internasional, Studi kasus dampak kebijakan internasional Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengevaluasi peran lembaga politik dalam konteks stabilitas politik dan ekonomi di berbagai negara. |
- Analisis peran lembaga politik
- Hubungan antara lembaga politik dan stabilitas politik
- Pemahaman dampak peran lembaga politik terhadap ekonomi
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi kelompok dan presentasi. 100 Menit |
Diskusi daring tentang studi kasus lembaga politik dan stabilitas politik di negara tertentu
|
Materi: Teori lembaga politik, Stabilitas politik dan ekonomi, Studi kasus negara-negara terkait Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengidentifikasi dan menganalisis transisi politik antar negara secara sistematis. |
- analisis transisi politik
- penerapan pendekatan sistematis
- kemampuan membandingkan negara
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Pembelajaran berbasis masalah.
|
Diskusi daring tentang studi kasus transisi politik antar negara
|
Materi: Konsep transisi politik, Metode perbandingan politik, Pendekatan sistematis dalam analisis politik Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
16
Minggu ke 16 |
Mahasiswa diharapkan mampu menciptakan pendekatan sistematis untuk membandingkan transisi politik antar negara. |
- Analisis perbandingan transisi politik
- Penerapan metode analisis yang tepat
- Kemampuan mengidentifikasi faktor-faktor dalam transisi politik
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
. UAS 100 Menit |
|
Materi: Pustaka: Handbook Perkuliahan |
20% |