
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S1 Fisika
|
Kode Dokumen |
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER |
MATA KULIAH (MK) |
KODE |
Rumpun MK |
BOBOT (sks) |
SEMESTER |
Tgl Penyusunan |
KKN Proyek Desa Evaluasi Program |
1000003074 |
|
T=3 |
P=0 |
ECTS=4.77 |
5 |
12 Agustus 2025 |
OTORISASI |
Pengembang RPS |
Koordinator RMK |
Koordinator Program Studi |
TIM MBKM
|
TIM MBKM
|
MUNASIR |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Capaian Pembelajaran (CP)
|
CPL-PRODI yang dibebankan pada MK |
CPL-1 |
Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
CPL-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
CPL-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) |
CPMK - 1 |
Ketepatan mengaplikasikan materi publikasi program proyek desa dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni serta Ketepatan beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi dalam diseminasi program.
|
CPMK - 2 |
Ketepatan mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali materi publikasi program proyek desa untuk memastikan validitas dan mencegah plagiarisme dalam penyebarluasan program.
|
CPMK - 3 |
Ketepatan menentukan bentuk publikasi program proyek desa dalam bentuk artikel, video, buku secara bersama-sama dengan tepat berdasarkan analisis informasi dan data secara mandiri dan kelompok.
|
Matrik CPL - CPMK |
|
CPMK | CPL-1 | CPL-2 | CPL-4 | CPMK-1 | ✔ | | | CPMK-2 | | ✔ | | CPMK-3 | | | ✔ |
|
Matrik CPMK pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-CPMK) |
|
CPMK |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
CPMK-1 | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | | CPMK-2 | | ✔ | | | ✔ | | | ✔ | | | ✔ | ✔ | | ✔ | | | CPMK-3 | | | ✔ | ✔ | | | ✔ | | ✔ | ✔ | | | ✔ | | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat MK
|
Mata kuliah ini merupakan penerapan kemampuan mahasiswa dalam mengevaluasi program suatu proyek desa secara kontekstual untuk membantu masyarakat di pedesaan atau daerah terpencil dalam membangun ekonomi rakyat atau infrastruktur ditinjau dari perencanaan, perancangan, pelaksanaan dan pasca pelaksanaan program proyek desa. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Junaidi, Aris dkk. 2020. Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi di Era Industri 4.0 untuk Mendukung Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
- Tim Unesa. 2020. Pedoman pengembangan dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka. Surabaya: Unesa
- -----. 2020. Panduan Penyelenggaraaan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
- -----. 2017. Panduan Penyelenggaraan Kampung Literasi. Jakarta: Ditjen PAUD dan Dikmas.
- -----. 2017. Petunjuk Teknis Pelibatan Keluarga pada Penyelenggaraan Pendidikan Kesetaraan. Jakarta: Ditjen PAUD dan Dikmas.
- Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.
- Peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 212 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia.
|
Pendukung : |
|
- Arikunto, Suharsimi dan Cepi Safruddin Abd. Jabar, 2018, Evaluasi Program Pendidikan, Pedoman Teoretis Praktis bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Edisi Kedua. Jakarta: Bumi Aksara.
- Lee J Cronbach. 1982. Designing Evaluations of Educational and Social Programs. Washington: Jossey-Bass Publisher.
- Payne, David A. 1994. Designing Educational Project and Program Evaluations: A Practical Overview Based on Research and Experience. Jerman: Springer
- Widoyoko, Eko Putro. 2009. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
|
Dosen Pengampu
|
FRIDA ULFAH ERMAWATI DZULKIFLIH Dzulkiflih, S.Si., M.T. Dzulkiflih, S.Si., M.T. Prof. Dr. Frida Ulfah Ermawati, M.Sc. Prof. Dr. Frida Ulfah Ermawati, M.Sc. |
Mg Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-CPMK)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Ketepatan menyiapkan bahan untuk evaluasi program-program proyek desa secara jelas, tepat, obyektif dan berorientasi pada hasil. |
- Ketepatan menyiapkan bahan evaluasi untuk program proyek desa dengan jelas.
- Ketepatan menyiapkan bahan evaluasi untuk program proyek desa dengan jelas.
- Ketepatan menyiapkan bahan evaluasi program proyek desa secara obyektif.
|
Kriteria:
Unjuk kerja Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Bentuk Pembelajaran: Praktik Lapangan
Metode Pembelajaran:
KKNT MBKM
Penugasan Mahasiswa: Desain penyusunan bahan publikasi untuk kegiatan program proyek desa 2 x (3 sks x 170") |
-
|
Materi: Program Proyek Desa dan Publikasi Program Pustaka: Tim Unesa. 2020. Pedoman pengembangan dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka. Surabaya: Unesa |
3% |
2
Minggu ke 2 |
Ketepatan menyiapkan bahan untuk evaluasi program-program proyek desa secara jelas, tepat, obyektif dan berorientasi pada hasil. |
- Ketepatan menyiapkan bahan evaluasi untuk program proyek desa dengan jelas.
- Ketepatan menyiapkan bahan evaluasi untuk program proyek desa dengan jelas.
- Ketepatan menyiapkan bahan evaluasi program proyek desa secara obyektif.
|
Kriteria:
Unjuk kerja Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Bentuk Pembelajaran: Praktik Lapangan
Metode Pembelajaran:
KKNT MBKM
Penugasan Mahasiswa: Desain penyusunan bahan publikasi untuk kegiatan program proyek desa 2 x (3 sks x 170") |
-
|
Materi: Program Proyek Desa dan Publikasi Program Pustaka: Tim Unesa. 2020. Pedoman pengembangan dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka. Surabaya: Unesa |
3% |
3
Minggu ke 3 |
Ketepatan menyusun bahan evaluasi program proyek desa secara jelas, tepat, obyektif dan berorientasi pada hasil. |
- Ketepatan menyiapkan bahan evaluasi untuk program proyek desa dengan jelas.
- Ketepatan menyiapkan bahan evaluasi untuk program proyek desa dengan tepat.
- Ketepatan menyiapkan bahan evaluasi program proyek desa secara obyektif.
|
Kriteria:
Unjuk kerja Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Bentuk Pembelajaran: Praktik Lapangan
Metode Pembelajaran:
KKNT MBKM
Penugasan Mahasiswa: Desain penyusunan bahan publikasi untuk kegiatan program proyek desa 2 x (3 sks x 170") |
-
|
Materi: Program Proyek Desa dan Publikasi Program Pustaka: Tim Unesa. 2020. Pedoman pengembangan dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka. Surabaya: Unesa |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Ketepatan menyusun bahan evaluasi program proyek desa secara jelas, tepat, obyektif dan berorientasi pada hasil. |
- Ketepatan menyiapkan bahan evaluasi untuk program proyek desa dengan jelas.
- Ketepatan menyiapkan bahan evaluasi untuk program proyek desa dengan tepat.
- Ketepatan menyiapkan bahan evaluasi program proyek desa secara obyektif.
|
Kriteria:
Unjuk kerja Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Bentuk Pembelajaran: Praktik Lapangan
Metode Pembelajaran:
KKNT MBKM
Penugasan Mahasiswa: Desain penyusunan bahan publikasi untuk kegiatan program proyek desa 2 x (3 sks x 170") |
-
|
Materi: Program Proyek Desa dan Publikasi Program Pustaka: Tim Unesa. 2020. Pedoman pengembangan dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka. Surabaya: Unesa |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Ketepatan mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan mengambil kembali desa bahan evaluasi program desa dengan cara yang valid dan bebas dari plagiarisme. |
- Ketepatan mendokumentasikan bahan evaluasi yang valid untuk program proyek desa.
- Ketepatan menyimpan bahan evaluasi yang valid untuk program-program proyek desa.
- Ketepatan mengamankan bahan evaluasi program-program proyek desa.
- Ketepatan menemukan bahan evaluasi program proyek desa yang dibutuhkan dengan valid.
- Ketepatan melakukan uji plagiarisme bahan evaluasi program.
|
Kriteria:
Pameran portofolio Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Bentuk Pembelajaran: Praktik Lapangan
Metode Pembelajaran:
KKNT MBKM
Penugasan Mahasiswa: Desain penyusunan bahan publikasi untuk kegiatan program proyek desa 2 x (3 sks x 170") |
-
|
Materi: Utama Pustaka: Tim Unesa. 2020. Pedoman pengembangan dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka. Surabaya: Unesa Materi: Program Proyek Desa dan Publikasi Program Pustaka: Tim Unesa. 2020. Pedoman pengembangan dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka. Surabaya: Unesa |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Ketepatan mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan mengambil kembali desa bahan evaluasi program desa dengan cara yang valid dan bebas dari plagiarisme. |
- Ketepatan mendokumentasikan bahan evaluasi yang valid untuk program proyek desa.
- Ketepatan menyimpan bahan evaluasi yang valid untuk program-program proyek desa.
- Ketepatan mengamankan bahan evaluasi program-program proyek desa.
- Ketepatan menemukan bahan evaluasi program proyek desa yang dibutuhkan dengan valid.
- Ketepatan melakukan uji plagiarisme bahan evaluasi program.
|
Kriteria:
Pameran portofolio Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Bentuk Pembelajaran: Praktik Lapangan
Metode Pembelajaran:
KKNT MBKM
Penugasan Mahasiswa: Desain penyusunan bahan publikasi untuk kegiatan program proyek desa 2 x (3 sks x 170") |
-
|
Materi: Utama Pustaka: Tim Unesa. 2020. Pedoman pengembangan dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka. Surabaya: Unesa Materi: Program Proyek Desa dan Publikasi Program Pustaka: Tim Unesa. 2020. Pedoman pengembangan dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka. Surabaya: Unesa |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Ketepatan mengevaluasi program proyek desa dalam menyebarluaskan proyek desa dan dapat dipertanggungjawabkan secara mandiri maupun kelompok. |
- Ketepatan memetakan media evaluasi kegiatan.
- Ketepatan mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan media evaluasi.
- Ketepatan memilih media evaluasi yang sesuai dengan kegiatan proyek desa yang dilakukan.
|
Kriteria:
Sesuai pedoman penskoran Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Bentuk Pembelajaran: Praktik Lapangan
Metode Pembelajaran:
KKNT MBKM
Penugasan Mahasiswa: Analisis Media berdasarkan konten 1 x (3 sks x 170") |
-
|
Materi: Program Publication Media Pustaka: Tim Unesa. 2020. Pedoman pengembangan dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka. Surabaya: Unesa |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Ujian Tengah Semester (UTS) |
Laporan Akhir |
Kriteria:
Sesuai pedoman penskoran Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
UTS 100 menit |
|
|
15% |
9
Minggu ke 9 |
Ketepatan mengevaluasi program proyek desa yang tepat dalam mensosialisasikan proyek desa dan dapat dipertanggungjawabkan secara mandiri maupun kelompok. |
- Ketepatan menentukan media evaluasi kegiatan.
- Ketepatan mempresentasikan evaluasi program yang akan dipilih dalam menyebarluaskan kegiatan proyek desa yang dilakukan.
|
Kriteria:
Presentasi Kelompok Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Bentuk Pembelajaran: Praktik Lapangan
Metode Pembelajaran:
KKNT MBKM
Penugasan Mahasiswa: Presentasi Media Publikasi Kegiatan 1 x (3 sks x 170") |
-
|
Materi: Program Publication Media Pustaka: Tim Unesa. 2020. Pedoman pengembangan dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka. Surabaya: Unesa |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Ketepatan mengevaluasi program proyek desa dengan memanfaatkan media publikasi dan dipertanggungjawabkan secara mandiri dan kelompok |
Ketepatan untuk mempersiapkan evaluasi program kegiatan proyek desa. |
Kriteria:
Sesuai pedoman penskoran Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Praktik Lapangan
Metode Pembelajaran:
KKNT MBKM
Penugasan Mahasiswa:
Laporan Akhir Publikasi Kegiatan
Presentasi Publikasi Kegiatan 2 x (3 sks x 170") |
-
|
Materi: Program Publication Media Pustaka: Tim Unesa. 2020. Pedoman pengembangan dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka. Surabaya: Unesa |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Ketepatan mengevaluasi program proyek desa dengan memanfaatkan media publikasi dan dipertanggungjawabkan secara mandiri dan kelompok |
Ketepatan untuk mempersiapkan evaluasi program kegiatan proyek desa. |
Kriteria:
Sesuai pedoman penskoran Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Praktik Lapangan
Metode Pembelajaran:
KKNT MBKM
Penugasan Mahasiswa:
Laporan Akhir Publikasi Kegiatan
Presentasi Publikasi Kegiatan 2 x (3 sks x 170") |
-
|
Materi: Program Publication Media Pustaka: Tim Unesa. 2020. Pedoman pengembangan dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka. Surabaya: Unesa |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Ketepatan mengevaluasi program proyek desa dengan memanfaatkan media publikasi dan dipertanggungjawabkan secara mandiri dan kelompok |
Ketepatan untuk mempersiapkan evaluasi program kegiatan proyek desa. |
Kriteria:
Sesuai pedoman penskoran Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Praktik Lapangan
Metode Pembelajaran:
KKNT MBKM
Penugasan Mahasiswa:
Laporan Akhir Publikasi Kegiatan
Presentasi Publikasi Kegiatan 2 x (3 sks x 170") |
-
|
Materi: Program Publication Media Pustaka: Tim Unesa. 2020. Pedoman pengembangan dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka. Surabaya: Unesa |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Ketepatan mengevaluasi program proyek desa di media dan dipertanggungjawabkan secara mandiri dan kelompok. |
Laporan Akhir |
Kriteria:
Unjuk kerja Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
Bentuk Pembelajaran: Praktik Lapangan
Metode Pembelajaran:
KKNT MBKM
Penugasan Mahasiswa:
Publikasi aktivitas 3 x (3 sks x 170") |
-
|
Materi: Program Publication Media Pustaka: Tim Unesa. 2020. Pedoman pengembangan dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka. Surabaya: Unesa |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Ketepatan mengevaluasi program proyek desa di media dan dipertanggungjawabkan secara mandiri dan kelompok. |
Laporan Akhir |
Kriteria:
Unjuk kerja Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
Bentuk Pembelajaran: Praktik Lapangan
Metode Pembelajaran:
KKNT MBKM
Penugasan Mahasiswa:
Publikasi aktivitas 3 x (3 sks x 170") |
-
|
Materi: Program Publication Media Pustaka: Tim Unesa. 2020. Pedoman pengembangan dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka. Surabaya: Unesa |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Ketepatan mengevaluasi program proyek desa di media dan dipertanggungjawabkan secara mandiri dan kelompok. |
Laporan Akhir |
Kriteria:
Unjuk kerja Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
Bentuk Pembelajaran: Praktik Lapangan
Metode Pembelajaran:
KKNT MBKM
Penugasan Mahasiswa:
Publikasi aktivitas 3 x (3 sks x 170") |
-
|
Materi: Program Publication Media Pustaka: Tim Unesa. 2020. Pedoman pengembangan dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka. Surabaya: Unesa |
5% |
16
Minggu ke 16 |
Ujian Akhir Semester (UAS) |
Ujian Akhir Semester |
Kriteria:
Ujian Akhir Semester Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
|
|
Materi: Laporan Akhir Pustaka: Tim Unesa. 2020. Pedoman pengembangan dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka. Surabaya: Unesa |
20% |