Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S1 Fisika

Kode Dokumen

RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER

MATA KULIAH (MK)

KODE

Rumpun MK

BOBOT (sks)

SEMESTER

Tgl Penyusunan

KKN Proyek Desa Evaluasi Program

1000003074

T=3

P=0

ECTS=4.77

5

12 Agustus 2025

OTORISASI

Pengembang RPS

Koordinator RMK

Koordinator Program Studi




TIM MBKM




TIM MBKM




MUNASIR

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Capaian Pembelajaran (CP)

CPL-PRODI yang dibebankan pada MK

CPL-1

Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

CPL-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

CPL-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

CPMK - 1

Ketepatan mengaplikasikan materi publikasi program proyek desa dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni serta Ketepatan beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi dalam diseminasi program.

CPMK - 2

Ketepatan mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali materi publikasi program proyek desa untuk memastikan validitas dan mencegah plagiarisme dalam penyebarluasan program.

CPMK - 3

Ketepatan menentukan bentuk publikasi program proyek desa dalam bentuk artikel, video, buku secara bersama-sama dengan tepat berdasarkan analisis informasi dan data secara mandiri dan kelompok.

Matrik CPL - CPMK

 
CPMKCPL-1CPL-2CPL-4
CPMK-1  
CPMK-2  
CPMK-3  

Matrik CPMK pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-CPMK)

 
CPMK Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
CPMK-1
CPMK-2
CPMK-3

Deskripsi Singkat MK

Mata kuliah ini merupakan penerapan kemampuan mahasiswa dalam mengevaluasi program suatu proyek desa secara kontekstual untuk membantu masyarakat di pedesaan atau daerah terpencil dalam membangun ekonomi rakyat atau infrastruktur ditinjau dari perencanaan, perancangan, pelaksanaan dan pasca pelaksanaan program proyek desa.

Pustaka

Utama :

  1. Junaidi, Aris dkk. 2020. Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi di Era Industri 4.0 untuk Mendukung Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
  2. Tim Unesa. 2020. Pedoman pengembangan dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka. Surabaya: Unesa
  3. -----. 2020. Panduan Penyelenggaraaan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
  4. -----. 2017. Panduan Penyelenggaraan Kampung Literasi. Jakarta: Ditjen PAUD dan Dikmas.
  5. -----. 2017. Petunjuk Teknis Pelibatan Keluarga pada Penyelenggaraan Pendidikan Kesetaraan. Jakarta: Ditjen PAUD dan Dikmas.
  6. Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.
  7. Peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 212 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia.

Pendukung :

  1. Arikunto, Suharsimi dan Cepi Safruddin Abd. Jabar, 2018, Evaluasi Program Pendidikan, Pedoman Teoretis Praktis bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Edisi Kedua. Jakarta: Bumi Aksara.
  2. Lee J Cronbach. 1982. Designing Evaluations of Educational and Social Programs. Washington: Jossey-Bass Publisher.
  3. Payne, David A. 1994. Designing Educational Project and Program Evaluations: A Practical Overview Based on Research and Experience. Jerman: Springer
  4. Widoyoko, Eko Putro. 2009. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Dosen Pengampu

FRIDA ULFAH ERMAWATI

DZULKIFLIH

Dzulkiflih, S.Si., M.T.

Dzulkiflih, S.Si., M.T.

Prof. Dr. Frida Ulfah Ermawati, M.Sc.

Prof. Dr. Frida Ulfah Ermawati, M.Sc.

Mg Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-CPMK)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Ketepatan menyiapkan bahan untuk evaluasi program-program proyek desa secara jelas, tepat, obyektif dan berorientasi pada hasil.

  1. Ketepatan menyiapkan bahan evaluasi untuk program proyek desa dengan jelas.
  2. Ketepatan menyiapkan bahan evaluasi untuk program proyek desa dengan jelas.
  3. Ketepatan menyiapkan bahan evaluasi program proyek desa secara obyektif.
Kriteria:

Unjuk kerja


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Bentuk Pembelajaran: Praktik Lapangan

Metode Pembelajaran:
KKNT MBKM

Penugasan Mahasiswa: Desain penyusunan bahan publikasi untuk kegiatan program proyek desa
2 x (3 sks x 170")
-
Materi: Program Proyek Desa dan Publikasi Program
Pustaka: Tim Unesa. 2020. Pedoman pengembangan dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka. Surabaya: Unesa
3%

2

Minggu ke 2

Ketepatan menyiapkan bahan untuk evaluasi program-program proyek desa secara jelas, tepat, obyektif dan berorientasi pada hasil.

  1. Ketepatan menyiapkan bahan evaluasi untuk program proyek desa dengan jelas.
  2. Ketepatan menyiapkan bahan evaluasi untuk program proyek desa dengan jelas.
  3. Ketepatan menyiapkan bahan evaluasi program proyek desa secara obyektif.
Kriteria:

Unjuk kerja


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Bentuk Pembelajaran: Praktik Lapangan

Metode Pembelajaran:
KKNT MBKM

Penugasan Mahasiswa: Desain penyusunan bahan publikasi untuk kegiatan program proyek desa
2 x (3 sks x 170")
-
Materi: Program Proyek Desa dan Publikasi Program
Pustaka: Tim Unesa. 2020. Pedoman pengembangan dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka. Surabaya: Unesa
3%

3

Minggu ke 3

Ketepatan menyusun bahan evaluasi program proyek desa secara jelas, tepat, obyektif dan berorientasi pada hasil.

  1. Ketepatan menyiapkan bahan evaluasi untuk program proyek desa dengan jelas.
  2. Ketepatan menyiapkan bahan evaluasi untuk program proyek desa dengan tepat.
  3. Ketepatan menyiapkan bahan evaluasi program proyek desa secara obyektif.
Kriteria:

Unjuk kerja


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Bentuk Pembelajaran: Praktik Lapangan

Metode Pembelajaran:
KKNT MBKM

Penugasan Mahasiswa: Desain penyusunan bahan publikasi untuk kegiatan program proyek desa
2 x (3 sks x 170")
-
Materi: Program Proyek Desa dan Publikasi Program
Pustaka: Tim Unesa. 2020. Pedoman pengembangan dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka. Surabaya: Unesa
5%

4

Minggu ke 4

Ketepatan menyusun bahan evaluasi program proyek desa secara jelas, tepat, obyektif dan berorientasi pada hasil.

  1. Ketepatan menyiapkan bahan evaluasi untuk program proyek desa dengan jelas.
  2. Ketepatan menyiapkan bahan evaluasi untuk program proyek desa dengan tepat.
  3. Ketepatan menyiapkan bahan evaluasi program proyek desa secara obyektif.
Kriteria:

Unjuk kerja


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Bentuk Pembelajaran: Praktik Lapangan

Metode Pembelajaran:
KKNT MBKM

Penugasan Mahasiswa: Desain penyusunan bahan publikasi untuk kegiatan program proyek desa
2 x (3 sks x 170")
-
Materi: Program Proyek Desa dan Publikasi Program
Pustaka: Tim Unesa. 2020. Pedoman pengembangan dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka. Surabaya: Unesa
5%

5

Minggu ke 5

Ketepatan mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan mengambil kembali desa bahan evaluasi program desa dengan cara yang valid dan bebas dari plagiarisme.

  1. Ketepatan mendokumentasikan bahan evaluasi yang valid untuk program proyek desa.
  2. Ketepatan menyimpan bahan evaluasi yang valid untuk program-program proyek desa.
  3. Ketepatan mengamankan bahan evaluasi program-program proyek desa.
  4. Ketepatan menemukan bahan evaluasi program proyek desa yang dibutuhkan dengan valid.
  5. Ketepatan melakukan uji plagiarisme bahan evaluasi program.
Kriteria:

Pameran portofolio


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Bentuk Pembelajaran: Praktik Lapangan

Metode Pembelajaran:
KKNT MBKM

Penugasan Mahasiswa: Desain penyusunan bahan publikasi untuk kegiatan program proyek desa
2 x (3 sks x 170")
-
Materi: Utama
Pustaka: Tim Unesa. 2020. Pedoman pengembangan dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka. Surabaya: Unesa

Materi: Program Proyek Desa dan Publikasi Program
Pustaka: Tim Unesa. 2020. Pedoman pengembangan dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka. Surabaya: Unesa
5%

6

Minggu ke 6

Ketepatan mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan mengambil kembali desa bahan evaluasi program desa dengan cara yang valid dan bebas dari plagiarisme.

  1. Ketepatan mendokumentasikan bahan evaluasi yang valid untuk program proyek desa.
  2. Ketepatan menyimpan bahan evaluasi yang valid untuk program-program proyek desa.
  3. Ketepatan mengamankan bahan evaluasi program-program proyek desa.
  4. Ketepatan menemukan bahan evaluasi program proyek desa yang dibutuhkan dengan valid.
  5. Ketepatan melakukan uji plagiarisme bahan evaluasi program.
Kriteria:

Pameran portofolio


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Bentuk Pembelajaran: Praktik Lapangan

Metode Pembelajaran:
KKNT MBKM

Penugasan Mahasiswa: Desain penyusunan bahan publikasi untuk kegiatan program proyek desa
2 x (3 sks x 170")
-
Materi: Utama
Pustaka: Tim Unesa. 2020. Pedoman pengembangan dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka. Surabaya: Unesa

Materi: Program Proyek Desa dan Publikasi Program
Pustaka: Tim Unesa. 2020. Pedoman pengembangan dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka. Surabaya: Unesa
5%

7

Minggu ke 7

Ketepatan mengevaluasi program proyek desa dalam menyebarluaskan proyek desa dan dapat dipertanggungjawabkan secara mandiri maupun kelompok.

  1. Ketepatan memetakan media evaluasi kegiatan.
  2. Ketepatan mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan media evaluasi.
  3. Ketepatan memilih media evaluasi yang sesuai dengan kegiatan proyek desa yang dilakukan.
Kriteria:

Sesuai pedoman penskoran


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Bentuk Pembelajaran: Praktik Lapangan

Metode Pembelajaran:
KKNT MBKM

Penugasan Mahasiswa: Analisis Media berdasarkan konten
1 x (3 sks x 170")
-
Materi: Program Publication Media
Pustaka: Tim Unesa. 2020. Pedoman pengembangan dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka. Surabaya: Unesa
5%

8

Minggu ke 8

Ujian Tengah Semester (UTS)

Laporan Akhir

Kriteria:

Sesuai pedoman penskoran


Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
UTS
100 menit

15%

9

Minggu ke 9

Ketepatan mengevaluasi program proyek desa yang tepat dalam mensosialisasikan proyek desa dan dapat dipertanggungjawabkan secara mandiri maupun kelompok.

  1. Ketepatan menentukan media evaluasi kegiatan.
  2. Ketepatan mempresentasikan evaluasi program yang akan dipilih dalam menyebarluaskan kegiatan proyek desa yang dilakukan.
Kriteria:

Presentasi Kelompok


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Bentuk Pembelajaran: Praktik Lapangan

Metode Pembelajaran:
KKNT MBKM

Penugasan Mahasiswa: Presentasi Media Publikasi Kegiatan
1 x (3 sks x 170")
-
Materi: Program Publication Media
Pustaka: Tim Unesa. 2020. Pedoman pengembangan dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka. Surabaya: Unesa
5%

10

Minggu ke 10

Ketepatan mengevaluasi program proyek desa dengan memanfaatkan media publikasi dan dipertanggungjawabkan secara mandiri dan kelompok

Ketepatan untuk mempersiapkan evaluasi program kegiatan proyek desa.

Kriteria:

Sesuai pedoman penskoran


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Praktik Lapangan

Metode Pembelajaran:
KKNT MBKM

Penugasan Mahasiswa:
Laporan Akhir Publikasi Kegiatan
Presentasi Publikasi Kegiatan
2 x (3 sks x 170")
-
Materi: Program Publication Media
Pustaka: Tim Unesa. 2020. Pedoman pengembangan dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka. Surabaya: Unesa
5%

11

Minggu ke 11

Ketepatan mengevaluasi program proyek desa dengan memanfaatkan media publikasi dan dipertanggungjawabkan secara mandiri dan kelompok

Ketepatan untuk mempersiapkan evaluasi program kegiatan proyek desa.

Kriteria:

Sesuai pedoman penskoran


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Praktik Lapangan

Metode Pembelajaran:
KKNT MBKM

Penugasan Mahasiswa:
Laporan Akhir Publikasi Kegiatan
Presentasi Publikasi Kegiatan
2 x (3 sks x 170")
-
Materi: Program Publication Media
Pustaka: Tim Unesa. 2020. Pedoman pengembangan dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka. Surabaya: Unesa
5%

12

Minggu ke 12

Ketepatan mengevaluasi program proyek desa dengan memanfaatkan media publikasi dan dipertanggungjawabkan secara mandiri dan kelompok

Ketepatan untuk mempersiapkan evaluasi program kegiatan proyek desa.

Kriteria:

Sesuai pedoman penskoran


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Praktik Lapangan

Metode Pembelajaran:
KKNT MBKM

Penugasan Mahasiswa:
Laporan Akhir Publikasi Kegiatan
Presentasi Publikasi Kegiatan
2 x (3 sks x 170")
-
Materi: Program Publication Media
Pustaka: Tim Unesa. 2020. Pedoman pengembangan dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka. Surabaya: Unesa
5%

13

Minggu ke 13

Ketepatan mengevaluasi program proyek desa di media dan dipertanggungjawabkan secara mandiri dan kelompok.

Laporan Akhir

Kriteria:

Unjuk kerja


Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
Bentuk Pembelajaran: Praktik Lapangan

Metode Pembelajaran:
KKNT MBKM

Penugasan Mahasiswa:
Publikasi aktivitas
3 x (3 sks x 170")
-
Materi: Program Publication Media
Pustaka: Tim Unesa. 2020. Pedoman pengembangan dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka. Surabaya: Unesa
5%

14

Minggu ke 14

Ketepatan mengevaluasi program proyek desa di media dan dipertanggungjawabkan secara mandiri dan kelompok.

Laporan Akhir

Kriteria:

Unjuk kerja


Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
Bentuk Pembelajaran: Praktik Lapangan

Metode Pembelajaran:
KKNT MBKM

Penugasan Mahasiswa:
Publikasi aktivitas
3 x (3 sks x 170")
-
Materi: Program Publication Media
Pustaka: Tim Unesa. 2020. Pedoman pengembangan dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka. Surabaya: Unesa
5%

15

Minggu ke 15

Ketepatan mengevaluasi program proyek desa di media dan dipertanggungjawabkan secara mandiri dan kelompok.

Laporan Akhir

Kriteria:

Unjuk kerja


Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
Bentuk Pembelajaran: Praktik Lapangan

Metode Pembelajaran:
KKNT MBKM

Penugasan Mahasiswa:
Publikasi aktivitas
3 x (3 sks x 170")
-
Materi: Program Publication Media
Pustaka: Tim Unesa. 2020. Pedoman pengembangan dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka. Surabaya: Unesa
5%

16

Minggu ke 16

Ujian Akhir Semester (UAS)

Ujian Akhir Semester

Kriteria:

Ujian Akhir Semester


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk


Materi: Laporan Akhir
Pustaka: Tim Unesa. 2020. Pedoman pengembangan dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka. Surabaya: Unesa
20%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 35%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 36%
3. Penilaian Portofolio 30%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Prodi (CPL - Prodi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan prodi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. CPL yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Prodi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. CP Mata kuliah (CPMK) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari CPL yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-CPMK Mata kuliah (Sub-CPMK) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari CPMK yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-CPMK yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-CPMK tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.



File PDF ini digenerate pada tanggal 12 Agustus 2025 Jam 06:37 menggunakan aplikasi RPS-OBE SiDia Unesa