|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Bimbingan Dan Konseling
|
Kode Dokumen |
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER |
MATA KULIAH (MK) |
KODE |
Rumpun MK |
BOBOT (sks) |
SEMESTER |
Tgl Penyusunan |
Manajemen Bimbingan dan Konseling |
8620102091 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
3 |
23 Agustus 2024 |
OTORISASI |
Pengembang RPS |
Koordinator RMK |
Koordinator Program Studi |
Bambang Dibyo Wiyono, S.Pd., M.Pd
|
Prof. Dr. Budi Purwoko, M.Pd.
|
Dr. Evi Winingsih, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Capaian Pembelajaran (CP)
|
CPL-PRODI yang dibebankan pada MK |
CPL-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
CPL-10 |
Mampu melaksanakan layanan bimbingan dan konseling dengan memilih metode, teknik, dan multimedia yang relevan serta memperhatikan kebutuhan sasaran layanan yang berasal dari keberagaman sosial budaya |
CPL-11 |
Mampu mengelola layanan bimbingan dan konseling dalam berbagai konteks serta melaporkan hasilnya kepada pihak-pihak terkait dengan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi |
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) |
CPMK - 1 |
Mampu memilih metode, teknik, dan multimedia yang relevan serta memperhatikan kebutuhan sasaran layanan
|
CPMK - 2 |
Mampu mengelola layanan bimbingan dan konseling dalam berbagai konteks
|
CPMK - 3 |
Mampu menunjukkan sikap bertanggungjawab dalam mengerjakan tugas layanan bimbingan dan konseling
|
Matrik CPL - CPMK |
|
CPMK | CPL-3 | CPL-10 | CPL-11 | CPMK-1 | ✔ | ✔ | ✔ | CPMK-2 | ✔ | ✔ | ✔ | CPMK-3 | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Matrik CPMK pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-CPMK) |
|
CPMK |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
CPMK-1 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | CPMK-2 | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | CPMK-3 | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat MK
|
Pada matakuliah ini mahasiswa belajar tentang manajemen bimbingan dan konseling. Metode pembelajaran yang digunakan adalah project based learning dengan proyek berbentuk penerapan aplikasi asesmen BK dengan penilaian berbentuk rubrik penilaian proyek/kinerja. Adapun bahan kajian mata kuliah ini adalah:
1. Konsep dasar organisasi dan manajemen BK
2. Konsep manajemen BK
3. Manajemen persiapan perencanaan program
4. Manajemen perancangan program
5. Manajemen layanan langsung
6. Manajemen layanan menggunakan media
7. Manajemen peminatan
8. Manajemen evaluasi |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Gysbers, N. C. & Henderson, P. 2012. Developing and Managing Your School Guidance and Counseling Program. Alexandria, VA: ACA.
- Kemdikbud. 2016. Pedoman Bimbingan dan Konseling pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta: Kemdikbud.
- Kemdikbud. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Kemdikbud
|
Pendukung : |
|
- Purwoko, B. 2008. Organisasi dan Manajemen Bimbingan Konseling. Surabaya: Unesa Press.
- Setiawati, D., Purwoko, B., Nursalim, M., & Pratiwi, T. I. (2019). Pelatihan Konseling Karier Career Information Processing (CIP) bagi Guru BK SMP Kota Mojokerto. Jurnal Bikotetik (Bimbingan dan Konseling: Teori dan Praktik), 3(1), 35-39.
- Purwoko, B., & Muis, T. Penerapan Layanan Mediasi untuk Membantu Menyelesaikan Konflik Interpersonal Siswa Kelas Viii-2 SMP Negeri 1 Larangan Pamekasan.
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Titin Indah Pratiwi, M.Pd. Dr. Elisabeth Christiana, S.Pd., M.Pd. Prof. Dr. Budi Purwoko, S.Pd., M.Pd. Dr. Bakhrudin All Habsy, M.Pd. Bambang Dibyo Wiyono, S.Pd., M.Pd. Muhamad Afifuddin Ghozali, S.Pd., M.Couns., Gr. Sherrin Nurlita Widya, S.Pd., M.Pd. |
Mg Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-CPMK)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dasar manajemen bimbingan dan konseling |
- Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian manajemen BK
- Mahasiswa dapat mengidentifikasi pola-pola organisasi BK di sekolah
- Mahasiswa dapat mengidentifikasi tugas personalia BK
- Mahasiswa dapat mengidentifikasi sarana, prasarana, dan pembiayaan BK
|
Kriteria:
Pedoman Penskoran (Marking Scheme) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pembelajaran berbasis masalah (Problem based learning) 2 X 50 |
|
Materi: Konsep organisasi dan manajemen Pustaka: Purwoko, B. 2008. Organisasi dan Manajemen Bimbingan Konseling. Surabaya: Unesa Press. |
2% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dasar manajemen bimbingan dan konseling |
- Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian manajemen BK
- Mahasiswa dapat mengidentifikasi pola-pola organisasi BK di sekolah
- Mahasiswa dapat mengidentifikasi tugas personalia BK
- Mahasiswa dapat mengidentifikasi sarana, prasarana, dan pembiayaan BK
|
Kriteria:
Pedoman Penskoran (Marking Scheme) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pembelajaran berbasis masalah (Problem based learning) 2 X 50 |
|
Materi: Konsep manajemen BK Pustaka: Kemdikbud. 2016. Pedoman Bimbingan dan Konseling pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta: Kemdikbud. |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa mampu menganalisis manajemen perencanaan bimbingan dan konseling. |
- Mahasiswa dapat menganalisis asesmen kebutuhan
- Mahasiswa dapat menganalisis dukungan pimpinan dan staf sekolah
- Mahasiswa dapat menganalisis dasar perencanaan layanan BK
|
Kriteria:
Pedoman Penskoran (Marking Scheme) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Pembelajaran berbasis masalah (Problem based learning) 2 X 50 |
|
Materi: Manajemen persiapan perencanaan program Pustaka: Kemdikbud. 2016. Pedoman Bimbingan dan Konseling pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta: Kemdikbud. |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa mampu menganalisis manajemen perancanngan bimbingan dan konseling. |
- Mahasiswa dapat menganalisis program tahunan bimbingan dan konseling
- Mahasiswa dapat menganalisis program semesteran bimbingan dan konseling
|
Kriteria:
Rubrik Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Pembelajaran berbasis masalah (Problem based learning) 2 X 50 |
|
Materi: Manajemen perancangan program Pustaka: Kemdikbud. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Kemdikbud |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa mampu menganalisis manajemen pelaksanaan bimbingan dan konseling secara langsung. |
- Mahasiswa dapat menganalisis layanan bimbingan klasikal
- Mahasiswa dapat menganalisis layanan bimbingan kelompok
- Mahasiswa dapat menganalisis layanan bimbingan kelas besar/lintas kelas
|
Kriteria:
Pedoman Penskoran Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Pembelajaran berbasis masalah (Problem based learning) 2 X 50 |
|
Materi: Manajemen layanan dasar Pustaka: Kemdikbud. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Kemdikbud |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa mampu menganalisis manajemen pelaksanaan bimbingan dan konseling secara langsung. |
- Mahasiswa dapat menganalisis layanan konseling individual
- Mahasiswa dapat menganalisis enjelaskan layanan konseling kelompok
|
Kriteria:
Pedoman Penskoran Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pembelajaran berbasis masalah (Problem based learning) 2 X 50 |
|
Materi: Manajemen layanan langsung (layanan responsif) Pustaka: Kemdikbud. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Kemdikbud |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa mampu menganalisis manajemen pelaksanaan bimbingan dan konseling secara langsung. |
- Mahasiswa dapat menganalisis layanan konsultasi
- Mahasiswa dapat menganalisis layanan kolaborasi
- Mahasiswa menjelaskan layanan alih tangan kasus
|
Kriteria:
Pedoman Penskoran Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Pembelajaran berbasis masalah (Problem based learning) 2 X 50 |
|
Materi: Manajemen layanan langsung (layanan responsif) Pustaka: Kemdikbud. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Kemdikbud |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Ujian Sub Sumatif/ Ujian Tengah Semester |
UTS |
Kriteria:
Untuk tes tulis diperoleh nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar. Bentuk Penilaian : Tes |
2 X 50 |
|
Materi: Soal UTS Pustaka: Kemdikbud. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Kemdikbud |
10% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa mampu menganalisis manajemen pelaksanaan bimbingan dan konseling secara langsung. |
- Mahasiswa dapat menganalisis layanan kunjungan rumah
- Mahasiswa dapat menganalisis layanan advokasi
- Mahasiswa dapat menganalisis layanan konferensi kasus
|
Kriteria:
Pedoman Penskoran Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Pembelajaran berbasis masalah (Problem based learning) 2 X 50 |
|
Materi: Manajemen layanan langsung (layanan responsif) Pustaka: Kemdikbud. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Kemdikbud |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa mampu menganalisis manajemen pelaksanaan bimbingan dan konseling melalui media. |
- Mahasiswa dapat menganalisis kotak masalah
- Mahasiswa dapat menganalisis leaflet
- Mahasiswa dapat menganalisis pengembangan media BK
|
Kriteria:
Pedoman Penskoran Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Pembelajaran berbasis masalah (Problem based learning) 2 X 50 |
|
Materi: Manajemen layanan menggunakan media Pustaka: Kemdikbud. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Kemdikbud |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa mampu menganalisis manajemen pelaksanaan bimbingan dan konseling melalui media. |
- Mahasiswa dapat menganalisis kotak masalah
- Mahasiswa dapat menganalisis leaflet
- Mahasiswa dapat menganalisis pengembangan media BK
|
Kriteria:
PedoPedoman Penskoran Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Pembelajaran berbasis masalah (Problem based learning) 2 X 50 |
|
Materi: Manajemen peminatan Pustaka: Kemdikbud. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Kemdikbud |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa mampu menganalisis manajemen evaluasi bimbingan dan konseling. |
- Mahasiswa dapat menganalisis evaluasi BK
- Mahasiswa dapat menganalisis pelaporan BK Menjelaskan tindak lanjut BK
|
Kriteria:
Pedoman Penskoran Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Pembelajaran berbasis masalah (Problem based learning) 2 X 50 |
|
Materi: Manajemen evaluasi Pustaka: Kemdikbud. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Kemdikbud |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa mampu menganalisis manajemen evaluasi bimbingan dan konseling. |
- Mahasiswa dapat menganalisis evaluasi BK
- Mahasiswa dapat menganalisis pelaporan BK Menjelaskan tindak lanjut BK
|
Kriteria:
Pedoman Penskoran Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Pembelajaran berbasis masalah (Problem based learning) 2 X 50 |
|
Materi: Administrasi bimbingan dan konseling, kegiatan tambahan dan pengembangan keprofesian Pustaka: Kemdikbud. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Kemdikbud Materi: Administrasi bimbingan dan konseling, kegiatan tambahan dan pengembangan keprofesian Pustaka: Kemdikbud. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Kemdikbud |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa mampu menganalisis administrasi bimbingan dan konseling, kegiatan tambahan dan pengembangan keprofesian secara bertanggungjawab. |
- Mahasiswa dapat menganalisis administrasi BK
- Mahasiswa dapat menganalisis kegiatan tambahan guru BK
- Mahasiswa dapat menganalisis pengembangkan keprofesian guru BK
|
Kriteria:
Pedoman Penskoran Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Pembelajaran berbasis masalah (Problem based learning) 2 X 50 |
|
Materi: Best-practice manajemen BK Pustaka: Gysbers, N. C. & Henderson, P. 2012. Developing and Managing Your School Guidance and Counseling Program. Alexandria, VA: ACA. |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa mampu menganalisis administrasi bimbingan dan konseling, kegiatan tambahan dan pengembangan keprofesian secara bertanggungjawab. |
- Mahasiswa dapat menganalisis administrasi BK
- Mahasiswa dapat menganalisis kegiatan tambahan guru BK
- Mahasiswa dapat menganalisis pengembangkan keprofesian guru BK
|
Kriteria:
Pedoman Penskoran Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Pembelajaran berbasis masalah (Problem based learning) 2 X 50 |
|
Materi: Best-practice manajemen BK Pustaka: Gysbers, N. C. & Henderson, P. 2012. Developing and Managing Your School Guidance and Counseling Program. Alexandria, VA: ACA. |
8% |
16
Minggu ke 16 |
Ujian Akhir Semester/Ujian Sumatif (UAS) |
UAS |
Kriteria:
Untuk tes tulis diperoleh nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar. Bentuk Penilaian : Tes |
2 X 50 |
|
Materi: - Pustaka: |
20% |