Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Bimbingan Dan Konseling

Kode Dokumen

RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER

MATA KULIAH (MK)

KODE

Rumpun MK

BOBOT (sks)

SEMESTER

Tgl Penyusunan

Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling 

8620103047

T=3

P=0

ECTS=4.77

1

2 Oktober 2024

OTORISASI

Pengembang RPS

Koordinator RMK

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Dr. Evi Winingsih, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Case Study

Capaian Pembelajaran (CP)

CPL-PRODI yang dibebankan pada MK

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

Matrik CPL - CPMK

 
CPMK

Matrik CPMK pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-CPMK)

 
CPMK Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16

Deskripsi Singkat MK

Kajian tentang konsep dasar, pengertian, sejarah, landasan, prinsip, tujuan dan asas-asas bimbingan dan konseling, serta hubungan BK dengan komponen-komponen pendidikan yang lain.

Pustaka

Utama :


  1. Laksmiwati, Hermin, dkk. 2002. Pengantar BK. Surabaya: Unesa University Press.


    DepartemenPendidikanNasional. 2007. Rambu-rambuPelaksanaan BK dalam

    JalurPendidikan Formal. Jakarta.


    Gibson R.L. & Mitchel M.H. 1986. Introduction to Counseling and Guidance. New

    York: Macmillan Publishing Company.


    Prayitno. Dasar-Dasar BK. 2004.Bandung: Refika ADITAMA.

    Myrick Robert.D. 1993. Developmental Guidance and Counseling: A Practical

    Approach. USA: Educational Media Corporation.

    Yusuf, Syamsu, L.N. 2005. LandasanBimbingandanKonseling. Bandung: PT Remaja


Pendukung :

Dosen Pengampu

Dr. Denok Setiawati, M.Pd., Kons.

Bambang Dibyo Wiyono, S.Pd., M.Pd.

Dr. Evi Winingsih, S.Pd., M.Pd.

Mg Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-CPMK)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa memahami posisi dan kedudukan bimbingan dan konseling dalam jalur pendidikan, terutamapendidikan formal. kurikuler.

Mahasiswa dapat menjelaskan posisi dan kedudukan bimbingan dan konseling dalam jalur pendidikan, terutama pendidikan formal. kurikuler.

Kriteria:

diperoleh nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar

pemebelajaran langsung
6 X 50

0%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa memahami posisi dan kedudukan bimbingan dan konseling dalam jalur pendidikan, terutamapendidikan formal. kurikuler.

Mahasiswa dapat menjelaskan posisi dan kedudukan bimbingan dan konseling dalam jalur pendidikan, terutama pendidikan formal. kurikuler.

Kriteria:

diperoleh nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar

pemebelajaran langsung
6 X 50

0%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa memahami ragam faktor/ landasan yang mendorong urgensi bimbingan dan konseling serta perekembangan profesi bk

Mahasiswa mampu menjelaskan ragam faktor/ landasan yang mendorong urgensi bimbingan dan konseling serta perekembangan profesi bk

Kriteria:

Untuk tes tulis diperoleh nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar.

pembelajaran kooperatif
9 X 50

0%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa memahami ragam faktor/ landasan yang mendorong urgensi bimbingan dan konseling serta perekembangan profesi bk

Mahasiswa mampu menjelaskan ragam faktor/ landasan yang mendorong urgensi bimbingan dan konseling serta perekembangan profesi bk

Kriteria:

Untuk tes tulis diperoleh nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar.

pembelajaran kooperatif
9 X 50

0%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa memahami ragam faktor/ landasan yang mendorong urgensi bimbingan dan konseling serta perekembangan profesi bk

Mahasiswa mampu menjelaskan ragam faktor/ landasan yang mendorong urgensi bimbingan dan konseling serta perekembangan profesi bk

Kriteria:

Untuk tes tulis diperoleh nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar.

pembelajaran kooperatif
9 X 50

0%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa memahami Konsep dasar bimbingan dan konseling

Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dasar bimbingan dan konseling

Kriteria:

Untuk tes tulis diperoleh nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar.

pembelajaran kooperatif
6 X 50

0%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa memahami Konsep dasar bimbingan dan konseling

Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dasar bimbingan dan konseling

Kriteria:

Untuk tes tulis diperoleh nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar.

pembelajaran kooperatif
6 X 50

0%

8

Minggu ke 8

uss


    3 X 50

    0%

    9

    Minggu ke 9

    Mahasiswa memahami mengenai pendekatan-pendekatan bk

    Mahasiswa bisa menjelaskan pendekatan-pendekatan bk, perkembangan individu, dan bk perkembangan sebagai salah satu pendekatan BK

    Kriteria:

    Untuk penilaian produk (laporan tertulis) mempertimbangkan aspek kelengkapan laporan- hasil analisis -sistem dinamik

    pembelajaran berbasis masalah
    3 X 50

    0%

    10

    Minggu ke 10

    Mahasiwa memahami konsep perkembangan individu, bk perkembangan, pribadi konselor yang efektif

    Mahasiwa mampu menjelaskan konsep perkembangan individu, bk perkembangan, pribadi konselor yang efektif

    Kriteria:

    Untuk penilaian produk (laporan tertulis) mempertimbangkan aspek kelengkapan laporan- hasil analisis -sistem dinamik

    pemebelajaran kooperatif
    9 X 50

    0%

    11

    Minggu ke 11

    Mahasiwa memahami konsep perkembangan individu, bk perkembangan, pribadi konselor yang efektif

    Mahasiwa mampu menjelaskan konsep perkembangan individu, bk perkembangan, pribadi konselor yang efektif

    Kriteria:

    Untuk penilaian produk (laporan tertulis) mempertimbangkan aspek kelengkapan laporan- hasil analisis -sistem dinamik

    pemebelajaran kooperatif
    9 X 50

    0%

    12

    Minggu ke 12

    Mahasiwa memahami konsep perkembangan individu, bk perkembangan, pribadi konselor yang efektif

    Mahasiwa mampu menjelaskan konsep perkembangan individu, bk perkembangan, pribadi konselor yang efektif

    Kriteria:

    Untuk penilaian produk (laporan tertulis) mempertimbangkan aspek kelengkapan laporan- hasil analisis -sistem dinamik

    pemebelajaran kooperatif
    9 X 50

    0%

    13

    Minggu ke 13

    Mahasiswa membahami bk perkembangan,hungan bimbingan dankonseling dan pembelajaran, pengorganisasian dan pengadministrasian; pengembangan profesi; serta dukungan sistem.

    Mahasiswa bisa menjelaskan bk perkembangan,hungan bimbingan dankonseling dan pembelajaran, pengorganisasian dan pengadministrasian; pengembangan profesi; serta dukungan sistem.

    Kriteria:

    Untuk penilaian produk (laporan tertulis) mempertimbangkan aspek kelengkapan laporan- hasil analisis -sistem dinamik

    pembelajaran kooperatif
    9 X 50

    0%

    14

    Minggu ke 14

    Mahasiswa membahami bk perkembangan,hungan bimbingan dankonseling dan pembelajaran, pengorganisasian dan pengadministrasian; pengembangan profesi; serta dukungan sistem.

    Mahasiswa bisa menjelaskan bk perkembangan,hungan bimbingan dankonseling dan pembelajaran, pengorganisasian dan pengadministrasian; pengembangan profesi; serta dukungan sistem.

    Kriteria:

    Untuk penilaian produk (laporan tertulis) mempertimbangkan aspek kelengkapan laporan- hasil analisis -sistem dinamik

    pembelajaran kooperatif
    9 X 50

    0%

    15

    Minggu ke 15

    Mahasiswa membahami bk perkembangan,hungan bimbingan dankonseling dan pembelajaran, pengorganisasian dan pengadministrasian; pengembangan profesi; serta dukungan sistem.

    Mahasiswa bisa menjelaskan bk perkembangan,hungan bimbingan dankonseling dan pembelajaran, pengorganisasian dan pengadministrasian; pengembangan profesi; serta dukungan sistem.

    Kriteria:

    Untuk penilaian produk (laporan tertulis) mempertimbangkan aspek kelengkapan laporan- hasil analisis -sistem dinamik

    pembelajaran kooperatif
    9 X 50

    0%

    16

    Minggu ke 16

    ujian sumatif


      3 X 50

      0%



      Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

      No Evaluasi Persentase
      0%

      Catatan

      1. Capaian Pembelajaran Lulusan Prodi (CPL - Prodi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan prodi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
      2. CPL yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Prodi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
      3. CP Mata kuliah (CPMK) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari CPL yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
      4. Sub-CPMK Mata kuliah (Sub-CPMK) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari CPMK yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
      5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
      6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
      7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
      8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
      9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
      10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
      11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-CPMK yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-CPMK tsb., dan totalnya 100%.
      12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.



      File PDF ini digenerate pada tanggal 2 Oktober 2024 Jam 23:23 menggunakan aplikasi RPS-OBE SiDia Unesa