|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Bimbingan Dan Konseling
|
Kode Dokumen |
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER |
MATA KULIAH (MK) |
KODE |
Rumpun MK |
BOBOT (sks) |
SEMESTER |
Tgl Penyusunan |
Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling |
8620103047 |
|
T=3 |
P=0 |
ECTS=4.77 |
1 |
22 November 2024 |
OTORISASI |
Pengembang RPS |
Koordinator RMK |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
Dr. Evi Winingsih, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Capaian Pembelajaran (CP)
|
CPL-PRODI yang dibebankan pada MK |
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) |
Matrik CPL - CPMK |
|
|
Matrik CPMK pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-CPMK) |
|
CPMK |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
|
Deskripsi Singkat MK
|
Kajian tentang konsep dasar, pengertian, sejarah, landasan, prinsip, tujuan dan asas-asas bimbingan dan konseling, serta hubungan BK dengan komponen-komponen pendidikan yang lain. |
Pustaka
|
Utama : |
|
-
Laksmiwati, Hermin, dkk. 2002. Pengantar BK. Surabaya: Unesa University Press.
DepartemenPendidikanNasional. 2007. Rambu-rambuPelaksanaan BK dalam JalurPendidikan Formal. Jakarta.
Gibson R.L. & Mitchel M.H. 1986. Introduction to Counseling and Guidance. New York: Macmillan Publishing Company.
Prayitno. Dasar-Dasar BK. 2004.Bandung: Refika ADITAMA. Myrick Robert.D. 1993. Developmental Guidance and Counseling: A Practical Approach. USA: Educational Media Corporation. Yusuf, Syamsu, L.N. 2005. LandasanBimbingandanKonseling. Bandung: PT Remaja
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Denok Setiawati, M.Pd., Kons. Bambang Dibyo Wiyono, S.Pd., M.Pd. Dr. Evi Winingsih, S.Pd., M.Pd. |
Mg Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-CPMK)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa memahami posisi dan kedudukan bimbingan dan konseling dalam jalur pendidikan, terutamapendidikan formal. kurikuler. |
Mahasiswa dapat menjelaskan posisi dan kedudukan bimbingan dan konseling dalam jalur pendidikan, terutama pendidikan formal. kurikuler. |
Kriteria:
diperoleh nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar |
pemebelajaran langsung 6 X 50 |
|
|
0% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa memahami posisi dan kedudukan bimbingan dan konseling dalam jalur pendidikan, terutamapendidikan formal. kurikuler. |
Mahasiswa dapat menjelaskan posisi dan kedudukan bimbingan dan konseling dalam jalur pendidikan, terutama pendidikan formal. kurikuler. |
Kriteria:
diperoleh nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar |
pemebelajaran langsung 6 X 50 |
|
|
0% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa memahami ragam faktor/ landasan yang mendorong urgensi bimbingan dan konseling serta perekembangan profesi bk |
Mahasiswa mampu menjelaskan ragam faktor/ landasan yang mendorong urgensi bimbingan dan konseling serta perekembangan profesi bk |
Kriteria:
Untuk tes tulis diperoleh nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar. |
pembelajaran kooperatif 9 X 50 |
|
|
0% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa memahami ragam faktor/ landasan yang mendorong urgensi bimbingan dan konseling serta perekembangan profesi bk |
Mahasiswa mampu menjelaskan ragam faktor/ landasan yang mendorong urgensi bimbingan dan konseling serta perekembangan profesi bk |
Kriteria:
Untuk tes tulis diperoleh nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar. |
pembelajaran kooperatif 9 X 50 |
|
|
0% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa memahami ragam faktor/ landasan yang mendorong urgensi bimbingan dan konseling serta perekembangan profesi bk |
Mahasiswa mampu menjelaskan ragam faktor/ landasan yang mendorong urgensi bimbingan dan konseling serta perekembangan profesi bk |
Kriteria:
Untuk tes tulis diperoleh nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar. |
pembelajaran kooperatif 9 X 50 |
|
|
0% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa memahami Konsep dasar bimbingan dan konseling |
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dasar bimbingan dan konseling |
Kriteria:
Untuk tes tulis diperoleh nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar. |
pembelajaran kooperatif 6 X 50 |
|
|
0% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa memahami Konsep dasar bimbingan dan konseling |
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dasar bimbingan dan konseling |
Kriteria:
Untuk tes tulis diperoleh nilai penuh diperoleh apabila mengerjakan semua soal dengan benar. |
pembelajaran kooperatif 6 X 50 |
|
|
0% |
8
Minggu ke 8 |
uss |
|
|
3 X 50 |
|
|
0% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa memahami mengenai pendekatan-pendekatan bk |
Mahasiswa bisa menjelaskan pendekatan-pendekatan bk, perkembangan individu, dan bk perkembangan sebagai salah satu pendekatan BK |
Kriteria:
Untuk penilaian produk (laporan tertulis) mempertimbangkan aspek kelengkapan laporan- hasil analisis -sistem dinamik |
pembelajaran berbasis masalah 3 X 50 |
|
|
0% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiwa memahami konsep perkembangan individu, bk perkembangan, pribadi konselor yang efektif |
Mahasiwa mampu menjelaskan konsep perkembangan individu, bk perkembangan, pribadi konselor yang efektif |
Kriteria:
Untuk penilaian produk (laporan tertulis) mempertimbangkan aspek kelengkapan laporan- hasil analisis -sistem dinamik |
pemebelajaran kooperatif 9 X 50 |
|
|
0% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiwa memahami konsep perkembangan individu, bk perkembangan, pribadi konselor yang efektif |
Mahasiwa mampu menjelaskan konsep perkembangan individu, bk perkembangan, pribadi konselor yang efektif |
Kriteria:
Untuk penilaian produk (laporan tertulis) mempertimbangkan aspek kelengkapan laporan- hasil analisis -sistem dinamik |
pemebelajaran kooperatif 9 X 50 |
|
|
0% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiwa memahami konsep perkembangan individu, bk perkembangan, pribadi konselor yang efektif |
Mahasiwa mampu menjelaskan konsep perkembangan individu, bk perkembangan, pribadi konselor yang efektif |
Kriteria:
Untuk penilaian produk (laporan tertulis) mempertimbangkan aspek kelengkapan laporan- hasil analisis -sistem dinamik |
pemebelajaran kooperatif 9 X 50 |
|
|
0% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa membahami bk perkembangan,hungan bimbingan dankonseling dan pembelajaran, pengorganisasian dan pengadministrasian; pengembangan profesi; serta dukungan sistem. |
Mahasiswa bisa menjelaskan bk perkembangan,hungan bimbingan dankonseling dan pembelajaran, pengorganisasian dan pengadministrasian; pengembangan profesi; serta dukungan sistem. |
Kriteria:
Untuk penilaian produk (laporan tertulis) mempertimbangkan aspek kelengkapan laporan- hasil analisis -sistem dinamik |
pembelajaran kooperatif 9 X 50 |
|
|
0% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa membahami bk perkembangan,hungan bimbingan dankonseling dan pembelajaran, pengorganisasian dan pengadministrasian; pengembangan profesi; serta dukungan sistem. |
Mahasiswa bisa menjelaskan bk perkembangan,hungan bimbingan dankonseling dan pembelajaran, pengorganisasian dan pengadministrasian; pengembangan profesi; serta dukungan sistem. |
Kriteria:
Untuk penilaian produk (laporan tertulis) mempertimbangkan aspek kelengkapan laporan- hasil analisis -sistem dinamik |
pembelajaran kooperatif 9 X 50 |
|
|
0% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa membahami bk perkembangan,hungan bimbingan dankonseling dan pembelajaran, pengorganisasian dan pengadministrasian; pengembangan profesi; serta dukungan sistem. |
Mahasiswa bisa menjelaskan bk perkembangan,hungan bimbingan dankonseling dan pembelajaran, pengorganisasian dan pengadministrasian; pengembangan profesi; serta dukungan sistem. |
Kriteria:
Untuk penilaian produk (laporan tertulis) mempertimbangkan aspek kelengkapan laporan- hasil analisis -sistem dinamik |
pembelajaran kooperatif 9 X 50 |
|
|
0% |
16
Minggu ke 16 |
ujian sumatif |
|
|
3 X 50 |
|
|
0% |