Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Vokasi
Program Studi D4 Teknik Mesin

Kode Dokumen

RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER

MATA KULIAH (MK)

KODE

Rumpun MK

BOBOT (sks)

SEMESTER

Tgl Penyusunan

Tugas Akhir

1000004105

T=4

P=0

ECTS=6.36

7

6 April 2025

OTORISASI

Pengembang RPS

Koordinator RMK

Koordinator Program Studi




TIM MBKM




TIM MBKM




Arya Mahendra Sakti, S.T., M.T.

Model Pembelajaran

Case Study

Capaian Pembelajaran (CP)

CPL-PRODI yang dibebankan pada MK

CPL-1

Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

CPL-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

CPL-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

CPL-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

CPMK - 1

mampu menyusun tugas akhir sesuai proposal yang dibuat

CPMK - 2

mampu menyusun tugas akhir sesuai proposal yang dibuat

CPMK - 3

Mampu Mempertanggungjawabkan tugas akhir

Matrik CPL - CPMK

 
CPMKCPL-1CPL-2CPL-3CPL-4
CPMK-1    
CPMK-2    
CPMK-3    

Matrik CPMK pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-CPMK)

 
CPMK Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
CPMK-1
CPMK-2
CPMK-3

Deskripsi Singkat MK

Mata kuliah Tugas Akhir (TA) di Program Studi sastra Indonesia (sasindo) adalah kulminasi dari seluruh proses pembelajaran, mahasiswa diharapkan dapat mengintegrasikan keterampilan teknis, konsep, dan pemikiran kreatif yang telah dipelajari selama masa studi. Mata kuliah ini memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk melakukan penelitian (atau yang lain) yang berlandaskan penelitian serta menyelesaikan permasalahan kebahsaan dan kesastraan yang relevan dengan dunia industri atau masyarakat.

Pustaka

Utama :

  1. Tim FBS. 2020. Pedoman Penulisan Tugas Akhir Mahasiswa FBS Unesa. Surabaya: FBS Unesa.
  2. Tim Penyusun Buku Pedoman Tugas Akhir. 2024. Pedoman Tugas Akhir Universitas Negeri Surabaya. Surabaya: Direktorat TPTP.

Pendukung :

  1. Jurnal yang memuat tulisan berkaitan dengan bidang kebahasaan dan kesastraan

Dosen Pengampu

Diah Wulandari, S.T., M.T.

Dyah Riandadari, S.T., M.T.

Arya Mahendra Sakti, S.T., M.T.

Dr. Warju, S.Pd., S.T., M.T.

Firman Yasa Utama, S.Pd., M.T.

Dr. Yustin Setiya Widoretno, M.Pd.

Andita Nataria Fitri Ganda, S.T., M.Sc.

Ferly Isnomo Abdi, S.T., S.Pd., M.T.

Sudirman Rizki Ariyanto, M.Pd., M.T.

Dewi Puspitasari, S.Pd., M.Sc.

Aji Nugroho, S.Pd., M.Sc.

Susi Tri Umaroh, S.Pd., M.Pd.

Lailatus Sa'diyah Yuniar Arifianti, M.T.

Mg Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-CPMK)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan merumuskan permasalahan kebahasaaan dan kesastraan

Mampu mengidentifikasi dan merumuskan permasalahan kebahasaan dan kesastraan

Kriteria:

Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan merumuskan permasalahan kebahasaan dan kesastraan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, Diskusi
4x50

Materi: Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan merumuskan permasalahan kebahasaaan dan kesastraan
Pustaka: Tim FBS. 2020. Pedoman Penulisan Tugas Akhir Mahasiswa FBS Unesa. Surabaya: FBS Unesa.
5%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan merumuskan permasalahan komunikasi

Mampu mengidentifikasi dan merumuskan permasalahan komunikasi

Kriteria:

Mampu mengidentifikasi dan merumuskan permasalahan kebahsaan dan kesastraan, memilih satu permasalahan kebahasaan dan kesastraan, menyusun draf proposal penelitian, mengumpulkan data, menganaisis data, menulis draf laporan tugas akhir, menyunting laporan tugas akhir


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, Diskusi
4x50

Materi: Desain komunikasi visual sebagai solusi pemecahan masalah
Pustaka: Graphic Design: The New Basics, Ellen Lupton dan Jennifer Cole Phillips.
5%

3

Minggu ke 3

memilih topik yang menarik

Mahasiswa mampu memilih topik yang menarik

Kriteria:

mampu memilih topik yang menarik


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
project based learning
100 menit

Materi: mampu memilih topik yang menarik
Pustaka: Universal Principles of Design, William Lidwell, Kritina Holden, dan Jill Butler.
5%

4

Minggu ke 4

menemukan sumber pustaka terkait topik yang telah dipilih

menemukan sumber pustaka terkait topik yang telah dipilih

Kriteria:

Mampu mengidentifikasi dan merumuskan permasalahan kebahsaan dan kesastraan, memilih satu permasalahan kebahasaan dan kesastraan, menyusun draf proposal penelitian, mengumpulkan data, menganaisis data, menulis draf laporan tugas akhir, menyunting laporan tugas akhir


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
project based learning
100 menit

Materi: menemukan sumber pustaka terkait topik yang telah dipilih
Pustaka: Universal Principles of Design, William Lidwell, Kritina Holden, dan Jill Butler.
5%

5

Minggu ke 5

Mengembangkan kerangka tulisan berdasar topik yang telah dipilih dan sumber pustaka

Mahasiswa mampu mengembangkan kerangka tulisan berdasar topik yang telah dipilih dan sumber pustaka

Kriteria:

Mampu mengembangkan kerangka tulisan berdasar topik yang telah dipilih dan sumber pustaka


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
project based learning
100 menit

Materi: Mengembangkan kerangka tulisan berdasar topik yang telah dipilih dan sumber pustaka
Pustaka: The Elements of User Experience, Jesse James Garret.
5%

6

Minggu ke 6

Mengembangkan kerangka tulisan berdasar topik yang telah dipilih dan sumber pustaka

Mahasiswa mampu mengembangkan kerangka tulisan berdasar topik yang telah dipilih dan sumber pustaka

Kriteria:

Mengembangkan kerangka tulisan berdasar topik yang telah dipilih dan sumber pustaka


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
project based learning
100 menit

Materi: Mengembangkan kerangka tulisan berdasar topik yang telah dipilih dan sumber pustaka
Pustaka: Universal Principles of Design, William Lidwell, Kritina Holden, dan Jill Butler.
5%

7

Minggu ke 7

menyusun proposal berdasarkan kerangka tulisan yang direncanakan

mahasiswa mampu menyusun proposal berdasarkan keeangka tulisan

Kriteria:

menyusun proposal berdasarkan kerangka tulisan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
project based learning
100 menit

Materi: menyusun proposal berdasarkan keangka tulisan
Pustaka: Graphic Design: The New Basics, Ellen Lupton dan Jennifer Cole Phillips.

Materi: menyusun proposal berdasarkan kerangka tulisan
Pustaka: Tim FBS. 2020. Pedoman Penulisan Tugas Akhir Mahasiswa FBS Unesa. Surabaya: FBS Unesa.
5%

8

Minggu ke 8

menyunting proposal penelitian

mahasiswa mampu menyusun proposal berdasarkan kerangka tulisan dan menyunting

Kriteria:

menyusun proposal berdasarkan kerangka tulisan dan menyuntingnya


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
project based learing
100 menit

Materi: menyusun proposal berdasarkan keangka tulisan
Pustaka: Graphic Design: The New Basics, Ellen Lupton dan Jennifer Cole Phillips.

Materi: menyusun proposal berdasarkan kerangka tulisan dan menyuntingnya
Pustaka: Tim FBS. 2020. Pedoman Penulisan Tugas Akhir Mahasiswa FBS Unesa. Surabaya: FBS Unesa.
10%

9

Minggu ke 9

mampu merevisi proposal penelitian berdasar masukan dari pembimbing dan penguji proposal

Mampu mengidentifikasi dan merumuskan permasalahan kebahsaan dan kesastraan, memilih satu permasalahan kebahasaan dan kesastraan, menyusun draf proposal penelitian, mengumpulkan data, menganaisis data, menulis draf laporan tugas akhir, menyunting laporan tugas akhir

Kriteria:

Mampu mengidentifikasi dan merumuskan permasalahan kebahsaan dan kesastraan, memilih satu permasalahan kebahasaan dan kesastraan, menyusun draf proposal penelitian, mengumpulkan data, menganaisis data, menulis draf laporan tugas akhir, menyunting laporan tugas akhir


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
project
100 menit

Materi: Mampu mengidentifikasi dan merumuskan permasalahan kebahsaan dan kesastraan, memilih satu permasalahan kebahasaan dan kesastraan, menyusun draf proposal penelitian, mengumpulkan data, menganaisis data, menulis draf laporan tugas akhir, menyunting laporan tugas akhir
Pustaka: Tim FBS. 2020. Pedoman Penulisan Tugas Akhir Mahasiswa FBS Unesa. Surabaya: FBS Unesa.

Materi: merevisi proposal penelitian berdasar masukan dari pembimbing dan penguji proposal
Pustaka: Tim FBS. 2020. Pedoman Penulisan Tugas Akhir Mahasiswa FBS Unesa. Surabaya: FBS Unesa.
5%

10

Minggu ke 10

melaksanakan seminar proposal

Mampu mengidentifikasi dan merumuskan permasalahan kebahasaan dan kesastraan, memilih satu permasalahan kebahasaan dan kesastraan, menyusun draf proposal penelitian, mengumpulkan data, menganaisis data, menulis draf laporan tugas akhir, menyunting laporan tugas akhir

Kriteria:

Mampu mengidentifikasi dan merumuskan permasalahan kebahsaan dan kesastraan, memilih satu permasalahan kebahasaan dan kesastraan, menyusun draf proposal penelitian, mengumpulkan data, menganaisis data, menulis draf laporan tugas akhir, menyunting laporan tugas akhir


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
project
100 menit

Materi: mengumpulkan data penelitian dan mengklasifikasikan data penelitian tersebut
Pustaka: Tim FBS. 2020. Pedoman Penulisan Tugas Akhir Mahasiswa FBS Unesa. Surabaya: FBS Unesa.
5%

11

Minggu ke 11

mengklasifikasikan data penelitian dan mengolah data analisis sesuai teori yang digunakan

Mampu mengidentifikasi dan merumuskan permasalahan kebahsaan dan kesastraan, memilih satu permasalahan kebahasaan dan kesastraan, menyusun draf proposal penelitian, mengumpulkan data, menganaisis data, menulis draf laporan tugas akhir, menyunting laporan tugas akhir

Kriteria:

Mampu mengidentifikasi dan merumuskan permasalahan kebahsaan dan kesastraan, memilih satu permasalahan kebahasaan dan kesastraan, menyusun draf proposal penelitian, mengumpulkan data, menganaisis data, menulis draf laporan tugas akhir, menyunting laporan tugas akhir


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
projek
100 menit

Materi: mengklasifikasikan data penelitian dan mengolah data analisis sesuai teori yang digunakan
Pustaka: Tim FBS. 2020. Pedoman Penulisan Tugas Akhir Mahasiswa FBS Unesa. Surabaya: FBS Unesa.
5%

12

Minggu ke 12

mengembangkan draf laporan akhir sesuai dengan hasil pengolahan dan analisis data

Mampu mengidentifikasi dan merumuskan permasalahan kebahsaan dan kesastraan, memilih satu permasalahan kebahasaan dan kesastraan, menyusun draf proposal penelitian, mengumpulkan data, menganaisis data, menulis draf laporan tugas akhir, menyunting laporan tugas akhir

Kriteria:

Mampu mengidentifikasi dan merumuskan permasalahan kebahsaan dan kesastraan, memilih satu permasalahan kebahasaan dan kesastraan, menyusun draf proposal penelitian, mengumpulkan data, menganaisis data, menulis draf laporan tugas akhir, menyunting laporan tugas akhir


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
project
100 menit

Materi: mengembangkan draf laporan akhir sesuai dengan hasil pengolahan dan analisis data
Pustaka: Tim Penyusun Buku Pedoman Tugas Akhir. 2024. Pedoman Tugas Akhir Universitas Negeri Surabaya. Surabaya: Direktorat TPTP.
5%

13

Minggu ke 13

mengembangkan draf laporan akhir sesuai dengan hasil pengolahan dan analisis data

Mampu mengidentifikasi dan merumuskan permasalahan kebahsaan dan kesastraan, memilih satu permasalahan kebahasaan dan kesastraan, menyusun draf proposal penelitian, mengumpulkan data, menganaisis data, menulis draf laporan tugas akhir, menyunting laporan tugas akhir

Kriteria:

Mampu mengidentifikasi dan merumuskan permasalahan kebahsaan dan kesastraan, memilih satu permasalahan kebahasaan dan kesastraan, menyusun draf proposal penelitian, mengumpulkan data, menganaisis data, menulis draf laporan tugas akhir, menyunting laporan tugas akhir


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
project
100 menit

Materi: mengembangkan draf laporan akhir sesuai dengan hasil pengolahan dan analisis data
Pustaka: Tim Penyusun Buku Pedoman Tugas Akhir. 2024. Pedoman Tugas Akhir Universitas Negeri Surabaya. Surabaya: Direktorat TPTP.
5%

14

Minggu ke 14

menganalisis hasil berdasarkan data penelitian dan teori yang digunakan

Mampu mengidentifikasi dan merumuskan permasalahan kebahsaan dan kesastraan, memilih satu permasalahan kebahasaan dan kesastraan, menyusun draf proposal penelitian, mengumpulkan data, menganaisis data, menulis draf laporan tugas akhir, menyunting laporan tugas akhir

Kriteria:

Mampu mengidentifikasi dan merumuskan permasalahan kebahsaan dan kesastraan, memilih satu permasalahan kebahasaan dan kesastraan, menyusun draf proposal penelitian, mengumpulkan data, menganaisis data, menulis draf laporan tugas akhir, menyunting laporan tugas akhir


Bentuk Penilaian :
Tes
project
100 menit

Materi: menganalisis hasil berdasarkan data penelitian dan teori yang digunakan
Pustaka: Tim Penyusun Buku Pedoman Tugas Akhir. 2024. Pedoman Tugas Akhir Universitas Negeri Surabaya. Surabaya: Direktorat TPTP.
5%

15

Minggu ke 15

menganalisis hasil berdasarkan data penelitian dan teori yang digunakan

Mampu mengidentifikasi dan merumuskan permasalahan kebahsaan dan kesastraan, memilih satu permasalahan kebahasaan dan kesastraan, menyusun draf proposal penelitian, mengumpulkan data, menganaisis data, menulis draf laporan tugas akhir, menyunting laporan tugas akhir

Kriteria:

Mampu mengidentifikasi dan merumuskan permasalahan kebahsaan dan kesastraan, memilih satu permasalahan kebahasaan dan kesastraan, menyusun draf proposal penelitian, mengumpulkan data, menganaisis data, menulis draf laporan tugas akhir, menyunting laporan tugas akhir


Bentuk Penilaian :
Tes
project
100 menit

Materi: membaca ulang laporan akhir dan menyunting laporan akhir
Pustaka: Tim Penyusun Buku Pedoman Tugas Akhir. 2024. Pedoman Tugas Akhir Universitas Negeri Surabaya. Surabaya: Direktorat TPTP.
5%

16

Minggu ke 16

menjawab pertanyaan dalam ujian tugas akhir dan merevisi berdasar masukan para penguji

Mampu mengidentifikasi dan merumuskan permasalahan kebahsaan dan kesastraan, memilih satu permasalahan kebahasaan dan kesastraan, menyusun draf proposal penelitian, mengumpulkan data, menganaisis data, menulis draf laporan tugas akhir, menyunting laporan tugas akhir

Kriteria:

Mampu mengidentifikasi dan merumuskan permasalahan kebahsaan dan kesastraan, memilih satu permasalahan kebahasaan dan kesastraan, menyusun draf proposal penelitian, mengumpulkan data, menganaisis data, menulis draf laporan tugas akhir, menyunting laporan tugas akhir


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
project
100 menit

Materi: menjawab pertanyaan dalam ujian tugas akhir dan merevisi berdasar masukan para penguji
Pustaka: Tim Penyusun Buku Pedoman Tugas Akhir. 2024. Pedoman Tugas Akhir Universitas Negeri Surabaya. Surabaya: Direktorat TPTP.
20%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 10%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 80%
3. Tes 10%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Prodi (CPL - Prodi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan prodi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. CPL yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Prodi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. CP Mata kuliah (CPMK) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari CPL yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-CPMK Mata kuliah (Sub-CPMK) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari CPMK yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-CPMK yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-CPMK tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.



File PDF ini digenerate pada tanggal 6 April 2025 Jam 06:03 menggunakan aplikasi RPS-OBE SiDia Unesa