
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Vokasi
Program Studi D4 Teknik Mesin
|
Kode Dokumen |
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER |
MATA KULIAH (MK) |
KODE |
Rumpun MK |
BOBOT (sks) |
SEMESTER |
Tgl Penyusunan |
Tugas Akhir |
1000004105 |
|
T=4 |
P=0 |
ECTS=6.36 |
7 |
6 April 2025 |
OTORISASI |
Pengembang RPS |
Koordinator RMK |
Koordinator Program Studi |
TIM MBKM
|
TIM MBKM
|
Arya Mahendra Sakti, S.T., M.T. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Capaian Pembelajaran (CP)
|
CPL-PRODI yang dibebankan pada MK |
CPL-1 |
Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
CPL-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
CPL-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
CPL-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) |
CPMK - 1 |
mampu menyusun tugas akhir sesuai proposal yang dibuat
|
CPMK - 2 |
mampu menyusun tugas akhir sesuai proposal yang dibuat
|
CPMK - 3 |
Mampu Mempertanggungjawabkan tugas akhir
|
Matrik CPL - CPMK |
|
CPMK | CPL-1 | CPL-2 | CPL-3 | CPL-4 | CPMK-1 | | | | | CPMK-2 | | | | | CPMK-3 | | | | |
|
Matrik CPMK pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-CPMK) |
|
CPMK |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
CPMK-1 | | | | | | | | | | | | | | | | | CPMK-2 | | | | | | | | | | | | | | | | | CPMK-3 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat MK
|
Mata kuliah Tugas Akhir (TA) di Program Studi sastra Indonesia (sasindo) adalah kulminasi dari seluruh proses pembelajaran, mahasiswa diharapkan dapat mengintegrasikan keterampilan teknis, konsep, dan pemikiran kreatif yang telah dipelajari selama masa studi. Mata kuliah ini memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk melakukan penelitian (atau yang lain) yang berlandaskan penelitian serta menyelesaikan permasalahan kebahsaan dan kesastraan yang relevan dengan dunia industri atau masyarakat. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Tim FBS. 2020. Pedoman Penulisan Tugas Akhir Mahasiswa FBS Unesa. Surabaya: FBS Unesa.
- Tim Penyusun Buku Pedoman Tugas Akhir. 2024. Pedoman Tugas Akhir Universitas Negeri Surabaya. Surabaya: Direktorat TPTP.
|
Pendukung : |
|
- Jurnal yang memuat tulisan berkaitan dengan bidang kebahasaan dan kesastraan
|
Dosen Pengampu
|
Diah Wulandari, S.T., M.T. Dyah Riandadari, S.T., M.T. Arya Mahendra Sakti, S.T., M.T. Dr. Warju, S.Pd., S.T., M.T. Firman Yasa Utama, S.Pd., M.T. Dr. Yustin Setiya Widoretno, M.Pd. Andita Nataria Fitri Ganda, S.T., M.Sc. Ferly Isnomo Abdi, S.T., S.Pd., M.T. Sudirman Rizki Ariyanto, M.Pd., M.T. Dewi Puspitasari, S.Pd., M.Sc. Aji Nugroho, S.Pd., M.Sc. Susi Tri Umaroh, S.Pd., M.Pd. Lailatus Sa'diyah Yuniar Arifianti, M.T. |
Mg Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-CPMK)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan merumuskan permasalahan kebahasaaan dan kesastraan |
Mampu mengidentifikasi dan merumuskan permasalahan kebahasaan dan kesastraan |
Kriteria:
Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan merumuskan permasalahan kebahasaan dan kesastraan Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah, Diskusi 4x50 |
|
Materi: Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan merumuskan permasalahan kebahasaaan dan kesastraan Pustaka: Tim FBS. 2020. Pedoman Penulisan Tugas Akhir Mahasiswa FBS Unesa. Surabaya: FBS Unesa. |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan merumuskan permasalahan komunikasi |
Mampu mengidentifikasi dan merumuskan permasalahan komunikasi |
Kriteria:
Mampu mengidentifikasi dan merumuskan permasalahan kebahsaan dan kesastraan, memilih satu permasalahan kebahasaan dan kesastraan, menyusun draf proposal penelitian, mengumpulkan data, menganaisis data, menulis draf laporan tugas akhir, menyunting laporan tugas akhir Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah, Diskusi 4x50 |
|
Materi: Desain komunikasi visual sebagai solusi pemecahan masalah Pustaka: Graphic Design: The New Basics, Ellen Lupton dan Jennifer Cole Phillips. |
5% |
3
Minggu ke 3 |
memilih topik yang menarik |
Mahasiswa mampu memilih topik yang menarik |
Kriteria:
mampu memilih topik yang menarik Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
project based learning 100 menit |
|
Materi: mampu memilih topik yang menarik Pustaka: Universal Principles of Design, William Lidwell, Kritina Holden, dan Jill Butler. |
5% |
4
Minggu ke 4 |
menemukan sumber pustaka terkait topik yang telah dipilih |
menemukan sumber pustaka terkait topik yang telah dipilih |
Kriteria:
Mampu mengidentifikasi dan merumuskan permasalahan kebahsaan dan kesastraan, memilih satu permasalahan kebahasaan dan kesastraan, menyusun draf proposal penelitian, mengumpulkan data, menganaisis data, menulis draf laporan tugas akhir, menyunting laporan tugas akhir Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
project based learning 100 menit |
|
Materi: menemukan sumber pustaka terkait topik yang telah dipilih Pustaka: Universal Principles of Design, William Lidwell, Kritina Holden, dan Jill Butler. |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Mengembangkan kerangka tulisan berdasar topik yang telah dipilih dan sumber pustaka |
Mahasiswa mampu mengembangkan kerangka tulisan berdasar topik yang telah dipilih dan sumber pustaka |
Kriteria:
Mampu mengembangkan kerangka tulisan berdasar topik yang telah dipilih dan sumber pustaka Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
project based learning 100 menit |
|
Materi: Mengembangkan kerangka tulisan berdasar topik yang telah dipilih dan sumber pustaka Pustaka: The Elements of User Experience, Jesse James Garret. |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Mengembangkan kerangka tulisan berdasar topik yang telah dipilih dan sumber pustaka |
Mahasiswa mampu mengembangkan kerangka tulisan berdasar topik yang telah dipilih dan sumber pustaka |
Kriteria:
Mengembangkan kerangka tulisan berdasar topik yang telah dipilih dan sumber pustaka Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
project based learning 100 menit |
|
Materi: Mengembangkan kerangka tulisan berdasar topik yang telah dipilih dan sumber pustaka Pustaka: Universal Principles of Design, William Lidwell, Kritina Holden, dan Jill Butler. |
5% |
7
Minggu ke 7 |
menyusun proposal berdasarkan kerangka tulisan yang direncanakan |
mahasiswa mampu menyusun proposal berdasarkan keeangka tulisan |
Kriteria:
menyusun proposal berdasarkan kerangka tulisan Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
project based learning 100 menit |
|
Materi: menyusun proposal berdasarkan keangka tulisan Pustaka: Graphic Design: The New Basics, Ellen Lupton dan Jennifer Cole Phillips. Materi: menyusun proposal berdasarkan kerangka tulisan Pustaka: Tim FBS. 2020. Pedoman Penulisan Tugas Akhir Mahasiswa FBS Unesa. Surabaya: FBS Unesa. |
5% |
8
Minggu ke 8 |
menyunting proposal penelitian |
mahasiswa mampu menyusun proposal berdasarkan kerangka tulisan dan menyunting |
Kriteria:
menyusun proposal berdasarkan kerangka tulisan dan menyuntingnya Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
project based learing 100 menit |
|
Materi: menyusun proposal berdasarkan keangka tulisan Pustaka: Graphic Design: The New Basics, Ellen Lupton dan Jennifer Cole Phillips. Materi: menyusun proposal berdasarkan kerangka tulisan dan menyuntingnya Pustaka: Tim FBS. 2020. Pedoman Penulisan Tugas Akhir Mahasiswa FBS Unesa. Surabaya: FBS Unesa. |
10% |
9
Minggu ke 9 |
mampu merevisi proposal penelitian berdasar masukan dari pembimbing dan penguji proposal |
Mampu mengidentifikasi dan merumuskan permasalahan kebahsaan dan kesastraan, memilih satu permasalahan kebahasaan dan kesastraan, menyusun draf proposal penelitian, mengumpulkan data, menganaisis data, menulis draf laporan tugas akhir, menyunting laporan tugas akhir |
Kriteria:
Mampu mengidentifikasi dan merumuskan permasalahan kebahsaan dan kesastraan, memilih satu permasalahan kebahasaan dan kesastraan, menyusun draf proposal penelitian, mengumpulkan data, menganaisis data, menulis draf laporan tugas akhir, menyunting laporan tugas akhir Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
project 100 menit |
|
Materi: Mampu mengidentifikasi dan merumuskan permasalahan kebahsaan dan kesastraan, memilih satu permasalahan kebahasaan dan kesastraan, menyusun draf proposal penelitian, mengumpulkan data, menganaisis data, menulis draf laporan tugas akhir, menyunting laporan tugas akhir Pustaka: Tim FBS. 2020. Pedoman Penulisan Tugas Akhir Mahasiswa FBS Unesa. Surabaya: FBS Unesa. Materi: merevisi proposal penelitian berdasar masukan dari pembimbing dan penguji proposal Pustaka: Tim FBS. 2020. Pedoman Penulisan Tugas Akhir Mahasiswa FBS Unesa. Surabaya: FBS Unesa. |
5% |
10
Minggu ke 10 |
melaksanakan seminar proposal |
Mampu mengidentifikasi dan merumuskan permasalahan kebahasaan dan kesastraan, memilih satu permasalahan kebahasaan dan kesastraan, menyusun draf proposal penelitian, mengumpulkan data, menganaisis data, menulis draf laporan tugas akhir, menyunting laporan tugas akhir |
Kriteria:
Mampu mengidentifikasi dan merumuskan permasalahan kebahsaan dan kesastraan, memilih satu permasalahan kebahasaan dan kesastraan, menyusun draf proposal penelitian, mengumpulkan data, menganaisis data, menulis draf laporan tugas akhir, menyunting laporan tugas akhir Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
project 100 menit |
|
Materi: mengumpulkan data penelitian dan mengklasifikasikan data penelitian tersebut Pustaka: Tim FBS. 2020. Pedoman Penulisan Tugas Akhir Mahasiswa FBS Unesa. Surabaya: FBS Unesa. |
5% |
11
Minggu ke 11 |
mengklasifikasikan data penelitian dan mengolah data analisis sesuai teori yang digunakan |
Mampu mengidentifikasi dan merumuskan permasalahan kebahsaan dan kesastraan, memilih satu permasalahan kebahasaan dan kesastraan, menyusun draf proposal penelitian, mengumpulkan data, menganaisis data, menulis draf laporan tugas akhir, menyunting laporan tugas akhir |
Kriteria:
Mampu mengidentifikasi dan merumuskan permasalahan kebahsaan dan kesastraan, memilih satu permasalahan kebahasaan dan kesastraan, menyusun draf proposal penelitian, mengumpulkan data, menganaisis data, menulis draf laporan tugas akhir, menyunting laporan tugas akhir Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
projek 100 menit |
|
Materi: mengklasifikasikan data penelitian dan mengolah data analisis sesuai teori yang digunakan Pustaka: Tim FBS. 2020. Pedoman Penulisan Tugas Akhir Mahasiswa FBS Unesa. Surabaya: FBS Unesa. |
5% |
12
Minggu ke 12 |
mengembangkan draf laporan akhir sesuai dengan hasil pengolahan dan analisis data |
Mampu mengidentifikasi dan merumuskan permasalahan kebahsaan dan kesastraan, memilih satu permasalahan kebahasaan dan kesastraan, menyusun draf proposal penelitian, mengumpulkan data, menganaisis data, menulis draf laporan tugas akhir, menyunting laporan tugas akhir |
Kriteria:
Mampu mengidentifikasi dan merumuskan permasalahan kebahsaan dan kesastraan, memilih satu permasalahan kebahasaan dan kesastraan, menyusun draf proposal penelitian, mengumpulkan data, menganaisis data, menulis draf laporan tugas akhir, menyunting laporan tugas akhir Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
project 100 menit |
|
Materi: mengembangkan draf laporan akhir sesuai dengan hasil pengolahan dan analisis data Pustaka: Tim Penyusun Buku Pedoman Tugas Akhir. 2024. Pedoman Tugas Akhir Universitas Negeri Surabaya. Surabaya: Direktorat TPTP. |
5% |
13
Minggu ke 13 |
mengembangkan draf laporan akhir sesuai dengan hasil pengolahan dan analisis data |
Mampu mengidentifikasi dan merumuskan permasalahan kebahsaan dan kesastraan, memilih satu permasalahan kebahasaan dan kesastraan, menyusun draf proposal penelitian, mengumpulkan data, menganaisis data, menulis draf laporan tugas akhir, menyunting laporan tugas akhir |
Kriteria:
Mampu mengidentifikasi dan merumuskan permasalahan kebahsaan dan kesastraan, memilih satu permasalahan kebahasaan dan kesastraan, menyusun draf proposal penelitian, mengumpulkan data, menganaisis data, menulis draf laporan tugas akhir, menyunting laporan tugas akhir Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
project 100 menit |
|
Materi: mengembangkan draf laporan akhir sesuai dengan hasil pengolahan dan analisis data Pustaka: Tim Penyusun Buku Pedoman Tugas Akhir. 2024. Pedoman Tugas Akhir Universitas Negeri Surabaya. Surabaya: Direktorat TPTP. |
5% |
14
Minggu ke 14 |
menganalisis hasil berdasarkan data penelitian dan teori yang digunakan |
Mampu mengidentifikasi dan merumuskan permasalahan kebahsaan dan kesastraan, memilih satu permasalahan kebahasaan dan kesastraan, menyusun draf proposal penelitian, mengumpulkan data, menganaisis data, menulis draf laporan tugas akhir, menyunting laporan tugas akhir |
Kriteria:
Mampu mengidentifikasi dan merumuskan permasalahan kebahsaan dan kesastraan, memilih satu permasalahan kebahasaan dan kesastraan, menyusun draf proposal penelitian, mengumpulkan data, menganaisis data, menulis draf laporan tugas akhir, menyunting laporan tugas akhir Bentuk Penilaian : Tes |
project 100 menit |
|
Materi: menganalisis hasil berdasarkan data penelitian dan teori yang digunakan Pustaka: Tim Penyusun Buku Pedoman Tugas Akhir. 2024. Pedoman Tugas Akhir Universitas Negeri Surabaya. Surabaya: Direktorat TPTP. |
5% |
15
Minggu ke 15 |
menganalisis hasil berdasarkan data penelitian dan teori yang digunakan |
Mampu mengidentifikasi dan merumuskan permasalahan kebahsaan dan kesastraan, memilih satu permasalahan kebahasaan dan kesastraan, menyusun draf proposal penelitian, mengumpulkan data, menganaisis data, menulis draf laporan tugas akhir, menyunting laporan tugas akhir |
Kriteria:
Mampu mengidentifikasi dan merumuskan permasalahan kebahsaan dan kesastraan, memilih satu permasalahan kebahasaan dan kesastraan, menyusun draf proposal penelitian, mengumpulkan data, menganaisis data, menulis draf laporan tugas akhir, menyunting laporan tugas akhir Bentuk Penilaian : Tes |
project 100 menit |
|
Materi: membaca ulang laporan akhir dan menyunting laporan akhir Pustaka: Tim Penyusun Buku Pedoman Tugas Akhir. 2024. Pedoman Tugas Akhir Universitas Negeri Surabaya. Surabaya: Direktorat TPTP. |
5% |
16
Minggu ke 16 |
menjawab pertanyaan dalam ujian tugas akhir dan merevisi berdasar masukan para penguji |
Mampu mengidentifikasi dan merumuskan permasalahan kebahsaan dan kesastraan, memilih satu permasalahan kebahasaan dan kesastraan, menyusun draf proposal penelitian, mengumpulkan data, menganaisis data, menulis draf laporan tugas akhir, menyunting laporan tugas akhir |
Kriteria:
Mampu mengidentifikasi dan merumuskan permasalahan kebahsaan dan kesastraan, memilih satu permasalahan kebahasaan dan kesastraan, menyusun draf proposal penelitian, mengumpulkan data, menganaisis data, menulis draf laporan tugas akhir, menyunting laporan tugas akhir Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
project 100 menit |
|
Materi: menjawab pertanyaan dalam ujian tugas akhir dan merevisi berdasar masukan para penguji Pustaka: Tim Penyusun Buku Pedoman Tugas Akhir. 2024. Pedoman Tugas Akhir Universitas Negeri Surabaya. Surabaya: Direktorat TPTP. |
20% |