
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Vokasi
Program Studi D4 Desain Grafis
|
Kode Dokumen |
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER |
MATA KULIAH (MK) |
KODE |
Rumpun MK |
BOBOT (sks) |
SEMESTER |
Tgl Penyusunan |
Sketsa Desain |
99999044203421 |
|
T=0 |
P=0 |
ECTS=0 |
2 |
7 April 2025 |
OTORISASI |
Pengembang RPS |
Koordinator RMK |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
Dr. Asidigisianti Surya Patria, S.T., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Capaian Pembelajaran (CP)
|
CPL-PRODI yang dibebankan pada MK |
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) |
Matrik CPL - CPMK |
|
|
Matrik CPMK pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-CPMK) |
|
CPMK |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
|
Deskripsi Singkat MK
|
Mata kuliah ini mengkaji secara teoritis dan mempraktikan tentang dasar-dasar sketsa sebagai upaya pembekalan pada mahasiswa tentang unsur dan prinsip desain secara umum. Mata kuliah sketsa desain ini merupakan mata kuliah yang berbasis praktikum sebagai modal mahasiswa dalam pembuatan thumbnails, rough layout, dan thigh tissue untuk mendukung metodologi perancangan desain grafis |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Navneet. 2000. Learn Pencil & Hading, Sketching II. India; Navneet
- Rankin, David. 2000. Fast Sketching Techniques. North Lights Book
- Sarah Simblet. 2005. Sketch Book For The Artist, DK Publishing, New York
- Koos Eissen. 2006. Sketching : Drawing Techniques for Product Designer, PageOne, USA5. Thomas C. Wang. 2002. Pencil Sketching, John Wiley & Sons Inc, New York6. Jorge Paricio. 2015. Perspective Sketching, RockPort Publisher, Massachusetts
- Jeff Mellem. 2009. Sketching People : Life Drawing Basic, North Light Books, Ohio
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
EKO AGUS BASUKI OEMAR |
Mg Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-CPMK)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Penjelasan mengenai : a. Tujuan mata Kuliah b. Definisi & Ruang lingkup Mata kuliah c. Kebijakan pelaksanaan perkuliahan d. Tugas & Kebijakan Penilaian e. Buku ajar dan sumber belajar yang wajib digunakan f. Hal-hal yang esensial dalam pelaksanaan perkuliahan |
1. Mahasiswa mampu mendefinisi pengertian Sketsa Desain. 2. Mahasiswa mampu mengetahui ruang lingkup Sketsa Desain. 3. Mahasiswa mampu mengetahui material dan peralatan sketsa desain
|
Kriteria:
%253Cbr%253E%253Cbr%253E%253Cbr%253E%253Cbr%253E%253Cbr%253E%253Cbr%253E |
Ceramah dan tanya jawab, Powepoint.
2 X 1 |
|
|
0% |
2
Minggu ke 2 |
Memahami Dasar-dasar Sketsa Desain I (Benda Mati)
|
1. Mahasiswa mampu memahami karakteristik lingkungan sekitar berupa benda mati sebagai bahan referensi Sketsa Desain. 2. Mahasiswa mampu memahami peranan lingkungan sekitar berupa benda mati dalam pembuatan Sketsa Desain
|
|
Ceramah dan praktikum, Powepoint
2 X 1 |
|
|
0% |
3
Minggu ke 3 |
Memahami Dasar-dasar Sketsa Desain II (Benda Hidup) |
1. Mahasiswa mampu memahami karakteristik lingkungan sekitar berupa benda hidup sebagai bahan referensi Sketsa Desain.2. Mahasiswa mampu memahami peranan lingkungan sekitar berupa benda hidup dalam pembuatan Sketsa Desain |
|
Ceramah dan praktikum, Powepoint 2 x 50 menit |
|
|
0% |
4
Minggu ke 4 |
Memahami Dasar-dasar Sketsa Desain III (Aktivitas) |
1. Mahasiswa mampu memahami karakteristik lingkungan sekitar berupa aktivitas sebagai bahan referensi Sketsa Desain.2. Mahasiswa mampu memahami peranan lingkungan sekitar berupa aktivitas sekitar dalam pembuatan Sketsa Desain |
|
Ceramah dan praktikum, Powepoint 2 x 50 menit |
|
|
0% |
5
Minggu ke 5 |
Wawasan & Praktikum Sketsa Desain Aplikatif |
1. Mahasiswa mampu membuat Sketsa Desain aplikatif (Logo, Self Branding dll)2. Mahasiswa mampu menyebutkan dan menjelaskan unsur-unsur sketsa yang diciptakan3. Mahasiswa mampu mengekspresikan unsur Titik, Garis, Bidang, dan goresannya. |
|
Ceramah dan praktikum, Powepoint 6 x 50 menit |
|
|
0% |
6
Minggu ke 6 |
Wawasan & Praktikum Sketsa Desain Aplikatif |
1. Mahasiswa mampu membuat Sketsa Desain aplikatif (Logo, Self Branding dll)2. Mahasiswa mampu menyebutkan dan menjelaskan unsur-unsur sketsa yang diciptakan3. Mahasiswa mampu mengekspresikan unsur Titik, Garis, Bidang, dan goresannya. |
|
Ceramah dan praktikum, Powepoint 6 x 50 menit |
|
|
0% |
7
Minggu ke 7 |
Wawasan & Praktikum Sketsa Desain Aplikatif |
1. Mahasiswa mampu membuat Sketsa Desain aplikatif (Logo, Self Branding dll)2. Mahasiswa mampu menyebutkan dan menjelaskan unsur-unsur sketsa yang diciptakan3. Mahasiswa mampu mengekspresikan unsur Titik, Garis, Bidang, dan goresannya. |
|
Ceramah dan praktikum, Powepoint 6 x 50 menit |
|
|
0% |
8
Minggu ke 8 |
Ujian Setengah Semester |
Ujian Setengah Semester |
|
Ujian Setengah Semester 2 x 50 menit |
|
|
0% |
9
Minggu ke 9 |
Memahami dan mampu menerapkan keterampilan sketsa dalam merancang desainTipografi |
1. Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian Tipografi2. Mahasiswa dapat menjelaskan ciri-ciri umum dan bagian-bagian tipografi3. Mahasiswa dapat merancang bentuk-bentuk Tipografi unik |
|
Ceramah dan praktikum, Powepoint 4 x 50 menit |
|
|
0% |
10
Minggu ke 10 |
Memahami dan mampu menerapkan keterampilan sketsa dalam merancang desainTipografi |
1. Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian Tipografi2. Mahasiswa dapat menjelaskan ciri-ciri umum dan bagian-bagian tipografi3. Mahasiswa dapat merancang bentuk-bentuk Tipografi unik |
|
Ceramah dan praktikum, Powepoint 4 x 50 menit |
|
|
0% |
11
Minggu ke 11 |
Mampu membuat sketsa desain untuk materi promosi barang dan jasa. |
1. Mahasiswa mampu mengidentifikasi karakteristik barang & jasa yang akan dibuat sketsa.2. Mahasiswa mampu memahami unsur-unsur dasar promosi.3.Mahasiswa mampu menciptakan sketsa desain untuk materi promosi barang & jasa. |
|
Ceramah dan praktikum, Powepoint 4 x 50 menit |
|
|
0% |
12
Minggu ke 12 |
Mampu membuat sketsa desain untuk materi promosi barang dan jasa. |
1. Mahasiswa mampu mengidentifikasi karakteristik barang & jasa yang akan dibuat sketsa.2. Mahasiswa mampu memahami unsur-unsur dasar promosi.3.Mahasiswa mampu menciptakan sketsa desain untuk materi promosi barang & jasa. |
|
Ceramah dan praktikum, Powepoint 4 x 50 menit |
|
|
0% |
13
Minggu ke 13 |
Mampu membuat dan menerapkan sketsa desain ke dalam berbagai macam komposisi dan layout. |
1. Mahasiswa mampu memahami pengertian komposisi dan layout dalam konteks desain.2. Mahasiswa mampu menerapkan sketsa desain kedalam komposisi dan layout yang representatif. |
|
Ceramah dan praktikum, Powepoint 2 x 50 menit |
|
|
0% |
14
Minggu ke 14 |
Mampu menerapkan Sketsa Desain kedalam draft proyek desain yang sederhana. |
Mahasiswa dapat memahami dan mampu memahami dan membuat Tight issue, Thumbnail, Final Artwork |
|
Ceramah dan praktikum, Powepoint 2 x 50 menit |
|
|
0% |
15
Minggu ke 15 |
Mampu menerapkan Sketsa Desain kedalam pembuatan desain Iklan Komersil dan Non Komersil berbasis proyek |
1. Mahasiswa dapat menerapkan kemampuan dan wawasan sketsa desain kedalam proyek desain2. Mahasiswa dapat menerapkan kemampuan dan wawasan mengenai tipografi, ilustrasi, komposisi, dan layout kedalam proyek desain |
Kriteria:
null |
Ceramah dan praktikum, Powepoint 4 X 50 |
|
|
0% |
16
Minggu ke 16 |
Ujian Akhir Semester |
Ujian Akhir Semester |
|
Ujian Akhir Semester 2 x 50 menit |
|
|
0% |