Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Vokasi
Program Studi D4 Desain Grafis

Kode Dokumen

RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER

MATA KULIAH (MK)

KODE

Rumpun MK

BOBOT (sks)

SEMESTER

Tgl Penyusunan

PORTOFOLIO

9034202440

T=2

P=0

ECTS=3.18

0

24 April 2025

OTORISASI

Pengembang RPS

Koordinator RMK

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Dr. Asidigisianti Surya Patria, S.T., M.Pd.

Model Pembelajaran

Case Study

Capaian Pembelajaran (CP)

CPL-PRODI yang dibebankan pada MK

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

Matrik CPL - CPMK

 
CPMK

Matrik CPMK pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-CPMK)

 
CPMK Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16

Deskripsi Singkat MK

Mata kuliah ini untuk diharuskan mengikuti berbagai lomba dan kompetisi dibidang desain grafis, melatih ketrampilan membuat Portofolio sesuai bidang kerja yang dituju oleh desainer grafis. Yaitu memilih bidang kerja yang sesuai kompeten, memilih contoh karya yang dikemas untuk keperluan presentasi dengan tujuan memasuki kerja praktek maupun bekerja.. Materi yang disajikan yaitu Pengetahuan bidang kerja Desainer grafis, Refleksi kompetensi diri, Dokumentasi dan pemilihan karya sesuai bidang yang dituju, pengemasan Portofolio yang menarik dan komunikatif, Mempresentasikan diri dengan cara promosi sesuai kompetensi yang dimiliki sehingga mampu berkomunikasi dengan audiens.Perkuliahan disampaikan dengan strategi teori dan praktek

Pustaka

Utama :

  1. 1) Welsh, C. Design: Portfolio: Self promotion at its best . Rockport. 2013.

    2) Taylor, F. How to Create a Portfolio and Get Hired: A Guide for Graphic Designers and Illustrators . Laurence King. 2013.

    3) Eisenman, S. Building Design Portfolios: Innovative Concepts for Presenting Your Work . Rockport. 2008.

Pendukung :

Dosen Pengampu

Hendro Aryanto, S.Sn., M.Si.

Mg Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-CPMK)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

1. Pengantar 2. Mampu memahami pengertian, peranan dan fungsi-fungsi Portofolio

1. Menjelaskan mengenai seputar perkuliahan 2. Mampu mendeskripsikan prinsip-prinsip dalam membuat Portofolio sebagaivalue atau nilai terhadap skill dan kapasitas sebagai seorang desainer grafis.

Kriteria:

-

Ceramah dan tanya jawab.
2 X 50

0%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa mampu memahami dan mengenal portofolio dalam dunia kerja.

1. Mengenal Portofolio dalam dunia kerja 2. Makna dan konteks portofolio 3. Apa saja yang harus dilengkapi dalam pembuatan portofolio

Kriteria:

-

Diskusi dan Tanya Jawab
2 X 50

0%

3

Minggu ke 3

Mampu memahami dunia kerja Desain Grafis dan Desain Komunikasi Visual

Dapat mendiskripsikan dunia kerja Desain Grafis dan Desain Komunikasi Visual

Kriteria:

-

Ceramah, tanya jawab dan diskusi
4 X 50

0%

4

Minggu ke 4

Mampu memahami dunia kerja Desain Grafis dan Desain Komunikasi Visual

Dapat mendiskripsikan dunia kerja Desain Grafis dan Desain Komunikasi Visual

Kriteria:

-

Ceramah, tanya jawab dan diskusi
4 X 50

0%

5

Minggu ke 5

Mampu memahami PERBEDAAN CV dan RESUME

Dapat mendiskripsikan CV dan Resume

Kriteria:

-

Ceramah, diskusi dan tanya jawab
2 X 50

0%

6

Minggu ke 6

Memahami Layout dalam portofolio cetak

Dapat mendeskripsikan Layout dalam portofolio cetak dan digital

Kriteria:

Sesuai dengan TEMA

Ceramah, Tanya Jawab, melihat youtube dan Penugasan.
4 X 50

0%

7

Minggu ke 7

Memahami Layout dalam portofolio cetak

Dapat mendeskripsikan Layout dalam portofolio cetak dan digital

Kriteria:

Sesuai dengan TEMA

Ceramah, Tanya Jawab, melihat youtube dan Penugasan.
4 X 50

0%

8

Minggu ke 8

UJIAN TENGAH SEMESTER

UJIAN TENGAH SEMESTER

Kriteria:

UJIAN TENGAH SEMESTER

UJIAN TENGAH SEMESTER
2 X 50

0%

9

Minggu ke 9



0%

10

Minggu ke 10



0%

11

Minggu ke 11



0%

12

Minggu ke 12



0%

13

Minggu ke 13



0%

14

Minggu ke 14



0%

15

Minggu ke 15



0%

16

Minggu ke 16



0%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
0%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Prodi (CPL - Prodi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan prodi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. CPL yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Prodi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. CP Mata kuliah (CPMK) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari CPL yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-CPMK Mata kuliah (Sub-CPMK) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari CPMK yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-CPMK yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-CPMK tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.



File PDF ini digenerate pada tanggal 24 April 2025 Jam 14:59 menggunakan aplikasi RPS-OBE SiDia Unesa