Sidia is a education Platform website.
Our Top Course
Profil Program Studi S1 Pendidikan Luar Biasa Unesa
Study Program | : | Special Education |
Establishment Date | : | 7 November 1996 |
Study Program Coordinator | : | Dr. H. Pamuji, M.Kes. |
Visi Misi & Tujuan Program Studi S1 Pendidikan Luar Biasa
Universitas Negeri Surabaya
Visi
Unggul dalam Pendidikan Luar Biasa di Masyarakat Global pada Tahun 2035 Tangguh, Adaptif, Inklusif dan Inovatif berbasis Teknologi dan informasiMisi
- Menyelenggarakan pendidikan tenaga pendidik dan kependidikan di bidang pendidikan luar biasa yang bermutu
- Menyelenggarakan penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) di bidang pendidikan luar biasa
- Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat berbasis hasil penelitian bidang pendidikan luar biasa
- Mengoptimalkan dan memperluas kerja sama dengan stakeholders, baik tingkat nasional maupun internasional.
- Mengoptimalkan tata pamong yang kredibel, transparan, akuntabel, bertanggung jawab, dan berkeadilan
Tujuan
- Menghasilkan sumber daya manusia profesional sebagai pendidik dan tenaga pendidikan di bidang pendidikan luar biasa yang bermutu
- Menghasilkan penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) di bidang pendidikan luar biasa
- Menyebarluaskan hasil pengabdian kepada masyarakat berbasis hasil penelitian bidang pendidikan luar biasa
- Mewujudkan kerja sama dengan stakeholders, baik tingkat nasional maupun internasional
- Mewujudkan tata pamong yang kredibel, transparan, akuntabel, bertanggung jawab, dan berkeadilan
Capaian Lulusan Program Studi Special Education
Universitas Negeri Surabaya
PLO-1 | Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-2 | Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan
Dibebankan pada matakuliah: |
PLO-3 | Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-4 | Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-5 | Menguasai konsep teoritis dasar-dasar teori pendidikan yang relevan dengan pendidikan khusus
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-6 | Menguasai dasar-dasar perancangan, penerapan, penilaian layanan bagi PDBK
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-7 | Menemukenali dan mengasesmen PDBK dengan menggunakan berbagai teknik dan strategi
Dibebankan pada matakuliah: |
PLO-8 | Merancang kurikulum dan program layanan pendidikan khusus
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-9 | Terampil memberikan layanan akademik dan program kebutuhan khusus bagi PDBK
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-10 | Memanfaatkan media dan teknologi asistif dalam layanan pendidikan khusus
Dibebankan pada matakuliah:
|
Occupational Profiles Program Studi Special Education
Universitas Negeri Surabaya
- Pendidik ABK
Pendidik yang mampu memberikan layanan pendidikan khusus meliputi program akademik dan khusus mulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi - Wirausaha
Wirausaha di bidang pendidikan khusus yang memiliki pengetahuan, keterampilan kewirausahaan, dan kapasitas mengembangkan diri membangun usaha
Struktur Kurikulum Special Education
Universitas Negeri Surabaya
Kurikulum Transformasi S1 Pendidikan Luar Biasa 2024--2028
Semester ke 1
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8620202325
Psychology For Children With Special
2.00
1000002039
Psikologi Pendidikan
2.00
8620202395
Children Information Processing Systems For Children With Special Needs
2.00
100000202x
Pendidikan Agama (Wajib memilih salah satu)
- Agama Budha
- Agama Hindu
- Agama Islam
- Agama Katholik
- Agama Khonghucu
- Agama Protestan
2.00
✔
8620204345
Science Education
2.00
1000002176
Entrepreneurship
2.00
1000002046
Literasi Digital
2.00
8620203346
Orthopedagogic
3.00
1000002018
Pancasila Education
2.00
Semester ke 2
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8620202323
Identification And Assessment Of Children With Special Needs
2.00
8620202040
Counseling Guidance For Children With Special Needs
2.00
8620202351
Speech Development
2.00
8620202356
Braille
2.00
1000002033
Citizenship
2.00
8620202357
School Curriculum
2.00
8620202355
For Children With Multiple Disabilities
2.00
1000002030
Pendidikan Bahasa Indonesia
2.00
1000002047
Physical Education And Fitness
2.00
8620202326
Perencanaan Pembelajaran
2.00
Semester ke 3
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8620202336
Evaluation Of Learning And Learning
2.00
8620202358
Individual Learning Program
2.00
8620202454
Communication System For Children With Deaf Disabilities
2.00
8620202383
Assistive Technology
2.00
8620202321
Learning Media For Children With Special Needs
2.00
8620203384
Research Methods
3.00
8620202206
Pendidikan Inklusif
2.00
8620202386
Pengembangan Bahan Ajar
2.00
8620202348
Development Of Daily Living Skills
2.00
8620202359
Communication Development Social Interaction And Behavior
2.00
8620202329
Teori Belajar
2.00
Semester ke 4
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8620203401
Early Intervention For Children With Mental Disabilities
3.00
8620203399
Early Intervention For Children With Deaf Disabilities
3.00
8620202188
Science Learning For Children With Special Needs
2.00
8620202385
Statistik
2.00
8620203366
Self-Development
3.00
8620203369
Development
3.00
8620203391
Communication Development Sound Perception And Rhythm
3.00
8620203360
Ict-Based Braille
3.00
8620203405
Early Intervention For Autistic Children
3.00
8620203404
Early Intervention For Children With Physical Disabilities
3.00
8620203397
Early Intervention For Children With Visual Disabilities
3.00
8620203376
Early Intervention For Children With Learning Difficulties Learning
3.00
8620202387
Teaching Skills And Microlearning
2.00
8620203372
Behavior Management For Children On The Autism Spectrum
3.00
8620204344
Orientation Social Mobility And Communication
2.00
8620202377
Learning For Children With Difficulties Learning
2.00
Semester ke 5
Paket matakuliah yang ditawarkan di semester 5 ini antara lain adalah - Paket Matakuliah Asistensi Mengajar (20 SKS)
- Paket Matakuliah Bela Negara (20 SKS)
- Paket Matakuliah Magang (20 SKS)
- Paket Matakuliah Membangun Desa/Kuliah Kerja Nyata Tematik (20 SKS)
- Paket Matakuliah Pertukaran Mahasiswa (20 SKS)
- Paket Matakuliah Proyek Kemanusiaan (20 SKS)
- Paket Matakuliah Riset (20 SKS)
- Paket Matakuliah Studi Independen (20 SKS)
- Paket Matakuliah Wirausaha (20 SKS)
Matakuliah Asistensi Mengajar
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
1000020113
Evaluation Of Teaching Programs In Schools
2.00
8620204408
Analysis Of Teaching Programs In Public Schools
4.00
8620204409
Public School Teaching Program Design
4.00
8620204411
Implementation Of Public School Teaching Programs
4.00
8620204412
Development Of Public School Teaching Programs
4.00
1000020171
Teaching Assistance Program Planning
2.00
Matakuliah Bela Negara
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
1000020148
Evaluation Of The National Defense Program
2.00
8620204413
Analysis Of The Needs Of The National Defense Program
4.00
8620204414
National Defense Program Development Design
4.00
8620204415
Dissemination And Reporting Of The National Defense Program
4.00
8620204416
Implementation Of The National Defense Program
4.00
1000020169
National Defense Program Planning
2.00
Matakuliah Magang
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8620204419
Dissemination And Reporting Of The Industrial Practical Internship Program
4.00
1000020108
Evaluation Of The Industrial Practical Internship Program
2.00
8620204420
Implementation Of The Industrial Practical Internship Program
4.00
8620204417
Analysis Of Industrial Practical Internship Program Needs
4.00
8620204418
Industrial Practical Internship Program Development Design
4.00
1000020174
Internship Program Planning
2.00
Matakuliah Membangun Desa/Kuliah Kerja Nyata Tematik
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8620204432
Implementation Of Educational Innovation And Training Project Programs In Villages
4.00
8620204429
Analysis Of Project Program Needs In Villages
4.00
8620204430
Design Of Educational Innovation And Training Projects In Villages
4.00
8620204431
Dissemination And Reporting Of Project Programs In Villages
4.00
1000020175
Evaluation Of Project Programs In Villages
2.00
1000020168
Project Program Planning In The Village
2.00
Matakuliah Pertukaran Mahasiswa
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8620204423
Dissemination And Reporting Of Student Exchange Programs
4.00
1000020138
Evaluation Of Student Exchange Programs
2.00
8620204421
Analysis Of Student Exchange Program Needs
4.00
8620204422
Student Exchange Program Development Design
4.00
8620204424
Implementation Of The Student Exchange Program
4.00
1000020170
Student Exchange Program Planning
2.00
Matakuliah Proyek Kemanusiaan
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
1000020118
Humanitarian Project Program Evaluation
2.00
8620204425
Humanitarian Project Program Needs Analysis
4.00
8620204426
Humanitarian Project Program Development Design
4.00
8620204427
Dissemination And Reporting Of Humanitarian Project Programs
4.00
8620204428
Implementation Of The Humanitarian Project Program
4.00
1000020166
Humanitarian Project Program Planning
2.00
Matakuliah Riset
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8620204433
Analysis Of Research And Research Program Needs
4.00
8620204434
Research And Research Program Development Design
4.00
8620204435
Dissemination And Reporting Of Research And Research Programs
4.00
1000020133
Evaluation Of Research And Research Programs
2.00
8620204436
Implementation Of Research And Research Programs
4.00
1000020172
Research Program Planning
2.00
Matakuliah Studi Independen
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
1000020123
Evaluation Of Independent Study Programs And Projects
2.00
8620204437
Study Program Needs Analysis
4.00
8620204438
Study Program Development Design
4.00
8620204439
Study Program Dissemination And Reporting
4.00
8620204440
Implementation Of Study Programs
4.00
1000020173
Independent Study Program Planning
2.00
Matakuliah Wirausaha
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
1000020128
Evaluation Of Entrepreneurship Programs
2.00
8620204444
Entrepreneurship Program Needs Analysis
4.00
8620204441
Entrepreneurship Program Development Design
4.00
8620204442
Entrepreneurship Program Dissemination And Reporting
4.00
8620204443
Implementation Of The Entrepreneurship Program
4.00
1000020167
Entrepreneurship Program Planning
2.00
Semester ke 6
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
1000020155
Final Project Seminar
2.00
1000002055
Plp Asesmen Pembelajaran
2.00
MBKM0031
Plp Program Evaluation
2.00
1000003053
Plp Pengembangan Bahan Ajar
3.00
1000002054
Plp Pengembangan Media Pembelajaran
2.00
1000002050
Plp Pengembangan Program Sekolah
2.00
1000003052
Plp Pengembangan Rencana Pembelajaran
3.00
MBKM0032
Plp Program Planning
2.00
1000004056
Plp Praktik Mengajar
4.00
Semester ke 7
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8620204076
Internship
4.00
8620202445
Behavior Modification Of Children With Learning Difficulties
2.00
1000002177
English
2.00
8620202379
Sign Language
2.00
8620202446
Bina Diri Abk
2.00
8620202447
Abk Motion Building
2.00
8620202450
Alternative And Augmentative Communication
2.00
8620202449
Abk Education Management
2.00
8620202453
Disability Services Unit Management
2.00
8620202448
Abk Art Learning
2.00
8620202210
Adaptive Physical Education
2.00
8620202451
Abk Educational Therapy
2.00
8620202452
Abk Vocational
2.00
Semester ke 8
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
1000004105
Thesis
4.00
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8620202325 | Psychology For Children With Special | 2.00 | |
1000002039 | Psikologi Pendidikan | 2.00 | |
8620202395 | Children Information Processing Systems For Children With Special Needs | 2.00 | |
100000202x | Pendidikan Agama (Wajib memilih salah satu) - Agama Budha - Agama Hindu - Agama Islam - Agama Katholik - Agama Khonghucu - Agama Protestan |
2.00 | ✔ |
8620204345 | Science Education | 2.00 | |
1000002176 | Entrepreneurship | 2.00 | |
1000002046 | Literasi Digital | 2.00 | |
8620203346 | Orthopedagogic | 3.00 | |
1000002018 | Pancasila Education | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8620202323 | Identification And Assessment Of Children With Special Needs | 2.00 | |
8620202040 | Counseling Guidance For Children With Special Needs | 2.00 | |
8620202351 | Speech Development | 2.00 | |
8620202356 | Braille | 2.00 | |
1000002033 | Citizenship | 2.00 | |
8620202357 | School Curriculum | 2.00 | |
8620202355 | For Children With Multiple Disabilities | 2.00 | |
1000002030 | Pendidikan Bahasa Indonesia | 2.00 | |
1000002047 | Physical Education And Fitness | 2.00 | |
8620202326 | Perencanaan Pembelajaran | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8620202336 | Evaluation Of Learning And Learning | 2.00 | |
8620202358 | Individual Learning Program | 2.00 | |
8620202454 | Communication System For Children With Deaf Disabilities | 2.00 | |
8620202383 | Assistive Technology | 2.00 | |
8620202321 | Learning Media For Children With Special Needs | 2.00 | |
8620203384 | Research Methods | 3.00 | |
8620202206 | Pendidikan Inklusif | 2.00 | |
8620202386 | Pengembangan Bahan Ajar | 2.00 | |
8620202348 | Development Of Daily Living Skills | 2.00 | |
8620202359 | Communication Development Social Interaction And Behavior | 2.00 | |
8620202329 | Teori Belajar | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8620203401 | Early Intervention For Children With Mental Disabilities | 3.00 | |
8620203399 | Early Intervention For Children With Deaf Disabilities | 3.00 | |
8620202188 | Science Learning For Children With Special Needs | 2.00 | |
8620202385 | Statistik | 2.00 | |
8620203366 | Self-Development | 3.00 | |
8620203369 | Development | 3.00 | |
8620203391 | Communication Development Sound Perception And Rhythm | 3.00 | |
8620203360 | Ict-Based Braille | 3.00 | |
8620203405 | Early Intervention For Autistic Children | 3.00 | |
8620203404 | Early Intervention For Children With Physical Disabilities | 3.00 | |
8620203397 | Early Intervention For Children With Visual Disabilities | 3.00 | |
8620203376 | Early Intervention For Children With Learning Difficulties Learning | 3.00 | |
8620202387 | Teaching Skills And Microlearning | 2.00 | |
8620203372 | Behavior Management For Children On The Autism Spectrum | 3.00 | |
8620204344 | Orientation Social Mobility And Communication | 2.00 | |
8620202377 | Learning For Children With Difficulties Learning | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
1000020113 | Evaluation Of Teaching Programs In Schools | 2.00 | |
8620204408 | Analysis Of Teaching Programs In Public Schools | 4.00 | |
8620204409 | Public School Teaching Program Design | 4.00 | |
8620204411 | Implementation Of Public School Teaching Programs | 4.00 | |
8620204412 | Development Of Public School Teaching Programs | 4.00 | |
1000020171 | Teaching Assistance Program Planning | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
1000020148 | Evaluation Of The National Defense Program | 2.00 | |
8620204413 | Analysis Of The Needs Of The National Defense Program | 4.00 | |
8620204414 | National Defense Program Development Design | 4.00 | |
8620204415 | Dissemination And Reporting Of The National Defense Program | 4.00 | |
8620204416 | Implementation Of The National Defense Program | 4.00 | |
1000020169 | National Defense Program Planning | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8620204419 | Dissemination And Reporting Of The Industrial Practical Internship Program | 4.00 | |
1000020108 | Evaluation Of The Industrial Practical Internship Program | 2.00 | |
8620204420 | Implementation Of The Industrial Practical Internship Program | 4.00 | |
8620204417 | Analysis Of Industrial Practical Internship Program Needs | 4.00 | |
8620204418 | Industrial Practical Internship Program Development Design | 4.00 | |
1000020174 | Internship Program Planning | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8620204432 | Implementation Of Educational Innovation And Training Project Programs In Villages | 4.00 | |
8620204429 | Analysis Of Project Program Needs In Villages | 4.00 | |
8620204430 | Design Of Educational Innovation And Training Projects In Villages | 4.00 | |
8620204431 | Dissemination And Reporting Of Project Programs In Villages | 4.00 | |
1000020175 | Evaluation Of Project Programs In Villages | 2.00 | |
1000020168 | Project Program Planning In The Village | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8620204423 | Dissemination And Reporting Of Student Exchange Programs | 4.00 | |
1000020138 | Evaluation Of Student Exchange Programs | 2.00 | |
8620204421 | Analysis Of Student Exchange Program Needs | 4.00 | |
8620204422 | Student Exchange Program Development Design | 4.00 | |
8620204424 | Implementation Of The Student Exchange Program | 4.00 | |
1000020170 | Student Exchange Program Planning | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
1000020118 | Humanitarian Project Program Evaluation | 2.00 | |
8620204425 | Humanitarian Project Program Needs Analysis | 4.00 | |
8620204426 | Humanitarian Project Program Development Design | 4.00 | |
8620204427 | Dissemination And Reporting Of Humanitarian Project Programs | 4.00 | |
8620204428 | Implementation Of The Humanitarian Project Program | 4.00 | |
1000020166 | Humanitarian Project Program Planning | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8620204433 | Analysis Of Research And Research Program Needs | 4.00 | |
8620204434 | Research And Research Program Development Design | 4.00 | |
8620204435 | Dissemination And Reporting Of Research And Research Programs | 4.00 | |
1000020133 | Evaluation Of Research And Research Programs | 2.00 | |
8620204436 | Implementation Of Research And Research Programs | 4.00 | |
1000020172 | Research Program Planning | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
1000020123 | Evaluation Of Independent Study Programs And Projects | 2.00 | |
8620204437 | Study Program Needs Analysis | 4.00 | |
8620204438 | Study Program Development Design | 4.00 | |
8620204439 | Study Program Dissemination And Reporting | 4.00 | |
8620204440 | Implementation Of Study Programs | 4.00 | |
1000020173 | Independent Study Program Planning | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
1000020128 | Evaluation Of Entrepreneurship Programs | 2.00 | |
8620204444 | Entrepreneurship Program Needs Analysis | 4.00 | |
8620204441 | Entrepreneurship Program Development Design | 4.00 | |
8620204442 | Entrepreneurship Program Dissemination And Reporting | 4.00 | |
8620204443 | Implementation Of The Entrepreneurship Program | 4.00 | |
1000020167 | Entrepreneurship Program Planning | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
1000020155 | Final Project Seminar | 2.00 | |
1000002055 | Plp Asesmen Pembelajaran | 2.00 | |
MBKM0031 | Plp Program Evaluation | 2.00 | |
1000003053 | Plp Pengembangan Bahan Ajar | 3.00 | |
1000002054 | Plp Pengembangan Media Pembelajaran | 2.00 | |
1000002050 | Plp Pengembangan Program Sekolah | 2.00 | |
1000003052 | Plp Pengembangan Rencana Pembelajaran | 3.00 | |
MBKM0032 | Plp Program Planning | 2.00 | |
1000004056 | Plp Praktik Mengajar | 4.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8620204076 | Internship | 4.00 | |
8620202445 | Behavior Modification Of Children With Learning Difficulties | 2.00 | |
1000002177 | English | 2.00 | |
8620202379 | Sign Language | 2.00 | |
8620202446 | Bina Diri Abk | 2.00 | |
8620202447 | Abk Motion Building | 2.00 | |
8620202450 | Alternative And Augmentative Communication | 2.00 | |
8620202449 | Abk Education Management | 2.00 | |
8620202453 | Disability Services Unit Management | 2.00 | |
8620202448 | Abk Art Learning | 2.00 | |
8620202210 | Adaptive Physical Education | 2.00 | |
8620202451 | Abk Educational Therapy | 2.00 | |
8620202452 | Abk Vocational | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
1000004105 | Thesis | 4.00 |
Evaluasi Kurikulum Program Studi Special Education
Universitas Negeri Surabaya
Evaluasi Kurikulum:
Dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan, kurikulum S1 Pendidikan Luar Biasa perlu dievaluasi efektivitas dan efisiensinya agar sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan, kebijakan pemerintah dan institusi, serta kebutuhan pengguna lulusan.
Dalam pengembangan kurikulum, perlu dipersiapkan mekanisme evaluasi untuk memastikan keberhasilan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) prodi dalam memenuhi standar yang ada. Pada Permendikbudristek No. 53 tahun 2023, pasal 5, Standar Nasional Pendidikan yang terdiri atas:
1. standar luaran pendidikan, yaitu standar kompetensi lulusan;
2. standar proses pendidikan, meliputi standar pembelajaran; penilaian; dan pengelolaan);
3. standar masukan pendidikan, meliputi standar isi; standar dosen dan tenaga kependidikan; standar sarana dan prasarana; dan standar pembiayaan). menjadi acuan dalam menyusun, menyelenggarakan, dan mengevaluasi kurikulum. Pedoman Kurikulum S1 Pendidikan Luar Biasa disusun berdasarkan Standar Nasional Pendidikan, Deskriptor KKNI, Standar Perguruan Tinggi, serta Profil Lulusan menjadi Standar Acuan dalam mengevaluasi capaian pembelajaran prodi.
Berdasarkan Permendikbudristek No. 53 tahun 2023, pasal 25, keseluruhan proses pembelajaran yang tertuang pada kurikulum diperbaiki dan ditingkatkan secara berkelanjutan oleh program studi berdasarkan hasil evaluasi minimal terhadap 2 (dua) dari aspek berikut:
a. aktivitas pembelajaran pada setiap angkatan;
b. jumlah mahasiswa aktif pada setiap angkatan;
c. Masa Tempuh Kurikulum;
d. masa penyelesaian studi mahasiswa; dan
e. tingkat serapan lulusan mahasiswa di dunia kerja.
Apabila berdasarkan evaluasi, ditemukan perbedaan atau ketidaksesuaian dengan Standar Acuan, maka rumusan CPL prodi perlu dimodifikasi, atau jika tidak sesuai sama sekali maka CPL prodi tersebut tidak digunakan. Evaluasi ini dilakukan untuk setiap butir CPL prodi. Setelah dilakukan revisi, maka CPL prodi ditetapkan dan menjadi rujukan pada proses evaluasi selanjutnya, misalnya evaluasi terhadap struktur matakuliah (MK). Secara terperinci, evaluasi CPL dijabarkan pada Pedoman Asesmen Ketercapaian Pembelajaran pada Kurikulum Program Studi.
Tracer Study:
Tracer study rutin dilaksanakan oleh program studi S1 PLB setiap tahun. Tracer study dilaksanakan oleh tim task force program studi yang dikoordinasikan oleh Fakultas Ilmu Pendidikan. Tracer study dilaksanakan terhadap alumni, pengguna alumi dan pemangkung kepentingan. Pada pengembangan kurikulum terbaru, hasil tracer study menunjukkan bahwa 72,1% alumni bekerja sebagai pendidik bagi siswa berkebutuhan khusus, 7,0% alumni bekerja sebagai wirausaha, 3,5% alumni melanjutkan studi magister, dan 17,4% alumni bekerja pada berbagai jenis pekerjaan. Lebih lanjut, berdasarkan hasil survei terhadap, terjadi peningkatan lapangan kerja baru sebagai wirausaha sebesar 1,9%. Instrumen dan hasil tracer study tersedia di website program studi.
Rekap PLO Program Studi Special Education
Universitas Negeri Surabaya
Nama Matakuliah | Sks | Program Learning Outcomes PLO) | Total | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
PLO1 | PLO2 | PLO3 | PLO4 | PLO5 | PLO6 | PLO7 | PLO8 | PLO9 | PLO10 | |||
Children Information Processing Systems for Children with Special Needs | 2 | 16.67% | 33.33% | 33.33% | 16.67% | 100 % | ||||||
Learning Media for Children with Special Needs | 2 | 21.43% | 21.43% | 28.57% | 28.57% | 100 % | ||||||
Communication Systems for Deaf Children | 2 | 16.67% | 33.33% | 33.33% | 16.67% | 100 % | ||||||
Psychology for Children with Special | 2 | 16.67% | 33.33% | 16.67% | 33.33% | 100 % | ||||||
Perencanaan Pembelajaran | 2 | 25% | 37.5% | 37.5% | 100 % | |||||||
Learning Needs | 2 | 25% | 12.5% | 37.5% | 25% | 100 % | ||||||
Counseling Guidance for Children with Special Needs | 2 | 35% | 30% | 35% | 100 % | |||||||
Entrepreneurship | 2 | 33.33% | 66.67% | 100 % | ||||||||
Science Education | 2 | 14.29% | 14.29% | 42.86% | 28.57% | 100 % | ||||||
Orthopedagogic | 3 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | ||||||
Sign Language | 2 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | |||||||
Self-Development | 2 | 20% | 40% | 40% | 100 % | |||||||
Reading and Writing Braille | 2 | 10.53% | 10.53% | 10.53% | 10.53% | 10.53% | 10.53% | 10.53% | 7.89% | 7.89% | 10.53% | 100 % |
Braille | 2 | 25% | 50% | 25% | 100 % | |||||||
Development of Daily Living Skills | 2 | 11.11% | 33.33% | 22.22% | 33.33% | 99.99 % | ||||||
Sainsmat Learning for Children with Special Needs | 2 | 40% | 40% | 20% | 100 % | |||||||
Self-Development | 3 | 30% | 40% | 30% | 100 % | |||||||
Communication Development Sound Perception and Rhythm | 3 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | |||||||
Development | 3 | 20% | 30% | 50% | 100 % | |||||||
Learning for Children with Attention Deficit and Hyperactivity Disorders | 2 | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 100 % | ||
Early Intervention for Autistic Children | 3 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | |||||||
Early Intervention for Children with Visual Disabilities | 3 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | |||||||
Early Intervention for Children with Mental Disabilities | 3 | 30% | 20% | 50% | 100 % | |||||||
Early Intervention for Children with Physical Disabilities | 3 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % |
Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi Special Education
Universitas Negeri Surabaya
Berdasarkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 37 Tahun 2022, UNESA telah bertransformasi menjadi PTNBH. Perubahan status ini diimbangi dengan perubahan visi, misi, tujuan UNESA, sehingga berdampak pada kurikulum program studi S1 Pendidikan Luar Biasa. Perubahan kurikulum tersebut dilakukan sejalan dengan perubahan visi UNESA.
Visi UNESA PTNBH yaitu menjadi “universitas kependidikan yang tangguh, adaptif, dan inovatif yang berbasis kewirausahaan” mengharuskan adanya kurikulum baru untuk mencapai visi tersebut pada bidang pendidikan. Untuk itu, perlu adanya penyesuaian kurikulum yang sejalan dengan visi tersebut. Kurikulum UNESA PTNBH diarahkan untuk menyiapkan generasi pembelajar sepanjang hayat, berkelanjutan, dan tanpa batas waktu dengan memanfaatkan transformasi digital. Pengembangan kurikulum ini merupakan sebuah proses untuk menjawab munculnya kebutuhan dan tantangan yang akan dihadapi mahasiswa pada masa datang.
Saat ini, prodi program studi S1 Pendidikan Luar Biasa telah memiliki kurikulum adaptif yang berorientasi KKNI, SN-DIKTI, dan MBKM. Kurikulum yang digunakan adalah Kurikulum Transformasi S1 Pendidikan Luar Biasa 2024-2028. Pengembangan kurikulum yang ideal dilakukan dengan menggunakan landasan yang kuat, baik secara filosofis, sosiologis, psikologis, historis, maupun yuridis. Hal ini untuk memastikan bahwa kurikulum yang dihasilkan merupakan produk sistem berpikir yang komprehensif dan sistemik dalam mengakomodasi seluruh aktivitas yang dilakukan untuk mencapai tujuan. Aktivitas yang dimaksud tidak hanya berupa aktivitas akademik namun juga nonakademik guna menunjang pencapaian visi dan misi UNESA. Landasan pengembangan kurikulum dijabarkan sebagai berikut.
A. Landasan Yuridis
Pedoman Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi Kurikulum ini disusun berdasarkan peraturan dan kebijakan yang berlaku meliputi:
1. Pancasila dan UUD 1945;
2. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional;
3. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2005 Nomor 157, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4586);
4. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2012 Nomor 158, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5336);
5. Peraturan pemerintah Republik Indonesia No. 66 Tahun 2010 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan;
6. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 4 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Pendidikan Tinggi;
7. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 37 Tahun 2022 tentang Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum Universitas Negeri Surabaya;
8. Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI);
9. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 73 Tahun 2013 tentang Penerapan KKNI Bidang Perguruan Tinggi;
10. Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 6 tahun 2022 tentang Ijazah, Sertifikat Kompetensi, Sertifikat Profesi, Gelar, dan Kesetaraan Ijazah Perguruan Tinggi Negara Lain;
11. Keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia No. 123 Tahun 2019 tentang Magang dan Pengakuan Satuan Kredit Semester Magang Industri untuk Program Sarjana dan Sarjana Terapan;
12. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 7 Tahun 2020 tentang Pendirian Perubahan, Pembubaran Perguruan Tinggi Negeri, dan Pendirian, Perubahan, Pencabutan Izin Perguruan Tinggi Swasta;
13. Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia No. 13 Tahun 2022 Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2020 Tentang Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2020-2024;
14. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti;
15. Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 53 Tahun 2023 tentang Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi;
16. Peraturan Rektor Universitas Negeri Surabaya No. 15 Tahun 2023 tentang Kurikulum Universitas Negeri Surabaya;
17. Rencana Strategis Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi 2020-2024;
18. Rencana Strategis (Renstra) Universitas Negeri Surabaya PTNBH 2020-2025;
19. Rencana Pengembangan Jangka Panjang (RPJP) Universitas Negeri Surabaya 2022-2045;
20. Renstra Program Pascasarjana dan Renstra Fakultas selingkung UNESA.
2. Landasan Sosiologis
Landasan sosiologis mengarahkan kajian pengembangan kurikulum dikaitkan dengan kondisi dan kebudayaan masyarakat setempat. Landasan ini digunakan karena mahasiswa berasal dari masyarakat, mendapatkan pendidikan dalam lingkungan masyarakat, dan diarahkan bagi kehidupan masyarakat pula. Perubahan dan perkembangan nilai yang ada di masyarakat akan mempengaruhi tatanan kehidupan bermasyarakat. Oleh karena itu, kurikulum harus dapat menjawab tantangan, tuntutan, dan perkembangan masyarakat baik lokal maupun global sebagai sasaran pengguna lulusan yang dihasilkan dari kurikulum yang dikembangkan.
Sebagai bagian dari masyarakat dan bangsa Indonesia, kurikulum UNESA dikembangkan berdasarkan kehidupan bermasyarakat di Indonesia yang berdasarkan Pancasila dengan pengamalan nilai yang terkandung di dalamnya. Indonesia juga merupakan bangsa yang besar dengan kemajemukan budaya, maka kurikulum ini perlu mengakomodasi hal tersebut untuk memperkuat budaya nasional. Perkembangan budaya dengan kearifan lokal tempat UNESA tumbuh dan berkembang menjadi ciri khas yang menampilkan karakteristik UNESA sebagai bagian dari kemajemukan masyarakat Indonesia yang luas. Di samping itu, kurikulum UNESA juga mempertimbangkan perkembangan masyarakat global sehingga para lulusannya diharapkan mampu untuk berkolaborasi dan berkompetisi di level internasional.
3. Landasan Psikologis
Landasan psikologis adalah landasan berdasarkan kondisi karakteristik manusia sebagai individu, yang dinyatakan dalam berbagai bentuk perilaku baik kognitif, afektif, dan psikomotor sebagai akibat interaksi individu dengan lingkungannnya.Aspek psikologis peserta didik berpengaruh terhadap proses pembelajaran (Slavin, 2006). Mengingat pentingnya aspek psikologis, pengembangan kurikulum perlu mengakomodasi kondisi peserta didik agar pembelajaran dapat mencapai tujuan yang diharapkan.
Mahasiswa UNESA secara psikologis berada pada tahap berpikir formal, tahap perkembangan moral yang pada umumnya telah mencapai pascakonvensional (Kohlberg & Gilligan, 2014), dan tahap perkembangan sosial yang telah mencapai usia remaja dengan karakteristik yang khas. Untuk itu, kurikulum UNESA yang dikembangkan perlu memperhatikan tahap-tahap perkembangan psikologi mahasiswa. Di samping itu, mahasiswa merupakan individu yang berada dalam proses perkembangan yang bersifat dinamis sesuai dengan karakteristik dan tingkat kematangannya. Oleh karena itu, pengembangan kurikulum UNESA perlu mencermati dinamika perkembangan tersebut untuk menghasilkan kurikulum yang membuat mahasiswa merasa nyaman dan terlayani untuk memperoleh hasil yang maksimal. Hal tersebut dapat diakomodasikan dalam bentuk implementasi kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan yakni pendalaman ilmu sebagai penguatan keilmuan dan kebebasan cara belajar sebagai bentuk penghargaan humanisasi dan demokratisasi belajar.
Melalui pendekatan pembelajaran heutagogy dan seamless learning, pengembangan kurikulum di UNESA akan dapat mendorong mahasiswa sebagai pebelajar dewasa yang bertanggungjawab secara mandiri terhadap proses pembelajaran yang dilakukan tanpa adanya pembatasan-pembatasan terhadap subjek, ruang dan waktu belajar melalui pemanfaatan transformasi digital sehingga mampu melaksanakan pembelajaran sepanjang hayat secara berkelanjutan.
4. Landasan Historis
Secara historis, pengembangan kurikulum UNESA berjalan searah dengan pengembangan lembaga yang diawali dari kursus guru B-I dan B-II pada tahun 1950-an, yang selanjutnya berkembang menjadi Akademi Pendidikan Guru hingga FKIP dan IKIP Surabaya. Pada perkembangan selanjutnya IKIP Surabaya berubah menjadi universitas sebagai perluasan mandat untuk mengembangkan program nonkependidikan di samping program kependidikan yang telah lama dilakukan. Dengan demikian pengembangan kurikulum dilakukan pula mengikuti proses tersebut seiring dengan peraturan dan perundangan yang berlaku saat itu.
Kurikulum di UNESA mengalami perkembangan yang cukup dinamis. Perkembangan tersebut disesuaikan dengan kebutuhan dan aturan yang berlaku saat pengembangan kurikulum dilakukan. Misalnya ketika berlaku kurikulum bersifat nasional yang ditentukan oleh konsorsium pendidikan, kurikulum yang dihasilkan belum mengarah pada pencapaian visi dan misi UNESA. Ketika peraturan tentang pengembangan kurikulum berlaku, maka kurikulum mulai ditata sesuai dengan arah dan prosedur yang benar.
Berdasarkan landasan historis tersebut, proses pengembangan kurikulum perlu memperhatikan berbagai macam kelebihan dan kelemahan serta karakteristik kurikulum yang pernah dihasilkan dan dipergunakan. Hal ini perlu dijadikan landasan untuk menghasilkan kurikulum yang lebih baik dengan memperhatikan kondisi dan peraturan yang berlaku.
Berdasarkan uraian di atas, kurikulum di UNESA dikembangkan dengan mempertimbangkan aspek-aspek, meliputi: visi, misi, dan tujuan UNESA, isu-isu terkait pengembangan sumber daya manusia dan perkembangan IPTEKS, serta landasan filosofis, sosiologis, psikologis, historis, dan yuridis. Secara visual, pengembangan kurikulum di UNESA dapat disajikan pada gambar berikut:
Copyright © 2024 Sinau Digital UNESA All Rights Reserved