Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S1 Ekonomi Islam

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Ekonomi Pembangunan

6020202019

T=2

P=0

ECTS=3.18

6

22 November 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Dr. Ahmad Ajib Ridlwan, S.Pd., M.SEI.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

Program Objectives (PO)

Matrik PLO-PO

 
PO

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Matakuliah ini mengkaji berbagai teori pembangunan dan penerapannya di negara sedang berkembang, yang meliputi antaralain: distribusi pendapatan dan kemiskinan, ketenagakerjaan dan pengangguran, perdaganganinternasional dan globalisasi, serta lingkungan hidup. Selain itu jugamembahas tentang pertumbuhan ekonomi dan pemerataan, strategi pembangunan dan perencanaanpembangunan nasional di Indonesia.

Pustaka

Utama :

  1. Arsyad, Lincolln. 2002.  Ekonomi Pembangunan. Yogyakarta: UPP STIM YKPN       
  2. Abdul Hakim. 2009.. Ekonomika Pembangunan.. Yogyakarta:EKONESIA.
  3. Jhingan, ML. 2002. Ekonomi Pembangunan danPerencanaan . Terjemahan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
  4. Mudrajad Kuncoro. 2000. Ekonomi Pembangunan: Teori, Masalahdan Kebijakan.. Yogyakarta: AMP YKPN
  5. Suparmoko dan Irawan.  1999.  EkonomiPembangunan.  Edisi Revisi. Yogyakarta: UPP YKPN.
  6. Sukirno, Sadono. 2006. Ekonomi Pembangunan. Proses, Masalah dan Dasar Kebijakan. Jakarta:Kencana
  7. Todaro, Michael. 1999. Ekonomi Pembangunan Dunia Ketiga.Terjemahan.  Jakarta: Erlangga

Pendukung :

Dosen Pengampu

Dr. Prayudi Setiawan Prabowo, S.E., M.E.

Hendry Cahyono, S.E., M.E.

Ladi Wajuba Perdini Fisabilillah, S.Pd., M.SE.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Memahami hakikat ekonomi pembangunan

  1. Mendeskripsikan Pengertian ekonomi Pembangunan
  2. Menganalisis Kedudukan ekonomi pembangunan
  3. Ruang lingkup Ekonomi pembangunan
Kriteria:

(nilai minimal 40, maksimal 95)

Ceramah Tanyajawab diskusi.
3 X 50

0%

2

Minggu ke 2

Memahami teori-teori utama pembanguan (pertumbuhan linear dan perubahan struktural

  1. Menganalisis Teori pertumbuhan linear
  2. Mendeskripsikan Teori pertumbuhan Adam Smith
  3. Menganalisis Teori pertumbuhan Karl Marx
  4. Menganalisis Teori Pertumbuhan Rostow
Kriteria:

maks 100

Ceramah, Tanyajawab, diskusi, Brain storming
3 X 50

0%

3

Minggu ke 3

Mengidentifikasi ciri-ciri ne gara sedang berkembang dan strategi pembangunan

  1. Mengidentifikasi Ciri-ciri Negara sedang berkembang
  2. Mendeskripsikan Strategi pembangunan Negara sedang berkembang
Kriteria:

maks 100

Ceramah, Tanyajawab, diskusi,
3 X 50

0%

4

Minggu ke 4

Memahami peran sumber daya dalam pembangunan

  1. Mendeskripsikan Sumber daya alam
  2. Mendeskripsikan Sumber daya manusia
  3. Menganalisis sumber daya modal
  4. Menganalisis sumber daya kelembagaan
Kriteria:

maks 100

Ceramah, Tanyajawab, diskusi,
3 X 50

0%

5

Minggu ke 5

Menganalisis peranan Nega ra dalam pembiayaan pembangunan.

  1. Mendeskripsikan Peran Negara dalam pembangunan.
  2. Peran Negara dalam pembiayaan pembangunan
  3. Menganalisis Peran swasta dalam pembangunan
Kriteria:

maks 100

Ceramah, Tanyajawab, diskusi,
3 X 50

0%

6

Minggu ke 6

Mendeskripsikan partumbuhan dan pemerataan

  1. Mengidentifikasi Pertumbuhan ekonomi
  2. Mendeskripsikan Distribusi pendapatan
  3. Merumuskan ketimpangan sosial
  4. Menganalisis kemiskinan yang perlu dikurangi
Kriteria:

maks 100

Ceramah, Tanyajawab, diskusi,Studi kasus
3 X 50

0%

7

Minggu ke 7

Memahami teori dependensia dan kaum neo-klasik

  1. Mendeskripsikan teori dependensia
  2. Menerapkan Teori neo-klasik
Kriteria:

maks 100

Ceramah, Tanyajawab, diskusi, Studi kasus
3 X 50

0%

8

Minggu ke 8

UTS


    3 X 50

    0%

    9

    Minggu ke 9

    Memahami masalah kependudukan dan ketenagakerjaan.

    1. Mendeskripsikan Isu global kependudukan
    2. Mendeskripsikan Teori Malthus
    3. Mendeskripsikan Teori transisi kependudukan
    Kriteria:

    maks 100

    Ceramah, Tanyajawab, diskusi,
    3 X 50

    0%

    10

    Minggu ke 10

    Memahami ekonomi politik liberalisasi

    1. Mendeskripsikan Liberalisasi ekonomi di Negara berkembang
    2. Menentukan liberalisasi ekonomi di Indonesia
    Kriteria:

    maks 100

    Presentasi, Tanya jawab, diskusi
    3 X 50

    0%

    11

    Minggu ke 11

    Menganalisis dualisme pembangunan (sosial, ekologi, teknologi, finansial dan regional)

    1. Mendeskripsikan Konsep Dualisme
    2. Menganalisis Dualisme sosial
    3. Menganalisis Dualisme ekologi
    4. Mengidentifikasi Dualisme teknologi
    5. Menganalisis Dualisme finansial
    6. Mendeskripsikan Dualisme regional
    Kriteria:

    maks 100

    Presentasi, Tanya jawab, diskusi
    3 X 50

    0%

    12

    Minggu ke 12

    Menguasai unsur-unsur pokok kebijakan pembangunan

    1. Mengidentifikasi Kebijakan ekonomi konvensional Mendeskripsikan Kebijakan penanaman modal
    2. Mendeskripsikan Kebijakan pengerahan modal pembangunan
    Kriteria:

    maks 100

    Ceramah, Tanya jawab, diskusi,Studi kasus
    3 X 50

    0%

    13

    Minggu ke 13

    Memahami kebijakan ekonomi era globalisasi dan perusahaan Transnasional

    1. Mengidentifikasi Kebijakan ekonomi era globalisasi
    2. Mendeskripsikan Perusahaan transnasional
    Kriteria:

    maks 100

    Presentasi, Tanya jawab, diskusi
    3 X 50

    0%

    14

    Minggu ke 14

    Menganalisis pembangunan Indonesia.

    1. Mendeskripsikan Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP)
    2. Menganalisis Rencana Pembabangunan Jangka Menengah (RPJM)
    3. Mendeskripsikan Rencana Pembangunan Tahunan (RPT)
    Kriteria:

    maks 100

    Presentasi, Tanya jawab, diskusi, Studi kasus
    3 X 50

    0%

    15

    Minggu ke 15

    Mengevaluasi perencanaan dan pelaksanaan ekonomi pembangunan di Indonesia

    1. Mengklasifikasi hasil-hasil pembangunan
    2. Mendeskripsikan kesejahteraan sosial
    3. Mendeskripsikan Hasil-hasil pembangunan
    4. Menganalisis Pemerataan pembangunan ekonomi
    5. Menganalisis pembangunan ekonomi dalam menunjang kesejahteraan rakyat
    Kriteria:

    maks 100

    Presentasi, Tanya jawab, diskusi, Studi Kasus
    3 X 50

    0%

    16

    Minggu ke 16

    UAS


      3 X 50

      0%



      Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

      No Evaluasi Persentase
      0%

      Catatan

      1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
      2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
      3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
      4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
      5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
      6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
      7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
      8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
      9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
      10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
      11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
      12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.