Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Sekolah Pascasarjana
Program Studi S2 Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Fisika Kuantum

8310102147

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=2

P=0

ECTS=4.48

1

18 Januari 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Puput Wanarti Rusimamto




Prof. Dr. Ir. Achmad Imam Agung, M.Pd.




Prof. Dr. Ir. Achmad Imam Agung, M.Pd.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-1

Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-5

Bertaqwa kepada Tuhan Yang maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religious

PLO-6

Bekerja sama dan memiliki kepekaan social serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan

PLO-7

Memiliki pengetahuan yang luas di bidang pengetahuan umum, sosial dan humaniora

PLO-9

Mampu menyelaraskan kurikulum S2 Pendidikan Teknologi Kejuruan yang relevan dengan tuntutan perkembangan industri global.

PLO-12

Memiliki pengetahuan yang komprehensif sehingga dapat menyelesaikan permasalahan kompleks yang khas di program S2 Pendidikan teknologi kejuruan dan mengikuti kaidah penulisan ilmiah

PLO-13

Mampu melakukan analisis pada penelitian dan pengembangan program S2 Pendidikan teknologi kejuruan dengan mengikuti kaidah penulisan ilmiah

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa mampu berpikir kritis dan menggunakan sifat-sifat fisis dari suatu system fisis yang tepat untuk mengelompokkan ke dalam konsep fisika klasik dan modern

PO - 2

Mahasiswa mampu merumuskan secara matematik/komputasi fenomena radiasi benda hitam dan efek foto listrik untuk mendapatkan model fisis yang tepat dari dua fenomena kuantitatif tersebut

PO - 3

Mahasiswa mampu menganalisis system fisik dengan mengimplementasikan proses berpikir tingkat tinggi (kritis, kreatif, logis, dan penyelesaian masalah) dalam mempelajari gelombang Schrodinger baik secara induktif maupun deduktif.

PO - 4

Mahasiswa mampu menggunakan bahasa simbolik dan numerik secara kreatif dalam mendeskripsikan teori atom hydrogen, bilangan kuantum, transisi electron, dan interaksi spin-orbit secara kualitatif dan kuantitatif.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-1PLO-2PLO-3PLO-4PLO-5PLO-6PLO-7PLO-9PLO-12PLO-13
PO-1    
PO-2    
PO-3    
PO-4

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Perkuliahan ini dilaksanakan dengan menggunakan “Student Centered Learning Method” berbantuan referensi, jurnal, ICT, dan layanan akademik. Ruang lingkup materi kuliah meliputi: 1) Konsep Kuantum, 2) Perumusan Mekanika Gelombanga Schrodinger, 3) Teori Atom Hidrogen, 4) Sistem Orbital, 5) Transisi Elektron, 6) Aturan Pauli, 7) Efek Zeeman dan Stark, dan 8) Interaksi Spin-Orbit.

Pustaka

Utama :

  1. Prastowo, T. and Rahmawati, E. Lecture Notes on Quantum Physics. Unpublished work, 2014

Pendukung :

  1. Malcom Longair, Quantum Concepts in Physics an Alternative Approach to the Understanding of Quantum Mechanics, Cambridge University Press, 2014

Dosen Pengampu

Dr. Puput Wanarti Rusimamto, S.T., M.T.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mampu melakukan telaah referensi secara efektif terhadap fenomena kuantum dan memberikan rasional kelemahan fisika klasik terhadap fenomena tersebut

Mampu membangun argumentasi yang kuat terkait rasional kelemahan fisika klasik terhadap fenomena kuantum berdasar referensi wajib dan pilihan mahasiswa

Kriteria:
  1. Kreteria: Kualitatif
  2. Bentuk: Diskusi Kelompok dan Tes Kinerja

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Student Centered Learning
a. Bentuk Pembelajaran: Kuliah
b. Metode Pembelajaran: Student Centered Learning
c. Penugasan Mahasiswa: Pemberian tugas kelompok
d. Waktu: [4 x 50 menit]
4x50 menit
Materi: Ruang Lingkup Materi “Fisika Kuantum”
Pustaka: Prastowo, T. and Rahmawati, E. Lecture Notes on Quantum Physics. Unpublished work, 2014
5%

2

Minggu ke 2

Mampu melakukan telaah referensi secara efektif terhadap fenomena kuantum dan memberikan rasional kelemahan fisika klasik terhadap fenomena tersebut

Mampu membangun argumentasi yang kuat terkait rasional kelemahan fisika klasik terhadap fenomena kuantum berdasar referensi wajib dan pilihan mahasiswa

Kriteria:

a. Kreteria: Kualitatif b. Bentuk: Diskusi Kelompok dan Tes Kinerja


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Student Centered Learning
a. Bentuk Pembelajaran: Kuliah
b. Metode Pembelajaran: Student Centered Learning
c. Penugasan Mahasiswa: Pemberian tugas kelompok
d. Waktu: [4 x 50 menit]
4x50 menit
Materi: Ruang Lingkup Materi “Fisika Kuantum”
Pustaka: Prastowo, T. and Rahmawati, E. Lecture Notes on Quantum Physics. Unpublished work, 2014
5%

3

Minggu ke 3

Mampu melakukan telaah referensi secara efektif terhadap fenomena kuantum dan memberikan rasional kelemahan fisika klasik terhadap fenomena tersebut

  1. a. Mampu membangun model matematika dan menyelesaikannya untuk radiasi benda hitam secara kuantitatif
  2. Mampu membangun model matematika dan menyelesaikannya untuk efek foto listrik secara kuantitatif
Kriteria:
  1. Kriteria: Kuantitatif
  2. Bentuk: Diskusi Kelompok dan Tes Kinerja

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
a. Bentuk Pembelajaran: Kuliah
b. Metode Pembelajaran: Student Centered Learning
c. Penugasan Mahasiswa: Pemberian tugas kelompok
d. Waktu: [6 x 50 menit]

6x50 menit
Materi: Perumusan Mekanika Gelombanga Schrodinger
Pustaka: Prastowo, T. and Rahmawati, E. Lecture Notes on Quantum Physics. Unpublished work, 2014
5%

4

Minggu ke 4

Mampu merumuskan model matematis dan menyelesaikannya untuk radiasi benda hitam dan efek foto listrik secara kuantitatif

  1. a. Mampu membangun model matematika dan menyelesaikannya untuk radiasi benda hitam secara kuantitatif
  2. Mampu membangun model matematika dan menyelesaikannya untuk efek foto listrik secara kuantitatif
Kriteria:
  1. Kriteria: Kuantitatif
  2. Bentuk: Diskusi Kelompok dan Tes Kinerja

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
a. Bentuk Pembelajaran: Kuliah
b. Metode Pembelajaran: Student Centered Learning
c. Penugasan Mahasiswa: Pemberian tugas kelompok
d. Waktu: [6 x 50 menit]

6x50 menit
Materi: Perumusan Mekanika Gelombanga Schrodinger
Pustaka: Prastowo, T. and Rahmawati, E. Lecture Notes on Quantum Physics. Unpublished work, 2014
5%

5

Minggu ke 5

Mampu merumuskan model matematis dan menyelesaikannya untuk radiasi benda hitam dan efek foto listrik secara kuantitatif

  1. a. Mampu membangun model matematika dan menyelesaikannya untuk radiasi benda hitam secara kuantitatif
  2. Mampu membangun model matematika dan menyelesaikannya untuk efek foto listrik secara kuantitatif
Kriteria:
  1. Kriteria: Kuantitatif
  2. Bentuk: Diskusi Kelompok dan Tes Kinerja

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
a. Bentuk Pembelajaran: Kuliah
b. Metode Pembelajaran: Student Centered Learning
c. Penugasan Mahasiswa: Pemberian tugas kelompok
d. Waktu: [6 x 50 menit]

6x50 menit
Materi: Perumusan Mekanika Gelombanga Schrodinger
Pustaka:
5%

6

Minggu ke 6

Mampu menganalisis secara kreatif terhadap perilaku gelombang Schrodinger pada kejadian free particle, stepping potensial, square well, dan tunneling fenomenon baik secara induktif maupun deduktif

  1. Mampu melakukan analisis secara kreatif terhadap perilaku gelombang Schrodinger pada kejadian free particle
  2. Mampu melakukan analisis secara kreatif terhadap perilaku gelombang Schrodinger pada kejadian stepping potensial
Kriteria:
  1. a. Kreteria: Kualitatif
  2. b. Bentuk: Diskusi Kelompok dan Tes Kinerja

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
a. Bentuk Pembelajaran: Kuliah
b. Metode Pembelajaran: Student Centered Learning
c. Penugasan Mahasiswa: Pemberian tugas kelompok
d. Waktu: [4 x 50 menit]
Student Centered Learning
Materi: Tinjauan teori atom hidrogen terkait dengan solusi lengkap persamaan Schrodinger komponen radial dan harmonik bola
Pustaka: Prastowo, T. and Rahmawati, E. Lecture Notes on Quantum Physics. Unpublished work, 2014
5%

7

Minggu ke 7

Mampu menganalisis secara kreatif terhadap perilaku gelombang Schrodinger pada kejadian free particle, stepping potensial, square well, dan tunneling fenomenon baik secara induktif maupun deduktif

  1. Mampu melakukan analisis secara kreatif terhadap perilaku gelombang Schrodinger pada kejadian free particle
  2. Mampu melakukan analisis secara kreatif terhadap perilaku gelombang Schrodinger pada kejadian stepping potensial
Kriteria:
  1. a. Kreteria: Kualitatif
  2. b. Bentuk: Diskusi Kelompok dan Tes Kinerja

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
a. Bentuk Pembelajaran: Kuliah
b. Metode Pembelajaran: Student Centered Learning
c. Penugasan Mahasiswa: Pemberian tugas kelompok
d. Waktu: [4 x 50 menit]
Student Centered Learning
Materi: Tinjauan teori atom hidrogen terkait dengan solusi lengkap persamaan Schrodinger komponen radial dan harmonik bola
Pustaka: Prastowo, T. and Rahmawati, E. Lecture Notes on Quantum Physics. Unpublished work, 2014
5%

8

Minggu ke 8

  1. Mahasiswa mampu berpikir kritis dan menggunakan sifat-sifat fisis dari suatu system fisis yang tepat untuk mengelompokkan ke dalam konsep fisika klasik dan modern
  2. Mahasiswa mampu merumuskan secara matematik/komputasi fenomena radiasi benda hitam dan efek foto listrik untuk mendapatkan model fisis yang tepat dari dua fenomena kuantitatif tersebut
  3. Mahasiswa mampu menganalisis system fisik dengan mengimplementasikan proses berpikir tingkat tinggi (kritis, kreatif, logis, dan penyelesaian masalah) dalam mempelajari gelombang Schrodinger baik secara induktif maupun deduktif.

UTS

Kriteria:

Tes


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
UTS
UTS
Materi: UTS
Pustaka: Prastowo, T. and Rahmawati, E. Lecture Notes on Quantum Physics. Unpublished work, 2014

Materi: UTS
Pustaka: Prastowo, T. and Rahmawati, E. Lecture Notes on Quantum Physics. Unpublished work, 2014
10%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa mampu menggunakan bahasa simbolik dan numerik secara kreatif dalam mendeskripsikan teori atom hydrogen, bilangan kuantum, transisi electron, dan interaksi spin-orbit secara kualitatif dan kuantitatif.

Mampu melakukan analisis secara kreatif terhadap perilaku gelombang Schrodinger pada kejadian square well and tunneling

Kriteria:
  1. a. Kreteria: Kualitatif
  2. b. Bentuk: Praktek Pengukuran, Diskusi Kelompok dan Tes Kinerja

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
a. Bentuk Pembelajaran: Kuliah
b. Metode Pembelajaran: Student Centered Learning
c. Penugasan Mahasiswa: Pemberian tugas kelompok
d. Waktu: [4 x 50 menit]

Materi: Teori Atom Hidrogen, Sistem Orbital, Transisi Elektron
Pustaka:
5%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa mampu menggunakan bahasa simbolik dan numerik secara kreatif dalam mendeskripsikan teori atom hydrogen, bilangan kuantum, transisi electron, dan interaksi spin-orbit secara kualitatif dan kuantitatif.

Mampu melakukan analisis secara kreatif terhadap perilaku gelombang Schrodinger pada kejadian square well and tunneling

Kriteria:
  1. a. Kreteria: Kualitatif
  2. b. Bentuk: Praktek Pengukuran, Diskusi Kelompok dan Tes Kinerja

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
a. Bentuk Pembelajaran: Kuliah
b. Metode Pembelajaran: Student Centered Learning
c. Penugasan Mahasiswa: Pemberian tugas kelompok
d. Waktu: [4 x 50 menit]

Materi: Teori Atom Hidrogen, Sistem Orbital, Transisi Elektron
Pustaka:
5%

11

Minggu ke 11

Mampu mengomunikasikan secara logis dan kreatif teori atom hydrogen, bilangan kuantum, transisi electron, dan interaksi spin-orbit secara kualitatif dan kuantitatif

  1. Mampu mengomunikasikan sejarah perkembangan teori atom secara logis dan kreatif menggunakan TIK
  2. Mampu mengomunikasikan model atom hydrogen termasuk bilangan kuantumnya menggunakan persamaan Schroedinger 3D secara logis dan kreatif menggunakan TIK
Kriteria:
  1. Kriteria: Kualitatif atau kualitatif
  2. Bentuk: Kuliah dan kerja kelompok, layanan konsultasi akademik, dan Observasi Kinerja

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
a. Bentuk Pembelajaran: Kuliah dan Kerja kelompok
b. Metode Pembelajaran: Student Centered Learning
c. Penugasan Mahasiswa: Pemberian tugas kelompok
d. Waktu: [12 x 50 menit]

Materi: Efek Zeeman dan Stark, Interaksi Spin-Orbit
Pustaka:
5%

12

Minggu ke 12

Mampu mengomunikasikan secara logis dan kreatif teori atom hydrogen, bilangan kuantum, transisi electron, dan interaksi spin-orbit secara kualitatif dan kuantitatif

  1. Mampu mengomunikasikan sejarah perkembangan teori atom secara logis dan kreatif menggunakan TIK
  2. Mampu mengomunikasikan model atom hydrogen termasuk bilangan kuantumnya menggunakan persamaan Schroedinger 3D secara logis dan kreatif menggunakan TIK
Kriteria:
  1. Kriteria: Kualitatif atau kualitatif
  2. Bentuk: Kuliah dan kerja kelompok, layanan konsultasi akademik, dan Observasi Kinerja

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
a. Bentuk Pembelajaran: Kuliah dan Kerja kelompok
b. Metode Pembelajaran: Student Centered Learning
c. Penugasan Mahasiswa: Pemberian tugas kelompok
d. Waktu: [12 x 50 menit]

Materi: Efek Zeeman dan Stark, Interaksi Spin-Orbit
Pustaka:
5%

13

Minggu ke 13

Mampu mengomunikasikan secara logis dan kreatif teori atom hydrogen, bilangan kuantum, transisi electron, dan interaksi spin-orbit secara kualitatif dan kuantitatif

  1. Mampu mengomunikasikan transisi electron atom hidrogen secara logis dan kreatif menggunakan TIK
  2. Mampu mengomunikasikan interaksi spinorbit secara logis dan kreatif menggunakan TIK
Kriteria:
  1. Kreteria: Kualitatif atau kualitatif
  2. Bentuk: Kuliah dan kerja kelompok, layanan konsultasi akademik, dan Observasi Kinerja

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
a. Bentuk Pembelajaran: Kuliah dan Kerja kelompok
b. Metode Pembelajaran: Student Centered Learning
c. Penugasan Mahasiswa: Pemberian tugas kelompok
d. Waktu: [12 x 50 menit]

Materi: Orbital, transisi elektron, dan aturan Pauli, Efek Zeeman dan efek Stark, Peran interaksi interaksi spin-orbit dalam fenomena struktur halus dan super halus
Pustaka: Prastowo, T. and Rahmawati, E. Lecture Notes on Quantum Physics. Unpublished work, 2014
5%

14

Minggu ke 14

Mampu mengomunikasikan secara logis dan kreatif teori atom hydrogen, bilangan kuantum, transisi electron, dan interaksi spin-orbit secara kualitatif dan kuantitatif

  1. Mampu mengomunikasikan transisi electron atom hidrogen secara logis dan kreatif menggunakan TIK
  2. Mampu mengomunikasikan interaksi spinorbit secara logis dan kreatif menggunakan TIK
Kriteria:
  1. Kreteria: Kualitatif atau kualitatif
  2. Bentuk: Kuliah dan kerja kelompok, layanan konsultasi akademik, dan Observasi Kinerja

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
a. Bentuk Pembelajaran: Kuliah dan Kerja kelompok
b. Metode Pembelajaran: Student Centered Learning
c. Penugasan Mahasiswa: Pemberian tugas kelompok
d. Waktu: [12 x 50 menit]

Materi: Orbital, transisi elektron, dan aturan Pauli, Efek Zeeman dan efek Stark, Peran interaksi interaksi spin-orbit dalam fenomena struktur halus dan super halus
Pustaka: Prastowo, T. and Rahmawati, E. Lecture Notes on Quantum Physics. Unpublished work, 2014
5%

15

Minggu ke 15

Mampu mengomunikasikan secara logis dan kreatif teori atom hydrogen, bilangan kuantum, transisi electron, dan interaksi spin-orbit secara kualitatif dan kuantitatif

  1. Mampu mengomunikasikan transisi electron atom hidrogen secara logis dan kreatif menggunakan TIK
  2. Mampu mengomunikasikan interaksi spinorbit secara logis dan kreatif menggunakan TIK
Kriteria:
  1. Kreteria: Kualitatif atau kualitatif
  2. Bentuk: Kuliah dan kerja kelompok, layanan konsultasi akademik, dan Observasi Kinerja

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
a. Bentuk Pembelajaran: Kuliah dan Kerja kelompok
b. Metode Pembelajaran: Student Centered Learning
c. Penugasan Mahasiswa: Pemberian tugas kelompok
d. Waktu: [12 x 50 menit]

Materi: Orbital, transisi elektron, dan aturan Pauli, Efek Zeeman dan efek Stark, Peran interaksi interaksi spin-orbit dalam fenomena struktur halus dan super halus
Pustaka: Prastowo, T. and Rahmawati, E. Lecture Notes on Quantum Physics. Unpublished work, 2014
5%

16

Minggu ke 16

UAS

UAS

Kriteria:

Tes


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
UAS
UAS
Materi: UAS
Pustaka: Prastowo, T. and Rahmawati, E. Lecture Notes on Quantum Physics. Unpublished work, 2014
20%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 60%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 25%
3. Penilaian Portofolio 2.5%
4. Praktik / Unjuk Kerja 5%
5. Tes 7.5%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.