|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Sekolah Pascasarjana
Program Studi S2 Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Fisika Kuantum |
8310102147 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=2 |
P=0 |
ECTS=4.48 |
1 |
18 Januari 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Puput Wanarti Rusimamto
|
Prof. Dr. Ir. Achmad Imam Agung, M.Pd.
|
Prof. Dr. Ir. Achmad Imam Agung, M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-1 |
Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
PLO-5 |
Bertaqwa kepada Tuhan Yang maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religious |
PLO-6 |
Bekerja sama dan memiliki kepekaan social serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan |
PLO-7 |
Memiliki pengetahuan yang luas di bidang pengetahuan umum, sosial dan humaniora |
PLO-9 |
Mampu menyelaraskan kurikulum S2 Pendidikan Teknologi Kejuruan yang relevan dengan tuntutan perkembangan industri global. |
PLO-12 |
Memiliki pengetahuan yang komprehensif sehingga dapat menyelesaikan permasalahan kompleks yang khas di program S2 Pendidikan teknologi kejuruan dan mengikuti kaidah penulisan ilmiah |
PLO-13 |
Mampu melakukan analisis pada penelitian dan pengembangan program S2 Pendidikan teknologi kejuruan dengan mengikuti kaidah penulisan ilmiah |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mahasiswa mampu berpikir kritis dan menggunakan sifat-sifat fisis dari suatu system fisis yang tepat untuk mengelompokkan ke dalam konsep fisika klasik dan modern
|
PO - 2 |
Mahasiswa mampu merumuskan secara matematik/komputasi fenomena radiasi benda hitam dan efek foto listrik untuk mendapatkan model fisis yang tepat dari dua fenomena kuantitatif tersebut
|
PO - 3 |
Mahasiswa mampu menganalisis system fisik dengan mengimplementasikan proses berpikir tingkat tinggi (kritis, kreatif, logis, dan penyelesaian masalah) dalam mempelajari gelombang Schrodinger baik secara induktif maupun deduktif.
|
PO - 4 |
Mahasiswa mampu menggunakan bahasa simbolik dan numerik secara kreatif dalam mendeskripsikan teori atom hydrogen, bilangan kuantum, transisi electron, dan interaksi spin-orbit secara kualitatif dan kuantitatif.
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-1 | PLO-2 | PLO-3 | PLO-4 | PLO-5 | PLO-6 | PLO-7 | PLO-9 | PLO-12 | PLO-13 | PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | PO-2 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | PO-3 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | PO-4 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Perkuliahan ini dilaksanakan dengan menggunakan “Student Centered Learning Method” berbantuan referensi, jurnal, ICT, dan layanan akademik. Ruang lingkup materi kuliah meliputi: 1) Konsep Kuantum, 2) Perumusan Mekanika Gelombanga Schrodinger, 3) Teori Atom Hidrogen, 4) Sistem Orbital, 5) Transisi Elektron, 6) Aturan Pauli, 7) Efek Zeeman dan Stark, dan 8) Interaksi Spin-Orbit. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Prastowo, T. and Rahmawati, E. Lecture Notes on Quantum Physics. Unpublished work, 2014
|
Pendukung : |
|
- Malcom Longair, Quantum Concepts in Physics an Alternative Approach to the Understanding of Quantum Mechanics, Cambridge University Press, 2014
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Puput Wanarti Rusimamto, S.T., M.T. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mampu melakukan telaah referensi secara efektif terhadap fenomena kuantum dan memberikan rasional kelemahan fisika klasik terhadap fenomena tersebut |
Mampu membangun argumentasi yang kuat terkait rasional kelemahan fisika klasik terhadap fenomena kuantum berdasar referensi wajib dan pilihan mahasiswa |
Kriteria:
- Kreteria: Kualitatif
- Bentuk: Diskusi Kelompok dan Tes Kinerja
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Student Centered Learning
|
a. Bentuk Pembelajaran: Kuliah
b. Metode Pembelajaran: Student Centered Learning
c. Penugasan Mahasiswa: Pemberian tugas kelompok
d. Waktu: [4 x 50 menit] 4x50 menit |
Materi: Ruang Lingkup Materi “Fisika Kuantum” Pustaka: Prastowo, T. and Rahmawati, E. Lecture Notes on Quantum Physics. Unpublished work, 2014 |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Mampu melakukan telaah referensi secara efektif terhadap fenomena kuantum dan memberikan rasional kelemahan fisika klasik terhadap fenomena tersebut |
Mampu membangun argumentasi yang kuat terkait rasional kelemahan fisika klasik terhadap fenomena kuantum berdasar referensi wajib dan pilihan mahasiswa |
Kriteria:
a. Kreteria: Kualitatif b. Bentuk: Diskusi Kelompok dan Tes Kinerja Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Student Centered Learning
|
a. Bentuk Pembelajaran: Kuliah
b. Metode Pembelajaran: Student Centered Learning
c. Penugasan Mahasiswa: Pemberian tugas kelompok
d. Waktu: [4 x 50 menit] 4x50 menit |
Materi: Ruang Lingkup Materi “Fisika Kuantum” Pustaka: Prastowo, T. and Rahmawati, E. Lecture Notes on Quantum Physics. Unpublished work, 2014 |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Mampu melakukan telaah referensi secara efektif terhadap fenomena kuantum dan memberikan rasional kelemahan fisika klasik terhadap fenomena tersebut |
- a. Mampu membangun model matematika dan menyelesaikannya untuk radiasi benda hitam secara kuantitatif
- Mampu membangun model matematika dan menyelesaikannya untuk efek foto listrik secara kuantitatif
|
Kriteria:
- Kriteria: Kuantitatif
- Bentuk: Diskusi Kelompok dan Tes Kinerja
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
a. Bentuk Pembelajaran: Kuliah
b. Metode Pembelajaran: Student Centered Learning
c. Penugasan Mahasiswa: Pemberian tugas kelompok
d. Waktu: [6 x 50 menit]
|
6x50 menit |
Materi: Perumusan Mekanika Gelombanga Schrodinger Pustaka: Prastowo, T. and Rahmawati, E. Lecture Notes on Quantum Physics. Unpublished work, 2014 |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mampu merumuskan model matematis dan menyelesaikannya untuk radiasi benda hitam dan efek foto listrik secara kuantitatif |
- a. Mampu membangun model matematika dan menyelesaikannya untuk radiasi benda hitam secara kuantitatif
- Mampu membangun model matematika dan menyelesaikannya untuk efek foto listrik secara kuantitatif
|
Kriteria:
- Kriteria: Kuantitatif
- Bentuk: Diskusi Kelompok dan Tes Kinerja
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
a. Bentuk Pembelajaran: Kuliah
b. Metode Pembelajaran: Student Centered Learning
c. Penugasan Mahasiswa: Pemberian tugas kelompok
d. Waktu: [6 x 50 menit]
|
6x50 menit |
Materi: Perumusan Mekanika Gelombanga Schrodinger Pustaka: Prastowo, T. and Rahmawati, E. Lecture Notes on Quantum Physics. Unpublished work, 2014 |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Mampu merumuskan model matematis dan menyelesaikannya untuk radiasi benda hitam dan efek foto listrik secara kuantitatif |
- a. Mampu membangun model matematika dan menyelesaikannya untuk radiasi benda hitam secara kuantitatif
- Mampu membangun model matematika dan menyelesaikannya untuk efek foto listrik secara kuantitatif
|
Kriteria:
- Kriteria: Kuantitatif
- Bentuk: Diskusi Kelompok dan Tes Kinerja
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
a. Bentuk Pembelajaran: Kuliah
b. Metode Pembelajaran: Student Centered Learning
c. Penugasan Mahasiswa: Pemberian tugas kelompok
d. Waktu: [6 x 50 menit]
|
6x50 menit |
Materi: Perumusan Mekanika Gelombanga Schrodinger Pustaka: |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Mampu menganalisis secara kreatif terhadap perilaku gelombang Schrodinger pada kejadian free particle, stepping potensial, square well, dan tunneling fenomenon baik secara induktif maupun deduktif |
- Mampu melakukan analisis secara kreatif terhadap perilaku gelombang Schrodinger pada kejadian free particle
- Mampu melakukan analisis secara kreatif terhadap perilaku gelombang Schrodinger pada kejadian stepping potensial
|
Kriteria:
- a. Kreteria: Kualitatif
- b. Bentuk: Diskusi Kelompok dan Tes Kinerja
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
a. Bentuk Pembelajaran: Kuliah
b. Metode Pembelajaran: Student Centered Learning
c. Penugasan Mahasiswa: Pemberian tugas kelompok
d. Waktu: [4 x 50 menit]
|
Student Centered Learning
|
Materi: Tinjauan teori atom hidrogen terkait dengan solusi lengkap persamaan Schrodinger komponen radial dan harmonik bola Pustaka: Prastowo, T. and Rahmawati, E. Lecture Notes on Quantum Physics. Unpublished work, 2014 |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mampu menganalisis secara kreatif terhadap perilaku gelombang Schrodinger pada kejadian free particle, stepping potensial, square well, dan tunneling fenomenon baik secara induktif maupun deduktif |
- Mampu melakukan analisis secara kreatif terhadap perilaku gelombang Schrodinger pada kejadian free particle
- Mampu melakukan analisis secara kreatif terhadap perilaku gelombang Schrodinger pada kejadian stepping potensial
|
Kriteria:
- a. Kreteria: Kualitatif
- b. Bentuk: Diskusi Kelompok dan Tes Kinerja
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
a. Bentuk Pembelajaran: Kuliah
b. Metode Pembelajaran: Student Centered Learning
c. Penugasan Mahasiswa: Pemberian tugas kelompok
d. Waktu: [4 x 50 menit]
|
Student Centered Learning
|
Materi: Tinjauan teori atom hidrogen terkait dengan solusi lengkap persamaan Schrodinger komponen radial dan harmonik bola Pustaka: Prastowo, T. and Rahmawati, E. Lecture Notes on Quantum Physics. Unpublished work, 2014 |
5% |
8
Minggu ke 8 |
- Mahasiswa mampu berpikir kritis dan menggunakan sifat-sifat fisis dari suatu system fisis yang tepat untuk mengelompokkan ke dalam konsep fisika klasik dan modern
- Mahasiswa mampu merumuskan secara matematik/komputasi fenomena radiasi benda hitam dan efek foto listrik untuk mendapatkan model fisis yang tepat dari dua fenomena kuantitatif tersebut
- Mahasiswa mampu menganalisis system fisik dengan mengimplementasikan proses berpikir tingkat tinggi (kritis, kreatif, logis, dan penyelesaian masalah) dalam mempelajari gelombang Schrodinger baik secara induktif maupun deduktif.
|
UTS |
Kriteria:
Tes Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
UTS
|
UTS
|
Materi: UTS Pustaka: Prastowo, T. and Rahmawati, E. Lecture Notes on Quantum Physics. Unpublished work, 2014 Materi: UTS Pustaka: Prastowo, T. and Rahmawati, E. Lecture Notes on Quantum Physics. Unpublished work, 2014 |
10% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa mampu menggunakan bahasa simbolik dan numerik secara kreatif dalam mendeskripsikan teori atom hydrogen, bilangan kuantum, transisi electron, dan interaksi spin-orbit secara kualitatif dan kuantitatif. |
Mampu melakukan analisis secara kreatif terhadap perilaku gelombang Schrodinger pada kejadian square well and tunneling |
Kriteria:
- a. Kreteria: Kualitatif
- b. Bentuk: Praktek Pengukuran, Diskusi Kelompok dan Tes Kinerja
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
a. Bentuk Pembelajaran: Kuliah
b. Metode Pembelajaran: Student Centered Learning
c. Penugasan Mahasiswa: Pemberian tugas kelompok
d. Waktu: [4 x 50 menit]
|
|
Materi: Teori Atom Hidrogen, Sistem Orbital, Transisi Elektron Pustaka: |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa mampu menggunakan bahasa simbolik dan numerik secara kreatif dalam mendeskripsikan teori atom hydrogen, bilangan kuantum, transisi electron, dan interaksi spin-orbit secara kualitatif dan kuantitatif. |
Mampu melakukan analisis secara kreatif terhadap perilaku gelombang Schrodinger pada kejadian square well and tunneling |
Kriteria:
- a. Kreteria: Kualitatif
- b. Bentuk: Praktek Pengukuran, Diskusi Kelompok dan Tes Kinerja
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
a. Bentuk Pembelajaran: Kuliah
b. Metode Pembelajaran: Student Centered Learning
c. Penugasan Mahasiswa: Pemberian tugas kelompok
d. Waktu: [4 x 50 menit]
|
|
Materi: Teori Atom Hidrogen, Sistem Orbital, Transisi Elektron Pustaka: |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mampu mengomunikasikan secara logis dan kreatif teori atom hydrogen, bilangan kuantum, transisi electron, dan interaksi spin-orbit secara kualitatif dan kuantitatif |
- Mampu mengomunikasikan sejarah perkembangan teori atom secara logis dan kreatif menggunakan TIK
- Mampu mengomunikasikan model atom hydrogen termasuk bilangan kuantumnya menggunakan persamaan Schroedinger 3D secara logis dan kreatif menggunakan TIK
|
Kriteria:
- Kriteria: Kualitatif atau kualitatif
- Bentuk: Kuliah dan kerja kelompok, layanan konsultasi akademik, dan Observasi Kinerja
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
a. Bentuk Pembelajaran: Kuliah dan Kerja kelompok
b. Metode Pembelajaran: Student Centered Learning
c. Penugasan Mahasiswa: Pemberian tugas kelompok
d. Waktu: [12 x 50 menit]
|
|
Materi: Efek Zeeman dan Stark, Interaksi Spin-Orbit Pustaka: |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mampu mengomunikasikan secara logis dan kreatif teori atom hydrogen, bilangan kuantum, transisi electron, dan interaksi spin-orbit secara kualitatif dan kuantitatif |
- Mampu mengomunikasikan sejarah perkembangan teori atom secara logis dan kreatif menggunakan TIK
- Mampu mengomunikasikan model atom hydrogen termasuk bilangan kuantumnya menggunakan persamaan Schroedinger 3D secara logis dan kreatif menggunakan TIK
|
Kriteria:
- Kriteria: Kualitatif atau kualitatif
- Bentuk: Kuliah dan kerja kelompok, layanan konsultasi akademik, dan Observasi Kinerja
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
a. Bentuk Pembelajaran: Kuliah dan Kerja kelompok
b. Metode Pembelajaran: Student Centered Learning
c. Penugasan Mahasiswa: Pemberian tugas kelompok
d. Waktu: [12 x 50 menit]
|
|
Materi: Efek Zeeman dan Stark, Interaksi Spin-Orbit Pustaka: |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mampu mengomunikasikan secara logis dan kreatif teori atom hydrogen, bilangan kuantum, transisi electron, dan interaksi spin-orbit secara kualitatif dan kuantitatif |
- Mampu mengomunikasikan transisi electron atom hidrogen secara logis dan kreatif menggunakan TIK
- Mampu mengomunikasikan interaksi spinorbit secara logis dan kreatif menggunakan TIK
|
Kriteria:
- Kreteria: Kualitatif atau kualitatif
- Bentuk: Kuliah dan kerja kelompok, layanan konsultasi akademik, dan Observasi Kinerja
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
a. Bentuk Pembelajaran: Kuliah dan Kerja kelompok
b. Metode Pembelajaran: Student Centered Learning
c. Penugasan Mahasiswa: Pemberian tugas kelompok
d. Waktu: [12 x 50 menit]
|
|
Materi: Orbital, transisi elektron, dan aturan Pauli, Efek Zeeman dan efek Stark, Peran interaksi interaksi spin-orbit dalam fenomena struktur halus dan super halus Pustaka: Prastowo, T. and Rahmawati, E. Lecture Notes on Quantum Physics. Unpublished work, 2014 |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mampu mengomunikasikan secara logis dan kreatif teori atom hydrogen, bilangan kuantum, transisi electron, dan interaksi spin-orbit secara kualitatif dan kuantitatif |
- Mampu mengomunikasikan transisi electron atom hidrogen secara logis dan kreatif menggunakan TIK
- Mampu mengomunikasikan interaksi spinorbit secara logis dan kreatif menggunakan TIK
|
Kriteria:
- Kreteria: Kualitatif atau kualitatif
- Bentuk: Kuliah dan kerja kelompok, layanan konsultasi akademik, dan Observasi Kinerja
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
a. Bentuk Pembelajaran: Kuliah dan Kerja kelompok
b. Metode Pembelajaran: Student Centered Learning
c. Penugasan Mahasiswa: Pemberian tugas kelompok
d. Waktu: [12 x 50 menit]
|
|
Materi: Orbital, transisi elektron, dan aturan Pauli, Efek Zeeman dan efek Stark, Peran interaksi interaksi spin-orbit dalam fenomena struktur halus dan super halus Pustaka: Prastowo, T. and Rahmawati, E. Lecture Notes on Quantum Physics. Unpublished work, 2014 |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mampu mengomunikasikan secara logis dan kreatif teori atom hydrogen, bilangan kuantum, transisi electron, dan interaksi spin-orbit secara kualitatif dan kuantitatif |
- Mampu mengomunikasikan transisi electron atom hidrogen secara logis dan kreatif menggunakan TIK
- Mampu mengomunikasikan interaksi spinorbit secara logis dan kreatif menggunakan TIK
|
Kriteria:
- Kreteria: Kualitatif atau kualitatif
- Bentuk: Kuliah dan kerja kelompok, layanan konsultasi akademik, dan Observasi Kinerja
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
a. Bentuk Pembelajaran: Kuliah dan Kerja kelompok
b. Metode Pembelajaran: Student Centered Learning
c. Penugasan Mahasiswa: Pemberian tugas kelompok
d. Waktu: [12 x 50 menit]
|
|
Materi: Orbital, transisi elektron, dan aturan Pauli, Efek Zeeman dan efek Stark, Peran interaksi interaksi spin-orbit dalam fenomena struktur halus dan super halus Pustaka: Prastowo, T. and Rahmawati, E. Lecture Notes on Quantum Physics. Unpublished work, 2014 |
5% |
16
Minggu ke 16 |
UAS |
UAS |
Kriteria:
Tes Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
UAS
|
UAS
|
Materi: UAS Pustaka: Prastowo, T. and Rahmawati, E. Lecture Notes on Quantum Physics. Unpublished work, 2014 |
20% |