|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Vokasi
Program Studi D4 Teknik Mesin
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Teknologi Mekanik |
2130202026 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=1 |
P=2 |
ECTS=4.77 |
3 |
25 November 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Firman Yasa Utama, Dewi Puspitasari, Dyah Riandadari
|
Firman Yasa Utama
|
Arya Mahendra Sakti, S.T., M.T. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-6 |
Mampu berkomunikasi secara efektif baik lisan maupun tertulis secara akurat dan sahih kepada pihak lain yang membutuhkan. |
PLO-9 |
Mampu menerapkan pengetahuan matematika, sains dan/atau material, dan keteknikan untuk untuk mendapatkan pemahaman menyeluruh tentang prinsip-prinsip keteknikan. |
Program Objectives (PO) |
Matrik PLO-PO |
|
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah TeknologiMekanik membahas tentang pengenalan berbagai macam cara penggunaanbermacam-macam alat kerja mekanik serta pembuatan benda dan mesin-mesinproduksi. dasar pengecoran; pembentukan sambungan dan pemotongan; mesin-mesinproses; proses pembuatan non-kovensional; elektroplating; pengaruh pembuatanpada hasil permukaan; spesifikasi dalam perancangan dan pelaksanaan prosespembuatan; suaian dan toleransi bentuk dan ukuran. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- S.F. Krar,Technology of Machine Tools, 3rdEdition.Daniel B Dallas,Toolsand manufacturing Engineering Handbook, 3rd Edition.
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
Dyah Riandadari, S.T., M.T. Arya Mahendra Sakti, S.T., M.T. Firman Yasa Utama, S.Pd., M.T. Dr. Yustin Setiya Widoretno, M.Pd. Dewi Puspitasari, S.Pd., M.Sc. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Memahami konsep dasar Teknologi Mekanik |
1. Mampu menjelaskan konsep dasar Teknologi Mekanik1. Mampu mengklasifikasikan jenis proses pengerjaan teknologi mekanik |
Kriteria:
kognitif Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
1. Model Pembelajaran langsung dan Kooperatif2. Diskusi dan Tanya Jawab 3 X 50 |
|
|
0% |
2
Minggu ke 2 |
Memahami proses dasar produksi Manufaktur |
1. Mampu Menjelaskan konsep dasar proses produksi2. Menjelaskan perkembangan proses produksi |
Kriteria:
kognitif dan afektif Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Model : Problem Based Learning /Pembelajaran Berdasarkan MasalahMetoda : Ceramah, simulasi, diskusi, problem solving, tanya jawab 3 X 50 |
|
|
0% |
3
Minggu ke 3 |
Memahami sifat mekanik material |
1. Mampu Menjelaskan Teori kekuatan material2. Mampu Menjelaskan sifat mekanik bahan |
Kriteria:
kognitif dan afektif Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Model : Problem Based Learning /Pembelajaran Berdasarkan MasalahMetoda : Ceramah, simulasi, diskusi, problem solving, tanya jawab 3 X 50 |
|
|
0% |
4
Minggu ke 4 |
Memahami sifat mekanik material |
1. Mampu Menjelaskan Teori kekuatan material2. Mampu Menjelaskan sifat mekanik bahan |
Kriteria:
kognitif dan afektif Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Model : Problem Based Learning /Pembelajaran Berdasarkan MasalahMetoda : Ceramah, simulasi, diskusi, problem solving, tanya jawab 3 X 50 |
|
|
0% |
5
Minggu ke 5 |
Memahami Perlakuan Panas/Heat Treatment |
1. Mampu Memahami jenis-jenis proses pembentukan dengan Hot working2. Mempu Memahami Jenis-jenis pembentukan dengan cold working |
Kriteria:
kognitif dan afektif |
Model : Problem Based Learning /Pembelajaran Berdasarkan MasalahMetoda : Ceramah, simulasi, diskusi, problem solving, tanya jawab 3 X 50 |
|
|
0% |
6
Minggu ke 6 |
Memahami klasifikasi proses pembentukan logam |
1. Mampu Memahami jenis-jenis proses pembentukan dengan Hot working2. Mempu Memahami Jenis-jenis pembentukan dengan cold working |
Kriteria:
kognitif dan afektif |
Model : Problem Based Learning /Pembelajaran Berdasarkan MasalahMetoda : Ceramah, simulasi, diskusi, problem solving, tanya jawab 3 X 50 |
|
|
0% |
7
Minggu ke 7 |
Memahami klasifikasi proses pembentukan logam |
1. Mampu Memahami jenis-jenis proses pembentukan dengan Hot working2. Mempu Memahami Jenis-jenis pembentukan dengan cold working |
Kriteria:
kognitif dan afektif Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Model : Problem Based Learning /Pembelajaran Berdasarkan MasalahMetoda : Ceramah, simulasi, diskusi, problem solving, tanya jawab 3 X 50 |
|
|
0% |
8
Minggu ke 8 |
UTS |
|
Bentuk Penilaian : Tes |
3 X 50 |
|
|
0% |
9
Minggu ke 9 |
Memahami Proses Pengecoran |
1. mampu Menjelaskan tentang teknik pengecoran logam temporary. 2. mampuMenjelaskantentangteknikpengecoranlogam contemporary |
Kriteria:
kognitif dan afektif |
Model : cooperatif Learning Metoda : jig saw 3 X 50 |
|
|
0% |
10
Minggu ke 10 |
Memahami Proses yang digunakan untuk pengerjaan pemesinan |
1. Mampu Menjelaskan Proses pemesinan tradisional (traditional machining)2. Mampu Menjelaskan pemesinan non tradisional |
Kriteria:
kognitif dan afektif Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Model : Problem Based Learning /Pembelajaran Berdasarkan MasalahMetoda : Ceramah, simulasi, diskusi, problem solving, tanya jawab 3 X 50 |
|
|
0% |
11
Minggu ke 11 |
Memahami proses-proses pengerjaan dan pembentukan logam di dunia industri |
mampu Memahami dan membedakan jenis-jenis pengerjaan dan pembentukan logam di dunia industri |
Kriteria:
kognitif dan afektif Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Model : Problem Based Learning/Pembelajaran Berdasarkan MasalahMetoda : Ceramah, simulasi, diskusi, problem solving, tanya jawab, ICT (Information, Communication, Technology 3 X 50 |
|
|
0% |
12
Minggu ke 12 |
Memahami proses penyambungan dan pemotongan logam |
Mampu menjelaskan serta memahami teknik penyambungan dan pemotongan loga |
Kriteria:
kognitif dan afektif |
Model : Problem Based Learning /Pembelajaran Berdasarkan MasalahMetoda : Ceramah, simulasi, diskusi, problem solving, tanya jawab 3 X 50 |
|
|
0% |
13
Minggu ke 13 |
Memahami Proses pemesinan khusus |
Memahami Proses pemesinan khusus |
Kriteria:
kognitif dan afektif Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Model : Problem Based Learning /Pembelajaran Berdasarkan MasalahMetoda : Ceramah, simulasi, diskusi, problem solving, tanya jawab 3 X 50 |
|
|
0% |
14
Minggu ke 14 |
Memahami Proses pemesinan akhir |
Mampu Menjelaskan proses memperoleh permukaan akhir(surface finish) yang dikehendaki |
Kriteria:
kognitif dan afektif Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Model : Problem Based Learning/Pembelajaran Berdasarkan MasalahMetoda : Ceramah, simulasi, diskusi, problem solving, tanya jawab, ICT (Information, Communication, Technology 3 X 50 |
|
|
0% |
15
Minggu ke 15 |
Memahami proses metal powder |
mampu Memahami proses produksi metal powder |
Kriteria:
kognitif dan afektif Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Model : Problem Based Learning/Pembelajaran Berdasarkan MasalahMetoda : Ceramah, simulasi, diskusi, problem solving, tanya jawab, ICT (Information, Communication, Technology 3 X 50 |
|
|
0% |
16
Minggu ke 16 |
UAS |
|
Bentuk Penilaian : Tes |
3 X 50 |
|
|
0% |