Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Vokasi
Program Studi D4 Teknik Mesin

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Teknologi Mekanik

2130202026

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=1

P=2

ECTS=4.77

3

29 September 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Firman Yasa Utama, Dewi Puspitasari, Dyah Riandadari




Firman Yasa Utama




Arya Mahendra Sakti, S.T., M.T.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-6

Mampu berkomunikasi secara efektif baik lisan maupun tertulis secara akurat dan sahih kepada pihak lain yang membutuhkan.

PLO-9

Mampu menerapkan pengetahuan matematika, sains dan/atau material, dan keteknikan untuk untuk mendapatkan pemahaman menyeluruh tentang prinsip-prinsip keteknikan.

Program Objectives (PO)

Matrik PLO-PO

 
POPLO-6PLO-9

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah TeknologiMekanik membahas tentang pengenalan berbagai macam cara penggunaanbermacam-macam alat kerja mekanik serta pembuatan benda dan mesin-mesinproduksi. dasar pengecoran; pembentukan sambungan dan pemotongan; mesin-mesinproses; proses pembuatan non-kovensional; elektroplating; pengaruh pembuatanpada hasil permukaan; spesifikasi dalam perancangan dan pelaksanaan prosespembuatan; suaian dan toleransi bentuk dan ukuran.

Pustaka

Utama :

  1. S.F. Krar,Technology of Machine Tools, 3rdEdition.Daniel B Dallas,Toolsand manufacturing Engineering Handbook, 3rd Edition.

Pendukung :

Dosen Pengampu

Dyah Riandadari, S.T., M.T.

Arya Mahendra Sakti, S.T., M.T.

Firman Yasa Utama, S.Pd., M.T.

Dr. Yustin Setiya Widoretno, M.Pd.

Dewi Puspitasari, S.Pd., M.Sc.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Memahami konsep dasar Teknologi Mekanik

1. Mampu menjelaskan konsep dasar Teknologi Mekanik1. Mampu mengklasifikasikan jenis proses pengerjaan teknologi mekanik

Kriteria:

kognitif


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
1. Model Pembelajaran langsung dan Kooperatif2. Diskusi dan Tanya Jawab
3 X 50

0%

2

Minggu ke 2

Memahami proses dasar produksi Manufaktur

1. Mampu Menjelaskan konsep dasar proses produksi2. Menjelaskan perkembangan proses produksi

Kriteria:

kognitif dan afektif


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Model : Problem Based Learning /Pembelajaran Berdasarkan MasalahMetoda : Ceramah, simulasi, diskusi, problem solving, tanya jawab
3 X 50

0%

3

Minggu ke 3

Memahami sifat mekanik material

1. Mampu Menjelaskan Teori kekuatan material2. Mampu Menjelaskan sifat mekanik bahan

Kriteria:

kognitif dan afektif


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Model : Problem Based Learning /Pembelajaran Berdasarkan MasalahMetoda : Ceramah, simulasi, diskusi, problem solving, tanya jawab
3 X 50

0%

4

Minggu ke 4

Memahami sifat mekanik material

1. Mampu Menjelaskan Teori kekuatan material2. Mampu Menjelaskan sifat mekanik bahan

Kriteria:

kognitif dan afektif


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Model : Problem Based Learning /Pembelajaran Berdasarkan MasalahMetoda : Ceramah, simulasi, diskusi, problem solving, tanya jawab
3 X 50

0%

5

Minggu ke 5

Memahami Perlakuan Panas/Heat Treatment

1. Mampu Memahami jenis-jenis proses pembentukan dengan Hot working2. Mempu Memahami Jenis-jenis pembentukan dengan cold working

Kriteria:

kognitif dan afektif

Model : Problem Based Learning /Pembelajaran Berdasarkan MasalahMetoda : Ceramah, simulasi, diskusi, problem solving, tanya jawab
3 X 50

0%

6

Minggu ke 6

Memahami klasifikasi proses pembentukan logam

1. Mampu Memahami jenis-jenis proses pembentukan dengan Hot working2. Mempu Memahami Jenis-jenis pembentukan dengan cold working

Kriteria:

kognitif dan afektif

Model : Problem Based Learning /Pembelajaran Berdasarkan MasalahMetoda : Ceramah, simulasi, diskusi, problem solving, tanya jawab
3 X 50

0%

7

Minggu ke 7

Memahami klasifikasi proses pembentukan logam

1. Mampu Memahami jenis-jenis proses pembentukan dengan Hot working2. Mempu Memahami Jenis-jenis pembentukan dengan cold working

Kriteria:

kognitif dan afektif


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Model : Problem Based Learning /Pembelajaran Berdasarkan MasalahMetoda : Ceramah, simulasi, diskusi, problem solving, tanya jawab
3 X 50

0%

8

Minggu ke 8

UTS


    Bentuk Penilaian :
    Tes

    3 X 50

    0%

    9

    Minggu ke 9

    Memahami Proses Pengecoran

    1. mampu Menjelaskan tentang teknik pengecoran logam temporary. 2. mampuMenjelaskantentangteknikpengecoranlogam contemporary

    Kriteria:

    kognitif dan afektif

    Model : cooperatif Learning Metoda : jig saw
    3 X 50

    0%

    10

    Minggu ke 10

    Memahami Proses yang digunakan untuk pengerjaan pemesinan

    1. Mampu Menjelaskan Proses pemesinan tradisional (traditional machining)2. Mampu Menjelaskan pemesinan non tradisional

    Kriteria:

    kognitif dan afektif


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif
    Model : Problem Based Learning /Pembelajaran Berdasarkan MasalahMetoda : Ceramah, simulasi, diskusi, problem solving, tanya jawab
    3 X 50

    0%

    11

    Minggu ke 11

    Memahami proses-proses pengerjaan dan pembentukan logam di dunia industri

    mampu Memahami dan membedakan jenis-jenis pengerjaan dan pembentukan logam di dunia industri

    Kriteria:

    kognitif dan afektif


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif
    Model : Problem Based Learning/Pembelajaran Berdasarkan MasalahMetoda : Ceramah, simulasi, diskusi, problem solving, tanya jawab, ICT (Information, Communication, Technology
    3 X 50

    0%

    12

    Minggu ke 12

    Memahami proses penyambungan dan pemotongan logam

    Mampu menjelaskan serta memahami teknik penyambungan dan pemotongan loga

    Kriteria:

    kognitif dan afektif

    Model : Problem Based Learning /Pembelajaran Berdasarkan MasalahMetoda : Ceramah, simulasi, diskusi, problem solving, tanya jawab
    3 X 50

    0%

    13

    Minggu ke 13

    Memahami Proses pemesinan khusus

    Memahami Proses pemesinan khusus

    Kriteria:

    kognitif dan afektif


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif
    Model : Problem Based Learning /Pembelajaran Berdasarkan MasalahMetoda : Ceramah, simulasi, diskusi, problem solving, tanya jawab
    3 X 50

    0%

    14

    Minggu ke 14

    Memahami Proses pemesinan akhir

    Mampu Menjelaskan proses memperoleh permukaan akhir(surface finish) yang dikehendaki

    Kriteria:

    kognitif dan afektif


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif
    Model : Problem Based Learning/Pembelajaran Berdasarkan MasalahMetoda : Ceramah, simulasi, diskusi, problem solving, tanya jawab, ICT (Information, Communication, Technology
    3 X 50

    0%

    15

    Minggu ke 15

    Memahami proses metal powder

    mampu Memahami proses produksi metal powder

    Kriteria:

    kognitif dan afektif


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif
    Model : Problem Based Learning/Pembelajaran Berdasarkan MasalahMetoda : Ceramah, simulasi, diskusi, problem solving, tanya jawab, ICT (Information, Communication, Technology
    3 X 50

    0%

    16

    Minggu ke 16

    UAS


      Bentuk Penilaian :
      Tes

      3 X 50

      0%



      Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

      No Evaluasi Persentase
      0%

      Catatan

      1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
      2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
      3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
      4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
      5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
      6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
      7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
      8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
      9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
      10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
      11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
      12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.