Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Vokasi
Program Studi D4 Teknik Mesin

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Teknologi Mekanik

2130202026

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=1

P=2

ECTS=4.77

3

18 Januari 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Firman Yasa Utama, S.Pd., M.T, Dewi Puspitasari, S.Pd., M.Sc.




Firman Yasa Utama, S.Pd., M.T




Arya Mahendra Sakti, S.T., M.T.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-6

Mampu berkomunikasi secara efektif baik lisan maupun tertulis secara akurat dan sahih kepada pihak lain yang membutuhkan.

PLO-7

Mampu menggunakan piranti teknik sebagai alat bantu merancang dan memproduksi komponen, alat bantu manufaktur, dan peralatan mekanik.

PLO-9

Mampu menerapkan pengetahuan matematika, sains dan/atau material, dan keteknikan untuk untuk mendapatkan pemahaman menyeluruh tentang prinsip-prinsip keteknikan.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Memahami prinsip-prinsip dasar teknologi mekanik.

PO - 2

Menerapkan konsep-konsep teknologi mekanik pada studi kasus.

PO - 3

Menganalisis dan merancang sistem mekanik berdasarkan kebutuhan industri.

PO - 4

Mengembangkan keterampilan praktis dalam menggunakan perangkat teknologi mekanik modern.

PO - 5

Menerapkan prinsip keberlanjutan dan efisiensi dalam desain sistem mekanik.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-3PLO-6PLO-7PLO-9
PO-1   
PO-2  
PO-3
PO-4   
PO-5   

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Matakuliah Teknologi Mekanik pada jenjang D4 program studi Teknik Mesin membahas berbagai teknologi yang digunakan dalam bidang mekanik, mulai dari pemesinan, material, hingga sistem penggerak. Mahasiswa akan mempelajari teori dasar serta penerapannya melalui proyek berbasis eksperimen untuk merancang dan menganalisis sistem mekanik yang digunakan dalam berbagai industri.

Pustaka

Utama :

  1. S.F. Krar,Technology of Machine Tools, 3rdEdition.Daniel B Dallas,Toolsand manufacturing Engineering Handbook, 3rd Edition.
  2. Groover, M. P. (2020). Fundamentals of Modern Manufacturing: Materials, Processes, and Systems. Wiley.
  3. Kalpakjian, S., & Schmid, S. R. (2019). Manufacturing Engineering and Technology. Pearson Education.
  4. Dieter, G. E. (2018). Engineering Design: A Materials and Processing Approach. McGraw-Hill Education.
  5. Jayaraman, V. (2021). Mechanical Engineering Design and Analysis. Cambridge University Press.

Pendukung :

Dosen Pengampu

Dyah Riandadari, S.T., M.T.

Arya Mahendra Sakti, S.T., M.T.

Firman Yasa Utama, S.Pd., M.T.

Dr. Yustin Setiya Widoretno, M.Pd.

Dewi Puspitasari, S.Pd., M.Sc.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Memahami konsep dasar Teknologi Mekanik

  1. Mampu menjelaskan konsep dasar Teknologi Mekanik
  2. Mampu mengklasifikasikan jenis proses pengerjaan teknologi mekanik
Kriteria:

kognitif


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
1. Model Pembelajaran langsung dan Kooperatif
2. Diskusi dan Tanya Jawab
3 X 50
Penugasan Desain Komponen Mesin dengan Studi Kasus
Materi: -
Pustaka: Groover, M. P. (2020). Fundamentals of Modern Manufacturing: Materials, Processes, and Systems. Wiley.
5%

2

Minggu ke 2

Memahami proses dasar produksi Manufaktur

  1. Mampu Menjelaskan konsep dasar proses produksi
  2. Menjelaskan perkembangan proses produksi
Kriteria:

kognitif dan afektif


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Model : Problem Based Learning /Pembelajaran Berdasarkan MasalahMetoda : Ceramah, simulasi, diskusi, problem solving, tanya jawab
3 X 50

Materi: -
Pustaka: S.F. Krar,Technology of Machine Tools, 3rdEdition.Daniel B Dallas,Toolsand manufacturing Engineering Handbook, 3rd Edition.

Materi: -
Pustaka: Groover, M. P. (2020). Fundamentals of Modern Manufacturing: Materials, Processes, and Systems. Wiley.
5%

3

Minggu ke 3

Memahami sifat mekanik material

  1. 1. Mampu Menjelaskan Teori kekuatan material
  2. Mampu Menjelaskan sifat mekanik bahan
Kriteria:

kognitif dan afektif


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Model : Problem Based Learning /Pembelajaran Berdasarkan MasalahMetoda : Ceramah, simulasi, diskusi, problem solving, tanya jawab
3 X 50

Materi: -
Pustaka: Jayaraman, V. (2021). Mechanical Engineering Design and Analysis. Cambridge University Press.
5%

4

Minggu ke 4

Memahami sifat mekanik material

  1. Mampu Menjelaskan Teori kekuatan material
  2. Mampu Menjelaskan sifat mekanik bahan
Kriteria:

kognitif dan afektif


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Model : Problem Based Learning /Pembelajaran Berdasarkan MasalahMetoda : Ceramah, simulasi, diskusi, problem solving, tanya jawab
3 X 50

Materi: -
Pustaka: Dieter, G. E. (2018). Engineering Design: A Materials and Processing Approach. McGraw-Hill Education.
5%

5

Minggu ke 5

Memahami Perlakuan Panas/Heat Treatment

  1. Mampu Memahami jenis-jenis proses pembentukan dengan Hot working
  2. Mempu Memahami Jenis-jenis pembentukan dengan cold working
Kriteria:

kognitif dan afektif


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Model : Problem Based Learning /Pembelajaran Berdasarkan MasalahMetoda : Ceramah, simulasi, diskusi, problem solving, tanya jawab
3 X 50

Materi: -
Pustaka: Groover, M. P. (2020). Fundamentals of Modern Manufacturing: Materials, Processes, and Systems. Wiley.
5%

6

Minggu ke 6

Memahami klasifikasi proses pembentukan logam

  1. Mampu Memahami jenis-jenis proses pembentukan dengan Hot working
  2. Mempu Memahami Jenis-jenis pembentukan dengan cold working
Kriteria:

kognitif dan afektif


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Model : Problem Based Learning /Pembelajaran Berdasarkan MasalahMetoda : Ceramah, simulasi, diskusi, problem solving, tanya jawab
3 X 50

Materi: -
Pustaka: Dieter, G. E. (2018). Engineering Design: A Materials and Processing Approach. McGraw-Hill Education.
5%

7

Minggu ke 7

Memahami klasifikasi proses pembentukan logam

  1. Mampu Memahami jenis-jenis proses pembentukan dengan Hot working
  2. Mempu Memahami Jenis-jenis pembentukan dengan cold working
Kriteria:

kognitif dan afektif


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Model : Problem Based Learning /Pembelajaran Berdasarkan MasalahMetoda : Ceramah, simulasi, diskusi, problem solving, tanya jawab
3 X 50

Materi: -
Pustaka: Dieter, G. E. (2018). Engineering Design: A Materials and Processing Approach. McGraw-Hill Education.
5%

8

Minggu ke 8

UTS

Mahasiswa mampu menerapakan pembelajaran 1-7

Kriteria:

kesesuaian dengan rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Tes
Mengerjakan Ujian Tengah Semester (UTS)
3 X 50

Materi: -
Pustaka: S.F. Krar,Technology of Machine Tools, 3rdEdition.Daniel B Dallas,Toolsand manufacturing Engineering Handbook, 3rd Edition.

Materi: -
Pustaka: Groover, M. P. (2020). Fundamentals of Modern Manufacturing: Materials, Processes, and Systems. Wiley.

Materi: -
Pustaka: Kalpakjian, S., & Schmid, S. R. (2019). Manufacturing Engineering and Technology. Pearson Education.
10%

9

Minggu ke 9

Memahami Proses Pengecoran

  1. mampu Menjelaskan tentang teknik pengecoran logam temporary.
  2. mampuMenjelaskantentangteknikpengecoranlogam contemporary
Kriteria:

kognitif dan afektif


Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
Model : cooperatif Learning Metoda : jig saw
3 X 50

Materi: -
Pustaka: Dieter, G. E. (2018). Engineering Design: A Materials and Processing Approach. McGraw-Hill Education.
5%

10

Minggu ke 10

Memahami Proses yang digunakan untuk pengerjaan pemesinan

  1. Mampu Menjelaskan Proses pemesinan tradisional (traditional machining)
  2. Mampu Menjelaskan pemesinan non tradisional
Kriteria:

kognitif dan afektif


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Model : Problem Based Learning /Pembelajaran Berdasarkan MasalahMetoda : Ceramah, simulasi, diskusi, problem solving, tanya jawab
3 X 50

Materi: -
Pustaka: Kalpakjian, S., & Schmid, S. R. (2019). Manufacturing Engineering and Technology. Pearson Education.
5%

11

Minggu ke 11

Memahami proses-proses pengerjaan dan pembentukan logam di dunia industri

mampu Memahami dan membedakan jenis-jenis pengerjaan dan pembentukan logam di dunia industri

Kriteria:

kognitif dan afektif


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Model : Problem Based Learning/Pembelajaran Berdasarkan MasalahMetoda : Ceramah, simulasi, diskusi, problem solving, tanya jawab, ICT (Information, Communication, Technology
3 X 50

Materi: -
Pustaka: Jayaraman, V. (2021). Mechanical Engineering Design and Analysis. Cambridge University Press.
5%

12

Minggu ke 12

Memahami proses penyambungan dan pemotongan logam

Mampu menjelaskan serta memahami teknik penyambungan dan pemotongan logam

Kriteria:

kognitif dan afektif


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Model : Problem Based Learning /Pembelajaran Berdasarkan MasalahMetoda : Ceramah, simulasi, diskusi, problem solving, tanya jawab
3 X 50

Materi: -
Pustaka: Dieter, G. E. (2018). Engineering Design: A Materials and Processing Approach. McGraw-Hill Education.

Materi: -
Pustaka: S.F. Krar,Technology of Machine Tools, 3rdEdition.Daniel B Dallas,Toolsand manufacturing Engineering Handbook, 3rd Edition.
5%

13

Minggu ke 13

Memahami Proses pemesinan khusus

Memahami Proses pemesinan khusus

Kriteria:

kognitif dan afektif


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Model : Problem Based Learning /Pembelajaran Berdasarkan MasalahMetoda : Ceramah, simulasi, diskusi, problem solving, tanya jawab
3 X 50

Materi: -
Pustaka: Jayaraman, V. (2021). Mechanical Engineering Design and Analysis. Cambridge University Press.

Materi: -
Pustaka: Dieter, G. E. (2018). Engineering Design: A Materials and Processing Approach. McGraw-Hill Education.
5%

14

Minggu ke 14

Memahami Proses pemesinan akhir

Mampu Menjelaskan proses memperoleh permukaan akhir(surface finish) yang dikehendaki

Kriteria:

kognitif dan afektif


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Model : Problem Based Learning/Pembelajaran Berdasarkan MasalahMetoda : Ceramah, simulasi, diskusi, problem solving, tanya jawab, ICT (Information, Communication, Technology
3 X 50

Materi: -
Pustaka: S.F. Krar,Technology of Machine Tools, 3rdEdition.Daniel B Dallas,Toolsand manufacturing Engineering Handbook, 3rd Edition.

Materi: -
Pustaka: Groover, M. P. (2020). Fundamentals of Modern Manufacturing: Materials, Processes, and Systems. Wiley.
5%

15

Minggu ke 15

Memahami proses metal powder

mampu Memahami proses produksi metal powder

Kriteria:

kognitif dan afektif


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Model : Problem Based Learning/Pembelajaran Berdasarkan MasalahMetoda : Ceramah, simulasi, diskusi, problem solving, tanya jawab, ICT (Information, Communication, Technology
3 X 50

Materi: -
Pustaka: Dieter, G. E. (2018). Engineering Design: A Materials and Processing Approach. McGraw-Hill Education.

Materi: -
Pustaka: Groover, M. P. (2020). Fundamentals of Modern Manufacturing: Materials, Processes, and Systems. Wiley.
5%

16

Minggu ke 16

Menerapakan pembelajaran 9-15\

Mahasiswa menerapkan materi 9-15

Kriteria:

kesesuaian dengan rubrik penilaian


Bentuk Penilaian :
Tes
Mengerjakan Ujian Akhir Semester (UAS)
3 X 50

Materi: -
Pustaka: Dieter, G. E. (2018). Engineering Design: A Materials and Processing Approach. McGraw-Hill Education.

Materi: -
Pustaka: Jayaraman, V. (2021). Mechanical Engineering Design and Analysis. Cambridge University Press.

Materi: -
Pustaka: Groover, M. P. (2020). Fundamentals of Modern Manufacturing: Materials, Processes, and Systems. Wiley.
20%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 30%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 32.5%
3. Penilaian Portofolio 7.5%
4. Tes 30%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.