|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Teknik
Program Studi S1 Pendidikan Teknik Elektro
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Antena dan Propagasi Gelombang |
8320102006 |
|
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
4 |
18 Januari 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
Dr. Ir. Nur Kholis, S.T., M.T. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pemprogram embedded system sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang elektronika.
|
PO - 2 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi melalui proses penyelesaian projek
|
PO - 3 |
Mampu mendesain rangkaian, perangkat, dan produk embedded system (mikrokontroller dan IoT).
|
Matrik PLO-PO |
|
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini mengajarkan tentang konsep dasar pemrograman, pengetahuan dan pengalaman praktis serta teknis mengenai algoritma, flowchart dan penerapannya dalam bahasa pemrograman ebeded system. Materi-materi dasar pembuatan program yakni dasar-dasar pemrograman, pengenalan bahasa pemrograman untuk embedded system, strukturpemprograman embedded system, penyelesaian kondisi, fungsi, tipe data abstrak/ struktur. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- D.S. Malik. 2011. C++ Programming: From Problem Analysis to Program Design. Fifth Edition, USA : Course Technology, Cengage Learning.
- Deitel, Paul and Harvey Deitel. 2013. C++ How To Program, Eight Edition. Pearson Educaton, Inc.
- Kadir, A. 2013. Pengenalan Algoritma Pendekatan Secara Visual dan Interaktif Menggunakan RAPTOR. Penerbit Andi.
- Raharjo, Budi. 2014. Pemrograman C++ Edisi Revisi: Mudah&Cepat Menjadi Master C++. Penerbit Informatika.
- Sianipar, RH. 2013. C++ Untuk Programmer. Penerbit Informatika.
- Stroustrup, Bjarne. 2013. The C++ programming language, Fourth edition. Pearson Education, Inc
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
Prof. Dr. Nurhayati, S.T., M.T. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pemprograman embedded system sesuai dengan standar kompetensi kerja |
Mahasiswa mampu : - Menjelaskan konsep dasar algoritma - Mengidentifikasi notasi-notasi flowchart - Menerapkan algoritma dan flowchart ke dalam suatu penyelesaian masalah |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pendekatan saintifik, ceramah, tanya-jawab, diskusi, pembelajaran berbasis masalah, dan praktikum 3 X 50 |
|
|
5% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa mampu memahami struktur penulisan bahasa pemrograman C |
- Mengidentifikasi jenis-jenis tipe data - Menjelaskan aturan pendefinisian identifier - Mengidentifikasi perbedaan variabel dan konstanta - Mengidentifikasi jenis-jenis operator - Menjelaskan prioritas operator aritmatika - Mengidentifikasi jenis-jenis fungsi input dan output - Menerapkan fungsi input dan output dalam program |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pendekatan saintifik, ceramah, tanya-jawab, diskusi, pembelajaran langsung, dan praktikum 3 X 50 |
|
|
5% |
3
Minggu ke 3 |
Pemprograman Mikrokontroller menggunakan sensor Ultrasonik dan LM35 |
Mahasiswa mampu : - Mengidentifikasi jenis-jenis fungsi input dan output - Menerapkan fungsi input dan output dalam program |
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Pendekatan saintifik, ceramah, tanya-jawab, diskusi, pembelajaran berbasis masalah, dan praktikum 3 X 50 |
|
|
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa mampu membuat program dengan konsep percabangan |
Mahasiswa mampu : - Mengidentifikasi perbedaan kondisi dan aksi - Menjelaskan percabangan tunggal, majemuk dan bertingkat - Menjelaskan percabangan menggunakan selection case - Menerapkan konsep percabangan ke dalam program |
Kriteria:
Hasil Projek Pemprograman Mikrokontroller menggunakan sensor Raindrop Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Pendekatan saintifik, ceramah, tanya-jawab, diskusi, pembelajaran berbasis masalah, dan praktikum 6 X 50 |
|
Materi: Pemprograman Mikrokontroller menggunakan sensor Raindrop Pustaka: Stroustrup, Bjarne. 2013. The C programming language, Fourth edition. Pearson Education, Inc |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa mampu melakukan Pemprograman Mikrokontroller menggunakan sensor PIR |
Mahasiswa mampu melakukan Pemprograman Mikrokontroller menggunakan sensor PIR |
Kriteria:
Hasil projek dan pengamatan penyelesaian projek Pemprograman Mikrokontroller menggunakan sensor PIR Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Project based learning
|
|
Materi: Pemprograman Mikrokontroller menggunakan sensor PIR Pustaka: Stroustrup, Bjarne. 2013. The C programming language, Fourth edition. Pearson Education, Inc |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa mampu membuat program Pemprograman Mikrokontroller menggunakan sensor DHT 11 |
mahasiswa mampu membuat program Pemprograman Mikrokontroller menggunakan sensor DHT 11 |
Kriteria:
Hasil pengamatan dan projek dalam menyelesaikan membuat program Pemprograman Mikrokontroller menggunakan sensor DHT 11 Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Pendekatan saintifik, ceramah, tanya-jawab, diskusi, project based learning, dan praktikum 6 X 50 |
|
Materi: membuat program Pemprograman Mikrokontroller menggunakan sensor DHT 11 Pustaka: Stroustrup, Bjarne. 2013. The C programming language, Fourth edition. Pearson Education, Inc |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Pemprograman Mikrokontroller menggunakan sensor LDR |
Mahasisha melakukan Pemprograman Mikrokontroller menggunakan sensor LDR |
Kriteria:
Hasil pengamatan dan hasil projek Pemprograman Mikrokontroller menggunakan sensor LDR Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Projrct based learning
|
|
Materi: Pemprograman Mikrokontroller menggunakan sensor LDR Pustaka: Stroustrup, Bjarne. 2013. The C programming language, Fourth edition. Pearson Education, Inc |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Mahasiswa mampu dalam melakukan Pemprograman Mikrokontroller menggunakan sensor Flame Detector |
Mahasiswa menyelesaikan Pemprograman Mikrokontroller menggunakan sensor Flame Detector dengan baik |
Kriteria:
Hasil pengamatan dan hasil projrk Pemprograman Mikrokontroller menggunakan sensor Flame Detector Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Project based learning 3 X 50 |
|
Materi: Pemprograman Mikrokontroller menggunakan sensor Flame Detector Pustaka: Stroustrup, Bjarne. 2013. The C programming language, Fourth edition. Pearson Education, Inc |
5% |
9
Minggu ke 9 |
Pemprograman Monitoring berbasis IoT menggunakan Node MCU dan sensor Ultasonik |
Mahasiswa mampu melakukan Pemprograman Monitoring berbasis IoT menggunakan Node MCU dan sensor Ultasonik |
Kriteria:
Hasil pengamatan dan hasil projek Pemprograman Monitoring berbasis IoT menggunakan Node MCU dan sensor Ultasonik Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Pendekatan: Saintifik Model: Kooperatif Metode: Ceramah, project based learning, Diskusi, Presentasi dan praktikum 6 X 50 |
|
Materi: Pemprograman Monitoring berbasis IoT menggunakan Node MCU dan sensor Ultasonik Pustaka: Stroustrup, Bjarne. 2013. The C programming language, Fourth edition. Pearson Education, Inc |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Pemprograman Monitoring berbasis IoT menggunakan Node MCU dan sensor LM35 |
Hasil pengamatan dan hasll projek Pemprograman Monitoring berbasis IoT menggunakan Node MCU dan sensor LM35 |
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Project based learning
|
|
|
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mampu membuat program dengan konsep string |
Mahasiswa mampu : - Menjelaskan definisi string - Menjelaskan cara mendeklarasikan variabel string - Menjelaskan cara memasukkan dan menampilkan isi dari variabel string - Menjelaskan cara mengakses elemen string - Menerapkan string dalam program |
|
Pendekatan: Saintifik Model: Kooperatif Metode: Ceramah, pembelajaran berbasis masalah, Diskusi, Presentasi dan praktikum 3 X 50 |
|
Materi: Pemprograman Monitoring berbasis IoT menggunakan Node MCU dan sensor LM35 Pustaka: |
0% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa mampu menggunakan fungsi dalam pembuatan program |
Mahasiswa mampu melakukan Pemprograman Monitoring berbasis IoT menggunakan Node MCU, PIR dan DHT 11 dengan baik |
Kriteria:
Hasil pengamatan dan hasil projek Pemprograman Monitoring berbasis IoT menggunakan Node MCU, PIR dan DHT 11 Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Pendekatan: Saintifik Model: Kooperatif Metode: Ceramah, project based learning, Diskusi, Presentasi dan praktikum 3 X 50 |
|
Materi: Hasil pengamatan dan hasil projek Pemprograman Monitoring berbasis IoT menggunakan Node MCU, PIR dan DHT 11 Pustaka: Stroustrup, Bjarne. 2013. The C programming language, Fourth edition. Pearson Education, Inc |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Pemprograman Monitoring berbasis IoT menggunakan Node MCU, LDR dan Flame Detector |
Mahasiswa mampu melakukan Pemprograman Monitoring berbasis IoT menggunakan Node MCU, LDR dan Flame Detector |
Kriteria:
Hasil pengamatan dan hasil projek Pemprograman Monitoring berbasis IoT menggunakan Node MCU, LDR dan Flame Detector Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Pendekatan: Saintifik Model: Kooperatif Metode: Ceramah, project based learning, Diskusi, Presentasi dan praktikum 3 X 50 |
|
Materi: Pemprograman Monitoring berbasis IoT menggunakan Node MCU, LDR dan Flame Detector Pustaka: Stroustrup, Bjarne. 2013. The C programming language, Fourth edition. Pearson Education, Inc |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa mampu membuat program dengan konsep struktur |
Mahasiswa mampuka melakukan pemprograman monitoring dan kontrolling berbasis IoT menggunakan Node MCU dan kombinasi berbagai sensor |
Kriteria:
Hasil pengamatan dan hasil projek pemprograman monitoring dan kontrolling berbasis IoT menggunakan Node MCU dan kombinasi berbagai sensor Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Project based learning 6 X 50 |
|
Materi: Pemprograman monitoring dan kontrolling berbasis IoT menggunakan Node MCU dan kombinasi berbagai sensor Pustaka: Sianipar, RH. 2013. C Untuk Programmer. Penerbit Informatika. Materi: Pemprograman monitoring dan kontrolling berbasis IoT menggunakan Node MCU dan kombinasi berbagai sensor Pustaka: Kadir, A. 2013. Pengenalan Algoritma Pendekatan Secara Visual dan Interaktif Menggunakan RAPTOR. Penerbit Andi. Materi: Pemprograman monitoring dan kontrolling berbasis IoT menggunakan Node MCU dan kombinasi berbagai sensor Pustaka: Stroustrup, Bjarne. 2013. The C programming language, Fourth edition. Pearson Education, Inc |
10% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa mampu membuat program dengan konsep struktur |
Mahasiswa mampuka melakukan pemprograman monitoring dan kontrolling berbasis IoT menggunakan Node MCU dan kombinasi berbagai sensor |
Kriteria:
Hasil pengamatan dan hasil projek pemprograman monitoring dan kontrolling berbasis IoT menggunakan Node MCU dan kombinasi berbagai sensor Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Project based learning 6 X 50 |
|
Materi: Pemprograman monitoring dan kontrolling berbasis IoT menggunakan Node MCU dan kombinasi berbagai sensor Pustaka: Sianipar, RH. 2013. C Untuk Programmer. Penerbit Informatika. Materi: Pemprograman monitoring dan kontrolling berbasis IoT menggunakan Node MCU dan kombinasi berbagai sensor Pustaka: Kadir, A. 2013. Pengenalan Algoritma Pendekatan Secara Visual dan Interaktif Menggunakan RAPTOR. Penerbit Andi. Materi: Pemprograman monitoring dan kontrolling berbasis IoT menggunakan Node MCU dan kombinasi berbagai sensor Pustaka: Stroustrup, Bjarne. 2013. The C programming language, Fourth edition. Pearson Education, Inc |
10% |
16
Minggu ke 16 |
Mahasiswa mampu membuat program dengan konsep struktur |
Mahasiswa mampuka melakukan pemprograman monitoring dan kontrolling berbasis IoT menggunakan Node MCU dan kombinasi berbagai sensor |
Kriteria:
Hasil pengamatan dan hasil projek pemprograman monitoring dan kontrolling berbasis IoT menggunakan Node MCU dan kombinasi berbagai sensor Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Project based learning 6 X 50 |
|
Materi: Pemprograman monitoring dan kontrolling berbasis IoT menggunakan Node MCU dan kombinasi berbagai sensor Pustaka: Sianipar, RH. 2013. C Untuk Programmer. Penerbit Informatika. Materi: Pemprograman monitoring dan kontrolling berbasis IoT menggunakan Node MCU dan kombinasi berbagai sensor Pustaka: Kadir, A. 2013. Pengenalan Algoritma Pendekatan Secara Visual dan Interaktif Menggunakan RAPTOR. Penerbit Andi. Materi: Pemprograman monitoring dan kontrolling berbasis IoT menggunakan Node MCU dan kombinasi berbagai sensor Pustaka: Stroustrup, Bjarne. 2013. The C programming language, Fourth edition. Pearson Education, Inc |
20% |