Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Teknik
Program Studi S1 Pendidikan Teknik Elektro

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Antena dan Propagasi Gelombang

8320102006

T=2

P=0

ECTS=3.18

4

17 November 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Dr. Ir. Nur Kholis, S.T., M.T.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa mampu menunjukkan gambaran umum Gambaran umum antenna, Mekanisme radiasi dan distribusi arus.

PO - 2

Mahasiswa mampu menggambarkan tipe-tipe Antenna beserta aplikasinya.

PO - 3

Mahasiswa dapat mendeskripsikn kinerja antena berupa : Pola Radiasi,Power Density dan Intensitas dan efisiensi Radiasi, Beamwidth dan directivity, Numerical Technik, Gain,Beam effisiensi, Bandwidth, Polarisasi, Impedansi

PO - 4

Mahasiswa dapat mendeskripsikan sumber potensial arus dan medan listrik dan magnetic, Persamaan gelombang, Radiasi far field, Antenna dipole, efek grounding, Circular loop, Poligonal loop antenna, Planar dan Circular Array, N element array, MIMO antenna, smart antenna, mensimulasikan serta menggunakan antena dalam pengukuran

PO - 5

Mahasiswa memiliki kemampuan merancang Antenna Dipole Broadband, Antenna Biconical, Triangular, Bow Tie, Cylinder, Folded Dipole, Spiral Antenna, log periodic, Fraactal antenna, Antenna Horn dan Antenna Mikrostrip

Matrik PLO-PO

 
PO
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini menjelaskan tentang konsep dan definisi dari antena dan propagasi, mulai dari Pemahaman konsep Dasar Teknik Antena, Parameter kinerja antena, Antena dipole, antena kawat , loop antena, Teori Area Efektif, Antena Array, Propagasi gelombang Radio, Broadband antena, aperture antena, Microstrip antena, smart antena, Pengukuran antena dan simulasi desain antena

Pustaka

Utama :

  1. John D. Kraus. 2001. Antenna for all application . McGraw-Hill Education Singapore
  2. Fawwaz T Ulaby. 2015. Fundamentals of applied electromagnetics. Pearson Education Dorling Kindersley
  3. Constantine A. Balanis,. 2005 . Antenna Theory Analysis and Design . John WilleY

Pendukung :

Dosen Pengampu

Dr. Nurhayati, S.T., M.T.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

MemahamiDasarTeknik propagasi dan antenna yang meliputi dasar radiasi antena, Radiasi dipole pendek, pendekatan medanjauh. Kerapatan daya

1. Menjelaskan konsep Dasar Radiasi antena 2. Menjelaskan konsep Radiasi Dipole Pendek / Hertzian 3. Menjelaskan konsep Pendekatan Medan Jauh 4. Menjelaskan konsep Kerapatan Daya Radiasi 5. memahami propagasi antena


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
ceramah,diskusi dan tanya jawab
2 X 50

5%

2

Minggu ke 2

MemahamiDasarTeknik propagasi dan antenna yang meliputi dasar radiasi antena, Radiasi dipole pendek, pendekatan medanjauh. Kerapatan daya

1. Menjelaskan konsep Dasar Radiasi antena 2. Menjelaskan konsep Radiasi Dipole Pendek / Hertzian 3. Menjelaskan konsep Pendekatan Medan Jauh 4. Menjelaskan konsep Kerapatan Daya Radiasi 5. memahami propagasi antena


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja
ceramah,diskusi dan tanya jawab
4 X 50

5%

3

Minggu ke 3

MemahamiDasarTeknik propagasi dan antenna yang meliputi dasar radiasi antena, Radiasi dipole pendek, pendekatan medanjauh. Kerapatan daya

1. Menjelaskan konsep Dasar Radiasi antena 2. Menjelaskan konsep Radiasi Dipole Pendek / Hertzian 3. Menjelaskan konsep Pendekatan Medan Jauh 4. Menjelaskan konsep Kerapatan Daya Radiasi 5. memahami propagasi antena


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
ceramah,diskusi dan tanya jawab
2 X 50

5%

4

Minggu ke 4

MemahamiKarakteristikradiasiantena yang meliputiPolaradiasiantena, dimensi beam, Direktivitasantena, Gain, resistansiradiasi

1. Menjelaskan konsep Karakteristik Radiasi Antena 2. Menjelaskan konsep Pola Radiasi 3. Menjelaskan konsep Direktivitas antena 4. Menjelaskan konsep Gain Antena 5. Menjelaskan konsep Resistansi Radiasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah,diskusi,tanya jawab
2 X 50

5%

5

Minggu ke 5

MemahamiKarakteristikradiasiantena yang meliputiPolaradiasiantena, dimensi beam, Direktivitasantena, Gain, resistansiradiasi

1. Menjelaskan konsep Karakteristik Radiasi Antena 2. Menjelaskan konsep Pola Radiasi 3. Menjelaskan konsep Direktivitas antena 4. Menjelaskan konsep Gain Antena 5. Menjelaskan konsep Resistansi Radiasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah,diskusi,tanya jawab
2 X 50

5%

6

Minggu ke 6

MemahamiAntena dipole , direktivitas antena dipole , resistansi radiasi antena dipole , antena dipole kelipatan

1. Menjelaskan konsep antena dipole 2. Menjelaskan konsep direktivitas antena dipole 3. Menjelaskan konsep Radiasi antena dipole 4. Menjelaskan konsep antena dipole kelipatan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum
diskusi,ceramah dan tanya jawab
2 X 50

5%

7

Minggu ke 7

MemahamiAntena dipole , direktivitas antena dipole , resistansi radiasi antena dipole , antena dipole kelipatan

1. Menjelaskan konsep antena dipole 2. Menjelaskan konsep direktivitas antena dipole 3. Menjelaskan konsep Radiasi antena dipole 4. Menjelaskan konsep antena dipole kelipatan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
diskusi,ceramah dan tanya jawab
2 X 50

5%

8

Minggu ke 8

UTS


    Bentuk Penilaian :
    Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
    Presentasi, tanya jawab project
    2 X 50

    10%

    9

    Minggu ke 9

    Memahami Transfer dayaMaksimum antenna, formula trasnmisiFriss, Teori antenna celah


      Bentuk Penilaian :
      Aktifitas Partisipasif
      ppt dan tanya jawab
      2 X 50

      5%

      10

      Minggu ke 10

      Teori antena array linear, planar dan circularMahasiswa mampu mensimulasikan total array pattern dengan mengalikan elemen pattern dan faktor arrayAplikasi antena arrayMendeskripsikan beberapa artikel ilmiah dengan topik antena array

      1. Mahasiswa mampu mendeskripsikan antena array linear, planar dan circular
      2. Mahasiswa mampu mensimulasikan total array pattern dengan mengalikan elemen pattern dan faktor array
      3. Mahasiswa dapat menunjukan aplikasi antena array
      4. Mahasiswa dapat mendeskripsikan beberapa artikel ilmiah dengan topik antena array
      Kriteria:

      Ketepatan menyelesaikan tugas, mampu mensimulasikan antena array dengan program matlab.


      Bentuk Penilaian :
      Praktik / Unjuk Kerja
      Tugas kelompok, diskusi dan presentasi
      2 X 50

      5%

      11

      Minggu ke 11

      Mahasiswa mampu mendeskripsikan Propagasi gelombang Radio Mahasiswa mampu mensimulasikan kinerja antena MIMO dari pemancar ke penerimaMereview paper yang memiliki tema komunikasi antena MIMO dan propagasi kanal

      1. Mahasiswa mampu mendeskripsikan jenis jenis propagasi gelombang Radio
      2. Mahasiswa mampu mensimulasikan kinerja antena MIMO dari pemancar ke penerima
      3. Mereview paper yang memiliki tema komunikasi antena MIMO dan propagasi kanal
      Kriteria:

      Keaktifan dan ketepatan menyelesaikan tugas


      Bentuk Penilaian :
      Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
      Diskusi kelompok dan simulasi
      2 X 50

      5%

      12

      Minggu ke 12

      Mahasiswa menjelaskan Broadband antena, aperture antena

      1. Mahasiswa menjelaskan Broadband antena diantaranya tapered slot antena
      2. Mahasiswa mampu menunjukan jenis jenis aperture antena: rectangular aperture, circular aperture
      3. Mahasiswa mampu mendeskripsikan antena horn
      4. Mahasiswa mengetahui aplikasi antena broadband
      Kriteria:

      Keaktifan dan kedalaman materi yang disampaikan


      Bentuk Penilaian :
      Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
      Presentasi kelompok
      2 X 50

      4%

      13

      Minggu ke 13

      Mahasiswa mampu menunjukan jenis jenis antena mikrostripMahasiswa mampu mendeskripsikan aplikasi antena mikrostrip Mahasiswa mampu menggambarkan smart antena

      1. Mahasiswa memahami jenis jenis antena mikrostrip
      2. Mahasiswa mampu menunjukan aplikasi antena mikrostrip
      3. Mahasiswa mampu menggambarkan smart antena
      Kriteria:

      Kedalaman penyampaian maeri, pemahaman materi yang disampaikan dan keaktifan


      Bentuk Penilaian :
      Aktifitas Partisipasif
      Tugas presentasi tiap Kelompok
      2 X 50

      10%

      14

      Minggu ke 14

      Bisa mendesain antena mikrostrip menggunakan software computasi elektromagnetik (CST/HFFS)Menganalisa kinerja antena dari hasil simulasi yang dilakukanFabrikasi hasil desainPengukuran dan analisa hasil

      1. Mahasiswa mampu mendesain antena mikrostrip menggunakan software computasi elektromagnetik (CST/HFFS)
      2. Mahasiswa bisa menginterpretasikan dan menganalisa kinerja antena dari hasil simulasi yang dilakukan
      3. Mahasiswa dapat melakukan fabrikasi hasil desain
      4. Pengukuran dan analisa hasil
      5. Mahasiswa membuat laporan hasil kinerja antena
      Kriteria:

      Hasil desain antena, fabrikasi dan hasil laporan dari hasil simulasi dan fabrikasi


      Bentuk Penilaian :
      Aktifitas Partisipasif
      Tugas Kelompok dalam project desan antena, fabrikasi dan menulis laporan hasil simulasi dan fabrikasi
      2 X 50

      5%

      15

      Minggu ke 15

      Bisa mendesain antena mikrostrip menggunakan software computasi elektromagnetik (CST/HFFS)Menganalisa kinerja antena dari hasil simulasi yang dilakukanFabrikasi hasil desainPengukuran dan analisa hasil

      1. Mahasiswa mampu mendesain antena mikrostrip menggunakan software computasi elektromagnetik (CST/HFFS)
      2. Mahasiswa bisa menginterpretasikan dan menganalisa kinerja antena dari hasil simulasi yang dilakukan
      3. Mahasiswa dapat melakukan fabrikasi hasil desain
      4. Pengukuran dan analisa hasil
      5. Mahasiswa membuat laporan hasil kinerja antena
      Kriteria:

      Hasil desain antena, fabrikasi dan hasil laporan dari hasil simulasi dan fabrikasi


      Bentuk Penilaian :
      Aktifitas Partisipasif
      Tugas Kelompok dalam project desan antena, fabrikasi dan menulis laporan hasil simulasi dan fabrikasi
      2 X 50

      5%

      16

      Minggu ke 16

      UAS


        Bentuk Penilaian :
        Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja, Tes

        2 X 50

        15%



        Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

        No Evaluasi Persentase
        1. Aktifitas Partisipasif 50.92%
        2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 24.25%
        3. Penilaian Portofolio 3.34%
        4. Penilaian Praktikum 2.5%
        5. Praktik / Unjuk Kerja 14.25%
        6. Tes 3.75%
        99.01%

        Catatan

        1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
        2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
        3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
        4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
        5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
        6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
        7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
        8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
        9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
        10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
        11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
        12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.