Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Teknik
Program Studi S1 Pendidikan Teknik Elektro

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Antena dan Propagasi Gelombang

8320102006

T=2

P=0

ECTS=3.18

4

18 Januari 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Dr. Ir. Nur Kholis, S.T., M.T.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pemprogram embedded system sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang elektronika.

PO - 2

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi melalui proses penyelesaian projek

PO - 3

Mampu mendesain rangkaian, perangkat, dan produk embedded system (mikrokontroller dan IoT).

Matrik PLO-PO

 
PO
PO-1
PO-2
PO-3

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini mengajarkan tentang konsep dasar pemrograman, pengetahuan dan pengalaman praktis serta teknis mengenai algoritma, flowchart dan penerapannya dalam bahasa pemrograman ebeded system. Materi-materi dasar pembuatan program yakni dasar-dasar pemrograman, pengenalan bahasa pemrograman untuk embedded system, strukturpemprograman embedded system, penyelesaian kondisi, fungsi, tipe data abstrak/ struktur.

Pustaka

Utama :

  1. D.S. Malik. 2011. C++ Programming: From Problem Analysis to Program Design. Fifth Edition, USA : Course Technology, Cengage Learning.
  2. Deitel, Paul and Harvey Deitel. 2013. C++ How To Program, Eight Edition. Pearson Educaton, Inc.
  3. Kadir, A. 2013. Pengenalan Algoritma Pendekatan Secara Visual dan Interaktif Menggunakan RAPTOR. Penerbit Andi.
  4. Raharjo, Budi. 2014. Pemrograman C++ Edisi Revisi: Mudah&Cepat Menjadi Master C++. Penerbit Informatika.
  5. Sianipar, RH. 2013. C++ Untuk Programmer. Penerbit Informatika.
  6. Stroustrup, Bjarne. 2013. The C++ programming language, Fourth edition. Pearson Education, Inc

Pendukung :

Dosen Pengampu

Prof. Dr. Nurhayati, S.T., M.T.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pemprograman embedded system sesuai dengan standar kompetensi kerja

Mahasiswa mampu : - Menjelaskan konsep dasar algoritma - Mengidentifikasi notasi-notasi flowchart - Menerapkan algoritma dan flowchart ke dalam suatu penyelesaian masalah


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pendekatan saintifik, ceramah, tanya-jawab, diskusi, pembelajaran berbasis masalah, dan praktikum
3 X 50

5%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa mampu memahami struktur penulisan bahasa pemrograman C

- Mengidentifikasi jenis-jenis tipe data - Menjelaskan aturan pendefinisian identifier - Mengidentifikasi perbedaan variabel dan konstanta - Mengidentifikasi jenis-jenis operator - Menjelaskan prioritas operator aritmatika - Mengidentifikasi jenis-jenis fungsi input dan output - Menerapkan fungsi input dan output dalam program


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pendekatan saintifik, ceramah, tanya-jawab, diskusi, pembelajaran langsung, dan praktikum
3 X 50

5%

3

Minggu ke 3

Pemprograman Mikrokontroller menggunakan sensor Ultrasonik dan LM35

Mahasiswa mampu : - Mengidentifikasi jenis-jenis fungsi input dan output - Menerapkan fungsi input dan output dalam program


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pendekatan saintifik, ceramah, tanya-jawab, diskusi, pembelajaran berbasis masalah, dan praktikum
3 X 50

5%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa mampu membuat program dengan konsep percabangan

Mahasiswa mampu : - Mengidentifikasi perbedaan kondisi dan aksi - Menjelaskan percabangan tunggal, majemuk dan bertingkat - Menjelaskan percabangan menggunakan selection case - Menerapkan konsep percabangan ke dalam program

Kriteria:

Hasil Projek Pemprograman Mikrokontroller menggunakan sensor Raindrop


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pendekatan saintifik, ceramah, tanya-jawab, diskusi, pembelajaran berbasis masalah, dan praktikum
6 X 50

Materi: Pemprograman Mikrokontroller menggunakan sensor Raindrop
Pustaka: Stroustrup, Bjarne. 2013. The C programming language, Fourth edition. Pearson Education, Inc
5%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa mampu melakukan Pemprograman Mikrokontroller menggunakan sensor PIR

Mahasiswa mampu melakukan Pemprograman Mikrokontroller menggunakan sensor PIR

Kriteria:

Hasil projek dan pengamatan penyelesaian projek Pemprograman Mikrokontroller menggunakan sensor PIR


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Project based learning

Materi: Pemprograman Mikrokontroller menggunakan sensor PIR
Pustaka: Stroustrup, Bjarne. 2013. The C programming language, Fourth edition. Pearson Education, Inc
5%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa mampu membuat program Pemprograman Mikrokontroller menggunakan sensor DHT 11

mahasiswa mampu membuat program Pemprograman Mikrokontroller menggunakan sensor DHT 11

Kriteria:

Hasil pengamatan dan projek dalam menyelesaikan membuat program Pemprograman Mikrokontroller menggunakan sensor DHT 11


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pendekatan saintifik, ceramah, tanya-jawab, diskusi, project based learning, dan praktikum
6 X 50

Materi: membuat program Pemprograman Mikrokontroller menggunakan sensor DHT 11
Pustaka: Stroustrup, Bjarne. 2013. The C programming language, Fourth edition. Pearson Education, Inc
5%

7

Minggu ke 7

Pemprograman Mikrokontroller menggunakan sensor LDR

Mahasisha melakukan Pemprograman Mikrokontroller menggunakan sensor LDR

Kriteria:

Hasil pengamatan dan hasil projek Pemprograman Mikrokontroller menggunakan sensor LDR


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Projrct based learning

Materi: Pemprograman Mikrokontroller menggunakan sensor LDR
Pustaka: Stroustrup, Bjarne. 2013. The C programming language, Fourth edition. Pearson Education, Inc
5%

8

Minggu ke 8

Mahasiswa mampu dalam melakukan Pemprograman Mikrokontroller menggunakan sensor Flame Detector

Mahasiswa menyelesaikan Pemprograman Mikrokontroller menggunakan sensor Flame Detector dengan baik

Kriteria:

Hasil pengamatan dan hasil projrk Pemprograman Mikrokontroller menggunakan sensor Flame Detector


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Project based learning
3 X 50

Materi: Pemprograman Mikrokontroller menggunakan sensor Flame Detector
Pustaka: Stroustrup, Bjarne. 2013. The C programming language, Fourth edition. Pearson Education, Inc
5%

9

Minggu ke 9

Pemprograman Monitoring berbasis IoT menggunakan Node MCU dan sensor Ultasonik

Mahasiswa mampu melakukan Pemprograman Monitoring berbasis IoT menggunakan Node MCU dan sensor Ultasonik

Kriteria:

Hasil pengamatan dan hasil projek Pemprograman Monitoring berbasis IoT menggunakan Node MCU dan sensor Ultasonik


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pendekatan: Saintifik Model: Kooperatif Metode: Ceramah, project based learning, Diskusi, Presentasi dan praktikum
6 X 50

Materi: Pemprograman Monitoring berbasis IoT menggunakan Node MCU dan sensor Ultasonik
Pustaka: Stroustrup, Bjarne. 2013. The C programming language, Fourth edition. Pearson Education, Inc
5%

10

Minggu ke 10

Pemprograman Monitoring berbasis IoT menggunakan Node MCU dan sensor LM35

Hasil pengamatan dan hasll projek Pemprograman Monitoring berbasis IoT menggunakan Node MCU dan sensor LM35


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Project based learning

5%

11

Minggu ke 11

Mampu membuat program dengan konsep string

Mahasiswa mampu : - Menjelaskan definisi string - Menjelaskan cara mendeklarasikan variabel string - Menjelaskan cara memasukkan dan menampilkan isi dari variabel string - Menjelaskan cara mengakses elemen string - Menerapkan string dalam program

Pendekatan: Saintifik Model: Kooperatif Metode: Ceramah, pembelajaran berbasis masalah, Diskusi, Presentasi dan praktikum
3 X 50

Materi: Pemprograman Monitoring berbasis IoT menggunakan Node MCU dan sensor LM35
Pustaka:
0%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa mampu menggunakan fungsi dalam pembuatan program

Mahasiswa mampu melakukan Pemprograman Monitoring berbasis IoT menggunakan Node MCU, PIR dan DHT 11 dengan baik

Kriteria:

Hasil pengamatan dan hasil projek Pemprograman Monitoring berbasis IoT menggunakan Node MCU, PIR dan DHT 11


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pendekatan: Saintifik Model: Kooperatif Metode: Ceramah, project based learning, Diskusi, Presentasi dan praktikum
3 X 50

Materi: Hasil pengamatan dan hasil projek Pemprograman Monitoring berbasis IoT menggunakan Node MCU, PIR dan DHT 11
Pustaka: Stroustrup, Bjarne. 2013. The C programming language, Fourth edition. Pearson Education, Inc
5%

13

Minggu ke 13

Pemprograman Monitoring berbasis IoT menggunakan Node MCU, LDR dan Flame Detector

Mahasiswa mampu melakukan Pemprograman Monitoring berbasis IoT menggunakan Node MCU, LDR dan Flame Detector

Kriteria:

Hasil pengamatan dan hasil projek Pemprograman Monitoring berbasis IoT menggunakan Node MCU, LDR dan Flame Detector


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pendekatan: Saintifik Model: Kooperatif Metode: Ceramah, project based learning, Diskusi, Presentasi dan praktikum
3 X 50

Materi: Pemprograman Monitoring berbasis IoT menggunakan Node MCU, LDR dan Flame Detector
Pustaka: Stroustrup, Bjarne. 2013. The C programming language, Fourth edition. Pearson Education, Inc
5%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa mampu membuat program dengan konsep struktur

Mahasiswa mampuka melakukan pemprograman monitoring dan kontrolling berbasis IoT menggunakan Node MCU dan kombinasi berbagai sensor

Kriteria:

Hasil pengamatan dan hasil projek pemprograman monitoring dan kontrolling berbasis IoT menggunakan Node MCU dan kombinasi berbagai sensor


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Project based learning
6 X 50

Materi: Pemprograman monitoring dan kontrolling berbasis IoT menggunakan Node MCU dan kombinasi berbagai sensor
Pustaka: Sianipar, RH. 2013. C Untuk Programmer. Penerbit Informatika.

Materi: Pemprograman monitoring dan kontrolling berbasis IoT menggunakan Node MCU dan kombinasi berbagai sensor
Pustaka: Kadir, A. 2013. Pengenalan Algoritma Pendekatan Secara Visual dan Interaktif Menggunakan RAPTOR. Penerbit Andi.

Materi: Pemprograman monitoring dan kontrolling berbasis IoT menggunakan Node MCU dan kombinasi berbagai sensor
Pustaka: Stroustrup, Bjarne. 2013. The C programming language, Fourth edition. Pearson Education, Inc
10%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa mampu membuat program dengan konsep struktur

Mahasiswa mampuka melakukan pemprograman monitoring dan kontrolling berbasis IoT menggunakan Node MCU dan kombinasi berbagai sensor

Kriteria:

Hasil pengamatan dan hasil projek pemprograman monitoring dan kontrolling berbasis IoT menggunakan Node MCU dan kombinasi berbagai sensor


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Project based learning
6 X 50

Materi: Pemprograman monitoring dan kontrolling berbasis IoT menggunakan Node MCU dan kombinasi berbagai sensor
Pustaka: Sianipar, RH. 2013. C Untuk Programmer. Penerbit Informatika.

Materi: Pemprograman monitoring dan kontrolling berbasis IoT menggunakan Node MCU dan kombinasi berbagai sensor
Pustaka: Kadir, A. 2013. Pengenalan Algoritma Pendekatan Secara Visual dan Interaktif Menggunakan RAPTOR. Penerbit Andi.

Materi: Pemprograman monitoring dan kontrolling berbasis IoT menggunakan Node MCU dan kombinasi berbagai sensor
Pustaka: Stroustrup, Bjarne. 2013. The C programming language, Fourth edition. Pearson Education, Inc
10%

16

Minggu ke 16

Mahasiswa mampu membuat program dengan konsep struktur

Mahasiswa mampuka melakukan pemprograman monitoring dan kontrolling berbasis IoT menggunakan Node MCU dan kombinasi berbagai sensor

Kriteria:

Hasil pengamatan dan hasil projek pemprograman monitoring dan kontrolling berbasis IoT menggunakan Node MCU dan kombinasi berbagai sensor


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Project based learning
6 X 50

Materi: Pemprograman monitoring dan kontrolling berbasis IoT menggunakan Node MCU dan kombinasi berbagai sensor
Pustaka: Sianipar, RH. 2013. C Untuk Programmer. Penerbit Informatika.

Materi: Pemprograman monitoring dan kontrolling berbasis IoT menggunakan Node MCU dan kombinasi berbagai sensor
Pustaka: Kadir, A. 2013. Pengenalan Algoritma Pendekatan Secara Visual dan Interaktif Menggunakan RAPTOR. Penerbit Andi.

Materi: Pemprograman monitoring dan kontrolling berbasis IoT menggunakan Node MCU dan kombinasi berbagai sensor
Pustaka: Stroustrup, Bjarne. 2013. The C programming language, Fourth edition. Pearson Education, Inc
20%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 10%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 90%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.