|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Teknik
Program Studi S1 Pendidikan Teknik Elektro
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Antena dan Propagasi Gelombang |
8320102006 |
|
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
4 |
17 November 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
Dr. Ir. Nur Kholis, S.T., M.T. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mahasiswa mampu menunjukkan gambaran umum Gambaran umum antenna, Mekanisme radiasi dan distribusi arus.
|
PO - 2 |
Mahasiswa mampu menggambarkan tipe-tipe Antenna beserta aplikasinya.
|
PO - 3 |
Mahasiswa dapat mendeskripsikn kinerja antena berupa : Pola Radiasi,Power Density dan Intensitas dan efisiensi Radiasi, Beamwidth dan directivity, Numerical Technik, Gain,Beam effisiensi, Bandwidth, Polarisasi, Impedansi
|
PO - 4 |
Mahasiswa dapat mendeskripsikan sumber potensial arus dan medan listrik dan magnetic, Persamaan gelombang, Radiasi far field, Antenna dipole, efek grounding, Circular loop, Poligonal loop antenna, Planar dan Circular Array, N element array, MIMO antenna, smart antenna, mensimulasikan serta menggunakan antena dalam pengukuran
|
PO - 5 |
Mahasiswa memiliki kemampuan merancang Antenna Dipole Broadband, Antenna Biconical, Triangular, Bow Tie, Cylinder, Folded Dipole, Spiral Antenna, log periodic, Fraactal antenna, Antenna Horn dan Antenna Mikrostrip
|
Matrik PLO-PO |
|
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-5 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini menjelaskan tentang konsep dan definisi dari antena dan propagasi, mulai dari Pemahaman konsep Dasar Teknik Antena, Parameter kinerja antena, Antena dipole, antena kawat , loop antena, Teori Area Efektif, Antena Array, Propagasi gelombang Radio, Broadband antena, aperture antena, Microstrip antena, smart antena, Pengukuran antena dan simulasi desain antena |
Pustaka
|
Utama : |
|
- John D. Kraus. 2001. Antenna for all application . McGraw-Hill Education Singapore
- Fawwaz T Ulaby. 2015. Fundamentals of applied electromagnetics. Pearson Education Dorling Kindersley
- Constantine A. Balanis,. 2005 . Antenna Theory Analysis and Design . John WilleY
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Nurhayati, S.T., M.T. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
MemahamiDasarTeknik propagasi dan antenna yang meliputi dasar radiasi antena, Radiasi dipole pendek, pendekatan medanjauh. Kerapatan daya |
1. Menjelaskan konsep Dasar Radiasi antena 2. Menjelaskan konsep Radiasi Dipole Pendek / Hertzian 3. Menjelaskan konsep Pendekatan Medan Jauh 4. Menjelaskan konsep Kerapatan Daya Radiasi 5. memahami propagasi antena |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
ceramah,diskusi dan tanya jawab 2 X 50 |
|
|
5% |
2
Minggu ke 2 |
MemahamiDasarTeknik propagasi dan antenna yang meliputi dasar radiasi antena, Radiasi dipole pendek, pendekatan medanjauh. Kerapatan daya |
1. Menjelaskan konsep Dasar Radiasi antena 2. Menjelaskan konsep Radiasi Dipole Pendek / Hertzian 3. Menjelaskan konsep Pendekatan Medan Jauh 4. Menjelaskan konsep Kerapatan Daya Radiasi 5. memahami propagasi antena |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja |
ceramah,diskusi dan tanya jawab 4 X 50 |
|
|
5% |
3
Minggu ke 3 |
MemahamiDasarTeknik propagasi dan antenna yang meliputi dasar radiasi antena, Radiasi dipole pendek, pendekatan medanjauh. Kerapatan daya |
1. Menjelaskan konsep Dasar Radiasi antena 2. Menjelaskan konsep Radiasi Dipole Pendek / Hertzian 3. Menjelaskan konsep Pendekatan Medan Jauh 4. Menjelaskan konsep Kerapatan Daya Radiasi 5. memahami propagasi antena |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio |
ceramah,diskusi dan tanya jawab 2 X 50 |
|
|
5% |
4
Minggu ke 4 |
MemahamiKarakteristikradiasiantena yang meliputiPolaradiasiantena, dimensi beam, Direktivitasantena, Gain, resistansiradiasi |
1. Menjelaskan konsep Karakteristik Radiasi Antena 2. Menjelaskan konsep Pola Radiasi 3. Menjelaskan konsep Direktivitas antena 4. Menjelaskan konsep Gain Antena 5. Menjelaskan konsep Resistansi Radiasi |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah,diskusi,tanya jawab 2 X 50 |
|
|
5% |
5
Minggu ke 5 |
MemahamiKarakteristikradiasiantena yang meliputiPolaradiasiantena, dimensi beam, Direktivitasantena, Gain, resistansiradiasi |
1. Menjelaskan konsep Karakteristik Radiasi Antena 2. Menjelaskan konsep Pola Radiasi 3. Menjelaskan konsep Direktivitas antena 4. Menjelaskan konsep Gain Antena 5. Menjelaskan konsep Resistansi Radiasi |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Ceramah,diskusi,tanya jawab 2 X 50 |
|
|
5% |
6
Minggu ke 6 |
MemahamiAntena dipole , direktivitas antena dipole , resistansi radiasi antena dipole , antena dipole kelipatan |
1. Menjelaskan konsep antena dipole 2. Menjelaskan konsep direktivitas antena dipole 3. Menjelaskan konsep Radiasi antena dipole 4. Menjelaskan konsep antena dipole kelipatan |
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum |
diskusi,ceramah dan tanya jawab 2 X 50 |
|
|
5% |
7
Minggu ke 7 |
MemahamiAntena dipole , direktivitas antena dipole , resistansi radiasi antena dipole , antena dipole kelipatan |
1. Menjelaskan konsep antena dipole 2. Menjelaskan konsep direktivitas antena dipole 3. Menjelaskan konsep Radiasi antena dipole 4. Menjelaskan konsep antena dipole kelipatan |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
diskusi,ceramah dan tanya jawab 2 X 50 |
|
|
5% |
8
Minggu ke 8 |
UTS |
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi, tanya jawab project 2 X 50 |
|
|
10% |
9
Minggu ke 9 |
Memahami Transfer dayaMaksimum antenna, formula trasnmisiFriss, Teori antenna celah |
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
ppt dan tanya jawab 2 X 50 |
|
|
5% |
10
Minggu ke 10 |
Teori antena array linear, planar dan circularMahasiswa mampu mensimulasikan total array pattern dengan mengalikan elemen pattern dan faktor arrayAplikasi antena arrayMendeskripsikan beberapa artikel ilmiah dengan topik antena array |
- Mahasiswa mampu mendeskripsikan antena array linear, planar dan circular
- Mahasiswa mampu mensimulasikan total array pattern dengan mengalikan elemen pattern dan faktor array
- Mahasiswa dapat menunjukan aplikasi antena array
- Mahasiswa dapat mendeskripsikan beberapa artikel ilmiah dengan topik antena array
|
Kriteria:
Ketepatan menyelesaikan tugas, mampu mensimulasikan antena array dengan program matlab. Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Tugas kelompok, diskusi dan presentasi 2 X 50 |
|
|
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa mampu mendeskripsikan Propagasi gelombang Radio Mahasiswa mampu mensimulasikan kinerja antena MIMO dari pemancar ke penerimaMereview paper yang memiliki tema komunikasi antena MIMO dan propagasi kanal |
- Mahasiswa mampu mendeskripsikan jenis jenis propagasi gelombang Radio
- Mahasiswa mampu mensimulasikan kinerja antena MIMO dari pemancar ke penerima
- Mereview paper yang memiliki tema komunikasi antena MIMO dan propagasi kanal
|
Kriteria:
Keaktifan dan ketepatan menyelesaikan tugas Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi kelompok dan simulasi 2 X 50 |
|
|
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa menjelaskan Broadband antena, aperture antena |
- Mahasiswa menjelaskan Broadband antena diantaranya tapered slot antena
- Mahasiswa mampu menunjukan jenis jenis aperture antena: rectangular aperture, circular aperture
- Mahasiswa mampu mendeskripsikan antena horn
- Mahasiswa mengetahui aplikasi antena broadband
|
Kriteria:
Keaktifan dan kedalaman materi yang disampaikan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Presentasi kelompok 2 X 50 |
|
|
4% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa mampu menunjukan jenis jenis antena mikrostripMahasiswa mampu mendeskripsikan aplikasi antena mikrostrip Mahasiswa mampu menggambarkan smart antena |
- Mahasiswa memahami jenis jenis antena mikrostrip
- Mahasiswa mampu menunjukan aplikasi antena mikrostrip
- Mahasiswa mampu menggambarkan smart antena
|
Kriteria:
Kedalaman penyampaian maeri, pemahaman materi yang disampaikan dan keaktifan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Tugas presentasi tiap Kelompok 2 X 50 |
|
|
10% |
14
Minggu ke 14 |
Bisa mendesain antena mikrostrip menggunakan software computasi elektromagnetik (CST/HFFS)Menganalisa kinerja antena dari hasil simulasi yang dilakukanFabrikasi hasil desainPengukuran dan analisa hasil |
- Mahasiswa mampu mendesain antena mikrostrip menggunakan software computasi elektromagnetik (CST/HFFS)
- Mahasiswa bisa menginterpretasikan dan menganalisa kinerja antena dari hasil simulasi yang dilakukan
- Mahasiswa dapat melakukan fabrikasi hasil desain
- Pengukuran dan analisa hasil
- Mahasiswa membuat laporan hasil kinerja antena
|
Kriteria:
Hasil desain antena, fabrikasi dan hasil laporan dari hasil simulasi dan fabrikasi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Tugas Kelompok dalam project desan antena, fabrikasi dan menulis laporan hasil simulasi dan fabrikasi 2 X 50 |
|
|
5% |
15
Minggu ke 15 |
Bisa mendesain antena mikrostrip menggunakan software computasi elektromagnetik (CST/HFFS)Menganalisa kinerja antena dari hasil simulasi yang dilakukanFabrikasi hasil desainPengukuran dan analisa hasil |
- Mahasiswa mampu mendesain antena mikrostrip menggunakan software computasi elektromagnetik (CST/HFFS)
- Mahasiswa bisa menginterpretasikan dan menganalisa kinerja antena dari hasil simulasi yang dilakukan
- Mahasiswa dapat melakukan fabrikasi hasil desain
- Pengukuran dan analisa hasil
- Mahasiswa membuat laporan hasil kinerja antena
|
Kriteria:
Hasil desain antena, fabrikasi dan hasil laporan dari hasil simulasi dan fabrikasi Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Tugas Kelompok dalam project desan antena, fabrikasi dan menulis laporan hasil simulasi dan fabrikasi 2 X 50 |
|
|
5% |
16
Minggu ke 16 |
UAS |
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
2 X 50 |
|
|
15% |