Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S3 Pendidikan Sains

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Penelitian Tugas Akhir-3

8400105081

T=8

P=0

ECTS=20.16

5

16 Desember 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




SUYATNO

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

Program Objectives (PO)

PO - 1

Menemukan kebaruan dari penelitian doktor melalui kajian disertasi.

PO - 2

Membuat Buku Model/Perangkat Pembelajaran/Instrumen Penelitian sebagai bentuk operasional pendukung kajian disertasi.

PO - 3

Membuat rancangan penelitian doktor yang memenuhi KKNI level 9 dalam bentuk proposal disertasi.

Matrik PLO-PO

 
PO
PO-1
PO-2
PO-3

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Matakuliah ini memfasilitasi mahasiswa untuk mendapatkan desain rancangan penelitian doctor yang memenuhi KKNI level 9 dalam bentuk proposal disertasi. Aktivitasi yang dilakukan mahasiswa meliputi: (1) Melakukan analisis kebaruan dari penelitian doktor melalui kajian disertasi, (2) Membuat Buku Model/Perangkat Pembelajaran/Instrumen Penelitian sebagai bentuk operasional pendukung kajian disertasi. Melalui matakuliah ini diharapkan mahasiswa dapat menghasilkan proposal disertasi yang siap diseminarkan yang dilengkapi minimal Buku Model/Perangkat Pembelajaran/Instrumen Penelitian sebagai bentuk operasional disertasinya.

Pustaka

Utama :

  1. Creswell, W. J. (2014). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed method approaches 4th edition. USA: SAGE Publications.
  2. Fraenkel, J. R., Wallen, N. E., & Hyun, H. H. (2012). How to design and evaluate research in education (8th ed.). New York: McGraw-Hill.
  3. Artikel Jurnal terkait penelitian Pendidikan Sains-Fisika yang relevan berbasis database Bereputasi (Web of Science dan Scopus).

Pendukung :

Dosen Pengampu

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

  1. Melakukan analisis hasil penelitian doktor Pendidikan sains
  2. Menemukan kebaruan penelitian doktor pendidikan sains dari hasil kajian disertasi

Menganalisis kebaruan dari penelitian doktor melalui kajian disertasi

Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Flip learning, Diskusi, dan PjBL
4 x 50 menit
Flip learning, Diskusi, dan PjBL
4x50 menit
Materi: Disertasi/Publikasi Hasil disertasi (Referensi no 1,2,3,4)
Pustaka:
5%

2

Minggu ke 2

  1. Melakukan analisis hasil penelitian doktor Pendidikan sains
  2. Menemukan kebaruan penelitian doktor pendidikan sains dari hasil kajian disertasi

Menganalisis kebaruan dari penelitian doktor melalui kajian disertasi

Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Flip learning, Diskusi, dan PjBL
4 x 50 menit
Flip learning, Diskusi, dan PjBL
Materi: Disertasi/Publikasi Hasil disertasi (Reeferensi no 1,2,3,4)
Pustaka:
5%

3

Minggu ke 3

Menyusun Bagian Pendahuluan Rancangan Penelitian Disertasi Doktor Pendidikan Sains yang memenuhi KKNI level 9

Membuat Bagian Pendahuluan Rancangan Penelitian Disertasi Doktor Pendidikan Sains

Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Flip learning, Diskusi, dan PjBL
4 x 50 menit
Flip learning, Diskusi, dan PjBL
Materi: mengenai bab pendahuluan ( Referensi 1,2,3,4)
Pustaka:
8%

4

Minggu ke 4

Menyusun Bagian Pendahuluan Rancangan Penelitian Disertasi Doktor Pendidikan Sains yang memenuhi KKNI level 9

Membuat Bagian Pendahuluan Rancangan Penelitian Disertasi Doktor Pendidikan Sains

Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Flip learning, Diskusi, dan PjBL
4 x 50 menit
Flip learning, Diskusi, dan PjBL
Materi: Mengenai bab pendahuluan ( Referensi 1,2,3,4)
Pustaka:
8%

5

Minggu ke 5

Menyusun Bagian Kajian Pustaka Rancangan Penelitian Disertasi Doktor Pendidikan Sains yang memenuhi KKNI level 9

Membuat Bagian Kajian Pustaka Rancangan Penelitian Disertasi Doktor Pendidikan Sains

Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Flip learning, Diskusi, dan PjBL
4 x 50 menit
Flip learning, Diskusi, dan PjBL
Materi: Mengenai Bab Kajian Pustaka (Referensi 1,2,3,4)
Pustaka:
8%

6

Minggu ke 6

Menyusun Bagian Kajian Pustaka Rancangan Penelitian Disertasi Doktor Pendidikan Sains yang memenuhi KKNI level 9

Membuat Bagian Kajian Pustaka Rancangan Penelitian Disertasi Doktor Pendidikan Sains

Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Flip learning, Diskusi, dan PjBL
4 x 50 menit
Flip learning, Diskusi, dan PjBL
4x50 menit
Materi: Mengenai Bab Kajian Pustaka (Referensi 1,2,3,4)
Pustaka:
8%

7

Minggu ke 7

Menyusun Bagian Kajian Pustaka Rancangan Penelitian Disertasi Doktor Pendidikan Sains yang memenuhi KKNI level 9

Membuat Bagian Kajian Pustaka Rancangan Penelitian Disertasi Doktor Pendidikan Sains

Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Flip learning, Diskusi, dan PjBL
4 x 50 menit
Flip learning, Diskusi, dan PjBL
4 x 50 menit
Materi: Mengenai Bab Kajian Pustaka (Referensi 1,2,3,4)
Pustaka:
8%

8

Minggu ke 8

Kemampuan Akhir dari TM-1 sampai dengan TM-7

Indikator TM-1 sampai dengan indikator TM-7

Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Tes
Tes tertulis atau pemberian tugas pengganti UTS
4 x 50 menit

Materi: Topik pembelajaran dari TM-1 sampai TM-7
Pustaka:
5%

9

Minggu ke 9

Menyusun Metode Penelitian Rancangan Penelitian Disertasi Doktor Pendidikan Sains yang memenuhi KKNI level 9

Membuat Metode PenelitianRancangan Penelitian Disertasi Doktor Pendidikan Sains

Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Flip learning, Diskusi, dan PjBL
4 x 50 menit
Flip learning, Diskusi, dan PjBL
4x50 menit
Materi: Mengenai Bab Metode Penelitian (Referensi 1,2,3,4)
Pustaka:
5%

10

Minggu ke 10

Menyusun Metode Penelitian Rancangan Penelitian Disertasi Doktor Pendidikan Sains yang memenuhi KKNI level

Membuat Metode PenelitianRancangan Penelitian Disertasi Doktor Pendidikan Sains

Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Flip learning, Diskusi, dan PjBL
4 x 50 menit
Flip learning, Diskusi, dan PjBL
Materi: Mengenai Bab Metode Penelitian (Referensi 1,2,3,4)
Pustaka:
5%

11

Minggu ke 11

Menyusun Metode Penelitian Rancangan Penelitian Disertasi Doktor Pendidikan Sains yang memenuhi KKNI level 9

Membuat Metode PenelitianRancangan Penelitian Disertasi Doktor Pendidikan Sains

Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Flip learning, Diskusi, dan PjBL
4 x 50 menit
Flip learning, Diskusi, dan PjBL
Materi: Mengenai Bab Metode Penelitian (Referensi 1,2,3,4)
Pustaka:
5%

12

Minggu ke 12

Menyusun Buku Model/Perangkat Pembelajaran/Instrumen Penelitian sebagai bentuk operasional pendukung kajian disertasi.

Membuat Buku Model/Perangkat Pembelajaran/Instrumen Penelitian sebagai bentuk operasional pendukung kajian disertasi.

Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Flip learning, Diskusi, dan PjBL
4 x 50 menit
Flip learning, Diskusi, dan PjBL
4x50 menit
Materi: Produk bentuk operasional pendukung kajian disertasi (Referensi no 1,2,3,4)
Pustaka:
5%

13

Minggu ke 13

Menyusun Buku Model/Perangkat Pembelajaran/Instrumen Penelitian sebagai bentuk operasional pendukung kajian disertasi.

Membuat Buku Model/Perangkat Pembelajaran/Instrumen Penelitian sebagai bentuk operasional pendukung kajian disertasi.

Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Flip learning, Diskusi, dan PjBL
4 x 50 menit
Flip learning, Diskusi, dan PjBL
4x 50 menit
Materi: Produk bentuk operasional pendukung kajian disertasi (Referensi no 1,2,3,4)
Pustaka:
5%

14

Minggu ke 14

Menyusun Buku Model/Perangkat Pembelajaran/Instrumen Penelitian sebagai bentuk operasional pendukung kajian disertasi.

Membuat Buku Model/Perangkat Pembelajaran/Instrumen Penelitian sebagai bentuk operasional pendukung kajian disertasi.

Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Flip learning, Diskusi, dan PjBL
4 x 50 menit
Flip learning, Diskusi, dan PjBL
4 x 50 menit
Materi: Produk bentuk operasional pendukung kajian disertasi (Referensi no 1,2,3,4)
Pustaka:
5%

15

Minggu ke 15

Menyusun Buku Model/Perangkat Pembelajaran/Instrumen Penelitian sebagai bentuk operasional pendukung kajian disertasi.

Membuat Buku Model/Perangkat Pembelajaran/Instrumen Penelitian sebagai bentuk operasional pendukung kajian disertasi.

Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Flip learning, Diskusi, dan PjBL
4 x 50 menit
Flip learning, Diskusi, dan PjBL
4 x 50 menit
Materi: Produk bentuk operasional pendukung kajian disertasi (Referensi no 1,2,3,4)
Pustaka:
10%

16

Minggu ke 16

Kemampuan Akhir dari TM-9 sampai dengan TM-15

Indikator TM-9 sampai dengan indikator TM-15

Kriteria:

Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu


Bentuk Penilaian :
Tes
Tes tertulis atau pemberian tugas pengganti UAS
4 x 50 menit

Materi: Topik pembelajaran dari TM-9 sampai TM-15
Pustaka:
5%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 90%
2. Tes 10%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.