
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S3 Pendidikan Sains
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Penelitian Tugas Akhir-3 |
8400105081 |
|
T=8 |
P=0 |
ECTS=20.16 |
5 |
16 Desember 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
SUYATNO |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Menemukan kebaruan dari penelitian doktor melalui kajian disertasi.
|
PO - 2 |
Membuat Buku Model/Perangkat Pembelajaran/Instrumen Penelitian sebagai bentuk operasional pendukung kajian disertasi.
|
PO - 3 |
Membuat rancangan penelitian doktor yang memenuhi KKNI level 9 dalam bentuk proposal disertasi.
|
Matrik PLO-PO |
| |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
| |
| PO |
Minggu Ke |
| 1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
| PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Matakuliah ini memfasilitasi mahasiswa untuk mendapatkan desain rancangan penelitian doctor yang memenuhi KKNI level 9 dalam bentuk proposal disertasi. Aktivitasi yang dilakukan mahasiswa meliputi: (1) Melakukan analisis kebaruan dari penelitian doktor melalui kajian disertasi, (2) Membuat Buku Model/Perangkat Pembelajaran/Instrumen Penelitian sebagai bentuk operasional pendukung kajian disertasi. Melalui matakuliah ini diharapkan mahasiswa dapat menghasilkan proposal disertasi yang siap diseminarkan yang dilengkapi minimal Buku Model/Perangkat Pembelajaran/Instrumen Penelitian sebagai bentuk operasional disertasinya. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Creswell, W. J. (2014). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed method approaches 4th edition. USA: SAGE Publications.
- Fraenkel, J. R., Wallen, N. E., & Hyun, H. H. (2012). How to design and evaluate research in education (8th ed.). New York: McGraw-Hill.
- Artikel Jurnal terkait penelitian Pendidikan Sains-Fisika yang relevan berbasis database Bereputasi (Web of Science dan Scopus).
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
|
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
- Melakukan analisis hasil penelitian doktor Pendidikan sains
- Menemukan kebaruan penelitian doktor pendidikan sains dari hasil kajian disertasi
|
Menganalisis kebaruan dari penelitian doktor melalui kajian disertasi |
Kriteria:
Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Flip learning, Diskusi, dan PjBL 4 x 50 menit |
Flip learning, Diskusi, dan PjBL 4x50 menit |
Materi: Disertasi/Publikasi Hasil disertasi (Referensi no 1,2,3,4) Pustaka: |
5% |
2
Minggu ke 2 |
- Melakukan analisis hasil penelitian doktor Pendidikan sains
- Menemukan kebaruan penelitian doktor pendidikan sains dari hasil kajian disertasi
|
Menganalisis kebaruan dari penelitian doktor melalui kajian disertasi |
Kriteria:
Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Flip learning, Diskusi, dan PjBL 4 x 50 menit |
Flip learning, Diskusi, dan PjBL
|
Materi: Disertasi/Publikasi Hasil disertasi (Reeferensi no 1,2,3,4) Pustaka: |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Menyusun Bagian Pendahuluan Rancangan Penelitian Disertasi Doktor Pendidikan Sains yang memenuhi KKNI level 9 |
Membuat Bagian Pendahuluan Rancangan Penelitian Disertasi Doktor Pendidikan Sains |
Kriteria:
Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Flip learning, Diskusi, dan PjBL 4 x 50 menit |
Flip learning, Diskusi, dan PjBL
|
Materi: mengenai bab pendahuluan ( Referensi 1,2,3,4) Pustaka: |
8% |
4
Minggu ke 4 |
Menyusun Bagian Pendahuluan Rancangan Penelitian Disertasi Doktor Pendidikan Sains yang memenuhi KKNI level 9 |
Membuat Bagian Pendahuluan Rancangan Penelitian Disertasi Doktor Pendidikan Sains |
Kriteria:
Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Flip learning, Diskusi, dan PjBL 4 x 50 menit |
Flip learning, Diskusi, dan PjBL
|
Materi: Mengenai bab pendahuluan ( Referensi 1,2,3,4) Pustaka: |
8% |
5
Minggu ke 5 |
Menyusun Bagian Kajian Pustaka Rancangan Penelitian Disertasi Doktor Pendidikan Sains yang memenuhi KKNI level 9 |
Membuat Bagian Kajian Pustaka Rancangan Penelitian Disertasi Doktor Pendidikan Sains |
Kriteria:
Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Flip learning, Diskusi, dan PjBL 4 x 50 menit |
Flip learning, Diskusi, dan PjBL
|
Materi: Mengenai Bab Kajian Pustaka (Referensi 1,2,3,4) Pustaka: |
8% |
6
Minggu ke 6 |
Menyusun Bagian Kajian Pustaka Rancangan Penelitian Disertasi Doktor Pendidikan Sains yang memenuhi KKNI level 9 |
Membuat Bagian Kajian Pustaka Rancangan Penelitian Disertasi Doktor Pendidikan Sains |
Kriteria:
Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Flip learning, Diskusi, dan PjBL 4 x 50 menit |
Flip learning, Diskusi, dan PjBL 4x50 menit |
Materi: Mengenai Bab Kajian Pustaka (Referensi 1,2,3,4) Pustaka: |
8% |
7
Minggu ke 7 |
Menyusun Bagian Kajian Pustaka Rancangan Penelitian Disertasi Doktor Pendidikan Sains yang memenuhi KKNI level 9 |
Membuat Bagian Kajian Pustaka Rancangan Penelitian Disertasi Doktor Pendidikan Sains |
Kriteria:
Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Flip learning, Diskusi, dan PjBL 4 x 50 menit |
Flip learning, Diskusi, dan PjBL 4 x 50 menit |
Materi: Mengenai Bab Kajian Pustaka (Referensi 1,2,3,4) Pustaka: |
8% |
8
Minggu ke 8 |
Kemampuan Akhir dari TM-1 sampai dengan TM-7 |
Indikator TM-1 sampai dengan indikator TM-7 |
Kriteria:
Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu Bentuk Penilaian : Tes |
Tes tertulis atau pemberian tugas pengganti UTS 4 x 50 menit |
|
Materi: Topik pembelajaran dari TM-1 sampai TM-7 Pustaka: |
5% |
9
Minggu ke 9 |
Menyusun Metode Penelitian Rancangan Penelitian Disertasi Doktor Pendidikan Sains yang memenuhi KKNI level 9 |
Membuat Metode PenelitianRancangan Penelitian Disertasi Doktor Pendidikan Sains |
Kriteria:
Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Flip learning, Diskusi, dan PjBL 4 x 50 menit |
Flip learning, Diskusi, dan PjBL 4x50 menit |
Materi: Mengenai Bab Metode Penelitian (Referensi 1,2,3,4) Pustaka: |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Menyusun Metode Penelitian Rancangan Penelitian Disertasi Doktor Pendidikan Sains yang memenuhi KKNI level |
Membuat Metode PenelitianRancangan Penelitian Disertasi Doktor Pendidikan Sains |
Kriteria:
Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Flip learning, Diskusi, dan PjBL 4 x 50 menit |
Flip learning, Diskusi, dan PjBL
|
Materi: Mengenai Bab Metode Penelitian (Referensi 1,2,3,4) Pustaka: |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Menyusun Metode Penelitian Rancangan Penelitian Disertasi Doktor Pendidikan Sains yang memenuhi KKNI level 9 |
Membuat Metode PenelitianRancangan Penelitian Disertasi Doktor Pendidikan Sains |
Kriteria:
Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Flip learning, Diskusi, dan PjBL 4 x 50 menit |
Flip learning, Diskusi, dan PjBL
|
Materi: Mengenai Bab Metode Penelitian (Referensi 1,2,3,4) Pustaka: |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Menyusun Buku Model/Perangkat Pembelajaran/Instrumen Penelitian sebagai bentuk operasional pendukung kajian disertasi. |
Membuat Buku Model/Perangkat Pembelajaran/Instrumen Penelitian sebagai bentuk operasional pendukung kajian disertasi. |
Kriteria:
Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Flip learning, Diskusi, dan PjBL 4 x 50 menit |
Flip learning, Diskusi, dan PjBL 4x50 menit |
Materi: Produk bentuk operasional pendukung kajian disertasi (Referensi no 1,2,3,4) Pustaka: |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Menyusun Buku Model/Perangkat Pembelajaran/Instrumen Penelitian sebagai bentuk operasional pendukung kajian disertasi. |
Membuat Buku Model/Perangkat Pembelajaran/Instrumen Penelitian sebagai bentuk operasional pendukung kajian disertasi. |
Kriteria:
Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Flip learning, Diskusi, dan PjBL 4 x 50 menit |
Flip learning, Diskusi, dan PjBL 4x 50 menit |
Materi: Produk bentuk operasional pendukung kajian disertasi (Referensi no 1,2,3,4) Pustaka: |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Menyusun Buku Model/Perangkat Pembelajaran/Instrumen Penelitian sebagai bentuk operasional pendukung kajian disertasi. |
Membuat Buku Model/Perangkat Pembelajaran/Instrumen Penelitian sebagai bentuk operasional pendukung kajian disertasi. |
Kriteria:
Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Flip learning, Diskusi, dan PjBL 4 x 50 menit |
Flip learning, Diskusi, dan PjBL 4 x 50 menit |
Materi: Produk bentuk operasional pendukung kajian disertasi (Referensi no 1,2,3,4) Pustaka: |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Menyusun Buku Model/Perangkat Pembelajaran/Instrumen Penelitian sebagai bentuk operasional pendukung kajian disertasi. |
Membuat Buku Model/Perangkat Pembelajaran/Instrumen Penelitian sebagai bentuk operasional pendukung kajian disertasi. |
Kriteria:
Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Flip learning, Diskusi, dan PjBL 4 x 50 menit |
Flip learning, Diskusi, dan PjBL 4 x 50 menit |
Materi: Produk bentuk operasional pendukung kajian disertasi (Referensi no 1,2,3,4) Pustaka: |
10% |
16
Minggu ke 16 |
Kemampuan Akhir dari TM-9 sampai dengan TM-15 |
Indikator TM-9 sampai dengan indikator TM-15 |
Kriteria:
Didasarkan pada rubrik penilaian yang telah dibuat oleh dosen pengampu Bentuk Penilaian : Tes |
Tes tertulis atau pemberian tugas pengganti UAS 4 x 50 menit |
|
Materi: Topik pembelajaran dari TM-9 sampai TM-15 Pustaka: |
5% |