Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum
Program Studi S1 Pendidikan Geografi

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Evaluasi Kemp. Lhn dan Kes.lhn

8720202025

T=2

P=0

ECTS=3.18

0

17 November 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Dr. Nugroho Hari Purnomo, S.P., M.Si.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

Program Objectives (PO)

Matrik PLO-PO

 
PO

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Matakuliah ini mengkaji tentang analisis unit medan dan klasifikasi lahan serta proses-proses yang menyertainya untuk diaplikasikan dalam berbagai kepentingan pembangunan. Materi yang termasuk didalammnya adalah Pengantar geomorfologi dan Sumberdaya lingkungan, Pemetaan geomorfologi dan klasifikasi lahan, Stabilitas lereng dan erosi, Geomorfologi untuk studi geologi dan survey tanah, Geomorfologi untuk survey hidrologi dan bencana banjir, Praktikum lapangan 1, Praktikum lapangan 1 mengambil lokasi terdekat dari kampus sehingga mudah dilakukan. Kegiatan ini akan difokuskan pada pengulangan materi bentuklahan, geologi, survey tanah, dan survey hidrologi, Geomorfologi untuk survey vegetasi, Ujian Tengah Semester (UTS), Geomorfologi untuk perencanaan pembangunan dan keteknikkan. Geomorfologi dan penggunaan lahan perdesaan, Geomorfologi dan studi kekotaan, Praktikum lapangan 2, Pertemuan ini akan diisi dengan diskusi hasil praktikum lapangan kedua, masing-masing kelompok melakukan diskusi, Geomorfologi dan eksplorasi mineral, Geomorfologi dan studi bencana alam (vulkanisme, longsorlahan dan gempa bumi), Ujian Akhir Semester , Pelaksanaan kuliah menggunakan pendekatan ekspositori dalam bentuk ceramah dan tanya jawab yang dilengkapi penggunaan LCD dan OHP, inkuiri yaitu penyelesaian tugas penyusunan dan penyajian makalah, reviu buku dan jurnal, diskusi dan pemecahan masalah. Di akhir perkuliahan juga akan dilaksanakan praktek lapangan agar mahasiswa memiliki keahlian dalam mengidentifikasi dan menganalisa masalah-masalah penggunaan lahan. Tahap penguasaan mahasiswa selain evaluasi melalui UTS dan UAS juga evaluasi terhadap tugas, penyajian, diskusi, dan laporan praktikum lapangan. Buku sumber utama: Desaunetes, J.R. Catalogue of Landform For Indonesia Cuchline, A.M. King, Techniques in Geomorphology F.I. Van Zuidam Cancelado. Terrain Analysis and Clasifrcation Using Aeral Photographs H.th. Verstappen. 1987. Applied Geomorphology R.U. Cooke. Geomorphology in Environmental Management.

Pustaka

Utama :

  1. Buku sumber utama: Desaunetes, J.R. Catalogue of Landform For Indonesia Cuchline, A.M. King, Techniques in Geomorphology F.I. Van Zuidam Cancelado. Terrain Analysis and Clasifrcation Using Aeral Photographs H.th. Verstappen. 1987. Applied Geomorphology R.U. Cooke. Geomorphology in Environmental Management.

Pendukung :

Dosen Pengampu

SOEGIYANTO

Drs. Bambang Hariyanto, M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1



0%

2

Minggu ke 2



0%

3

Minggu ke 3



0%

4

Minggu ke 4



0%

5

Minggu ke 5



0%

6

Minggu ke 6



0%

7

Minggu ke 7



0%

8

Minggu ke 8



0%

9

Minggu ke 9



0%

10

Minggu ke 10



0%

11

Minggu ke 11



0%

12

Minggu ke 12



0%

13

Minggu ke 13



0%

14

Minggu ke 14



0%

15

Minggu ke 15



0%

16

Minggu ke 16



0%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
0%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.