Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Perspektif Global

8620602151

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=2

P=0

ECTS=3.18

6

19 Januari 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Putri Rachmadyanti, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-6

Mampu mengembangkan, memelihara jaringan kerja serta menjalin komunikasi secara efektif dengan civitas akademika untuk menunjang belajar sepanjang hayat.

Program Objectives (PO)

Matrik PLO-PO

 
POPLO-2PLO-3PLO-4PLO-6

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini membahas tentang konsep dasar pendidikan, hakikat manusia dan pengembangannya, dasardasar pendidikan, pendidikan sebagai sistem, sistem pendidikan nasional yang pernah berlaku di Indonesia dan di era global, guru sebagai profesi, permasalahan pendidikan, inovasi pendidikan di Indonesia dan beberapa di negara berkembang serta negara maju, dan pendidikan karakte

Pustaka

Utama :

  1. M.V. Roesminingsih dan Lamijan Hadi Susarno. 2015. Teori Dan Praktek Pendidikan. Surabaya: Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Ilmu Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya kerjasama dengan Penerbit Bintang
  2. Tim Redaksi Pustaka Yustisia. 2009. Kompilasi Perundangan Bidang Pendidikan : Seri Kompilasi Perundangan Terlengkap dan Terbaru. Yogyakarta: Pustaka Yustisia
  3. Peraturan perundang-uandang pendidikan yang berlaku dan relevan. 4.Undang-Undang NO 20 Tahun 2003. tentang Sisdiknas,
  4. Undang-Undang No

Pendukung :

Dosen Pengampu

MUNGIT SUDIANTO

SIRADJUDDIN S

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Memahami Hakikat Manusia dan Pengembangannya

  1. Mendeskripsikan Sifat hakiki manusia 2. Mendeskripsikan Dimensi hakikat manusia
  2. . Mendeskripsikan Pengembangan dimensi manusia 4. Mendeskripsikan Sosok manusia Indonesia seutuhnya
Kriteria:

Sesuai dengan kriteria penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Tanya jawab dan Diskusi Kelompok
2 X 50

Materi: kondas
Pustaka: Tim Redaksi Pustaka Yustisia. 2009. Kompilasi Perundangan Bidang Pendidikan : Seri Kompilasi Perundangan Terlengkap dan Terbaru. Yogyakarta: Pustaka Yustisia
10%

2

Minggu ke 2

Memahami Hakikat Manusia dan Pengembangannya

  1. Mendeskripsikan Sifat hakiki manusia 2. Mendeskripsikan Dimensi hakikat manusia
  2. . Mendeskripsikan Pengembangan dimensi manusia 4. Mendeskripsikan Sosok manusia Indonesia seutuhnya
Kriteria:

Sesuai dengan kriteria penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Tanya jawab dan Diskusi Kelompok
2 X 50

Materi: kondas
Pustaka: Tim Redaksi Pustaka Yustisia. 2009. Kompilasi Perundangan Bidang Pendidikan : Seri Kompilasi Perundangan Terlengkap dan Terbaru. Yogyakarta: Pustaka Yustisia
10%

3

Minggu ke 3

Memahami Hakikat Manusia dan Pengembangannya

  1. Mendeskripsikan Sifat hakiki manusia 2. Mendeskripsikan Dimensi hakikat manusia
  2. . Mendeskripsikan Pengembangan dimensi manusia 4. Mendeskripsikan Sosok manusia Indonesia seutuhnya
Kriteria:

Sesuai dengan kriteria penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Tanya jawab dan Diskusi Kelompok
2 X 50

Materi: kondas
Pustaka: Tim Redaksi Pustaka Yustisia. 2009. Kompilasi Perundangan Bidang Pendidikan : Seri Kompilasi Perundangan Terlengkap dan Terbaru. Yogyakarta: Pustaka Yustisia
10%

4

Minggu ke 4

Memahami Hakikat Pendidikan

  1. Mendeskripsikan Pengertian pendidikan
  2. Mendeskripsikan Proses Pendidikan
  3. Mendeskripsikan dan menganalisis Fungsi pendidikan
Kriteria:

Sesuai dengan kriteria penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Tanya jawab dan Diskusi Kelompok
2 X 50

Materi: kondas
Pustaka: Tim Redaksi Pustaka Yustisia. 2009. Kompilasi Perundangan Bidang Pendidikan : Seri Kompilasi Perundangan Terlengkap dan Terbaru. Yogyakarta: Pustaka Yustisia
10%

5

Minggu ke 5

Memahami Hakikat Pendidikan

  1. Mendeskripsikan Pengertian Sistem
  2. Mendeskripsikan macam macam sistem
  3. Mendeskripsikan Pendidikan sebagai sistem
Kriteria:

Sesuai dengan kriteria penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Tanya jawab dan Diskusi Kelompok
2 X 50

Materi: kondas
Pustaka: Tim Redaksi Pustaka Yustisia. 2009. Kompilasi Perundangan Bidang Pendidikan : Seri Kompilasi Perundangan Terlengkap dan Terbaru. Yogyakarta: Pustaka Yustisia
10%

6

Minggu ke 6

Memahami pendidikan sebagai nasional

  1. . Mendeskripsikan Dasar, tujuan, fungsi pendidikan nasional
  2. Mendeskripsikan Kelembagaan pendidikan
  3. . Mendeskripsikan program dan pengelolaan pendidikan
Kriteria:

Sesuai dengan kriteria penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Tanya jawab dan Diskusi Kelompok
2 X 50

Materi: kondas
Pustaka: Tim Redaksi Pustaka Yustisia. 2009. Kompilasi Perundangan Bidang Pendidikan : Seri Kompilasi Perundangan Terlengkap dan Terbaru. Yogyakarta: Pustaka Yustisia
10%

7

Minggu ke 7

Memahami landasan pendidikan

  1. Mendeskripsikan landasan pendidikan
  2. . Mendeskripsikan landasan historis 3. Mendeskripsikan landasan filosofis. 4. Mendeskripsikan landasan psikologis
  3. 5. Mendeskripsikan landasan sosiologis. 6. Mendeskripsikan landasan kultural dan Tut Wuri Handayani 7. Mendeskripsikan landasan IPTEK
Kriteria:

Sesuai dengan kriteria penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Tanya jawab dan Diskusi Kelompok
2 X 50

Materi: kondas
Pustaka: Tim Redaksi Pustaka Yustisia. 2009. Kompilasi Perundangan Bidang Pendidikan : Seri Kompilasi Perundangan Terlengkap dan Terbaru. Yogyakarta: Pustaka Yustisia
10%

8

Minggu ke 8

UTS

    Kriteria:

    Sesuai dengan kriteria penilaian


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif
    Tanya jawab dan Diskusi Kelompok
    2 X 50

    Materi: kondas
    Pustaka: Tim Redaksi Pustaka Yustisia. 2009. Kompilasi Perundangan Bidang Pendidikan : Seri Kompilasi Perundangan Terlengkap dan Terbaru. Yogyakarta: Pustaka Yustisia
    25%

    9

    Minggu ke 9

    Memahami konsep Guru sebagai profesi

    1. 1 Mendeskripsikan makna guru sebagai profesi 2. Mendeskripsikan Tanggung jawab guru
    2. 3 Mendeskripsikan Tugas guru 4. Mendeskripsikan Peran guru
    3. 5. Mendeskripsikan Kompetensi profesionalisme Guru 6. Mendeskripsikan Kode etik guru
    Kriteria:

    Sesuai dengan kriteria penilaian


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif
    Tanya jawab dan Diskusi Kelompok
    2 X 50

    Materi: kondas
    Pustaka: Tim Redaksi Pustaka Yustisia. 2009. Kompilasi Perundangan Bidang Pendidikan : Seri Kompilasi Perundangan Terlengkap dan Terbaru. Yogyakarta: Pustaka Yustisia
    10%

    10

    Minggu ke 10

    Memahami Permasalahan pendidikan

    1. 1. Mendeskripsikan Permasalahan teoritis 2. Mendeskripsikan permasalahan praktik
    2. 3. Mendeskripsikan masalah praktis di Indonesia 4. Mendeskripsikan usaha-usaha mengatasi masalah Pendidikan di Indonesia
    Kriteria:

    Sesuai dengan kriteria penilaian


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif
    Tanya jawab dan Diskusi Kelompok
    2 X 50

    Materi: kondas
    Pustaka: Tim Redaksi Pustaka Yustisia. 2009. Kompilasi Perundangan Bidang Pendidikan : Seri Kompilasi Perundangan Terlengkap dan Terbaru. Yogyakarta: Pustaka Yustisia
    10%

    11

    Minggu ke 11

    Memahami Permasalahan pendidikan

    1. 1. Mendeskripsikan Permasalahan teoritis 2. Mendeskripsikan permasalahan praktik
    2. 3. Mendeskripsikan masalah praktis di Indonesia 4. Mendeskripsikan usaha-usaha mengatasi masalah Pendidikan di Indonesia
    Kriteria:

    Sesuai dengan kriteria penilaian


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif
    Tanya jawab dan Diskusi Kelompok
    2 X 50

    Materi: kondas
    Pustaka: Tim Redaksi Pustaka Yustisia. 2009. Kompilasi Perundangan Bidang Pendidikan : Seri Kompilasi Perundangan Terlengkap dan Terbaru. Yogyakarta: Pustaka Yustisia
    10%

    12

    Minggu ke 12

    Memahami Permasalahan pendidikan

    1. 1. Mendeskripsikan Permasalahan teoritis 2. Mendeskripsikan permasalahan praktik
    2. 3. Mendeskripsikan masalah praktis di Indonesia 4. Mendeskripsikan usaha-usaha mengatasi masalah Pendidikan di Indonesia
    Kriteria:

    Sesuai dengan kriteria penilaian


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif
    Tanya jawab dan Diskusi Kelompok
    2 X 50

    Materi: kondas
    Pustaka: Tim Redaksi Pustaka Yustisia. 2009. Kompilasi Perundangan Bidang Pendidikan : Seri Kompilasi Perundangan Terlengkap dan Terbaru. Yogyakarta: Pustaka Yustisia
    10%

    13

    Minggu ke 13

    Memahami Inovasi pendidikan di Indonesia

    1. 1. Mendeskripsikan konsep perubahan dan inovasi. 2. Mendeskripsikan pengertian inovasi pendidikan 3. Mendeskripsikan tujuan inovasi
    2. . 4. Mendeskripsikan siklus inovasi 5. Mendeskripsikan masalah-masalah yang menuntut diadakan inovasi pendidikan
    3. 6. Mendeskripsikan berbagai upaya inovasi pendidikan di indonesia 7. Mendeskripsikan pembaharuan Sistem pendidikan tenaga kepen-didikan
    Kriteria:

    Sesuai dengan kriteria penilaian


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif
    Tanya jawab dan Diskusi Kelompok
    2 X 50

    Materi: kondas
    Pustaka: Tim Redaksi Pustaka Yustisia. 2009. Kompilasi Perundangan Bidang Pendidikan : Seri Kompilasi Perundangan Terlengkap dan Terbaru. Yogyakarta: Pustaka Yustisia
    10%

    14

    Minggu ke 14

    Memahami Pendidikan karakter

    1. 1. Mendeskripsikan landasan Konsep pendidikan karakter
    2. 2. Mendeskripsikan landasan Nilai-nilai karakter
    3. 3. Mendeskripsikan tahapan pengembangan karakter
    Kriteria:

    Sesuai dengan kriteria penilaian


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif
    Tanya jawab dan Diskusi Kelompok
    2 X 50

    Materi: kondas
    Pustaka: Tim Redaksi Pustaka Yustisia. 2009. Kompilasi Perundangan Bidang Pendidikan : Seri Kompilasi Perundangan Terlengkap dan Terbaru. Yogyakarta: Pustaka Yustisia
    10%

    15

    Minggu ke 15

    Memahami Pendidikan karakter

    1. 1. Mendeskripsikan landasan Konsep pendidikan karakter
    2. 2. Mendeskripsikan landasan Nilai-nilai karakter
    3. 3. Mendeskripsikan tahapan pengembangan karakter
    Kriteria:

    Sesuai dengan kriteria penilaian


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif
    Tanya jawab dan Diskusi Kelompok
    2 X 50

    Materi: kondas
    Pustaka: Tim Redaksi Pustaka Yustisia. 2009. Kompilasi Perundangan Bidang Pendidikan : Seri Kompilasi Perundangan Terlengkap dan Terbaru. Yogyakarta: Pustaka Yustisia
    10%

    16

    Minggu ke 16

    UAS

      Kriteria:

      Sesuai dengan kriteria penilaian


      Bentuk Penilaian :
      Aktifitas Partisipasif
      Tanya jawab dan Diskusi Kelompok
      2 X 50

      10%



      Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

      No Evaluasi Persentase
      1. Aktifitas Partisipasif 175%
      100%

      Catatan

      1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
      2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
      3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
      4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
      5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
      6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
      7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
      8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
      9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
      10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
      11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
      12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.