Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Sekolah Pascasarjana
Program Studi S3 Pendidikan Vokasi

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Ujian Komprehensif

8300102218

T=2

P=0

ECTS=5.04

4

30 Januari 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Prof. Dr. Ratna Suhartini, M.Si.




Prof. Dr. Ratna Suhartini, M.Si.




Prof. Dr. Ratna Suhartini, M.Si.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-7

Mampu menganalisis metodologi penelitian bidang pendidikan dan keilmuan vokasi secara komprehensif dan kontekstual melalui riset

PLO-9

Mampu menyusun penelitian interdisiplin, multidisiplin, multidisiplin atau transdisiplin, termasuk kajian teoritis dan/atau eksperimen pada bidang pendidikan dan keilmuan vokasi dalam bentuk disertasi dan artikel yang diterbitkan dalam seminar internasional atau jurnal internasional bereputasi

Program Objectives (PO)

PO - 1

Menerapkan metodologi penelitian yang relevan dalam konteks pendidikan vokasi untuk mengatasi masalah nyata (C3)

PO - 2

Menganalisis dan memecah metodologi penelitian untuk memahami kekuatan dan kelemahan dalam konteks pendidikan vokasi (C4)

PO - 3

Mengevaluasi efektivitas metodologi penelitian dalam studi kasus pendidikan vokasi yang spesifik (C5)

PO - 4

Menggabungkan berbagai pendekatan metodologis untuk menciptakan kerangka penelitian inovatif dalam pendidikan vokasi (C6)

PO - 5

Menerapkan konsep interdisiplin dalam penyusunan disertasi yang mengatasi masalah pendidikan vokasi (C3)

PO - 6

Menganalisis dan mengintegrasikan berbagai disiplin ilmu untuk mengembangkan penelitian yang komprehensif dalam pendidikan vokasi (C4)

PO - 7

Mengevaluasi dan mengkritisi hasil penelitian interdisiplin untuk memastikan relevansi dan aplikasi dalam pendidikan vokasi (C5)

PO - 8

Menciptakan metodologi baru yang mengintegrasikan berbagai disiplin ilmu untuk memperkaya penelitian pendidikan vokasi (C6)

PO - 9

Menerapkan prinsip-prinsip kewirausahaan dan inovasi dalam pengembangan penelitian pendidikan vokasi (C3)

PO - 10

Menganalisis dampak kolaborasi dan adaptasi dalam penelitian pendidikan vokasi untuk menghasilkan solusi yang efektif (C4)

Matrik PLO-PO

 
POPLO-2PLO-4PLO-7PLO-9
PO-1   
PO-2   
PO-3   
PO-4   
PO-5   
PO-6   
PO-7   
PO-8   
PO-9  
PO-10  

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7
PO-8
PO-9
PO-10

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah Ujian Komprehensif dirancang untuk memastikan mahasiswa memiliki penguasaan pengetahuan mendalam, keterampilan analitis, serta kemampuan kritis di bidang pendidikan vokasi. Ujian ini mencakup integrasi berbagai bidang keilmuan yang relevan dengan pendidikan vokasi, meliputi teori, metodologi, dan penerapan praktik vokasional.

Pustaka

Utama :

  1. 1. Creswell, J. W. Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches.
  2. 2. Yin, R. K. Case Study Research and Applications: Design and Methods.
  3. 3. Buku Panduan Penulisan Ujian Komprehensif Universitas.
  4. 4. Publication Manual of the American Psychological Association (APA), 7th Edition.

Pendukung :

Dosen Pengampu

Prof. Dr. Ekohariadi, M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa memahami tujuan dan format ujian komprehensif.

Rencana sesuai format ujian dan realistis

Kriteria:

Pemahaman tujuan dan rencana persiapan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Membuat rencana persiapan ujian

Materi: Pengantar Ujian Komprehensif
Pustaka: 3. Buku Panduan Penulisan Ujian Komprehensif Universitas.
5%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan metodologi penelitian yang relevan dalam konteks pendidikan vokasi untuk mengatasi masalah nyata.

Esai mencerminkan pemahaman teori dan konteks pendidikan

Kriteria:

Analisis mendalam dan relevansi teori


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Menulis esai pendek tentang teori

Materi: Analisis Teori Pendidikan Vokasi
Pustaka: 1. Creswell, J. W. Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches.
5%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa mampu menganalisis perkembangan teori pendidikan vokasi.

Esai mencerminkan pemahaman teori dan konteks pendidikan

Kriteria:

Analisis mendalam dan relevansi teori


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Menulis esai pendek tentang teori

Materi: Analisis Teori Pendidikan Vokasi
Pustaka: 1. Creswell, J. W. Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches.
5%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa mampu mengevaluasi metodologi penelitian dalam pendidikan vokasi.

Ulasan mencerminkan analisis kritis dan relevansi metode

Kriteria:

Keakuratan evaluasi metodologi


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Menyusun ulasan kritis tentang metodologi

Materi: Metodologi Penelitian Pendidikan Vokasi
Pustaka: 2. Yin, R. K. Case Study Research and Applications: Design and Methods.
5%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa mampu mengidentifikasi tantangan utama dalam pendidikan vokasi di era digital.

Analisis mendalam dan menawarkan solusi kontekstual

Kriteria:

Ketajaman analisis dan relevansi solusi


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Membuat analisis kasus

Materi: Tantangan Pendidikan Vokasi di Era Digital
Pustaka: 2. Yin, R. K. Case Study Research and Applications: Design and Methods.
5%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa mampu memetakan hubungan antara teori, kebijakan, dan praktik pendidikan vokasi

Peta konsep jelas dan relevan

Kriteria:

Koherensi hubungan teori, kebijakan, dan praktik


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Menyusun peta konsep

Materi: Hubungan Teori, Kebijakan, dan Praktik
Pustaka: 3. Buku Panduan Penulisan Ujian Komprehensif Universitas.
5%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa mampu memetakan hubungan antara teori, kebijakan, dan praktik pendidikan vokasi

Peta konsep jelas dan relevan

Kriteria:

Koherensi hubungan teori, kebijakan, dan praktik


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Menyusun peta konsep

Materi: Hubungan Teori, Kebijakan, dan Praktik
Pustaka: 3. Buku Panduan Penulisan Ujian Komprehensif Universitas.
5%

8

Minggu ke 8

Mahasiswa mampu mengevaluasi kebijakan pendidikan vokasi dengan analisis kritis.

Evaluasi mencerminkan pemahaman mendalam

Kriteria:

Ketajaman evaluasi dan logika argumentasi


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Menulis ulasan kritis

Materi: Evaluasi Kebijakan Pendidikan Vokasi
Pustaka: 4. Publication Manual of the American Psychological Association (APA), 7th Edition.
5%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa mampu mengevaluasi kebijakan pendidikan vokasi dengan analisis kritis.

Evaluasi mencerminkan pemahaman mendalam

Kriteria:

Ketajaman evaluasi dan logika argumentasi


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Menulis ulasan kritis

Materi: Evaluasi Kebijakan Pendidikan Vokasi
Pustaka: 4. Publication Manual of the American Psychological Association (APA), 7th Edition.
5%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa mampu mempresentasikan analisis kritis tentang isu-isu pendidikan vokasi.

Presentasi logis dan terstruktur

Kriteria:

Kualitas analisis dan cara penyampaian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Membuat presentasi

Materi: Presentasi Isu Pendidikan Vokasi
Pustaka: 3. Buku Panduan Penulisan Ujian Komprehensif Universitas.
10%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa mampu mempresentasikan analisis kritis tentang isu-isu pendidikan vokasi.

Presentasi logis dan terstruktur

Kriteria:

Kualitas analisis dan cara penyampaian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Membuat presentasi

Materi: Presentasi Isu Pendidikan Vokasi
Pustaka: 3. Buku Panduan Penulisan Ujian Komprehensif Universitas.
10%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa mampu menyusun dokumen akademik untuk ujian komprehensif.

Dokumen siap untuk diuji

Kriteria:

Kelengkapan dan kualitas dokumen


Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio, Tes
Menyusun dokumen final

Materi: Penyusunan Dokumen Ujian Komprehensif
Pustaka: 3. Buku Panduan Penulisan Ujian Komprehensif Universitas.
5%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa mampu menyusun dokumen akademik untuk ujian komprehensif.

Dokumen siap untuk diuji

Kriteria:

Kelengkapan dan kualitas dokumen


Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio, Tes
Menyusun dokumen final

Materi: Penyusunan Dokumen Ujian Komprehensif
Pustaka: 3. Buku Panduan Penulisan Ujian Komprehensif Universitas.
5%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa mampu menyusun dokumen akademik untuk ujian komprehensif.

Dokumen siap untuk diuji

Kriteria:

Kelengkapan dan kualitas dokumen


Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio, Tes
Menyusun dokumen final

Materi: Penyusunan Dokumen Ujian Komprehensif
Pustaka: 3. Buku Panduan Penulisan Ujian Komprehensif Universitas.
5%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa mampu mensimulasikan ujian komprehensif secara formal.

Simulasi mendekati standar ujian

Kriteria:

Kesiapan dan ketepatan argumentasi


Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
Mengikuti simulasi

Materi: Simulasi Ujian Komprehensif
Pustaka: 3. Buku Panduan Penulisan Ujian Komprehensif Universitas.
5%

16

Minggu ke 16

Mahasiswa mampu mempertahankan argumen ilmiah selama ujian komprehensif formal.

Ujian mencerminkan penguasaan bidang pendidikan vokasi

Kriteria:

Kejelasan presentasi, ketepatan argumen, dan penguasaan materi


Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Mengikuti ujian formal

Materi: Ujian Komprehensif
Pustaka: 3. Buku Panduan Penulisan Ujian Komprehensif Universitas.
15%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 65%
2. Penilaian Portofolio 12.5%
3. Praktik / Unjuk Kerja 15%
4. Tes 7.5%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.