|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Teknologi Pendidikan
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Dasar Teknologi Pendidikan |
8620320236 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=3 |
P=0 |
ECTS=4.77 |
1 |
22 November 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Prof. Dr. Mustaji, M.Pd | Dr. Bachtiar S Bachri, M.Pd | Dr. Andi Mariono, M.Pd
|
Prof. Dr. Mustaji, M.Pd
|
Dr. Utari Dewi, S.Sn., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-1 |
Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
PLO-5 |
Mampu menguasai konsep teoritis desain, pengembangan, pemanfaatan, pengelolaan dan evaluasi di bidang kurikulum dan teknologi pendidikan |
PLO-6 |
Mampu merancang, melaksanakan, mengevaluasi pembelajaran desain komunikasi visual, , animasi, broadcasting , dan informatika |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mampu menunjukkan dan menerapkan sikap ilmiah dan kritis dalam membahas tentang pengertian teknologi pendidikan dan teknologi pembelajaran.
|
PO - 2 |
Menguasai konsep dan materi meliputi kawasan teknologi pendidikan dan pembelajaran, prespektif teknologi pendidikan meliputi ilmu dan sumber yang mempengaruhi teknologi pendidikan sebagai pengembang Teknologi Pendidikan dan Analis Pendidikan/Pelatihan.
|
PO - 3 |
Memiliki kemampuan bekerja sama dengan metode studi kasus (case method) atau pembelajaran kolaboratif dalam konsep dasar teknologi pendidikan untuk mengoptimalkan proses belajar.
|
PO - 4 |
Memiliki kemampuan mengaplikasikan konsep dasar teknologi pendidikan pada pendididkan di Indonesia melalui pembelajaran kolaboratif.
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-1 | PLO-2 | PLO-3 | PLO-4 | PLO-5 | PLO-6 | PO-1 | | | | | | | PO-2 | | | | | | | PO-3 | | | | | | | PO-4 | | | | | | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Matakuliah ini membahas tentang pengertian teknologi pendidikan dan teknologi pembelajaran, domain teknologi pendidikan dan pembelajaran, perspektif teknologi pendidikan, ilmu-ilmu yang menunjang teknologi pendidikan, sumber-sumber yang mempengaruhi teknologi pembelajaran serta aplikasinya pada pendidikan di Indonesia melalui pembelajaran kolaboratif. Perkuliahan dilaksanakan dengan cara blended learning. Penilaian hasil belajar dari aktivitas partisipastif, penilaian proyek, penilaian produk, dan tes |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Januszewski, Alan and Molenda, Michael. 2008. Educational Technology: A Definition With Commentary. AECT
- Seels, Barbara B Dan Richey, Rita. 1994. Instructional Technology, The Definition and Domains of the Field. AECT.
- Setijadi, 1986. Definisi Teknologi Pendidikan : Satuan Tugas Definisi Dan Terminologi AECT . CV Rajawali
|
Pendukung : |
|
- Miarso, Yusufhadi. 1982. Landasan Falsafah Teknologi Pendidikan. Jakarta. CV Rajawali
- Ronghuai Huang.2019. Educational Technology A Primer for the 21st Century. © Springer Nature Singapore Pte Ltd
|
Dosen Pengampu
|
Dr. H. Andi Mariono, M.Pd. Prof. Dr. Mustaji, M.Pd. Prof. Dr. Bachtiar Sjaiful Bachri, M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa dapat menjelaskan peta perkuliahan dan menguraikan permasalahan pembelajaran/pendidikan |
menguasai ruang lingkup mata kuliah dasar teknologi pendidikan |
Kriteria:
A = 86 - 100 (3,8 - 4,00) A- = 80 - 85 (3,7 - 3,79) B = 75 - 79 (3,6 - 3,69) B = 70 - 74 (3,5 - 3,59) B- = 65 - 69 (3,4 - 3,49) C = 50 – 64 (3,00 – 3,39) D = 25 – 50 (2,00 – 2,99) E = < 25 (0 – 1,99) Bentuk Penilaian : Tes |
Diskusi dan tanya jawab, inquiry 2 X 50 |
-penugasan 2- |
Materi: permasalahan pembelajaran dan pendidikan Pustaka: Seels, Barbara B Dan Richey, Rita. 1994. Instructional Technology, The Definition and Domains of the Field. AECT. Materi: ringkasan materi kuliah dasar teknologi pendidikan Pustaka: Januszewski, Alan and Molenda, Michael. 2008. Educational Technology: A Definition With Commentary. AECT |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa mampu memahami paradigma I Teknologi Pendidikan, Teknologi Pembelajaran, dan Teknologi dalam Pendidikan |
- Mendeskripsikan kembali konsep teknologi pendidikan paradigma I
- Mendeskripsikan kembali konsep teknologi pembelajaran
|
Kriteria:
- Ketepatan mendeskripsikan kembali konsep teknologi pendidikan paradigma I
- Ketepatan mendeskripsikan kembali konsep teknologi pembelajaran
- Ketepatan mendeskripsikan kembali konsep teknologi dalam pendidikan
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Case Method 2 X 50 |
-case method - |
Materi: historis pemecahan masalah belajar dan kemunculan teknologi pendidikan sebagai pemecahan masalah Pustaka: Seels, Barbara B Dan Richey, Rita. 1994. Instructional Technology, The Definition and Domains of the Field. AECT. Materi: teknologi pendidikan, teknologi pembelajaran, dan teknologi dalam pendidikan Pustaka: Januszewski, Alan and Molenda, Michael. 2008. Educational Technology: A Definition With Commentary. AECT |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa mampu memahami paradigma II Teknologi Pendidikan |
Mendeskripsikan kembali konsep teknologi pendidikan dalam paradigma II |
Kriteria:
Ketepatan mendeskripsikan kembali konsep teknologi pendidikan dalam paradigma II Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Case Method 2 X 50 |
-Case Method - |
Materi: perspektif teknologi pendidikan secara umum Pustaka: Seels, Barbara B Dan Richey, Rita. 1994. Instructional Technology, The Definition and Domains of the Field. AECT. |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa mampu memahami paradigma III Teknologi Pendidika |
Mendeskripsikan kembali konsep teknologi pendidikan dalam paradigma III |
Kriteria:
Ketepatan mendeskripsikan kembali konsep teknologi pendidikan dalam paradigma III Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Case Method 2 X 50 |
- - |
Materi: ilmu lain terhadap teknologi pendidikan Pustaka: Miarso, Yusufhadi. 1982. Landasan Falsafah Teknologi Pendidikan. Jakarta. Materi: Teknologi Pendidikan Pustaka: Januszewski, Alan and Molenda, Michael. 2008. Educational Technology: A Definition With Commentary. AECT |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa mampu memahami kajian terkait FACILITATING LEARNING |
- Mendeskripsikan kembali konsep facilitating learning
- Menjelaskan kembali tujuan facilitating learning
|
Kriteria:
- Ketepatan mendeskripsikan kembali konsep facilitating learning
- Ketepatan mendeskripsikan kembali tujuan facilitating learning
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi Kelompok 2 X 50 |
- - |
Materi: model pemecahan masalah menurut teknologi pendidikan Pustaka: Miarso, Yusufhadi. 1982. Landasan Falsafah Teknologi Pendidikan. Jakarta. Materi: Facilitating Learning Pustaka: Januszewski, Alan and Molenda, Michael. 2008. Educational Technology: A Definition With Commentary. AECT |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa mampu memahami kajian terkait IMPROVING PERFORMANCE |
- Mendeskripsikan kembali konsep improving performance
- Menjelaskan kembali tujuan improving performance
|
Kriteria:
- Ketepatan mendeskripsikan kembali konsep improving performance
- Ketepatan mendeskripsikan kembali tujuan improving performance
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi Kelompok 2 X 50 |
- - |
Materi: pemecahan masalah yang muncul sebagai sumber belajar Pustaka: Miarso, Yusufhadi. 1982. Landasan Falsafah Teknologi Pendidikan. Jakarta. Materi: Improving performance Pustaka: Januszewski, Alan and Molenda, Michael. 2008. Educational Technology: A Definition With Commentary. AECT |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa mampu memahami kajian terkait CREATING |
- Mendeskripsikan kembali konsep CREATING
- Menjelaskan kembali tujuan CREATING
|
Kriteria:
- Ketepatan mendeskripsikan kembali konsep CREATING
- Ketepatan mendeskripsikan kembali tujuan CREATING
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi Kelompok 2 X 50 |
- - |
Materi: Creating Pustaka: Januszewski, Alan and Molenda, Michael. 2008. Educational Technology: A Definition With Commentary. AECT |
10% |
8
Minggu ke 8 |
Mahasiswa mampu memahami kajian terkait CREATING |
- Mendeskripsikan kembali konsep CREATING
- Menjelaskan kembali tujuan CREATING
|
Kriteria:
- Ketepatan mendeskripsikan kembali konsep CREATING
- Ketepatan mendeskripsikan kembali tujuan CREATING
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi Kelompok 2 X 50 |
- - |
Materi: Creating Pustaka: Januszewski, Alan and Molenda, Michael. 2008. Educational Technology: A Definition With Commentary. AECT |
7% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa mampu memahami kajian terkait USING |
- Mendeskripsikan kembali konsep USING
- Menjelaskan kembali tujuan USING
|
Kriteria:
- Ketepatan mendeskripsikan kembali konsep USING
- Ketepatan menjelaskan kembali tujuan USING
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi Kelompok 2 X 50 |
- - |
Materi: pendekatan kawasan teknologi pendidikan Pustaka: Percial, Fred & Willington, Henry. 1988. Teknologi Pendidikan. Jakarta: Erlangga. Materi: Using Pustaka: Januszewski, Alan and Molenda, Michael. 2008. Educational Technology: A Definition With Commentary. AECT |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa mampu memahami kajian terkait MANAGING |
- Mendeskripsikan kembali konsep MANAGING
- Menjelaskan kembali tujuan MANAGING
|
Kriteria:
- Ketepatan mendeskripsikan kembali konsep MANAGING
- Ketepatan menjelaskan kembali tujuan MANAGING
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi Kelompok 2 X 50 |
- - |
Materi: pendekatan kawasan teknologi pendidikan Pustaka: Percial, Fred & Willington, Henry. 1988. Teknologi Pendidikan. Jakarta: Erlangga. Materi: Managing Pustaka: Januszewski, Alan and Molenda, Michael. 2008. Educational Technology: A Definition With Commentary. AECT |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa mampu memahami kajian terkait PROCESSES |
- Mendeskripsikan kembali konsep PROCESSES
- Menjelaskan kembali tujuan PROCESSES
|
Kriteria:
- Ketepatan mendeskripsikan kembali konsep PROCESSES
- Ketepatan menjelaskan kembali tujuan PROCESSES
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi Kelompok 2 X 50 |
|
Materi: domain desain dan pengembangan pada kawasan teknologi pendidikan Pustaka: Januszewski, Alan and Molenda, Michael. 2008. Educational Technology: A Definition With Commentary. AECT Materi: Processes Pustaka: Januszewski, Alan and Molenda, Michael. 2008. Educational Technology: A Definition With Commentary. AECT |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa mampu memahami kajian terkait RESOURCES |
- Mendeskripsikan kembali konsep RESOURCES
- Menjelaskan kembali tujuan RESOURCES
|
Kriteria:
- Ketepatan mendeskripsikan kembali konsep RESOURCES
- Ketepatan menjelaskan kembali tujuan RESOURCES
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi Kelompok 2 X 50 |
- - |
Materi: domain pemanfaatan dan manajemen pada kawasan teknologi pendidikan Pustaka: Januszewski, Alan and Molenda, Michael. 2008. Educational Technology: A Definition With Commentary. AECT |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa mampu memahami konseptual Jabatan Fungsional Pengembang Teknologi Pendidikan |
Menjelaskan Kembali konseptual Jabatan Fungsional Pengembang Teknologi Pendidikan |
Kriteria:
Ketepatan menjelaskan Kembali konseptual Jabatan Fungsional Pengembang Teknologi Pendidikan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Case Method 2 X 50 |
- - |
Materi: domain evaluasi dan penelitian pada kawasan teknologi pendidikan Pustaka: Abdullah, Ishak dan Deni Darmawan. 2015. Teknologi Pendidikan. Bandung: Rosda Karya Materi: Teknologi Pendidikan Pustaka: Januszewski, Alan and Molenda, Michael. 2008. Educational Technology: A Definition With Commentary. AECT |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa mampu memahami implementasi teori dan praktik teknologi pendidikan |
Mencontohkan praktik baik implementasi teori dan praktik teknologi pendidikan |
Kriteria:
Ketepatan mencontohkan praktik baik implementasi teori dan praktik teknologi pendidikan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Case Method 2 X 50 |
- - |
Materi: metode teknologi pendidikan dalam memecahkan masalah belajar / pendidikan Pustaka: Abdullah, Ishak dan Deni Darmawan. 2015. Teknologi Pendidikan. Bandung: Rosda Karya Materi: Teori dan Praktik Teknologi Pendidikan Pustaka: Januszewski, Alan and Molenda, Michael. 2008. Educational Technology: A Definition With Commentary. AECT |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa mampu memahami implementasi teori dan praktik teknologi pendidikan |
Mencontohkan praktik baik implementasi teori dan praktik teknologi pendidikan |
Kriteria:
Ketepatan mencontohkan praktik baik implementasi teori dan praktik teknologi pendidikan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Case Method 2 X 50 |
- - |
Materi: metode teknologi pendidikan dalam memecahkan masalah belajar / pendidikan Pustaka: Abdullah, Ishak dan Deni Darmawan. 2015. Teknologi Pendidikan. Bandung: Rosda Karya Materi: Teori dan Praktik Teknologi Pendidikan Pustaka: Januszewski, Alan and Molenda, Michael. 2008. Educational Technology: A Definition With Commentary. AECT |
5% |
16
Minggu ke 16 |
UAS |
Mencontohkan praktik baik implementasi teori dan praktik teknologi pendidikan |
Kriteria:
A = 86 - 100 (3,8 - 4,00) A- = 80 - 85 (3,7 - 3,79) B = 75 - 79 (3,6 - 3,69) B = 70 - 74 (3,5 - 3,59) B- = 65 - 69 (3,4 - 3,49) C = 50 – 64 (3,00 – 3,39) D = 25 – 50 (2,00 – 2,99) E = < 25 (0 – 1,99) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Case Study 2 X 50 |
- - |
Materi: Evaluasi dan penelitian pada kawasan teknologi Pendidikan Pustaka: Abdullah, Ishak dan Deni Darmawan. 2015. Teknologi Pendidikan. Bandung: Rosda Karya Materi: Teknologi Pendidikan Pustaka: Januszewski, Alan and Molenda, Michael. 2008. Educational Technology: A Definition With Commentary. AECT |
18% |