Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Teknologi Pendidikan

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Dasar Teknologi Pendidikan

8620320236

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=3

P=0

ECTS=4.77

1

29 September 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Prof. Dr. Mustaji, M.Pd | Dr. Bachtiar S Bachri, M.Pd | Dr. Andi Mariono, M.Pd




Prof. Dr. Mustaji, M.Pd




Dr. Utari Dewi, S.Sn., M.Pd.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-1

Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-5

Mampu menguasai konsep teoritis desain, pengembangan, pemanfaatan, pengelolaan dan evaluasi di bidang kurikulum dan teknologi pendidikan

PLO-6

Mampu merancang, melaksanakan, mengevaluasi pembelajaran desain komunikasi visual, , animasi, broadcasting , dan informatika

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mampu menunjukkan dan menerapkan sikap ilmiah dan kritis dalam membahas tentang pengertian teknologi pendidikan dan teknologi pembelajaran.

PO - 2

Menguasai konsep dan materi meliputi kawasan teknologi pendidikan dan pembelajaran, prespektif teknologi pendidikan meliputi ilmu dan sumber yang mempengaruhi teknologi pendidikan sebagai pengembang Teknologi Pendidikan dan Analis Pendidikan/Pelatihan.

PO - 3

Memiliki kemampuan bekerja sama dengan metode studi kasus (case method) atau pembelajaran kolaboratif dalam konsep dasar teknologi pendidikan untuk mengoptimalkan proses belajar.

PO - 4

Memiliki kemampuan mengaplikasikan konsep dasar teknologi pendidikan pada pendididkan di Indonesia melalui pembelajaran kolaboratif.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-1PLO-2PLO-3PLO-4PLO-5PLO-6
PO-1      
PO-2      
PO-3      
PO-4      

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Matakuliah ini membahas tentang pengertian teknologi pendidikan dan teknologi pembelajaran, domain teknologi pendidikan dan pembelajaran, perspektif teknologi pendidikan, ilmu-ilmu yang menunjang teknologi pendidikan, sumber-sumber yang mempengaruhi teknologi pembelajaran serta aplikasinya pada pendidikan di Indonesia melalui pembelajaran kolaboratif. Perkuliahan dilaksanakan dengan cara blended learning. Penilaian hasil belajar dari aktivitas partisipastif, penilaian proyek, penilaian produk, dan tes

Pustaka

Utama :

  1. Januszewski, Alan and Molenda, Michael. 2008. Educational Technology: A Definition With Commentary. AECT
  2. Seels, Barbara B Dan Richey, Rita. 1994. Instructional Technology, The Definition and Domains of the Field. AECT.
  3. Setijadi, 1986. Definisi Teknologi Pendidikan : Satuan Tugas Definisi Dan Terminologi AECT . CV Rajawali

Pendukung :

  1. Miarso, Yusufhadi. 1982. Landasan Falsafah Teknologi Pendidikan. Jakarta. CV Rajawali
  2. Ronghuai Huang.2019. Educational Technology A Primer for the 21st Century. © Springer Nature Singapore Pte Ltd

Dosen Pengampu

Dr. H. Andi Mariono, M.Pd.

Prof. Dr. Mustaji, M.Pd.

Dr. Bachtiar Sjaiful Bachri, M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa dapat menjelaskan peta perkuliahan dan menguraikan permasalahan pembelajaran/pendidikan

menguasai ruang lingkup mata kuliah dasar teknologi pendidikan

Kriteria:

A = 86 - 100 (3,8 - 4,00) A- = 80 - 85 (3,7 - 3,79) B = 75 - 79 (3,6 - 3,69) B = 70 - 74 (3,5 - 3,59) B- = 65 - 69 (3,4 - 3,49) C = 50 – 64 (3,00 – 3,39) D = 25 – 50 (2,00 – 2,99) E = < 25 (0 – 1,99)


Bentuk Penilaian :
Tes
Diskusi dan tanya jawab, inquiry
2 X 50
-penugasan
2-
Materi: permasalahan pembelajaran dan pendidikan
Pustaka: Seels, Barbara B Dan Richey, Rita. 1994. Instructional Technology, The Definition and Domains of the Field. AECT.

Materi: ringkasan materi kuliah dasar teknologi pendidikan
Pustaka: Januszewski, Alan and Molenda, Michael. 2008. Educational Technology: A Definition With Commentary. AECT
5%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa mampu memahami paradigma I Teknologi Pendidikan, Teknologi Pembelajaran, dan Teknologi dalam Pendidikan

  1. Mendeskripsikan kembali konsep teknologi pendidikan paradigma I
  2. Mendeskripsikan kembali konsep teknologi pembelajaran
Kriteria:
  1. Ketepatan mendeskripsikan kembali konsep teknologi pendidikan paradigma I
  2. Ketepatan mendeskripsikan kembali konsep teknologi pembelajaran
  3. Ketepatan mendeskripsikan kembali konsep teknologi dalam pendidikan

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Case Method
2 X 50
-case method
-
Materi: historis pemecahan masalah belajar dan kemunculan teknologi pendidikan sebagai pemecahan masalah
Pustaka: Seels, Barbara B Dan Richey, Rita. 1994. Instructional Technology, The Definition and Domains of the Field. AECT.

Materi: teknologi pendidikan, teknologi pembelajaran, dan teknologi dalam pendidikan
Pustaka: Januszewski, Alan and Molenda, Michael. 2008. Educational Technology: A Definition With Commentary. AECT
5%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa mampu memahami paradigma II Teknologi Pendidikan

Mendeskripsikan kembali konsep teknologi pendidikan dalam paradigma II

Kriteria:

Ketepatan mendeskripsikan kembali konsep teknologi pendidikan dalam paradigma II


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Case Method
2 X 50
-Case Method
-
Materi: perspektif teknologi pendidikan secara umum
Pustaka: Seels, Barbara B Dan Richey, Rita. 1994. Instructional Technology, The Definition and Domains of the Field. AECT.
5%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa mampu memahami paradigma III Teknologi Pendidika

Mendeskripsikan kembali konsep teknologi pendidikan dalam paradigma III

Kriteria:

Ketepatan mendeskripsikan kembali konsep teknologi pendidikan dalam paradigma III


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Case Method
2 X 50
-
-
Materi: ilmu lain terhadap teknologi pendidikan
Pustaka: Miarso, Yusufhadi. 1982. Landasan Falsafah Teknologi Pendidikan. Jakarta.

Materi: Teknologi Pendidikan
Pustaka: Januszewski, Alan and Molenda, Michael. 2008. Educational Technology: A Definition With Commentary. AECT
5%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa mampu memahami kajian terkait FACILITATING LEARNING

  1. Mendeskripsikan kembali konsep facilitating learning
  2. Menjelaskan kembali tujuan facilitating learning
Kriteria:
  1. Ketepatan mendeskripsikan kembali konsep facilitating learning
  2. Ketepatan mendeskripsikan kembali tujuan facilitating learning

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi Kelompok
2 X 50
-
-
Materi: model pemecahan masalah menurut teknologi pendidikan
Pustaka: Miarso, Yusufhadi. 1982. Landasan Falsafah Teknologi Pendidikan. Jakarta.

Materi: Facilitating Learning
Pustaka: Januszewski, Alan and Molenda, Michael. 2008. Educational Technology: A Definition With Commentary. AECT
5%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa mampu memahami kajian terkait IMPROVING PERFORMANCE

  1. Mendeskripsikan kembali konsep improving performance
  2. Menjelaskan kembali tujuan improving performance
Kriteria:
  1. Ketepatan mendeskripsikan kembali konsep improving performance
  2. Ketepatan mendeskripsikan kembali tujuan improving performance

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi Kelompok
2 X 50
-
-
Materi: pemecahan masalah yang muncul sebagai sumber belajar
Pustaka: Miarso, Yusufhadi. 1982. Landasan Falsafah Teknologi Pendidikan. Jakarta.

Materi: Improving performance
Pustaka: Januszewski, Alan and Molenda, Michael. 2008. Educational Technology: A Definition With Commentary. AECT
5%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa mampu memahami kajian terkait CREATING

  1. Mendeskripsikan kembali konsep CREATING
  2. Menjelaskan kembali tujuan CREATING
Kriteria:
  1. Ketepatan mendeskripsikan kembali konsep CREATING
  2. Ketepatan mendeskripsikan kembali tujuan CREATING

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi Kelompok
2 X 50
-
-
Materi: Creating
Pustaka: Januszewski, Alan and Molenda, Michael. 2008. Educational Technology: A Definition With Commentary. AECT
10%

8

Minggu ke 8

Mahasiswa mampu memahami kajian terkait CREATING

  1. Mendeskripsikan kembali konsep CREATING
  2. Menjelaskan kembali tujuan CREATING
Kriteria:
  1. Ketepatan mendeskripsikan kembali konsep CREATING
  2. Ketepatan mendeskripsikan kembali tujuan CREATING

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi Kelompok
2 X 50
-
-
Materi: Creating
Pustaka: Januszewski, Alan and Molenda, Michael. 2008. Educational Technology: A Definition With Commentary. AECT
7%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa mampu memahami kajian terkait USING

  1. Mendeskripsikan kembali konsep USING
  2. Menjelaskan kembali tujuan USING
Kriteria:
  1. Ketepatan mendeskripsikan kembali konsep USING
  2. Ketepatan menjelaskan kembali tujuan USING

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi Kelompok
2 X 50
-
-
Materi: pendekatan kawasan teknologi pendidikan
Pustaka: Percial, Fred & Willington, Henry. 1988. Teknologi Pendidikan. Jakarta: Erlangga.

Materi: Using
Pustaka: Januszewski, Alan and Molenda, Michael. 2008. Educational Technology: A Definition With Commentary. AECT
5%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa mampu memahami kajian terkait MANAGING

  1. Mendeskripsikan kembali konsep MANAGING
  2. Menjelaskan kembali tujuan MANAGING
Kriteria:
  1. Ketepatan mendeskripsikan kembali konsep MANAGING
  2. Ketepatan menjelaskan kembali tujuan MANAGING

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi Kelompok
2 X 50
-
-
Materi: pendekatan kawasan teknologi pendidikan
Pustaka: Percial, Fred & Willington, Henry. 1988. Teknologi Pendidikan. Jakarta: Erlangga.

Materi: Managing
Pustaka: Januszewski, Alan and Molenda, Michael. 2008. Educational Technology: A Definition With Commentary. AECT
5%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa mampu memahami kajian terkait PROCESSES

  1. Mendeskripsikan kembali konsep PROCESSES
  2. Menjelaskan kembali tujuan PROCESSES
Kriteria:
  1. Ketepatan mendeskripsikan kembali konsep PROCESSES
  2. Ketepatan menjelaskan kembali tujuan PROCESSES

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi Kelompok
2 X 50

Materi: domain desain dan pengembangan pada kawasan teknologi pendidikan
Pustaka: Januszewski, Alan and Molenda, Michael. 2008. Educational Technology: A Definition With Commentary. AECT

Materi: Processes
Pustaka: Januszewski, Alan and Molenda, Michael. 2008. Educational Technology: A Definition With Commentary. AECT
5%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa mampu memahami kajian terkait RESOURCES

  1. Mendeskripsikan kembali konsep RESOURCES
  2. Menjelaskan kembali tujuan RESOURCES
Kriteria:
  1. Ketepatan mendeskripsikan kembali konsep RESOURCES
  2. Ketepatan menjelaskan kembali tujuan RESOURCES

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi Kelompok
2 X 50
-
-
Materi: domain pemanfaatan dan manajemen pada kawasan teknologi pendidikan
Pustaka: Januszewski, Alan and Molenda, Michael. 2008. Educational Technology: A Definition With Commentary. AECT
5%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa mampu memahami konseptual Jabatan Fungsional Pengembang Teknologi Pendidikan

Menjelaskan Kembali konseptual Jabatan Fungsional Pengembang Teknologi Pendidikan

Kriteria:

Ketepatan menjelaskan Kembali konseptual Jabatan Fungsional Pengembang Teknologi Pendidikan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Case Method
2 X 50
-
-
Materi: domain evaluasi dan penelitian pada kawasan teknologi pendidikan
Pustaka: Abdullah, Ishak dan Deni Darmawan. 2015. Teknologi Pendidikan. Bandung: Rosda Karya

Materi: Teknologi Pendidikan
Pustaka: Januszewski, Alan and Molenda, Michael. 2008. Educational Technology: A Definition With Commentary. AECT
5%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa mampu memahami implementasi teori dan praktik teknologi pendidikan

Mencontohkan praktik baik implementasi teori dan praktik teknologi pendidikan

Kriteria:

Ketepatan mencontohkan praktik baik implementasi teori dan praktik teknologi pendidikan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Case Method
2 X 50
-
-
Materi: metode teknologi pendidikan dalam memecahkan masalah belajar / pendidikan
Pustaka: Abdullah, Ishak dan Deni Darmawan. 2015. Teknologi Pendidikan. Bandung: Rosda Karya

Materi: Teori dan Praktik Teknologi Pendidikan
Pustaka: Januszewski, Alan and Molenda, Michael. 2008. Educational Technology: A Definition With Commentary. AECT
5%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa mampu memahami implementasi teori dan praktik teknologi pendidikan

Mencontohkan praktik baik implementasi teori dan praktik teknologi pendidikan

Kriteria:

Ketepatan mencontohkan praktik baik implementasi teori dan praktik teknologi pendidikan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Case Method
2 X 50
-
-
Materi: metode teknologi pendidikan dalam memecahkan masalah belajar / pendidikan
Pustaka: Abdullah, Ishak dan Deni Darmawan. 2015. Teknologi Pendidikan. Bandung: Rosda Karya

Materi: Teori dan Praktik Teknologi Pendidikan
Pustaka: Januszewski, Alan and Molenda, Michael. 2008. Educational Technology: A Definition With Commentary. AECT
5%

16

Minggu ke 16

UAS

Mencontohkan praktik baik implementasi teori dan praktik teknologi pendidikan

Kriteria:

A = 86 - 100 (3,8 - 4,00) A- = 80 - 85 (3,7 - 3,79) B = 75 - 79 (3,6 - 3,69) B = 70 - 74 (3,5 - 3,59) B- = 65 - 69 (3,4 - 3,49) C = 50 – 64 (3,00 – 3,39) D = 25 – 50 (2,00 – 2,99) E = < 25 (0 – 1,99)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Case Study
2 X 50
-
-
Materi: Evaluasi dan penelitian pada kawasan teknologi Pendidikan
Pustaka: Abdullah, Ishak dan Deni Darmawan. 2015. Teknologi Pendidikan. Bandung: Rosda Karya

Materi: Teknologi Pendidikan
Pustaka: Januszewski, Alan and Molenda, Michael. 2008. Educational Technology: A Definition With Commentary. AECT
18%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 62.5%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 32.5%
3. Tes 5%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.