Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Keolahragaan Dan Kesehatan
Program Studi S3 Ilmu Keolahragaan

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Inovasi Teknologi dan Instrumen Pengukuran Olahraga

8900102092

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=2

P=0

ECTS=5.04

1

1 April 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dr. Oce Wiriawan, M.Kes




Dr. Oce Wiriawan, M.Kes




Prof. Dr. Agus Hariyanto, M.Kes.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-7

Mampu menemukan atau mengembangkan teori/konsepsi/ gagasan ilmiah baru, memberikan kontribusi pada pengembangan serta pengamalan ilmu pengetahuan dan/atau teknologi dalam bidang ilmu keolahragaan yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora dengan menghasilkan penelitian ilmiah berdasarkan metodologi ilmiah, pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif.

PLO-10

Mampu mengembangkan keilmuan dalam bidang analisis performa olahraga melalui pendekatan ilmiah berdasarkan pemikiran yang kritis, logis, dan kreatif (KK1) (PLO-10)

PLO-11

Terampil menyelesaikan masalah dalam bidang ilmu keolahragaan dengan menggunakan kaidah ilmiah dan berbasis data (evidence based).

PLO-14

Menguasai kaidah ilmiah secara teoritis maupun praktis dengan baik dalam menyelesaikan masalah yang timbul dalam bidang keolahragaan.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa mampu merancang dan mengembangkan instrumen pengukuran olahraga yang inovatif dan efektif

PO - 2

Mahasiswa mampu mengimplementasikan teknologi wearable dalam pengukuran performa olahraga

PO - 3

mampu mengambil keputusan berdasarkan analisis informasi dan data dalam memilih, menggunakan, dan menginterpretasi hasil tes dalam olahraga

PO - 4

Memiliki sikap bertanggung jawab atas kerja individu dan kelompok dalam bekerjasama melakukan tes dan pengukuran

Matrik PLO-PO

 
POPLO-7PLO-10PLO-11PLO-14
PO-1   
PO-2   
PO-3   
PO-4   

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah Inovasi Teknologi dan Instrumen Pengukuran Olahraga pada program S-3 Ilmu Keolahragaan bertujuan untuk mengembangkan keterampilan mahasiswa dalam memahami, merancang, dan menerapkan teknologi serta instrumen pengukuran yang inovatif dalam konteks olahraga. Mata kuliah ini mencakup pengenalan terhadap alat-alat dan teknologi terbaru dalam pengukuran performa olahraga, analisis biomekanika, fisiologi olahraga, serta teknologi wearable. Mahasiswa akan mempelajari cara merancang dan mengembangkan instrumen yang dapat digunakan untuk mengukur variabel-variabel penting dalam olahraga dan kebugaran. Selain itu, mata kuliah ini juga menekankan pada pentingnya inovasi dalam pengembangan alat ukur yang efisien dan akurat untuk mendukung penelitian dan praktik di bidang olahraga.

Pustaka

Utama :

  1. Winnick, Joseph P., dan Short, Francis X., 2014. Brockport physical fitness test manual : a health-related assessment for youngsters with disabilities. Champaign-IL, Human Kinetics
  2. Severini, Thomas A., 2015. Analytic Methods In Sports Using Mathematics and Statistics to Understand Data from Baseball, Football, Basketball, and Other. Boca Raton. CRC PressTaylor & Francis Group
  3. Brian Mackenzie, 2005. 101 Performance Evaluation Tests.
  4. Edward et.al., 2007. Sport and Exercise Physiology Testing Guidelines, The British Association of Sport and Exercise Sciences Guide, Volume II: Exercise and Clinical Testing, Routledge.

Pendukung :

  1. Nurhasan, 2001. Tes dan Pengukuran Dalam Pendidikan Jasmani, Depdiknas
  2. Frank M.Verducci, Ed. D. 1980. Measurement Concepts in Physical Education
  3. Margareth J. Safrit, 1981, Evaluation in Physical education

Dosen Pengampu

Prof. Dr. H. Hari Setijono, M.Pd.

Dr. Oce Wiriawan, M.Kes.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Menguasai penerapan Tes Pengukuran dalam olahraga

  1. Mampu menganalisis penerapan tes dan pengukuran dengan baik
  2. Mampu memberikan contoh pada kehidupan sehari-hari dari tes dan pengukuran
Kriteria:

Menjelaskan definisi dan penerapan tes untuk olahraga


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Ceramah, diskusi, dan tanya jawab
2x50

Materi: Pemahaman umum terkait tes dan pengukuran olahraga
Pustaka: Nurhasan, 2001. Tes dan Pengukuran Dalam Pendidikan Jasmani, Depdiknas
5%

2

Minggu ke 2

Menguasai penerapan Tes Pengukuran dalam olahraga

  1. Mampu menganalisis penerapan tes dan pengukuran dengan baik
  2. Mampu memberikan contoh pada kehidupan sehari-hari dari tes dan pengukuran
Kriteria:

Menjelaskan definisi dan penerapan tes untuk olahraga


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Ceramah, diskusi, tanya jawab
2x50

Materi: Pemahaman umum terkait tes dan pengukuran olahraga
Pustaka: Nurhasan, 2001. Tes dan Pengukuran Dalam Pendidikan Jasmani, Depdiknas
5%

3

Minggu ke 3

  1. Menjelaskan Tujuan dari Tes dan Pengukuran secara rinci
  2. Memahami dan menguasai Kriteria Pemilihan Tes dan Aspek-aspeknya
  1. Menyebutkan pentingnya tes
  2. Bisa menganalisa data yang didapat
  3. Menjabarkan dari kesalahan-kesalahan mengajar/melatih
  4. Menjabarkan pengukuran ketika sebagai bahan studi banding dan untuk penelitian
  5. Menjabarkan dan menyebutkan macam-macam validitas berserta contohnya
  6. Menjabarkan maksud daripada reliabilitas berserta contohnya
  7. Menjabarkan maksud daripada obyektif berserta contohnya dan normanya
  8. Mejabarkan dengan contoh maksud dari interes
  9. Menjabarkan bentuk tes yang simple dan ekonomis beserta contohnya
Kriteria:

Melakukan Presentasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah, diskusi, tanya jawab, penugasan
2x50

Materi: evaluasi olahraga
Pustaka: Frank M.Verducci, Ed. D. 1980. Measurement Concepts in Physical Education
5%

4

Minggu ke 4

Menjelaskan Tujuan dari Tes dan Pengukuran secara rinci Memahami dan menguasai Kriteria Pemilihan Tes dan Aspekaspeknya

  1. Menyebutkan pentingnya tes
  2. Bisa menganalisa data yang didapat
  3. Menjabarkan dari kesalahankesalahan mengajar/melatih
  4. Menjabarkan pengukuran ketika sebagai bahan studi banding dan untuk penelitian
  5. Menjabarkan dan menyebutkan macam-macam validitas berserta contohnya
  6. Menjabarkan maksud daripada reliabilitas berserta contohnya
  7. Menjabarkan maksud daripada obyektif berserta contohnya dan normanya
  8. Mejabarkan dengan contoh maksud dari interest
Kriteria:

Merumuskan fungsi tes dna pengukuran


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, diskusi, tanya jawab dan penugasan
2x50

Materi: Tujuan tes dan pengukuran
Pustaka: Nurhasan, 2001. Tes dan Pengukuran Dalam Pendidikan Jasmani, Depdiknas
5%

5

Minggu ke 5

Menjelaskan Tujuan dari Tes dan Pengukuran secara rinci Memahami dan menguasai Kriteria Pemilihan Tes dan Aspek-aspeknya

1. Menyebutkan pentingnya tes 2. Bisa menganalisa data yang didapat 3. Menjabarkan dari kesalahankesalahan mengajar/melatih 4. Menjabarkan pengukuran ketika sebagai bahan studi banding dan untuk penelitian 5. Menjabarkan dan menyebutkan macam-macam validitas berserta contohnya 6. Menjabarkan maksud daripada reliabilitas berserta contohnya 7. Menjabarkan maksud daripada obyektif berserta contohnya dan normanya 8. Mejabarkan dengan contoh maksud dari interes

Kriteria:

Merumuskan fungsi tes dna pengukuran


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, diskusi, tanya jawab dan penugasan
2x50

Materi: Tujuan tes dan pengukuran
Pustaka: Nurhasan, 2001. Tes dan Pengukuran Dalam Pendidikan Jasmani, Depdiknas
5%

6

Minggu ke 6

mampu melakukan pengukuran secara baik sesuai tahapan dan membaca hasil pengukurannya

  1. Mampu menyebutkan nama alat pengukuran
  2. Mampu menjelaskan fungsi dari alat tersebut
  3. Mampu menjelaskan SOP dan kegunaannya
  4. Mampu mencari dan mendapatkan normanya
Kriteria:

Merumuskan fungsi tes dan pengukuran


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, diskusi, tanya jawab dan penugasan
2x50

Materi: Tujuan tes dan pengukuran
Pustaka: Nurhasan, 2001. Tes dan Pengukuran Dalam Pendidikan Jasmani, Depdiknas
5%

7

Minggu ke 7

mampu melakukan pengukuran secara baik sesuai tahapan dan membaca hasil pengukurannya

  1. Mampu menyebutkan nama alat pengukuran
  2. Mampu menjelaskan fungsi dari alat tersebut
  3. Mampu menjelaskan SOP dan kegunaannya
  4. Mampu mencari dan mendapatkan normanya
Kriteria:

Merumuskan fungsi tes dan pengukuran


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, diskusi, tanya jawab dan penugasan
2x50

Materi: Tujuan tes dan pengukuran
Pustaka: Nurhasan, 2001. Tes dan Pengukuran Dalam Pendidikan Jasmani, Depdiknas
5%

8

Minggu ke 8

  1. Menggunakan perangkat wearable yang tersedia untuk mengukur parameter fisik dan biomekanika atlet dalam konteks olahraga.
  2. Menganalisis data yang dihasilkan dari perangkat wearable dan mengintegrasikan hasilnya dalam penelitian atau praktik olahraga.

Mahasiswa dapat menggunakan perangkat wearable untuk mengukur variabel-variabel performa atlet secara akurat. Mahasiswa mampu menganalisis dan menginterpretasikan data yang diperoleh dari perangkat wearable untuk tujuan penelitian atau aplikasi praktis.

Kriteria:

A (90-100): CPMK 1: Instrumen yang dirancang sangat efektif, inovatif, dan sesuai dengan standar ilmiah yang ditetapkan. Prototipe alat berfungsi dengan sangat baik. CPMK 2: Penggunaan teknologi wearable sangat efisien dan akurat, data yang dianalisis menghasilkan wawasan yang mendalam dan aplikatif. CPMK 3: Mahasiswa mengintegrasikan teori ilmiah dengan sangat baik dalam pengembangan instrumen pengukuran. CPMK 4: Artikel atau laporan ilmiah sangat baik, disusun dengan jelas, terstruktur, dan memenuhi standar untuk publikasi internasional. B (80-89): CPMK 1: Instrumen yang dirancang baik, meskipun ada beberapa aspek yang perlu ditingkatkan dalam hal efisiensi atau akurasi. CPMK 2: Penggunaan perangkat wearable cukup efektif, dengan sedikit kekurangan dalam analisis data. CPMK 3: Integrasi teori ilmiah cukup baik, namun ada beberapa area yang memerlukan pemahaman lebih dalam. CPMK 4: Artikel atau laporan ilmiah cukup baik, meskipun ada beberapa area yang perlu perbaikan. C (70-79): CPMK 1: Instrumen yang dirancang kurang efektif atau tidak sepenuhnya berfungsi sesuai tujuan. CPMK 2: Penggunaan perangkat wearable terbatas, dan analisis data kurang mendalam atau kurang relevan. CPMK 3: Integrasi teori ilmiah kurang tepat atau masih ada beberapa kesalahan dalam penerapannya. CPMK 4: Artikel atau laporan ilmiah masih perlu banyak perbaikan dalam hal struktur dan penyampaian. D (60-69): CPMK 1: Instrumen yang dirancang tidak sesuai dengan tujuan pengukuran atau tidak efektif. CPMK 2: Penggunaan perangkat wearable tidak sesuai atau tidak efektif dalam pengukuran. CPMK 3: Mahasiswa tidak dapat mengintegrasikan teori ilmiah dengan benar dalam pengembangan instrumen. CPMK 4: Artikel atau laporan ilmiah tidak memenuhi standar publikasi atau tidak cukup komprehensif.


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja
praktek dan penugasan

Materi: konsep pengukuran
Pustaka: Frank M.Verducci, Ed. D. 1980. Measurement Concepts in Physical Education
15%

9

Minggu ke 9

  1. Menjelaskan macam-macam tes pengukuran dengan menggunakan alat maupun tanpa alat
  2. memecahkan masalah pemilihan tes dalam cabang olahraga
  1. Mampu menjabarkan apa yang harus dilakukan sebelum tes
  2. Mampu menjelaskan dan mempraktekkan alat-alat yang dimaksud
Kriteria:

1. Menyebutkan dan menjelaskan persiapan sebelum pengukuran 2. Menyebutkan contoh macam-macam alat pengukuran 3. Mendiskusikan SOP sederhana 4. Mencari literatur dan membaca buku tentang macam-macam alat pengukuran beserta normanya


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
case based learning
2x50

Materi: SOP pengukuran
Pustaka: Brian Mackenzie, 2005. 101 Performance Evaluation Tests.
5%

10

Minggu ke 10

Menjelaskan macam-macam tes pengukuran dengan menggunakan alat maupun tanpa alat

1. Mampu menjabarkan apa yang harus dilakukan sebelum tes 2. Mampu menjelaskan dan mempraktekkan alat-alat yang dimaksud

Kriteria:

Dapat melakukan pengukuran sesuai SOP


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Diskusi
2x50

Materi: SOP pengukuran
Pustaka: Brian Mackenzie, 2005. 101 Performance Evaluation Tests.
5%

11

Minggu ke 11

Menjelaskan macam-macam tes pengukuran dengan menggunakan alat maupun tanpa alat

1. Mampu menjabarkan apa yang harus dilakukan sebelum tes 2. Mampu menjelaskan dan mempraktekkan alat-alat yang dimaksud

Kriteria:

Dapat melakukan pengukuran sesuai SOP


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Diskusi
2x50

Materi: SOP pengukuran
Pustaka: Brian Mackenzie, 2005. 101 Performance Evaluation Tests.
5%

12

Minggu ke 12

Menjelaskan macam-macam tes pengukuran dengan menggunakan alat maupun tanpa alat

1. Mampu menjabarkan apa yang harus dilakukan sebelum tes 2. Mampu menjelaskan dan mempraktekkan alat-alat yang dimaksud

Kriteria:

Dapat melakukan pengukuran sesuai SOP


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Diskusi
2x50

Materi: SOP pengukuran
Pustaka: Brian Mackenzie, 2005. 101 Performance Evaluation Tests.
5%

13

Minggu ke 13

Menjelaskan macam-macam tes pengukuran dengan menggunakan alat maupun tanpa alat

1. Mampu menjabarkan apa yang harus dilakukan sebelum tes 2. Mampu menjelaskan dan mempraktekkan alat-alat yang dimaksud

Kriteria:

Dapat melakukan pengukuran sesuai SOP


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Diskusi
2x50

Materi: SOP pengukuran
Pustaka: Brian Mackenzie, 2005. 101 Performance Evaluation Tests.
5%

14

Minggu ke 14

Praktek pengukuran di Lab. Olahraga

Mampu menjelaskan dan melakukan dari alat tersebut dan sesuaikan dengan normanya serta menganalsisinya untuk pengambilan keputusan

Kriteria:

Merumuskan SOP


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi, unjuk kerja, tanya jawab dan penugasan
2x50

Materi: SOP pengukuran
Pustaka: Brian Mackenzie, 2005. 101 Performance Evaluation Tests.

Materi: SOp pengukuran
Pustaka: Edward et.al., 2007. Sport and Exercise Physiology Testing Guidelines, The British Association of Sport and Exercise Sciences Guide, Volume II: Exercise and Clinical Testing, Routledge.
5%

15

Minggu ke 15

  1. Praktek pengukuran di Lab. Olahraga
  2. Analisis Hasil pengukuran

Mampu menjelaskan dan melakukan dari alat tersebut dan sesuaikan dengan normanya serta menganalsisinya untuk pengambilan keputusan

Kriteria:

Merumuskan SOP


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
case based learning
2x50

Materi: SOP pengukuran
Pustaka: Brian Mackenzie, 2005. 101 Performance Evaluation Tests.

Materi: SOp pengukuran
Pustaka: Edward et.al., 2007. Sport and Exercise Physiology Testing Guidelines, The British Association of Sport and Exercise Sciences Guide, Volume II: Exercise and Clinical Testing, Routledge.
5%

16

Minggu ke 16

  1. Menulis artikel ilmiah tentang pengembangan instrumen pengukuran olahraga yang dapat dipublikasikan di jurnal internasional bereputasi.
  2. Mengkomunikasikan hasil riset dan pengembangan alat pengukuran olahraga dalam konferensi ilmiah atau seminar.

Mahasiswa dapat menulis laporan atau artikel ilmiah yang memaparkan pengembangan dan penerapan instrumen pengukuran olahraga. Mahasiswa dapat menyampaikan hasil riset melalui presentasi yang jelas dan komunikatif di seminar atau konferensi ilmiah.

Kriteria:

A (90-100): CPMK 1: Instrumen yang dirancang sangat efektif, inovatif, dan sesuai dengan standar ilmiah yang ditetapkan. Prototipe alat berfungsi dengan sangat baik. CPMK 2: Penggunaan teknologi wearable sangat efisien dan akurat, data yang dianalisis menghasilkan wawasan yang mendalam dan aplikatif. CPMK 3: Mahasiswa mengintegrasikan teori ilmiah dengan sangat baik dalam pengembangan instrumen pengukuran. CPMK 4: Artikel atau laporan ilmiah sangat baik, disusun dengan jelas, terstruktur, dan memenuhi standar untuk publikasi internasional. B (80-89): CPMK 1: Instrumen yang dirancang baik, meskipun ada beberapa aspek yang perlu ditingkatkan dalam hal efisiensi atau akurasi. CPMK 2: Penggunaan perangkat wearable cukup efektif, dengan sedikit kekurangan dalam analisis data. CPMK 3: Integrasi teori ilmiah cukup baik, namun ada beberapa area yang memerlukan pemahaman lebih dalam. CPMK 4: Artikel atau laporan ilmiah cukup baik, meskipun ada beberapa area yang perlu perbaikan. C (70-79): CPMK 1: Instrumen yang dirancang kurang efektif atau tidak sepenuhnya berfungsi sesuai tujuan. CPMK 2: Penggunaan perangkat wearable terbatas, dan analisis data kurang mendalam atau kurang relevan. CPMK 3: Integrasi teori ilmiah kurang tepat atau masih ada beberapa kesalahan dalam penerapannya. CPMK 4: Artikel atau laporan ilmiah masih perlu banyak perbaikan dalam hal struktur dan penyampaian. D (60-69): CPMK 1: Instrumen yang dirancang tidak sesuai dengan tujuan pengukuran atau tidak efektif. CPMK 2: Penggunaan perangkat wearable tidak sesuai atau tidak efektif dalam pengukuran. CPMK 3: Mahasiswa tidak dapat mengintegrasikan teori ilmiah dengan benar dalam pengembangan instrumen. CPMK 4: Artikel atau laporan ilmiah tidak memenuhi standar publikasi atau tidak cukup komprehensif.


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja, Tes
praktek

Materi: panduan pengukuran
Pustaka: Edward et.al., 2007. Sport and Exercise Physiology Testing Guidelines, The British Association of Sport and Exercise Sciences Guide, Volume II: Exercise and Clinical Testing, Routledge.
15%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 50%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 8.75%
3. Penilaian Praktikum 8.75%
4. Praktik / Unjuk Kerja 21.25%
5. Tes 11.25%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.