Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S2 Pendidikan Bahasa Inggris

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Applied Psycholinguistics

8810302040

Mata Kuliah Pilihan Program Studi

T=2

P=0

ECTS=4.48

2

30 Januari 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Ahmad Munir, Ph.D




Lies Amin Lestari




Ahmad Munir, S.Pd., M.Ed., Ph.D.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-9

Menguasai teori, konsep dan model belajar dan pembelajaran Bahasa Inggris sebagai bahasa asing untuk pembelajaran Bahasa Inggris umum dan Bahasa Inggris untuk tujuan tertentu berbasis teknologi pembelajaran

Program Objectives (PO)

PO - 1

Menerapkan konsep psikolinguistik dalam pengajaran Bahasa Inggris untuk meningkatkan pemahaman dan produksi bahasa pada peserta didik (C3)

PO - 2

Menganalisis proses akuisisi bahasa kedua untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan pembelajaran bahasa (C4)

PO - 3

Mengevaluasi metode pengajaran Bahasa Inggris yang berbasis pada teori psikolinguistik untuk menentukan efektivitasnya dalam konteks spesifik (C5)

PO - 4

Menciptakan materi pembelajaran yang inovatif dengan mengintegrasikan prinsip-prinsip psikolinguistik yang sesuai dengan kebutuhan spesifik peserta didik (C6)

PO - 5

Menerapkan teknik analisis wacana untuk memahami bagaimana bahasa digunakan dalam konteks nyata dan pengaruhnya terhadap pembelajaran (C3)

PO - 6

Menganalisis interaksi dalam kelas Bahasa Inggris untuk mengidentifikasi bagaimana faktor psikolinguistik mempengaruhi komunikasi (C4)

PO - 7

Mengevaluasi penggunaan teknologi dalam pembelajaran Bahasa Inggris untuk menilai dampaknya terhadap proses akuisisi bahasa (C5)

PO - 8

Menciptakan strategi kolaboratif dalam pembelajaran Bahasa Inggris yang memanfaatkan pengetahuan psikolinguistik untuk memfasilitasi pembelajaran yang lebih efektif (C6)

PO - 9

Menerapkan pendekatan interdisipliner dalam penelitian psikolinguistik untuk mengembangkan pemahaman yang lebih mendalam tentang proses pembelajaran bahasa (C3)

PO - 10

Menganalisis dan mengevaluasi peran motivasi dan sikap dalam pembelajaran bahasa untuk mengoptimalkan strategi pengajaran (C4, C5)

Matrik PLO-PO

 
POPLO-4PLO-9
PO-1 
PO-2 
PO-3 
PO-4 
PO-5 
PO-6 
PO-7 
PO-8
PO-9 
PO-10 

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7
PO-8
PO-9
PO-10

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Matakuliah Applied Psycholinguistics pada jenjang S2 dalam program studi Pendidikan Bahasa Inggris membahas tentang penerapan teori psikolinguistik dalam konteks pengajaran dan pembelajaran bahasa Inggris. Tujuan dari matakuliah ini adalah untuk memahami hubungan antara bahasa, pikiran, dan perilaku dalam proses pemerolehan dan penggunaan bahasa. Ruang lingkupnya mencakup kajian mengenai struktur bahasa, proses kognitif dalam berbahasa, gangguan bahasa, serta aplikasi teori psikolinguistik dalam pengajaran dan evaluasi kemampuan berbahasa.

Pustaka

Utama :

  1. Meara, D. P. D. (2015). Applied psycholinguistics: A social perspective. Palgrave Macmillan.
  2. Menn, L. (2014). Psycholinguistics: Introduction and applications (2nd ed.). Psychology Press.
  3. Applied Psycholinguistics. (n.d.). Cambridge University Press. Retrieved from https://www.cambridge.org/core/journals/applied-psycholinguistics

Pendukung :

Dosen Pengampu

Prof. Slamet Setiawan, M.A., Ph.D.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Peserta didik diharapkan mampu menerapkan konsep psikolinguistik dalam pengajaran Bahasa Inggris untuk meningkatkan pemahaman dan produksi bahasa.

  1. Pemahaman konsep psikolinguistik
  2. Penerapan konsep dalam pengajaran Bahasa Inggris
  3. Kemampuan meningkatkan pemahaman dan produksi bahasa peserta didik
Kriteria:

Kebenaran isi dan kualitas penyampaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Pembelajaran Berbasis Masalah.
Diskusi daring tentang penerapan konsep psikolinguistik dalam pengajaran Bahasa Inggris
Materi: Teori Psikolinguistik, Penerapan dalam Pengajaran Bahasa Inggris, Strategi Meningkatkan Pemahaman dan Produksi Bahasa
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan konsep psikolinguistik dalam pengajaran Bahasa Inggris untuk meningkatkan pemahaman dan produksi bahasa pada peserta didik.

  1. Pemahaman konsep psikolinguistik
  2. Kemampuan menerapkan konsep dalam pengajaran
  3. Peningkatan pemahaman dan produksi bahasa peserta didik
Kriteria:

Kebenaran isi dan kualitas penyampaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pembelajaran Kolaboratif.
Diskusi daring tentang penerapan konsep psikolinguistik dalam pengajaran Bahasa Inggris
Materi: Teori Psikolinguistik, Strategi Pengajaran Bahasa Inggris, Penerapan Konsep dalam Kelas
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis proses akuisisi bahasa kedua dan mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan pembelajaran bahasa.

  1. Analisis proses akuisisi bahasa kedua
  2. Identifikasi faktor-faktor keberhasilan pembelajaran bahasa kedua
Kriteria:

Kebenaran isi dan kualitas analisis


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Pembelajaran Berbasis Masalah.
Diskusi daring tentang pengalaman akuisisi bahasa kedua, Analisis kasus tentang faktor-faktor keberhasilan pembelajaran bahasa kedua
Materi: Teori Akuisisi Bahasa Kedua, Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pembelajaran Bahasa Kedua
Pustaka: Handbook Perkuliahan
5%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis proses akuisisi bahasa kedua dan mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan pembelajaran bahasa.

  1. Analisis proses akuisisi bahasa kedua
  2. Identifikasi faktor-faktor keberhasilan pembelajaran bahasa
Kriteria:

Kebenaran isi dan kualitas analisis


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem-Based Learning).
Diskusi daring tentang pengalaman belajar bahasa kedua, Membuat jurnal refleksi tentang faktor-faktor keberhasilan pembelajaran bahasa
Materi: Teori Akuisisi Bahasa Kedua, Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pembelajaran Bahasa Kedua
Pustaka: Handbook Perkuliahan
0%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa diharapkan mampu mengevaluasi metode pengajaran Bahasa Inggris dengan menggunakan teori psikolinguistik dan menerapkan penilaian yang tepat dalam konteks spesifik.

  1. Kemampuan menganalisis hubungan antara teori psikolinguistik dan efektivitas metode pengajaran
  2. Kemampuan mengevaluasi kecocokan metode pengajaran dengan konteks spesifik

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Tes
Pembelajaran berbasis diskusi, studi kasus, dan analisis teori.
Penugasan online pada pertemuan ini memungkinkan dan dapat dilakukan melalui pembuatan portofolio evaluasi metode pengajaran Bahasa Inggris berbasis psikolinguistik.
Materi: Teori psikolinguistik, Metode pengajaran Bahasa Inggris, Evaluasi efektivitas metode pengajaran
Pustaka: Handbook Perkuliahan
0%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa mampu mengevaluasi metode pengajaran Bahasa Inggris berbasis psikolinguistik dan mengidentifikasi efektivitasnya dalam konteks spesifik.

  1. Kemampuan menganalisis teori psikolinguistik yang digunakan dalam metode pengajaran
  2. Kemampuan mengevaluasi efektivitas metode pengajaran dalam konteks spesifik

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Pembelajaran Berbasis Masalah.
Diskusi Online
Materi: Teori Psikolinguistik dalam Pengajaran Bahasa Inggris, Metode Pengajaran Bahasa Inggris Berbasis Psikolinguistik, Evaluasi Efektivitas Metode Pengajaran
Pustaka: Handbook Perkuliahan
0%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa mampu menciptakan materi pembelajaran yang inovatif dengan memanfaatkan prinsip-prinsip psikolinguistik sesuai dengan kebutuhan peserta didik.

  1. Kemampuan mengintegrasikan prinsip-prinsip psikolinguistik
  2. Kreativitas dalam menciptakan materi pembelajaran
  3. Relevansi dengan kebutuhan spesifik peserta didik

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Praktik / Unjuk Kerja
Pembelajaran Kolaboratif.
Diskusi daring tentang penerapan prinsip-prinsip psikolinguistik dalam pembelajaran inovatif
Materi: Teori Psikolinguistik, Strategi Pembelajaran Inovatif, Analisis Kebutuhan Peserta Didik
Pustaka: Handbook Perkuliahan
0%

8

Minggu ke 8

Students are expected to be able to analyze classroom interactions in English language classes and identify how psycholinguistic factors impact communication.

  1. Classroom interaction analysis skills
  2. Understanding of psycholinguistic factors in communication

Bentuk Penilaian :
Tes
.

Materi:
Pustaka: Handbook Perkuliahan
0%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan teknik analisis wacana untuk memahami penggunaan bahasa dalam konteks nyata dan dampaknya terhadap proses pembelajaran.

  1. Pemahaman konsep analisis wacana
  2. Kemampuan menerapkan teknik analisis wacana
  3. Kemampuan mengidentifikasi pengaruh bahasa dalam konteks pembelajaran

Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Aktifitas Partisipasif
Pembelajaran berbasis diskusi dan studi kasus.
Diskusi daring tentang penerapan analisis wacana dalam kasus nyata pembelajaran, Menganalisis teks tertentu menggunakan teknik analisis wacana dan mempresentasikan hasilnya secara online
Materi: Pengantar Analisis Wacana, Metode Analisis Wacana, Studi Kasus Analisis Wacana dalam Pembelajaran
Pustaka: Handbook Perkuliahan
0%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa mampu menganalisis interaksi dalam kelas Bahasa Inggris dengan mempertimbangkan faktor psikolinguistik yang mempengaruhi komunikasi.

  1. Pemahaman konsep psikolinguistik
  2. Kemampuan menganalisis interaksi kelas
  3. Kemampuan mengidentifikasi faktor psikolinguistik dalam komunikasi

Bentuk Penilaian :
Tes
Diskusi kelompok, studi kasus, presentasi.
Diskusi daring tentang studi kasus interaksi kelas Bahasa Inggris
Materi: Teori psikolinguistik, Interaksi dalam kelas Bahasa Inggris, Faktor psikolinguistik dalam komunikasi
Pustaka: Handbook Perkuliahan
0%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa diharapkan mampu mengevaluasi penggunaan teknologi dalam pembelajaran Bahasa Inggris dan menganalisis dampaknya terhadap proses akuisisi bahasa.

  1. Analisis penggunaan teknologi dalam pembelajaran Bahasa Inggris
  2. Evaluasi dampak teknologi terhadap proses akuisisi bahasa

Bentuk Penilaian :
Tes
Diskusi kelompok, studi kasus, presentasi.
Diskusi daring tentang evaluasi penggunaan teknologi dalam pembelajaran Bahasa Inggris
Materi: Pengenalan teknologi dalam pembelajaran Bahasa Inggris, Metode evaluasi dampak teknologi dalam akuisisi bahasa
Pustaka: Handbook Perkuliahan
0%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa mampu menciptakan strategi kolaboratif dalam pembelajaran Bahasa Inggris dengan memanfaatkan pengetahuan psikolinguistik untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran.

  1. Kemampuan merancang strategi kolaboratif
  2. Penerapan pengetahuan psikolinguistik dalam pembelajaran
  3. Efektivitas strategi kolaboratif dalam pembelajaran

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Pembelajaran Kolaboratif.
Diskusi daring tentang penerapan strategi kolaboratif dalam pembelajaran Bahasa Inggris dengan memanfaatkan pengetahuan psikolinguistik.
Materi: Teori Psikolinguistik, Strategi Kolaboratif dalam Pembelajaran, Penerapan Pengetahuan Psikolinguistik dalam Pembelajaran Bahasa Inggris
Pustaka: Handbook Perkuliahan
0%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa diharapkan mampu menciptakan strategi kolaboratif dalam pembelajaran Bahasa Inggris yang memanfaatkan pengetahuan psikolinguistik untuk memfasilitasi pembelajaran yang lebih efektif.

  1. Kemampuan merancang strategi pembelajaran kolaboratif
  2. Penerapan pengetahuan psikolinguistik dalam pembelajaran Bahasa Inggris
  3. Efektivitas strategi pembelajaran yang dibuat

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Pembelajaran Kolaboratif.
Diskusi daring tentang penerapan strategi kolaboratif dalam pembelajaran Bahasa Inggris
Materi: Teori Psikolinguistik, Strategi Pembelajaran Kolaboratif, Penerapan Psikolinguistik dalam Pembelajaran Bahasa Inggris
Pustaka: Handbook Perkuliahan
0%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa mampu menerapkan pendekatan interdisipliner dalam penelitian psikolinguistik untuk memperdalam pemahaman tentang proses pembelajaran bahasa.

  1. Pemahaman konsep interdisipliner dalam psikolinguistik
  2. Kemampuan mengaplikasikan pendekatan interdisipliner dalam penelitian
  3. Kemampuan menganalisis proses pembelajaran bahasa

Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes
Pembelajaran kolaboratif, diskusi kelompok, studi kasus.
Diskusi daring tentang penerapan pendekatan interdisipliner dalam penelitian psikolinguistik
Materi: Pendekatan interdisipliner dalam psikolinguistik, Proses pembelajaran bahasa, Studi kasus penelitian
Pustaka: Handbook Perkuliahan
0%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis dan mengevaluasi peran motivasi dan sikap dalam pembelajaran bahasa serta mengaplikasikan pengetahuan tersebut dalam mengoptimalkan strategi pengajaran.

  1. Analisis peran motivasi dalam pembelajaran bahasa
  2. Evaluasi peran sikap dalam pembelajaran bahasa

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Diskusi kelompok dan studi kasus.
Diskusi daring tentang pengalaman penerapan motivasi dalam pembelajaran bahasa
Materi: Teori motivasi dalam pembelajaran bahasa, Pentingnya sikap positif dalam pembelajaran, Strategi untuk meningkatkan motivasi dan sikap dalam pembelajaran
Pustaka: Handbook Perkuliahan
0%

16

Minggu ke 16

Mahasiswa mampu menganalisis hubungan antara motivasi dan sikap dalam pembelajaran bahasa serta menerapkan pengetahuan tersebut dalam mengoptimalkan strategi pengajaran

  1. Analisis hubungan motivasi dan sikap dalam pembelajaran bahasa
  2. Penerapan pengetahuan dalam strategi pengajaran

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja, Tes
Diskusi, studi kasus, presentasi.
Diskusi daring tentang penerapan motivasi dan sikap dalam pembelajaran bahasa
Materi: Teori motivasi dalam pembelajaran bahasa, Pengaruh sikap terhadap hasil belajar, Strategi pengajaran berbasis motivasi
Pustaka: Handbook Perkuliahan
0%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 12.5%
2. Penilaian Portofolio 2.5%
15%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.