Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Keolahragaan Dan Kesehatan
Program Studi S1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

PERENCANAAN PROGRAM LATIHAN ELIT ATLET CABANG OLAHRAGA GOLF

8520203730

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=2

P=1

ECTS=4.77

5

19 Januari 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Mohammad Faruk, S. Pd., M. Kes.




Mohammad Faruk, S. Pd., M. Kes




Dr. Or. Muhammad, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-1

Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-5

Mampu merancang program latihan yang efektif dan inovatif berdasarkan prinsip-prinsip keilmuan dan penelitian terbaru di berbagai cabang olahraga.

PLO-6

Mampu merancang, melaksanakan dan mengevaluasi proses pembelajaran olahraga yang inovatif dan efektif.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Menganalisis dan mengevaluasi

Matrik PLO-PO

 
POPLO-1PLO-2PLO-3PLO-5PLO-6
PO-1     

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Matakuliah ini membahas tentang pengetahuan, teknik dan stretegi pelatihan skill permainan dalam Golf yang terdiri dari melatih kemampuan memukul bola (Hitting, putting) dan kemampuan menerapkan skill Golf dalam permainan serta penerapan peraturan permaian Golf.

Pustaka

Utama :

  1. Renshaw, I., Arnott, P., & McDowall, G. (2020). A constraints-led approach to golf coaching. Routledge.
  2. Madonna, B. J. (2001). Coaching golf successfully. Human Kinetics.

Pendukung :

  1. Kelly, P., Healy, A., Moran, K., & O'Connor, N. E. (2010, October). A virtual coaching environment for improving golf swing technique. In Proceedings of the 2010 ACM workshop on Surreal media and virtual cloning (pp. 51-56).

Dosen Pengampu

Mohammad Faruk, S.Pd., M.Kes.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Memahami pengembangan filosofi kepelatihan olahraga

  1. 1. Nilai sportivitas dalam Perlombaan
  2. 2. Penerapan filsafat kepelatihan dalam sesi latihan
Kriteria:

memahami nilai-nilai sportivitas dalam golf


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
ceramah, diskusi/tanya jawab
200 menit
review literature
200 menit
Materi: filosofi golf
Pustaka: Madonna, B. J. (2001). Coaching golf successfully. Human Kinetics.
5%

2

Minggu ke 2

Mendalami kemampuan tehnik dasar dalam bermain Golf

Mampu merancang latihan drill tehik dasar

Kriteria:

rancangan latihan teknik dasar dengan metode drill


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, demontrasi, tanya jawab
200 menit
review literature
200 menit
Materi: teaching techniques
Pustaka: Madonna, B. J. (2001). Coaching golf successfully. Human Kinetics.
5%

3

Minggu ke 3

Mendalami kemampuan tehnik dasar dalam bermain Golf

Mampu merancang latihan drill tehik dasar

Kriteria:

rancangan latihan teknik dasar dengan metode drill


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, demontrasi, tanya jawab
200 menit
review literature
200 menit
Materi: teaching techniques
Pustaka: Madonna, B. J. (2001). Coaching golf successfully. Human Kinetics.
5%

4

Minggu ke 4

Mendalami kemampuan tehnik dasar dalam bermain Golf

Mampu merancang latihan drill tehik dasar

Kriteria:

rancangan latihan teknik dasar dengan metode drill


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, demontrasi, tanya jawab
200 menit
review literature
200 menit
Materi: teaching techniques
Pustaka: Madonna, B. J. (2001). Coaching golf successfully. Human Kinetics.
5%

5

Minggu ke 5

Mendalami kemampuan tehnik dasar dalam bermain Golf

Mampu merancang latihan drill tehik dasar dan taktik

Kriteria:

rancangan latihan teknik dasar dengan metode drill


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Ceramah, demontrasi, tanya jawab
200 menit
review literature
200 menit
Materi: teaching techniques
Pustaka: Madonna, B. J. (2001). Coaching golf successfully. Human Kinetics.

Materi: teknik dan taktik
Pustaka: Kelly, P., Healy, A., Moran, K., & O'Connor, N. E. (2010, October). A virtual coaching environment for improving golf swing technique. In Proceedings of the 2010 ACM workshop on Surreal media and virtual cloning (pp. 51-56).
5%

6

Minggu ke 6

Mendalami kemampuan melatih tehnik dasar tee shot (drive)

  1. Mampu merancang latihan tehik dasar tee shot (drive)
  2. Mempraktikkan pelatihan teknik dasar tee shot (drive)
Kriteria:

rancangan pelatihan teknik dasar tee shot


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
workshop
200 menit
review literature di internet
200 menit
Materi: teknik dasar tee shot
Pustaka: Madonna, B. J. (2001). Coaching golf successfully. Human Kinetics.
5%

7

Minggu ke 7

Mendalami kemampuan melatih tehnik dasar tee shot (drive)

  1. Mampu merancang latihan tehik dasar tee shot (drive)
  2. Mempraktikkan pelatihan teknik dasar tee shot (drive)
Kriteria:

rancangan pelatihan teknik dasar tee shot


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum
workshop
200 menit
review literature di internet
200 menit
Materi: teknik dasar tee shot
Pustaka: Madonna, B. J. (2001). Coaching golf successfully. Human Kinetics.
10%

8

Minggu ke 8

Mendalami kemampuan melatih tehnik dasar tee shot (drive)

  1. Mampu merancang latihan tehik dasar tee shot (drive)
  2. Mempraktikkan pelatihan teknik dasar tee shot (drive)
Kriteria:

rancangan pelatihan teknik dasar tee shot


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum
workshop
200 menit
review literature di internet
200 menit
Materi: teknik dasar tee shot
Pustaka: Madonna, B. J. (2001). Coaching golf successfully. Human Kinetics.
15%

9

Minggu ke 9

Mendalami kemampuan melatih bunker shot

  1. Mampu merancang latihan teknik bunker shot
  2. Mempraktikkan pelatihan teknik dasar bunker shot
Kriteria:

rancangan pelatihan teknik dasar bunker shot


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
workshop
200 menit
review literature di internet
200 menit
Materi: teknik dasar tee shot
Pustaka: Madonna, B. J. (2001). Coaching golf successfully. Human Kinetics.
10%

10

Minggu ke 10

Mendalami kemampuan melatih bunker shot

  1. Mampu merancang latihan teknik bunker shot
  2. Mempraktikkan pelatihan teknik dasar bunker shot
Kriteria:

rancangan pelatihan teknik dasar bunker shot


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum
workshop
200 menit
review literature di internet
200 menit
Materi: teknik dasar tee shot
Pustaka: Madonna, B. J. (2001). Coaching golf successfully. Human Kinetics.
10%

11

Minggu ke 11

Mendalami kemampuan melatih bunker shot

  1. Mampu merancang latihan teknik bunker shot
  2. Mempraktikkan pelatihan teknik dasar bunker shot
Kriteria:

rancangan pelatihan teknik dasar bunker shot


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum
workshop
200 menit
review literature di internet
200 menit
Materi: teknik dasar tee shot
Pustaka: Madonna, B. J. (2001). Coaching golf successfully. Human Kinetics.
10%

12

Minggu ke 12

Mendalami kemampuan melatih putting shot

  1. Mampu merancang latihan teknik putting shot
  2. Mempraktikkan pelatihan teknik putting shot
Kriteria:

rancangan latihan teknik putting shot


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum
Workshop
200 menit
analisis biomekanika menggunakan program kinovea
200 menit
Materi: putting shot
Pustaka: Madonna, B. J. (2001). Coaching golf successfully. Human Kinetics.
5%

13

Minggu ke 13

Mendalami kemampuan melatih putting shot

  1. Mampu merancang latihan teknik putting shot
  2. Mempraktikkan pelatihan teknik putting shot
Kriteria:

rancangan latihan teknik putting shot


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum
Workshop
200 menit
analisis biomekanika menggunakan program kinovea
200 menit
Materi: putting shot
Pustaka: Madonna, B. J. (2001). Coaching golf successfully. Human Kinetics.
5%

14

Minggu ke 14

Mendalami kemampuan melatih putting shot

  1. Mampu merancang latihan teknik putting shot
  2. Mempraktikkan pelatihan teknik putting shot
Kriteria:

rancangan latihan teknik putting shot


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum
Workshop
200 menit
analisis biomekanika menggunakan program kinovea
200 menit
Materi: putting shot
Pustaka: Madonna, B. J. (2001). Coaching golf successfully. Human Kinetics.
0%

15

Minggu ke 15

Mendalami kemampuan melatih putting shot

  1. Mampu merancang latihan teknik putting shot
  2. Mempraktikkan pelatihan teknik putting shot
Kriteria:

rancangan latihan teknik putting shot


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum
Workshop
200 menit
analisis biomekanika menggunakan program kinovea
200 menit
Materi: putting shot
Pustaka: Madonna, B. J. (2001). Coaching golf successfully. Human Kinetics.
0%

16

Minggu ke 16

uas

  1. Mampu merancang latihan strategi mengevaluasi Teknik berdasarkan coaching point
  2. Mempraktikkan pelatihan strategi mengevaluasi Teknik berdasarkan coaching point
Kriteria:

rancangan evaluasi pelatihan teknik dasar berdasarkan coaching point


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Praktikum
workshop
200 menit
analisis menggunakan kinovea
200 mneit
Materi: evaluasi pelatihan
Pustaka: Madonna, B. J. (2001). Coaching golf successfully. Human Kinetics.
5%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 42.5%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 37.5%
3. Penilaian Praktikum 20%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.