Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Keolahragaan Dan Kesehatan
Program Studi S1 Manajemen Olahraga

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Manajemen SDM dan Kepemimpinan Olahraga

8930103043

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=2

P=1

ECTS=4.77

2

1 Juli 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Suryanto Agung Prabowo, S.Pd., M.Pd




Lutfhi Abdil Khuddus, S.Pd., M.Pd




Eva Ferdita Yuhantini, S.Pd., M.Kes.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-5

Menguasai konsep teoritis dan praktis dalam bidang pengetahuan manajemen olahraga secara mendalam.

PLO-7

Mampu memformulasikan penyelesaian masalah secara mandiri maupun kelompok dalam bidang manajemen olahraga.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa dapat memahami konsep dan substansi serta aktivitas-aktivitas manajemen SDM yang dilakukan dalam suatu organisasi/perusahaan.

PO - 2

Mahasiswa dapat memahami konsep rekrutmen dan mendiskripsikan proses seleksi

PO - 3

Mahasiswa dapat memahami program orientasi dan keputusan penempatan

PO - 4

Mahasiswa dapat memahami arti, manfaat, implementasi perencanaan dan pengembangan karir

PO - 5

Mahasiswa dapat mendiskripsikan aktivitas-aktivitas dan penyelesaian konflik internal kekaryawanan

PO - 6

Mahasiswa dapat memahami konsep dan aktivitas yang dilakukan dalam audit SDM

Matrik PLO-PO

 
POPLO-2PLO-5PLO-7
PO-1  
PO-2 
PO-3  
PO-4  
PO-5 
PO-6 

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini mengkaji konsep dasar pengelolaan karyawan sebagaimana fungsi dari Manajemen SDM dalam perusahaan yang terdiri dari proses analisis jabatan, rekruitmen, seleksi, pengupahan, hingga pemberhentian karyawan.

Pustaka

Utama :

  1. 1. Greenberg, Jerald & Baron, Robert A. Behavior In Organizations.2003. New Jersey : Prentice-Hall, Inc.
  2. 2. Mathis, Robert L., & Jackson, John H. Personnel/Human Resource Management. 2000. St. Paul : West Publishing Company.
  3. 3. Nankervis, Alan R., Compton, Robert L., & Mc Carthy, Terence E. Strategic Human Resource Management. 1996. Melbourne : International Thomas Publishing Company.
  4. 4. Simamora, Henry. Manajemen Sumberdaya Manusia. 2005. Yogyakarta: STIE YKPN
  5. 5. Soetjipto, Budi W. et al. Paradigma Baru MSDM. 2002. Jakarta : Amara Books

Pendukung :

Dosen Pengampu

Eva Ferdita Yuhantini, S.Pd., M.Kes.

Hapsari Shinta Citra Puspita Dewi, S.E., M.M

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Dapat memahami konsep dan evolusi MSDM

  1. Mampu Mendefinisikan MSDM
  2. Mampu Menjelaskan evolusi dan aktivitas MSDM
  3. Mampu Mendeskripsikan MSDM saat ini dan y.a.d.

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi dan tanya jawab interaktif dengan teman sejawat
3x50

Materi: Konsep dan evolusi MSDM
Pustaka: 1. Greenberg, Jerald & Baron, Robert A. Behavior In Organizations.2003. New Jersey : Prentice-Hall, Inc.
3%

2

Minggu ke 2

Dapat mengkaji berbagai tantangan MSDM

  1. Tantangan internal dan tantangan eksternal
  2. Mampu Menjelaskan tantangan kompetisi global
  3. Mampu Menjelaskan tantangan kompetisi global
Kriteria:

Sesuai dengan pedoman penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi dan tanya jawab dengan teman sejawat
3x50

Materi: Tantangan internal dan eksternal
Pustaka: 1. Greenberg, Jerald & Baron, Robert A. Behavior In Organizations.2003. New Jersey : Prentice-Hall, Inc.
4%

3

Minggu ke 3

Dapat memahami analisa jabatan

  1. Mampu Mendefinisikan analisa jabatan
  2. 2. Mampu Menjelaskan aspek-aspek jabatan yang dianalisa
  3. 3. Menjelaskan teknik analisa jabatan
  4. 4. Menjelaskan hasil analisa jabatan
Kriteria:

Sesuai dengan pedoman penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi dan tanya jawab dengan teman sejawat
150

Materi: Analisa jabatan
Pustaka: 2. Mathis, Robert L., & Jackson, John H. Personnel/Human Resource Management. 2000. St. Paul : West Publishing Company.
4%

4

Minggu ke 4

Dapat memahami konsep perencanaan dan meramalkan kebutuhan SDM

  1. Mampu Mendefinisikan perencanaan SDM
  2. Mampu Menjelaskan teknik dan model peramalan
  3. Mampu Menjelaskan permalan kebutuhan peramalan ketersediaan
Kriteria:

Sesuai dengan pedoman penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi dan tanya jawab dengan teman sejawat
3x50

Materi: Perencanaan kebutuhan SDM
Pustaka: 3. Nankervis, Alan R., Compton, Robert L., & Mc Carthy, Terence E. Strategic Human Resource Management. 1996. Melbourne : International Thomas Publishing Company.
4%

5

Minggu ke 5

Dapat memahami konsep rekrutmen dan mendiskripsikan proses seleksi

  1. Mampu Mendefinisikan rekrutmen
  2. Mampu Menjelaskan, sumber dan proses rekrutmen
  3. Mampu Mendefinisikan seleksi
  4. Mampu Menjelaskan kendala seleksi
  5. Mampu Menjelaskan tahap-tahap seleksi
Kriteria:

Sesuai dengan pedoman penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi dan tanya jawab dengan teman sejawat
3x50

Materi: Rekrutmen dan proses seleksi
Pustaka: 3. Nankervis, Alan R., Compton, Robert L., & Mc Carthy, Terence E. Strategic Human Resource Management. 1996. Melbourne : International Thomas Publishing Company.
5%

6

Minggu ke 6

Dapat memahami program orientasi dan keputusan penempatan

  1. Mampu mendefinisikan orientasi
  2. Mampu menjelaskan materi program orientasi
  3. Mampu menjelaskan keputusan penempatan
Kriteria:

Sesuai dengan pedoman penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi dan tanya jawab dengan teman sejawat
3x50

Materi: Program orientasi dan keputusan penempatan
Pustaka: 3. Nankervis, Alan R., Compton, Robert L., & Mc Carthy, Terence E. Strategic Human Resource Management. 1996. Melbourne : International Thomas Publishing Company.
5%

7

Minggu ke 7

Dapat memahami konsep dan teknik penilaian kinerja

Mampu mendefinisikan penilaian kinerja, elemen-elemen teknik dan pendekatan

Kriteria:

Sesuai dengan pedoman penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi dan tanya jawab dengan teman sejawat
3x50

Materi: Konsep dan teknik penilaian kinerja
Pustaka: 2. Mathis, Robert L., & Jackson, John H. Personnel/Human Resource Management. 2000. St. Paul : West Publishing Company.
4%

8

Minggu ke 8

UTS

UTS

Kriteria:

Sesuai dengan pedoman penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Tes
3x50

Materi: USS
Pustaka: 2. Mathis, Robert L., & Jackson, John H. Personnel/Human Resource Management. 2000. St. Paul : West Publishing Company.
15%

9

Minggu ke 9

Dapat memahami kebutuhan, jenis, metode dan evaluasi pengembangan SDM

  1. Mampu mendefinisikan pengembangan SDM
  2. Mampu mengidentifikasi kebutuhan SDM
  3. Mampu menjelaskan jenis dan metode serta evaluasi pengembangan SDM, isu-isu pengembangan SDM
Kriteria:

Sesuai dengan pedoman penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi dan tanya jawab dengan teman sejawat
3x50

Materi: Pengembangan SDM
Pustaka: 4. Simamora, Henry. Manajemen Sumberdaya Manusia. 2005. Yogyakarta: STIE YKPN
5%

10

Minggu ke 10

Dapat memahami arti, manfaat, implementasi perencanaan dan pengembangan karir

  1. Mampu mendefinisikan perencanaan karir
  2. Mampu menjelaskan implementasi perencanaan karir
  3. Mampu menjelaskan pengembangan karir
Kriteria:

Sesuai dengan pedoman penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi dan tanya jawab dengan teman sejawat
3x50

Materi: Arti, manfaat, implementasi perencanaan dan pengembangan karir
Pustaka: 4. Simamora, Henry. Manajemen Sumberdaya Manusia. 2005. Yogyakarta: STIE YKPN
5%

11

Minggu ke 11

Dapat memahami konsep penggajian dan mengidentifikasi komponen kompensasi

  1. Mampu mendefinisikan kompensasi
  2. Mampu mengidentifikasi komponen kompensasi finansial dan non finansial
  3. Mampu menjelaskan is-isu manajemen kompensasi
Kriteria:

Sesuai dengan pedoman penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi dan tanya jawab dengan teman sejawat
3x50

Materi: konsep penggajian dan mengidentifikasi komponen kompensasi
Pustaka: 3. Nankervis, Alan R., Compton, Robert L., & Mc Carthy, Terence E. Strategic Human Resource Management. 1996. Melbourne : International Thomas Publishing Company.
5%

12

Minggu ke 12

Dapat memahami konsep penggajian dan mengidentifikasi komponen kompensasi

  1. Mampu mendefinisikan kompensasi
  2. Mampu mengidentifikasi komponen kompensasi finansial dan non finansial
  3. Mampu menjelaskan is-isu manajemen kompensasi
Kriteria:

Sesuai dengan pedoman penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi dan tanya jawab dengan teman sejawat
150

Materi: Konsep penggajian dan mengidentifikasi komponen kompensasi
Pustaka: 4. Simamora, Henry. Manajemen Sumberdaya Manusia. 2005. Yogyakarta: STIE YKPN
5%

13

Minggu ke 13

Dapat mendiskripsikan aktivitas-aktivitas dan penyelesaian konflik internal kekaryawanan

  1. Mampu mendefinisikan hub internal kekaryawanan
  2. Mampu menjelaskan aktivitas-aktivitas hub industrial, Serikat kerja, Surat perjanjian kerja, KKB
Kriteria:

Sesuai dengan pedoman penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi dan tanya jawab dengan teman sejawat
150

Materi: aktivitas-aktivitas dan penyelesaian konflik internal kekaryawanan
Pustaka: 4. Simamora, Henry. Manajemen Sumberdaya Manusia. 2005. Yogyakarta: STIE YKPN
5%

14

Minggu ke 14

Dapat memahami program K3

  1. Mampu menjelaskan pengertian program K3
  2. Mampu Mendeskripsikan penyebab kecelakaan kerja
  3. Mampu menjelaskan upaya mencegah kecelakaan kerja
Kriteria:

Sesuai dengan pedoman penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi dan tanya jawab dengan teman sejawat
3x50

Materi: Program K3
Pustaka: 5. Soetjipto, Budi W. et al. Paradigma Baru MSDM. 2002. Jakarta : Amara Books
5%

15

Minggu ke 15

Dapat memahami konsep dan aktivitas yang dilakukan dalam audit SDM

  1. Mampu mendefinisikan audit MSDM
  2. Mampu menjelaskan lingkup audit MSDM
  3. Mampu menjelaskan deskripsi tugas tim audit MSDM
  4. Mampu menjelaskan laporan audit MSDM
Kriteria:

5


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Diskusi dan tanya jawab dengan teman sejawat
3X50

Materi: Konsep dan aktivitas yang dilakukan dalam audit SDM
Pustaka: 5. Soetjipto, Budi W. et al. Paradigma Baru MSDM. 2002. Jakarta : Amara Books
5%

16

Minggu ke 16

UAS

Tes

Kriteria:

Sesuai dengan pedoman penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja, Tes
Tes
3x50

Materi: SDM
Pustaka: 5. Soetjipto, Budi W. et al. Paradigma Baru MSDM. 2002. Jakarta : Amara Books
20%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 75.67%
2. Penilaian Portofolio 2.5%
3. Praktik / Unjuk Kerja 14.17%
4. Tes 6.67%
99.01%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.