|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Keolahragaan Dan Kesehatan
Program Studi S1 Manajemen Olahraga
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Manajemen SDM dan Kepemimpinan Olahraga |
8930103043 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=2 |
P=1 |
ECTS=4.77 |
2 |
1 Juli 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Suryanto Agung Prabowo, S.Pd., M.Pd
|
Lutfhi Abdil Khuddus, S.Pd., M.Pd
|
Eva Ferdita Yuhantini, S.Pd., M.Kes. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-5 |
Menguasai konsep teoritis dan praktis dalam bidang pengetahuan manajemen olahraga secara mendalam. |
PLO-7 |
Mampu memformulasikan penyelesaian masalah secara mandiri maupun kelompok dalam bidang manajemen olahraga. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mahasiswa dapat memahami konsep dan substansi serta aktivitas-aktivitas manajemen SDM yang dilakukan dalam suatu organisasi/perusahaan.
|
PO - 2 |
Mahasiswa dapat memahami konsep rekrutmen dan mendiskripsikan proses seleksi
|
PO - 3 |
Mahasiswa dapat memahami program orientasi dan keputusan penempatan
|
PO - 4 |
Mahasiswa dapat memahami arti, manfaat, implementasi perencanaan dan pengembangan karir
|
PO - 5 |
Mahasiswa dapat mendiskripsikan aktivitas-aktivitas dan penyelesaian konflik internal kekaryawanan
|
PO - 6 |
Mahasiswa dapat memahami konsep dan aktivitas yang dilakukan dalam audit SDM
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-2 | PLO-5 | PLO-7 | PO-1 | ✔ | | | PO-2 | ✔ | ✔ | | PO-3 | | ✔ | | PO-4 | | ✔ | | PO-5 | | ✔ | ✔ | PO-6 | | ✔ | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | ✔ | | | | | | | | PO-5 | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | PO-6 | | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini mengkaji konsep dasar pengelolaan karyawan sebagaimana fungsi dari Manajemen SDM dalam perusahaan yang terdiri dari proses analisis jabatan, rekruitmen, seleksi, pengupahan, hingga pemberhentian karyawan. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- 1. Greenberg, Jerald & Baron, Robert A. Behavior In Organizations.2003. New Jersey : Prentice-Hall, Inc.
- 2. Mathis, Robert L., & Jackson, John H. Personnel/Human Resource Management. 2000. St. Paul : West Publishing Company.
- 3. Nankervis, Alan R., Compton, Robert L., & Mc Carthy, Terence E. Strategic Human Resource Management. 1996. Melbourne : International Thomas Publishing Company.
- 4. Simamora, Henry. Manajemen Sumberdaya Manusia. 2005. Yogyakarta: STIE YKPN
- 5. Soetjipto, Budi W. et al. Paradigma Baru MSDM. 2002. Jakarta : Amara Books
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
Eva Ferdita Yuhantini, S.Pd., M.Kes. Hapsari Shinta Citra Puspita Dewi, S.E., M.M |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Dapat memahami konsep dan evolusi MSDM |
- Mampu Mendefinisikan MSDM
- Mampu Menjelaskan evolusi dan aktivitas MSDM
- Mampu Mendeskripsikan MSDM saat ini dan y.a.d.
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi dan tanya jawab interaktif dengan teman sejawat 3x50 |
|
Materi: Konsep dan evolusi MSDM Pustaka: 1. Greenberg, Jerald & Baron, Robert A. Behavior In Organizations.2003. New Jersey : Prentice-Hall, Inc. |
3% |
2
Minggu ke 2 |
Dapat mengkaji berbagai tantangan MSDM |
- Tantangan internal dan tantangan eksternal
- Mampu Menjelaskan tantangan kompetisi global
- Mampu Menjelaskan tantangan kompetisi global
|
Kriteria:
Sesuai dengan pedoman penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi dan tanya jawab dengan teman sejawat 3x50 |
|
Materi: Tantangan internal dan eksternal Pustaka: 1. Greenberg, Jerald & Baron, Robert A. Behavior In Organizations.2003. New Jersey : Prentice-Hall, Inc. |
4% |
3
Minggu ke 3 |
Dapat memahami analisa jabatan |
- Mampu Mendefinisikan analisa jabatan
- 2. Mampu Menjelaskan aspek-aspek jabatan yang dianalisa
- 3. Menjelaskan teknik analisa jabatan
- 4. Menjelaskan hasil analisa jabatan
|
Kriteria:
Sesuai dengan pedoman penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi dan tanya jawab dengan teman sejawat 150 |
|
Materi: Analisa jabatan Pustaka: 2. Mathis, Robert L., & Jackson, John H. Personnel/Human Resource Management. 2000. St. Paul : West Publishing Company. |
4% |
4
Minggu ke 4 |
Dapat memahami konsep perencanaan dan meramalkan kebutuhan SDM |
- Mampu Mendefinisikan perencanaan SDM
- Mampu Menjelaskan teknik dan model peramalan
- Mampu Menjelaskan permalan kebutuhan peramalan ketersediaan
|
Kriteria:
Sesuai dengan pedoman penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi dan tanya jawab dengan teman sejawat 3x50 |
|
Materi: Perencanaan kebutuhan SDM Pustaka: 3. Nankervis, Alan R., Compton, Robert L., & Mc Carthy, Terence E. Strategic Human Resource Management. 1996. Melbourne : International Thomas Publishing Company. |
4% |
5
Minggu ke 5 |
Dapat memahami konsep rekrutmen dan mendiskripsikan proses seleksi |
- Mampu Mendefinisikan rekrutmen
- Mampu Menjelaskan, sumber dan proses rekrutmen
- Mampu Mendefinisikan seleksi
- Mampu Menjelaskan kendala seleksi
- Mampu Menjelaskan tahap-tahap seleksi
|
Kriteria:
Sesuai dengan pedoman penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi dan tanya jawab dengan teman sejawat 3x50 |
|
Materi: Rekrutmen dan proses seleksi Pustaka: 3. Nankervis, Alan R., Compton, Robert L., & Mc Carthy, Terence E. Strategic Human Resource Management. 1996. Melbourne : International Thomas Publishing Company. |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Dapat memahami program orientasi dan keputusan penempatan |
- Mampu mendefinisikan orientasi
- Mampu menjelaskan materi program orientasi
- Mampu menjelaskan keputusan penempatan
|
Kriteria:
Sesuai dengan pedoman penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi dan tanya jawab dengan teman sejawat 3x50 |
|
Materi: Program orientasi dan keputusan penempatan Pustaka: 3. Nankervis, Alan R., Compton, Robert L., & Mc Carthy, Terence E. Strategic Human Resource Management. 1996. Melbourne : International Thomas Publishing Company. |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Dapat memahami konsep dan teknik penilaian kinerja |
Mampu mendefinisikan penilaian kinerja, elemen-elemen teknik dan pendekatan |
Kriteria:
Sesuai dengan pedoman penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi dan tanya jawab dengan teman sejawat 3x50 |
|
Materi: Konsep dan teknik penilaian kinerja Pustaka: 2. Mathis, Robert L., & Jackson, John H. Personnel/Human Resource Management. 2000. St. Paul : West Publishing Company. |
4% |
8
Minggu ke 8 |
UTS |
UTS |
Kriteria:
Sesuai dengan pedoman penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Tes 3x50 |
|
Materi: USS Pustaka: 2. Mathis, Robert L., & Jackson, John H. Personnel/Human Resource Management. 2000. St. Paul : West Publishing Company. |
15% |
9
Minggu ke 9 |
Dapat memahami kebutuhan, jenis, metode dan evaluasi pengembangan SDM |
- Mampu mendefinisikan pengembangan SDM
- Mampu mengidentifikasi kebutuhan SDM
- Mampu menjelaskan jenis dan metode serta evaluasi pengembangan SDM, isu-isu pengembangan SDM
|
Kriteria:
Sesuai dengan pedoman penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi dan tanya jawab dengan teman sejawat 3x50 |
|
Materi: Pengembangan SDM Pustaka: 4. Simamora, Henry. Manajemen Sumberdaya Manusia. 2005. Yogyakarta: STIE YKPN |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Dapat memahami arti, manfaat, implementasi perencanaan dan pengembangan karir |
- Mampu mendefinisikan perencanaan karir
- Mampu menjelaskan implementasi perencanaan karir
- Mampu menjelaskan pengembangan karir
|
Kriteria:
Sesuai dengan pedoman penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi dan tanya jawab dengan teman sejawat 3x50 |
|
Materi: Arti, manfaat, implementasi perencanaan dan pengembangan karir Pustaka: 4. Simamora, Henry. Manajemen Sumberdaya Manusia. 2005. Yogyakarta: STIE YKPN |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Dapat memahami konsep penggajian dan mengidentifikasi komponen kompensasi |
- Mampu mendefinisikan kompensasi
- Mampu mengidentifikasi komponen kompensasi finansial dan non finansial
- Mampu menjelaskan is-isu manajemen kompensasi
|
Kriteria:
Sesuai dengan pedoman penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi dan tanya jawab dengan teman sejawat 3x50 |
|
Materi: konsep penggajian dan mengidentifikasi komponen kompensasi Pustaka: 3. Nankervis, Alan R., Compton, Robert L., & Mc Carthy, Terence E. Strategic Human Resource Management. 1996. Melbourne : International Thomas Publishing Company. |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Dapat memahami konsep penggajian dan mengidentifikasi komponen kompensasi |
- Mampu mendefinisikan kompensasi
- Mampu mengidentifikasi komponen kompensasi finansial dan non finansial
- Mampu menjelaskan is-isu manajemen kompensasi
|
Kriteria:
Sesuai dengan pedoman penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi dan tanya jawab dengan teman sejawat 150 |
|
Materi: Konsep penggajian dan mengidentifikasi komponen kompensasi Pustaka: 4. Simamora, Henry. Manajemen Sumberdaya Manusia. 2005. Yogyakarta: STIE YKPN |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Dapat mendiskripsikan aktivitas-aktivitas dan penyelesaian konflik internal kekaryawanan |
- Mampu mendefinisikan hub internal kekaryawanan
- Mampu menjelaskan aktivitas-aktivitas hub industrial, Serikat kerja, Surat perjanjian kerja, KKB
|
Kriteria:
Sesuai dengan pedoman penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi dan tanya jawab dengan teman sejawat 150 |
|
Materi: aktivitas-aktivitas dan penyelesaian konflik internal kekaryawanan Pustaka: 4. Simamora, Henry. Manajemen Sumberdaya Manusia. 2005. Yogyakarta: STIE YKPN |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Dapat memahami program K3 |
- Mampu menjelaskan pengertian program K3
- Mampu Mendeskripsikan penyebab kecelakaan kerja
- Mampu menjelaskan upaya mencegah kecelakaan kerja
|
Kriteria:
Sesuai dengan pedoman penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi dan tanya jawab dengan teman sejawat 3x50 |
|
Materi: Program K3 Pustaka: 5. Soetjipto, Budi W. et al. Paradigma Baru MSDM. 2002. Jakarta : Amara Books |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Dapat memahami konsep dan aktivitas yang dilakukan dalam audit SDM |
- Mampu mendefinisikan audit MSDM
- Mampu menjelaskan lingkup audit MSDM
- Mampu menjelaskan deskripsi tugas tim audit MSDM
- Mampu menjelaskan laporan audit MSDM
|
Kriteria:
5 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Diskusi dan tanya jawab dengan teman sejawat 3X50 |
|
Materi: Konsep dan aktivitas yang dilakukan dalam audit SDM Pustaka: 5. Soetjipto, Budi W. et al. Paradigma Baru MSDM. 2002. Jakarta : Amara Books |
5% |
16
Minggu ke 16 |
UAS |
Tes |
Kriteria:
Sesuai dengan pedoman penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
Tes 3x50 |
|
Materi: SDM Pustaka: 5. Soetjipto, Budi W. et al. Paradigma Baru MSDM. 2002. Jakarta : Amara Books |
20% |