Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Psikologi

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Kuliah Kerja Nyata (Kkn)

7320103146

T=3

P=0

ECTS=4.77

6

22 November 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Yohana Wuri Satwika, S.Psi., M.Psi.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

Program Objectives (PO)

Matrik PLO-PO

 
PO

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Matakuliah ini merupakan wujud aplikasi dari Tri Dharma Perguruan tinggi yang mengandung unsur pendidikan, penelitian, dan pengabdian. Ketiga unsur tersebut dilaksanakan oleh perguruan tinggi saling berkaitan antara yang satu dengan lainnya. Hal ini mengingat kedudukan perguruan tinggi di tengah-tengah masyarakat sebagai sentral dan merupakan bagian integral dari system pendidikan nasional.Model KKN menggunakan model Tematik Posdaya yaitu Kuliah Kerja Nyata yang berorentasi pada Pos Pemberdayaan Keluarga (Posdaya). Program Tematik Posdaya meliputi 5 Pilar yang terdiri dari: (1). Pendidikan, (2). Kesehatan, (3). Ekonomi, (4). Lingkungan, (5). Seni Budaya dan Agama.

Pustaka

Utama :

  1. UU. No. 20 Th. 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
  2. PP. Nomor 30 Tahun 1990 tentang Pendidikan Tinggi.
  3. Peraturan Presiden Republik Indonesia No.15 Tahun 2010 tentang percepatan penanggulangan kemiskinan.
  4. Dirjen Dikti, Buku Pedoman Pelaksanaan Pengabdian pada Masyarakat Edisi IX Tahun 2010.
  5. Susila, Wayan dkk, 2015. Pedoman KKN Unesa 2015. Surabaya : Unesa University Pres
  6. Buku Pedoman Akademik Universitas Negeri Surabaya

Pendukung :

Dosen Pengampu

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa mampu berfikir dan bekerja interdisiplin atau lintas sektoral sehingga dapat melaksanakan program-program pengembangan dan pembangunan desa/kota.· Mampu menggunakan hasil pendidikannya bagi pembangunan dan pengem-bangan daerah pedesaan/kelurahan pada khususnya.· Mampu mengetahui kesulitan yang dihadapi oleh masyarakat dalam pembangunan serta konteks keseluruhan masalah pembangunan pengembangan daerah pedesaan, maupun masalah perkotaan.· Membina mahasiswa agar menjadi seorang inovator, motivator dan bertanggung jawab.


    1 X 50

    0%

    2

    Minggu ke 2

    Mahasiswa mampu berfikir dan bekerja interdisiplin atau lintas sektoral sehingga dapat melaksanakan program-program pengembangan dan pembangunan desa/kota.· Mampu menggunakan hasil pendidikannya bagi pembangunan dan pengem-bangan daerah pedesaan/kelurahan pada khususnya.· Mampu mengetahui kesulitan yang dihadapi oleh masyarakat dalam pembangunan serta konteks keseluruhan masalah pembangunan pengembangan daerah pedesaan, maupun masalah perkotaan.· Membina mahasiswa agar menjadi seorang inovator, motivator dan bertanggung jawab.


      1 X 50

      0%

      3

      Minggu ke 3

      Mahasiswa mampu berfikir dan bekerja interdisiplin atau lintas sektoral sehingga dapat melaksanakan program-program pengembangan dan pembangunan desa/kota.· Mampu menggunakan hasil pendidikannya bagi pembangunan dan pengem-bangan daerah pedesaan/kelurahan pada khususnya.· Mampu mengetahui kesulitan yang dihadapi oleh masyarakat dalam pembangunan serta konteks keseluruhan masalah pembangunan pengembangan daerah pedesaan, maupun masalah perkotaan.· Membina mahasiswa agar menjadi seorang inovator, motivator dan bertanggung jawab.


        1 X 50

        0%

        4

        Minggu ke 4

        Mahasiswa mampu berfikir dan bekerja interdisiplin atau lintas sektoral sehingga dapat melaksanakan program-program pengembangan dan pembangunan desa/kota.· Mampu menggunakan hasil pendidikannya bagi pembangunan dan pengem-bangan daerah pedesaan/kelurahan pada khususnya.· Mampu mengetahui kesulitan yang dihadapi oleh masyarakat dalam pembangunan serta konteks keseluruhan masalah pembangunan pengembangan daerah pedesaan, maupun masalah perkotaan.· Membina mahasiswa agar menjadi seorang inovator, motivator dan bertanggung jawab.


          1 X 50

          0%

          5

          Minggu ke 5

          Mahasiswa mampu berfikir dan bekerja interdisiplin atau lintas sektoral sehingga dapat melaksanakan program-program pengembangan dan pembangunan desa/kota.· Mampu menggunakan hasil pendidikannya bagi pembangunan dan pengem-bangan daerah pedesaan/kelurahan pada khususnya.· Mampu mengetahui kesulitan yang dihadapi oleh masyarakat dalam pembangunan serta konteks keseluruhan masalah pembangunan pengembangan daerah pedesaan, maupun masalah perkotaan.· Membina mahasiswa agar menjadi seorang inovator, motivator dan bertanggung jawab.


            1 X 50

            0%

            6

            Minggu ke 6



            0%

            7

            Minggu ke 7



            0%

            8

            Minggu ke 8



            0%

            9

            Minggu ke 9



            0%

            10

            Minggu ke 10



            0%

            11

            Minggu ke 11



            0%

            12

            Minggu ke 12



            0%

            13

            Minggu ke 13



            0%

            14

            Minggu ke 14



            0%

            15

            Minggu ke 15



            0%

            16

            Minggu ke 16



            0%



            Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

            No Evaluasi Persentase
            0%

            Catatan

            1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
            2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
            3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
            4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
            5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
            6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
            7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
            8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
            9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
            10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
            11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
            12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.