|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Psikologi
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Kuliah Kerja Nyata (Kkn) |
7320103146 |
|
T=3 |
P=0 |
ECTS=4.77 |
6 |
22 November 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
Yohana Wuri Satwika, S.Psi., M.Psi. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
Program Objectives (PO) |
Matrik PLO-PO |
|
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Matakuliah ini merupakan wujud aplikasi dari Tri Dharma Perguruan tinggi yang mengandung unsur pendidikan, penelitian, dan pengabdian. Ketiga unsur tersebut dilaksanakan oleh perguruan tinggi saling berkaitan antara yang satu dengan lainnya. Hal ini mengingat kedudukan perguruan tinggi di tengah-tengah masyarakat sebagai sentral dan merupakan bagian integral dari system pendidikan nasional.Model KKN menggunakan model Tematik Posdaya yaitu Kuliah Kerja Nyata yang berorentasi pada Pos Pemberdayaan Keluarga (Posdaya). Program Tematik Posdaya meliputi 5 Pilar yang terdiri dari: (1). Pendidikan, (2). Kesehatan, (3). Ekonomi, (4). Lingkungan, (5). Seni Budaya dan Agama. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- UU. No. 20 Th. 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
- PP. Nomor 30 Tahun 1990 tentang Pendidikan Tinggi.
- Peraturan Presiden Republik Indonesia No.15 Tahun 2010 tentang percepatan penanggulangan kemiskinan.
- Dirjen Dikti, Buku Pedoman Pelaksanaan Pengabdian pada Masyarakat Edisi IX Tahun 2010.
- Susila, Wayan dkk, 2015. Pedoman KKN Unesa 2015. Surabaya : Unesa University Pres
- Buku Pedoman Akademik Universitas Negeri Surabaya
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
|
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa mampu berfikir dan bekerja interdisiplin atau lintas sektoral sehingga dapat melaksanakan program-program pengembangan dan pembangunan desa/kota.· Mampu menggunakan hasil pendidikannya bagi pembangunan dan pengem-bangan daerah pedesaan/kelurahan pada khususnya.· Mampu mengetahui kesulitan yang dihadapi oleh masyarakat dalam pembangunan serta konteks keseluruhan masalah pembangunan pengembangan daerah pedesaan, maupun masalah perkotaan.· Membina mahasiswa agar menjadi seorang inovator, motivator dan bertanggung jawab. |
|
|
1 X 50 |
|
|
0% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa mampu berfikir dan bekerja interdisiplin atau lintas sektoral sehingga dapat melaksanakan program-program pengembangan dan pembangunan desa/kota.· Mampu menggunakan hasil pendidikannya bagi pembangunan dan pengem-bangan daerah pedesaan/kelurahan pada khususnya.· Mampu mengetahui kesulitan yang dihadapi oleh masyarakat dalam pembangunan serta konteks keseluruhan masalah pembangunan pengembangan daerah pedesaan, maupun masalah perkotaan.· Membina mahasiswa agar menjadi seorang inovator, motivator dan bertanggung jawab. |
|
|
1 X 50 |
|
|
0% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa mampu berfikir dan bekerja interdisiplin atau lintas sektoral sehingga dapat melaksanakan program-program pengembangan dan pembangunan desa/kota.· Mampu menggunakan hasil pendidikannya bagi pembangunan dan pengem-bangan daerah pedesaan/kelurahan pada khususnya.· Mampu mengetahui kesulitan yang dihadapi oleh masyarakat dalam pembangunan serta konteks keseluruhan masalah pembangunan pengembangan daerah pedesaan, maupun masalah perkotaan.· Membina mahasiswa agar menjadi seorang inovator, motivator dan bertanggung jawab. |
|
|
1 X 50 |
|
|
0% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa mampu berfikir dan bekerja interdisiplin atau lintas sektoral sehingga dapat melaksanakan program-program pengembangan dan pembangunan desa/kota.· Mampu menggunakan hasil pendidikannya bagi pembangunan dan pengem-bangan daerah pedesaan/kelurahan pada khususnya.· Mampu mengetahui kesulitan yang dihadapi oleh masyarakat dalam pembangunan serta konteks keseluruhan masalah pembangunan pengembangan daerah pedesaan, maupun masalah perkotaan.· Membina mahasiswa agar menjadi seorang inovator, motivator dan bertanggung jawab. |
|
|
1 X 50 |
|
|
0% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa mampu berfikir dan bekerja interdisiplin atau lintas sektoral sehingga dapat melaksanakan program-program pengembangan dan pembangunan desa/kota.· Mampu menggunakan hasil pendidikannya bagi pembangunan dan pengem-bangan daerah pedesaan/kelurahan pada khususnya.· Mampu mengetahui kesulitan yang dihadapi oleh masyarakat dalam pembangunan serta konteks keseluruhan masalah pembangunan pengembangan daerah pedesaan, maupun masalah perkotaan.· Membina mahasiswa agar menjadi seorang inovator, motivator dan bertanggung jawab. |
|
|
1 X 50 |
|
|
0% |
6
Minggu ke 6 |
|
|
|
|
|
|
0% |
7
Minggu ke 7 |
|
|
|
|
|
|
0% |
8
Minggu ke 8 |
|
|
|
|
|
|
0% |
9
Minggu ke 9 |
|
|
|
|
|
|
0% |
10
Minggu ke 10 |
|
|
|
|
|
|
0% |
11
Minggu ke 11 |
|
|
|
|
|
|
0% |
12
Minggu ke 12 |
|
|
|
|
|
|
0% |
13
Minggu ke 13 |
|
|
|
|
|
|
0% |
14
Minggu ke 14 |
|
|
|
|
|
|
0% |
15
Minggu ke 15 |
|
|
|
|
|
|
0% |
16
Minggu ke 16 |
|
|
|
|
|
|
0% |