|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Teknik
Program Studi S1 Pendidikan Teknik Mesin
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Thermodinamika Otomotif |
8320302198 |
|
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
5 |
19 Januari 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
Ir. Wahyu Dwi Kurniawan, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Menganalisis sistem termodinamika untuk memahami hubungan antara energi dan perubahan keadaan fisik berbagai sistem (C4)
|
PO - 2 |
Menganalisis siklus termodinamika pada mesin dan peralatan untuk menentukan efisiensi dan performa (C4)
|
PO - 3 |
Menguraikan prinsip-prinsip dasar termodinamika untuk mengidentifikasi aplikasi dalam bidang teknik otomotif dan manufaktur (C4)
|
PO - 4 |
Menganalisis diagram fase dari berbagai zat untuk memahami perilaku zat tersebut pada kondisi yang berbeda (C4)
|
PO - 5 |
Menganalisis keseimbangan energi dan materi dalam sistem termodinamika untuk optimasi proses (C4)
|
PO - 6 |
Menganalisis perpindahan panas dan kerja dalam berbagai proses termodinamika untuk menentukan strategi perbaikan efisiensi (C4)
|
PO - 7 |
Menganalisis pengaruh variabel termodinamika seperti suhu, tekanan, dan volume terhadap performa mesin (C4)
|
PO - 8 |
Menganalisis dan membandingkan berbagai siklus refrigerasi dan pompa panas dalam konteks efisiensi termal dan aplikasi praktis (C4)
|
PO - 9 |
Menganalisis peran termodinamika dalam desain sistem HVAC untuk meningkatkan efisiensi energi (C4)
|
PO - 10 |
Menganalisis konsep entropi dan hukum kedua termodinamika untuk mengidentifikasi keterbatasan dalam proses energi (C4)
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PO-1 | PO-2 | PO-3 | PO-4 | PO-5 | PO-6 | PO-7 | PO-8 | PO-9 | PO-10 |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-5 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-6 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-7 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-8 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-9 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-10 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah Thermodinamika pada jenjang S1 membahas konsep dasar tentang energi, kerja, dan perubahan keadaan sistem fisik. Mahasiswa akan mempelajari hukum-hukum termodinamika, siklus termodinamika, serta aplikasi dalam berbagai sistem termal. Mata kuliah ini juga menekankan pemahaman terhadap konsep entropi, perpindahan panas, dan kerja dalam sistem tertutup dan terbuka. Dengan memahami prinsip-prinsip termodinamika, mahasiswa dapat mengaplikasikan pengetahuan ini dalam berbagai bidang seperti rekayasa, kimia, dan teknik mesin. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Moran, Michael J., Howard N. Saphiro, Daisie D. Boettner, and Margareth B. Bailey. 2011. Fundamentals of Engineering Thermodynamics 7th ed. , John Wiley & Sons
- Cengel, Yunus A. and Boles, Michael A. 2010. Thermodynamics An Engineering Aproach 7th ed. , McGraw-Hill
|
Pendukung : |
|
- Sonntag., Borgnakke., Van Wylen, 1998. , Fundamental of Thermodynamics 7th ed. , John Willey & Sons
- Holman, 1980. Thermodynamics 3rd ed. , McGraw-Hill,
|
Dosen Pengampu
|
Prof. Dr. Muhaji, S.T., M.T. Dany Iman Santoso, S.T., M.T. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis sistem termodinamika dengan kritis dan sistematis untuk memahami hubungan antara energi dan perubahan keadaan fisik berbagai sistem. |
- Analisis sistem termodinamika
- Pemahaman hubungan energi dengan perubahan keadaan fisik
- Kemampuan kognitif C4
|
Kriteria:
Sesuai dengan rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pembelajaran Berbasis Masalah.
|
Diskusi daring tentang penerapan konsep termodinamika dalam kehidupan sehari-hari
|
Materi: Konsep dasar termodinamika, Hukum termodinamika, Proses termodinamika, Energi dalam termodinamika Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis sistem termodinamika dengan kritis dan sistematis untuk memahami hubungan antara energi dan perubahan keadaan fisik berbagai sistem. |
- Analisis sistem termodinamika
- Pemahaman hubungan energi dengan perubahan keadaan fisik
- Kemampuan kognitif C4
|
Kriteria:
Sesuai dengan rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pembelajaran Berbasis Masalah.
|
Diskusi daring tentang penerapan konsep termodinamika dalam kehidupan sehari-hari
|
Materi: Konsep dasar termodinamika, Hukum termodinamika, Proses termodinamika, Energi dalam termodinamika Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis siklus termodinamika pada mesin dan peralatan untuk menentukan efisiensi dan performa, serta mampu mengaplikasikan pengetahuan ini dalam teknik otomotif atau produksi. |
- Analisis siklus termodinamika pada mesin dan peralatan
- Penentuan efisiensi dan performa
- Penerapan pengetahuan dalam teknik otomotif atau produksi
|
Kriteria:
Sesuai dengan rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum |
Pembelajaran Berbasis Masalah.
|
Diskusi Forum Online, Penugasan Proyek Online
|
Materi: Pengenalan Siklus Termodinamika, Analisis Efisiensi dan Performa, Penerapan dalam Teknik Otomotif atau Produksi Pustaka: Handbook Perkuliahan |
6% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis siklus termodinamika pada mesin dan peralatan, serta dapat menentukan efisiensi dan performa dengan baik sesuai dengan konsentrasi yang dipilih. |
- Analisis Siklus Termodinamika
- Penentuan Efisiensi dan Performa
|
Kriteria:
Sesuai dengan rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pembelajaran Berbasis Masalah.
|
Penugasan Proyek
|
Materi: Konsep Termodinamika, Siklus Termodinamika pada Mesin, Peralatan dan Performa, Efisiensi dalam Proses Pustaka: Handbook Perkuliahan |
8% |
5
Minggu ke 5 |
Mampu mendemonstrasikan perawatan dan perbaikan di bidang teknik otomotif atau mampu mengoperasikan berbagai peralatan dan mesin produksi di bidang manufaktur. |
- Pemahaman konsep termodinamika
- Kemampuan mengidentifikasi aplikasi dalam teknik otomotif dan manufaktur
|
Kriteria:
Sesuai dengan rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pembelajaran Berbasis Masalah.
|
Diskusi daring tentang aplikasi termodinamika dalam kasus nyata
|
Materi: Prinsip Dasar Termodinamika, Aplikasi Termodinamika dalam Teknik Otomotif, Aplikasi Termodinamika dalam Manufaktur Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa diharapkan mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam menerapkan prinsip dasar termodinamika dalam bidang teknik otomotif dan manufaktur. |
- konsep dasar termodinamika diterapkan dengan tepat
- aplikasi termodinamika dalam teknik otomotif dan manufaktur dipahami dengan baik
|
Kriteria:
Sesuai dengan rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pembelajaran Berbasis Masalah.
|
Penugasan Proyek
|
Materi: Hukum Termodinamika Pertama, Hukum Termodinamika Kedua, Siklus Carnot, Penerapan Termodinamika dalam Mesin-mesin Otomotif, Penerapan Termodinamika dalam Proses Manufaktur Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mampu mendemonstrasikan perawatan dan perbaikan di bidang teknik otomotif atau mampu mengoperasikan berbagai peralatan dan mesin produksi di bidang manufaktur. |
- Penerapan prinsip termodinamika dalam konteks teknik otomotif
- Penerapan prinsip termodinamika dalam konteks manufaktur
|
Kriteria:
Sesuai dengan rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pembelajaran Berbasis Masalah.
|
Diskusi daring tentang penerapan prinsip termodinamika dalam studi kasus teknik otomotif, Membuat laporan proyek simulasi penerapan termodinamika dalam proses manufaktur
|
Materi: Konsep dasar termodinamika, Penerapan termodinamika dalam teknik otomotif, Penerapan termodinamika dalam manufaktur Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis perpindahan panas dan kerja dalam proses termodinamika untuk menentukan strategi perbaikan efisiensi. |
- Analisis perpindahan panas dalam proses termodinamika
- Analisis kerja dalam proses termodinamika
- Strategi perbaikan efisiensi
|
Kriteria:
Sesuai dengan rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pembelajaran Berbasis Masalah.
|
-
|
Materi: Konsep perpindahan panas, Konsep kerja dalam termodinamika, Strategi perbaikan efisiensi Pustaka: Handbook Perkuliahan |
6% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis diagram fase dari berbagai zat untuk memahami perilaku zat pada kondisi yang berbeda dengan tingkat kemampuan Analisis (C4) dalam Taksonomi Bloom. |
- Diagram fase dianalisis dengan benar
- Kemampuan menganalisis perilaku zat pada kondisi berbeda terbukti
- Kemampuan membandingkan diagram fase dari zat yang berbeda
|
Kriteria:
Sesuai dengan rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pembelajaran berbasis masalah, diskusi kelompok, dan eksperimen laboratorium.
|
Diskusi daring tentang aplikasi diagram fase dalam kehidupan sehari-hari
|
Materi: Konsep diagram fase, Interpretasi diagram fase, Perilaku zat pada kondisi berbeda Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis keseimbangan energi dan materi dalam sistem termodinamika untuk mengoptimalkan proses secara logis, kritis, sistematis, dan kreatif. |
- Analisis keseimbangan energi dan materi
- Penerapan konsep termodinamika dalam optimasi proses
|
Kriteria:
Sesuai dengan rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pembelajaran Berbasis Masalah.
|
Diskusi daring tentang penerapan konsep termodinamika dalam kasus nyata
|
Materi: Hukum Termodinamika, Energi dalam Sistem Termodinamika, Keseimbangan Materi dalam Reaksi Kimia Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis perpindahan panas dan kerja dalam berbagai proses termodinamika untuk menentukan strategi perbaikan efisiensi. |
- Mampu menganalisis perpindahan panas dalam sistem tertutup
- Mampu mengidentifikasi kerja yang dilakukan dalam proses termodinamika
- Mampu merumuskan strategi perbaikan efisiensi
|
Kriteria:
Sesuai dengan rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi, studi kasus, dan simulasi.
|
Diskusi daring tentang penerapan strategi perbaikan efisiensi dalam sistem termodinamika
|
Materi: Konsep perpindahan panas, Prinsip kerja dalam termodinamika, Strategi perbaikan efisiensi Pustaka: Handbook Perkuliahan |
8% |
12
Minggu ke 12 |
Mampu menganalisis pengaruh variabel termodinamika terhadap performa mesin. |
- Mampu menjelaskan hubungan antara suhu, tekanan, dan volume dengan performa mesin
- Mampu menganalisis data termodinamika untuk memprediksi kinerja mesin
|
Kriteria:
Sesuai dengan rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pembelajaran berbasis masalah.
|
Diskusi daring tentang aplikasi pengaruh variabel termodinamika pada mesin
|
Materi: Konsep dasar termodinamika, Pengaruh suhu terhadap performa mesin, Pengaruh tekanan terhadap performa mesin, Pengaruh volume terhadap performa mesin Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis dan membandingkan berbagai siklus refrigerasi dan pompa panas, serta dapat mengaplikasikan pemahaman tersebut dalam konteks praktis. |
- Mampu menjelaskan prinsip dasar siklus refrigerasi dan pompa panas
- Mampu membandingkan efisiensi termal dari berbagai siklus
- Mampu mengidentifikasi aplikasi praktis dari siklus refrigerasi dan pompa panas
|
Kriteria:
Sesuai dengan rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Tes |
Pembelajaran berbasis masalah.
|
Penugasan penulisan esai tentang perbandingan efisiensi termal siklus refrigerasi dan pompa panas
|
Materi: Prinsip dasar siklus refrigerasi, Prinsip dasar pompa panas, Efisiensi termal siklus refrigerasi dan pompa panas, Aplikasi praktis siklus refrigerasi dan pompa panas Pustaka: Handbook Perkuliahan |
8% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis peran termodinamika dalam desain sistem HVAC untuk meningkatkan efisiensi energi. |
- Pemahaman konsep termodinamika
- Kemampuan menganalisis efisiensi energi pada sistem HVAC
- Kemampuan mengidentifikasi peran termodinamika dalam desain sistem HVAC
|
Kriteria:
Sesuai dengan rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Pembelajaran berbasis masalah.
|
Diskusi daring tentang penerapan termodinamika dalam desain sistem HVAC
|
Materi: Konsep dasar termodinamika, Penerapan termodinamika dalam sistem HVAC, Strategi meningkatkan efisiensi energi Pustaka: Handbook Perkuliahan |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam menganalisis konsep entropi dan hukum kedua termodinamika. |
- Keterampilan analisis konsep entropi
- Pemahaman hukum kedua termodinamika
- Kemampuan mengidentifikasi keterbatasan dalam proses energi
|
Kriteria:
Sesuai dengan rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Diskusi kelompok dan studi kasus.
|
Diskusi daring tentang aplikasi hukum kedua termodinamika dalam kehidupan sehari-hari
|
Materi: Pengenalan konsep entropi, Penerapan hukum kedua termodinamika, Analisis keterbatasan dalam proses energi Pustaka: Handbook Perkuliahan |
9% |
16
Minggu ke 16 |
Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis konsep entropi dan hukum kedua termodinamika untuk mengidentifikasi keterbatasan dalam proses energi. |
- konsep entropi dipahami dengan baik
- mampu menjelaskan hubungan antara entropi dan keterbatasan dalam proses energi
- mampu mengaplikasikan hukum kedua termodinamika dalam kasus nyata
|
Kriteria:
Sesuai dengan rubrik penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Pembelajaran berbasis diskusi dan studi kasus.
|
-
|
Materi: Definisi Entropi, Hukum Kedua Termodinamika, Penerapan Konsep Entropi dalam Proses Energi Pustaka: Handbook Perkuliahan |
10% |