|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S1 Bisnis Digital
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Manajemen Sumber Daya Manusia dan Organisasi |
6120903011 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=3 |
P=0 |
ECTS=4.77 |
2 |
1 Februari 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Muhammad Fajar Wahyudi Rahman, S.E., M.M.
|
Hafid Kholidi Hadi, S.E., M.SM.
|
Hujjatullah Fazlurrahman, S.E., MBA. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
PLO-9 |
Mampu mengembangkan bisnis digital berdasarkan entrepreneurial leadership secara berkelanjutan |
PLO-10 |
Mampu mengimplementasikan teori bidang bisnis digital dalam mengelola organisasi secara etis dan efektif |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mahasiswa mampu menjelaskan manajemen SDM dan organisasi dengan tepat
|
PO - 2 |
Mahasiswa mampu menelaah aktivitas-aktivitas manajemen SDM dalam suatu organisasi dengan jelas
|
PO - 3 |
Mahasiswa mampu menunjukkan karakter cerdas, mandiri, jujur, peduli dan tangguh di dalam kegiatan pembelajaran manajemen SDM
|
PO - 4 |
Mahasiswa mampu mengaitkan teori dan praktik manajemen SDM dalam organisasi
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-2 | PLO-3 | PLO-4 | PLO-9 | PLO-10 | PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | | | PO-2 | ✔ | ✔ | | | | PO-3 | | | | ✔ | ✔ | PO-4 | | | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | PO-4 | | | | | | | | ✔ | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) dan Organisasi membahas tentang fungsi pengelolaan Sumber Daya Manusia dalam organisasi mulai dari proses perencanaan, pengorganisasian, pengaktualisasian, dan pengendalian SDM dalam organisasi. Mata kuliah ini mengkaji proses SDM yang meliputi seleksi, rekrutmen, penempatan, analisis jabatan, pelatihan dan pengembangan, kompensasi, budaya organisasi, hingga proses pasca kerja. Mata kuliah MSDM dan Organisasi membahas tentang proses SDM yang dilaksanakan secara holistik oleh suatu organisasi karena MSDM merupakan tahapan yang tidak dapat dipisahkan. Output pembelajarannya adalah mahasiswa dapat melakukan tahapan pengadaan SDM dalam organisasi mulai dari proses analisis kebutuhan hingga pensiun.
Model Pembelajaran pada Matakuliah MSDM dan Organisasi ini yaitu Case Method. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Mathis, R. L., & Jackson, J. H. (2008). Human resource management, Twelfth Edition, Thomson/South-Western.
- Robbins, S. P. & Judge, T. A. (2018). Essentials of Organizational Behavior Global Edition, Pearson Education Limited.
- Dessler, G. (2020). Human Resource Management Sixteenth Edition, Pearson Education, Inc.
|
Pendukung : |
|
- Rahman, M. F. W., Kistyanto, A., & Surjanti, J. (2022). Does cyberloafing and personāorganization fit affect employee performance? The mediating role of innovative work behavior. Global Business and Organizational Excellence, 41(5), 44-64.
- Wijayati, D. T., Rahman, Z., Rahman, M. F. W., Arifah, I. D. C., & Kautsar, A. (2022). A study of artificial intelligence on employee performance and work engagement: the moderating role of change leadership. International Journal of Manpower, 43(2), 486-512.
- Na-Nan, K., Chaiprasit, K., & Pukkeeree, P. (2018). Factor analysis-validated comprehensive employee job performance scale. International Journal of Quality & Reliability Management, 35(10), 2436-2449.
- Ghazi, K. M., El-Said, O., Salem, I. E., & Smith, M. (2023). Does performance appraisal legitimacy predict employee sabotage and innovative behaviors? The mediating role of performance appraisal satisfaction. Tourism Management Perspectives, 47(1), 1-14.
- Koopmans, L., Bernaards, C. M., Hildebrandt, V. H., De Vet, H. C., & Van der Beek, A. J. (2014). Construct validity of the individual work performance questionnaire. Journal of Occupational and Environmental Medicine, 56(3), 331-337.
- Agyen-Gyasi, K., & Boateng, M. S. (2015). Performance appraisal systems in academic and research libraries in Ghana: a survey. Library Review, 64(1/2), 58-81.
|
Dosen Pengampu
|
Hujjatullah Fazlurrahman, S.E., MBA. Hafid Kholidi Hadi, S.E., M.SM. Nadia Nur Thahirrah, S.E., M.SM. Ina Uswatun Nihaya, S.E., M.Sc. Muhammad Fajar Wahyudi Rahman, S.E., M.M. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Dapat memahami konsep dan tantangan manajemen sumber daya manusia |
- Mampu mendefinisikan apa itu manajemen sumber daya manusia
- Mampu menjelaskan evolusi dan aktivitas manajemen sumber daya manusia
- Mampu menggambarkan manajemen sumber daya manusia saat ini dan masa depan
- Mampu menjelaskan tantangan persaingan global pada manajemen sumber daya manusia
|
Kriteria:
Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah dan presentasi (Case Method) 3 X 50 |
Zoom meeting atau google meet ((Case Method) 3 X 50 |
Materi: Managing Human Resources in Organizations Pustaka: Mathis, R. L., & Jackson, J. H. (2008). Human resource management, Twelfth Edition, Thomson/South-Western. Materi: Introduction to Human Resource Management Pustaka: Dessler, G. (2020). Human Resource Management Sixteenth Edition, Pearson Education, Inc. |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Dapat memahami analisis pekerjaan dalam sumber daya manusia |
- Mampu mendefinisikan analisis pekerjaan
- Mampu menjelaskan aspek-aspek posisi yang dianalisa
- Mampu menjelaskan teknik analisis pekerjaan
- Mampu menjelaskan hasil analisis jabatan
|
Kriteria:
Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah dan presentasi (Case Method) 3 X 50 |
Zoom meeting atau google meet (Case Method) 3X 50 |
Materi: Job Analysis and the Talent Management Process Pustaka: Dessler, G. (2020). Human Resource Management Sixteenth Edition, Pearson Education, Inc. |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Dapat memahami konsep perencanaan dan prediksi kebutuhan sumber daya manusia |
- Mampu mendefinisikan perencanaan sumber daya manusia
- Mampu menjelaskan peramalan penawaran dan permintaan sumber daya manusia
- Mampu menjelaskan teknik dan model peramalan permintaan sumber daya manusia
|
Kriteria:
Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah dan presentasi 3 X 50 |
Zoom meeting atau google meet 3 X 50 |
Materi: Forecasting HR Supply and Demand Pustaka: Mathis, R. L., & Jackson, J. H. (2008). Human resource management, Twelfth Edition, Thomson/South-Western. |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Dapat memahami konsep rekrutmen dan menjelaskan proses seleksi |
- Mampu mendefinisikan rekrutmen
- Mampu menjelaskan sumber dan proses rekrutmen
- Mampu menjelaskan tahapan seleksi
- Mampu menjelaskan kendala seleksi
- Mampu mencatat nama pelamar di HRIS
|
Kriteria:
Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah dan presentasi 3 X 50 |
Zoom meeting atau google meet 3 X 50 |
Materi: Recruitment, Placement, and Talent Management Pustaka: Dessler, G. (2020). Human Resource Management Sixteenth Edition, Pearson Education, Inc. |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Dapat memahami program orientasi dan keputusan penempatan |
- Mampu mendefinisikan apa itu orientasi
- Mampu menjelaskan materi program-program orientasi
- Mampu menjelaskan keputusan penempatan
|
Kriteria:
Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah dan presentasi 3 X 50 |
Zoom meeting atau google meet 3 X 50 |
Materi: The Orientation Process Pustaka: Dessler, G. (2020). Human Resource Management Sixteenth Edition, Pearson Education, Inc. |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Dapat memahami konsep penggajian dan mengidentifikasi komponen kompensasi |
- Mampu mendefinisikan apa itu kompensasi
- Mampu mengidentifikasi komponen kompensasi finansial dan non finansial
- Mampu menjelaskan masalah manajemen kompensasi
- Mampu mengoperasikan penggunan teknologi untuk menentukan sistem kompensasi
|
Kriteria:
Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah dan presentasi 3 X 50 |
Zoom meeting atau google meet 3 X 50 |
Materi: Compensation Pustaka: Dessler, G. (2020). Human Resource Management Sixteenth Edition, Pearson Education, Inc. |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Dapat memahami pengertian, manfaat, dan pelaksanaan perencanaan dan pengembangan karir |
- Mampu mendefinisikan apa itu karir
- Mampu mendefinisikan perencanaan karir
- Mampu menjelaskan implementasi perencanaan karir
- Mampu mendefinisikan pengembangan karir
- Mampu menjelaskan implementasi pengembangan karir
|
Kriteria:
Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah dan presentasi 3 X 50 |
Zoom meeting atau google meet 3 X 50 |
Materi: Managing Careers and Retention Pustaka: Dessler, G. (2020). Human Resource Management Sixteenth Edition, Pearson Education, Inc. |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Dapat Mengerjakan Ujian Tengah Semester |
Mampu Mengerjakan Soal Ujian Tengah Semester |
Kriteria:
Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan Bentuk Penilaian : Tes |
Mengerjakan Soal Ujian Tengah Semester 2 X 50 |
Mengerjakan Soal Ujian Tengah Semester 2 X 50 |
Materi: Pertemuan 1-7 Pustaka: Dessler, G. (2020). Human Resource Management Sixteenth Edition, Pearson Education, Inc. |
10% |
9
Minggu ke 9 |
Dapat memahami bagaimana membangun dan memelihara budaya organisasi |
- Mampu mendefinisikan budaya organisasi dan karakteristiknya
- Mampu membandingkan budaya organisasi lemah vs budaya organisasi kuat
- Mampu membedakan budaya organisasi vs budaya nasional
- Mampu menjelaskan determinan budaya organisasi
- Mampu mendiskripsikan budaya pelanggan responsitif dan budaya etis
|
Kriteria:
Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Ceramah dan presentasi 3 X 50 |
Zoom meeting dan google meet 3 X 50 |
Materi: Creating and Maintaining Organizational Culture Pustaka: Robbins, S. P. & Judge, T. A. (2018). Essentials of Organizational Behavior Global Edition, Pearson Education Limited. |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Dapat memahami dinamika kelompok dan implikasinya terhadap perilaku individu dan kinerja organisasi |
- Mampu membedakan kelompok formal vs informal
- Mampu membandingkan dua model perkembangan kelompok
- Mampu menganalisis interaksi dalam kelompok
- Mampu menjelaskan implikasi kondisi eksternal terhadap perilaku individu
- Mampu mengetahui sumber daya anggota kelompok
- Mampu menjelaskan struktur, proses, tugas dan pengambilan keputusan kelompok
- Mampu membedakan tim kerja vs kelompok kerja
- Mampu memahami bagaimana mengelola tim kerja dan kelompok kerja
|
Kriteria:
Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah dan presentasi 3 X 50 |
Zoom meeting dan google meet 3 X 50 |
Materi: Foundations of Group Behavior Pustaka: Robbins, S. P. & Judge, T. A. (2018). Essentials of Organizational Behavior Global Edition, Pearson Education Limited. |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Dapat mengidentifikasi konflik dan menentukan strategi negosiasi yang efektif |
- Mampu mendefinisikan konflik dan negosiasi
- Mampu membedakan berbagai pandangan tentang konflik
- Mampu membedakan fungsi, hubungan, dan proses konflik
- Mampu menentukan strategi penanganan konflik
- Mampu menentukan strategi bernegosiasi yang efektif
- Mampu mendeskripsikan proses negosiasi
|
Kriteria:
Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah dan presentasi 3 X 50 |
Zoom meeting dan google meet 3 X 50 |
Materi: Conflict in Organizations Pustaka: Robbins, S. P. & Judge, T. A. (2018). Essentials of Organizational Behavior Global Edition, Pearson Education Limited. |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Dapat memahami teori-teori kepemimpinan dan berbagai isu kontemporer dalam kepemimpinan |
- Mampu membedakan kepemimpinan vs manajemen
- Mampu menjelaskan teori-teori kepemimpinan
- Mampu mencontohkan beberapa gaya kepemimpinan
- Mampu menjelaskan modal yang harus dimiliki dalam kepemimpinan
- Mampu menjelaskan dimensi kepercayaan dalam kepemimpinan
|
Kriteria:
Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah dan presentasi 3 X 50 |
Zoom meeting dan google meet 3 X 50 |
Materi: Characteristics of Leaders Pustaka: Robbins, S. P. & Judge, T. A. (2018). Essentials of Organizational Behavior Global Edition, Pearson Education Limited. |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Dapat memahami konsep dan teknik penilaian kinerja dalam organisasi |
- Mampu mendefinisikan penilaian kinerja
- Mampu mendefinisikan elemen teknis dan pendekatan penilaian kinerja
- Mampu menjelaskan pengukuran penilaian kinerja
|
Kriteria:
Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah dan presentasi 3 X 50 |
Zoom meeting dan google meet 3 X 50 |
Materi: Job Performance Pustaka: Robbins, S. P. & Judge, T. A. (2018). Essentials of Organizational Behavior Global Edition, Pearson Education Limited. Materi: Performance Management and Appraisal (277) Pustaka: Dessler, G. (2020). Human Resource Management Sixteenth Edition, Pearson Education, Inc. Materi: Work Performance Pustaka: Koopmans, L., Bernaards, C. M., Hildebrandt, V. H., De Vet, H. C., & Van der Beek, A. J. (2014). Construct validity of the individual work performance questionnaire. Journal of Occupational and Environmental Medicine, 56(3), 331-337. Materi: Job Performance Pustaka: Na-Nan, K., Chaiprasit, K., & Pukkeeree, P. (2018). Factor analysis-validated comprehensive employee job performance scale. International Journal of Quality & Reliability Management, 35(10), 2436-2449. |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Dapat memahami konsep menghargai keberagaman |
- Mampu menjelaskan konsep dasar keberagaman
- Mampu menjelaskan konsep dan jenis diskriminasi
- Mampu menjelaskan tentang karakteristik biografi dalam keberagaman
- Mampu menjelaskan karakteristik pembeda lainnya dalam keberagaman
- Mampu menerapkan strategi manajemen keberagaman
|
Kriteria:
Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah dan presentasi 3 X 50 |
Zoom meeting dan google meet 3 X 50 |
Materi: Valuing Diversity Pustaka: Robbins, S. P. & Judge, T. A. (2018). Essentials of Organizational Behavior Global Edition, Pearson Education Limited. |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Dapat memahami konsep dan kegiatan yang dilakukan dalam audit sumber daya manusia |
- Mampu mendefinisikan audit sumber daya manusia
- Mampu menjelaskan ruang lingkup audit sumber daya manusia
- Mampu menjelaskan uraian tugas tim audit sumber daya manusia
- Mampu menjelaskan pendekatan audit sumber daya manusia
- Mampu menjelaskan dan membuat laporan audit sumber daya manusia
|
Kriteria:
Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah dan presentasi 3 X 50 |
Zoom meeting dan google meeting 3 X 50 |
Materi: HR Audit Pustaka: Robbins, S. P. & Judge, T. A. (2018). Essentials of Organizational Behavior Global Edition, Pearson Education Limited. |
5% |
16
Minggu ke 16 |
Dapat Mengerjakan Ujian Akhir Semester |
Mampu Mengerjakan Soal Ujian Akhir Semester |
Kriteria:
Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan Bentuk Penilaian : Tes |
Mengerjakan Soal Ujian Akhir Semester 2 X 50 |
Mengerjakan Soal Ujian Akhir Semester 2 X 50 |
Materi: Pertemuan 9-15 Pustaka: Robbins, S. P. & Judge, T. A. (2018). Essentials of Organizational Behavior Global Edition, Pearson Education Limited. |
20% |