Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S1 Bisnis Digital

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Manajemen Sumber Daya Manusia dan Organisasi

6120903011

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=3

P=0

ECTS=4.77

2

1 Februari 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Muhammad Fajar Wahyudi Rahman, S.E., M.M.




Hafid Kholidi Hadi, S.E., M.SM.




Hujjatullah Fazlurrahman, S.E., MBA.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-9

Mampu mengembangkan bisnis digital berdasarkan entrepreneurial leadership secara berkelanjutan

PLO-10

Mampu mengimplementasikan teori bidang bisnis digital dalam mengelola organisasi secara etis dan efektif

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa mampu menjelaskan manajemen SDM dan organisasi dengan tepat

PO - 2

Mahasiswa mampu menelaah aktivitas-aktivitas manajemen SDM dalam suatu organisasi dengan jelas

PO - 3

Mahasiswa mampu menunjukkan karakter cerdas, mandiri, jujur, peduli dan tangguh di dalam kegiatan pembelajaran manajemen SDM

PO - 4

Mahasiswa mampu mengaitkan teori dan praktik manajemen SDM dalam organisasi

Matrik PLO-PO

 
POPLO-2PLO-3PLO-4PLO-9PLO-10
PO-1  
PO-2   
PO-3   
PO-4  

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) dan Organisasi membahas tentang fungsi pengelolaan Sumber Daya Manusia dalam organisasi mulai dari proses perencanaan, pengorganisasian, pengaktualisasian, dan pengendalian SDM dalam organisasi. Mata kuliah ini mengkaji proses SDM yang meliputi seleksi, rekrutmen, penempatan, analisis jabatan, pelatihan dan pengembangan, kompensasi, budaya organisasi, hingga proses pasca kerja. Mata kuliah MSDM dan Organisasi membahas tentang proses SDM yang dilaksanakan secara holistik oleh suatu organisasi karena MSDM merupakan tahapan yang tidak dapat dipisahkan. Output pembelajarannya adalah mahasiswa dapat melakukan tahapan pengadaan SDM dalam organisasi mulai dari proses analisis kebutuhan hingga pensiun. Model Pembelajaran pada Matakuliah MSDM dan Organisasi ini yaitu Case Method.

Pustaka

Utama :

  1. Mathis, R. L., & Jackson, J. H. (2008). Human resource management, Twelfth Edition, Thomson/South-Western.
  2. Robbins, S. P. & Judge, T. A. (2018). Essentials of Organizational Behavior Global Edition, Pearson Education Limited.
  3. Dessler, G. (2020). Human Resource Management Sixteenth Edition, Pearson Education, Inc.

Pendukung :

  1. Rahman, M. F. W., Kistyanto, A., & Surjanti, J. (2022). Does cyberloafing and personā€organization fit affect employee performance? The mediating role of innovative work behavior. Global Business and Organizational Excellence, 41(5), 44-64.
  2. Wijayati, D. T., Rahman, Z., Rahman, M. F. W., Arifah, I. D. C., & Kautsar, A. (2022). A study of artificial intelligence on employee performance and work engagement: the moderating role of change leadership. International Journal of Manpower, 43(2), 486-512.
  3. Na-Nan, K., Chaiprasit, K., & Pukkeeree, P. (2018). Factor analysis-validated comprehensive employee job performance scale. International Journal of Quality & Reliability Management, 35(10), 2436-2449.
  4. Ghazi, K. M., El-Said, O., Salem, I. E., & Smith, M. (2023). Does performance appraisal legitimacy predict employee sabotage and innovative behaviors? The mediating role of performance appraisal satisfaction. Tourism Management Perspectives, 47(1), 1-14.
  5. Koopmans, L., Bernaards, C. M., Hildebrandt, V. H., De Vet, H. C., & Van der Beek, A. J. (2014). Construct validity of the individual work performance questionnaire. Journal of Occupational and Environmental Medicine, 56(3), 331-337.
  6. Agyen-Gyasi, K., & Boateng, M. S. (2015). Performance appraisal systems in academic and research libraries in Ghana: a survey. Library Review, 64(1/2), 58-81.

Dosen Pengampu

Hujjatullah Fazlurrahman, S.E., MBA.

Hafid Kholidi Hadi, S.E., M.SM.

Nadia Nur Thahirrah, S.E., M.SM.

Ina Uswatun Nihaya, S.E., M.Sc.

Muhammad Fajar Wahyudi Rahman, S.E., M.M.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Dapat memahami konsep dan tantangan manajemen sumber daya manusia

  1. Mampu mendefinisikan apa itu manajemen sumber daya manusia
  2. Mampu menjelaskan evolusi dan aktivitas manajemen sumber daya manusia
  3. Mampu menggambarkan manajemen sumber daya manusia saat ini dan masa depan
  4. Mampu menjelaskan tantangan persaingan global pada manajemen sumber daya manusia
Kriteria:

Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan presentasi (Case Method)
3 X 50
Zoom meeting atau google meet ((Case Method)
3 X 50
Materi: Managing Human Resources in Organizations
Pustaka: Mathis, R. L., & Jackson, J. H. (2008). Human resource management, Twelfth Edition, Thomson/South-Western.

Materi: Introduction to Human Resource Management
Pustaka: Dessler, G. (2020). Human Resource Management Sixteenth Edition, Pearson Education, Inc.
5%

2

Minggu ke 2

Dapat memahami analisis pekerjaan dalam sumber daya manusia

  1. Mampu mendefinisikan analisis pekerjaan
  2. Mampu menjelaskan aspek-aspek posisi yang dianalisa
  3. Mampu menjelaskan teknik analisis pekerjaan
  4. Mampu menjelaskan hasil analisis jabatan
Kriteria:

Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah dan presentasi (Case Method)
3 X 50
Zoom meeting atau google meet (Case Method)
3X 50
Materi: Job Analysis and the Talent Management Process
Pustaka: Dessler, G. (2020). Human Resource Management Sixteenth Edition, Pearson Education, Inc.
5%

3

Minggu ke 3

Dapat memahami konsep perencanaan dan prediksi kebutuhan sumber daya manusia

  1. Mampu mendefinisikan perencanaan sumber daya manusia
  2. Mampu menjelaskan peramalan penawaran dan permintaan sumber daya manusia
  3. Mampu menjelaskan teknik dan model peramalan permintaan sumber daya manusia
Kriteria:

Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah dan presentasi
3 X 50
Zoom meeting atau google meet
3 X 50
Materi: Forecasting HR Supply and Demand
Pustaka: Mathis, R. L., & Jackson, J. H. (2008). Human resource management, Twelfth Edition, Thomson/South-Western.
5%

4

Minggu ke 4

Dapat memahami konsep rekrutmen dan menjelaskan proses seleksi

  1. Mampu mendefinisikan rekrutmen
  2. Mampu menjelaskan sumber dan proses rekrutmen
  3. Mampu menjelaskan tahapan seleksi
  4. Mampu menjelaskan kendala seleksi
  5. Mampu mencatat nama pelamar di HRIS
Kriteria:

Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah dan presentasi
3 X 50
Zoom meeting atau google meet
3 X 50
Materi: Recruitment, Placement, and Talent Management
Pustaka: Dessler, G. (2020). Human Resource Management Sixteenth Edition, Pearson Education, Inc.
5%

5

Minggu ke 5

Dapat memahami program orientasi dan keputusan penempatan

  1. Mampu mendefinisikan apa itu orientasi
  2. Mampu menjelaskan materi program-program orientasi
  3. Mampu menjelaskan keputusan penempatan
Kriteria:

Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah dan presentasi
3 X 50
Zoom meeting atau google meet
3 X 50
Materi: The Orientation Process
Pustaka: Dessler, G. (2020). Human Resource Management Sixteenth Edition, Pearson Education, Inc.
5%

6

Minggu ke 6

Dapat memahami konsep penggajian dan mengidentifikasi komponen kompensasi

  1. Mampu mendefinisikan apa itu kompensasi
  2. Mampu mengidentifikasi komponen kompensasi finansial dan non finansial
  3. Mampu menjelaskan masalah manajemen kompensasi
  4. Mampu mengoperasikan penggunan teknologi untuk menentukan sistem kompensasi
Kriteria:

Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah dan presentasi
3 X 50
Zoom meeting atau google meet
3 X 50
Materi: Compensation
Pustaka: Dessler, G. (2020). Human Resource Management Sixteenth Edition, Pearson Education, Inc.
5%

7

Minggu ke 7

Dapat memahami pengertian, manfaat, dan pelaksanaan perencanaan dan pengembangan karir

  1. Mampu mendefinisikan apa itu karir
  2. Mampu mendefinisikan perencanaan karir
  3. Mampu menjelaskan implementasi perencanaan karir
  4. Mampu mendefinisikan pengembangan karir
  5. Mampu menjelaskan implementasi pengembangan karir
Kriteria:

Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah dan presentasi
3 X 50
Zoom meeting atau google meet
3 X 50
Materi: Managing Careers and Retention
Pustaka: Dessler, G. (2020). Human Resource Management Sixteenth Edition, Pearson Education, Inc.
5%

8

Minggu ke 8

Dapat Mengerjakan Ujian Tengah Semester

Mampu Mengerjakan Soal Ujian Tengah Semester

Kriteria:

Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan


Bentuk Penilaian :
Tes
Mengerjakan Soal Ujian Tengah Semester
2 X 50
Mengerjakan Soal Ujian Tengah Semester
2 X 50
Materi: Pertemuan 1-7
Pustaka: Dessler, G. (2020). Human Resource Management Sixteenth Edition, Pearson Education, Inc.
10%

9

Minggu ke 9

Dapat memahami bagaimana membangun dan memelihara budaya organisasi

  1. Mampu mendefinisikan budaya organisasi dan karakteristiknya
  2. Mampu membandingkan budaya organisasi lemah vs budaya organisasi kuat
  3. Mampu membedakan budaya organisasi vs budaya nasional
  4. Mampu menjelaskan determinan budaya organisasi
  5. Mampu mendiskripsikan budaya pelanggan responsitif dan budaya etis
Kriteria:

Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah dan presentasi
3 X 50
Zoom meeting dan google meet
3 X 50
Materi: Creating and Maintaining Organizational Culture
Pustaka: Robbins, S. P. & Judge, T. A. (2018). Essentials of Organizational Behavior Global Edition, Pearson Education Limited.
5%

10

Minggu ke 10

Dapat memahami dinamika kelompok dan implikasinya terhadap perilaku individu dan kinerja organisasi

  1. Mampu membedakan kelompok formal vs informal
  2. Mampu membandingkan dua model perkembangan kelompok
  3. Mampu menganalisis interaksi dalam kelompok
  4. Mampu menjelaskan implikasi kondisi eksternal terhadap perilaku individu
  5. Mampu mengetahui sumber daya anggota kelompok
  6. Mampu menjelaskan struktur, proses, tugas dan pengambilan keputusan kelompok
  7. Mampu membedakan tim kerja vs kelompok kerja
  8. Mampu memahami bagaimana mengelola tim kerja dan kelompok kerja
Kriteria:

Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah dan presentasi
3 X 50
Zoom meeting dan google meet
3 X 50
Materi: Foundations of Group Behavior
Pustaka: Robbins, S. P. & Judge, T. A. (2018). Essentials of Organizational Behavior Global Edition, Pearson Education Limited.
5%

11

Minggu ke 11

Dapat mengidentifikasi konflik dan menentukan strategi negosiasi yang efektif

  1. Mampu mendefinisikan konflik dan negosiasi
  2. Mampu membedakan berbagai pandangan tentang konflik
  3. Mampu membedakan fungsi, hubungan, dan proses konflik
  4. Mampu menentukan strategi penanganan konflik
  5. Mampu menentukan strategi bernegosiasi yang efektif
  6. Mampu mendeskripsikan proses negosiasi
Kriteria:

Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah dan presentasi
3 X 50
Zoom meeting dan google meet
3 X 50
Materi: Conflict in Organizations
Pustaka: Robbins, S. P. & Judge, T. A. (2018). Essentials of Organizational Behavior Global Edition, Pearson Education Limited.
5%

12

Minggu ke 12

Dapat memahami teori-teori kepemimpinan dan berbagai isu kontemporer dalam kepemimpinan

  1. Mampu membedakan kepemimpinan vs manajemen
  2. Mampu menjelaskan teori-teori kepemimpinan
  3. Mampu mencontohkan beberapa gaya kepemimpinan
  4. Mampu menjelaskan modal yang harus dimiliki dalam kepemimpinan
  5. Mampu menjelaskan dimensi kepercayaan dalam kepemimpinan
Kriteria:

Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah dan presentasi
3 X 50
Zoom meeting dan google meet
3 X 50
Materi: Characteristics of Leaders
Pustaka: Robbins, S. P. & Judge, T. A. (2018). Essentials of Organizational Behavior Global Edition, Pearson Education Limited.
5%

13

Minggu ke 13

Dapat memahami konsep dan teknik penilaian kinerja dalam organisasi

  1. Mampu mendefinisikan penilaian kinerja
  2. Mampu mendefinisikan elemen teknis dan pendekatan penilaian kinerja
  3. Mampu menjelaskan pengukuran penilaian kinerja
Kriteria:

Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah dan presentasi
3 X 50
Zoom meeting dan google meet
3 X 50
Materi: Job Performance
Pustaka: Robbins, S. P. & Judge, T. A. (2018). Essentials of Organizational Behavior Global Edition, Pearson Education Limited.

Materi: Performance Management and Appraisal (277)
Pustaka: Dessler, G. (2020). Human Resource Management Sixteenth Edition, Pearson Education, Inc.

Materi: Work Performance
Pustaka: Koopmans, L., Bernaards, C. M., Hildebrandt, V. H., De Vet, H. C., & Van der Beek, A. J. (2014). Construct validity of the individual work performance questionnaire. Journal of Occupational and Environmental Medicine, 56(3), 331-337.

Materi: Job Performance
Pustaka: Na-Nan, K., Chaiprasit, K., & Pukkeeree, P. (2018). Factor analysis-validated comprehensive employee job performance scale. International Journal of Quality & Reliability Management, 35(10), 2436-2449.
5%

14

Minggu ke 14

Dapat memahami konsep menghargai keberagaman

  1. Mampu menjelaskan konsep dasar keberagaman
  2. Mampu menjelaskan konsep dan jenis diskriminasi
  3. Mampu menjelaskan tentang karakteristik biografi dalam keberagaman
  4. Mampu menjelaskan karakteristik pembeda lainnya dalam keberagaman
  5. Mampu menerapkan strategi manajemen keberagaman
Kriteria:

Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah dan presentasi
3 X 50
Zoom meeting dan google meet
3 X 50
Materi: Valuing Diversity
Pustaka: Robbins, S. P. & Judge, T. A. (2018). Essentials of Organizational Behavior Global Edition, Pearson Education Limited.
5%

15

Minggu ke 15

Dapat memahami konsep dan kegiatan yang dilakukan dalam audit sumber daya manusia

  1. Mampu mendefinisikan audit sumber daya manusia
  2. Mampu menjelaskan ruang lingkup audit sumber daya manusia
  3. Mampu menjelaskan uraian tugas tim audit sumber daya manusia
  4. Mampu menjelaskan pendekatan audit sumber daya manusia
  5. Mampu menjelaskan dan membuat laporan audit sumber daya manusia
Kriteria:

Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah dan presentasi
3 X 50
Zoom meeting dan google meeting
3 X 50
Materi: HR Audit
Pustaka: Robbins, S. P. & Judge, T. A. (2018). Essentials of Organizational Behavior Global Edition, Pearson Education Limited.
5%

16

Minggu ke 16

Dapat Mengerjakan Ujian Akhir Semester

Mampu Mengerjakan Soal Ujian Akhir Semester

Kriteria:

Ketepatan, kesesuaian dan penguasaan


Bentuk Penilaian :
Tes
Mengerjakan Soal Ujian Akhir Semester
2 X 50
Mengerjakan Soal Ujian Akhir Semester
2 X 50
Materi: Pertemuan 9-15
Pustaka: Robbins, S. P. & Judge, T. A. (2018). Essentials of Organizational Behavior Global Edition, Pearson Education Limited.
20%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 40%
2. Praktik / Unjuk Kerja 30%
3. Tes 30%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.