Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Teknik
Program Studi S1 Sistem Informasi

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Manajemen Proses Bisnis

5720103147

T=3

P=0

ECTS=4.77

3

17 November 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




I Kadek Dwi Nuryana, S.T., M.Kom.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-10

Memiliki kemampuan merencanakan, menerapkan, memelihara dan meningkatkan sistem informasi organisasi untuk mencapai tujuan dan sasaran organisasi yang strategis baik jangka pendek maupun jangka panjang.

PLO-15

Mampu memahami, menganalisis, menilai, dan mengevaluasi sistem informasi dalam mengelola data dan informasi bisnis serta merekomendasikan pengambilan keputusan dengan memperhatikan hukum kode etik dalam penggunaan informasi

Program Objectives (PO)

PO - 1

Memahami konsep dasar: Menjelaskan definisi dan pentingnya manajemen proses bisnis

PO - 2

Analisis dan pemodelan: Menganalisis proses bisnis yang ada dalam suatu organisasi

PO - 3

Perancangan dan optimalisasi: Merancang proses bisnis yang efektif dan efisien

PO - 4

Implementasi dan manajemen: Merencanakan implementasi perubahan proses bisnis

PO - 5

Pengukuran kinerja: Mengembangkan metrik dan KPI untuk mengukur kinerja proses dan Menganalisis dan menginterpretasikan data kinerja proses

PO - 6

Teknologi dan otomasi: Memahami peran teknologi dalam manajemen proses bisnis Mengidentifikasi peluang untuk otomasi proses

PO - 7

Integrasi strategis: Menghubungkan manajemen proses bisnis dengan strategi organisasi Mengevaluasi dampak proses bisnis terhadap keunggulan kompetitif

PO - 8

Keterampilan praktis: Menggunakan perangkat lunak manajemen proses bisnis Menerapkan metodologi perbaikan proses (seperti Lean, Six Sigma)

PO - 9

Komunikasi dan kolaborasi: Mempresentasikan analisis dan rekomendasi proses bisnis secara efektif Berkolaborasi dalam tim lintas fungsi untuk perbaikan proses

Matrik PLO-PO

 
POPLO-10PLO-15
PO-1  
PO-2  
PO-3  
PO-4  
PO-5  
PO-6  
PO-7  
PO-8  
PO-9  

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7
PO-8
PO-9

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini bertujuan membekali mahasiswa dengan pemahaman dan keterampilan untuk mengelola proses-proses bisnis secara efektif dan efisien dalam suatu organisasi. Mahasiswa akan belajar bagaimana mengidentifikasi, menganalisis, memodelkan, dan meningkatkan proses bisnis untuk mencapai tujuan organisasi.

Pustaka

Utama :

  1. Dumas, M., La Rosa, M., Mendling, J. & Reijers, H.A. 2018, Fundamentals of business process management, 2nd edn, Springer, Berlin.
  2. Weske, M. 2019, Business process management: concepts, languages, architectures, 3rd edn, Springer, Berlin.
  3. vom Brocke, J. & Rosemann, M. (eds) 2015, Handbook on business process management 1: introduction, methods, and information systems, 2nd edn, Springer, Berlin.
  4. Harmon, P. 2019, Business process change: a business process management guide for managers and process professionals, 4th edn, Morgan Kaufmann, Burlington.
  5. Mohapatra, S. 2013, Business process reengineering: automation decision points in process reengineering, Springer, New York.

Pendukung :

  1. Hammer, M. 2015, 'What is business process management?', in vom Brocke, J. & Rosemann, M. (eds), Handbook on business process management 1: introduction, methods, and information systems, Springer, Berlin, pp. 3-16.

Dosen Pengampu

Dwi Fatrianto Suyatno, S.Kom., M.Kom.

Berlian Maulidya Izzati, S.Kom. M.Kom.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

  1. menjelaskan definisi dan komponen utama manajemen proses bisnis
  2. Menjelaskan siklus hidup manajemen proses bisnis
  1. Kemampuan menjelaskan definisi dan komponen utama manajemen proses bisnis
  2. Pemahaman tentang siklus hidup manajemen proses bisnis
Kriteria:
  1. Mampu menjelaskan definisi dan komponen utama manajemen proses bisnis
  2. Mampu menjelaskan siklus hidup manajemen proses bisnis

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Presentasi, Tanya Jawab, Quiz sederhana
3 x 50

Materi: Definisi dan komponen utama manajemen proses bisnis
Pustaka: Dumas, M., La Rosa, M., Mendling, J. & Reijers, H.A. 2018, Fundamentals of business process management, 2nd edn, Springer, Berlin.
6%

2

Minggu ke 2

  1. mengidentifikasi dan memetakan proses bisnis
  2. menggunakan tools analisis proses seperti diagram alur atau BPMN
  1. Keterampilan dalam mengidentifikasi dan memetakan proses bisnis
  2. Kemampuan menggunakan tools analisis proses seperti diagram alur atau BPMN
Kriteria:
  1. Mampu mengidentifikasi dan memetakan proses bisnis
  2. Mampu mmenggunakan tools analisis proses seperti diagram alur atau BPMN

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi, Tanya Jawab, Quiz sederhana
3 x 50

Materi: Definisi dan komponen utama manajemen proses bisnis
Pustaka: Dumas, M., La Rosa, M., Mendling, J. & Reijers, H.A. 2018, Fundamentals of business process management, 2nd edn, Springer, Berlin.

Materi: mengidentifikasi dan memetakan proses bisnis
Pustaka: Weske, M. 2019, Business process management: concepts, languages, architectures, 3rd edn, Springer, Berlin.
6%

3

Minggu ke 3

  1. mengidentifikasi dan memetakan proses bisnis
  2. menggunakan tools analisis proses seperti diagram alur atau BPMN
  1. Keterampilan dalam mengidentifikasi dan memetakan proses bisnis
  2. Kemampuan menggunakan tools analisis proses seperti diagram alur atau BPMN
Kriteria:
  1. Mampu mengidentifikasi dan memetakan proses bisnis
  2. Mampu mmenggunakan tools analisis proses seperti diagram alur atau BPMN

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi Tugas
3 x 50

Materi: Definisi dan komponen utama manajemen proses bisnis
Pustaka: Dumas, M., La Rosa, M., Mendling, J. & Reijers, H.A. 2018, Fundamentals of business process management, 2nd edn, Springer, Berlin.

Materi: mengidentifikasi dan memetakan proses bisnis
Pustaka: Weske, M. 2019, Business process management: concepts, languages, architectures, 3rd edn, Springer, Berlin.
6%

4

Minggu ke 4

  1. mengidentifikasi area perbaikan dalam proses bisnis
  2. merancang solusi untuk mengoptimalkan proses
  1. Kemampuan mengidentifikasi area perbaikan dalam proses bisnis
  2. Keterampilan merancang solusi untuk mengoptimalkan proses
Kriteria:
  1. Mampu mengidentifikasi area perbaikan dalam proses bisnis
  2. Mampu merancang solusi untuk mengoptimalkan proses

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Presentasi, Tanya Jawab, Quiz sederhana
3 x 50

Materi: Definisi dan komponen utama manajemen proses bisnis
Pustaka: Dumas, M., La Rosa, M., Mendling, J. & Reijers, H.A. 2018, Fundamentals of business process management, 2nd edn, Springer, Berlin.

Materi: mengidentifikasi dan memetakan proses bisnis
Pustaka: Weske, M. 2019, Business process management: concepts, languages, architectures, 3rd edn, Springer, Berlin.
6%

5

Minggu ke 5

  1. mengidentifikasi area perbaikan dalam proses bisnis
  2. merancang solusi untuk mengoptimalkan proses
  1. Kemampuan mengidentifikasi area perbaikan dalam proses bisnis
  2. Keterampilan merancang solusi untuk mengoptimalkan proses
Kriteria:
  1. Mampu mengidentifikasi area perbaikan dalam proses bisnis
  2. Mampu merancang solusi untuk mengoptimalkan proses

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi Tugas
3 x 50

Materi: Definisi dan komponen utama manajemen proses bisnis
Pustaka: Dumas, M., La Rosa, M., Mendling, J. & Reijers, H.A. 2018, Fundamentals of business process management, 2nd edn, Springer, Berlin.

Materi: mengidentifikasi dan memetakan proses bisnis
Pustaka: Weske, M. 2019, Business process management: concepts, languages, architectures, 3rd edn, Springer, Berlin.
6%

6

Minggu ke 6

  1. mengidentifikasi peran teknologi informasi dalam manajemen proses bisnis
  2. memilih dan mengusulkan solusi teknologi yang sesuai
  1. Kemampuan mengidentifikasi area perbaikan dalam proses bisnis
  2. Keterampilan merancang solusi untuk mengoptimalkan proses
Kriteria:
  1. Mampu mengidentifikasi peran teknologi informasi dalam manajemen proses bisnis
  2. Mampu memilih dan mengusulkan solusi teknologi yang sesuai

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Presentasi, Tanya Jawab, Quiz sederhana
3 x 50

Materi: Definisi dan komponen utama manajemen proses bisnis
Pustaka: Dumas, M., La Rosa, M., Mendling, J. & Reijers, H.A. 2018, Fundamentals of business process management, 2nd edn, Springer, Berlin.

Materi: mengidentifikasi dan memetakan proses bisnis
Pustaka: Weske, M. 2019, Business process management: concepts, languages, architectures, 3rd edn, Springer, Berlin.
6%

7

Minggu ke 7

  1. mengidentifikasi peran teknologi informasi dalam manajemen proses bisnis
  2. memilih dan mengusulkan solusi teknologi yang sesuai
  1. Kemampuan mengidentifikasi area perbaikan dalam proses bisnis
  2. Keterampilan merancang solusi untuk mengoptimalkan proses
Kriteria:
  1. Mampu mengidentifikasi peran teknologi informasi dalam manajemen proses bisnis
  2. Mampu memilih dan mengusulkan solusi teknologi yang sesuai

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi Tugas
3 x 50

Materi: Definisi dan komponen utama manajemen proses bisnis
Pustaka: Dumas, M., La Rosa, M., Mendling, J. & Reijers, H.A. 2018, Fundamentals of business process management, 2nd edn, Springer, Berlin.

Materi: mengidentifikasi dan memetakan proses bisnis
Pustaka: Weske, M. 2019, Business process management: concepts, languages, architectures, 3rd edn, Springer, Berlin.
6%

8

Minggu ke 8


Bentuk Penilaian :
Tes
Ujian Tertulis
3 x 50

Materi: UTS
Pustaka: Dumas, M., La Rosa, M., Mendling, J. & Reijers, H.A. 2018, Fundamentals of business process management, 2nd edn, Springer, Berlin.
0%

9

Minggu ke 9

  1. menentukan KPI (Key Performance Indicators) untuk proses bisnis
  2. menganalisis dan menginterpretasikan metrik kinerja proses
  1. Kemampuan menentukan KPI (Key Performance Indicators) untuk proses bisnis
  2. Keterampilan dalam menganalisis dan menginterpretasikan metrik kinerja proses
Kriteria:
  1. Mampu menentukan KPI (Key Performance Indicators) untuk proses bisnis
  2. Memiliki Keterampilan dalam menganalisis dan menginterpretasikan metrik kinerja proses
Presentasi, Tanya Jawab, Quiz sederhana
3 x 50

Materi: menentukan KPI (Key Performance Indicators) untuk proses bisnis
Pustaka: vom Brocke, J. & Rosemann, M. (eds) 2015, Handbook on business process management 1: introduction, methods, and information systems, 2nd edn, Springer, Berlin.
6%

10

Minggu ke 10

  1. menentukan KPI (Key Performance Indicators) untuk proses bisnis
  2. menganalisis dan menginterpretasikan metrik kinerja proses
  1. Kemampuan menentukan KPI (Key Performance Indicators) untuk proses bisnis
  2. Keterampilan dalam menganalisis dan menginterpretasikan metrik kinerja proses
Kriteria:
  1. Mampu menentukan KPI (Key Performance Indicators) untuk proses bisnis
  2. Memiliki Keterampilan dalam menganalisis dan menginterpretasikan metrik kinerja proses

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi Tugas
3 x 50

Materi: menentukan KPI (Key Performance Indicators) untuk proses bisnis
Pustaka: vom Brocke, J. & Rosemann, M. (eds) 2015, Handbook on business process management 1: introduction, methods, and information systems, 2nd edn, Springer, Berlin.
6%

11

Minggu ke 11

  1. menentukan peran teknologi dalam manajemen proses bisnis
  2. Mengidentifikasi peluang untuk otomasi proses
  1. Kemampuan menentukan peran teknologi dalam manajemen proses bisnis
  2. Keterampilan Mengidentifikasi peluang untuk otomasi proses
Kriteria:
  1. Mampu menentukanmenentukan peran teknologi dalam manajemen proses bisnis
  2. Memiliki Keterampilan dalam Mengidentifikasi peluang untuk otomasi proses

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi, Tanya Jawab, Quiz sederhana
3 x 50

Materi: Mengidentifikasi peluang untuk otomasi proses
Pustaka: Harmon, P. 2019, Business process change: a business process management guide for managers and process professionals, 4th edn, Morgan Kaufmann, Burlington.
6%

12

Minggu ke 12

  1. menentukan peran teknologi dalam manajemen proses bisnis
  2. Mengidentifikasi peluang untuk otomasi proses
  1. Kemampuan menentukan peran teknologi dalam manajemen proses bisnis
  2. Keterampilan Mengidentifikasi peluang untuk otomasi proses
Kriteria:
  1. Mampu menentukanmenentukan peran teknologi dalam manajemen proses bisnis
  2. Memiliki Keterampilan dalam Mengidentifikasi peluang untuk otomasi proses

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi Tugas
3 x 50

Materi: Mengidentifikasi peluang untuk otomasi proses
Pustaka: Harmon, P. 2019, Business process change: a business process management guide for managers and process professionals, 4th edn, Morgan Kaufmann, Burlington.
7%

13

Minggu ke 13

  1. Menghubungkan manajemen proses bisnis dengan strategi organisasi
  2. Mengevaluasi dampak proses bisnis terhadap keunggulan kompetitif
  1. Kemampuan Menghubungkan manajemen proses bisnis dengan strategi organisasi
  2. Kemampuan Mengevaluasi dampak proses bisnis terhadap keunggulan kompetitif
Kriteria:

Mampu


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi, Tanya Jawab, Quiz sederhana
3 x 50

Materi: Mengevaluasi dampak proses bisnis terhadap keunggulan kompetitif
Pustaka: Harmon, P. 2019, Business process change: a business process management guide for managers and process professionals, 4th edn, Morgan Kaufmann, Burlington.
0%

14

Minggu ke 14

  1. Menghubungkan manajemen proses bisnis dengan strategi organisasi
  2. Mengevaluasi dampak proses bisnis terhadap keunggulan kompetitif
  1. Kemampuan Menghubungkan manajemen proses bisnis dengan strategi organisasi
  2. Kemampuan Mengevaluasi dampak proses bisnis terhadap keunggulan kompetitif
Kriteria:
  1. Mampu Menghubungkan manajemen proses bisnis dengan strategi organisasi
  2. Mampu Mengevaluasi dampak proses bisnis terhadap keunggulan kompetitif

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Presentasi Tugas
3 x 50

Materi: Mengevaluasi dampak proses bisnis terhadap keunggulan kompetitif
Pustaka: Harmon, P. 2019, Business process change: a business process management guide for managers and process professionals, 4th edn, Morgan Kaufmann, Burlington.
7%

15

Minggu ke 15

  1. Mempresentasikan analisis dan rekomendasi proses bisnis secara efektif
  2. Berkolaborasi dalam tim lintas fungsi untuk perbaikan proses
  1. Kemampuan Mempresentasikan analisis dan rekomendasi proses bisnis secara efektif
  2. Kemampuan Berkolaborasi dalam tim lintas fungsi untuk perbaikan proses
Kriteria:
  1. mampu Mempresentasikan analisis dan rekomendasi proses bisnis secara efektif
  2. Mampu Berkolaborasi dalam tim lintas fungsi untuk perbaikan proses

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi Tanya Jawab dan Quiz

Materi: Berkolaborasi dalam tim lintas fungsi untuk perbaikan proses
Pustaka: Mohapatra, S. 2013, Business process reengineering: automation decision points in process reengineering, Springer, New York.
12%

16

Minggu ke 16

  1. Mempresentasikan analisis dan rekomendasi proses bisnis secara efektif
  2. Berkolaborasi dalam tim lintas fungsi untuk perbaikan proses
  1. Kemampuan Mempresentasikan analisis dan rekomendasi proses bisnis secara efektif
  2. Kemampuan Berkolaborasi dalam tim lintas fungsi untuk perbaikan proses
Kriteria:
  1. Mampu Mempresentasikan analisis dan rekomendasi proses bisnis secara efektif
  2. Mampu Berkolaborasi dalam tim lintas fungsi untuk perbaikan proses

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Presentasi Tugas

Materi: Berkolaborasi dalam tim lintas fungsi untuk perbaikan proses
Pustaka: Mohapatra, S. 2013, Business process reengineering: automation decision points in process reengineering, Springer, New York.
20%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 30%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 47.5%
3. Penilaian Portofolio 6%
4. Praktik / Unjuk Kerja 13.5%
5. Tes 3%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.