|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Teknik
Program Studi S1 Sistem Informasi
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Manajemen Proses Bisnis |
5720103147 |
|
T=3 |
P=0 |
ECTS=4.77 |
3 |
17 November 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
I Kadek Dwi Nuryana, S.T., M.Kom. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-10 |
Memiliki kemampuan merencanakan, menerapkan, memelihara dan meningkatkan sistem informasi organisasi untuk mencapai tujuan dan sasaran organisasi yang strategis baik jangka pendek maupun jangka panjang. |
PLO-15 |
Mampu memahami, menganalisis, menilai, dan mengevaluasi sistem informasi dalam mengelola data dan informasi bisnis serta merekomendasikan pengambilan keputusan dengan memperhatikan hukum kode etik dalam penggunaan informasi |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Memahami konsep dasar: Menjelaskan definisi dan pentingnya manajemen proses bisnis
|
PO - 2 |
Analisis dan pemodelan: Menganalisis proses bisnis yang ada dalam suatu organisasi
|
PO - 3 |
Perancangan dan optimalisasi: Merancang proses bisnis yang efektif dan efisien
|
PO - 4 |
Implementasi dan manajemen: Merencanakan implementasi perubahan proses bisnis
|
PO - 5 |
Pengukuran kinerja: Mengembangkan metrik dan KPI untuk mengukur kinerja proses dan Menganalisis dan menginterpretasikan data kinerja proses
|
PO - 6 |
Teknologi dan otomasi: Memahami peran teknologi dalam manajemen proses bisnis Mengidentifikasi peluang untuk otomasi proses
|
PO - 7 |
Integrasi strategis: Menghubungkan manajemen proses bisnis dengan strategi organisasi Mengevaluasi dampak proses bisnis terhadap keunggulan kompetitif
|
PO - 8 |
Keterampilan praktis: Menggunakan perangkat lunak manajemen proses bisnis Menerapkan metodologi perbaikan proses (seperti Lean, Six Sigma)
|
PO - 9 |
Komunikasi dan kolaborasi: Mempresentasikan analisis dan rekomendasi proses bisnis secara efektif Berkolaborasi dalam tim lintas fungsi untuk perbaikan proses
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-10 | PLO-15 | PO-1 | | | PO-2 | | | PO-3 | | | PO-4 | | | PO-5 | | | PO-6 | | | PO-7 | | | PO-8 | | | PO-9 | | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | PO-5 | | | | | | | | | ✔ | ✔ | | | | | | | PO-6 | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | | | | | PO-7 | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | | | PO-8 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-9 | | | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini bertujuan membekali mahasiswa dengan pemahaman dan keterampilan untuk mengelola proses-proses bisnis secara efektif dan efisien dalam suatu organisasi. Mahasiswa akan belajar bagaimana mengidentifikasi, menganalisis, memodelkan, dan meningkatkan proses bisnis untuk mencapai tujuan organisasi. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Dumas, M., La Rosa, M., Mendling, J. & Reijers, H.A. 2018, Fundamentals of business process management, 2nd edn, Springer, Berlin.
- Weske, M. 2019, Business process management: concepts, languages, architectures, 3rd edn, Springer, Berlin.
- vom Brocke, J. & Rosemann, M. (eds) 2015, Handbook on business process management 1: introduction, methods, and information systems, 2nd edn, Springer, Berlin.
- Harmon, P. 2019, Business process change: a business process management guide for managers and process professionals, 4th edn, Morgan Kaufmann, Burlington.
- Mohapatra, S. 2013, Business process reengineering: automation decision points in process reengineering, Springer, New York.
|
Pendukung : |
|
- Hammer, M. 2015, 'What is business process management?', in vom Brocke, J. & Rosemann, M. (eds), Handbook on business process management 1: introduction, methods, and information systems, Springer, Berlin, pp. 3-16.
|
Dosen Pengampu
|
Dwi Fatrianto Suyatno, S.Kom., M.Kom. Berlian Maulidya Izzati, S.Kom. M.Kom. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
- menjelaskan definisi dan komponen utama manajemen proses bisnis
- Menjelaskan siklus hidup manajemen proses bisnis
|
- Kemampuan menjelaskan definisi dan komponen utama manajemen proses bisnis
- Pemahaman tentang siklus hidup manajemen proses bisnis
|
Kriteria:
- Mampu menjelaskan definisi dan komponen utama manajemen proses bisnis
- Mampu menjelaskan siklus hidup manajemen proses bisnis
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Presentasi, Tanya Jawab, Quiz sederhana 3 x 50 |
|
Materi: Definisi dan komponen utama manajemen proses bisnis Pustaka: Dumas, M., La Rosa, M., Mendling, J. & Reijers, H.A. 2018, Fundamentals of business process management, 2nd edn, Springer, Berlin. |
6% |
2
Minggu ke 2 |
- mengidentifikasi dan memetakan proses bisnis
- menggunakan tools analisis proses seperti diagram alur atau BPMN
|
- Keterampilan dalam mengidentifikasi dan memetakan proses bisnis
- Kemampuan menggunakan tools analisis proses seperti diagram alur atau BPMN
|
Kriteria:
- Mampu mengidentifikasi dan memetakan proses bisnis
- Mampu mmenggunakan tools analisis proses seperti diagram alur atau BPMN
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi, Tanya Jawab, Quiz sederhana 3 x 50 |
|
Materi: Definisi dan komponen utama manajemen proses bisnis Pustaka: Dumas, M., La Rosa, M., Mendling, J. & Reijers, H.A. 2018, Fundamentals of business process management, 2nd edn, Springer, Berlin. Materi: mengidentifikasi dan memetakan proses bisnis Pustaka: Weske, M. 2019, Business process management: concepts, languages, architectures, 3rd edn, Springer, Berlin. |
6% |
3
Minggu ke 3 |
- mengidentifikasi dan memetakan proses bisnis
- menggunakan tools analisis proses seperti diagram alur atau BPMN
|
- Keterampilan dalam mengidentifikasi dan memetakan proses bisnis
- Kemampuan menggunakan tools analisis proses seperti diagram alur atau BPMN
|
Kriteria:
- Mampu mengidentifikasi dan memetakan proses bisnis
- Mampu mmenggunakan tools analisis proses seperti diagram alur atau BPMN
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi Tugas 3 x 50 |
|
Materi: Definisi dan komponen utama manajemen proses bisnis Pustaka: Dumas, M., La Rosa, M., Mendling, J. & Reijers, H.A. 2018, Fundamentals of business process management, 2nd edn, Springer, Berlin. Materi: mengidentifikasi dan memetakan proses bisnis Pustaka: Weske, M. 2019, Business process management: concepts, languages, architectures, 3rd edn, Springer, Berlin. |
6% |
4
Minggu ke 4 |
- mengidentifikasi area perbaikan dalam proses bisnis
- merancang solusi untuk mengoptimalkan proses
|
- Kemampuan mengidentifikasi area perbaikan dalam proses bisnis
- Keterampilan merancang solusi untuk mengoptimalkan proses
|
Kriteria:
- Mampu mengidentifikasi area perbaikan dalam proses bisnis
- Mampu merancang solusi untuk mengoptimalkan proses
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Presentasi, Tanya Jawab, Quiz sederhana 3 x 50 |
|
Materi: Definisi dan komponen utama manajemen proses bisnis Pustaka: Dumas, M., La Rosa, M., Mendling, J. & Reijers, H.A. 2018, Fundamentals of business process management, 2nd edn, Springer, Berlin. Materi: mengidentifikasi dan memetakan proses bisnis Pustaka: Weske, M. 2019, Business process management: concepts, languages, architectures, 3rd edn, Springer, Berlin. |
6% |
5
Minggu ke 5 |
- mengidentifikasi area perbaikan dalam proses bisnis
- merancang solusi untuk mengoptimalkan proses
|
- Kemampuan mengidentifikasi area perbaikan dalam proses bisnis
- Keterampilan merancang solusi untuk mengoptimalkan proses
|
Kriteria:
- Mampu mengidentifikasi area perbaikan dalam proses bisnis
- Mampu merancang solusi untuk mengoptimalkan proses
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi Tugas 3 x 50 |
|
Materi: Definisi dan komponen utama manajemen proses bisnis Pustaka: Dumas, M., La Rosa, M., Mendling, J. & Reijers, H.A. 2018, Fundamentals of business process management, 2nd edn, Springer, Berlin. Materi: mengidentifikasi dan memetakan proses bisnis Pustaka: Weske, M. 2019, Business process management: concepts, languages, architectures, 3rd edn, Springer, Berlin. |
6% |
6
Minggu ke 6 |
- mengidentifikasi peran teknologi informasi dalam manajemen proses bisnis
- memilih dan mengusulkan solusi teknologi yang sesuai
|
- Kemampuan mengidentifikasi area perbaikan dalam proses bisnis
- Keterampilan merancang solusi untuk mengoptimalkan proses
|
Kriteria:
- Mampu mengidentifikasi peran teknologi informasi dalam manajemen proses bisnis
- Mampu memilih dan mengusulkan solusi teknologi yang sesuai
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Presentasi, Tanya Jawab, Quiz sederhana 3 x 50 |
|
Materi: Definisi dan komponen utama manajemen proses bisnis Pustaka: Dumas, M., La Rosa, M., Mendling, J. & Reijers, H.A. 2018, Fundamentals of business process management, 2nd edn, Springer, Berlin. Materi: mengidentifikasi dan memetakan proses bisnis Pustaka: Weske, M. 2019, Business process management: concepts, languages, architectures, 3rd edn, Springer, Berlin. |
6% |
7
Minggu ke 7 |
- mengidentifikasi peran teknologi informasi dalam manajemen proses bisnis
- memilih dan mengusulkan solusi teknologi yang sesuai
|
- Kemampuan mengidentifikasi area perbaikan dalam proses bisnis
- Keterampilan merancang solusi untuk mengoptimalkan proses
|
Kriteria:
- Mampu mengidentifikasi peran teknologi informasi dalam manajemen proses bisnis
- Mampu memilih dan mengusulkan solusi teknologi yang sesuai
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi Tugas 3 x 50 |
|
Materi: Definisi dan komponen utama manajemen proses bisnis Pustaka: Dumas, M., La Rosa, M., Mendling, J. & Reijers, H.A. 2018, Fundamentals of business process management, 2nd edn, Springer, Berlin. Materi: mengidentifikasi dan memetakan proses bisnis Pustaka: Weske, M. 2019, Business process management: concepts, languages, architectures, 3rd edn, Springer, Berlin. |
6% |
8
Minggu ke 8 |
|
|
Bentuk Penilaian : Tes |
Ujian Tertulis 3 x 50 |
|
Materi: UTS Pustaka: Dumas, M., La Rosa, M., Mendling, J. & Reijers, H.A. 2018, Fundamentals of business process management, 2nd edn, Springer, Berlin. |
0% |
9
Minggu ke 9 |
- menentukan KPI (Key Performance Indicators) untuk proses bisnis
- menganalisis dan menginterpretasikan metrik kinerja proses
|
- Kemampuan menentukan KPI (Key Performance Indicators) untuk proses bisnis
- Keterampilan dalam menganalisis dan menginterpretasikan metrik kinerja proses
|
Kriteria:
- Mampu menentukan KPI (Key Performance Indicators) untuk proses bisnis
- Memiliki Keterampilan dalam menganalisis dan menginterpretasikan metrik kinerja proses
|
Presentasi, Tanya Jawab, Quiz sederhana 3 x 50 |
|
Materi: menentukan KPI (Key Performance Indicators) untuk proses bisnis Pustaka: vom Brocke, J. & Rosemann, M. (eds) 2015, Handbook on business process management 1: introduction, methods, and information systems, 2nd edn, Springer, Berlin. |
6% |
10
Minggu ke 10 |
- menentukan KPI (Key Performance Indicators) untuk proses bisnis
- menganalisis dan menginterpretasikan metrik kinerja proses
|
- Kemampuan menentukan KPI (Key Performance Indicators) untuk proses bisnis
- Keterampilan dalam menganalisis dan menginterpretasikan metrik kinerja proses
|
Kriteria:
- Mampu menentukan KPI (Key Performance Indicators) untuk proses bisnis
- Memiliki Keterampilan dalam menganalisis dan menginterpretasikan metrik kinerja proses
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi Tugas 3 x 50 |
|
Materi: menentukan KPI (Key Performance Indicators) untuk proses bisnis Pustaka: vom Brocke, J. & Rosemann, M. (eds) 2015, Handbook on business process management 1: introduction, methods, and information systems, 2nd edn, Springer, Berlin. |
6% |
11
Minggu ke 11 |
- menentukan peran teknologi dalam manajemen proses bisnis
- Mengidentifikasi peluang untuk otomasi proses
|
- Kemampuan menentukan peran teknologi dalam manajemen proses bisnis
- Keterampilan Mengidentifikasi peluang untuk otomasi proses
|
Kriteria:
- Mampu menentukanmenentukan peran teknologi dalam manajemen proses bisnis
- Memiliki Keterampilan dalam Mengidentifikasi peluang untuk otomasi proses
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi, Tanya Jawab, Quiz sederhana 3 x 50 |
|
Materi: Mengidentifikasi peluang untuk otomasi proses Pustaka: Harmon, P. 2019, Business process change: a business process management guide for managers and process professionals, 4th edn, Morgan Kaufmann, Burlington. |
6% |
12
Minggu ke 12 |
- menentukan peran teknologi dalam manajemen proses bisnis
- Mengidentifikasi peluang untuk otomasi proses
|
- Kemampuan menentukan peran teknologi dalam manajemen proses bisnis
- Keterampilan Mengidentifikasi peluang untuk otomasi proses
|
Kriteria:
- Mampu menentukanmenentukan peran teknologi dalam manajemen proses bisnis
- Memiliki Keterampilan dalam Mengidentifikasi peluang untuk otomasi proses
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi Tugas 3 x 50 |
|
Materi: Mengidentifikasi peluang untuk otomasi proses Pustaka: Harmon, P. 2019, Business process change: a business process management guide for managers and process professionals, 4th edn, Morgan Kaufmann, Burlington. |
7% |
13
Minggu ke 13 |
- Menghubungkan manajemen proses bisnis dengan strategi organisasi
- Mengevaluasi dampak proses bisnis terhadap keunggulan kompetitif
|
- Kemampuan Menghubungkan manajemen proses bisnis dengan strategi organisasi
- Kemampuan Mengevaluasi dampak proses bisnis terhadap keunggulan kompetitif
|
Kriteria:
Mampu Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi, Tanya Jawab, Quiz sederhana 3 x 50 |
|
Materi: Mengevaluasi dampak proses bisnis terhadap keunggulan kompetitif Pustaka: Harmon, P. 2019, Business process change: a business process management guide for managers and process professionals, 4th edn, Morgan Kaufmann, Burlington. |
0% |
14
Minggu ke 14 |
- Menghubungkan manajemen proses bisnis dengan strategi organisasi
- Mengevaluasi dampak proses bisnis terhadap keunggulan kompetitif
|
- Kemampuan Menghubungkan manajemen proses bisnis dengan strategi organisasi
- Kemampuan Mengevaluasi dampak proses bisnis terhadap keunggulan kompetitif
|
Kriteria:
- Mampu Menghubungkan manajemen proses bisnis dengan strategi organisasi
- Mampu Mengevaluasi dampak proses bisnis terhadap keunggulan kompetitif
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Presentasi Tugas 3 x 50 |
|
Materi: Mengevaluasi dampak proses bisnis terhadap keunggulan kompetitif Pustaka: Harmon, P. 2019, Business process change: a business process management guide for managers and process professionals, 4th edn, Morgan Kaufmann, Burlington. |
7% |
15
Minggu ke 15 |
- Mempresentasikan analisis dan rekomendasi proses bisnis secara efektif
- Berkolaborasi dalam tim lintas fungsi untuk perbaikan proses
|
- Kemampuan Mempresentasikan analisis dan rekomendasi proses bisnis secara efektif
- Kemampuan Berkolaborasi dalam tim lintas fungsi untuk perbaikan proses
|
Kriteria:
- mampu Mempresentasikan analisis dan rekomendasi proses bisnis secara efektif
- Mampu Berkolaborasi dalam tim lintas fungsi untuk perbaikan proses
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi Tanya Jawab dan Quiz
|
|
Materi: Berkolaborasi dalam tim lintas fungsi untuk perbaikan proses Pustaka: Mohapatra, S. 2013, Business process reengineering: automation decision points in process reengineering, Springer, New York. |
12% |
16
Minggu ke 16 |
- Mempresentasikan analisis dan rekomendasi proses bisnis secara efektif
- Berkolaborasi dalam tim lintas fungsi untuk perbaikan proses
|
- Kemampuan Mempresentasikan analisis dan rekomendasi proses bisnis secara efektif
- Kemampuan Berkolaborasi dalam tim lintas fungsi untuk perbaikan proses
|
Kriteria:
- Mampu Mempresentasikan analisis dan rekomendasi proses bisnis secara efektif
- Mampu Berkolaborasi dalam tim lintas fungsi untuk perbaikan proses
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Presentasi Tugas
|
|
Materi: Berkolaborasi dalam tim lintas fungsi untuk perbaikan proses Pustaka: Mohapatra, S. 2013, Business process reengineering: automation decision points in process reengineering, Springer, New York. |
20% |