|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Jerman
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Schreiben fuer Anfaenger (MBKM) |
8820704259 |
|
T=4 |
P=0 |
ECTS=6.36 |
1 |
22 November 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dwi Imroatu Julaikah, S.Pd.,M.Pd
|
.......................................
|
Dwi Imroatu Julaikah, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
kompetensi menulis dalam bahasa Jerman setingkat A I. Mahasiswa dilatih untuk mampu menulis dengan baik, menggunakan strategi menulis yang tepat. Materi mata kuliah ini diambil dari buku Netzwerk A1 dan buku rujukan lain niveau A-1 seperti, Studio d A1 Einheit 1-6 serta ditunjang oleh materi-materi dari berbagai buku/internet dan sumber ajar yang berada pada level asetara. Perkuliahan dilaksanakan secara terpadu dengan menggunakan pendekatan komunikatif, dengan tujuan agar mahasiswa mampu berbahasa Jerman secara komprehensif. Kegiatan perkuliahan meliputi pembelajaran langsung, ceramah, tanya jawab, diskusi, menyimak, kerja individu dan kelompok dengan menggunakan media cetak, CD, CD-Player dan Video.
|
Matrik PLO-PO |
|
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Matakuliah Schreiben fuer Anfaenger ini membahas kompetensi menulis mahasiswa pada tingkat bahasa A1, pengenalan jenis-jenis teks dan kosakata serta ungkapan dengan tema yang komunikatif dan muncul dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan mata kuliah ini mengembangkan kompetensi menulis dalam bahasa Jerman setingkat A I. Mahasiswa dilatih untuk mampu menulis dengan menggunakan kosakata dan ungkapan yang tepat dan sesuai dengan jenis teksnya. Mereka juga diajarkan strategi menulis yang tepat sesuai dengan jenis teksnya. Materi mata kuliah ini diambil dari buku Netzwerk A1 dan buku rujukan lain yang sesuai dengan tingkat bahasa A1 serta ditunjang oleh materi-materi dari berbagai buku/internet dan sumber ajar yang berada pada level asetara. Perkuliahan dilaksanakan secara terpadu dengan menggunakan pendekatan komunikatif dan kegiatan perkuliahan meliputi pembelajaran langsung, ceramah, tanya jawab, diskusi, presentasi, cooperative learning dan project based learning. Penilaian dilakukan melalui pengamatan partisipasi mahasiswa, penugasan, UTS, dan UAS |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Netzwerk A1
|
Pendukung : |
|
- Begegnungen A1
|
Dosen Pengampu
|
Dwi Imroatu Julaikah, S.Pd., M.Pd. Audrey Gabriella Titaley, S.Pd., M.Hum. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mampu memahami kontrak perkuliahan dan Mampu memahami sistematika perkuliahan, Bahasa jerman dan menulis Bahasa Jerman apa dan mengapa |
Mengerti kontrak perkuliahan dan Mampu memahami sistematika perkuliahan, bahasa jerman? |
Kriteria:
Penilaian menggunakan skala 0-100 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
pengajaran langsung 4 X 50 |
Presentasi dan ceramah
|
Materi: kontrak perkuliahan dan Mampu memahami sistematika perkuliahan, Bahasa jerman dan menulis Bahasa Jerman apa dan mengapa Pustaka: Begegnungen A1 |
0% |
2
Minggu ke 2 |
tentang alphabet dalam bahasa Jerman bagaimana menulis (dan melafalkan) dengan benar dalam kaidah bahasa Jerman |
Mampu memahami dan menjelaskan tentang alphabet dalam bahasa Jerman Mampu memahami bagaimana menulis (dan melafalkan) dengan benar dalam kaidah bahasa Jerman |
Kriteria:
Penilaian menggunakan skala 0-100 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
pengajaran langsung 4 X 50 |
Ceramah dan presentasi
|
Materi: tentang alphabet dalam bahasa Jerman bagaimana menulis (dan melafalkan) dengan benar dalam kaidah bahasa Jerman Pustaka: Begegnungen A1 |
5% |
3
Minggu ke 3 |
tentang kata dalam bahasa Jerman dan bagaimana melafalkan kata, menulis, dan hafal |
Mahasiswa paham tentang kata dalam bahasa Jerman dan bagaimana melafalkan kata, menulis, dan hafal |
Kriteria:
100 Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
PBI
|
PBI
|
Materi: Schreiben Woerter verstehen, buchstabieren, Schreiben und Auswendig lernen Pustaka: Begegnungen A1 Materi: Netzwer A1 Pustaka: |
5% |
4
Minggu ke 4 |
- tentang kata dalam bahasa Jerman bagaimana melafalkan kata, menulis, dan hafal dalam bahasa Jerman.
- Mampu memahami menjelaskan kata (lanjutan dan pendalaman) kemudian Mampu menyusun kata menjadi kalimat.
|
- Mampu memahami tentang kata dalam bahasa Jerman Mampu memahami bagaimana melafalkan kata, menulis, dan hafal dalam bahasa Jerman.
- Mampu memahami menjelaskan kata (lanjutan dan pendalaman) kemudian Mampu menyusun kata menjadi kalimat.
|
Kriteria:
Penilaian menggunakan skala 0-100 Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
diskusi dan tanya jawab 4 X 50 |
diskusi dan ceramah
|
Materi: NetzwerkA1 Pustaka: Netzwerk A1 Materi: Tentang kata (lanjutan dan pendalaman) kemudian Mampu menyusun kata menjadi kalimat. Pustaka: Begegnungen A1 |
5% |
5
Minggu ke 5 |
tentang kata dalam bahasa Jerman bagaimana melafalkan kata, menulis, dan hafal dalam bahasa Jerman (pemantapan) |
Mampu memahami tentang kata dalam bahasa Jerman Mampu memahami bagaimana melafalkan kata, menulis, dan hafal dalam bahasa Jerman. |
Kriteria:
- Penilaian menggunakan skala 0-100
- tentang kata dalam bahasa Jerman bagaimana melafalkan kata, menulis, dan hafal dalam bahasa Jerman (pemantapan). wiederholing und Vertiefung
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
diskusi dan tanya jawab 4 X 50 |
pengajaran langsung
|
Materi: Mampu memahami menjelaskan kata (lanjutan dan pendalaman) kemudian Mampu menyusun kata menjadi kalimat. Kalimat menjadi paragraf Pustaka: Begegnungen A1 Materi: Netzwerk A1 Pustaka: |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Mampu memahami menjelaskan kata (lanjutan dan pendalaman) kemudian Mampu menyusun kata menjadi kalimat. Kalimat menjadi paragraf dan karangan sederhana |
- i menjelaskan kata (lanjutan dan pendalaman) kemudian Mampu menyusun kata menjadi kalimat.
- Mampu memahami menjelaskan kata (lanjutan dan pendalaman) kemudian Mampu menyusun kata menjadi kalimat. Kalimat menjadi paragraf dan karangan sederhana
|
Kriteria:
Penilaian menggunakan skala 1-100 Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
tanya jawab dan diskusi 4 X 50 |
PB1
|
Materi: Menjelaskan kata (lanjutan dan pendalaman) kemudian Mampu menyusun kata menjadi kalimat. Kalimat menjadi paragraf dan karangan Pustaka: Materi: Menjelaskan kata (lanjutan dan pendalaman) kemudian Mampu menyusun kata menjadi kalimat. Kalimat menjadi paragraf dan karangan Pustaka: Begegnungen A1 |
0% |
7
Minggu ke 7 |
Mampu menulis paragraf sederhana dengan tema aktifitas sehari hari |
i menjelaskan kata (lanjutan dan pendalaman) kemudian Mampu menyusun kata menjadi kalimat. |
Kriteria:
Penilaian menggunakan skala 1-100 Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
presentasi dan diskusi 2X 50 |
presentasi 2x50 |
Materi: Tentang kata (lanjutan dan pendalaman) kemudian Mampu menyusun kata menjadi kalimat dan menjadi paragraf sederhana Pustaka: Materi: Tentang menulis paragraf sederhana dengan tema aktifitas sehari hari Pustaka: |
5% |
8
Minggu ke 8 |
materi tentang menuliskan frasa kalimat dalam hal perkenalan diri sendiri Mampu memahami menggunakan kata/frasa dalam bahasa tulis dan lisan |
Mampu memahami dan menuliskan frasa kalimat dalam hal perkenalan diri sendiri Mampu memahami menggunakan kata/frasa dalam bahasa tulis dan lisan |
Kriteria:
Penilaian menggunakan skala 0-100 Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes |
pengajaran langsung 4 X 50 |
|
Materi: UTS Pustaka: Netzwerk A1 |
20% |
9
Minggu ke 9 |
Penbahasan UTS |
mampu menbahas situasi UTS dan letak kesalahan pada tulisan pada UTS. |
Kriteria:
Penilaian menggunakan skala 0-100 |
Diskusi 4 X 50 |
|
Materi: Schreiben im Niveau A1 Pustaka: Netzwerk A1 |
0% |
10
Minggu ke 10 |
materi tentang menuliskan frasa kalimat dalam hal perkenalan diri sendiri Mampu memahami menggunakan kata/frasa dalam bahasa tulis dan lisan |
Mampu memahami dan menuliskan frasa kalimat dalam hal perkenalan diri sendiri Mampu memahami menggunakan kata/frasa dalam bahasa tulis dan lisan |
Kriteria:
Penilaian menggunakan skala 0-100 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
pengajaran langsung 4 X 50 |
|
Materi: Schreiben A1-Niveau Pustaka: Netzwerk A1 |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mampu menuliskan frasa kalimat mengenai hobi dalam bahasa tulis yang baik dan benar Einheit (2-1) |
Mampu menuliskan frasa kalimat mengenai hobi dalam bahasa tulis yang baik dan benar Einheit (2-1) |
Kriteria:
Menuliskalimat mengenai hobi dalam bahasa tulis yang baik dan benar Einheit (2-1) Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Pengajaran Langsung 2x50 |
Pengajaran Langsung 2x50 |
Materi: Menulis paragraf sederhana tentang hobi dalam bahasa tulis yang baik dan benar Einheit (2-1) Pustaka: Netzwerk A1 |
0% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa Mampu memahami bgm menuliskan paragraf tentang obyek seperti Gebauede nennen, Weg beschreiben (di Jerman) Einheit (3-1) |
|
Kriteria:
100 Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
menulis dan cased method 2x50 |
menulis dan cased method 2x50 |
Materi: Tentang obyek seperti Gebauede nennen, Weg beschreiben, (di Jerman) Einheit (3-1) Pustaka: Netzwerk A1 |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa Mampu memahami menuliskan paragraf tentang obyek seperti deskripsi obyek wisata/ tempat yg menarik di sebuah kota (di jerman) Einheit (3-2) |
Mahasiswa Mampu menuliskan paragraf tentang obyek seperti deskripsi obyek wisata/ tempat yg menarik di sebuah kota (di jerman) Einheit (3-2) |
Kriteria:
5 Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
cased metod dan latihan menulis 2x50 menit |
cased method dan latihan menulis 2x50 menit |
Materi: Tentang obyek seperti deskripsi obyek wisata/ tempat yg menarik di sebuah kota (di jerman) Einheit (3-2) Pustaka: Begegnungen A1 |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa Mampu memahami menuliskan tulisan/ paragraf tentang Essen und trinken ), Einheit (4-1) |
Mampu memahami menuliskan tulisan/ paragraf tentang Essen und trinken ), Einheit (4-1) |
Kriteria:
0-100 Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
presentasi dan unjuk kerja menulis 2x50 menit |
presentasi 2x50 menit |
Materi: Tentang Essen und trinken ), Einheit (4-1) Pustaka: Netzwerk A1 |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa Mampu memahami menuliskan tulisan/ paragraf tentang Essen und trinken ), meliputi Mahlzeiten, Lebensmittel, Getraenke Einkaufen ) Einheit (4-2) |
|
Kriteria:
Mampu tulisan/ paragraf tentang Essen und trinken ), meliputi Mahlzeiten, Lebensmittel, Getraenke Einkaufen ) Einheit (4-2) Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
presentasi 2x50 |
Presentasi dan diskusi 2x50 |
Materi: Tentang Essen und trinken ), meliputi Mahlzeiten, Lebensmittel, Getraenke Einkaufen ) Einheit (4-2) Pustaka: Netzwerk A1 |
5% |
16
Minggu ke 16 |
|
Kemampuan menulis Pertemuan 1 sd 15 |
Kriteria:
Mampu menulis bahasa Jerman standart A1 Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes |
TES 2x50 |
TES 2x50 |
Materi: Materi menulis level A1 Pustaka: Netzwerk A1 |
30% |