Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Jerman

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Schreiben fuer Anfaenger (MBKM)

8820704259

T=4

P=0

ECTS=6.36

1

22 November 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dwi Imroatu Julaikah, S.Pd.,M.Pd




.......................................




Dwi Imroatu Julaikah, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

Program Objectives (PO)

PO - 1

kompetensi menulis dalam bahasa Jerman setingkat A I. Mahasiswa dilatih untuk mampu menulis dengan baik, menggunakan strategi menulis yang tepat. Materi mata kuliah ini diambil dari buku Netzwerk A1 dan buku rujukan lain niveau A-1 seperti, Studio d A1 Einheit 1-6 serta ditunjang oleh materi-materi dari berbagai buku/internet dan sumber ajar yang berada pada level asetara. Perkuliahan dilaksanakan secara terpadu dengan menggunakan pendekatan komunikatif, dengan tujuan agar mahasiswa mampu berbahasa Jerman secara komprehensif. Kegiatan perkuliahan meliputi pembelajaran langsung, ceramah, tanya jawab, diskusi, menyimak, kerja individu dan kelompok dengan menggunakan media cetak, CD, CD-Player dan Video.

Matrik PLO-PO

 
PO
PO-1

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Matakuliah Schreiben fuer Anfaenger ini membahas kompetensi menulis mahasiswa pada tingkat bahasa A1, pengenalan jenis-jenis teks dan kosakata serta ungkapan dengan tema yang komunikatif dan muncul dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan mata kuliah ini mengembangkan kompetensi menulis dalam bahasa Jerman setingkat A I. Mahasiswa dilatih untuk mampu menulis dengan menggunakan kosakata dan ungkapan yang tepat dan sesuai dengan jenis teksnya. Mereka juga diajarkan strategi menulis yang tepat sesuai dengan jenis teksnya. Materi mata kuliah ini diambil dari buku Netzwerk A1 dan buku rujukan lain yang sesuai dengan tingkat bahasa A1 serta ditunjang oleh materi-materi dari berbagai buku/internet dan sumber ajar yang berada pada level asetara. Perkuliahan dilaksanakan secara terpadu dengan menggunakan pendekatan komunikatif dan kegiatan perkuliahan meliputi pembelajaran langsung, ceramah, tanya jawab, diskusi, presentasi, cooperative learning dan project based learning. Penilaian dilakukan melalui pengamatan partisipasi mahasiswa, penugasan, UTS, dan UAS

Pustaka

Utama :

  1. Netzwerk A1

Pendukung :

  1. Begegnungen A1

Dosen Pengampu

Dwi Imroatu Julaikah, S.Pd., M.Pd.

Audrey Gabriella Titaley, S.Pd., M.Hum.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mampu memahami kontrak perkuliahan dan Mampu memahami sistematika perkuliahan, Bahasa jerman dan menulis Bahasa Jerman apa dan mengapa

Mengerti kontrak perkuliahan dan Mampu memahami sistematika perkuliahan, bahasa jerman?

Kriteria:

Penilaian menggunakan skala 0-100


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
pengajaran langsung
4 X 50
Presentasi dan ceramah
Materi: kontrak perkuliahan dan Mampu memahami sistematika perkuliahan, Bahasa jerman dan menulis Bahasa Jerman apa dan mengapa
Pustaka: Begegnungen A1
0%

2

Minggu ke 2

tentang alphabet dalam bahasa Jerman bagaimana menulis (dan melafalkan) dengan benar dalam kaidah bahasa Jerman

Mampu memahami dan menjelaskan tentang alphabet dalam bahasa Jerman Mampu memahami bagaimana menulis (dan melafalkan) dengan benar dalam kaidah bahasa Jerman

Kriteria:

Penilaian menggunakan skala 0-100


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
pengajaran langsung
4 X 50
Ceramah dan presentasi
Materi: tentang alphabet dalam bahasa Jerman bagaimana menulis (dan melafalkan) dengan benar dalam kaidah bahasa Jerman
Pustaka: Begegnungen A1
5%

3

Minggu ke 3

tentang kata dalam bahasa Jerman dan bagaimana melafalkan kata, menulis, dan hafal

Mahasiswa paham tentang kata dalam bahasa Jerman dan bagaimana melafalkan kata, menulis, dan hafal

Kriteria:

100


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
PBI
PBI
Materi: Schreiben Woerter verstehen, buchstabieren, Schreiben und Auswendig lernen
Pustaka: Begegnungen A1

Materi: Netzwer A1
Pustaka:
5%

4

Minggu ke 4

  1. tentang kata dalam bahasa Jerman bagaimana melafalkan kata, menulis, dan hafal dalam bahasa Jerman.
  2. Mampu memahami menjelaskan kata (lanjutan dan pendalaman) kemudian Mampu menyusun kata menjadi kalimat.
  1. Mampu memahami tentang kata dalam bahasa Jerman Mampu memahami bagaimana melafalkan kata, menulis, dan hafal dalam bahasa Jerman.
  2. Mampu memahami menjelaskan kata (lanjutan dan pendalaman) kemudian Mampu menyusun kata menjadi kalimat.
Kriteria:

Penilaian menggunakan skala 0-100


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
diskusi dan tanya jawab
4 X 50
diskusi dan ceramah
Materi: NetzwerkA1
Pustaka: Netzwerk A1

Materi: Tentang kata (lanjutan dan pendalaman) kemudian Mampu menyusun kata menjadi kalimat.
Pustaka: Begegnungen A1
5%

5

Minggu ke 5

tentang kata dalam bahasa Jerman bagaimana melafalkan kata, menulis, dan hafal dalam bahasa Jerman (pemantapan)

Mampu memahami tentang kata dalam bahasa Jerman Mampu memahami bagaimana melafalkan kata, menulis, dan hafal dalam bahasa Jerman.

Kriteria:
  1. Penilaian menggunakan skala 0-100
  2. tentang kata dalam bahasa Jerman bagaimana melafalkan kata, menulis, dan hafal dalam bahasa Jerman (pemantapan). wiederholing und Vertiefung

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
diskusi dan tanya jawab
4 X 50
pengajaran langsung
Materi: Mampu memahami menjelaskan kata (lanjutan dan pendalaman) kemudian Mampu menyusun kata menjadi kalimat. Kalimat menjadi paragraf
Pustaka: Begegnungen A1

Materi: Netzwerk A1
Pustaka:
5%

6

Minggu ke 6

Mampu memahami menjelaskan kata (lanjutan dan pendalaman) kemudian Mampu menyusun kata menjadi kalimat. Kalimat menjadi paragraf dan karangan sederhana

  1. i menjelaskan kata (lanjutan dan pendalaman) kemudian Mampu menyusun kata menjadi kalimat.
  2. Mampu memahami menjelaskan kata (lanjutan dan pendalaman) kemudian Mampu menyusun kata menjadi kalimat. Kalimat menjadi paragraf dan karangan sederhana
Kriteria:

Penilaian menggunakan skala 1-100


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
tanya jawab dan diskusi
4 X 50
PB1
Materi: Menjelaskan kata (lanjutan dan pendalaman) kemudian Mampu menyusun kata menjadi kalimat. Kalimat menjadi paragraf dan karangan
Pustaka:

Materi: Menjelaskan kata (lanjutan dan pendalaman) kemudian Mampu menyusun kata menjadi kalimat. Kalimat menjadi paragraf dan karangan
Pustaka: Begegnungen A1
0%

7

Minggu ke 7

Mampu menulis paragraf sederhana dengan tema aktifitas sehari hari

i menjelaskan kata (lanjutan dan pendalaman) kemudian Mampu menyusun kata menjadi kalimat.

Kriteria:

Penilaian menggunakan skala 1-100


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
presentasi dan diskusi
2X 50
presentasi
2x50
Materi: Tentang kata (lanjutan dan pendalaman) kemudian Mampu menyusun kata menjadi kalimat dan menjadi paragraf sederhana
Pustaka:

Materi: Tentang menulis paragraf sederhana dengan tema aktifitas sehari hari
Pustaka:
5%

8

Minggu ke 8

materi tentang menuliskan frasa kalimat dalam hal perkenalan diri sendiri Mampu memahami menggunakan kata/frasa dalam bahasa tulis dan lisan

Mampu memahami dan menuliskan frasa kalimat dalam hal perkenalan diri sendiri Mampu memahami menggunakan kata/frasa dalam bahasa tulis dan lisan

Kriteria:

Penilaian menggunakan skala 0-100


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes
pengajaran langsung
4 X 50

Materi: UTS
Pustaka: Netzwerk A1
20%

9

Minggu ke 9

Penbahasan UTS

mampu menbahas situasi UTS dan letak kesalahan pada tulisan pada UTS.

Kriteria:

Penilaian menggunakan skala 0-100

Diskusi
4 X 50

Materi: Schreiben im Niveau A1
Pustaka: Netzwerk A1
0%

10

Minggu ke 10

materi tentang menuliskan frasa kalimat dalam hal perkenalan diri sendiri Mampu memahami menggunakan kata/frasa dalam bahasa tulis dan lisan

Mampu memahami dan menuliskan frasa kalimat dalam hal perkenalan diri sendiri Mampu memahami menggunakan kata/frasa dalam bahasa tulis dan lisan

Kriteria:

Penilaian menggunakan skala 0-100


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
pengajaran langsung
4 X 50

Materi: Schreiben A1-Niveau
Pustaka: Netzwerk A1
5%

11

Minggu ke 11

Mampu menuliskan frasa kalimat mengenai hobi dalam bahasa tulis yang baik dan benar Einheit (2-1)

Mampu menuliskan frasa kalimat mengenai hobi dalam bahasa tulis yang baik dan benar Einheit (2-1)

Kriteria:

Menuliskalimat mengenai hobi dalam bahasa tulis yang baik dan benar Einheit (2-1)


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Pengajaran Langsung
2x50
Pengajaran Langsung
2x50
Materi: Menulis paragraf sederhana tentang hobi dalam bahasa tulis yang baik dan benar Einheit (2-1)
Pustaka: Netzwerk A1
0%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa Mampu memahami bgm menuliskan paragraf tentang obyek seperti Gebauede nennen, Weg beschreiben (di Jerman) Einheit (3-1)

Kriteria:

100


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
menulis dan cased method
2x50
menulis dan cased method
2x50
Materi: Tentang obyek seperti Gebauede nennen, Weg beschreiben, (di Jerman) Einheit (3-1)
Pustaka: Netzwerk A1
5%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa Mampu memahami menuliskan paragraf tentang obyek seperti deskripsi obyek wisata/ tempat yg menarik di sebuah kota (di jerman) Einheit (3-2)

Mahasiswa Mampu menuliskan paragraf tentang obyek seperti deskripsi obyek wisata/ tempat yg menarik di sebuah kota (di jerman) Einheit (3-2)

Kriteria:

5


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
cased metod dan latihan menulis
2x50 menit
cased method dan latihan menulis
2x50 menit
Materi: Tentang obyek seperti deskripsi obyek wisata/ tempat yg menarik di sebuah kota (di jerman) Einheit (3-2)
Pustaka: Begegnungen A1
5%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa Mampu memahami menuliskan tulisan/ paragraf tentang Essen und trinken ), Einheit (4-1)

Mampu memahami menuliskan tulisan/ paragraf tentang Essen und trinken ), Einheit (4-1)

Kriteria:

0-100


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
presentasi dan unjuk kerja menulis
2x50 menit
presentasi
2x50 menit
Materi: Tentang Essen und trinken ), Einheit (4-1)
Pustaka: Netzwerk A1
5%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa Mampu memahami menuliskan tulisan/ paragraf tentang Essen und trinken ), meliputi Mahlzeiten, Lebensmittel, Getraenke Einkaufen ) Einheit (4-2)

Kriteria:

Mampu tulisan/ paragraf tentang Essen und trinken ), meliputi Mahlzeiten, Lebensmittel, Getraenke Einkaufen ) Einheit (4-2)


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
presentasi
2x50
Presentasi dan diskusi
2x50
Materi: Tentang Essen und trinken ), meliputi Mahlzeiten, Lebensmittel, Getraenke Einkaufen ) Einheit (4-2)
Pustaka: Netzwerk A1
5%

16

Minggu ke 16

Kemampuan menulis Pertemuan 1 sd 15

Kriteria:

Mampu menulis bahasa Jerman standart A1


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes
TES
2x50
TES
2x50
Materi: Materi menulis level A1
Pustaka: Netzwerk A1
30%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 5%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 70%
3. Tes 25%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.