Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Inovasi Media Pembelajaran di SD

8620602293

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=0

P=0

ECTS=0

3

26 Agustus 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Ali Fakhrudin, M.Pd




Hendrik Pandu Paksi, S.Pd., M.Pd




Putri Rachmadyanti, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-1

Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-5

Menganalisis penerapan keilmuan kependidikan dasar dengan mengedepankan pendidikan inklusi berbasis teknologi dan kearifan lokal.

PLO-10

Menunjukkan pengetahuan dan keterampilan pedagogik terkait merancang, melaksanakan, mengevaluasi pembelajaran di SD dengan memanfaatkan TIK, kearifan lokal, dan hasil penelitian.

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dan prinsip dasar media pembelajaran serta peranannya dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran di sekolah dasar.

PO - 2

Mahasiswa mampu menganalisis berbagai model dan strategi inovasi media pembelajaran berbasis teknologi digital yang relevan dengan kebutuhan pembelajaran abad 21.

PO - 3

Mahasiswa mampu merancang media pembelajaran inovatif yang berbasis proyek dan sesuai dengan tujuan pembelajaran, menggunakan pendekatan TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge).

PO - 4

Mahasiswa mampu melakukan validasi dan ujicoba terhadap media pembelajaran inovatif yang dikembangkan untuk menghasilkan media yang layak (Valid, Efektif dan Praktis)

PO - 5

Mahasiswa Mampu melakukan publikasi hasil Inovasi media pembelajaran di Sekolah Dasar kepada masyarakat secara luas

Matrik PLO-PO

 
POPLO-1PLO-3PLO-4PLO-5PLO-10
PO-1  
PO-2  
PO-3  
PO-4  
PO-5   

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini membahas konsep dan aplikasi inovasi media pembelajaran yang relevan untuk sekolah dasar, dengan penekanan pada penerapan teknologi digital dan keterampilan abad 21. Mahasiswa akan mempelajari berbagai model dan strategi pembelajaran berbasis proyek yang memungkinkan mereka merancang, mengembangkan, dan mengevaluasi media pembelajaran yang inovatif dan interaktif. Perkuliahan dilaksanakan dengan mengintegrasikan prinsip-prinsip TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge) dan pembelajaran aktif untuk mendukung pengembangan keterampilan berpikir kritis, kolaborasi, komunikasi, dan kreativitas. Mahasiswa akan berpartisipasi dalam proyek yang melibatkan penggunaan perangkat lunak pendidikan, media digital, dan alat-alat interaktif yang dirancang untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah dasar. Hasil akhir dari mata kuliah ini adalah portofolio media pembelajaran yang dapat diterapkan dalam lingkungan sekolah dasar, serta refleksi kritis terhadap proses pembelajaran yang telah dilakukan.

Pustaka

Utama :

  1. Heinich, R., Molenda, M., Russell, J. D., & Smaldino, S. E. (2001). Instructional Media and Technologies for Learning (7th ed.). Upper Saddle River, NJ: Prentice Hall.
  2. Gagne, R. M., Wager, W. W., Golas, K., & Keller, J. M. (2005). Principles of Instructional Design (5th ed.). Belmont, CA: Wadsworth/Thomson Learning.
  3. Mayer, R. E. (2009). Multimedia Learning (2nd ed.). New York: Cambridge University Press.
  4. Reiser, R. A., & Dempsey, J. V. (2017). Trends and Issues in Instructional Design and Technology (4th ed.). Boston: Pearson.
  5. Arsyad, A. (2019). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Pendukung :

  1. Mulyatiningsih, E. (2013). Pembelajaran Berbasis Proyek: Pendekatan Inovatif dalam Pembelajaran Abad 21. Yogyakarta: UNY Press.

Dosen Pengampu

Prof. Dr. Wahyu Sukartiningsih, M.Pd.

Dr. Ganes Gunansyah, S.Pd., M.Pd.

Hendrik Pandu Paksi, S.Pd., M.Pd.

Ulfi Aminatuz Zahroh, M.Pd.

Dr. Nurul Istiq'faroh, M.Pd.

Vit Ardhyantama, M.Pd.

Ali Fakhrudin, M.Pd.

Nanda Veruna Enun Kharisma, S.Pd., M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa memahami Materi perkuliahan, sistem perkuliahan dan tagihan mata kuliah

Mahasiswa menyepakati kontrak perkuliahan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi; Diskusi; Tanya Jawab
50 menit
Asynchronous Learning via Learning Management System (SIDIA UNESA) :
Mahasiswa mempelajari materi dasar secara mandiri melalui video dan bahan bacaan yang diunggah sebelum perkuliahan tatap muka.
50 menit
Materi: Instructional Media and Technologies for Learning
Pustaka: Heinich, R., Molenda, M., Russell, J. D., & Smaldino, S. E. (2001). Instructional Media and Technologies for Learning (7th ed.). Upper Saddle River, NJ: Prentice Hall.
3%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa memahami macam-macam Media Pembelajaran abad 21

  1. Mampu menyebutkan macam-macam media pembelajaran
  2. Mampu menunjukkan media pembelajaran Analog
  3. Mampu menunjukkan media pembelajaran Digital
  4. Mampu menunjukkan media pembelajaran berbasis aplikasi
Kriteria:
  1. Penilaian Keaktifan
  2. Penilaian Kehadiran

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi; Diskusi; Tanya Jawab
50 menit
Asynchronous Learning via Learning Management System (SIDIA UNESA) :
Mahasiswa mempelajari materi dasar secara mandiri melalui video dan bahan bacaan yang diunggah sebelum perkuliahan tatap muka.
50 menit
Materi: Instructional Media and Technologies for Learning
Pustaka: Heinich, R., Molenda, M., Russell, J. D., & Smaldino, S. E. (2001). Instructional Media and Technologies for Learning (7th ed.). Upper Saddle River, NJ: Prentice Hall.
3%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa memahami penerapan Teknologi Digital dalam pembelajaran abad 21

Mahasiswa dapat menyusun argumen yang didasarkan pada teori dan praktik tentang bagaimana media pembelajaran dapat ditingkatkan untuk memaksimalkan efektivitasnya dalam proses belajar mengajar.

Kriteria:

Sesuai dengan kriteria penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Presentasi; Diskusi; Tanya Jawab
50 menit
Asynchronous Learning via Learning Management System (SIDIA UNESA) :
Mahasiswa mempelajari materi dasar secara mandiri melalui video dan bahan bacaan yang diunggah sebelum perkuliahan tatap muka.
50 menit
Materi: Instructional Media and Technologies for Learning
Pustaka: Heinich, R., Molenda, M., Russell, J. D., & Smaldino, S. E. (2001). Instructional Media and Technologies for Learning (7th ed.). Upper Saddle River, NJ: Prentice Hall.
3%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa memahami Keterampilan yang dibutuhkan guru dalam pembelajaran abad 21

Mahasiswa dapat menyusun argumen yang didasarkan pada teori dan praktik tentang bagaimana media pembelajaran dapat ditingkatkan untuk memaksimalkan efektivitasnya dalam proses belajar mengajar.

Kriteria:

Sesuai dengan kriteria penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
DiskusiKelompok,TugasProyek50 Menit

Materi: Instructional Design Media
Pustaka: Gagne, R. M., Wager, W. W., Golas, K., & Keller, J. M. (2005). Principles of Instructional Design (5th ed.). Belmont, CA: Wadsworth/Thomson Learning.
4%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa mampu membuat perencanaan, langkah langkah dan skenario pengembangan media pembelajaran yang Inovatif di Sekolah Dasar

Menghasilkan Rancangan Inovasi media pembelajaran di Sekolah Dasar

Kriteria:
  1. Penilaian Kehadiran
  2. Penilaian Partisipasi

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi Kelompok, Tugas Proyek
50 Menit
Mengunggah tugas melalui Sidia
50 Menit
Materi: Instructional Design Media
Pustaka: Gagne, R. M., Wager, W. W., Golas, K., & Keller, J. M. (2005). Principles of Instructional Design (5th ed.). Belmont, CA: Wadsworth/Thomson Learning.
3%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa mampu menyeminarkan rancangan pengembangan media pembelajaran inovatif dihadapan audience

  1. Mampu memaparkan Rancangan inovasi media pembelajaran
  2. Mampu menjawab pertanyaan dari audience
  3. mampu menerima kritik dan saran dari audience
  4. mampu mempertahankan rancangan di hadapan penguji/reviewer
Kriteria:
  1. Penilaian Kehadiran
  2. Penilaian Keaktifan

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Seminar, Tanya Jawab
50 menit
Seminar, Tanya Jawab
50 menit
Materi: Instructional Design Media
Pustaka: Mayer, R. E. (2009). Multimedia Learning (2nd ed.). New York: Cambridge University Press.
3%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa mampu melakukan pengembangan media pembelajaran yang Inovatif di Sekolah Dasar

  1. Memahami proses pengembangan media pembelajaran
  2. menghasilkan media pembelajaran inovatif
Kriteria:
  1. Penilaian Kehadiran
  2. Penilaian Keaktifan
  3. Penilaian Produk

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi kelompok, tugas proyek, aktivitas kolaboratif
50 menit
Diskusi kelompok, tugas proyek, aktivitas kolaboratif
50 menit
Materi: Instructional Design Media
Pustaka: Mayer, R. E. (2009). Multimedia Learning (2nd ed.). New York: Cambridge University Press.
4%

8

Minggu ke 8

Mahasiswa menguasai setengah capaian mata kuliah yang dipersyaratkan

  1. Mahasiswa memahami macam-macam Media Pembelajaran abad 21
  2. Mahasiswa memahami penerapan Teknologi Digital dalam pembelajaran abad 21
  3. Mahasiswa memahami Keterampilan yang dibutuhkan guru dalam pembelajaran abad 21
  4. Mahasiswa mampu membuat perencanaan, langkah langkah dan skenario pengembangan media pembelajaran yang Inovatif di Sekolah Dasar
  5. Mahasiswa mampu menyeminarkan rancangan pengembangan media pembelajaran inovatif dihadapan audience
Kriteria:

Sesuai dengan kriteria penilaian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja, Tes
Ujian Tengah Semester
100 menit
Ujian Tengah Semester
100 menit
20%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa mampu melakukan pengembangan instrumen validasi media pembelajaran yang Inovatif di Sekolah Dasar

  1. Memahami instrumen validasi media pembelajaran
  2. Mendeskripsikan jenis-jenis instrumen validasi media pembelajaran
  3. mengembangkan instrumen validasi media pembelajaran
Kriteria:
  1. Penilaian Kehadiran
  2. Penilaian Keaktifan
  3. penilaian produk

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi kelompok, Tanya Jawab, Tugas Proyek
50 menit
Diskusi kelompok, Tanya Jawab, Tugas Proyek
50 menit
Materi: Trends and Issues in Instructional Design
Pustaka: Reiser, R. A., & Dempsey, J. V. (2017). Trends and Issues in Instructional Design and Technology (4th ed.). Boston: Pearson.
3%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa mampu melakukan validasi bahan ajar PPKn SD yang Inovatif

  1. Memahami proses validasi media pembelajaran inovatif
  2. menyusun laporan hasil validasi media pembelajaran inovatif
Kriteria:
  1. Penilaian Kehadiran
  2. Penilaian Keaktifan
  3. penilaian produk

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi, tanya jawab, tugas proyek
50 menit
Diskusi, tanya jawab, tugas proyek
50 menit
Materi: Trends and Issues in Instructional Design
Pustaka: Reiser, R. A., & Dempsey, J. V. (2017). Trends and Issues in Instructional Design and Technology (4th ed.). Boston: Pearson.
3%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa mampu melaksanakan uji coba terbatas media pembelajaran yang Inovatif di Sekolah Dasar

  1. memahami prinsip-prinsip dalam melakukan uji coba terbatas
  2. membuat laporan hasil uji coba terbatas
Kriteria:
  1. Penilaian Kehadiran
  2. Penilaian Keaktifan

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi, tugas Proyek
50 menit
Diskusi, tugas Proyek
50 menit
Materi: Trends and Issues in Instructional Design
Pustaka: Reiser, R. A., & Dempsey, J. V. (2017). Trends and Issues in Instructional Design and Technology (4th ed.). Boston: Pearson.
3%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa mampu melakukan evaluasi media pembelajaran yang Inovatif di Sekolah Dasar

  1. memahami prinsip-prinsip dalam melakukan evaluasi media pembelajaran
  2. membuat laporan hasil evaluasi media pembelajaran
Kriteria:
  1. Penilaian Kehadiran
  2. Penilaian Keaktifan

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi, tanya jawab, tugas proyek
50 menit
Diskusi, tanya jawab, tugas proyek
50 menit
Materi: Pengembangan Media Pembelajaran SD
Pustaka: Arsyad, A. (2019). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
3%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa mampu melaksanakan seminar hasil pengembangan media pembelajaran yang Inovatif di Sekolah Dasar

  1. Melakukan seminar hasil inovasi media pembelajaran di SD
  2. Mampu menjawab pertanyaan dari audience dengan baik
  3. membuat laporan hasil seminar
Kriteria:
  1. Penilaian Kehadiran
  2. Penilaian Keaktifan
  3. penilaian produk

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Tugas Proyek, Diskusi, tanya Jawab
50 menit
Tugas Proyek, Diskusi, tanya Jawab
50 menit
Materi: Pengembangan Media Pembelajaran SD
Pustaka: Arsyad, A. (2019). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
5%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa melakukan revisi hasil pengembangan media pembelajaran yang Inovatif di Sekolah Dasar

  1. Melakukan revisi inovasi media pembelajaran berdasarkan masukan audience
  2. membuat laporan hasil revisi media pembelajaran
Kriteria:
  1. Penilaian Kehadiran
  2. Penilaian Keaktifan

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi kelompok, tanya jawab, refleksi
50 menit
Diskusi kelompok, tanya jawab, refleksi
50 menit
Materi: Pengembangan Media Pembelajaran SD berbasis Keterampilan Abad 21
Pustaka: Mulyatiningsih, E. (2013). Pembelajaran Berbasis Proyek: Pendekatan Inovatif dalam Pembelajaran Abad 21. Yogyakarta: UNY Press.
5%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa melakukan publikasi hasil pengembangan media pembelajaran yang Inovatif di Sekolah Dasar

  1. memahami proses publikasi media pembelajaran
  2. melakukan publikasi media pembelajaran
  3. membuat laporan publikasi media pembelajaran
Kriteria:
  1. Penilaian Kehadiran
  2. Penilaian Keaktifan
  3. penilaian produk

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Tugas proyek, diskusi, tanya jawab
50 menit
Tugas proyek, diskusi, tanya jawab
50 menit
Materi: Pengembangan Media Pembelajaran SD berbasis Keterampilan Abad 21
Pustaka: Mulyatiningsih, E. (2013). Pembelajaran Berbasis Proyek: Pendekatan Inovatif dalam Pembelajaran Abad 21. Yogyakarta: UNY Press.
5%

16

Minggu ke 16

Mahasiswa menguasai seluruh capaian mata kuliah yang dipersyaratkan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes


30%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 28.17%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 42.5%
3. Praktik / Unjuk Kerja 7.67%
4. Tes 21.67%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.