|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Inovasi Media Pembelajaran di SD |
8620602293 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=0 |
P=0 |
ECTS=0 |
3 |
26 Agustus 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Ali Fakhrudin, M.Pd
|
Hendrik Pandu Paksi, S.Pd., M.Pd
|
Putri Rachmadyanti, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-1 |
Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
PLO-5 |
Menganalisis penerapan keilmuan kependidikan dasar dengan mengedepankan pendidikan inklusi berbasis teknologi dan kearifan lokal. |
PLO-10 |
Menunjukkan pengetahuan dan keterampilan pedagogik terkait merancang, melaksanakan, mengevaluasi pembelajaran di SD dengan memanfaatkan TIK, kearifan lokal, dan hasil penelitian. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dan prinsip dasar media pembelajaran serta peranannya dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran di sekolah dasar.
|
PO - 2 |
Mahasiswa mampu menganalisis berbagai model dan strategi inovasi media pembelajaran berbasis teknologi digital yang relevan dengan kebutuhan pembelajaran abad 21.
|
PO - 3 |
Mahasiswa mampu merancang media pembelajaran inovatif yang berbasis proyek dan sesuai dengan tujuan pembelajaran, menggunakan pendekatan TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge).
|
PO - 4 |
Mahasiswa mampu melakukan validasi dan ujicoba terhadap media pembelajaran inovatif yang dikembangkan untuk menghasilkan media yang layak (Valid, Efektif dan Praktis)
|
PO - 5 |
Mahasiswa Mampu melakukan publikasi hasil Inovasi media pembelajaran di Sekolah Dasar kepada masyarakat secara luas
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-1 | PLO-3 | PLO-4 | PLO-5 | PLO-10 | PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | | | PO-2 | ✔ | ✔ | ✔ | | | PO-3 | | ✔ | ✔ | ✔ | | PO-4 | | | ✔ | ✔ | ✔ | PO-5 | | | | ✔ | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | | | | | | ✔ | | | | | | | | ✔ | PO-2 | | | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | | ✔ | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | | ✔ | | | PO-5 | | | | | | | | | | | | | ✔ | | ✔ | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini membahas konsep dan aplikasi inovasi media pembelajaran yang relevan untuk sekolah dasar, dengan penekanan pada penerapan teknologi digital dan keterampilan abad 21. Mahasiswa akan mempelajari berbagai model dan strategi pembelajaran berbasis proyek yang memungkinkan mereka merancang, mengembangkan, dan mengevaluasi media pembelajaran yang inovatif dan interaktif.
Perkuliahan dilaksanakan dengan mengintegrasikan prinsip-prinsip TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge) dan pembelajaran aktif untuk mendukung pengembangan keterampilan berpikir kritis, kolaborasi, komunikasi, dan kreativitas. Mahasiswa akan berpartisipasi dalam proyek yang melibatkan penggunaan perangkat lunak pendidikan, media digital, dan alat-alat interaktif yang dirancang untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah dasar. Hasil akhir dari mata kuliah ini adalah portofolio media pembelajaran yang dapat diterapkan dalam lingkungan sekolah dasar, serta refleksi kritis terhadap proses pembelajaran yang telah dilakukan. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Heinich, R., Molenda, M., Russell, J. D., & Smaldino, S. E. (2001). Instructional Media and Technologies for Learning (7th ed.). Upper Saddle River, NJ: Prentice Hall.
- Gagne, R. M., Wager, W. W., Golas, K., & Keller, J. M. (2005). Principles of Instructional Design (5th ed.). Belmont, CA: Wadsworth/Thomson Learning.
- Mayer, R. E. (2009). Multimedia Learning (2nd ed.). New York: Cambridge University Press.
- Reiser, R. A., & Dempsey, J. V. (2017). Trends and Issues in Instructional Design and Technology (4th ed.). Boston: Pearson.
- Arsyad, A. (2019). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
|
Pendukung : |
|
- Mulyatiningsih, E. (2013). Pembelajaran Berbasis Proyek: Pendekatan Inovatif dalam Pembelajaran Abad 21. Yogyakarta: UNY Press.
|
Dosen Pengampu
|
Prof. Dr. Wahyu Sukartiningsih, M.Pd. Dr. Ganes Gunansyah, S.Pd., M.Pd. Hendrik Pandu Paksi, S.Pd., M.Pd. Ulfi Aminatuz Zahroh, M.Pd. Dr. Nurul Istiq'faroh, M.Pd. Vit Ardhyantama, M.Pd. Ali Fakhrudin, M.Pd. Nanda Veruna Enun Kharisma, S.Pd., M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa memahami Materi perkuliahan, sistem perkuliahan dan tagihan mata kuliah |
Mahasiswa menyepakati kontrak perkuliahan |
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi; Diskusi; Tanya Jawab 50 menit |
Asynchronous Learning via Learning Management System (SIDIA UNESA) :
Mahasiswa mempelajari materi dasar secara mandiri melalui video dan bahan bacaan yang diunggah sebelum perkuliahan tatap muka. 50 menit |
Materi: Instructional Media and Technologies for Learning Pustaka: Heinich, R., Molenda, M., Russell, J. D., & Smaldino, S. E. (2001). Instructional Media and Technologies for Learning (7th ed.). Upper Saddle River, NJ: Prentice Hall. |
3% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa memahami macam-macam Media Pembelajaran abad 21 |
- Mampu menyebutkan macam-macam media pembelajaran
- Mampu menunjukkan media pembelajaran Analog
- Mampu menunjukkan media pembelajaran Digital
- Mampu menunjukkan media pembelajaran berbasis aplikasi
|
Kriteria:
- Penilaian Keaktifan
- Penilaian Kehadiran
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi; Diskusi; Tanya Jawab 50 menit |
Asynchronous Learning via Learning Management System (SIDIA UNESA) :
Mahasiswa mempelajari materi dasar secara mandiri melalui video dan bahan bacaan yang diunggah sebelum perkuliahan tatap muka. 50 menit |
Materi: Instructional Media and Technologies for Learning Pustaka: Heinich, R., Molenda, M., Russell, J. D., & Smaldino, S. E. (2001). Instructional Media and Technologies for Learning (7th ed.). Upper Saddle River, NJ: Prentice Hall. |
3% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa memahami penerapan Teknologi Digital dalam pembelajaran abad 21 |
Mahasiswa dapat menyusun argumen yang didasarkan pada teori dan praktik tentang bagaimana media pembelajaran dapat ditingkatkan untuk memaksimalkan efektivitasnya dalam proses belajar mengajar. |
Kriteria:
Sesuai dengan kriteria penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Presentasi; Diskusi; Tanya Jawab 50 menit |
Asynchronous Learning via Learning Management System (SIDIA UNESA) :
Mahasiswa mempelajari materi dasar secara mandiri melalui video dan bahan bacaan yang diunggah sebelum perkuliahan tatap muka. 50 menit |
Materi: Instructional Media and Technologies for Learning Pustaka: Heinich, R., Molenda, M., Russell, J. D., & Smaldino, S. E. (2001). Instructional Media and Technologies for Learning (7th ed.). Upper Saddle River, NJ: Prentice Hall. |
3% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa memahami Keterampilan yang dibutuhkan guru dalam pembelajaran abad 21 |
Mahasiswa dapat menyusun argumen yang didasarkan pada teori dan praktik tentang bagaimana media pembelajaran dapat ditingkatkan untuk memaksimalkan efektivitasnya dalam proses belajar mengajar. |
Kriteria:
Sesuai dengan kriteria penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
DiskusiKelompok,TugasProyek50 Menit
|
|
Materi: Instructional Design Media Pustaka: Gagne, R. M., Wager, W. W., Golas, K., & Keller, J. M. (2005). Principles of Instructional Design (5th ed.). Belmont, CA: Wadsworth/Thomson Learning. |
4% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa mampu membuat perencanaan, langkah langkah dan skenario pengembangan media pembelajaran yang Inovatif di Sekolah Dasar |
Menghasilkan Rancangan Inovasi media pembelajaran di Sekolah Dasar |
Kriteria:
- Penilaian Kehadiran
- Penilaian Partisipasi
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi Kelompok, Tugas Proyek 50 Menit |
Mengunggah tugas melalui Sidia 50 Menit |
Materi: Instructional Design Media Pustaka: Gagne, R. M., Wager, W. W., Golas, K., & Keller, J. M. (2005). Principles of Instructional Design (5th ed.). Belmont, CA: Wadsworth/Thomson Learning. |
3% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa mampu menyeminarkan rancangan pengembangan media pembelajaran inovatif dihadapan audience |
- Mampu memaparkan Rancangan inovasi media pembelajaran
- Mampu menjawab pertanyaan dari audience
- mampu menerima kritik dan saran dari audience
- mampu mempertahankan rancangan di hadapan penguji/reviewer
|
Kriteria:
- Penilaian Kehadiran
- Penilaian Keaktifan
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Seminar, Tanya Jawab 50 menit |
Seminar, Tanya Jawab 50 menit |
Materi: Instructional Design Media Pustaka: Mayer, R. E. (2009). Multimedia Learning (2nd ed.). New York: Cambridge University Press. |
3% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa mampu melakukan pengembangan media pembelajaran yang Inovatif di Sekolah Dasar |
- Memahami proses pengembangan media pembelajaran
- menghasilkan media pembelajaran inovatif
|
Kriteria:
- Penilaian Kehadiran
- Penilaian Keaktifan
- Penilaian Produk
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi kelompok, tugas proyek, aktivitas kolaboratif 50 menit |
Diskusi kelompok, tugas proyek, aktivitas kolaboratif 50 menit |
Materi: Instructional Design Media Pustaka: Mayer, R. E. (2009). Multimedia Learning (2nd ed.). New York: Cambridge University Press. |
4% |
8
Minggu ke 8 |
Mahasiswa menguasai setengah capaian mata kuliah yang dipersyaratkan |
- Mahasiswa memahami macam-macam Media Pembelajaran abad 21
- Mahasiswa memahami penerapan Teknologi Digital dalam pembelajaran abad 21
- Mahasiswa memahami Keterampilan yang dibutuhkan guru dalam pembelajaran abad 21
- Mahasiswa mampu membuat perencanaan, langkah langkah dan skenario pengembangan media pembelajaran yang Inovatif di Sekolah Dasar
- Mahasiswa mampu menyeminarkan rancangan pengembangan media pembelajaran inovatif dihadapan audience
|
Kriteria:
Sesuai dengan kriteria penilaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
Ujian Tengah Semester 100 menit |
Ujian Tengah Semester 100 menit |
|
20% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa mampu melakukan pengembangan instrumen validasi media pembelajaran yang Inovatif di Sekolah Dasar |
- Memahami instrumen validasi media pembelajaran
- Mendeskripsikan jenis-jenis instrumen validasi media pembelajaran
- mengembangkan instrumen validasi media pembelajaran
|
Kriteria:
- Penilaian Kehadiran
- Penilaian Keaktifan
- penilaian produk
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi kelompok, Tanya Jawab, Tugas Proyek 50 menit |
Diskusi kelompok, Tanya Jawab, Tugas Proyek 50 menit |
Materi: Trends and Issues in Instructional Design Pustaka: Reiser, R. A., & Dempsey, J. V. (2017). Trends and Issues in Instructional Design and Technology (4th ed.). Boston: Pearson. |
3% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa mampu melakukan validasi bahan ajar PPKn SD yang Inovatif |
- Memahami proses validasi media pembelajaran inovatif
- menyusun laporan hasil validasi media pembelajaran inovatif
|
Kriteria:
- Penilaian Kehadiran
- Penilaian Keaktifan
- penilaian produk
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi, tanya jawab, tugas proyek 50 menit |
Diskusi, tanya jawab, tugas proyek 50 menit |
Materi: Trends and Issues in Instructional Design Pustaka: Reiser, R. A., & Dempsey, J. V. (2017). Trends and Issues in Instructional Design and Technology (4th ed.). Boston: Pearson. |
3% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa mampu melaksanakan uji coba terbatas media pembelajaran yang Inovatif di Sekolah Dasar |
- memahami prinsip-prinsip dalam melakukan uji coba terbatas
- membuat laporan hasil uji coba terbatas
|
Kriteria:
- Penilaian Kehadiran
- Penilaian Keaktifan
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi, tugas Proyek 50 menit |
Diskusi, tugas Proyek 50 menit |
Materi: Trends and Issues in Instructional Design Pustaka: Reiser, R. A., & Dempsey, J. V. (2017). Trends and Issues in Instructional Design and Technology (4th ed.). Boston: Pearson. |
3% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa mampu melakukan evaluasi media pembelajaran yang Inovatif di Sekolah Dasar |
- memahami prinsip-prinsip dalam melakukan evaluasi media pembelajaran
- membuat laporan hasil evaluasi media pembelajaran
|
Kriteria:
- Penilaian Kehadiran
- Penilaian Keaktifan
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi, tanya jawab, tugas proyek 50 menit |
Diskusi, tanya jawab, tugas proyek 50 menit |
Materi: Pengembangan Media Pembelajaran SD Pustaka: Arsyad, A. (2019). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. |
3% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa mampu melaksanakan seminar hasil pengembangan media pembelajaran yang Inovatif di Sekolah Dasar |
- Melakukan seminar hasil inovasi media pembelajaran di SD
- Mampu menjawab pertanyaan dari audience dengan baik
- membuat laporan hasil seminar
|
Kriteria:
- Penilaian Kehadiran
- Penilaian Keaktifan
- penilaian produk
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Tugas Proyek, Diskusi, tanya Jawab 50 menit |
Tugas Proyek, Diskusi, tanya Jawab 50 menit |
Materi: Pengembangan Media Pembelajaran SD Pustaka: Arsyad, A. (2019). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa melakukan revisi hasil pengembangan media pembelajaran yang Inovatif di Sekolah Dasar |
- Melakukan revisi inovasi media pembelajaran berdasarkan masukan audience
- membuat laporan hasil revisi media pembelajaran
|
Kriteria:
- Penilaian Kehadiran
- Penilaian Keaktifan
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi kelompok, tanya jawab, refleksi 50 menit |
Diskusi kelompok, tanya jawab, refleksi 50 menit |
Materi: Pengembangan Media Pembelajaran SD berbasis Keterampilan Abad 21 Pustaka: Mulyatiningsih, E. (2013). Pembelajaran Berbasis Proyek: Pendekatan Inovatif dalam Pembelajaran Abad 21. Yogyakarta: UNY Press. |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa melakukan publikasi hasil pengembangan media pembelajaran yang Inovatif di Sekolah Dasar |
- memahami proses publikasi media pembelajaran
- melakukan publikasi media pembelajaran
- membuat laporan publikasi media pembelajaran
|
Kriteria:
- Penilaian Kehadiran
- Penilaian Keaktifan
- penilaian produk
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Tugas proyek, diskusi, tanya jawab 50 menit |
Tugas proyek, diskusi, tanya jawab 50 menit |
Materi: Pengembangan Media Pembelajaran SD berbasis Keterampilan Abad 21 Pustaka: Mulyatiningsih, E. (2013). Pembelajaran Berbasis Proyek: Pendekatan Inovatif dalam Pembelajaran Abad 21. Yogyakarta: UNY Press. |
5% |
16
Minggu ke 16 |
Mahasiswa menguasai seluruh capaian mata kuliah yang dipersyaratkan |
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes |
|
|
|
30% |