Universitas Negeri Surabaya
Fakultas PSDKU
Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Kampus Kabupaten Magetan)

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Sempoa dan Jarimatika

8624302053

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=2

P=0

ECTS=3.18

3

8 Agustus 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Ika Febriana Wati, M.Pd.




Ika Febriana Wati, M.Pd.




DELIA INDRAWATI

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-8

Menerapkan konsep pengetahuan keterampilan dasar dan mendemonstrasikan keterpaduan dalam pengetahuan dasar bidang studi (matematika, Bahasa, IPA, IPS, PKn, seni, olahraga).

PLO-9

Memecahkan masalah pengetahuan dan keterampilan dasar terpadu bidang studi (matematika, bahasa, IPA, IPS, PKn, seni, olahraga).

Program Objectives (PO)

PO - 1

Menerapkan teknik dasar sempoa dan jarimatika dalam operasi hitung bilangan (C3)

PO - 2

Menerapkan strategi penyelesaian masalah matematika menggunakan sempoa dan jarimatika dalam konteks kehidupan sehari-hari (C3)

PO - 3

Mengevaluasi perkembangan kemampuan berhitung siswa melalui implementasi teknik sempoa dan jarimatika (C5)

PO - 4

Menciptakan variasi permainan edukatif berbasis sempoa dan jarimatika untuk meningkatkan minat belajar matematika (C6)

Matrik PLO-PO

 
POPLO-8PLO-9
PO-1 
PO-2 
PO-3 
PO-4 

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah Sempoa Dan Jarimatika membekali mahasiswa dengan keterampilan berhitung menggunakan alat bantu sempoa tradisional dan teknik jarimatika (jari tangan) untuk operasi matematika dasar. Mata kuliah ini mencakup pengenalan sejarah dan filosofi kedua metode, teknik dasar penggunaan sempoa dan jari untuk penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian, serta strategi pengajaran yang efektif untuk siswa sekolah dasar. Tujuannya adalah agar mahasiswa mampu menguasai kedua metode tersebut secara praktis, memahami manfaatnya dalam meningkatkan kecepatan dan ketepatan berhitung, serta mampu merancang dan menerapkan pembelajaran yang menarik dan interaktif di kelas. Ruang lingkup mata kuliah meliputi latihan praktis penggunaan sempoa dan jarimatika, analisis kelebihan dan keterbatasan masing-masing metode, integrasi dengan kurikulum matematika SD, serta pengembangan bahan ajar kreatif yang sesuai dengan karakteristik siswa di Kabupaten Magetan.

Pustaka

Utama :

  1. Kojima, T. (2012). Advanced Abacus: Theory and Practice. Tuttle Publishing.
  2. Kojima, T. (2012). Japanese Abacus Use & Theory. Tuttle Publishing.
  3. Nuovo, A. (2022). Abacus manuals, schools and urban readers in early modern Venice and Milan. In The Book World of Early Modern Europe (pp. 257-290). Brill.
  4. Barker, A. R. (2006). The design, development and testing of an electronic abacus for representing mathematics to the visually impaired. University of Glasgow (United Kingdom).
  5. Birch, T. (2003). The Abacus of History. Australian Book Review.

Pendukung :

  1. Frisnoiry, S., Amanda, D., Natalia, D., & Sidabutar, P. (2024). Analisis Efektivitas Sempoa Sebagai Alat Hitung Kuno di Era Modern. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(6), 5042-5050.
  2. Wati, I. F., Jannah, Y. M., & Wulanningtyas, M. E. (2025). Studi Eksploratif Kecemasan Matematis dan Determinannya pada Mahasiswa Baru Calon Guru Sekolah Dasar. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 382-397.

Dosen Pengampu

Delia Indrawati, S.Pd., M.Pd.

Ika Febriana Wati, M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

  1. Mahasiswa dapat mengenal sempoa dan komponennya dengan benar.
  2. Mahasiswa mampu membilang menggunakan sempoa
  1. Ketepatan dalam mengenal sempoa beserta komponennya
  2. Ketepatan dalam menggunakan teknik sempoa untuk membilang
  3. Kecepatan dan akurasi dalam menyelesaikan soal membilang
Kriteria:

Terlampir


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja, Tes
Demonstrasi, praktik langsung, diskusi interaktif, dan latihan terstruktur.
2 x 50

Materi: Pengenalan alat sempoa dan prinsip dasar penggunaannya, Teknik dasar jarimatika untuk operasi hitung, Operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat dengan sempoa dan jarimatika, Operasi perkalian dan pembagian bilangan bulat dengan sempoa dan jarimatika, Konsep pecahan dan operasi dasar dengan sempoa dan jarimatika
Pustaka: Handbook Perkuliahan
3%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa dapat menggunakan sempoa untuk menyelesaikan operasi penjumlahan dengan benar.

  1. Kemampuan menggunakan sempoa untuk operasi penjumlahan
  2. Ketepatan hasil perhitungan
  3. Kecepatan dan efisiensi dalam menyelesaikan soal
Kriteria:

Terlampir


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Demonstrasi, praktik langsung, diskusi interaktif, dan latihan berkelompok.
2 x 50
Video demonstrasi penggunaan sempoa dan jarimatika, Latihan soal online dengan umpan balik otomatis, Kuis singkat untuk mengevaluasi pemahaman teknik
Materi: Penjumlahan pada Sempoa
Pustaka: Kojima, T. (2012). Advanced Abacus: Theory and Practice. Tuttle Publishing.
4%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa dapat menggunakan sempoa untuk menyelesaikan operasi penjumlahan berdasarkan konsep "teman kecil" dan "teman besar" dengan benar.

  1. Kemampuan menggunakan sempoa untuk operasi bilangan
  2. Kemampuan menggunakan jarimatika untuk operasi bilangan
  3. Ketepatan hasil perhitungan
  4. Kecepatan dan efisiensi dalam menyelesaikan soal
Kriteria:

Terlampir


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Demonstrasi, praktik langsung, diskusi interaktif, dan latihan berkelompok.
2 x 50
Video demonstrasi penggunaan sempoa dan jarimatika, Latihan soal online dengan umpan balik otomatis, Kuis singkat untuk mengevaluasi pemahaman teknik
Materi: Operasi penjumlahan berdasarkan konsep
Pustaka: Kojima, T. (2012). Advanced Abacus: Theory and Practice. Tuttle Publishing.

Materi: Operasi penjumlahan berdasarkan konsep "teman besar"
Pustaka: Birch, T. (2003). The Abacus of History. Australian Book Review.
4%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa dapat menggunakan sempoa untuk menyelesaikan permasalahan penjumlahan dalam kehidupan sehari-hari dengan teliti.

  1. Kemampuan menggunakan sempoa untuk operasi bilangan
  2. Kemampuan menggunakan jarimatika untuk operasi bilangan
  3. Ketepatan hasil perhitungan
  4. Kecepatan dan efisiensi dalam menyelesaikan soal
Kriteria:

Terlampir


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Demonstrasi, praktik langsung, diskusi interaktif, dan latihan berkelompok.
2 x 50
Video demonstrasi penggunaan sempoa dan jarimatika, Latihan soal online dengan umpan balik otomatis, Kuis singkat untuk mengevaluasi pemahaman teknik
Materi: Penjumlahan pada Sempoa
Pustaka: Frisnoiry, S., Amanda, D., Natalia, D., & Sidabutar, P. (2024). Analisis Efektivitas Sempoa Sebagai Alat Hitung Kuno di Era Modern. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(6), 5042-5050.
4%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa dapat menggunakan sempoa untuk menyelesaikan operasi pengurangan dengan benar.

  1. Kemampuan menggunakan sempoa untuk operasi bilangan
  2. Kemampuan menggunakan jarimatika untuk operasi bilangan
  3. Ketepatan hasil perhitungan
  4. Kecepatan dan efisiensi dalam menyelesaikan soal
Kriteria:

Terlampir


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Demonstrasi, praktik langsung, diskusi interaktif, dan latihan berkelompok.
2 x 50
Video demonstrasi penggunaan sempoa dan jarimatika, Latihan soal online dengan umpan balik otomatis, Kuis singkat untuk mengevaluasi pemahaman teknik
Materi: Operasi pengurangan pada sempoa
Pustaka: Nuovo, A. (2022). Abacus manuals, schools and urban readers in early modern Venice and Milan. In The Book World of Early Modern Europe (pp. 257-290). Brill.
4%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa dapat menggunakan sempoa untuk menyelesaikan operasi pengurangan menggunakan konsep "teman kecil" dan "teman besar" dengan benar.

  1. Kemampuan menggunakan sempoa untuk operasi bilangan
  2. Kemampuan menggunakan jarimatika untuk operasi bilangan
  3. Ketepatan hasil perhitungan
  4. Kecepatan dan efisiensi dalam menyelesaikan soal
Kriteria:

Terlampir


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Demonstrasi, praktik langsung, diskusi interaktif, dan latihan berkelompok.
2 x 50
Video demonstrasi penggunaan sempoa dan jarimatika, Latihan soal online dengan umpan balik otomatis, Kuis singkat untuk mengevaluasi pemahaman teknik
Materi: Operasi pengurangan pada sempoa
Pustaka: Nuovo, A. (2022). Abacus manuals, schools and urban readers in early modern Venice and Milan. In The Book World of Early Modern Europe (pp. 257-290). Brill.
4%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa dapat menggunakan sempoa untuk menyelesaikan permasalahan pengurangan dalam kehidupan sehari-hari dengan cermat.

  1. Kemampuan menggunakan sempoa untuk operasi bilangan bulat
  2. Kemampuan menggunakan jarimatika untuk operasi pecahan
  3. Ketepatan hasil perhitungan
  4. Kecepatan dan efisiensi dalam menyelesaikan soal
Kriteria:

Terlampir


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja, Tes
Demonstrasi, praktik langsung, diskusi interaktif, dan latihan berkelompok.
2 x 50
Video demonstrasi penggunaan sempoa dan jarimatika, Latihan soal online dengan umpan balik otomatis, Kuis singkat untuk mengevaluasi pemahaman teknik
Materi: Operasi pengurangan pada sempoa
Pustaka: Nuovo, A. (2022). Abacus manuals, schools and urban readers in early modern Venice and Milan. In The Book World of Early Modern Europe (pp. 257-290). Brill.
4%

8

Minggu ke 8

Mahasiswa dapat menggunakan sempoa untuk menyelesaikan operasi pengurangan menggunakan konsep "teman besar" dengan benar.

  1. Kemampuan menggunakan sempoa untuk operasi bilangan
  2. Kemampuan menggunakan jarimatika untuk operasi bilangan
  3. Ketepatan hasil perhitungan
  4. Kecepatan dan efisiensi dalam menyelesaikan soal
Kriteria:

Terlampir


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes
Praktik Langsung
2 x 50

Materi: Operasi pengurangan pada sempoa
Pustaka: Nuovo, A. (2022). Abacus manuals, schools and urban readers in early modern Venice and Milan. In The Book World of Early Modern Europe (pp. 257-290). Brill.

Materi: Operasi Penjumlahan pada Sempoa
Pustaka: Kojima, T. (2012). Advanced Abacus: Theory and Practice. Tuttle Publishing.
20%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa dapat menggunakan sempoa untuk menyelesaikan operasi perkalian dengan benar.

  1. Kemampuan menggunakan sempoa untuk operasi bilangan
  2. Kemampuan menggunakan jarimatika untuk operasi bilangan
  3. Ketepatan hasil perhitungan
  4. Kecepatan dan efisiensi dalam menyelesaikan soal
Kriteria:

Terlampir


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja, Tes
Demonstrasi, praktik langsung, diskusi interaktif, dan latihan berkelompok.
2 x 50
Video demonstrasi penggunaan sempoa dan jarimatika, Latihan soal online dengan umpan balik otomatis, Kuis singkat untuk mengevaluasi pemahaman teknik
Materi: Perkalian pada Sempoa
Pustaka: Barker, A. R. (2006). The design, development and testing of an electronic abacus for representing mathematics to the visually impaired. University of Glasgow (United Kingdom).
4%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa dapat menggunakan sempoa untuk menyelesaikan operasi pembagian dengan benar.

  1. Kemampuan menggunakan sempoa untuk operasi bilangan
  2. Kemampuan menggunakan jarimatika untuk operasi bilangan
  3. Ketepatan hasil perhitungan
  4. Kecepatan dan efisiensi dalam menyelesaikan soal
Kriteria:

Terlampir


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja, Tes
Demonstrasi, praktik langsung, diskusi interaktif, dan latihan berkelompok.
2 x 50
Video demonstrasi penggunaan sempoa dan jarimatika, Latihan soal online dengan umpan balik otomatis, Kuis singkat untuk mengevaluasi pemahaman teknik
Materi: Pembagian pada sempoa
Pustaka: Birch, T. (2003). The Abacus of History. Australian Book Review.
4%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa dapat menggunakan jarimatika untuk menyelesaikan operasi penjumlahan dengan benar.

  1. Kemampuan menggunakan sempoa untuk operasi bilangan
  2. Kemampuan menggunakan jarimatika untuk operasi bilangan
  3. Ketepatan hasil perhitungan
  4. Kecepatan dan efisiensi dalam menyelesaikan soal
Kriteria:

Terlampir


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Demonstrasi, praktik langsung, diskusi interaktif, dan latihan berkelompok.
2 x 50
Video demonstrasi penggunaan sempoa dan jarimatika, Latihan soal online dengan umpan balik otomatis, Kuis singkat untuk mengevaluasi pemahaman teknik
Materi: Perhitungan Inovatif
Pustaka: Wati, I. F., Jannah, Y. M., & Wulanningtyas, M. E. (2025). Studi Eksploratif Kecemasan Matematis dan Determinannya pada Mahasiswa Baru Calon Guru Sekolah Dasar. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 382-397.
4%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa dapat menggunakan jarimatika untuk menyelesaikan operasi pengurangan dengan benar.

  1. Kemampuan menggunakan sempoa untuk operasi bilangan
  2. Kemampuan menggunakan jarimatika untuk operasi bilangan
  3. Ketepatan hasil perhitungan
  4. Kecepatan dan efisiensi dalam menyelesaikan soal
Kriteria:

Terlampir


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja, Tes
Demonstrasi, praktik langsung, diskusi interaktif, dan latihan berkelompok.
2 x 50
Video demonstrasi penggunaan sempoa dan jarimatika, Latihan soal online dengan umpan balik otomatis, Kuis singkat untuk mengevaluasi pemahaman teknik
Materi: Perhitungan Inovatif
Pustaka: Wati, I. F., Jannah, Y. M., & Wulanningtyas, M. E. (2025). Studi Eksploratif Kecemasan Matematis dan Determinannya pada Mahasiswa Baru Calon Guru Sekolah Dasar. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 382-397.
4%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa dapat menggunakan jarimatika untuk menyelesaikan operasi perkalian dengan benar.

  1. Kemampuan menggunakan sempoa untuk operasi bilangan
  2. Kemampuan menggunakan jarimatika untuk operasi bilangan
  3. Ketepatan hasil perhitungan
  4. Kecepatan dan efisiensi dalam menyelesaikan soal
Kriteria:

Terlampir


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja, Tes
Demonstrasi, praktik langsung, diskusi interaktif, dan latihan berkelompok.
2 x 50
Video demonstrasi penggunaan sempoa dan jarimatika, Latihan soal online dengan umpan balik otomatis, Kuis singkat untuk mengevaluasi pemahaman teknik
Materi: Perhitungan Inovatif
Pustaka: Wati, I. F., Jannah, Y. M., & Wulanningtyas, M. E. (2025). Studi Eksploratif Kecemasan Matematis dan Determinannya pada Mahasiswa Baru Calon Guru Sekolah Dasar. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 382-397.
4%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa dapat menggunakan jarimatika untuk menyelesaikan operasi pembagian dengan benar.

  1. Kemampuan menggunakan sempoa untuk operasi bilangan
  2. Kemampuan menggunakan jarimatika untuk operasi bilangan
  3. Ketepatan hasil perhitungan
  4. Kecepatan dan efisiensi dalam menyelesaikan soal
Kriteria:

Terlampir


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Demonstrasi, praktik langsung, diskusi interaktif, dan latihan berkelompok.
2 x 50
Video demonstrasi penggunaan sempoa dan jarimatika, Latihan soal online dengan umpan balik otomatis, Kuis singkat untuk mengevaluasi pemahaman teknik
Materi: Perhitungan Inovatif
Pustaka: Wati, I. F., Jannah, Y. M., & Wulanningtyas, M. E. (2025). Studi Eksploratif Kecemasan Matematis dan Determinannya pada Mahasiswa Baru Calon Guru Sekolah Dasar. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 382-397.
4%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa dapat menggunakan sempoa dan jarimatika untuk mengembangkan dan mengevaluasi kemampuan peserta didik

  1. Kemampuan menggunakan sempoa untuk operasi bilangan
  2. Kemampuan menggunakan jarimatika untuk operasi bilangan
  3. Ketepatan hasil perhitungan
  4. Kecepatan dan efisiensi dalam menyelesaikan soal
Kriteria:

Terlampir


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes
Demonstrasi, praktik langsung, diskusi interaktif, dan latihan berkelompok.
2 x 50
Video demonstrasi penggunaan sempoa dan jarimatika, Latihan soal online dengan umpan balik otomatis, Kuis singkat untuk mengevaluasi pemahaman teknik
Materi: Perhitungan Inovatif
Pustaka: Wati, I. F., Jannah, Y. M., & Wulanningtyas, M. E. (2025). Studi Eksploratif Kecemasan Matematis dan Determinannya pada Mahasiswa Baru Calon Guru Sekolah Dasar. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 382-397.
4%

16

Minggu ke 16

Mahasiswa dapat menggunakan sempoa dan jarimatika untuk mengembangkan dan mengevaluasi kemampuan peserta didik

  1. Kemampuan menggunakan sempoa untuk operasi bilangan
  2. Kemampuan menggunakan jarimatika untuk operasi bilangan
  3. Kreativitas menciptakan permainan dan pembelajaran untuk peserta didik
  4. Kemampuan mengajarkan konsep sempoa dan jarimatika pada peserta didik
Kriteria:

Laporan Proyek


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja
Demonstrasi, praktik langsung, diskusi interaktif, dan latihan berkelompok.
2 x 50
Video demonstrasi penggunaan sempoa dan jarimatika, Latihan soal online dengan umpan balik otomatis, Kuis singkat untuk mengevaluasi pemahaman teknik
Materi: Perhitungan Inovatif
Pustaka: Wati, I. F., Jannah, Y. M., & Wulanningtyas, M. E. (2025). Studi Eksploratif Kecemasan Matematis dan Determinannya pada Mahasiswa Baru Calon Guru Sekolah Dasar. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 382-397.
25%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 12.83%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 43.99%
3. Penilaian Portofolio 0.5%
4. Penilaian Praktikum 0.5%
5. Praktik / Unjuk Kerja 23.99%
6. Tes 18.16%
99.97%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.