
|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas PSDKU
Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Kampus Kabupaten Magetan)
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Sempoa dan Jarimatika |
8624302053 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
3 |
8 Agustus 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Ika Febriana Wati, M.Pd.
|
Ika Febriana Wati, M.Pd.
|
DELIA INDRAWATI |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-8 |
Menerapkan konsep pengetahuan keterampilan dasar dan mendemonstrasikan keterpaduan dalam pengetahuan dasar bidang studi (matematika, Bahasa, IPA, IPS, PKn, seni, olahraga). |
PLO-9 |
Memecahkan masalah pengetahuan dan keterampilan dasar terpadu bidang studi (matematika, bahasa, IPA, IPS, PKn, seni, olahraga). |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Menerapkan teknik dasar sempoa dan jarimatika dalam operasi hitung bilangan (C3)
|
PO - 2 |
Menerapkan strategi penyelesaian masalah matematika menggunakan sempoa dan jarimatika dalam konteks kehidupan sehari-hari (C3)
|
PO - 3 |
Mengevaluasi perkembangan kemampuan berhitung siswa melalui implementasi teknik sempoa dan jarimatika (C5)
|
PO - 4 |
Menciptakan variasi permainan edukatif berbasis sempoa dan jarimatika untuk meningkatkan minat belajar matematika (C6)
|
Matrik PLO-PO |
| |
| PO | PLO-8 | PLO-9 | | PO-1 | ✔ | | | PO-2 | | ✔ | | PO-3 | | ✔ | | PO-4 | ✔ | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
| |
| PO |
Minggu Ke |
| 1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
| PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | | ✔ | ✔ | ✔ | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | PO-2 | | | | ✔ | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | | | | | ✔ | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | | | | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah Sempoa Dan Jarimatika membekali mahasiswa dengan keterampilan berhitung menggunakan alat bantu sempoa tradisional dan teknik jarimatika (jari tangan) untuk operasi matematika dasar. Mata kuliah ini mencakup pengenalan sejarah dan filosofi kedua metode, teknik dasar penggunaan sempoa dan jari untuk penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian, serta strategi pengajaran yang efektif untuk siswa sekolah dasar. Tujuannya adalah agar mahasiswa mampu menguasai kedua metode tersebut secara praktis, memahami manfaatnya dalam meningkatkan kecepatan dan ketepatan berhitung, serta mampu merancang dan menerapkan pembelajaran yang menarik dan interaktif di kelas. Ruang lingkup mata kuliah meliputi latihan praktis penggunaan sempoa dan jarimatika, analisis kelebihan dan keterbatasan masing-masing metode, integrasi dengan kurikulum matematika SD, serta pengembangan bahan ajar kreatif yang sesuai dengan karakteristik siswa di Kabupaten Magetan. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Kojima, T. (2012). Advanced Abacus: Theory and Practice. Tuttle Publishing.
- Kojima, T. (2012). Japanese Abacus Use & Theory. Tuttle Publishing.
- Nuovo, A. (2022). Abacus manuals, schools and urban readers in early modern Venice and Milan. In The Book World of Early Modern Europe (pp. 257-290). Brill.
- Barker, A. R. (2006). The design, development and testing of an electronic abacus for representing mathematics to the visually impaired. University of Glasgow (United Kingdom).
- Birch, T. (2003). The Abacus of History. Australian Book Review.
|
Pendukung : |
|
- Frisnoiry, S., Amanda, D., Natalia, D., & Sidabutar, P. (2024). Analisis Efektivitas Sempoa Sebagai Alat Hitung Kuno di Era Modern. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(6), 5042-5050.
- Wati, I. F., Jannah, Y. M., & Wulanningtyas, M. E. (2025). Studi Eksploratif Kecemasan Matematis dan Determinannya pada Mahasiswa Baru Calon Guru Sekolah Dasar. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 382-397.
|
Dosen Pengampu
|
Delia Indrawati, S.Pd., M.Pd. Ika Febriana Wati, M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
- Mahasiswa dapat mengenal sempoa dan komponennya dengan benar.
- Mahasiswa mampu membilang menggunakan sempoa
|
- Ketepatan dalam mengenal sempoa beserta komponennya
- Ketepatan dalam menggunakan teknik sempoa untuk membilang
- Kecepatan dan akurasi dalam menyelesaikan soal membilang
|
Kriteria:
Terlampir Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Penilaian Praktikum, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
Demonstrasi, praktik langsung, diskusi interaktif, dan latihan terstruktur. 2 x 50 |
|
Materi: Pengenalan alat sempoa dan prinsip dasar penggunaannya, Teknik dasar jarimatika untuk operasi hitung, Operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat dengan sempoa dan jarimatika, Operasi perkalian dan pembagian bilangan bulat dengan sempoa dan jarimatika, Konsep pecahan dan operasi dasar dengan sempoa dan jarimatika Pustaka: Handbook Perkuliahan |
3% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa dapat menggunakan sempoa untuk menyelesaikan operasi penjumlahan dengan benar. |
- Kemampuan menggunakan sempoa untuk operasi penjumlahan
- Ketepatan hasil perhitungan
- Kecepatan dan efisiensi dalam menyelesaikan soal
|
Kriteria:
Terlampir Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Demonstrasi, praktik langsung, diskusi interaktif, dan latihan berkelompok. 2 x 50 |
Video demonstrasi penggunaan sempoa dan jarimatika, Latihan soal online dengan umpan balik otomatis, Kuis singkat untuk mengevaluasi pemahaman teknik
|
Materi: Penjumlahan pada Sempoa Pustaka: Kojima, T. (2012). Advanced Abacus: Theory and Practice. Tuttle Publishing. |
4% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa dapat menggunakan sempoa untuk menyelesaikan operasi penjumlahan berdasarkan konsep "teman kecil" dan "teman besar" dengan benar. |
- Kemampuan menggunakan sempoa untuk operasi bilangan
- Kemampuan menggunakan jarimatika untuk operasi bilangan
- Ketepatan hasil perhitungan
- Kecepatan dan efisiensi dalam menyelesaikan soal
|
Kriteria:
Terlampir Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Demonstrasi, praktik langsung, diskusi interaktif, dan latihan berkelompok. 2 x 50 |
Video demonstrasi penggunaan sempoa dan jarimatika, Latihan soal online dengan umpan balik otomatis, Kuis singkat untuk mengevaluasi pemahaman teknik
|
Materi: Operasi penjumlahan berdasarkan konsep Pustaka: Kojima, T. (2012). Advanced Abacus: Theory and Practice. Tuttle Publishing. Materi: Operasi penjumlahan berdasarkan konsep "teman besar" Pustaka: Birch, T. (2003). The Abacus of History. Australian Book Review. |
4% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa dapat menggunakan sempoa untuk menyelesaikan permasalahan penjumlahan dalam kehidupan sehari-hari dengan teliti. |
- Kemampuan menggunakan sempoa untuk operasi bilangan
- Kemampuan menggunakan jarimatika untuk operasi bilangan
- Ketepatan hasil perhitungan
- Kecepatan dan efisiensi dalam menyelesaikan soal
|
Kriteria:
Terlampir Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Demonstrasi, praktik langsung, diskusi interaktif, dan latihan berkelompok. 2 x 50 |
Video demonstrasi penggunaan sempoa dan jarimatika, Latihan soal online dengan umpan balik otomatis, Kuis singkat untuk mengevaluasi pemahaman teknik
|
Materi: Penjumlahan pada Sempoa Pustaka: Frisnoiry, S., Amanda, D., Natalia, D., & Sidabutar, P. (2024). Analisis Efektivitas Sempoa Sebagai Alat Hitung Kuno di Era Modern. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(6), 5042-5050. |
4% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa dapat menggunakan sempoa untuk menyelesaikan operasi pengurangan dengan benar. |
- Kemampuan menggunakan sempoa untuk operasi bilangan
- Kemampuan menggunakan jarimatika untuk operasi bilangan
- Ketepatan hasil perhitungan
- Kecepatan dan efisiensi dalam menyelesaikan soal
|
Kriteria:
Terlampir Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Demonstrasi, praktik langsung, diskusi interaktif, dan latihan berkelompok. 2 x 50 |
Video demonstrasi penggunaan sempoa dan jarimatika, Latihan soal online dengan umpan balik otomatis, Kuis singkat untuk mengevaluasi pemahaman teknik
|
Materi: Operasi pengurangan pada sempoa Pustaka: Nuovo, A. (2022). Abacus manuals, schools and urban readers in early modern Venice and Milan. In The Book World of Early Modern Europe (pp. 257-290). Brill. |
4% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa dapat menggunakan sempoa untuk menyelesaikan operasi pengurangan menggunakan konsep "teman kecil" dan "teman besar" dengan benar. |
- Kemampuan menggunakan sempoa untuk operasi bilangan
- Kemampuan menggunakan jarimatika untuk operasi bilangan
- Ketepatan hasil perhitungan
- Kecepatan dan efisiensi dalam menyelesaikan soal
|
Kriteria:
Terlampir Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Demonstrasi, praktik langsung, diskusi interaktif, dan latihan berkelompok. 2 x 50 |
Video demonstrasi penggunaan sempoa dan jarimatika, Latihan soal online dengan umpan balik otomatis, Kuis singkat untuk mengevaluasi pemahaman teknik
|
Materi: Operasi pengurangan pada sempoa Pustaka: Nuovo, A. (2022). Abacus manuals, schools and urban readers in early modern Venice and Milan. In The Book World of Early Modern Europe (pp. 257-290). Brill. |
4% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa dapat menggunakan sempoa untuk menyelesaikan permasalahan pengurangan dalam kehidupan sehari-hari dengan cermat. |
- Kemampuan menggunakan sempoa untuk operasi bilangan bulat
- Kemampuan menggunakan jarimatika untuk operasi pecahan
- Ketepatan hasil perhitungan
- Kecepatan dan efisiensi dalam menyelesaikan soal
|
Kriteria:
Terlampir Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
Demonstrasi, praktik langsung, diskusi interaktif, dan latihan berkelompok. 2 x 50 |
Video demonstrasi penggunaan sempoa dan jarimatika, Latihan soal online dengan umpan balik otomatis, Kuis singkat untuk mengevaluasi pemahaman teknik
|
Materi: Operasi pengurangan pada sempoa Pustaka: Nuovo, A. (2022). Abacus manuals, schools and urban readers in early modern Venice and Milan. In The Book World of Early Modern Europe (pp. 257-290). Brill. |
4% |
8
Minggu ke 8 |
Mahasiswa dapat menggunakan sempoa untuk menyelesaikan operasi pengurangan menggunakan konsep "teman besar" dengan benar. |
- Kemampuan menggunakan sempoa untuk operasi bilangan
- Kemampuan menggunakan jarimatika untuk operasi bilangan
- Ketepatan hasil perhitungan
- Kecepatan dan efisiensi dalam menyelesaikan soal
|
Kriteria:
Terlampir Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes |
Praktik Langsung 2 x 50 |
|
Materi: Operasi pengurangan pada sempoa Pustaka: Nuovo, A. (2022). Abacus manuals, schools and urban readers in early modern Venice and Milan. In The Book World of Early Modern Europe (pp. 257-290). Brill. Materi: Operasi Penjumlahan pada Sempoa Pustaka: Kojima, T. (2012). Advanced Abacus: Theory and Practice. Tuttle Publishing. |
20% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa dapat menggunakan sempoa untuk menyelesaikan operasi perkalian dengan benar. |
- Kemampuan menggunakan sempoa untuk operasi bilangan
- Kemampuan menggunakan jarimatika untuk operasi bilangan
- Ketepatan hasil perhitungan
- Kecepatan dan efisiensi dalam menyelesaikan soal
|
Kriteria:
Terlampir Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
Demonstrasi, praktik langsung, diskusi interaktif, dan latihan berkelompok. 2 x 50 |
Video demonstrasi penggunaan sempoa dan jarimatika, Latihan soal online dengan umpan balik otomatis, Kuis singkat untuk mengevaluasi pemahaman teknik
|
Materi: Perkalian pada Sempoa Pustaka: Barker, A. R. (2006). The design, development and testing of an electronic abacus for representing mathematics to the visually impaired. University of Glasgow (United Kingdom). |
4% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa dapat menggunakan sempoa untuk menyelesaikan operasi pembagian dengan benar. |
- Kemampuan menggunakan sempoa untuk operasi bilangan
- Kemampuan menggunakan jarimatika untuk operasi bilangan
- Ketepatan hasil perhitungan
- Kecepatan dan efisiensi dalam menyelesaikan soal
|
Kriteria:
Terlampir Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
Demonstrasi, praktik langsung, diskusi interaktif, dan latihan berkelompok. 2 x 50 |
Video demonstrasi penggunaan sempoa dan jarimatika, Latihan soal online dengan umpan balik otomatis, Kuis singkat untuk mengevaluasi pemahaman teknik
|
Materi: Pembagian pada sempoa Pustaka: Birch, T. (2003). The Abacus of History. Australian Book Review. |
4% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa dapat menggunakan jarimatika untuk menyelesaikan operasi penjumlahan dengan benar. |
- Kemampuan menggunakan sempoa untuk operasi bilangan
- Kemampuan menggunakan jarimatika untuk operasi bilangan
- Ketepatan hasil perhitungan
- Kecepatan dan efisiensi dalam menyelesaikan soal
|
Kriteria:
Terlampir Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Demonstrasi, praktik langsung, diskusi interaktif, dan latihan berkelompok. 2 x 50 |
Video demonstrasi penggunaan sempoa dan jarimatika, Latihan soal online dengan umpan balik otomatis, Kuis singkat untuk mengevaluasi pemahaman teknik
|
Materi: Perhitungan Inovatif Pustaka: Wati, I. F., Jannah, Y. M., & Wulanningtyas, M. E. (2025). Studi Eksploratif Kecemasan Matematis dan Determinannya pada Mahasiswa Baru Calon Guru Sekolah Dasar. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 382-397. |
4% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa dapat menggunakan jarimatika untuk menyelesaikan operasi pengurangan dengan benar. |
- Kemampuan menggunakan sempoa untuk operasi bilangan
- Kemampuan menggunakan jarimatika untuk operasi bilangan
- Ketepatan hasil perhitungan
- Kecepatan dan efisiensi dalam menyelesaikan soal
|
Kriteria:
Terlampir Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
Demonstrasi, praktik langsung, diskusi interaktif, dan latihan berkelompok. 2 x 50 |
Video demonstrasi penggunaan sempoa dan jarimatika, Latihan soal online dengan umpan balik otomatis, Kuis singkat untuk mengevaluasi pemahaman teknik
|
Materi: Perhitungan Inovatif Pustaka: Wati, I. F., Jannah, Y. M., & Wulanningtyas, M. E. (2025). Studi Eksploratif Kecemasan Matematis dan Determinannya pada Mahasiswa Baru Calon Guru Sekolah Dasar. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 382-397. |
4% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa dapat menggunakan jarimatika untuk menyelesaikan operasi perkalian dengan benar. |
- Kemampuan menggunakan sempoa untuk operasi bilangan
- Kemampuan menggunakan jarimatika untuk operasi bilangan
- Ketepatan hasil perhitungan
- Kecepatan dan efisiensi dalam menyelesaikan soal
|
Kriteria:
Terlampir Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
Demonstrasi, praktik langsung, diskusi interaktif, dan latihan berkelompok. 2 x 50 |
Video demonstrasi penggunaan sempoa dan jarimatika, Latihan soal online dengan umpan balik otomatis, Kuis singkat untuk mengevaluasi pemahaman teknik
|
Materi: Perhitungan Inovatif Pustaka: Wati, I. F., Jannah, Y. M., & Wulanningtyas, M. E. (2025). Studi Eksploratif Kecemasan Matematis dan Determinannya pada Mahasiswa Baru Calon Guru Sekolah Dasar. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 382-397. |
4% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa dapat menggunakan jarimatika untuk menyelesaikan operasi pembagian dengan benar. |
- Kemampuan menggunakan sempoa untuk operasi bilangan
- Kemampuan menggunakan jarimatika untuk operasi bilangan
- Ketepatan hasil perhitungan
- Kecepatan dan efisiensi dalam menyelesaikan soal
|
Kriteria:
Terlampir Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Demonstrasi, praktik langsung, diskusi interaktif, dan latihan berkelompok. 2 x 50 |
Video demonstrasi penggunaan sempoa dan jarimatika, Latihan soal online dengan umpan balik otomatis, Kuis singkat untuk mengevaluasi pemahaman teknik
|
Materi: Perhitungan Inovatif Pustaka: Wati, I. F., Jannah, Y. M., & Wulanningtyas, M. E. (2025). Studi Eksploratif Kecemasan Matematis dan Determinannya pada Mahasiswa Baru Calon Guru Sekolah Dasar. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 382-397. |
4% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa dapat menggunakan sempoa dan jarimatika untuk mengembangkan dan mengevaluasi kemampuan peserta didik |
- Kemampuan menggunakan sempoa untuk operasi bilangan
- Kemampuan menggunakan jarimatika untuk operasi bilangan
- Ketepatan hasil perhitungan
- Kecepatan dan efisiensi dalam menyelesaikan soal
|
Kriteria:
Terlampir Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes |
Demonstrasi, praktik langsung, diskusi interaktif, dan latihan berkelompok. 2 x 50 |
Video demonstrasi penggunaan sempoa dan jarimatika, Latihan soal online dengan umpan balik otomatis, Kuis singkat untuk mengevaluasi pemahaman teknik
|
Materi: Perhitungan Inovatif Pustaka: Wati, I. F., Jannah, Y. M., & Wulanningtyas, M. E. (2025). Studi Eksploratif Kecemasan Matematis dan Determinannya pada Mahasiswa Baru Calon Guru Sekolah Dasar. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 382-397. |
4% |
16
Minggu ke 16 |
Mahasiswa dapat menggunakan sempoa dan jarimatika untuk mengembangkan dan mengevaluasi kemampuan peserta didik |
- Kemampuan menggunakan sempoa untuk operasi bilangan
- Kemampuan menggunakan jarimatika untuk operasi bilangan
- Kreativitas menciptakan permainan dan pembelajaran untuk peserta didik
- Kemampuan mengajarkan konsep sempoa dan jarimatika pada peserta didik
|
Kriteria:
Laporan Proyek Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Demonstrasi, praktik langsung, diskusi interaktif, dan latihan berkelompok. 2 x 50 |
Video demonstrasi penggunaan sempoa dan jarimatika, Latihan soal online dengan umpan balik otomatis, Kuis singkat untuk mengevaluasi pemahaman teknik
|
Materi: Perhitungan Inovatif Pustaka: Wati, I. F., Jannah, Y. M., & Wulanningtyas, M. E. (2025). Studi Eksploratif Kecemasan Matematis dan Determinannya pada Mahasiswa Baru Calon Guru Sekolah Dasar. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 382-397. |
25% |