Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S2 Pendidikan Matematika

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Inovasi Pembelajaran Pada Pendidikan Matematika

8410202137

T=2

P=0

ECTS=4.48

0

29 September 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Dr. Agung Lukito, M.S.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

Program Objectives (PO)

Matrik PLO-PO

 
PO

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Matakuliah ini merupakan matakuliah keahlian pilihan bagi mahasiswa program studi S2 Pendidikan Matematika dan bersifat self-inovative study. Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan dapat memiliki pemahaman dalam melakukan analisas-sintesa terhadap permasalahan dan/atau problematika dalam pembelajaran matematika. Solusi inovatif dari permasalahan dan/atau problematika dalam pembelajaran matematika diharapkan dapat mendukung dan meningkatkan kualitas topik yang diangkat dalam penyusunan tesis master. Solusi inovatif tersebut meliputi minimal dua komponen dari komponen: struktur dan kedalaman bahan ajar, pembelajaran, assesmen dan evaluasi, media pembelajaran, maupun pengembangan perangkat pembelajaran. Materi perkuliahan meliputi pentingnya pengertian inovasi, pentingnya inovasi dalam bidang pendidikan matematika, melakukan kajian terhadap problematika dalam pendidikan matematika, inovasi yang bereputasi dan feasible dilakukan untuk menyelesaikan problematika pendidikan matematika, serta pengembangan inovasi baru di bidang pendidikan matematika. Pendekatan pembelajaran = YF INOVASI PEMB pada PEND MAT S2 RPS 2018-2019 = Page 2 menggunakan pendekatan konstruktivisme dan mendisain difusi setiap aspeknya. Metode pembelajaran yang digunakan adalah gabungan dari problem-based learning, inkuiri, diskusi, penugasan dan presentasi

Pustaka

Utama :

  1. Referensi:
    1. Abdulwahed, M., Jaworski, B. and Crawford, A.R. Innovative Approaches to Teaching Mathematics in Higher Eduaction: A Review and Critique. Loughborough University.
    2. Oliver, G. 2013. Innovation and Creativity in Science and Mathematics Education. Australian Sciences & Mathematics School.
    3. Tall, D. 2013. How Humans Learn to Think Mathematically: Exploring the Three Worlds of Mathematics. New York: Cambridge University Press.
    4. Khongji, P., & Nongbsap, W. 2015. Some Innovations in Teaching of Mathematics (At Under Graduate Level). IJSR Volume 4 (7), 1345-1349.
    5. Ulm, V. 2010. Systemic Innovations of Mathematics Education with Dynamic Worksheet as Catalysts. Proceedings of CERME 6, January 28th-February 1st 2009, Lyon France © INRP 2010.
    6. Ernest, P., Sriraraman, B., & Ernest, N. 2016. Critical Mathematics Education: Theory, Praxis, and Reality. Information Age Publishing Inc. NC.
    7. Rezat, S., Hattermann, M., & Peter-Koop, A. 2014. Transformation – A Fundamental Idea of Mathematics Education. Springer New York.
    8. Artikel-artikel terkait dan relevan dari berbagai sumber di internet.

Pendukung :

Dosen Pengampu

Prof. Dr. Mega Teguh Budiarto, M. Pd.

Dr. Susanah, M.Pd.

Dr. Siti Khabibah, M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1



0%

2

Minggu ke 2



0%

3

Minggu ke 3



0%

4

Minggu ke 4



0%

5

Minggu ke 5



0%

6

Minggu ke 6



0%

7

Minggu ke 7



0%

8

Minggu ke 8



0%

9

Minggu ke 9



0%

10

Minggu ke 10



0%

11

Minggu ke 11



0%

12

Minggu ke 12



0%

13

Minggu ke 13



0%

14

Minggu ke 14



0%

15

Minggu ke 15



0%

16

Minggu ke 16



0%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
0%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.