Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Program Studi S1 Pendidikan Sejarah

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Keterampilan Mengajar dan Pembelajaran Mikro

8720102217

Matakuliah Dasar Keahlian

T=2

P=0

ECTS=3.18

3

19 Agustus 2021

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dr. Agus Suprijono, M.Si, Dra. Sri Mastuti, M.Hum, Cory Liana, S.Pd, M.Pd, Riyadi, S.Pd, MA., Dinar Rizky Listyaputri, M.Pd.




Dr. Agus Suprijono, M.Si




Dr. Wisnu, M.Hum.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-5

Mampu Merancang, Melaksanakan, Menilai Proses dan Hasil Pembelajaran Sejarah

PLO-6

Mampu Memecahkan Kompleksitas Permasalahan Pembelajaran Sejarah Berbasis Riset Inter Disiplin dan Multi Disiplin

Program Objectives (PO)

PO - 1

Menganalisis hakikat keterampilan mengajar dan pembelajaran mikro

PO - 2

Mengaplikasikan hakikat keterampilan mengajar dan pembelajaran mikro

PO - 3

Menganalisis perencanaan pembelajaran mikro

PO - 4

Mengaplikasikan perencanaan pembelajaran mikro

PO - 5

Menganalisis prosedur pelaksanaan pembelajaran mikro

PO - 6

Mengaplikasikan prosedur pelaksanaan pembelajaran mikro

PO - 7

Menganalisis keterampilan dasar mengajar

PO - 8

Mengaplikasikan keterampilan dasar mengajar dalam pembelajaran mikro

Matrik PLO-PO

 
POPLO-2PLO-3PLO-4PLO-5PLO-6
PO-1     
PO-2     
PO-3     
PO-4     
PO-5     
PO-6     
PO-7     
PO-8     

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7
PO-8

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini membahas Pengertian dan Langkah-Langkah Tentang Observasi dan Pembelajaran, Mikro, Keterampilan Bertanya, Keterampilan Memberikan Penguatan, Keterampilan Melakukan Variasi, Keterampilan, Menjelaskan, Keterampilan Membuka dan Menutup, Keterampilan Membimbing Diskusi Kelompok Kecil, Keterampilan, Mengelola Kelas, Keterampilan Mengajar Kelompok Kecil dan Perseorangan.

Pustaka

Utama :

  1. Sanjaya,Wina. 2009. “Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran”, Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.
  2. Suparman, Atwi. 2011. “Desain Instruksional” Jakarta: Pusat Antar Universitas untuk Peningkatan.
  3. Usman, User. 2011. Menjadi Guru dalam Proses belajar Mengajar. Bandung: Rosdakarya.
  4. Wijaya, Cece,Cs. 2010. Kemampuan Guru dalam Proses Belajar mengajar. Bandung: Rosdakarya.

Pendukung :

  1. E.Mulyasa. 2007. Satndar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT RemajaRosdakarya
  2. Joyce. B dan Weil. M. 2009. Models Of Teaching. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dosen Pengampu

Drs. Sumarno, M.Hum.

Drs. Artono, M.Hum.

Prof. Drs. Nasution, M.Hum., M.Ed., Ph.D.

Dr. Agus Suprijono, M.Si.

Drs. Agus Trilaksana, M.Hum.

Dra. Sri Mastuti Purwaningsih, M.Hum.

Septina Alrianingrum, S.S., M.Pd.

Corry Liana, S.Pd., M.Pd.

Riyadi, S.Pd., M.A.

Dr. Izzatul Fajriyah, M.Pd.

Dinar Rizky Listyaputri, M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mampu memahami dan memiliki pengertian dan wawasan tentang keterampilan mengajar dan pembelajaran mikromampu menjelaskan hakikat keterampilan dasar memimpin diskusi kecil mampu menjelaskan hakikat keterampilan dasar melakukan variasi serta menjelaskannya dalam pembelajaranmampu menjelaskan hakikat keterampilan dasar menjelaskan serta menjelaskannya dalam pembelajaran

  1. Mahasiswa merumuskan definisi keterampilan mengajar dan pembelajaran mikro
  2. merumuskan tujuan dan manfaat keterampilan mengajar dan pembelajaran mikro

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

2 X 50
Small group discussion dan resitasi
Materi: definisi keterampilan mengajar dan pembelajaran mikro
Pustaka: Sanjaya,Wina. 2009. “Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran”, Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Materi: tujuan dan manfaat keterampilan mengajar dan pembelajaran mikro
Pustaka: Suparman, Atwi. 2011. “Desain Instruksional” Jakarta: Pusat Antar Universitas untuk Peningkatan.
5%

2

Minggu ke 2

Mampu memahami dan memiliki pengertian dan wawasan tentang keterampilan mengajar dan pembelajaran mikromampu menjelaskan hakikat keterampilan dasar memimpin diskusi kecil mampu menjelaskan hakikat keterampilan dasar melakukan variasi serta menjelaskannya dalam pembelajaranmampu menjelaskan hakikat keterampilan dasar menjelaskan serta menjelaskannya dalam pembelajaran

Mahasiswa menganalisis metode dalam memimpin diskusi kecilMahasiswa memahami Teori keterampilan dasar melakukan variasi dan keterampilan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio

2 X 50
small group discussion dan resitasi
Materi: definisi, tujuan, dan karakteristik keterampilan mengajar
Pustaka: Suparman, Atwi. 2011. “Desain Instruksional” Jakarta: Pusat Antar Universitas untuk Peningkatan.

Materi: Keterampilan Dasar-Dasar Mengajar
Pustaka: Wijaya, Cece,Cs. 2010. Kemampuan Guru dalam Proses Belajar mengajar. Bandung: Rosdakarya.
5%

3

Minggu ke 3

Mampu memahami dan memiliki pengertian dan wawasan tentang keterampilan mengajar dan pembelajaran mikromampu menjelaskan hakikat keterampilan dasar memimpin diskusi kecil mampu menjelaskan hakikat keterampilan dasar melakukan variasi serta menjelaskannya dalam pembelajaranmampu menjelaskan hakikat keterampilan dasar menjelaskan serta menjelaskannya dalam pembelajaran

  1. Mahasiswa merumuskan hakikat pembelajaran mikro
  2. Mahasiswa Merumuskan prinsip-prinsip pembelajaran mikro
  3. Mahasiswa merumuskan model perencanaan pembelajaran mikro

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

2 X 50
small group discussion dan resitasi
Materi: definisi, tujuan, dan karakteristik keterampilan mengajar
Pustaka: Suparman, Atwi. 2011. “Desain Instruksional” Jakarta: Pusat Antar Universitas untuk Peningkatan.

Materi: Keterampilan Dasar-Dasar Mengajar
Pustaka: Wijaya, Cece,Cs. 2010. Kemampuan Guru dalam Proses Belajar mengajar. Bandung: Rosdakarya.
5%

4

Minggu ke 4

Mampu memahami dan memiliki pengertian dan wawasan tentang keterampilan mengajar dan pembelajaran mikromampu menjelaskan hakikat keterampilan dasar memimpin diskusi kecil mampu menjelaskan hakikat keterampilan dasar melakukan variasi serta menjelaskannya dalam pembelajaranmampu menjelaskan hakikat keterampilan dasar menjelaskan serta menjelaskannya dalam pembelajaran

Mahasiswa menganalisis metode dalam memimpin diskusi kecilMahasiswa memahami Teori keterampilan dasar melakukan variasi dan keterampilan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif

2 X 50
small group discussion dan resitasi
2X50
Materi: model perencanaan pembelajaran
Pustaka: E.Mulyasa. 2007. Satndar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT RemajaRosdakarya

Materi: definisi keterampilan mengajar dan pembelajaran mikro
Pustaka: Joyce. B dan Weil. M. 2009. Models Of Teaching. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
5%

5

Minggu ke 5

mampu menjelaskan hakikat keterampilan dasar membuka dan menutup serta menjelaskan dalam pembelajaran

  1. Merumuskan skenario pelaksanaan pembelajaran
  2. Merumuskan tindak lanjut dari pembelajaran mikro
  3. menyusun skenario pelaksanaan pembelajaran mikro

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Problem Basic Learning (PBL)
2 X 50

Materi: model perencanaan pembelajaran
Pustaka: Joyce. B dan Weil. M. 2009. Models Of Teaching. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Materi: scenario pembelajaran
Pustaka: Wijaya, Cece,Cs. 2010. Kemampuan Guru dalam Proses Belajar mengajar. Bandung: Rosdakarya.
5%

6

Minggu ke 6

mampu menjelaskan hakikat keterampilan dasar membuka dan menutup serta menjelaskan dalam pembelajaran

  1. Merumuskan skenario pelaksanaan pembelajaran
  2. Merumuskan tindak lanjut dari pembelajaran mikro
  3. menyusun skenario pelaksanaan pembelajaran mikro

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Problem Basic Learning (PBL)
2 X 50

Materi: model perencanaan pembelajaran
Pustaka: Joyce. B dan Weil. M. 2009. Models Of Teaching. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Materi: scenario pembelajaran
Pustaka: Wijaya, Cece,Cs. 2010. Kemampuan Guru dalam Proses Belajar mengajar. Bandung: Rosdakarya.
5%

7

Minggu ke 7

mampu menjelaskan hakikat keterampilan dasar membuka dan menutup serta menjelaskan dalam pembelajaran

  1. Merumuskan skenario pelaksanaan pembelajaran
  2. Merumuskan tindak lanjut dari pembelajaran mikro
  3. menyusun skenario pelaksanaan pembelajaran mikro

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Problem Basic Learning (PBL)
2 X 50

Materi: model perencanaan pembelajaran
Pustaka: Joyce. B dan Weil. M. 2009. Models Of Teaching. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Materi: scenario pembelajaran
Pustaka: Wijaya, Cece,Cs. 2010. Kemampuan Guru dalam Proses Belajar mengajar. Bandung: Rosdakarya.
5%

8

Minggu ke 8

USS


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
    resitasi
    2 X 50

    Materi: model perencanaan pembelajaran
    Pustaka: Usman, User. 2011. Menjadi Guru dalam Proses belajar Mengajar. Bandung: Rosdakarya.

    Materi: model perencanaan pembelajaran
    Pustaka: Sanjaya,Wina. 2009. “Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran”, Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.
    15%

    9

    Minggu ke 9

    Menganalisis keterampilan (1) membuka dan menutup pelajaran, (2) menjelaskan, (3) bertanya, (4) mengadakan variasi, (5) memberikan penguatan (reinforcement), (6) mengelola kelas, (7) membimbing diskusi, dan (8) mengajar kelompok kecil dan perseorangan.

    Mahasiswa mampu menampilkan dalam praktik mengajar

    Kriteria:

    Kesesuaian


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif
    Pembelajaran berbasis masalah (PBL)
    2 X 50

    Materi: kemampuan dasar mengajar
    Pustaka: Wijaya, Cece,Cs. 2010. Kemampuan Guru dalam Proses Belajar mengajar. Bandung: Rosdakarya.

    Materi: model perencanaan pembelajaran
    Pustaka: Joyce. B dan Weil. M. 2009. Models Of Teaching. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
    5%

    10

    Minggu ke 10

    Menganalisis keterampilan (1) membuka dan menutup pelajaran, (2) menjelaskan, (3) bertanya, (4) mengadakan variasi, (5) memberikan penguatan (reinforcement), (6) mengelola kelas, (7) membimbing diskusi, dan (8) mengajar kelompok kecil dan perseorangan.

    Mahasiswa mampu menampilkan dalam praktik mengajar

    Kriteria:

    Kesesuaian


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif
    PBL
    2 X 50

    Materi: kemampuan dasar mengajar
    Pustaka: Wijaya, Cece,Cs. 2010. Kemampuan Guru dalam Proses Belajar mengajar. Bandung: Rosdakarya.

    Materi: model perencanaan pembelajaran
    Pustaka: Joyce. B dan Weil. M. 2009. Models Of Teaching. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
    4%

    11

    Minggu ke 11

    Mempraktekkanketerampilan (1) membuka dan menutuppelajaran, (2) menjelaskan, (3) bertanya, (4) mengadakanvariasi, (5) memberikanpenguatan (reinforcement), (6) mengelolakelas, (7) membimbingdiskusi, dan (8) mengajarkelompokkecil dan perseorangan.

    Mahasiswa mampu menampilkan dalam praktik mengajar

    Kriteria:

    Kesesuaian


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
    PJBL
    2 X 50

    Materi: kemampuan dasar mengajar
    Pustaka: Wijaya, Cece,Cs. 2010. Kemampuan Guru dalam Proses Belajar mengajar. Bandung: Rosdakarya.

    Materi: model perencanaan pembelajaran
    Pustaka: Joyce. B dan Weil. M. 2009. Models Of Teaching. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
    5%

    12

    Minggu ke 12

    Mempraktekkanketerampilan (1) membuka dan menutuppelajaran, (2) menjelaskan, (3) bertanya, (4) mengadakanvariasi, (5) memberikanpenguatan (reinforcement), (6) mengelolakelas, (7) membimbingdiskusi, dan (8) mengajarkelompokkecil dan perseorangan.

    Mahasiswa mampu menampilkan dalam praktik mengajar

    Kriteria:

    Kesesuaian


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
    PJBL
    2 X 50

    Materi: kemampuan dasar mengajar
    Pustaka: Wijaya, Cece,Cs. 2010. Kemampuan Guru dalam Proses Belajar mengajar. Bandung: Rosdakarya.

    Materi: model perencanaan pembelajaran
    Pustaka: Joyce. B dan Weil. M. 2009. Models Of Teaching. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

    Materi: kemampuan dasar mengajar
    Pustaka: Usman, User. 2011. Menjadi Guru dalam Proses belajar Mengajar. Bandung: Rosdakarya.
    5%

    13

    Minggu ke 13

    Mempraktekkanketerampilan (1) membuka dan menutuppelajaran, (2) menjelaskan, (3) bertanya, (4) mengadakanvariasi, (5) memberikanpenguatan (reinforcement), (6) mengelolakelas, (7) membimbingdiskusi, dan (8) mengajarkelompokkecil dan perseorangan.

    Mahasiswa mampu menampilkan dalam praktik mengajar

    Kriteria:

    Kesesuaian


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
    PJBL
    2 X 50

    Materi: kemampuan dasar mengajar
    Pustaka: Wijaya, Cece,Cs. 2010. Kemampuan Guru dalam Proses Belajar mengajar. Bandung: Rosdakarya.

    Materi: model perencanaan pembelajaran
    Pustaka: Joyce. B dan Weil. M. 2009. Models Of Teaching. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

    Materi: kemampuan dasar mengajar
    Pustaka: Usman, User. 2011. Menjadi Guru dalam Proses belajar Mengajar. Bandung: Rosdakarya.
    5%

    14

    Minggu ke 14

    Mempraktekkanketerampilan (1) membuka dan menutuppelajaran, (2) menjelaskan, (3) bertanya, (4) mengadakanvariasi, (5) memberikanpenguatan (reinforcement), (6) mengelolakelas, (7) membimbingdiskusi, dan (8) mengajarkelompokkecil dan perseorangan.

    Mahasiswa mampu menampilkan dalam praktik mengajar

    Kriteria:

    Kesesuaian


    Bentuk Penilaian :
    Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
    PJBL
    2 X 50

    Materi: kemampuan dasar mengajar
    Pustaka: Wijaya, Cece,Cs. 2010. Kemampuan Guru dalam Proses Belajar mengajar. Bandung: Rosdakarya.

    Materi: model perencanaan pembelajaran
    Pustaka: Joyce. B dan Weil. M. 2009. Models Of Teaching. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

    Materi: kemampuan dasar mengajar
    Pustaka: Usman, User. 2011. Menjadi Guru dalam Proses belajar Mengajar. Bandung: Rosdakarya.
    5%

    15

    Minggu ke 15

    Praktik mengajar

    Mahasiswa mampu menampilkan dalam praktik mengajar

    Kriteria:

    Kesesuaian


    Bentuk Penilaian :
    Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
    PJBL
    2 X 50

    Materi: kemampuan dasar mengajar
    Pustaka: Usman, User. 2011. Menjadi Guru dalam Proses belajar Mengajar. Bandung: Rosdakarya.

    Materi: kemampuan dasar mengajar
    Pustaka: Wijaya, Cece,Cs. 2010. Kemampuan Guru dalam Proses Belajar mengajar. Bandung: Rosdakarya.

    Materi: model perencanaan pembelajaran
    Pustaka: Joyce. B dan Weil. M. 2009. Models Of Teaching. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
    5%

    16

    Minggu ke 16


    Bentuk Penilaian :
    Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes


    16%



    Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

    No Evaluasi Persentase
    1. Aktifitas Partisipasif 51.5%
    2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 35.5%
    3. Penilaian Portofolio 5%
    4. Tes 8%
    100%

    Catatan

    1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
    2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
    3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
    4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
    5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
    6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
    7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
    8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
    9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
    10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
    11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
    12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.