|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Program Studi S1 Pendidikan Sejarah
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Keterampilan Mengajar dan Pembelajaran Mikro |
8720102217 |
Matakuliah Dasar Keahlian |
T=2 |
P=0 |
ECTS=3.18 |
3 |
19 Agustus 2021 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dr. Agus Suprijono, M.Si, Dra. Sri Mastuti, M.Hum, Cory Liana, S.Pd, M.Pd, Riyadi, S.Pd, MA., Dinar Rizky Listyaputri, M.Pd.
|
Dr. Agus Suprijono, M.Si
|
Dr. Wisnu, M.Hum. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
PLO-5 |
Mampu Merancang, Melaksanakan, Menilai Proses dan Hasil Pembelajaran Sejarah |
PLO-6 |
Mampu Memecahkan Kompleksitas Permasalahan Pembelajaran Sejarah Berbasis Riset Inter Disiplin dan Multi Disiplin |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Menganalisis hakikat keterampilan mengajar dan pembelajaran mikro
|
PO - 2 |
Mengaplikasikan hakikat keterampilan mengajar dan pembelajaran mikro
|
PO - 3 |
Menganalisis perencanaan pembelajaran mikro
|
PO - 4 |
Mengaplikasikan perencanaan pembelajaran mikro
|
PO - 5 |
Menganalisis prosedur pelaksanaan pembelajaran mikro
|
PO - 6 |
Mengaplikasikan prosedur pelaksanaan pembelajaran mikro
|
PO - 7 |
Menganalisis keterampilan dasar mengajar
|
PO - 8 |
Mengaplikasikan keterampilan dasar mengajar dalam pembelajaran mikro
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-2 | PLO-3 | PLO-4 | PLO-5 | PLO-6 | PO-1 | | | | | | PO-2 | | | | | | PO-3 | | | | | | PO-4 | | | | | | PO-5 | | | | | | PO-6 | | | | | | PO-7 | | | | | | PO-8 | | | | | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-5 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-6 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-7 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-8 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini membahas Pengertian dan Langkah-Langkah Tentang Observasi dan Pembelajaran, Mikro, Keterampilan Bertanya, Keterampilan Memberikan Penguatan, Keterampilan Melakukan Variasi, Keterampilan, Menjelaskan, Keterampilan Membuka dan Menutup, Keterampilan Membimbing Diskusi Kelompok Kecil, Keterampilan, Mengelola Kelas, Keterampilan Mengajar Kelompok Kecil dan Perseorangan. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Sanjaya,Wina. 2009. “Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran”, Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.
- Suparman, Atwi. 2011. “Desain Instruksional” Jakarta: Pusat Antar Universitas untuk Peningkatan.
- Usman, User. 2011. Menjadi Guru dalam Proses belajar Mengajar. Bandung: Rosdakarya.
- Wijaya, Cece,Cs. 2010. Kemampuan Guru dalam Proses Belajar mengajar. Bandung: Rosdakarya.
|
Pendukung : |
|
- E.Mulyasa. 2007. Satndar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT RemajaRosdakarya
- Joyce. B dan Weil. M. 2009. Models Of Teaching. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
|
Dosen Pengampu
|
Drs. Sumarno, M.Hum. Drs. Artono, M.Hum. Prof. Drs. Nasution, M.Hum., M.Ed., Ph.D. Dr. Agus Suprijono, M.Si. Drs. Agus Trilaksana, M.Hum. Dra. Sri Mastuti Purwaningsih, M.Hum. Septina Alrianingrum, S.S., M.Pd. Corry Liana, S.Pd., M.Pd. Riyadi, S.Pd., M.A. Dr. Izzatul Fajriyah, M.Pd. Dinar Rizky Listyaputri, M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mampu memahami dan memiliki pengertian dan wawasan tentang keterampilan mengajar dan pembelajaran mikromampu menjelaskan hakikat keterampilan dasar memimpin diskusi kecil mampu menjelaskan hakikat keterampilan dasar melakukan variasi serta menjelaskannya dalam pembelajaranmampu menjelaskan hakikat keterampilan dasar menjelaskan serta menjelaskannya dalam pembelajaran |
- Mahasiswa merumuskan definisi keterampilan mengajar dan pembelajaran mikro
- merumuskan tujuan dan manfaat keterampilan mengajar dan pembelajaran mikro
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
2 X 50 |
Small group discussion dan resitasi
|
Materi: definisi keterampilan mengajar dan pembelajaran mikro Pustaka: Sanjaya,Wina. 2009. “Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran”, Jakarta: Kencana Prenada Media Grup. Materi: tujuan dan manfaat keterampilan mengajar dan pembelajaran mikro Pustaka: Suparman, Atwi. 2011. “Desain Instruksional” Jakarta: Pusat Antar Universitas untuk Peningkatan. |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Mampu memahami dan memiliki pengertian dan wawasan tentang keterampilan mengajar dan pembelajaran mikromampu menjelaskan hakikat keterampilan dasar memimpin diskusi kecil mampu menjelaskan hakikat keterampilan dasar melakukan variasi serta menjelaskannya dalam pembelajaranmampu menjelaskan hakikat keterampilan dasar menjelaskan serta menjelaskannya dalam pembelajaran |
Mahasiswa menganalisis metode dalam memimpin diskusi kecilMahasiswa memahami Teori keterampilan dasar melakukan variasi dan keterampilan |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
2 X 50 |
small group discussion dan resitasi
|
Materi: definisi, tujuan, dan karakteristik keterampilan mengajar Pustaka: Suparman, Atwi. 2011. “Desain Instruksional” Jakarta: Pusat Antar Universitas untuk Peningkatan. Materi: Keterampilan Dasar-Dasar Mengajar Pustaka: Wijaya, Cece,Cs. 2010. Kemampuan Guru dalam Proses Belajar mengajar. Bandung: Rosdakarya. |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Mampu memahami dan memiliki pengertian dan wawasan tentang keterampilan mengajar dan pembelajaran mikromampu menjelaskan hakikat keterampilan dasar memimpin diskusi kecil mampu menjelaskan hakikat keterampilan dasar melakukan variasi serta menjelaskannya dalam pembelajaranmampu menjelaskan hakikat keterampilan dasar menjelaskan serta menjelaskannya dalam pembelajaran |
- Mahasiswa merumuskan hakikat pembelajaran mikro
- Mahasiswa Merumuskan prinsip-prinsip pembelajaran mikro
- Mahasiswa merumuskan model perencanaan pembelajaran mikro
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
2 X 50 |
small group discussion dan resitasi
|
Materi: definisi, tujuan, dan karakteristik keterampilan mengajar Pustaka: Suparman, Atwi. 2011. “Desain Instruksional” Jakarta: Pusat Antar Universitas untuk Peningkatan. Materi: Keterampilan Dasar-Dasar Mengajar Pustaka: Wijaya, Cece,Cs. 2010. Kemampuan Guru dalam Proses Belajar mengajar. Bandung: Rosdakarya. |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mampu memahami dan memiliki pengertian dan wawasan tentang keterampilan mengajar dan pembelajaran mikromampu menjelaskan hakikat keterampilan dasar memimpin diskusi kecil mampu menjelaskan hakikat keterampilan dasar melakukan variasi serta menjelaskannya dalam pembelajaranmampu menjelaskan hakikat keterampilan dasar menjelaskan serta menjelaskannya dalam pembelajaran |
Mahasiswa menganalisis metode dalam memimpin diskusi kecilMahasiswa memahami Teori keterampilan dasar melakukan variasi dan keterampilan |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
2 X 50 |
small group discussion dan resitasi 2X50 |
Materi: model perencanaan pembelajaran Pustaka: E.Mulyasa. 2007. Satndar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT RemajaRosdakarya Materi: definisi keterampilan mengajar dan pembelajaran mikro Pustaka: Joyce. B dan Weil. M. 2009. Models Of Teaching. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. |
5% |
5
Minggu ke 5 |
mampu menjelaskan hakikat keterampilan dasar membuka dan menutup serta menjelaskan dalam pembelajaran |
- Merumuskan skenario pelaksanaan pembelajaran
- Merumuskan tindak lanjut dari pembelajaran mikro
- menyusun skenario pelaksanaan pembelajaran mikro
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Problem Basic Learning (PBL) 2 X 50 |
|
Materi: model perencanaan pembelajaran Pustaka: Joyce. B dan Weil. M. 2009. Models Of Teaching. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Materi: scenario pembelajaran Pustaka: Wijaya, Cece,Cs. 2010. Kemampuan Guru dalam Proses Belajar mengajar. Bandung: Rosdakarya. |
5% |
6
Minggu ke 6 |
mampu menjelaskan hakikat keterampilan dasar membuka dan menutup serta menjelaskan dalam pembelajaran |
- Merumuskan skenario pelaksanaan pembelajaran
- Merumuskan tindak lanjut dari pembelajaran mikro
- menyusun skenario pelaksanaan pembelajaran mikro
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Problem Basic Learning (PBL) 2 X 50 |
|
Materi: model perencanaan pembelajaran Pustaka: Joyce. B dan Weil. M. 2009. Models Of Teaching. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Materi: scenario pembelajaran Pustaka: Wijaya, Cece,Cs. 2010. Kemampuan Guru dalam Proses Belajar mengajar. Bandung: Rosdakarya. |
5% |
7
Minggu ke 7 |
mampu menjelaskan hakikat keterampilan dasar membuka dan menutup serta menjelaskan dalam pembelajaran |
- Merumuskan skenario pelaksanaan pembelajaran
- Merumuskan tindak lanjut dari pembelajaran mikro
- menyusun skenario pelaksanaan pembelajaran mikro
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Problem Basic Learning (PBL) 2 X 50 |
|
Materi: model perencanaan pembelajaran Pustaka: Joyce. B dan Weil. M. 2009. Models Of Teaching. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Materi: scenario pembelajaran Pustaka: Wijaya, Cece,Cs. 2010. Kemampuan Guru dalam Proses Belajar mengajar. Bandung: Rosdakarya. |
5% |
8
Minggu ke 8 |
USS |
|
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
resitasi 2 X 50 |
|
Materi: model perencanaan pembelajaran Pustaka: Usman, User. 2011. Menjadi Guru dalam Proses belajar Mengajar. Bandung: Rosdakarya. Materi: model perencanaan pembelajaran Pustaka: Sanjaya,Wina. 2009. “Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran”, Jakarta: Kencana Prenada Media Grup. |
15% |
9
Minggu ke 9 |
Menganalisis keterampilan (1) membuka dan menutup pelajaran, (2) menjelaskan, (3) bertanya, (4) mengadakan variasi, (5) memberikan penguatan (reinforcement), (6) mengelola kelas, (7) membimbing diskusi, dan (8) mengajar kelompok kecil dan perseorangan. |
Mahasiswa mampu menampilkan dalam praktik mengajar |
Kriteria:
Kesesuaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Pembelajaran berbasis masalah (PBL) 2 X 50 |
|
Materi: kemampuan dasar mengajar Pustaka: Wijaya, Cece,Cs. 2010. Kemampuan Guru dalam Proses Belajar mengajar. Bandung: Rosdakarya. Materi: model perencanaan pembelajaran Pustaka: Joyce. B dan Weil. M. 2009. Models Of Teaching. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Menganalisis keterampilan (1) membuka dan menutup pelajaran, (2) menjelaskan, (3) bertanya, (4) mengadakan variasi, (5) memberikan penguatan (reinforcement), (6) mengelola kelas, (7) membimbing diskusi, dan (8) mengajar kelompok kecil dan perseorangan. |
Mahasiswa mampu menampilkan dalam praktik mengajar |
Kriteria:
Kesesuaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
PBL 2 X 50 |
|
Materi: kemampuan dasar mengajar Pustaka: Wijaya, Cece,Cs. 2010. Kemampuan Guru dalam Proses Belajar mengajar. Bandung: Rosdakarya. Materi: model perencanaan pembelajaran Pustaka: Joyce. B dan Weil. M. 2009. Models Of Teaching. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. |
4% |
11
Minggu ke 11 |
Mempraktekkanketerampilan (1) membuka dan menutuppelajaran, (2) menjelaskan, (3) bertanya, (4) mengadakanvariasi, (5) memberikanpenguatan (reinforcement), (6) mengelolakelas, (7) membimbingdiskusi, dan (8) mengajarkelompokkecil dan perseorangan. |
Mahasiswa mampu menampilkan dalam praktik mengajar |
Kriteria:
Kesesuaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
PJBL 2 X 50 |
|
Materi: kemampuan dasar mengajar Pustaka: Wijaya, Cece,Cs. 2010. Kemampuan Guru dalam Proses Belajar mengajar. Bandung: Rosdakarya. Materi: model perencanaan pembelajaran Pustaka: Joyce. B dan Weil. M. 2009. Models Of Teaching. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mempraktekkanketerampilan (1) membuka dan menutuppelajaran, (2) menjelaskan, (3) bertanya, (4) mengadakanvariasi, (5) memberikanpenguatan (reinforcement), (6) mengelolakelas, (7) membimbingdiskusi, dan (8) mengajarkelompokkecil dan perseorangan. |
Mahasiswa mampu menampilkan dalam praktik mengajar |
Kriteria:
Kesesuaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
PJBL 2 X 50 |
|
Materi: kemampuan dasar mengajar Pustaka: Wijaya, Cece,Cs. 2010. Kemampuan Guru dalam Proses Belajar mengajar. Bandung: Rosdakarya. Materi: model perencanaan pembelajaran Pustaka: Joyce. B dan Weil. M. 2009. Models Of Teaching. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Materi: kemampuan dasar mengajar Pustaka: Usman, User. 2011. Menjadi Guru dalam Proses belajar Mengajar. Bandung: Rosdakarya. |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mempraktekkanketerampilan (1) membuka dan menutuppelajaran, (2) menjelaskan, (3) bertanya, (4) mengadakanvariasi, (5) memberikanpenguatan (reinforcement), (6) mengelolakelas, (7) membimbingdiskusi, dan (8) mengajarkelompokkecil dan perseorangan. |
Mahasiswa mampu menampilkan dalam praktik mengajar |
Kriteria:
Kesesuaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
PJBL 2 X 50 |
|
Materi: kemampuan dasar mengajar Pustaka: Wijaya, Cece,Cs. 2010. Kemampuan Guru dalam Proses Belajar mengajar. Bandung: Rosdakarya. Materi: model perencanaan pembelajaran Pustaka: Joyce. B dan Weil. M. 2009. Models Of Teaching. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Materi: kemampuan dasar mengajar Pustaka: Usman, User. 2011. Menjadi Guru dalam Proses belajar Mengajar. Bandung: Rosdakarya. |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mempraktekkanketerampilan (1) membuka dan menutuppelajaran, (2) menjelaskan, (3) bertanya, (4) mengadakanvariasi, (5) memberikanpenguatan (reinforcement), (6) mengelolakelas, (7) membimbingdiskusi, dan (8) mengajarkelompokkecil dan perseorangan. |
Mahasiswa mampu menampilkan dalam praktik mengajar |
Kriteria:
Kesesuaian Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
PJBL 2 X 50 |
|
Materi: kemampuan dasar mengajar Pustaka: Wijaya, Cece,Cs. 2010. Kemampuan Guru dalam Proses Belajar mengajar. Bandung: Rosdakarya. Materi: model perencanaan pembelajaran Pustaka: Joyce. B dan Weil. M. 2009. Models Of Teaching. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Materi: kemampuan dasar mengajar Pustaka: Usman, User. 2011. Menjadi Guru dalam Proses belajar Mengajar. Bandung: Rosdakarya. |
5% |
15
Minggu ke 15 |
Praktik mengajar |
Mahasiswa mampu menampilkan dalam praktik mengajar |
Kriteria:
Kesesuaian Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
PJBL 2 X 50 |
|
Materi: kemampuan dasar mengajar Pustaka: Usman, User. 2011. Menjadi Guru dalam Proses belajar Mengajar. Bandung: Rosdakarya. Materi: kemampuan dasar mengajar Pustaka: Wijaya, Cece,Cs. 2010. Kemampuan Guru dalam Proses Belajar mengajar. Bandung: Rosdakarya. Materi: model perencanaan pembelajaran Pustaka: Joyce. B dan Weil. M. 2009. Models Of Teaching. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. |
5% |
16
Minggu ke 16 |
|
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes |
|
|
|
16% |