Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Keolahragaan Dan Kesehatan
Program Studi S1 Ilmu Keolahragaan

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Pengembangan olahraga rekreasi berbasis Udara

8920103316

T=2

P=1

ECTS=4.77

6

23 November 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Dr. Heri Wahyudi, S.Or., M.Pd.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

Program Objectives (PO)

Matrik PLO-PO

 
PO

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini mengenalkan konsep dan praktik dalam mengembangkan kegiatan olahraga rekreasi yang berbasis pada udara. Mahasiswa akan mempelajari berbagai jenis olahraga rekreasi seperti paralayang, parasut, dan layang-layang serta prinsip-prinsip dasar yang terkait dengan keselamatan, peralatan, dan pengelolaan lingkungan.

Pustaka

Utama :

Pendukung :

Dosen Pengampu

Dr. Andun Sudijandoko, M.Kes.

Indra Himawan Susanto, S.Or., M.Kes.

Hijrin Fithroni, S.Or., M.Pd.

Muhammad Dzul Fikri, S.Or., M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Pengenalan mata kuliah, tujuan pembelajaran, dan tata tertib.

ceramah, demonstrasi, praktek

0%

2

Minggu ke 2

  1. Pemahaman tentang prinsip aerodinamika dan manuver dalam olahraga berbasis udara.
  2. Analisis studi kasus tentang keselamatan dalam olahraga paralayang.

ceramah, demonstrasi, praktek

0%

3

Minggu ke 3

  1. Pengenalan tentang paralayang: sejarah, peralatan, teknik terbang dasar.
  2. Simulasi terbang dengan menggunakan perangkat lunak simulasi.

ceramah, demonstrasi, praktek

0%

4

Minggu ke 4

  1. Prinsip dasar keselamatan dalam olahraga parasut.
  2. Studi kasus tentang kecelakaan parasut dan analisis penyebabnya.

ceramah, demonstrasi, praktek

0%

5

Minggu ke 5

  1. Proses persiapan sebelum terjun, penggunaan peralatan, dan teknik terjun.
  2. Simulasi terjun dari ketinggian rendah.

ceramah, demonstrasi, praktek

0%

6

Minggu ke 6

  1. Pengenalan tentang layang-layang: jenis, peralatan, teknik penerbangan.
  2. Demonstrasi penerbangan layang-layang oleh instruktur.

ceramah, demonstrasi, praktek

0%

7

Minggu ke 7

  1. Pengenalan tentang layang-layang: jenis, peralatan, teknik penerbangan.
  2. Diskusi tentang strategi mitigasi risiko dan tindakan pencegahan.

ceramah, demonstrasi, praktek

0%

8

Minggu ke 8

  1. Etika dan tanggung jawab lingkungan dalam olahraga rekreasi berbasis udara.
  2. Diskusi tentang dampak lingkungan dan upaya konservasi.

ceramah, demonstrasi, praktek

0%

9

Minggu ke 9

  1. Pembentukan kelompok proyek.
  2. Diskusi dan perencanaan proyek pengembangan olahraga rekreasi berbasis udara.

ceramah, demonstrasi, praktek

0%

10

Minggu ke 10

Ujian Tengah Semester

ceramah, demonstrasi, praktek

0%

11

Minggu ke 11

  1. Presentasi proyek oleh setiap kelompok.
  2. Diskusi dan umpan balik dari dosen dan sesama mahasiswa.

ceramah, demonstrasi, praktek

0%

12

Minggu ke 12

  1. Pengembangan kemampuan dalam mengidentifikasi dan mengevaluasi risiko lanjutan.
  2. Studi kasus tentang pengelolaan risiko dalam olahraga udara yang ekstrem.

ceramah, demonstrasi, praktek

0%

13

Minggu ke 13

  1. Diskusi tentang pentingnya kesiapan fisik dan mental dalam olahraga udara.
  2. Latihan pernafasan dan relaksasi.

ceramah, demonstrasi, praktek

0%

14

Minggu ke 14

  1. Instruksi praktis tentang persiapan untuk praktikum lapangan.
  2. Pemeriksaan peralatan dan keamanan.

ceramah, demonstrasi, praktek

0%

15

Minggu ke 15

  1. Pelaksanaan praktikum lapangan: terjun parasut, terbang paralayang, atau penerbangan layang-layang (tergantung ketersediaan fasilitas dan izin).
  2. Evaluasi dan refleksi terhadap pengalaman praktikum.

ceramah, demonstrasi, praktek

0%

16

Minggu ke 16



0%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
0%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.