Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Keolahragaan Dan Kesehatan
Program Studi S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan & Rekreasi

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Seminar Proposal

8520102268

Mata Kuliah Wajib Kurikulum - Institusional

T=2

P=0

ECTS=3.18

7

18 Januari 2025

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Dr. Mochamad Ridwan, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-6

KU1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya

PLO-12

Mampu menyusun gagasan dan argumen ilmiah serta mengkomunikasikannya dalam forum akademik dan masyarakat luas

PLO-13

Mampu menguasai konsep teoritis dan praktis bidang pendidikan jasmani, terutama pengembangan kreatifitas di bidang pendidikan jasmani dan olahraga

Program Objectives (PO)

PO - 1

Memahami makna mata kuliah Seminar proposal

PO - 2

Memahami penentuan masalah sehingga dapat dijadikan topik proposal

PO - 3

Menelaah kajian pustaka disesuaikan dengan topik

PO - 4

Menguasai metodologi Penelitian

PO - 5

Menyusun Proposal Penelitian

PO - 6

Mempresntasikan Proposal penelitian

Matrik PLO-PO

 
POPLO-6PLO-12PLO-13
PO-1   
PO-2   
PO-3   
PO-4   
PO-5   
PO-6   

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

matakuliah ini mengkaji proposal skripsi mulai dari judul skripsi, kajian teori dan metodologi penelitian sehingga mahasiswa dapat menyusun proposal skripsi sesuai dengan SOP Universitas

Pustaka

Utama :

  1. Direktorat Akademik, (2023) Pedoman Tugas Akhir Universitas Negeri Surabaya

Pendukung :

Dosen Pengampu

Prof. Dr. Drs. Abdul Rachman Syam Tuasikal, M.Pd.

Prof. Dr. Dwi Cahyo Kartiko, S.Pd., M.Kes.

Faridha Nurhayati, S.Pd., M.Kes.

Dwi Lorry Juniarisca, S.Pd., M.Ed.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

  1. Memahami makna mata kuliah Seminar proposal
  2. Latar belakang kuliah seminar proposal

Membuat latar belakang masalah

Kriteria:
  1. Memahami makna mata kuliah Seminar proposal
  2. Memahami penentuan masalah sehingga dapat dijadikan topik proposal

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Luring

Materi: Memahami latar belakang perkuliahan seminar proposal
Pustaka: Direktorat Akademik, (2023) Pedoman Tugas Akhir Universitas Negeri Surabaya
2%

2

Minggu ke 2

  1. Memahami penentuan masalah sehingga dapat dijadikan topik proposal
  2. Menelaah sumber permasalahan yang didapatkan di lapangan sehingga dapat menentukan fokus penelitian
  3. Penulisan latar belakang
  1. Relevansi masalah yang diidentifikasi
  2. Signifikansi masalah yang diangkat
  3. Kemampuan mengidentifikasi masalah yang dapat dijadikan topik proposal
Kriteria:

Mahasiswa mampu menulisakan latar belakang sesuai dengan permasalahn dan topik yang ditentukan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Luring
100

Materi: Memahami penentuan masalah sehingga dapat dijadikan topik proposal
Pustaka:

Materi: Menelaah sumber permasalahan yang didapatkan di lapangan sehingga dapat menentukan fokus penelitian
Pustaka:

Materi: Penulisan latar belakang
Pustaka: Direktorat Akademik, (2023) Pedoman Tugas Akhir Universitas Negeri Surabaya
3%

3

Minggu ke 3

  1. Menelaah kajian pustaka disesuaikan dengan topik
  2. Penulisan kajian Pustaka
  3. Penulisan kutipan dalam penelitian
  4. Mengumpulkan referensi dari jurnal nasional dan internasional yang bereputasi

Mahasiswa mampu membuat rancangan kajian pustaka sesuai dengan topik proposal penelitian

Kriteria:

Mahasiswa mampu menulisakan latar belakang sesuai dengan permasalahn dan topik yang ditentukan


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
100

Materi: Penulisan Kajian Pustaka
Pustaka: Direktorat Akademik, (2023) Pedoman Tugas Akhir Universitas Negeri Surabaya
4%

4

Minggu ke 4

  1. Menguasai metodologi Penelitian
  2. Menentukan Jenis Penelitian
  3. Menentukan Populasi dan Sampel
  4. Menentukan Instrumen penelitian
  5. Menentukan Teknik analisis penelitian

Mahasiswa mampu menuliskan metodologi penelitian seusai dengan topik proposal penelitian

Kriteria:

Mahasiswa mampu menulisakan latar belakang sesuai dengan permasalahn dan topik yang ditentukan


Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
Luring
100

Materi: Penulisan Bab Metodologi Penelitian
Pustaka: Direktorat Akademik, (2023) Pedoman Tugas Akhir Universitas Negeri Surabaya
4%

5

Minggu ke 5

Menyusun Proposal Penelitian

Mahasiswa mampu menuliskan metodologi penelitian seusai dengan topik proposal penelitian

Kriteria:

mampu menuliskan metodologi penelitian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring

Materi: Menyusun Proposal Penelitian
Pustaka: Direktorat Akademik, (2023) Pedoman Tugas Akhir Universitas Negeri Surabaya
5%

6

Minggu ke 6

Menyusun Proposal Penelitian

  1. Struktur proposal penelitian
  2. Tujuan penelitian yang jelas
  3. Metode penelitian yang tepat
  4. Ketepatan dalam menjelaskan rencana penelitian
Kriteria:

Unjuk Kerja/presentasi


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Luring
100

Materi: Menyusun Proposal Penelitian
Pustaka: Direktorat Akademik, (2023) Pedoman Tugas Akhir Universitas Negeri Surabaya
3%

7

Minggu ke 7

Menyusun Proposal Penelitian

Menyusun Proposal Penelitian

Kriteria:

Menyusun Proposal Penelitian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Luring
100

Materi: Menyusun Proposal Penelitian
Pustaka: Direktorat Akademik, (2023) Pedoman Tugas Akhir Universitas Negeri Surabaya
5%

8

Minggu ke 8

Menyusun Proposal Penelitian

Menyusun Proposal Penelitian

Kriteria:

Menyusun Proposal Penelitian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Luring
100

Materi: Menyusun Proposal Penelitian
Pustaka: Direktorat Akademik, (2023) Pedoman Tugas Akhir Universitas Negeri Surabaya
10%

9

Minggu ke 9

Menyusun Proposal Penelitian

Aktifitas Partisipasi

Kriteria:

Presentasi


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Luring
100

Materi: Menyusun Proposal Penelitian
Pustaka: Direktorat Akademik, (2023) Pedoman Tugas Akhir Universitas Negeri Surabaya
5%

10

Minggu ke 10

Menyusun Proposal Penelitian

Aktifitas Partisipasi

Kriteria:

Presentasi


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Menyusun Proposal Penelitian
100

Materi: Menyusun Proposal Penelitian
Pustaka: Direktorat Akademik, (2023) Pedoman Tugas Akhir Universitas Negeri Surabaya
5%

11

Minggu ke 11

Menyusun Proposal Penelitian

Menyusun Proposal Penelitian

Kriteria:

Menyusun Proposal Penelitian


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Luring
100

Materi: Menyusun Proposal Penelitian
Pustaka: Direktorat Akademik, (2023) Pedoman Tugas Akhir Universitas Negeri Surabaya
5%

12

Minggu ke 12

Menyusun Proposal Penelitian

Menyusun Proposal Penelitian

Kriteria:

Menyusun Proposal Penelitian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Luring
100

Materi: Menyusun Proposal Penelitian
Pustaka: Direktorat Akademik, (2023) Pedoman Tugas Akhir Universitas Negeri Surabaya
5%

13

Minggu ke 13

Menyusun Proposal Penelitian

Menyusun Proposal Penelitian

Kriteria:

Menyusun Proposal Penelitian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Luring
100

Materi: Menyusun Proposal Penelitian
Pustaka: Direktorat Akademik, (2023) Pedoman Tugas Akhir Universitas Negeri Surabaya
5%

14

Minggu ke 14

Menyusun Proposal Penelitian

Menyusun Proposal Penelitian

Kriteria:

Menyusun Proposal Penelitian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Luring

Materi: Mencari jurnal yang berkaitan dengan permasalahan
Pustaka: Direktorat Akademik, (2023) Pedoman Tugas Akhir Universitas Negeri Surabaya
5%

15

Minggu ke 15

Mempresentasikan Proposal penelitian

Mempresentasikan Proposal penelitian

Kriteria:

Mempresentasikan Proposal penelitian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Luring
100

Materi: Mempresentasikan Proposal penelitian
Pustaka: Direktorat Akademik, (2023) Pedoman Tugas Akhir Universitas Negeri Surabaya
15%

16

Minggu ke 16

Mempresentasikan Proposal penelitian

Mempresentasikan Proposal penelitian

Kriteria:

Mempresentasikan Proposal penelitian


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Luring
100

Materi: Mempresentasikan Proposal penelitian
Pustaka: Direktorat Akademik, (2023) Pedoman Tugas Akhir Universitas Negeri Surabaya
19%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 22.67%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 55.67%
3. Penilaian Portofolio 21.67%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.