Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Teknik
Program Studi S1 Sistem Informasi

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Pengantar dan Konsep Sistem Informasi

5720103137

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=3

P=0

ECTS=4.77

1

24 November 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Anggraeni Widya Purwita




.......................................




I Kadek Dwi Nuryana, S.T., M.Kom.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-6

Mampu mengambil keputusan secara tepat baik mandiri maupun kelompok, bertanggung jawab dan sesuai etik dalam konteks penyelesaian masalah berdasarkan hasil analisis informasi dan data serta mengkomunikasikannya secara efektif

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa dapat memahami konsep dasar dan manfaat pengunaan Sistem Informasi dalam bisnis dengan menggunakan perangkat Teknologi Informasi.

PO - 2

Mahasiswa dapat menjelaskan penggunaan system informasi dalam fungsi bisnis dan pengambilan Keputusan, menerapkan etika, keamanan dan privasi dalam Sistem Informasi.

PO - 3

Mahasiswa dapat mengidentifikasi fungsi Bisnis digital, siklus hidup pengembangan system, dan penerapan manajemen proyek Sistem Informasi.

PO - 4

Mahasiswa dapat membuat perencanaan bisnis dari strategi, arsitektur, analisis untuk mencapai keunggulan kompetitif dan memehami tantangan serta peluang dalam Sistem Informasi.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-4PLO-6
PO-1 
PO-2 
PO-3 
PO-4 

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang Dasar dan Konsep Sistem Informasi yang mencakup teori, teknologi, dan perangkat yang dapat digunakan dalam pengelolaan bisnis. Matakuliah ini dirancang agar mahasiswa dapat mengenal Sistem Informasi dan penerapannya dalam organisasi. Mahasiswa mempunyai wawasan tentang teknologi informasi yang digunakan dalam penerapan Sistem Informasi pada organisasi atau perusahaan. Pengelolaan sumber daya disesuaikan dengan strategi bisnis sehingga memberikan dampak yang optimal terhadap organisasi.

Pustaka

Utama :

  1. GEORGE M. MARAKAS & JAMES A. O’BRIEN: Introduction to Information Systems Sixteenth Editions 2016
  2. R. Kelly Rainer Jr., Brad Prince, & Casey Cegielski : Introduction to Information Systems Supporting and Transforming Business Fifth Edition 2014
  3. Patricia Wallace Introduction to Information Systems Third Edition, Johns Hopkins University 2018

Pendukung :

Dosen Pengampu

Ardhini Warih Utami, S.Kom., M.Kom.

Anggraeni Widya Purwita, M.Kom.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa dapat mengetahui pengenalan Sistem Informasi dan menjelaskan mengapa Sistem Informasi itu penting, serta mengidentifikasi bidang pengetahuan Sistem Informasi.

  1. Mampu mengetahui pengenalan sistem informasi
  2. Mampu menjelaskan pentingnya sistem informasi
  3. Mampu mengidentifikasi bidang pengetahuan sistem informasi
Kriteria:
  1. Partisipasi
  2. Kehadiran
  3. Tugas

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, diskusi dan tugas
3 x 50 menit
-
Materi: Pengenalan, manfaat, dan bidang pengetahuan sistem informasi
Pustaka: GEORGE M. MARAKAS & JAMES A. O’BRIEN: Introduction to Information Systems Sixteenth Editions 2016
4%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa mampMahasiswa mampu menyebutkan dan menjelaskan Komponen Sistem Informasi (manusia, perangkat keras, perangkat lunak, data, dan jaringan)

Mampu menyebutkan komponen sistem informasi (manusia, perangkat keras, perangkat lunak, data, dan jaringan)

Kriteria:
  1. Partisipasi
  2. Kehadiran
  3. Tugas

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Ceramah, diskusi dan tugas
3 x 50 menit`
-
Materi: Hardware, software, telecomunications and network
Pustaka: GEORGE M. MARAKAS & JAMES A. O’BRIEN: Introduction to Information Systems Sixteenth Editions 2016
5%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa memahami dan menjelaskan pengelolaan data dan informasi serta peran manajemen data dalam pengambilan keputusan

Mampu menjelaskan proses pengelolaan data dan informasi

Kriteria:
  1. Partisipasi
  2. Kehadiran
  3. Tugas

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, diskusi dan tugas
3 x 50 Menit
-
Materi: Data and Knowledge Management
Pustaka: R. Kelly Rainer Jr., Brad Prince, & Casey Cegielski : Introduction to Information Systems Supporting and Transforming Business Fifth Edition 2014

Materi: Data Resource Management
Pustaka: GEORGE M. MARAKAS & JAMES A. O’BRIEN: Introduction to Information Systems Sixteenth Editions 2016

Materi: Database and Warehouses
Pustaka: Patricia Wallace Introduction to Information Systems Third Edition, Johns Hopkins University 2018
5%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa dapat menyebutkan dan menjelaskan infrasturktur Teknologi Informasi, jaringan dan cloud computing Informasi

Mampu menjelaskan Infrastruktur TI, jaringan dan cloud computing

Kriteria:
  1. Partisipasi
  2. Kehadiran
  3. Tugas

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Ceramah, diskusi dan tugas
3 x 50 Menit
-
Materi: Telecomunications and Networks
Pustaka: GEORGE M. MARAKAS & JAMES A. O’BRIEN: Introduction to Information Systems Sixteenth Editions 2016

Materi: Telecomunications and Networking
Pustaka: R. Kelly Rainer Jr., Brad Prince, & Casey Cegielski : Introduction to Information Systems Supporting and Transforming Business Fifth Edition 2014
4%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa mampu menjelaskan fungsi Sistem Informasi dalam pengambilan keputusan

Mampu menjelaskan Sistem informasi manajemen (MIS), sistem pendukung keputusan (DSS), dan sistem informasi eksekutif (EIS).

Kriteria:
  1. Partisipasi
  2. Kehadiran
  3. Tugas

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, diskusi dan tugas
3 x 50 Menit
-
Materi: Supporting Decision Making
Pustaka: GEORGE M. MARAKAS & JAMES A. O’BRIEN: Introduction to Information Systems Sixteenth Editions 2016
5%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa memahami Sistem Informasi Fungsional Bisnis

Mampu menjelaskan Sistem Informasi dalam Fungsi Bisnis utama (Produksi, Pemasaran, SDM, dan Akuntansi)

Kriteria:
  1. Partisipasi
  2. Kehadiran
  3. Tugas

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, diskusi dan tugas
3 x 50 Menit
-
Materi: FUngsional Business Systems
Pustaka: GEORGE M. MARAKAS & JAMES A. O’BRIEN: Introduction to Information Systems Sixteenth Editions 2016
4%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa dapat mengetahui dan menerapkan etika, keamanan, dan privasi dalam sistem informasi

Mampu menerapkan etika, keamanan, dan privasi dalam sistem informasi

Kriteria:
  1. Partisipasi
  2. Kehadiran
  3. Tugas

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Ceramah, diskusi dan tugas
3 x 50 Menit
-
Materi: Security and Ethical Challenges
Pustaka: GEORGE M. MARAKAS & JAMES A. O’BRIEN: Introduction to Information Systems Sixteenth Editions 2016

Materi: Ethics, Privacy, and Information Security
Pustaka: R. Kelly Rainer Jr., Brad Prince, & Casey Cegielski : Introduction to Information Systems Supporting and Transforming Business Fifth Edition 2014

Materi: Ethics, Privacy, and Security
Pustaka: Patricia Wallace Introduction to Information Systems Third Edition, Johns Hopkins University 2018
5%

8

Minggu ke 8

Ujian Tengah Semester (UTS)

Mampu menjalaskan konsep, komponen, data dan informasi, infrastruktur, sistem informasi dalam pengambilan keputusan, sistem informasi fungsional dalam bisnis, dan etika, keamanan, dan privasi dalam SI

Kriteria:

Nilai UTS


Bentuk Penilaian :
Tes
UTS
1 x 60 Menit
-
Materi: Materi pertemuan 1 -7
Pustaka: GEORGE M. MARAKAS & JAMES A. O’BRIEN: Introduction to Information Systems Sixteenth Editions 2016

Materi: Materi pertemuan 1 - 7
Pustaka: R. Kelly Rainer Jr., Brad Prince, & Casey Cegielski : Introduction to Information Systems Supporting and Transforming Business Fifth Edition 2014

Materi: Materi pertemuan 1-7
Pustaka: Patricia Wallace Introduction to Information Systems Third Edition, Johns Hopkins University 2018
15%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa mampu mempelajari dan mnjelaskan E-Commerce dan Sistem Informasi dalam Bisnis Digital

Mampu menjelaskan konsep E-commerce, E-business, dan dampak teknologi digital pada bisnis.

Kriteria:
  1. Partisipasi
  2. Kehadiran
  3. Tugas

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, diskusi dan tugas
3 x 50 Menit
-
Materi: The Web, Social Media, E-Commerce, and M-Commerce
Pustaka: Patricia Wallace Introduction to Information Systems Third Edition, Johns Hopkins University 2018

Materi: e-Commerce Systems
Pustaka: GEORGE M. MARAKAS & JAMES A. O’BRIEN: Introduction to Information Systems Sixteenth Editions 2016

Materi: E-Business and E-Commerce
Pustaka: R. Kelly Rainer Jr., Brad Prince, & Casey Cegielski : Introduction to Information Systems Supporting and Transforming Business Fifth Edition 2014
5%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa dapat mengetahui dan menerapkan siklus hidup pengembangan sistem (SDLC) dan pendekatan alternatifnya.

Kriteria:
  1. Partisipasi
  2. Kehadiran
  3. Tugas

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Ceramah, diskusi dan tugas
3 x 50 Menit

Materi: Implementing Business/IT Solutions
Pustaka: GEORGE M. MARAKAS & JAMES A. O’BRIEN: Introduction to Information Systems Sixteenth Editions 2016

Materi: Systems Development and Procurement
Pustaka: Patricia Wallace Introduction to Information Systems Third Edition, Johns Hopkins University 2018
5%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa dapat menyebutkan Tren Teknologi Informasi Terbaru

Mampu menyebutkan Tren terbaru dalam TI, seperti AI, IoT, dan Blockchain.

Kriteria:
  1. Partisipasi
  2. Kehadiran
  3. Tugas

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, diskusi dan tugas
3 x 50 Menit
-
Materi: Social Computing, Cloud Computing
Pustaka: GEORGE M. MARAKAS & JAMES A. O’BRIEN: Introduction to Information Systems Sixteenth Editions 2016
5%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan pengelolaan dan tahapan Manajemen Proyek Sistem Informasi

Mampu menjelaskan Manajemen proyek TI, termasuk perencanaan, eksekusi, dan evaluasi proyek.

Kriteria:
  1. Partisipasi
  2. Kehadiran
  3. Tugas

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, diskusi dan tugas
3 x 50 menit
-
Materi: Project Management and Strategic Planning
Pustaka: Patricia Wallace Introduction to Information Systems Third Edition, Johns Hopkins University 2018
5%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa mampu memahami penggunaan Sistem Informasi untuk mencapai keunggulan kompetitif

Mampu memahami Sistem Informasi dan Keunggulan Kompetitif

Kriteria:
  1. Partisipasi
  2. Kehadiran
  3. Tugas

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Tes
Ceramah, diskusi dan tugas
3 x 50 Menit
-
Materi: Organizational Strategy, Competitive Advantage, and Information Systems
Pustaka: R. Kelly Rainer Jr., Brad Prince, & Casey Cegielski : Introduction to Information Systems Supporting and Transforming Business Fifth Edition 2014

Materi: Competing with Information Technology
Pustaka: GEORGE M. MARAKAS & JAMES A. O’BRIEN: Introduction to Information Systems Sixteenth Editions 2016

Materi: Information Systems and Strategy
Pustaka: Patricia Wallace Introduction to Information Systems Third Edition, Johns Hopkins University 2018
5%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan tantangan dan peluang dalam pengelolaan Sistem Informasi pada skala global

Mampu memahamiTantangan dan peluang dalam pengelolaan sistem informasi pada skala global.

Kriteria:
  1. Partisipasi
  2. Kehadiran
  3. Tugas

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, diskusi dan tugas
3 X 50 Menit
-
Materi: Enterprise and Global Management of Information Technology
Pustaka: GEORGE M. MARAKAS & JAMES A. O’BRIEN: Introduction to Information Systems Sixteenth Editions 2016
4%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan tantangan dan peluang dalam pengelolaan Sistem Informasi pada skala global

Mampu memahamiTantangan dan peluang dalam pengelolaan sistem informasi pada skala global.

Kriteria:
  1. Partisipasi
  2. Kehadiran

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Ceramah, diskusi dan tugas
3 x 50 Menit
-
Materi: Enterprise and Global Management of Information Technology
Pustaka: GEORGE M. MARAKAS & JAMES A. O’BRIEN: Introduction to Information Systems Sixteenth Editions 2016
4%

16

Minggu ke 16

Ujian Akhir Semester (UAS)

Mampu menerapkan hasil dari capaian pembelajaran selama satu semester

Kriteria:

Nilai UAS


Bentuk Penilaian :
Tes
UAS
1 x 60 Menit

Materi: Materi Pertemuan 1-15
Pustaka: GEORGE M. MARAKAS & JAMES A. O’BRIEN: Introduction to Information Systems Sixteenth Editions 2016

Materi: Materi Pertemuan 1 - 15
Pustaka: R. Kelly Rainer Jr., Brad Prince, & Casey Cegielski : Introduction to Information Systems Supporting and Transforming Business Fifth Edition 2014

Materi: Materi Pertemuan 1 - 15
Pustaka: Patricia Wallace Introduction to Information Systems Third Edition, Johns Hopkins University 2018
20%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 53%
2. Tes 47%
100%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.