Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Program Studi S1 Manajemen (Kampus Kabupaten Magetan)

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Pengantar Manajemen

6122303008

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=0

P=0

ECTS=0

1

17 November 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




.......................................




.......................................




Fandi Fatoni, S.Pd., M.SM.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

Program Objectives (PO)

PO - 1

C3. Mahasiswa mampu mengimplementasikan secara tepat teori-teori manajemen.

PO - 2

P3. Mahasiswa mampu menunjukkan keterkaitan peran dan fungsi manajemen dalam organisasi secara tepat.

PO - 3

A5. Mahasiswa mampu menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, dan inklusif di dalam kegiatan pembelajaran pengantar manajemen

PO - 4

CPL 1 Lulusan mampu menguasai teori bidang manajemen secara menyeluruh.

PO - 5

CPL2 Lulusan mampu mengimplementasikan teori bidang manajemen dalam mengelola organisasi secara efektif.

PO - 6

CPL3 Lulusan mampu berkomunikasi secara efektif. CPL8 Lulusan mampu mengelola organisasi secara etis.

PO - 7

CPL3 Lulusan mampu berkomunikasi secara efektif. CPL8 Lulusan mampu mengelola organisasi secara etis.

Matrik PLO-PO

 
PO
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4
PO-5
PO-6
PO-7

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Matakuliah ini mengkaji konsep dasar manajemen terkait dengangambaran umum manajemen. Perkembangan teori manajemen, lingkungan eksternal organisasi, fungsi manajemen dan pengambilan keputusan, fungsi pengorganisasian dan perubahan organisasi, motivasi, kepemimpinan dan komunikasi serta fungsi pengawasan dan sistem informasi. Metode pembelajaran yang digunakan adalah ceramah berfariasi, diskusi dan obervasi.

Pustaka

Utama :

  1. Amirullah. 2015. Pengantar Manajemen. Jakarta: Mitra Wacana Media.
  2. Ridhotullah, Suubekti dan Juhar Muhammad. 2015. Pengantar Manajemen. Jakarta: Prestasi Pustaka Jakarta.
  3. Gareth R. Jones & Jennifer M. George. 2011. Contemporary Management. McGraw Hill.
  4. Schermerhorn Jr, John R. 2011. Introduction to Management. 11th edition. John Wiley & Sons.
  5. Richard Daft. 2010. Management. Cengage Learning.

Pendukung :

Dosen Pengampu

Fandi Fatoni, S.Pd., M.SM.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian manajemen

  1. 1. Menjelaskan : -Definisi manajemen -Mengapa manajemen dibutuhkan -Manajemen sbg ilmu dan seni
  2. 2. Menjelaskan : -Organisasi dan kebutuhan Manajemen. -Proses manajemen -Tipe-tipe manajer -Tingkat dan ketrampilan Manajemen
Kriteria:
  1. Rubrik Holistik
  2. Teknik non-test: Contoh-contoh tingkatan manajemen, tugas dan ketrampilan yang harus dimiliki

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Membaca Literatur dan diskusi rekan sejawat
3 x 50
discussion, project based method
Google Meet: kuliah dan diskusi
Google Classroom: diskusi
Materi: konsep dasar
Pustaka: Amirullah. 2015. Pengantar Manajemen. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Materi: konsep dasar
Pustaka: Ridhotullah, Suubekti dan Juhar Muhammad. 2015. Pengantar Manajemen. Jakarta: Prestasi Pustaka Jakarta.
2%

2

Minggu ke 2

perkembangan teori management

1. Menjelaskan : -Mengapa belajar teori manaj. -Teori manaj. Klasik -Perilaku organisasi -O R dan manajemen. -Perkembangan teori manajemen

Kriteria:

Rubrik Holistik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Membaca Literatur dan diskusi rekan sejawat
3 x 50
discussion, project based method
Google Meet: kuliah dan diskusi
Google Classroom: diskusi
Materi: teori manajemen
Pustaka: Amirullah. 2015. Pengantar Manajemen. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Materi: teori manajemen
Pustaka: Ridhotullah, Suubekti dan Juhar Muhammad. 2015. Pengantar Manajemen. Jakarta: Prestasi Pustaka Jakarta.
0%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa dapat memahami lingkungan bisnis

  1. 1. Menjelaskan : -Faktor eksternal.yang lansung berpengaruh -Faktor eksternal yg tidak langsung pengaruh -Teori lingkungun.total-organisasi -Mengelola lingkungan
  2. 2. Menjelaskan : -Tanggungjawab sosial -Perubahan etika -Alat-alat etika
Kriteria:
  1. Rubrik Holistik
  2. Teknik non-test: Contoh-contoh jenis-jenis lingkungan dan contoh program CSR dan etika bisnis

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Membaca Literatur dan diskusi rekan sejawat
3 x 50
discussion, project based method
Google Meet: kuliah dan diskusi
Google Classroom: diskusi
Materi: lingkungan bisnis
Pustaka: Amirullah. 2015. Pengantar Manajemen. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Materi: lingkungan bisnis
Pustaka: Ridhotullah, Suubekti dan Juhar Muhammad. 2015. Pengantar Manajemen. Jakarta: Prestasi Pustaka Jakarta.
6%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa dapat menjelaskan globalisasi bisnis dan lingkungan internasional

  1. 1. Menjelaskan : -Globalisasi bisnis -Likng. Ekst.dimensi internsional
  2. 2. Menjelaskan : -Pengertian entrepreneurship -Pentingnya entrepreneurship
Kriteria:
  1. Rubrik Holistik
  2. Poster ciri-ciri dan usaha—usaha kewiarausahaan

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Membaca Literatur dan diskusi rekan sejawat
3 x 50
discussion, project based method
Google Meet: kuliah dan diskusi
Google Classroom: diskusi
Materi: globalisasi bisnis
Pustaka: Amirullah. 2015. Pengantar Manajemen. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Materi: globalisasi bisnis
Pustaka: Ridhotullah, Suubekti dan Juhar Muhammad. 2015. Pengantar Manajemen. Jakarta: Prestasi Pustaka Jakarta.
3%

5

Minggu ke 5

Memaparkan arti perencanaan, fungsi pe rencanaan, proses pe rencanaan, faktor - faktor

1. Menjelaskan : -Gambaran umum perencanaan -Proses perencanaan formal -Perkembangan konsep strategi -Tingkatan strategi

Kriteria:

Rubrik Holistik


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Membaca Literatur dan diskusi rekan sejawat
3 x 50
discussion, project based method
Google Meet: kuliah dan diskusi
Google Classroom: diskusi
Materi: perencanaan
Pustaka: Amirullah. 2015. Pengantar Manajemen. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Materi: perencanaan
Pustaka: Ridhotullah, Suubekti dan Juhar Muhammad. 2015. Pengantar Manajemen. Jakarta: Prestasi Pustaka Jakarta.
0%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa dapat memahami cara pengambilan keputusan yang efektif

  1. 1. Menjelaskan : -Pencarian masalah&peluang -Model rasional pembuatan keputusan - Pengemb.efektivitas pembuatan keputusan dan pemecahan masalah
  2. 2. Menjelaskan : - Pendekatan ilmu manajemen -Proses ilmu manajemen -Peramalan - Penjadwalan -Linier programing
Kriteria:
  1. Rubrik Holistik
  2. Teknik: Teknik Non-Test Ringkasan materi kuliah

Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Membaca Literatur dan diskusi rekan sejawat
3 x 50
discussion, project based method
Google Meet: kuliah dan diskusi
Google Classroom: diskusi
4%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa dapat memahami cara pengambilan keputusan yang efektif

  1. 1. Menjelaskan : -Pencarian masalah & peluang -Model rasional pembuatan keputusan - Pengemb.efektivitas pembuatan keputusan dan pemecahan masalah
  2. 2. Menjelaskan : - Pendekatan ilmu manajemen -Proses ilmu manajemen -Peramalan - Penjadwalan -Linier programing
Kriteria:
  1. Rubrik Holistik
  2. Teknik: Teknik Non-Test Ringkasan materi kuliah

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Membaca Literatur dan diskusi rekan sejawat
3 x 50
discussion, project based method
Google Meet: kuliah dan diskusi
Google Classroom: diskusi
0%

8

Minggu ke 8


2 x 50

20%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa dapat memahami perumusan organisasi

  1. 1. Menjelaskan : -Struktur organisasi -Koordinasi organisasi -Design organisasi
  2. 2 Menjelaskan : -Kewenangan dan power di organisasi -Kewenangan garis dan staf -Delegasi -Design pertelaan tugas -Desentralisasi
Kriteria:
  1. Rubrik Holistik
  2. Teknik Non-test Contoh-contoh struktur organisasi

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Membaca Literatur Diskusi dengan rekan sejawat
3 x 50
discussion, project based method
Google Meet: kuliah dan diskusi
Google Classroom: diskusi
Materi: pengorganisasian
Pustaka: Amirullah. 2015. Pengantar Manajemen. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Materi: pengorganisasian
Pustaka: Ridhotullah, Suubekti dan Juhar Muhammad. 2015. Pengantar Manajemen. Jakarta: Prestasi Pustaka Jakarta.
4%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa dapat memahami pengelolaan SDM

Menjelaskan : - Perencanaan SDM -Rekruitment dan Seleksi -Orientasi dan Sosialisasi - Pelatihan dan Pengembangan - Penilaian Kinerja 6.Promosi, Transfer, Mutasi - Manajemen SDM dan Strategi

Kriteria:
  1. Rubrik Holistik
  2. Teknik Non-test Ringkasan materi kuliah

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Membaca Literatur Diskusi dengan teman sejawat
3 x 50
discussion, project based method
Google Meet: kuliah dan diskusi
Google Classroom: diskusi
Materi: directing
Pustaka: Amirullah. 2015. Pengantar Manajemen. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Materi: directing
Pustaka: Ridhotullah, Suubekti dan Juhar Muhammad. 2015. Pengantar Manajemen. Jakarta: Prestasi Pustaka Jakarta.
5%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa mampu memahami perubahan organisasi

1. Menjelaskan : -Perencanaan SDM -Rekruitmen -Seleksi -Orientasi dan sosialisasi -Pelatihan dan pengembangan -Penilaian kinerja -Promosi, transfer, dan mutasi -Manajemen SDM dan strategi

Kriteria:
  1. Rubrik Holistik
  2. Teknik Non-test Ringkasan materi kuliah

Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja

discussion, project based method
Google Meet: kuliah dan diskusi
Google Classroom: diskusi
3 x 50
Materi: change
Pustaka: Amirullah. 2015. Pengantar Manajemen. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Materi: change
Pustaka: Ridhotullah, Suubekti dan Juhar Muhammad. 2015. Pengantar Manajemen. Jakarta: Prestasi Pustaka Jakarta.
0%

12

Minggu ke 12

Merumuskan pelaksanaan / leading perusahaan

1. Menjelaskan : -Teori motivasi -Teori proses motivasi -Teori reinforcement -Sistem motivasi di organisasi

Kriteria:
  1. Rubrik Holistik
  2. Teknik Non-Test Ringkasan materi kuliah

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Membaca Literatur Diskusi dengan teman sejawat
3 x 50
discussion, project based method
Google Meet: kuliah dan diskusi
Google Classroom: diskusi
Materi: leading
Pustaka: Amirullah. 2015. Pengantar Manajemen. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Materi: leading
Pustaka: Ridhotullah, Suubekti dan Juhar Muhammad. 2015. Pengantar Manajemen. Jakarta: Prestasi Pustaka Jakarta.
2%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa memahami kepemimpinan

  1. Menjelaskan : -Definisi Kepemimpinan -Pendekatan Perilaku Kepemimpinan dan Pendekatan Contigency -Teori Kepemimpinan
  2. Menjelaskan : -Tipe-tipe grup -Karakteristik grup -Pemecahan masalah dalam grup -Membuat grup menjadi efektif
Kriteria:
  1. Rubrik Holistik
  2. Teknik: Contoh pemimpin dan jenis pekerjaan berdasarkan tim
Membaca Literatur Diskusi dengan rekan sejawat
3 x 50
discussion, project based method
Google Meet: kuliah dan diskusi
Google Classroom: diskusi
Materi: leading
Pustaka: Amirullah. 2015. Pengantar Manajemen. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Materi: leading
Pustaka: Ridhotullah, Suubekti dan Juhar Muhammad. 2015. Pengantar Manajemen. Jakarta: Prestasi Pustaka Jakarta.
2%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa dapat memahami komunikasi

  1. 1. Menjelaskan : -Pentingnya komunikasi -Komunikasi antar personal -Habatan komunikasi antar personal -Komunikasi dalam organisasi -Negosiasi dalam mengelola konflik
  2. 2. Menjelaskan : -Harapan versus realita -Dilema karier -Mengelola karier
Kriteria:
  1. Rubrik Holistik
  2. Teknik: Ringkasan materi kuliah
Membaca LiteraturDiskusi dengan rekan sejawat
3 x 50
discussion, project based method
Google Meet: kuliah dan diskusi
Google Classroom: diskusi
Materi: leading
Pustaka: Amirullah. 2015. Pengantar Manajemen. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Materi: leading
Pustaka: Ridhotullah, Suubekti dan Juhar Muhammad. 2015. Pengantar Manajemen. Jakarta: Prestasi Pustaka Jakarta.
4%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa mampu memahami pengendalian atau pengawasan perusahaan

  1. 1. Menjelaskan : -Definisi pengendalian -Tipe-tipe metode pengendalian -Pendesainan sistem pengendalian -Pengendalian keuangan -Metode pengendalian anggaran -Tipe-tipe anggaran -Auditing
  2. 2. Menjelaskan : -Operasi organisasi produksi dan pelayanan -Pentingnya manajemen operasi -Pendesainan sistem operasi -Perencanaan operasional dan keputusan pengendalian -Pengendalian kualitas
  3. 3. Menjelaskan : -Informasi dan pengendalian -Manajemen sistem informasi -Pendesainan CB MIS
Kriteria:
  1. Rubrik Holistik
  2. Teknik: Ringkasan materi kuliah

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Membaca LiteraturDiskusi dengan rekan sejawat
3 x 50
discussion, project based method
Google Meet: kuliah dan diskusi
Google Classroom: diskusi
Materi: pengendalian
Pustaka: Amirullah. 2015. Pengantar Manajemen. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Materi: pengendalian
Pustaka: Ridhotullah, Suubekti dan Juhar Muhammad. 2015. Pengantar Manajemen. Jakarta: Prestasi Pustaka Jakarta.
4%

16

Minggu ke 16

UAS


Bentuk Penilaian :
Tes

2 x 50

30%



Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 26%
2. Praktik / Unjuk Kerja 4%
3. Tes 30%
60%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.