|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Teknik
Program Studi S1 Sistem Informasi
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Analisis Big Data |
5720103154 |
|
T=3 |
P=0 |
ECTS=4.77 |
4 |
30 Januari 2025 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
I Kadek Dwi Nuryana, S.T., M.Kom. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-7 |
Mampu membangun, mengelola, menggunakan dan mengamankan database dengan alat dan teknik dalam sistem basis data yang akan menghasilkan model relasional |
PLO-12 |
Mampu memahami konsep, metode, teknik dan tahapan big data, data mining, dan kecerdasan buatan serta visualisasi data sebagai pengetahuan yang berkaitan dengan teknologi informasi |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mampu memahami dan menjelaskan konsep dasar teori big data dan processing, teknik pengumpulan dan penyimpanan data
|
PO - 2 |
Mampu menerapkan pemrosesan data dan data analytic big livecycle an realtime
|
PO - 3 |
Mampu memahami dan menerapkan clustering-reduce dimentionality
|
PO - 4 |
Mampu memahami dan menerapkan tect analytic, socment sentiment analysis dalam implementasi kasus bisnis
|
PO - 5 |
Mampu memahami supervised dan unsupervised algorithm
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-7 | PLO-12 | PO-1 | ✔ | | PO-2 | ✔ | ✔ | PO-3 | | ✔ | PO-4 | | ✔ | PO-5 | ✔ | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | ✔ | ✔ | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | | | | | PO-5 | | | | | | | | | | | | | ✔ | | ✔ | ✔ |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
|
Pustaka
|
Utama : |
|
- Buyya, R., Broberg, J., & Goscinski, A. (2013). Big Data: Principles and Paradigms. Wiley
- Proctor, T. (2005). Data Collection: Methods and Applications. Routledge.
- White, T. (2015). Hadoop: The Definitive Guide. O'Reilly Media
- Smith, D. M. (2014). Data Processing and Analysis. Wiley.
- Provost, F., & Fawcett, T. (2013). Data Science for Business. O'Reilly Media.
- Schmidt, A. G. (2016). Streaming Data: Understanding the Real-Time Pipeline. O'Reilly Media.
- Loshin, D. (2013). Big Data Analytics: From Strategic Planning to Enterprise Integration with Tools, Techniques, NoSQL, and Graph. Elsevier.
- Witten, I. H., Frank, E., & Hall, M. A. (2016). Data Mining: Practical Machine Learning Tools and Techniques. Morgan Kaufmann.
- Bishop, C. M. (2006). Pattern Recognition and Machine Learning. Springer.
- Berry, M. W., & Castellanos, M. (2009). Text Mining: Classification, Clustering, and Applications. Springer.
- Liu, B. (2012). Sentiment Analysis and Opinion Mining. Morgan & Claypool.
- Alpaydin, E. (2020). Introduction to Machine Learning. MIT Press.
- Murphy, K. P. (2012). Machine Learning: A Probabilistic Perspective. MIT Press.
- Marz, N., & Warren, J. (2015). Big Data: Principles and Best Practices of Scalable Real-Time Data Systems. Manning Publications.
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
Monica Cinthya, M.Kom. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mampu memahami dan menjelaskan konsep dasar dan karasteristik big data |
- Dapat mendefiniskan big data dan menjelaskan lima karasteristik utama big data yaitu 5V(Volume, velocity, variety, eracity dan value)
- Ketepatan mahasiswa dalam menjelaskan peran dan relevansi big data dalam berbagai industry
|
Kriteria:
- Partisipasi = 20%
- Tugas = 30%
- UTS = 20%
- UAS = 30%
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Penilaian Portofolio, Tes |
Pembelajaran aktif melalui diskusi, studi kasus, dan praktik langsung. 3 X 50 |
Quiz, Diskusi daring 3 X 50 |
Materi: Konsep dasar big data seperti volume, variety, velocity, dan veracity serta karakteristiknya. Pustaka: Buyya, R., Broberg, J., & Goscinski, A. (2013). Big Data: Principles and Paradigms. Wiley |
2% |
2
Minggu ke 2 |
Mampu memahami dan mejelaskan dan mengidentifikasi berbagai teknik pengumpulan data dalam big data |
- Mahasiswa dapat mengidentifikasi berbagai sumber data dalam big data
- Mampu memahami dan menjelaskan metode pengumpulan data, termasuk diantaranya web scraping, sensor data dan crowdsourcong
|
Kriteria:
- Partisipasi = 20%
- Tugas = 30%
- UTS = 20%
- UAS = 30%
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Tes |
Memahami dan melakukan praktikum untuk mempelajari teknik pengumpulan data dalam big data 3 X 50 |
Melakukan atihan online mengenai teknik pengumpulan data big data, serta mengerjakan tugas praktik 3 X 50 |
Materi: Teknik pengumpulan data seperti web scraping, sensor data, dan data mining. Pustaka: Proctor, T. (2005). Data Collection: Methods and Applications. Routledge. |
3% |
3
Minggu ke 3 |
Mampu memahami dan menjelaskan teknologi penyimpnanan big data |
Mampu memahami dan menhjelaskan perbedaan antara penyimanan data trandisional dan big data, serta mampu menjelaskan teknologi penyimpanan |
Kriteria:
- Partisipasi = 20%
- Tugas = 30%
- UTS = 20%
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja, Tes |
Mengerjakan studi kasus tentang teknologi penyimpanan big data 3 X 50 |
Mengerjakan studi kasus tentang teknologi penyimpanan big data 3 X 50 |
Materi: Teknologi penyimpanan big data seperti Hadoop Distributed File System (HDFS) dan NoSQL databases. Pustaka: White, T. (2015). Hadoop: The Definitive Guide. O'Reilly Media |
2% |
4
Minggu ke 4 |
Mampu memahami dan menjelaskan serta menerapkan konsep dasar pemrosesan data |
- Mampu menjelaskan konsep dasar pemrosesan data menggunakan model atau pola pemrograman Mapreduce
- Mampu menerapkan Mapreduce untuk menjalankan pemrosesan data sederhana
|
Kriteria:
- Partisipasi = 20%
- Tugas = 30%
- UTS = 20%
- UAS = 30%
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Melakukan praktikum tentang pemrosesan data, diikuti dengan penugasan untuk menerapkan teknik pemrosesan data pada dataset yang disediakan. 3 X 50 |
Melakukan simulasi pemrosesan data, serta mengerjakan tugas praktik 3 X 50 |
Materi: Konsep pemrosesan data termasuk batch processing dan stream processing. Pustaka: Smith, D. M. (2014). Data Processing and Analysis. Wiley. |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Mampu memahami siklus hidup analisis big data dan teknik-teknik pemrosesaan data secara batch |
- Mmampu menjelaskan tahapan dalam siklus hidup analisisi big data dari pengumpulan hingga visualisasi dan interpretasi
- Dapat memahami dan menerapkan teknik pemrosesan data batch
|
Kriteria:
- Partisipasi = 20%
- Tugas = 30%
- UTS = 20%
- UAS = 30%
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Melakukan diskusi kasus mengenai siklus hidup analisis big data 3 X 50 |
Melakukan diskusi daring tentang siklus hidup analisis big data, serta menyusun laporan daring mengenai siklus hidup analisis big data 3 X 50 |
Materi: Siklus hidup analisis big data dan teknik pemrosesan data secara batch seperti MapReduce Pustaka: Provost, F., & Fawcett, T. (2013). Data Science for Business. O'Reilly Media. |
3% |
6
Minggu ke 6 |
Mampu memahami dan menerapkan teknik pemrosesan data secara real-time |
Mampu menjelaskan perbedaan antara pemrosesan data batch dan real-time serta dapat menggunakan sistem pemrosesan untuk memproses data secara real-time |
Kriteria:
- Partisipasi = 20%
- Tugas = 30%
- UTS = 20%
- UAS = 30%
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Melakukan praktikum sederhana untuk menerapkan teknik pemrosesan data secara real-time 3 X 50 |
Mengikuti praktikum mengenai pemrosesan data real-time 3 X 50 |
Materi: Teknik pemrosesan data secara real-time seperti Apache Storm dan Apache Flink. Pustaka: Schmidt, A. G. (2016). Streaming Data: Understanding the Real-Time Pipeline. O'Reilly Media. |
6% |
7
Minggu ke 7 |
Mampu memahami dan menerapkan teknik data analytics pada big data termasuk predictive abalytics dan real-time analytics |
Mampu menjelaskan konsep predictive analytics dan real-time analytics dalam konteks big data |
Kriteria:
- Partisipasi = 20%
- Tugas = 30%
- UTS = 20%
- UAS = 30%
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Menganalisis studi kasus mengenai teknik analitik big data, kemudian mengimplementasikan teknik analitik pada data besar 3 X 50 |
Mengerjakan studi kasus mengenai teknik analitik big data 3 X 50 |
Materi: Teknik data analytics termasuk predictive analytics dan real-time analytics. Pustaka: Loshin, D. (2013). Big Data Analytics: From Strategic Planning to Enterprise Integration with Tools, Techniques, NoSQL, and Graph. Elsevier. |
3% |
8
Minggu ke 8 |
|
|
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes |
UTS 3 X 50 |
UTS 3 X 50 |
Materi: UTS Pustaka: |
20% |
9
Minggu ke 9 |
Mampu memahami dan menjelaskan kosep clustering dan teknik-teknik clustering seperto K-Means dan DBSCAN dalam analsiis big data |
- Dapat menjelaskan konsep dasar clustering dan perbedaannya dengan supervised learning
- Mampu memahami dan menerapkan algoritma K-Means dan DBSCAN untuk clustering data dalam jumlah besar
|
Kriteria:
- Partisipasi = 20%
- Tugas = 30%
- UTS = 20%
- UAS = 30%
Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Melakukan praktikum untuk mempelajari teknik clustering 3 X 50 |
Melakukan latihan tentang teknik clustering, serta mengerjakan tugas implementasi teknik clustering pada dataset. 3 X 50 |
Materi: Konsep clustering dan teknik seperti K-Means, DBSCAN, serta aplikasi dan algoritma lain dalam clustering. Pustaka: Witten, I. H., Frank, E., & Hall, M. A. (2016). Data Mining: Practical Machine Learning Tools and Techniques. Morgan Kaufmann. |
4% |
10
Minggu ke 10 |
Mampu menerapkan tekik pengurangan dimensi dalam big data |
- Mampu menjelaskan pentingnya pengurangan dimensi dalam big data
- Ketepatan mahasiswa dalam menerapkan teknik principal component analysis pada big data
|
Kriteria:
- Partisipasi = 20%
- Tugas = 30%
- UTS = 20%
- UAS = 30%
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Melakukan praktikum mengenai teknik pengurangan dimensi dan mengerjakan tugas untuk menerapkan teknik tersebut 3 X 50 |
Melakukan latihan tentang teknik pengurangan dimensi 3 X 50 |
Materi: Teknik pengurangan dimensi seperti Principal Component Analysis (PCA) dan t-Distributed Stochastic Neighbor Embedding (t-SNE). Pustaka: Berry, M. W., & Castellanos, M. (2009). Text Mining: Classification, Clustering, and Applications. Springer. |
4% |
11
Minggu ke 11 |
Mampu memahami dan menjelaskan konsep dasar text analytics dan berbagai tekniknya dalam analiis data teks |
Mampu memahami dan menjelaskan konsep text analytics dan pentingnya analisis dalam big data |
Kriteria:
- Partisipasi = 20%
- Tugas = 30%
- UTS = 20%
- UAS = 30%
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Menerapkan teknik text analytics pada data teks 3 X 50 |
Melakukan praktikum tentang text analytics 3 X 50 |
Materi: Konsep text analytics dan teknik seperti term frequency-inverse document frequency (TF-IDF), dan topic modeling Pustaka: Berry, M. W., & Castellanos, M. (2009). Text Mining: Classification, Clustering, and Applications. Springer. |
4% |
12
Minggu ke 12 |
Mampu memahami dan menerapkan sentiment analysis pada data teks |
- Mampu memahami dan menjelaskan konsep sentiment analisis dan metode yang digunakan
- Ketepatan mahasiswa dalam menerapkan sentiment analysis untuk mengidentifikasi opini public dari data teks
|
Kriteria:
- Partisipasi = 20%
- Tugas = 30%
- UTS = 20%
- UAS = 30%
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Melakukan raktikum tentang sentiment analysis 3 X 50 |
Melakukan praktikum tentang sentiment analysis 3 X 50 |
Materi: Teknik sentiment analysis dan penerapannya dalam menganalisis data teks. Pustaka: Liu, B. (2012). Sentiment Analysis and Opinion Mining. Morgan & Claypool. |
3% |
13
Minggu ke 13 |
Mampu memahami dan menjelaskan konsep dan algorotma supervised learning |
- Mampu memahami dan menjealskan konsep supervised learning dan perbedaannya dengan usupervised learning
- Ketepatan mahassiwa dalam menjelaskan algoritma
|
Kriteria:
- Partisipasi = 20%
- Tugas = 30%
- UTS = 20%
- UAS = 30%
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes |
Melakukan diskusi tentang supervised learning dan menganalisis serta mengimplementasikan algoritma supervised learning 3 X 50 |
Melakukan diskusi tentang supervised learning 3 X 50 |
Materi: Konsep dan algoritma dalam supervised learning seperti regresi linear, decision trees, dan SVM. Pustaka: Alpaydin, E. (2020). Introduction to Machine Learning. MIT Press. |
2% |
14
Minggu ke 14 |
Mampu memahami osep dan algoritma unsupervised learning |
Mampu menjelaskan konsep unsupervised learning dan dapat menjelaskan algoritma clustering dan ssociation rules dalam konteks big data |
Kriteria:
- Partisipasi = 20%
- Tugas = 30%
- UTS = 20%
- UAS = 30%
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes |
Melakukan diskusi tentang unsupervised learning 3 X 50 |
Melakukan diskusi tentang unsupervised learning 3 X 50 |
Materi: Konsep dan algoritma dalam unsupervised learning seperti clustering dan dimensionality reduction. Pustaka: Murphy, K. P. (2012). Machine Learning: A Probabilistic Perspective. MIT Press. |
2% |
15
Minggu ke 15 |
Mampu memahami dan menganalisisi dan memilih algoritma yang sesuai untuk jenis masalah dalam analisis big data |
- Mampu menganalisis masalah data daan memilih algoritma yang sesuai berdasarkan karasteristik data
- Ketepatan mahasiswa dalam mengevaluasi performa algoritma yan dipilih dan memberikan alasan utuk penggunaannya
|
Kriteria:
- Partisipasi = 20%
- Tugas = 30%
- UTS = 20%
- UAS = 30%
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Mengerjakan studi kasus untuk menganalisis algoritma yang sesuai dengan masalah big data dan memilih algoritma untuk kasus yang diberikan. 3 X 50 |
Mengerjakan studi kasus untuk menganalisis algoritma yang sesuai untuk masalah big data dan memilih algoritma. 3 X 50 |
Materi: Analisis dan pemilihan algoritma berdasarkan jenis masalah dalam big data. Pustaka: Marz, N., & Warren, J. (2015). Big Data: Principles and Best Practices of Scalable Real-Time Data Systems. Manning Publications. |
7% |
16
Minggu ke 16 |
|
|
Bentuk Penilaian : Tes |
UAS 3 X 50 |
UAS 3 X 50 |
Materi: UAS Pustaka: |
30% |